Analisis Video

Analisis Video

Analisis Video

Number of replies: 34

Setelah menyaksikan video yang telah ditayangkan, silakan buat analisis kesimpulan singkat mengenai isi video tersebut. Tulis poin-poin utama yang menurut Anda penting, kemudian simpulkan dengan bahasa sendiri secara ringkas, jelas, dan kritis

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Amanda Tria Ramadhani -

Nama  : Amanda Tria Ramadhani

NPM    : 2513032020


Aliran pendidikan konvensional meliputi aliran empirisme yang menyatakan bahwa anak lahir seperti tabula rasa atau kertas kosong, yang berarti semua pengetahuan dan perilaku diperoleh dari pengalaman dan lingkungan. Aliran nativisme yaitu anak membawa pembawaan baik dan buruk sejak lahir dan tidak bisa diubah oleh lingkungan. Aliran naturalisme yaitu semua anak lahir dengan pembawaan yang baik tapi bisa rusak karena pengaruh lingkungan yang buruk. Aliran konvergensi mencoba menggabungkan dua pandangan sebelumnya dengan menyatakan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan secara bersamaan. Gerakan aliran baru bertujuan meningkatkan mutu pendidikan melalui pengajaran alam sekitar, pusat perhatian, sekolah kerja, dan pengajaran proyek yang menekankan pengalaman nyata, peran aktif anak, serta hubungan dengan lingkungan dan masyarakat.

In reply to Amanda Tria Ramadhani

Re: Analisis Video

by Muhammad Irfan Maulana -
Menurut analisi saya tentang video tersebut terdapat aliran pokok pendidikan, dalam aliran pokok pendidikan terdapat yang namanya aliran konvensiolan. Aliran konvensional adalah pandangan atau pendapat yang membahas tentang factor factor perkembangan manusia dan kepribadiannya
Dalam aliran konvensional meilupi 4 macam aliran yaitu aliran Emperisme, Nativisme, Naturalisme dan konvegerensi. penjelasan dari 4 aliran tersebut yaitu
1. Aliran emperisme Aliran ini beranggapan bahwa manusia sejak lahir berada dalam keadaan murni dan belum memiliki sifat atau kemampuan apa pun. Perkembangan dirinya sepenuhnya dipengaruhi oleh lingkungan dan pengalaman hidup yang ia dapatkan dari orang-orang di sekitarnya.
2. Aliran nativisme Aliran ini berpendapat bahwa setiap anak terlahir dengan sifat bawaan tertentu, baik maupun buruk, dan pengaruh lingkungan tidak dapat mengubah pembawaan tersebut.
3. Naturalisme yaitu Anak terlahir dengan sifat yang baik, namun sifat tersebut dapat terpengaruh atau rusak akibat lingkungan dan perlakuan manusia yang tidak tepat.
4. Konvegerensi yaitu perkembangan anak di pengaruhi oleh lingkungan sekitar
Gerakan aliran baru
Gerakan aliran baru adalah pendekatan yang berusaha memperbarui cara belajar dan mengajar agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan pengalaman nyata anak. Gerakan ini menekankan bahwa pendidikan harus berpusat pada anak, bukan hanya pada guru atau materi pelajaran. Anak didorong untuk aktif, berpikir kritis, dan belajar dari pengalaman langsung di lingkungannya.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by ERIK KURNIAWAN 2513032003 -
nama : erik Kurniawan
npm : 2513032003 kelas : 25 A

menurut saya kesimpulan dari video yang sudah saya tonton, aliran pendidikan terbagi menjadi 4 aliran pokok yaitu yang 1.aliran konvesional 2 gerakan (aliran) baru

nah aliran konvesional di bagi menjadi 4 lagi yaituu 1.empirisme 2.nativisme 3.naturalisme dan yang terakhir atau ke 4.konvergensi.nahh itu diaa 4 bagian dari aliran konvesional

lalu sekarang adalah gerakan (aliran) baru. ada beberapa model dalam atau bentuk perbaikan yang di ajukan oleh gerakan baru pendidikan ini, yaitu

1.pengajaran alam sekita

ada juga perinsip pengajaran alam sekita 1.peragaan 2.aktivitas anak 3.pengajaran totalitas 4.menyatu dengan pengalaman anak 5.memberikan apersipsi anak. nah itu dia 5 prinsip pengajaran alam sekita

2.pengajaran pusat perhatian

ada pula metode dalam pengajaran pusat perhatian yaitau. 1.metode global 2.pusat minat, itu dia motode dalam pengajaran pusat perhatian

3.sekolah kerja

dalam sekolah kerja ada bentuk bentuk sekolah kerja yaitu

1.sekolah kerja sosiologis 2.sekolah kerja psikologis 3.sekolah kerja sosiologis dan psikologis (gabungan) 4.sekolah kerja kepribadian

yang terakhir adalah 4.pengajaran proyek

adalah proyek yang di tentukan sendiri oleh anak akan mendorong mereka untuk mencari cara pemecahan masalah yang di temui secara aktif atau sesuai keinginan nya

sekian ibu yang dapat saya simpulkan dari video materi ALIRAN PENDIDIKAN yang berdurasi 25:35 menit
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Nadila Kholissah -

Nama : Nadila Kholissah

Npm : 2513032028

Aliran aliran pokok pendidikan terbagi menjadi 2 yaitu aliran konvensional dan aliran (gerakan) baru. Aliran konvensional merupakan pendapat yang membahas tentang faktor faktor manusia dan kepribadiannya.
Macam macam aliran konvensional yaitu:
1. Aliran Empirisme (manusia di lahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai pembawaan)
2. Aliran Nativisme  (ketika seorang anak di lahirkan mereka telah membawa pembawaan (baik/buruk).
3. Aliran Naturalisme (bahwa semua anak yang baru lahir memiliki pembawaa, namun pembawaan itu menjadi rusak karena pengaruh lingkungan.)
4. Aliran Konvergensi (berpendapat bahwa perkembangan anak di pengaruh oleh pembawaan dan pendidikan)

Aliran (gerakan) Baru merupakan upaya yg dilakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan anak.
Macam macam bentuk aliran baru:
1. Pengajaran alam sekitar, menekankan  kepada kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan kehidupan nyata, agar anak bisa lebih mudah untuk memahami.
2. Pengajaran pusat perhatian, anak harus tahu dan mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri atau dunianya , agar pembelajaran bisa sesuai dengan minat spontannya.
3. Sekolah kerja, menekankan bahwa pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tetapi demi kepentingan masyarakat juga.
4. Pengajaran proyek, macam bentuk aliran ini menekankan bahwa anak harus menentukan pilihannya (jenis pekerjaan)  jika anak sudah menentukan pilihannya sendiri maka anak akan melakukannya dengan baik.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Anggi Salsa bela -

Nama:Anggi Salsa Bela

Npm:2513032009


Menurut vidio yang saya tonton Video tersebut membahas beberapa aliran dalam pendidikan, seperti aliran empirisme berpandangan manusia di lahirkan untuk menumentukan arah hidupnya, aliran Nativisme pendidikan bisa mengubah anak ke arah lain dari pembawaan yang di bawa sejak lahir dan aliran Naturalisme bahwa semua anak mempunyai pembawaan baik, namun bisa rusak karena pengaruh lingkungan nya, dan aliran konvergensi perkembangan anak di pengaruhi oleh bawaan pendidikannya. Masing-masing aliran punya pandangan berbeda tentang bagaimana seharusnya proses belajar-mengajar berlangsung, apa peran guru dan siswa, serta apa tujuan dari pendidikan itu sendiri.

Gerakan baru

ini berupaya untuk mencari perbaikan dam peningkatan dalam proses pembelajaran ada pun model pembelajaran nya 

*pengajaran alam sekitar yang menekankan kepada kegiatan pengajaran harus terkait dengan kehidupan yang di alami oleh anak

*pengajaran pusat perhatian anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri terhadap jati dirinya sendiri dan lingkungannya.

Pengajaran proyek di tentukan oleh anak mereka mencari cara pemecahan masalah yang di temui secara aktif.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Aila Azzura -
Nama: aila azzura
Npm: 2513032035

A. ALIRAN KONVENSIONAL
Aliran konvensional merupakan pandangan atau pendapat yang membahas tentang faktor- faktor yang menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya
ada beberapa aliran konvensional
1. empirisme ( di sebut juga dengan tabularasa ) yg arti nya anak lahir seperti kertas putih yang masih kosong
2. nativisme yang arti nya manusia telah di lahirkan sudah mempunyai pembawaan
3. naturalisme / negativisme berpandangan semua anak tang baru lahir mempunyai pembawaan baik namun bisa rusak karena pengaruh dari lingkungan
4. konvergensi berpendapat bahwa perkembangan anak di pengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan di plopori oleh wiliam stern pandangan positif
B. Gerakan ( aliran ) baru
merupakan upaya yang di lakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran

1. pengajaran alam sekitar lebih menekankan kepada kegiatan pengajaran yang di lakukan di sekolah harus terkait dengan kehidupan nyata prinsip pengajaran alam sekitar 1. peragaan 2. aktivitas anak 3. pengajaran totalitas 4. menyatu dengan pengalaman anak 5. memberikan apresiasi emosional anak
2. pengajaran pusat perhatian dirintis oleh ovideminat decroly dari belgia dengan semboyan “ sekolah untuk hidup dan oleh hidup “ metode yang dikemukkan 1.metode global 2.pusat minat
3. sekolah kerja G. kerschenteiner dengan nama “ arbeitsshule “ di jerman sekolah kerja terbentuk bermacam’ sekolah kerja sosiologi, psikologis, kepribadian
4. pengajaran proyek anak bebas menentukan pilihannya ( jenis pekerjaan) merancang dan memimpin proyek
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Melsa Julia -
Nama: Melsa Julia
Npm: 2513032010
Jadi,berdasarkan vidio yang sudah saya tonton dapat di simpulkan bahwa
Aliran-Aliran pendidikan politik pendidikan dapat di bedakan menjadi 4 Aliran yaitu :

1. Empirisme ( Manusia dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai pembawaan sama sekali dari lahirnya,melainkan perkembangan anak di pengaruhi oleh lingkunganya).
2. Nativisme (Manusia ketika di lahirkan telah mampunyai pembawaan baik dan buruknya tidak dapat di ubah,aliran ini juga bersifat pesimis).
3. Aliran Naturalisme (Semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan yang baik,namun pembawaan itu menjadi rusak karena lingkungan di sekitar).
4. Aliran Konvergensi (Perkembangan anak di pengaruhi pembawaan dan pendidikan).

Gerakan Aliran Baru
Di lihat dari bentuk perbaikan yang di ajukan oleh gerakan ini:
1. Pengajaran alam sekitar (pengajaran di sekolah sesuai dengan kehidupan nyata yang di alami oleh anak).
2. Pengajaran pusat perhatian (Lingkungan tempat hidup di hari kedepanya).
3. Sekolah kerja (bertolak balik"pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tetapi juga demi kepentingan masyarakat).
4. Pengajaran proyek (anak bebas menentukan pilihanya,misalnya jenis pekerjaan,merancang dan memimpin kegiatan proyek).
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Shinta Diana -
Nama: Shinta Diana
Npm: 2513032004

Hasil analisis dari video tersebut: Aliran-aliran pendidikan dibagi menjadi 2 yaitu,
1. Aliran konvensional yaitu pandangan atau pendapat yang membahas faktor perkembangan manusia dan kepribadiannya. Ada 4 macam aliran konvensional yaitu, empirisme ,nativisme,naturalisme,dan konvergensi.

2. Gerakan (Aliran) baru yaitu upaya yang di lakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Ada beberapa bentuk gerakan (aliran) baru yaitu, pengajaran alam sekitar, pengajaran pusat perhatian, sekolah kerja, dan pengajaran proyek.
dapat disimpulkan bahwa aliran pertama fokus pada mengapa seseorang berkembang, sedangkan aliran kedua fokus pada bagaimana cara mendidik (metode pengajaran).
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Dewi Sartika 2513032016 -

Nama: Dewi Sartika

NPM: 2513032016

Dari video tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat dua aliran pendidikan yaitu aliran konvensional dan gerakan aliran baru.

Aliran konvensional, membahas tentang faktor-faktor penentu perkembangan manusia dan kepribadiannya. 

Mencakup: 

1. Aliran empirisme, anak lahir dalam keadaan bersih dan perkembangan anak ditentukan lingkungan.

2. Aliran nativisme, manusia lahir dengan pembawaan yang tidak dapat diubah.

3. aliran naturalisme, semua anak lahir dengan pembawaan baik namun jadi rusak karena pengaruh lingkungan.

4. Aliran konvergensi, perkembangan anak dipengaruhi pembawaan dan pendidikan.

Sedangkan pada gerakan aliran baru, merupakan upaya untuk perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.

Mencakup:

1. Pengajaran alam sekitar, pengajaran harus terikat dengan kehidupan nyata.

2. Pengajaran pusat perhatian, anak harus memiliki pengetahuan tentang dirinya dan dunianya.

3. Sekolah kerja, pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tapi juga demi masyarakat (sekolah kerja sosiologis, sekolah kerja psikologis, sekolah kerja sosiologis-psikologis, sekolah kerja kepribadian)

4. Pengajaran proyek, anak bebas menentukan pilihannya (jenis pekerjaan), merancang dan memimpin kegiatan proyek

In reply to First post

Re: Analisis Video

by zaskia nea amanda -
Nama:Zaskia Nea Amanda
Npm:2513032022

setelah saya tonton video tersebut,saya dapat mengambil kesimpulan bahwa ada beberapa aliran dalam pendidikan, seperti aliran empirisme berpandangan manusia di lahirkan untuk menumentukan arah hidupnya, aliran Nativisme pendidikan bisa mengubah anak ke arah lain dari pembawaan yang di bawa sejak lahir dan aliran Naturalisme bahwa semua anak mempunyai pembawaan baik, namun bisa rusak karena pengaruh lingkungan nya, dan aliran konvergensi perkembangan anak di pengaruhi oleh bawaan pendidikannya. dan dari masing-masing aliran punya pandangan berbeda tentang bagaimana seharusnya proses belajar-mengajar berlangsung, apa peran guru dan siswa, serta apa tujuan dari pendidikan itu sendiri.
Gerakan baru ini berupaya untuk mencari perbaikan dam peningkatan dalam proses pembelajaran ada pun model pembelajaran nya
1.engajaran alam sekitar yang menekankan kepada kegiatan pengajaran harus terkait dengan kehidupan yang di alami oleh anak
2.engajaran pusat perhatian
anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri terhadap jati dirinya sendiri dan lingkungannya.
Pengajaran proyek di tentukan oleh anak mereka mencari cara pemecahan masalah yang di temui secara aktif.
Sekian pemaparan materi dari saya Terima Kasih
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Duwi Nur Latifah 2513032018 -
Nama: Duwi Nur Latifah
NPM: 2513032018

A. ALIRAN KONVENSIONAL
1. Empirisme Aliran ini berpandangan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai pembawaan sama sekali dari lahirnya, tetapi perkembangan anak ditentukan oleh lingkungan yang akan menentukan arah hidupnya, Macam aliran konvensional:
2. Aliran Nativisme menurut pandangan aliran ini manusia ketika dilahirkan telah mempunyai pembawaan
3. Aliran Nativisme pandangan aliran ini bersifat pessimis terhadap pendidikan untuk bisa mengubah anak ke arah lain selain dari pembawaan yang dibawa sejak lahir.
4. Aliran Naturalisme Aliran ini disebut juga dengan "Negativisme" yang beranggapan bahwa pendidikan itu tidak perlu tetapi anak diserahkan saja kepada alam agar pembawaan yang baik tidak menjadi rusak.
5. Aliran Konvergensi Aliran ini berpendapat bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan.

B. Gerakan (Aliran) Baru
1. Pengajaran Alam Sekitar Pengajaran alam sekitar lebih menekankan kepada kegiatan pengajaran yang dilakukan di sekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yang dialami oleh anak. Anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri dan tentang dunianya yaitu lingkungan tempat hidup di hari depannya. Peloponya F.A.Finger dan J.Ligthart; Prinsip Pengajaran Alam Sekitar: 1. Peragaan 2. Aktivitas anak 3.Pengajaran totalitas 4. Menyatu dengan pengalaman anak 5. Memberikan apersepsi emosional anak.
2. Pengajaran pusat perhatian Dirintis oleh Ovideminat Decroly dari Belgia dengan semboyan "Sekolah untuk hidup dan oleh hidup". Metode yang dikemukakan oleh Decroly: Metode global (gestalt) dan pusat minat (yg dimiliki seseorang).
3. Sekolah kerja sekolah kerja dipelopori oleh G. Kerschenteiner dengan nama "Arbeitsschule" di jerman, bentuk sekolah kerja: a. Sekolah Kerja Sosiologis (kebutuhan masyarakat) b. Sekolah Kerja Psikologis (pengembangan bakat anak) c. Sekolah Kerja Sosiologis-Psikologis (gabungan) d. Sekolah Kerja Kepribadian (Pembentukan pribadi)
4. Pengajaran proyek konsep pengajaran proyek diletakkan oleh John Dewey dan dilaksanakan oleh W.H.Kilpatrick. Dalam pengajaran proyek anak bebas menentukan pilihannya (jenis pekerjaan). merancang dan memimpin kegiatan proyek.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Dzahrotus syita -

Nama : Dzahrotus syita 

Npm : 2513032005 


● Aliran Konvensional Meliputi : 

1.Aliran Empirisme anak lahir dalam keadaan bersih dan perkembangannya ditentukan oleh pengalaman dan lingkungan .  

2. Aliran Nativisme  yaitu anak lahir sudah memiliki pembawaan berupa bakat yang di miliki sejak lahir dan tidak dapat diubah oleh lingkungan. 

3.Aliran Naturalisme  anak lahir dengan pembawaan baik, tetapi bisa rusak oleh lingkungan dan campur tangan manusia yang salah. 

4.Aliran Konvergensi perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan bakat dan pendidikann serta lingkungan sekitar Keduanya penting dan saling mendukung agar potensi anak dapat berkembang.

● Gerakan Aliran Baru dalam pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari perbaikan dan meningkatkan mutu pendidikan . Pengajaran Alam pembelajaran harus terkait erat dengan kehidupan nyata dan lingkungan alami anak, terdapat pengajaran pusat anak harus memperoleh pengetahuan tentang dirinya dan lingkungan yang akan menjadi tempat hidupnya kelak, dan sekolah kerja pendidikan harus menyiapkan anak untuk bekerja dan memenuhi kebutuhan masyarakat sedangkan pengajaran proyek anak diberi kebebasan untuk merencanakan, memimpin, dan melaksanakan proyek.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Aura Bella -
Nama: Aura Bella
Npm: 2513032002

Kesimpulan yang saya dapat dari vidio tersebut yaitu:

ALIRAN-ALIRAN POKOK PENDIDIKAN
Aliran konvensional
Aliran konvensional merupakan pandangan atau pendapat yang membahas tentang faktor- faktor yang menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya
Macam Aliran Konvensional.
1. Empirisme
Aliran ini disebut juga dengan Tabularasa" yang berarti anak lahir seperti kertas putih yang masih kosong dan dapat ditulis sesuai dengan keinginan orang yang akan menulisnya.Aliran ini dipelopori oleh John Locke Aliran ini bersifat optimis terhadap pendidikan.
2. Aliran Nativisme
Menurut pandangan aliran ini manusia ketika dilahirkan telah mempunyai pembawaan (baik atau buruk).Pembawaan ini tidak dapat diubah ke arah lain oleh lingkungan atau pendidikan.
Aliran ini dipelopori oleh Schopenhauer.
Pandangan aliran ini bersifat pessimis terhadap pendidikan untuk bisa mengubah anak ke arah lain selain dari pembawaan yang dibawa sejak lahir.Jika pembawaan baik, maka anak akan berkembang ke arah yang baik, tetapi jika pembawaan itu jelek, anak akan berkemba arah yang jelek tanpa dapat diubah.
3. Aliran Naturalisme
Pandangan ini berpendapat bahwa semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan baik.Aliran ini dipelopori oleh John Jacke Rousseau Aliran ini disebut juga dengan "Negativisme" yang beranggapan bahwa pendidikan itu tidak perlu tetapi anak diserahkan saja kepada alam agar pembawaan yang baik tidak menjadi rusak.
4. Aliran Konvergensi
Aliran ini berpendapat bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan.
Bakat yang dibawa sejak lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa dukungan yang sesuai untuk perkembangan bakat itu.
Sebaliknya lingkungan yang baik tidak akan menghasilkan pendidikan yang optimal kalau tidak ada bakat yang kuat.
Aliran ini dipelopori oleh William Stern yang mempunyai pandangan positif terhadap pendidikan.

Gerakan (Aliran) Baru
Gerakan baru dalam pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran.
Ada beberapa model (bentuk) perbaikan yang dajukan oleh gerakan baru pendidikan ini.
1. Pengajaran Alam Sekitar
Pengajaran alam sekitar lebih menekankan kepada kegiatan pengajaran yang dilakukan di sekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yang dialami oleh anak.
Pelopornya F.A.Finger dan J.Ligthart
Prinsip Pengajaran Alam Sekitar:
1. Peragaan
2. Aktivitas anak
3. Pengajaran totalitas
4. Menyatu dengan pengalaman anak
5. Memberikan apersepsi emosional anak.
2. Pengajaran Pusat Perhatian
Dirintis oleh Ovideminat Decroly dari Belgia dengan semboyan "Sekolah untuk hidup dan oleh hidup "Anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri dan tentang dunianya yaitu lingkungan tempat hidup di hari depannya.
Pengajaran Pusat Perhatian Metode yang dikemukakan oleh Decroly:
Metode global (gestalt) yaitu pendidikan hendaknya dimulai dari suatu keseluruhan yang punya pengertian.
Pusat minat yaitu dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan minat spontan yang dimiliki anak.
3. Sekolah Kerja
Sekolah kerja dipelopori oleh G Kerschenteiner dengan nama "Arbeitsschule'
di jerman.Sekolah kerja bertolak dari pandangan bahwa pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tetapi juga demi kepentingan masyarakat
Bentuk Sekolah Kerja :
Sekolah Kerja Sosiologis (kebutuhan masyarakat)
Sekolah Kerja Psikologis (pengembangan bakat anak)
Sekolah Kerja Sosiologis-Psikologis (gabungan)
Sekolah Kerja Kepribadian (Pembentukan pribadi).
Pengajaran Proyek

Konsep pengajaran proyek diletakkan oleh John Dewey dan dilaksanakan oleh W.H.Kilpatrick.Dalam pengajaran proyek anak bebas menentukan pilihannya (jenis pekerjaan), merancang dan memimpin kegiatan proyek.(sesuai keinginannya).Mata pelajaran tidak terpisah antara satu dengan lainnya, tetapi didasarkan atas keperluan pemecahan masalah.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Rianti Maharani -
Nama : Rianti Maharani

NPM   : 2513032011

A. Aliran Konvesial 

Aliran Konvesial merupakan pandangan yang membahas tentang faktor-faktor yang menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya. Aliran Konvensional Meliputi: 

1. Aliran Empirisme berpandangan bahwa anak dilahirkan dalam keadaan bersih dimana perkembangannya ditentukan oleh lingkungan. 

2. Aliran Nativisme berpandangan bahwa anak ketika lahir mempunyai pembawaan baik dan buruk, pembawaan ini tidak bisa diubah oleh lingkungan sekitar. 

3. Aliran Naturalisme berpandangan bahwa  semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan baik namun bisa rusak karena pengaruh lingkungan yang salah.

4. Aliran Konvengensi berpandangan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan serta lingkungan sekitar dimana semuanya saling mempengaruhi agar potensi anak dapat berkembang dengan baik.


B. Gerakan Aliran Baru 

Gerakan aliran baru dalam pendidikan merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan menjadikan pembelajaran lebih relevan dan bermakna bagi anak. Pengajaran Alam Sekitar dimana pengajaran sekolah harus berkaitan dengan kehidupan nyata dan lingkungan sekitar yang dialami anak. Pengajaran Pusat Perhatian dimana anak belajar mengenal diri dan lingkungannya untuk bekal masa depan. Sekolah Kerja pendidikan penting untuk individu dan masyarakat, mencakup pendekatan sosiologis, psikologis, gabungan, dan kepribadian. Terakhir Pengajaran proyek dimana anak bebas menentukan pilihannya dalam merancang dan memimpin suatu  kegiatan proyek. Hal ini mendorong anak untuk memecahkan masalah yang ditemuinya.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Tiara Al Fatari -
Nama: Tiara Al Fatari
NPM: 2513032006

Aliran Pendidikan
Aliran-aliran pokok pendidikan
1. Aliran Konvensional, yaitu faktor untuk menentukan perkembangan manusia dan kepribadian nya.

Macam-macam Aliran Konvensional
1. Empirisme, aliran ini berpandang bahwa manusia lahir dalam keadaan suci, bersih, dan tidak membawa apapun sejak ia baru lahir. Tetapi lingkungan dan cara orang sekitarnya yang menentukan arah bagaimana dia kedepannya. dapat disebut juga "tabularasa" yang berarti manusia baru lahir di ibaratkan seperti kertas putih yang masih kosong, dan bisa kita tulis dengan keinginan seorang penulis.
2. Nativisme, menurut pandangan aliran ini, bahwasanya manusia setelah dilahirkan sudsh memiliki pembawaannya (baik atau buruk), pembawaan ini tidak dapat diubah oleh pendidikan & lingkungan sekitarnya. pandangan ini bersifat pesimis terhadap pendidikan, karna menurut aliran ini bahwa pendidikan tidak dapat merubah pembawaan nya yg ia bawa sejak lahir, kalau dia terlahir baik maka dia akan baik, jika pembawaan nya jelek, maka anak akan menjadi jelek juga.
3. Naturalisme, aliran ini berpendapat bahwa semua anak pembawaannya baik, tetapi pengaruh lingkungan sekitarnya yang membuat anak tersebut menjadi rusak, bahkan pendidikan yang disampaikan oleh orang dewasa bisa merusak pembawaan anak tersebut. Aliran ini disebut juga sebagai "Negativisme" yang beranggapan bahwa pendidikan tidak diperlukan, hanya perlu menyerahkan anak kepada alam sehingga tidak merusak pembawaan anak tersebut.
4. Konvergensi, aliran ini berpendapat bahwa anak berkembang dipengaruhi oleh pembawaannya dan pendidikan, bakat yang sudah ada sejak lahir tidak dapat berkembang dengan baik tanpa dukungan untuk bakat tersebut. sebaliknya, lingkungan yangg baik tidak akan mendapatkan pendidikan yang optimal jika tidak ada bakat yang kuat.

2. Gerakan (Aliran) baru
Gerakan baru Dalam pendidikan adalah upaya untuk meningkatkan sistem pembelajaran di sekolah. 

Ada beberapa bentuk perbaikan yang dapat diterapkan pada gerakan baru pendidikan ini:
1. Pengajaran alam sekitar, hal ini menekankan pada kegiatan pengajaran, di kaitkan dengan kehidupan nyata yang di alami oleh anak anak.
Prinsip pengajaran alam sekitar yaitu:
- Peragaan
- Aktivitas anak
- Pengajaran totalitas
- Menyatu dengan pengalaman anak
- Memberikan apresiasi emotional anak

2. Pengajaran pusat perhatian, setiap anak harus memahami diri nya sendiri & bagaimana dunia nya yaitu lingkungan tempat hidup di hari kedepannya, metode yang dilakukan decroly:
yaitu Metode Global, dan Pusat Minat
3. Sekolah kerja, hal ini bertolak bahwa pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tetapi juga demi kepentingan masyarakat. Bentuk sekolah kerja yaitu
- sekolah kerja Sosiologis (kebutuhan masyarakat)
- sekolah kerja Psikologis (Pengembangan bakat anak)
- sekolah kerja Sosiologis - Psikologis (gabungan)
- sekolah kerja kepribadian (Pembentukan pribadi)
4. Pengajaran proyek, dalam kegiatan proyek anak bebas memilih, merancang, dan memimpin kegiatan proyek. Proyek yang ditentukan sendiri dapat membentuk anak agar bisa memecahkan masalahnya sendiri secara aktif. Mata pelajaran tidak terpisahkan antara satu dengan lainnya, tetapi didasarkan atas keperluan pemecahan masalah.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Komang Panji Anggara -
Nama: Komang Panji Anggara
NPM: 2513032031

Beberapa hal yang saya pahami dari video tersebut yaitu Aliran - Aliran Pendidikan
1. Aliran konvesional (lama)
2. Gerakan (aliran baru)

Aliran - Aliran Pendidikan harus dijadikan kerangka dalam pengembangan praktik pengajaran yang sesuai, dalam video tersebut menekankan bahwa pendidikan itu tidak boleh hanya dalam aliran lama maksudnya tu gaboleh gitu gitu aja , tapi perlu terus diperbaharui dan disesuaikan dengan zaman, kebutuhan siswa dan teknologi. Pendidikan juga ga boleh berhenti pada teori, tapi juga perlu kemampuan berpikir kritis, kreatif dll agar sistem pendidikan ga tertinggal oleh perkembangan zaman, pendidikan itu hasil gabungan antara teori dan praktik, Aliran - Aliran Pendidikan juga bisa ngebantu guru dan siswa memahami bagaimana, kenapa dan untuk apa belajar itu dilakuin.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Bambang Kurniawan -
NAMA: BAMBANG KURNIAWAN
NPM: 2513032015
KELAS: 25 A

A. Aliran Empirisme
Point: Manusia lahir seperti kertas putih (tabula rasa). Perkembangan sepenuhnya ditentukan oleh lingkungan dan pengalaman.

B. Aliran Nativisme
Point: Manusia lahir membawa bakat baik atau buruk yang tidak dapat di ubah oleh lingkugan atau pendidikan.

C.Aliran Naturalisme
Point: Manusia lahir dengan pembawaan baik, tetapi bakat baikitu dapat di rusak oleh lingkungan atau pendidikan yang salah.

D. Aliran Konvergensi
Point: Perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan bakat dan lingkungan pendidikan. Bakat tidak berkembang tanpa lingkungan dan lingkungan yang baik tidak optimal tanpa bakat yang kuat. Kedua faktor sama sama berperan.

E. Pengajaran Alam Sekitar: Pembelajaran harus di kaitkan dengan kehidupan nyata dan lingkungan yang di alami anak.

F. Pengajaran Pusat Perhatian: Pembelajaran harsu disesuaikan dengan apa yang sedang menjadi perhatian atau minat spontan anak.

G. Sekolah Kerja: Pendidikan tidak hanya untuk kepentingan individu, tetapi juga untuk kepentingan masyarakat, dengan menekankan keterampilan dan pembentukan kepribadian.

H.Pengajaran Proyek: Siswa bebas menentukan proyek yang akan di kerjakan, mendorong pemecahan masalah secara efektif.

Jadi kesimpulanya Aliran Konvergensi menjadi kesimpulan yang paling realistis dan diterima hingga kini, yaitu bahwa potensi bawaan (bakat) dan upaya pendidikan (lingkungan) harus berjalan sinergis untuk menghasilkan perkembangan yang optimal. Tanpa bakat, pendidikan sulit maksimal dan tanpa pendidikan, bakat tidak akan berkembang. Gerakan-gerakan dalam pendidikan seperti Pengajaran Proyek dan Sekolah Kerja menunjukkan pergeseran fokus dari sekadar memahami faktor penentu (Konvensional) menjadi cara menerapkan pendidikan yang efektif. Gerakan ini menekankan bahwa pembelajaran haruslah:
1. Relevan (Alam Sekitar/Pusat Perhatian).
2. Aktif (Sekolah Kerja/Proyek).
3. Holistik (melibatkan bakat dan kebutuhan sosial).

Dengan demikian, pendidikan yang ideal adalah yang mampu mengidentifikasi bakat bawaan (Nativisme), menyediakannya lingkungan yang mendukung (Empirisme), dan melaksanakannya melalui metode yang aktif, relevan, serta terintegrasi (Gerakan Baru).
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Dahlia Dahlia -

Nama : Dahlia

Npm : 2513032021


-Aliran Konvensional


Aliran ini berfokus pada pandangan klasik mengenai bagaimana manusia berkembang dan membentuk kepribadiannya.

Beberapa pandangannya meliputi:

Empirisme: Manusia lahir tanpa membawa sifat apa pun (ibarat kertas kosong), dan lingkunganlah yang membentuknya.

Nativisme: Sifat dan bakat sudah terbawa sejak lahir, sehingga pendidikan tidak dapat mengubahnya.

Naturalisme: Setiap anak pada dasarnya baik, namun lingkungan dapat merusak pembawaannya.

Konvergensi: Perkembangan anak dipengaruhi oleh faktor bawaan dan lingkungan secara bersamaan; keduanya harus saling mendukung agar hasilnya optimal.


-Gerakan Baru dalam Pendidikan


Gerakan ini muncul untuk memperbaiki sistem belajar di sekolah agar lebih relevan dengan kehidupan nyata.

Beberapa penerapan utamanya antara lain:

Pengajaran berbasis lingkungan: Mengaitkan pembelajaran dengan pengalaman nyata anak. Prinsipnya melibatkan kegiatan langsung seperti peragaan, aktivitas mandiri, dan penghargaan terhadap emosi anak.

Pengajaran berpusat pada anak: Setiap anak diajak memahami dirinya dan lingkungan hidupnya.

Sekolah kerja: Pendidikan diarahkan tidak hanya untuk kepentingan individu, tetapi juga masyarakat. Sekolah dapat berfokus pada aspek sosial, psikologis, atau pembentukan kepribadian.

Pengajaran proyek: Anak didorong untuk belajar melalui proyek yang mereka rancang dan kerjakan sendiri, agar terbiasa berpikir kritis dan memecahkan masalah secara mandiri.

Singkatnya, aliran konvensional lebih menekankan pada faktor bawaan dan lingkungan secara teoritis, sedangkan gerakan baru berfokus pada penerapan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan berpusat pada pengalaman nyata anak.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by UN NAYSYA AZ ZAHRA -
NAMA: UN NAYSYA AZ ZAHRA NPM:2513032008 



 Menurut video yang saya tonton video tersebut membembahas beberapaaliran dalam pendidikan yaitu Aliran Aliran pokok pendidikan A.Aliran konvensional Aliran konvesional merupakan pandangan atau pendapat yang membahas tentang faktor-faktor yang menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya Macam aliran konvensional 1.Empirisme Aliran ini berpandangan bahwa manusia di lahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai pembawaan sama sekali dari lahirnya, tetapi perkembangan akan di tentukan oleh lingkungannya yang menentukan. Empirisme Aliran ini di sebut juga dengan "Tabularasa" yang berarti anak lahir seperti kertas putih yang masih kosong dan dapat di tulis sesuai dengan keinginan orang yang akan menulisnya. Aliran ini di pelopori oleh John Loeke 2.Aliran Nativisme Menurut pandangan aliran ini manusia ketika di lahirkan telah mempunyai pambawaan (baik atau buruk). Pembawaan ini tidak dapt di ubah ke arah lain oleh lingkungan atau pendidikan. Aliran ini di pelopori oleh Schopenhauer. Aliran Navitisme Pandangan aliran ini bersifat pessimis terhadap pendidikan untuk bisa mengubah anak ke arah lain, selain dari pembawaan yang di bawa sejak lahir. Jika pembawaan baik, maka anak akan berkembang ke arah yang baik, tetapi jika pembawaan itu jelek, anak akan berkembang arah yang jelek tanpa dapat di ubah. 3.Aliran Naturalisme Pandangan ini berpendapat bahwa semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan baik. namun pembawaan itu menjadi rusuk karena pengaruh lingkungan, bahkan pendidikan yang di berikan orang dewasa kepada anak dapat merusak pembawaan baik itu. Aliran Naturalisme Aliran ini di pelopori oleh John Jacke Roussecau. Aliran ini di sebut juga dengan "Negativisme" yang beranggapan bahwa pendidikan itu tidak perlu tetapi anak di serahkan saja kepada alam agar pembawaan yang baik tidak menjadi rusak. 4.Aliran Konvergensi Aliran ini berpendapat bahwa perkembangan anak di pengaruhi oleh pembawa dan pendidikan. Bakatyang di bawa sejak lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa dukungan yang sesuai untuk perkembangan bakat itu. Sebaliknya lingkungan yang baik tidak akan menghasilkan pendidikan yang optimal tidak ada bakat yang kuat. Prinsip pengajaran Alam Sekitar 1.Peragaan 2.Aktivitas anak 3.Pengajaran totalitas 4.Menyatu dengan pengalaman 5.Memberikan apresiasi emosional anak Pengajar pusat perhatian Dirintis oleh Ovidet Decorly dari Balgia dengan semboyan "sekolah untuk hidup dan oleh hidup" Anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri dan tentang dinianya tempat hidup di hari depannya.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by windi arisma yanti -

NAMA:WINDI ARISMA YANTI

NPM:2513032027


jadi berdasarkan video yang sudah saya tonton dapat disimpulkan bahwa 

terdapat macam macam aliran konvensional,yaitu

1.empirisme (manusia dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa memiliki pembawaan apapun dari ia lahir bagaikan kertas putih dan masih kosong)

2.nativisme (manusia ketika dilahirkan telah mempunyai pembawaan,jika pembawaan nya baik maka anak itu akan berkembang ke arah yang baik begitupun sebaliknya)

3.naturalisme (semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan yang baik namun, pembawaa itu bisa rusak karena pengaruh lingkungannya)

4.konvergensi (perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidikannya)

Gerakan baru terdapat beberapa model dalam gerakan baru

1.pengajaran alam sekitar(menekankan kepada kegiatan yang dilakukan di sekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yg di alami)

2.pengajaran pusat perhatian(anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya)

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Galuh Fatmawati -
Nama : Galuh Fatmawati
NPM. :  2513032019
Kelas. : 25A
 Jadi yang saya dapatkan dari penjelasan materi diatas yaitu: Membahas tentang Aliran-aliran pokok pendidikan mencakup diantaranya:
a.Aliran konvensional: merupakan pandangan untuk menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya. Ada macam-macam aliran konvensional diantaranya:
1.Empirisme: yaitu manusia dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai pembawaan dari lahir aliran ini dipelopori oleh John Locke
2.Nativisme: manusia ketika dilahirkan sudah memiliki pembawaan (baik atau buruk) dan pembawaan ini sifatnya mutlak tidak dapat diubah aliran ini dipelopori oleh Schopenhauer
3.Naturalisme: semua anak yang lahir memiliki pembawaan baik, namun pembawaan ini bisa rusak karena faktor lingkungan aliran ini dipelopori John Jacke Rousseau
4.Konvergensi: Perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan pendidikan. Bakat yang dibawa sejak lahir tidak akan berkembang jika tidak ada dukungan yang sesuai dengan perkembangan bakat itu aliran ini dipelopori William Stren
 Ada pula Gerakan Aliran Baru yaitu meliputi;
1.pengajaran alam sekitar: menekankan dengan kehidupan nyata yang dialami oleh anak
2.pengajaran pusat perhatian: anak belajar mengenal dirinya dan lingkungannya
3.dan sekolah kerja: disini pendidikan itu sangat penting untuk individu dan masyarakat
4.pengajaran proyek: anak bebas dalam mengekspresikan dan menentukan pilihannya secara bebas dalam merancang dan menjalankan proyeknya
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Arina Salsabila 2513032013 -

Nama : Arina Salsabila 

NPM : 2513032013

Hasil analisis yang saya dapatkan dalam materi di vidio tersebut, tampak bahwa pendidikan punya banyak pandangan. Aliran lama fokus pada bawaan lahir dan lingkungan sebagai penentu perkembangan anak. Sedangkan gerakan baru menekankan pembelajaran yang aktif, nyata, dan sesuai minat anak.

Poin-poin penting itu terdapat 2 yaitu : 

1. Aliran Konvensional 

a. Empirisme, Anak yang lahir seperti kertas kosong dan dipengaruhi penuh oleh lingkungan. Jadi lingkungan sangat menentukan pertumbuhan anak.

b. Nativisme, Anak lahir sudah punya bakat bawaan pendidikan tidak bisa mengubahnya. Pendidikan dan lingkungan tidak terlalu berpengaruh karena anak sudah mempunyai kemampuan yang terbentuk sejak awal.

c. Naturalisme, Anak lahir dengan sifat murni atau baik tapi bisa rusak karena lingkungan yg buruk dan pendidikan yang mungkin salah.

d. Konvergensi, Perkembangan digabungkan dua sisi yaitu bawaan sejak lahir dan lingkungan. Jadi di perkembangan ini anak dipengaruhi oleh bakat alami dan lingkungan yang mendukung atau tidaknya.

2. Gerakan Baru Pendidikan

a. Pengajaran Alam Sekitar, pengajaran ini anak akan lebih mengerti jika berhubungan langsung dengan kehidupan sehari-harinya.

b. Pengajaran Pusat Perhatian, dalam pengajaran ini mengikuti bakat dan minat anak agar si anak lebih semangat dalam belajar.

c. Sekolah Kerja Pendidikan, sekolah bukan hanya mengajarkan soal teori tetapi juga melatih anak agar berguna untuk diri sendiri dan masyarakat.

d. Pengajaran Proyek Anak, jika anak diberikan kebebasan dalam memilih proyek maka anak akan lebih aktif dalam proses belajar.

Jadi menurut saya, pendidikan yang baik adalah yang menggabungkan keduanya, memperhatikan potensi bawaan anak dan memberikan pengalaman belajar yang sesuai dengan bakat yang di milikinya.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Bunga Nurainni Nasution -
Nama : Bunga Nurainni Nasution
Npm : 2513032001

Aliran konvensional merupakan pandangan atau pendapat yang membahas tentang faktor yang menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya. Aliran ini memiliki 4 Macam Aliran Konvensional yang pertama
1. Empirisme, berpandangan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai pembawaan sama sekali dari lahirnya, tetapi perkembangan anak ditentukan oleh lingkungan (keluarga, sekolah, masyarakat)yang akan menentukan arah hidupnya. Aliran ini disebut juga "Tabularasa" yang berarti anak lahir seperti kertas putih yang masih kosong dan dapat ditulis sesuai dengan keinginan orang yang akan menulisnya.
2. Aliran Nativisme, berpandangan bahwasanya manusia ketika dilahirkan telah mempunyai pembawaan (baik atau buruk).Pembawaan ini tidak dapat diubah ke arah lain oleh lingkungan atau pendidikan. Aliran ini bersifat pessimis yang artinya, Jika pembawaan baik, maka anak akan berkembang ke arah yang baik, tetapi jika pembawaan itu jelek, anak akan berkemba arah yang jelek tanpa dapat diubah
3. Aliran Naturalisme, berpandangan bahwa semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan baik, namun pembawaan itu manjadi rusak karena pengaruh lingkungan, bahkan pendidikan yang diberikan orang dewasa kepada anak dapat merusak pembawaan baik itu.
4. Aliran Konvergensi, berpandangan bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan. Yang dapat di artikan bahwasanya Bakat yang dibawa sejak lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa dukungan yang sesuai untuk perkembangan bakat itu.
Berbeda dengan fokus Aliran konvensional Gerakan baru dalam pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran. Ada beberapa model (bentuk) perbaikan yang dajukan oleh gerakan baru pendidikan ini.
1. Pengajaran Alam Sekitar, menekankan kepada kegiatan pengajaran yang dilakukan di sekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yang dialamı oleh anak, sehingga lebih kongkrit dan terkait secara emosional dengan kebutuhan dan kehidupan anak.
2. Pengajaran Pusat Perhatian, Dirintis oleh Ovideminat Decroly dari Belgia dengan semboyan "Sekolah untuk hidup dan oleh hidup". Yang artinya Anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri dan tentang dunianya yaitu lingkungan tempat hidup di hari depannya.
3. Sekolah Kerja, menekankan bahwa pendidikan tidak hanya untuk individu, tetap juga harus menuhi kepentingan masyarakat
4. Pengajaran Proyekmenempatkan siswa sebagai subjek yang bebas menentukan, merancang, dan memimpin kegiatannya sendiri. Pendekatan ini mendorong siswa untuk aktif mencari pemecahan masalah dan mengintegrasikan mata pelajaran.

Jadi kesimpulannya adalah Konvergensi adalah jembatan yang menyatukan bakat dan lingkungan, dan Gerakan Baru adalah metode yang membuat pembelajaran jadi aktif, relevan, dan berpusat pada siswa, sehingga pendidikan tidak hanya sekadar ilmu di buku, tapi juga persiapan nyata untuk kehidupan
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Keisha azalea devina -
Nama: Keisha Azalea Devina
Npm: 2513032012

Menurut video yang saya tonton video ini tersebut membahas beberapa aliran dalam pendidikan seperti aliran empirisme berpandangan pengetahuan manusia berasal dari pengalaman, aliran nativisme bersifat pesimis terhadap pendidikan untuk bisa mengubah anak ke arah lain, aliran naturalisme berpandangan berpendapat bahwa semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan baik, dan aliran konvergensi perkembangan anak yang dipengaruhi oleh bawaan pendidikan. Masing-masing aliran punya pandangan berbeda tentang bagaimana seharusnya proses belajar mengajar berlangsung.
Gerakan baru
Pengajaran alam sekitar yang menekankan kepada kegiatan pengajaran
Pengajaran pusat perhatian anak harus mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri
Sekian pemaparan materi dari saya Terima Kasih
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Rachealia Selcy A 2513032033 -
Nama: Rachealia Selcy A
NPM : 2513032033


Aliran pokok pendidikan
Aliran Konvensional, membahas faktor yang menentukan perkembangan manusia

-Macam macamnya
1. Empirisme, manusia dilahirkan dalam keadaan bersih atau disebut "Tabularasa" yang berartti anak lahir seperti kertas putih yang masih kosong.

2. Nativisme, manusia dilahirkan telat mempunyai pembawaan baik atau burul, pembawaan ini tidak dapat diubah kearag lain oleh lingkungan, jika pembawaan baik maka anak akan berkembang ke arag baik, begitupun sebaliknya.

3. Naturalisme, semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan namun pembawaan itu menjdi rusak karena pengaruh lingkungan.

4. Konvergensi, perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan, bakat dibawa sejak lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa perkembangan bakat itu.

-Gerakan(Aliran) Baru
Upaya yang dilakukan untuk mencari perbaikan pengingkatan mutu pendidikan khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran.
1.Pengajar alam sekitar, pengajaran yang dilakukan di sekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yang dialami oleh anak.

-Prinsip pengajaran Alam Sekitar
Ada peragaan, aktivitas anak, pengajaran totalitas, menyatu dengan pengalaman anak dan memberikan apersepsi emosional anak.

-Pengajaran pusat perhatian
1.Metode Global
2. Pusat Minat

-Bentuk sekolah kerja
1. Sekolah Kerja Sosiologi
2. Sekolah Kerja Psikologis
3. Sekolah Kerja Sosiologi dan Psikologis(gabungan)
4. Sekolah Kerja Kepribadian.

-Pengajaran proyek, ditentukan sendiri oleh ajak akan mendorong mereka untuk mencari pemecaham masalah.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Rismatul Zahra -

Nama:Rismatul Zahra

Npm:2513032029

Kelas:25 A

ALIRAN POKOK PENDIDIKAN 

A.Aliran konvensional

Membahas tentang faktor-faktor yang perkembangan manusia dan kepribadiannya

macam aliran konvensional:

Aliran empirisme aliran ini berpandangan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan bersih,aliran nativisme menurut pandangan aliran ini ketika manusia dilahirkan telah mempunyai Pembawaan baik atau buruk,aliran nativisme juga bersifat Pesimis terhadap Pendidikan untuk mengubah anak kearah lain selain dari Pembawaan yang dibawa sejak lahir,aliran Naturalisme Pandangan ini bahwa Semua anak yang baru lahir mempunyai pembawaan baik,,aliran konvergensi,aliran ini berpendapat bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan pendidik 

B Gerakan (Aliran) Baru

Dalam Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari Perbaikan dan Peningkatan mutu Pendidikan khususnya Perbaikan dalam proses pembelajaran

1. Pengajaran Alam Sekitar

Prinsip Pengajaran:

Peragaan, aktivitas anak pengajaran totalitas,

Menyatu dengan pengalaman anak memberikan apresiasi emosional kepada anak

2.pengajaran Pusat Perhatian

Metode global,pusat minat

3.Sekolah kerja

Bentuk Sekolah kerja

Sekolah kerja sosiologi,Psikologi,Sosiologi,kepribadian

4. Pengajaran proyek,dalam Pengajaran proyek anak bebas menentu Pilihannya Proyek yang ditentukan sendiri oleh anak akan mendorong mereka untuk mencari cara Pemecahan masalah yg ditemui Secara aktivitas,mata Pelajaran tidak terpisah antara dengan lainnya tetapi didasarkan atas keperluan pemecahan masalah.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Ghazia Fatimatuzzahra Hami -
Nama: Ghazia Fatimatuzzahra Hami
NPM: 2513032014
Kelas: 25 A

Analisis kesimpulan singkat mengenai isi vidio tersebut adalah....
ALIRAN - ALIRAN PENDIDIKAN
A. Aliran konvensional
Merupakan pandangan/Pendapat yang Membahas tentang faktor-faktor yang menentukan Perkembangan manusia dan kepribadiannya.
Macam Aliran konvensional:
1. Empirisme
Alican ini berpandangan bahwa manusia dilahirkan dalam keadaan bersih tanpa mempunyai Pembawaan sama sekali dari lahirnya, tetapi Perkembangan anak ditentukan oleh lingkungan yg akan menentukan arah hidupaya. Aliran ini disebut dengan "Tabularasa" yg lahir seperti kertas putih yg masih kosong dan dapat ditulis sesuai keinginan orang yang akan menulis nya.Tokoh aliran ini John Locke.
2 Aliran Nativisme
Manusia dilahirkan telah mempunyai Pembawaan (baik atau buruk). Pembawaan ini tidak dapat diubah kearah lain oleh lingkungan/pendidikan.aliran ini dipelopori oleh schopenhauer.
3.Aliran Naturalisme
Berpendapat bahwa semua anak yang baru lahir mempunyai Pembawanan baik. Namun Pembawaan itu menjadi rusak karena pengaruh lingkungan, bahkan pendidikan yang diberikan orang dewasa lebih dapat merusak Pembawaan baik itu. Dipelopori oleh John Jacke Resseau.
Aliran ini disebut dengan "Negativisme".
4.Aliran Konvergensi
Bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan Pendidikan. bakat yg dibawa sejak lahir tidak akan berkembang dengan baik tanpa dukungan yg Sesuai untuk Perkembangan bakat itu. Dipelopori oleh william Stern.
B. Gerakan(Aliran) Baru
Gerakan baru dalam pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu perdidikan khususnya Perbaikan dalam Proses Pembelajaran. Ada beberapa model gerakan baru pendidikan ini.
1.Pengajaran Alam Sekitar
lebih menekankan kepada kegiatan pengajaran yang dilakukan disekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yg dialami oleh anak, sehingga lebih konkret dan terkait Secara emosional dengan kebutuhan dan kehidupan anak. Peloporaya F.A. Finger dan J. Ligthard
Prinsip Pengajaran Alam Sekitar
1.Peragaan
2.Aktivitas anak
3.Pengajaran Totalitas
4.menyatu dengan Pengalaman anak
5.memberikan apersepsi emosional anak

2 Pengajaran Pusat Perhatian
Dirintis och ovideminat Decroly dari Belgia dongen Semboyan sekolah untuk hidup dan oleh hidup.

Pengajaran Pusat Perhatian
metode yang dikemukakan oleh Decroly:
1.metode global (gestalt) yaitu pendidikan hendaknya dimulai dari suatu keseluruhan yg Punya pengertian.
2.Pusat minat yaitu dalam Pembelajaran harus disesuaikan dengan minat spontan yang dimiliki anak.

3 Sekolah kerja
Sakolah kerja dipelopori Deh G. hersctunteiner dengan Roma Arbeitsschule di Jerman.
Sekolah kerja bertolak dari Pandangan bahwa Pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tetapi juga demi kepentingan masyarakat.
Bentuk sekolah kerja
a. Sekolah kerja sosiologis (kebutuhan masyarakat)
b. sekolah kerja psikologis (Pengembangan bakat anak)
c. Sekolah kerja sosiologis (gabungan)
d. Sekolah kerja kepribadian (pembentukan Pribadi)

Pengajaran Proyek
Proyek yg ditentukan sendiri anak akan mendorong mereka untuk mencari cara Pemecahan masalah yg ditemui secara aktif (sesuai keinginan).

Sekian kesimpulan yang dapat saya simpulkan dari vidio diatas, Terima kasih.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Ghina Aprilia Lutfiani -
Nama : Ghina Aprilia Lutfiani
NPM : 2513032023

Dari beberapa aliran pendidikan, bisa dilihat jika tiap tokoh mempunyai pandangan berbeda tentang bagaimana manusia berkembang. Ada yang mengatakan pengalaman lebih penting (John Locke), ada juga yang percaya pembawaan atau bakat lebih menentukan (Schopenhauer). Rousseau mengatakan anak sebenarnya lahir baik, tapi bisa rusak karena lingkungan. Lalu Stern mencoba menyeimbangkan semuanya lewat aliran konvergensi antara bakat dan lingkungan sama sama penting.

Sementara itu, gerakan aliran baru hadir untuk memperbaiki cara belajar di sekolah. Pengajaran dibuat lebih dekat dengan kehidupan anak, lewat kegiatan nyata dan pengalaman langsung. Misalnya seperti pengajaran alam sekitar, pengajaran pusat perhatian dari Ovide Decroly dengan semboyan “sekolah untuk hidup dan oleh hidup”, sampai pengajaran proyek yang memberi anak kebebasan menentukan kegiatan belajarnya sendiri.

Jika dilihat secara kritis, aliran baru ini lebih cocok dengan pendidikan zaman sekarang, karena bukan cuma fokus di teori, tapi juga melatih anak supaya aktif, mandiri, dan bisa belajar dari pengalaman hidupnya sendiri.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Dewa Ayu Kartika Utami -

NAMA: DEWA AYU KARTIKA UTAMI 

NPM:2513032032


A. Aliran Pendidikan 


 1. Aliran Konvensional


Aliran konvensional merupakan pandangan atau pendapat yang membahas tentang faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan manusia dan kepribadiannya.



B. Macam-Macam Aliran Konvensional


a. Empirisme


Empirisme berpandangan bahwa manusia lahir tanpa pembawaan, dan perkembangan ditentukan oleh lingkungan.

Disebut juga “Tabula Rasa”, artinya anak seperti kertas kosong yang bisa dibentuk melalui pendidikan.

Tokohnya John Locke, dan aliran ini bersifat optimis terhadap pendidikan.


b. Aliran Nativisme


Menurut pandangan aliran ini, manusia ketika dilahirkan telah mempunyai pembawaan sejak lahir.

Pembawaan ini tidak dapat diubah ke arah lain oleh lingkungan atau pendidikan.

Aliran ini dipelopori oleh Schopenhauer.


c. Aliran Naturalisme

Pandangan ini berpendapat bahwa semua anak yang baru lahir telah mempunyai pembawaan baik, namun pembawaan itu menjadi rusak karena pengaruh lingkungan. Bahkan pendidikan yang diberikan orang dewasa kepada anak dapat merusak pembawaan baik itu.


d. Aliran Konvergensi

Aliran ini berpendapat bahwa perkembangan anak dipengaruhi oleh pembawaan dan lingkungan.



B. Gerakan (Aliran) Baru


Gerakan baru dalam pendidikan merupakan upaya yang dilakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan, khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran.


Beberapa model (bentuk) perbaikan yang diusung oleh gerakan baru pendidikan ini antara lain:


1. Pengajaran alam sekitar

2. Pengajaran pusat perhatian

3. Sekolah kerja

4. Pengajaran proyek

In reply to First post

Re: Analisis Video

by 2513032030 2513032030 -

nama: Reva ferdiansyah 

npm: 2513032030

menurut saya pendidikan bukan sekadar rutinitas belajar, tapi cara manusia memahami dirinya dan realitas di sekitarnya.

Aliran konvensional mencoba menjelaskan dari mana kepribadian manusia berasal.

Empirisme percaya lingkungan membentuk manusia.

Nativisme yakin watak sudah lahir bersama diri manusia.

Naturalisme menegaskan semua anak pada dasarnya baik, tapi dunia bisa merusaknya.

Konvergensi melihat keduanya saling berperan — bawaan dan pendidikan berjalan beriringan.

Sementara aliran baru muncul karena manusia mulai sadar: belajar tidak cukup dengan hafalan.

Belajar dari alam, mengenali diri sendiri, belajar lewat kerja dan proyek — semua menuntut agar pendidikan kembali pada hakikatnya: membebaskan pikiran.

Jadi, pendidikan sejati bukan sekadar mencetak kepintaran, tapi menumbuhkan kesadaran.

Karena orang pintar belum tentu sadar, tapi orang sadar pasti mau terus belajar.

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Mulya Putri -
Nama : Mulya Putri
Npm : 2513032024

Menurut saya Gerakan aliran baru
merupakan upaya yang dilakukan untuk mencapai perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran ada beberapa model(bentuk) perbaikan yang diajukan oleh gerakan yang baru pendidikan ini.
1.pengajaran alam sekitar
lebih menekankan pada kegiatan pengajaran yang bisa dilakukan disekolah harus berkaitan dengan kehidupan nyata.adapun prinsip nya itu mulai dari peragaan,aktivitas anak,pengajaran totalitas,menyatu dengan pengalaman anak,serta memberikan apresiasi emosional anak.
2.pengajaran pusat perhatian
anak harus memiliki pengetahuan terkait diri nya sendiri dan tentang dunianya yaitu lingkungan hidupnya.
3.sekolah kerja
bahwa pendidikan tidak hanya untuk kepentingan setiap individu tetapi juga demi kepentingan masyarakat.kemudian adapun bentuk sekolah kerja sama yaitu kebutuhan masyarakat,pengembangan bakat anak,gabungan,serta pembentukan pribadi
4.pengajaran proyek
konsep dimana anak bebas menentukan pendapatnya(jenis pekerjaan yang ingin dikerjakan nya) dan merancang kegiatan proyek,pada pengajaran proyek tersebut anak akan jauh lebih tau untuk cara memecahkan masalah yang ditemui secara aktif.
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Reyke Diah Pitaloka -
Nama:Reyke Diah Pitaloka
NPM :2513032017


Berikut analisis dari video yg telah saya tonton.
Aliran pendidikan konvensional ini meliputi 4 bagian yaitu:

A. Aliran pendidikan konvensional

1.Aliran Empiris: Berpandangan bahwa manusia dilahirkan dengan keadaan bersih tanpa bawaan samasekali, Anak lahir seperti kertas putih yang masih kosong, Pendapat ini kemukakan oleh John Lock.

2.Aliran Nativisme: Manusia dilahirkan telah mempunyai Bawaa baik dan buruk, dapat di ubah karena lingkungan kependidikan dan jika pembawaan nya baik maka akan berkembang baik, Begitu juga sebaliknya jika pembawaan nya buruk maka akan berkembang buruk.

3.Aliran Naturalisme: Semua anak yg baru lahir mempunyai pembawaan naik dan akan rusak juga ada pengaruh jelek

4.Aliran Konvergensi: Perkembangan anak di pengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan, Keduanya ini sangat penting dan saling berhubungan agar anak tersebut dapat berkembang dengan baik.

B. Gerakan (Aliran) Baru

1.Pengajaran Alam Sekitar: Pengajaran alam sekitar ini lebih menekankan kepada kegiatan pengajaran yg dilakukan disekolah harus terkait dengan kehidupan nyata yg dialami oleh anak.

2.Pengajaran Pusat perhatian:Anak harus tau bahwa dirinya mempunyai pengetahuan terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya

3.Sekolah kerja: Pendidikan juga tidak hanya mementingkan dirinya sendiri tetapi juga tetapi juga lingkungan masyarakat.

4.Pengajaran Proyek: Jadi anak itu bebas memilih atau menentukan jenis-jenis pekerjaannya lalu mereka akan memecahkan masalah yang dihadapinya
In reply to First post

Re: Analisis Video

by Anggun Maulia Sari -

NAMA : Anggun Maulia Sari

NPM : 2513032025

Dari video tersebut dapat di simpulkan bahwa terdapat dua aliran pendidikan yaitu aliran konvensional dan gerakan aliran baru. 

Aliran konvensional itu pandangan atau pendapat membahas faktor yang menentukan perkembangan manusia dan kepribadiannya. Macam aliran konvensional yang pertama empirisme itu manusia lahir dalam keadaan bersih tetapi perkembangan anak di tentukan oleh lingkungan yang akan menentukan arah hidupnya, aliran ini di sebut tabularasa berati anak lahir seperti kertas putih kosong dan di tulis sesuai keinginan dan aliran ini di pelopori oleh john locke serta bersifat optimis. Kedua nativisme itu ketika manusia lahir sudah punya pembawaan (baik atau buruk) dan tidak bisa di ubah oleh lingkungan atau pendidikan serta di pelopori oleh schopenhauer dan bersifat pesimis. Ketiga naturalisme itu semua anak baru lahir punya pembawaan baik namun bisa rusak karna pengaruh lingkungan di pelopori oleh john jacke rousseau serta aliran ini di sebut negativisme. Keempat konvergensi itu perkembangan anak di pengaruhi oleh pembawaan dan pendidikan seperti bakat sejak lahir tidak akan baik tanpa dukungan yang sesuai sebaliknya lingkungan yang baik tidak menghasilkan pendidikan optimal karna tidak ada bakat yang kuat, aliran ini di pelopori oleh william stern berpandangan positif.

Gerakan aliran baru adalah upaya dilakukan untuk mencari perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan khususnya perbaikan dalam proses pembelajaran. Ada model (bentuk) perbaikan yaitu pertama pengajaran alam sekitar itu pengajaran di sekolah harus terkait kehidupan nyata di alami oleh anak sehingga lebih kongkrit dan emosional dengan kebutuhan dan kehidupan anak (F.A.Finger dan J.Ligthart), ada juga prinsip pengajaran alam sekitar ada peragaan, aktivitas anak, pengajaran totalitas, menyatu dengan pengalaman anak, dan memberikan apersepsi emosional anak. Kedua pengajaran pusat perhatian oleh ovideminat decroly dari belgia dengan semboyan sekolah untuk hidup dan oleh hidup. Ada 2 metodenya dengan cara global (gestalt) yaitu pendidikan di mulai dari keseluruhan yang punya pengertian, yang kedua dengan cara pusat minat itu pembelajaran harus di sesuaikan minat spontan yang di miliki anak. Ketiga sekolah dasar (G.Kerschenteiner/arbeitsschule) di jerman bertolak bahwa pendidikan tidak hanya demi kepentingan individu tetapi juga masyarakat, bentuknya ada sekolah kerja sosiologis (kebutuhan masyarakat), sekolah kerja psikologis (pengembangan bakat anak), sekolah kerja sosiologis-psikologis (gabungan), dan sekolah kerja kepribadian (pembentukan pribadi). Ke empat pengajaran proyek (W.H. Kilpatrick) dalam proyek bebas menentukan jenis pekerjaannya, merancang dan memimpin proyek.

Sekian video tersebut yang dapat saya simpulkan materi aliran pendidikan, terimakasih bu

In reply to First post

Re: Analisis Video

by Mutia Husaida -
Nama : Mutia Husaida
NPM : 2513032026

Jadi menurut yang saya analisis dari materi Aliran pokok Pendidikan ini yakni: 

A. Aliran konvensional (faktor yang menentukan perkembangan manusia) adapun macam-macam alirannya yaitu:

- Empirisme
Pelopor: John locke
Intinya: “Anak itu ibarat kertas kosong (Tabularasa), lingkungan yang nulis ceritanya."
Anak lahir tanpa pengetahuan bawaan, pengalaman dan lingkunganlah yang membentuk karakter dan kemampuan mereka.

- Nativisme
Pelopor : Schopemhauer
Setiap anak lahir sudah punya potensi alami. Pendidikan hanya berperan membantu mengembangkan bakat tersebut.
Contoh: Anak yang sejak kecil berbakat melukis akan tetap berkembang di seni gambar walaupun dukungan sekolahnya terbatas.

- Naturalisme
Pelopor: John Jake Rousseau
“Segala sesuatu yang baik berasal dari alam, tetapi manusia merusaknya melalui pendidikan yang salah.”
Intinya, naturalisme menekankan bahwa pendidikan harus selaras dengan alam dan sifat alami anak, bukan memaksakan aturan yang kaku.

- Konvergensi
Pelopor: William Stern
“Bakat bawaan + lingkungan"
Perkembangan anak dipengaruhi oleh bakat+pendidikan yang optimal.
Contoh: Siswa yang berbakat matematika akan berkembang lebih cepat jika mendapat guru yang tepat dan fasilitas yang mendukung.

B. Gerakan (Aliran) Baru
Pelopor: F.A.Finger dan J.Lighart
1. Pengajaran alam sekitar
2. Pengajaran pusat perhatian
3. Sekolah kerja
4. Sekolah proyek
Model model atau gerakan aliran baru diatas muncul karena ada perbaikan yang harus dilakukan dalam proses pembelajaran agar lebih baik dan lebih berhasil. Menyesuaikan dengan dunia anak tersebut. Pembelajaran harus berpusat pada pengalaman nyata anak dan lingkungan sekitarnya, jadi bukan cuma teori di kelas. Mereka menekankan belajar sambil melakukan, supaya anak lebih aktif, kreatif, dan punya keterampilan yang bisa dipakai di kehidupan nyata.