FORUM DISKUSI 9

FORUM DISKUSI 9

FORUM DISKUSI 9

Number of replies: 29

          

ZZ

Forum ini disediakan untuk berdiskusi dan berbagi mengenai materi yang sedang dipelajari. 

Silahkan berpartisipasi aktif pada forum ini untuk memperdalam pemahaman Saudara mengenai materi yang telah disampaikan di atas.

Petunjuk diskusi kelompok:

  1. Kelompok yang mendapatkan giliran untuk memaparkan materi  sesuai dengan Topik Bahasan menyiapkan makalah dan video rekaman presentasi untuk diunggah dalam forum ini. Cara mengunggah: klik reply, lalu ketik nama kelompok. Kemudian, unggah file Makalah dan Video Presentasi dengan mengklik advanced seperti gambar di bawah dan ada dua pilihan cara yang dapat kalian lakukan untuk mengupload video presentasi, silahkan diikuti salah satu caranya.
  2. Mahasiswa lainnya pada hari pertemuan memahami materi presentasi dan materi makalah dan dipersilahkan untuk bertanya,  terkait materi tersebut. Cara bertanya dan berdiskusi: Mahasiswa me-reply pada topik yang disediakan.
  3. Kelompok merangkum pertanyaan dan jawaban pada akhir pembelajaran.

zz

  • Video presentasi diunggah dengan cara embed file: 1) Masukkan video presentasi ke google drive. 2) Klik get link, 3) ganti menjadi anyone with the link, 4) klik dua kali file yg sudah diunggah, 5) klik titik tiga di pojok kanan atas, kemudian klik buka dijendela baru, 6) klik tanda titik tiga kembali di pojok kanan atas, klik sematkan item (embed file), 7) buka forum vclass, klik reply, 8) klik tanda panah ke bawah samping huruf A di bagian atas sebelah kiri, kemudian klik tana </> dan copykan link video pada sematkan item, 9) ubah angka yg tertera menjadi 500 dan 300.
  • Video presentasi diunggah dengan cara memasukkan video ke youtube dan klik bagikan, copy link youtube, kemudian masukkan di forum diskusi pada bagian create link, lalu terakhir klik create link dan post to forum, seperti gambar berikut ini:

zz



In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 9

by NAFIISAH RIHADATUL 'AISY -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi ibu maaf mengganggu waktunya. Izin memperkenalkan diri kami dari kelompok 3, yang beranggotakan :

1. Nafiisah Rihadatul 'Aisy (2413053184)
2. Dheafita Utami                (2453053045)
3. Khanaia Anandesta        (2453053047)
4. Neng Siti Fatimah           (2453053048)
5. Farah Novi Liana             (2413053230)
6. Vania Diandra Vadin       (2453053006)
7. Icha Nuraini                      (2453053010)
8. Eka Rizki Auliani              (2453053011)
9. Nayla Mamba'ul Azizah  (2413053226)

Adapun link drive tugas kami :

https://drive.google.com/drive/folders/1rMRWy0JgJX40rWaKlDPcVeiUWxplyoJp

Disini kami akan mengumpulkan tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran dengan materi " Media dan Sumber Belajar "

Sebelumnya terima kasih ibu, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA -
Assalamualaikum wr wb.

Perkenalkan saya:
Nama : EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA
Npm. : 2453053005
Kelas : 2H

Izin bertanya, Jelaskan bagaimana seorang guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kontekstual dan bermakna bagi siswa sekolah dasar.... dan tolong berikan contoh penerapannya dalam kegiatan pembelajaran...

Terimakasih
In reply to EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA

Re: FORUM DISKUSI 9

by NAFIISAH RIHADATUL 'AISY -
Saya ucapkan terima kasih kepada saudari Egga yang telah bertanya.
Perkenalkan saya :
Nama : Nafiisah Rihadatul 'Aisy
Npm : 2413053184

Disini saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Egga.

Jadi, guru dapat memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar dengan mengaitkan materi pelajaran dengan objek nyata yang ada di sekitar siswa, sehingga pembelajaran menjadi kontekstual dan bermakna.

Contoh penerapannya yaitu : 
Saat belajar tentang jenis-jenis tanaman, guru dapat mengajak siswa mengamati tanaman yang ada di taman sekolah, kemudian menyuruh siswa untuk mencatat ciri-cirinya, lalu mendiskusikannya di kelas.
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by Wida yanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Izin memperkenalkan diri,
Nama : Widayanti
Npm : 2413053232
Kelas : 2H

Izin bertanya,
Pertanyaan:
Mengapa guru perlu menggunakan berbagai media dan sumber belajar dalam proses pembelajaran? Jelaskan manfaatnya bagi guru dan siswa serta dampaknya terhadap hasil belajar!

Sekian, Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Wida yanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Eka Rizki Auliani -
Saya ucapkan terima kasih kepada saudari widayanti yang telah bertanya.
Perkenalkan saya :
Nama : Eka Rizki Auliani
Npm : 2453053011

izin menjawab:

1. Manfaat bagi Guru:
- Meningkatkan efektivitas pengajaran: Media yang bervariasi membantu guru menjelaskan materi yang kompleks dengan lebih mudah dan menarik.
- Mempermudah penyampaian materi: Sumber belajar yang beragam memberikan referensi yang lebih luas dan mendalam.
- Meningkatkan kreativitas dan inovasi: Guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih bervariasi dan tidak monoton.
- Membantu diferensiasi pembelajaran: Guru dapat menyesuaikan media dengan kebutuhan dan karakteristik siswa yang beragam.


2. Manfaat bagi Siswa:
- Meningkatkan minat dan motivasi belajar: Media visual, audio, dan interaktif membuat pembelajaran lebih menarik.
- Mempermudah pemahaman materi: Siswa lebih mudah memahami konsep melalui gambar, video, dan simulasi.
- Mengembangkan keterampilan abad 21: Penggunaan teknologi dan berbagai sumber belajar membantu siswa berpikir kritis, kreatif, dan kolaboratif.
- Memfasilitasi gaya belajar yang berbeda: Setiap siswa memiliki gaya belajar yang unik (visual, auditori, kinestetik), sehingga penggunaan media yang bervariasi mendukung pembelajaran yang lebih inklusif.


3. Dampaknya terhadap Hasil Belajar:
- Peningkatan hasil belajar: Siswa cenderung mencapai pemahaman yang lebih baik dan memperoleh nilai yang lebih tinggi.
- Peningkatan partisipasi dan keterlibatan siswa: Proses pembelajaran menjadi lebih aktif dan menyenangkan.
- Penguatan daya ingat dan retensi: Media dan sumber yang menarik dapat membantu siswa mengingat materi lebih lama.

terimakasih
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by Mia Audina -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Perkenalkan
Nama : Mia Audina
Npm : 2453053015

Izin bertanya
Bagaimana Anda dapat menganalisis dan mengevaluasi efektivitas penggunaan media dan sumber belajar yang beragam dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah kompleks dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis?
In reply to Mia Audina

Re: FORUM DISKUSI 9

by Icha Nuraini -
Saya ucapkan terima kasih kepada saudari Mia Audina yang telah bertanya.
Perkenalkan saya :
Nama : Icha Nuraini
Npm : 2453053010

Disini saya akan menjawab pertanyaan dari saudari Mia Audina

Jadi untuk menganalisis efektivitas penggunaan media dan sumber belajar yang beragam dalam meningkatkan kemampuan siswa, kita dapat melakukan pengamatan kelas, mengumpulkan umpan balik melalui kuesioner, dan membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media. Diskusi kelompok dengan siswa dapat memberikan wawasan tentang tantangan yang dihadapi, sementara studi kasus dari siswa yang menunjukkan peningkatan signifikan dapat memberikan gambaran lebih dalam. Selain itu, refleksi guru dan penggunaan alat pengukuran untuk menilai keterampilan berpikir kritis siswa juga penting. Dengan menggabungkan metode ini, kita dapat memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang dampak media dan sumber belajar terhadap kemampuan siswa.
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by Siti rofi'ah tul janah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin memperkenalkan diri
Nama: Siti Rofi'ah Tul Janah
Npm : 2413053054

Izin bertanya

Bagaimana cara memastikan bahwa media dan sumber belajar yang dipilih dapat diakses oleh semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus?

Terima kasih
In reply to Siti rofi'ah tul janah

Re: FORUM DISKUSI 9

by Farah Novi Liana -
Terimakasih Siti atas pertanyaannya
Nama : Farah Novi Liana
NPM : 2413053230
Izin Menjawab pertanyaan Siti

Cara untuk memastikan media dan sumber belajar dapat diakses oleh semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Pertama, pilih dan gunakan teknologi serta alat bantu yang sesuai, seperti perangkat lunak pembaca layar, text-to-speech, dan media interaktif yang ramah disabilitas. Kedua, rancang media pembelajaran secara inklusif dengan memperhatikan penggunaan font yang mudah dibaca, kontras warna yang cukup, serta menyediakan berbagai format materi seperti teks, audio, dan video. Ketiga, pastikan fasilitas dan infrastruktur pendukung, seperti ruang kelas dan perangkat keras, dapat diakses oleh semua siswa, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik. Keempat, berikan pelatihan kepada guru agar mampu mengelola pembelajaran inklusif dan memanfaatkan media yang ramah kebutuhan khusus. Terakhir, lakukan evaluasi dan uji aksesibilitas secara rutin dengan melibatkan siswa berkebutuhan khusus untuk memastikan media dan sumber belajar benar-benar dapat diakses dan digunakan secara optimal oleh seluruh siswa.

Terimakasih
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by Balqis Lutfie Aqilah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya
Nama : Balqis Lutfie Aqilah
NPM : 2453053949

Izin bertanya

Apa saja kendala yang sering dihadapi guru SD dalam menggunakan media pembelajaran, dan bagaimana solusinya?


Terimakasih
In reply to Balqis Lutfie Aqilah

Re: FORUM DISKUSI 9

by khanaia khanaia anandesta -
assalamualakum wr wb
izin memperkenalkan diri
nama:khanaia anandesta
npm: 2453053047

izin menjawab pertanyaan dari balqis
Guru SD sering menghadapi kendala seperti keterbatasan sumber daya, keterampilan teknis, waktu persiapan, dan keterlibatan siswa dalam menggunakan media pembelajaran, namun dapat diatasi dengan solusi seperti pelatihan guru, akses ke teknologi, kerjasama dengan siswa, penggunaan media sederhana, dan evaluasi serta penyesuaian.
trimakasih
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by MAWAR RIZKA NUR'AINI -
Assalamualaikum wr. wb.
perkenalkan saya
Nama: MAWAR RIZKA NUR'AINI
NPM: 2413053188

izin bertanya
Apa kriteria utama yang harus dipertimbangkan dalam memilih media dan sumber belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik?

terima kasih
In reply to MAWAR RIZKA NUR'AINI

Re: FORUM DISKUSI 9

by Neng Fatimah -
assalamualakum wr wb
izin memperkenalkan diri
nama:Neng Siti Fatimah
npm: 2453053048

izin menjawab pertanyaan dari Mawar
1. Kesesuaian dengan karakteristik peserta didik
Pertimbangkan usia, tingkat perkembangan kognitif, gaya belajar (visual, auditori, kinestik), minat, serta latar belakang budaya dan sosial Perseta didik.
2) Kesesuaian dengan tujuan pembelajaran
Media dan sumber belajar harus membantu pencapaian kompetensi dasar dan indikator pembelajaran yang telah ditetapkan.
3. Kesesuaian dengan materi pembelajaran
Media harus relevan dengan isi materi, baik dari segi substansi maupun konteks penggunaan
4. Keterjangkauan dan keterstabilan
Pilih media yang tersedia, mudah di akses, dan sesuai dengan sumber daya (anggaran, teknologi, dll). Yang memiliki sekolah atau peserta didik.
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by emelda tri ranjani -
assalamualaikumm, perkenalkan

nama : emelda tri ranjani
npm : 2453053017
izin bertanyaa, Bagaimana proses pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran?

terima kasih
In reply to emelda tri ranjani

Re: FORUM DISKUSI 9

by Dheafita Utami -
waalaikumsalam wr.wb
Nama : Dheafita Utami
NPM : 2453053045

izin menjawab pertanyaan emelda
Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran karena media yang sesuai akan memudahkan penyampaian materi, meningkatkan minat dan keterlibatan siswa, serta membantu pemahaman konsep secara efektif. Proses pemilihan media harus mempertimbangkan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, kesesuaian media dengan materi, ketersediaan media, dan kemampuan guru dalam menggunakannya. Media yang tepat juga harus efisien, menarik, serta dapat diakses dengan mudah oleh siswa. Dengan demikian, penggunaan media yang sesuai dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal
In reply to First post

Re: FORUM DISKUSI 9

by Kinanthi Eka Ariyanti -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat pagi ibu maaf mengganggu waktunya. Izin memperkenalkan diri kami dari kelompok 2, yang beranggotakan :

1. Fika Asikin Lubis ( 2213053028 )
2. Ni Kadek Vina Suwastini ( 2453053012 )
3. Mia Audina ( 2453053015 )
4. Mawaddah Mutiara Ramadhani ( 2453053006 )
5. Egga Aliefia Putri Hesta ( 2453053005 )
6. Mawar Rizka Nur’Aini ( 2413053188 )
7. Siti Rofi’ah Tul Janah ( 2413053054 )
8. Ihsan Ghani Alifi ( 2453053044 )
9. Kinanthi Eka Ariyanti (2463053004)

adapun link gdrive tugas kami:


Disini kami akan mengumpulkan tugas mata kuliah Perencanaan Pembelajaran

Sebelumnya terima kasih ibu, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by NAFIISAH RIHADATUL 'AISY -
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri :
Nama : Nafiisah Rihadatul 'Aisy
Npm : 2413053184
Kelas : 2H

Izin bertanya

Menurut kalian, bagaimana mengevaluasi keefektifan suatu langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun?

Terima kasih
In reply to NAFIISAH RIHADATUL 'AISY

Re: FORUM DISKUSI 9

by EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA -
Waalaikumsalam wr wb. Baik terima kasih kepada Nafiisah telah bertanya

Sebelumnya perkenalkan saya :
Nama : EGGA ALIEFIA PUTRI HESTA
Npm. : 2453053005
Kelas : 2H

Izin menjawab, Untuk mengevaluasi apakah langkah-langkah pembelajaran yang sudah disusun itu efektif atau tidak, kita bisa melihat dari beberapa hal. Pertama, kita cek dulu apakah tujuan pembelajarannya sudah tercapai atau belum. Kalau siswa bisa memahami materi sesuai yang ditargetkan, itu tandanya langkah-langkah yang disusun sudah cukup oke.

Selain itu, kita juga perlu lihat proses pembelajarannya. Apakah aktivitasnya berjalan lancar? Siswa terlibat aktif? Kalau banyak kendala di kelas atau siswa malah bingung, mungkin ada bagian dari langkah-langkah pembelajaran yang perlu diperbaiki.

Kita juga bisa evaluasi dari segi sumber belajar dan media yang dipakai. Apakah cukup mendukung proses pembelajaran? Terus, waktu yang dialokasikan sesuai nggak dengan kegiatan di kelas? Kalau waktunya mepet atau malah terlalu longgar, bisa jadi perencanaannya belum pas.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi kelas, termasuk karakter siswa. Misalnya, apakah langkah-langkah yang disusun sesuai dengan gaya belajar atau tingkat kemampuan siswa? Kalau enggak, kemungkinan besar pembelajarannya jadi nggak maksimal.

Terakhir, evaluasi juga bisa dilihat dari hasil penilaian siswa. Nggak cuma nilai akhirnya aja, tapi juga perkembangan selama proses belajar. Intinya, evaluasi keefektifan langkah pembelajaran itu harus dilihat secara menyeluruh, dari perencanaan, pelaksanaan, sampai hasil yang didapat siswa.
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Wida yanti -
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri :
Nama : Widayanti
Npm : 2413053232
Kelas : 2H

Izin bertanya
Menurut Kalian, apa tantangan terbesar dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran? Bagaimana cara mengatasinya?

Terimakasih
In reply to Wida yanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Fika Asikin Lubis -
Waalaikumusallam
Terima kasih kepada widayanti telah bertanya
Izin kan saya fika asikin lubis No NPM 2413053231 menjawab pertanyaan wida

Kalau Menurut kami, tantangan terbesar dalam menyusun langkah-langkah pembelajaran adalah menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa yang berbeda-beda. Dalam satu kelas, ada siswa yang cepat memahami pelajaran, ada juga yang lambat. Hal ini membuat guru harus berpikir keras agar semua siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan baik.

Cara mengatasinya yaitu guru perlu mengenali karakteristik siswa terlebih dahulu. Misalnya, dengan melakukan observasi atau tanya jawab ringan di awal pembelajaran. Setelah itu, guru bisa membuat kegiatan belajar yang bervariasi, seperti kerja kelompok, diskusi, atau permainan edukatif, agar pembelajaran tidak membosankan dan semua siswa bisa aktif.

Selain itu, guru juga perlu membuat langkah-langkah pembelajaran yang jelas dan terstruktur, supaya proses belajar mengajar berjalan lancar dan tujuan pembelajaran tercapai

Cukup Wida
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Dheafita Utami -
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri :
Nama : Dheafita Utami
Npm : 2453053045
Kelas : 2H

Izin bertanya

Bagaimana cara menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran dengan karakteristik peserta didik?
In reply to Dheafita Utami

Re: FORUM DISKUSI 9

by Mia Audina -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Izin menjawab pertanyaan dari Dhea,
Nama : Mia Audina
Npm : 2453053015

Berikut beberapa cara menyesuaikan langkah-langkah pembelajaran dengan karakteristik peserta didik:

1. Mengenal karakteristik peserta didik: Pahami kebutuhan, minat, dan kemampuan peserta didik melalui observasi, wawancara, atau asesmen.
2. Menggunakan pendekatan pembelajaran yang beragam*: Gunakan metode pembelajaran yang berbeda-beda, seperti visual, auditori, dan kinestetik, untuk memenuhi kebutuhan peserta didik yang beragam.
3. Mengatur tingkat kesulitan: Sesuaikan tingkat kesulitan materi dengan kemampuan peserta didik, sehingga mereka tidak merasa terlalu mudah atau terlalu sulit.
4. Menggunakan teknologi: Manfaatkan teknologi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik, seperti menggunakan aplikasi pembelajaran atau video.
5. Menggunakan contoh yang relevan: Gunakan contoh yang relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik untuk membuat materi lebih menarik dan mudah dipahami.
6. Mengembangkan pembelajaran yang inklusif: Pastikan pembelajaran dapat diakses oleh semua peserta didik, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.
7. Menggunakan asesmen yang beragam: Gunakan asesmen yang beragam, seperti tes, proyek, dan presentasi, untuk memahami kemampuan peserta didik secara lebih komprehensif.
8. Mengadaptasi pembelajaran: Sesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik secara terus-menerus, melalui evaluasi dan refleksi.

Terimakasih telah bertanya
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by emelda tri ranjani -
assalamualaikumm wr.wb
perkenalkan
nama : emelda tri ranjani
npm : 2453053017

izin bertanyaa, Jika dari salah satu kalian seorang guru di daerah terpencil dengan keterbatasan sarana, bagaimana strategi perencanaan pembelajaran yang dapat kalian terapkan?

terima kasihh
In reply to emelda tri ranjani

Re: FORUM DISKUSI 9

by Mawaddah Mutiara Ramadhani -
Waalaikumsalam wr wb. Baik terima kasih kepada Emelda  telah bertanya

Sebelumnya perkenalkan saya :
Nama : Mawadd Mutiara Ramadhani
Npm. : 2453053006
Kelas : 2H

Izin menjawab, jadi Sebagai mahasiswi yang sedang belajar tentang dunia pendidikan, jika saya menjadi seorang guru di daerah terpencil dengan keterbatasan sarana, saya akan menerapkan strategi perencanaan pembelajaran yang sederhana tapi tetap efektif. Strateginya antara lain:

1. Analisis Kebutuhan dan Kondisi Siswa
Pertama-tama saya akan memahami kondisi siswa, seperti latar belakang, akses informasi, dan kemampuan dasar mereka. Ini penting agar pembelajaran bisa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan mereka.

2. Gunakan Media Pembelajaran Sederhana
Karena sarana terbatas, saya akan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar, seperti benda-benda alam, gambar buatan tangan, papan tulis, dan buku. Bisa juga membuat alat peraga sederhana dari barang bekas.

3. Metode Pembelajaran Kontekstual
Saya akan mengaitkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari siswa, supaya mereka lebih mudah paham dan merasa pembelajaran itu dekat dengan kehidupan mereka.

4. Aktifkan Diskusi dan Kerja Kelompok
Karena teknologi mungkin terbatas, saya akan mengajak siswa berdiskusi dan bekerja sama dalam kelompok kecil agar pembelajaran tetap aktif dan menarik.

5. Rencana Pelajaran Fleksibel
Saya akan membuat RPP yang fleksibel, menyesuaikan dengan kondisi lapangan. Kalau ada kendala seperti cuaca atau keterbatasan alat, pembelajaran bisa tetap berjalan meskipun harus dimodifikasi.

6. Libatkan Masyarakat Sekitar
Saya akan mencoba mengajak orang tua dan tokoh masyarakat untuk terlibat, misalnya sebagai narasumber atau membantu dalam kegiatan belajar luar kelas.

Dengan strategi seperti itu, saya berharap pembelajaran tetap bermakna walaupun berada di daerah terpencil dan penuh keterbatasan.
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Farah Novi Liana -
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri :
Nama : Farah Novi Liana
NPM : 2413053230
Kelas : 2H

Izin bertanya
Dalam konteks keterbatasan waktu (misalnya durasi belajar hanya 35 menit), bagaimana guru bisa menyusun langkah-langkah pembelajaran yang tetap efektif namun realistis secara waktu?

Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Balqis Lutfie Aqilah -
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Izin memperkenalkan diri :
Nama : Balqis Lutfie Aqilah
Npm : 2453053049
Kelas : 2H

Izin bertanya
Bagaimana cara mengevaluasi efektivitas langkah-langkah pembelajaran yang telah dilaksanakan?

terimakasih
In reply to Balqis Lutfie Aqilah

Re: FORUM DISKUSI 9

by Ihsan Ghani Alifi -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada Balqis telah bertanya

Sebelumnya izin perkenalkan saya:
Nama :Ihsan Ghani Alifi
Npm : 2454053044
Kelas : 2H

Disini saya izin menjawab pertanyaan dari Balqis
1. Menentukan Tujuan Evaluasi

Pastikan kamu tahu apa yang ingin dicapai dari evaluasi. Apakah untuk mengetahui pemahaman siswa, keberhasilan metode, atau efektivitas media pembelajaran?

2. Menggunakan Indikator Keberhasilan

Tentukan indikator atau kriteria keberhasilan yang jelas dan terukur, seperti:
a. Peningkatan nilai siswa
b. Partisipasi aktif dalam diskusi
c. Pencapaian tujuan pembelajaran
d. Keterlibatan dalam tugas kelompok atau proyek

3. Mengumpulkan Data

Gunakan berbagai metode evaluasi:
1. Penilaian formatif (kuis, diskusi, tanya jawab)
2. Penilaian sumatif (ulangan, ujian akhir, proyek)
3. Observasi langsung (tingkah laku siswa, cara berinteraksi)
4. Angket/kuesioner (tanggapan siswa tentang pembelajaran)
5. Refleksi guru (evaluasi diri tentang pelaksanaan pembelajaran)

4. Menganalisis Hasil Evaluasi

Bandingkan hasil belajar siswa dengan indikator keberhasilan. Lihat juga apakah metode pembelajaran yang digunakan efektif untuk mencapai tujuan.

5. Menindaklanjuti Hasil Evaluasi

Gunakan hasil analisis untuk:
a. Memperbaiki metode atau strategi pembelajaran
b. Memberi umpan balik kepada siswa
c. Menyesuaikan materi atau pendekatan di masa depan

6. Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Evaluasi tidak cukup dilakukan sekali. Lakukan secara berkala untuk memastikan peningkatan dan konsistensi proses pembelajaran.
In reply to Kinanthi Eka Ariyanti

Re: FORUM DISKUSI 9

by Nindytha Lintang Sujarwo -
Assalamualikum Warahmatullahi Wabarakatuh
izin memperkenalkan diri
Nama: Nindytha Lintang Sujarwo
Npm: 2453053008

izin bertanya
Strategi apa yang bisa di gunakan untuk mengatasi hambatan waktu atau keterbatasan sumberbelajar

terimakasih
In reply to Nindytha Lintang Sujarwo

Re: FORUM DISKUSI 9

by Siti rofi'ah tul janah -
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh terimakasih kepada nindi telah bertanya

Sebelumnya izin perkenalkan saya:
Nama :Siti Rofi'ah tul janah
Npm : 2413053054
Kelas : 2H

Disini saya izin menjawab pertanyaan dari nindi,
jawabannya
Untuk mengatasi hambatan waktu dan keterbatasan sumber belajar,kita bisa melakukan beberapa hal berikut,
1. Buat Jadwal Belajar Tetapkan waktu belajar yang konsisten dan prioritaskan tugas yang paling penting. Gunakan teknik seperti Pomodoro untuk meningkatkan fokus.

2. Manfaatkan Teknologi akses sumber belajar online gratis seperti video pembelajaran dan ebook. Platform belajar daring juga bisa sangat membantu.

3. Belajar Bersama
Bentuk kelompok belajar dengan teman untuk saling berbagi sumber dan mendiskusikan materi.

4. Gunakan Sumber Daya Secara Kreatif
Berbagi buku dengan teman dan minta bantuan guru atau orang tua untuk mendapatkan bahan belajar tambahan.

Dengan menerapkan strategi ini, kita dapat mengatasi hambatan yang ada dan membuat proses belajar menjadi lebih efektif.