Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya Nahdliya Izzatul Mutammimah
NPM 2013041025
Izin menambahkan jawaban Dewi dari pertanyaan Harummi.
Untuk mengetahui cara mengatasi masalah menyimak karena gangguan psikologi, kita harus mengetahui cakupan masalah dalam hal tersebut pada umumnya, yaitu sebagai berikut
1. Prasangka dan kurangnya simpati terhadap para pembicara dengan aneka sebab dan alasan
2.Keegosentrisan dan asyiknya terhadap minat pribadi serta masalah pribadi.
3. Kelicikan yang menyebabkan pandangan yang kurang luas
4. Kebosanan dan kejenuhan yang menyebabkan tiadanya perhatian sama sekali pada pokoknya pembicaraan
5. Sikap yang tidak layak terhadap pihak sekolah
Sebagian atau semua faktor tersebut dapat memengaruhi kegaiatan menyimak ke arah yang merugikan yang tidak kita inginkan, dan hal ini mempunyai akibat buruk bagi sebagian atau keseluruhan kegiatan belajar para siswa. Dalam hal seperti itu, para guru harus menampilkan fungsi bimbingan dan penyuluhan serta mencoba memperbaiki kondisi yang merugikan tersebut. Guru juga harus mempertinggi serta memperkuat sifat ketanpa prasangkaan, kewajaran yang tidak berat sebelah, serta sifat yang tidak mementingkan diri sendiri, dan nencoba untuk memberikan serta mengadakan suatu latar belakang yang bersifat merangsang minat yang akan bertindak sebagai suatu keadaan yang menguntungkan bagi penyimak yang responsif .
Sebaliknya faktor psikologis ini mungkin pula sangat menguntungkan bagi kegiatan menyimak dengan penuh perhatian, misalnya pengalaman masa lalu yang sangat menyenangkan yang telah menentukan minat dan pilihan, dan kepandaian yang beraneka ragam. Kalau dihubungkan dengan suatu bidang diskusi, hal ini jelas merupakan pengaruh baik bagi kegiatan menyimak yang mengasyikkan, memukau, dan menarik hati. Demikianlah, dapat kita ambil kesimpulan bahwa :
1. Faktor psikologi yang positif memberi pengaruh baik, dan
2. Faktor psikologi yang negatif memberi pengaruh buruk terhadap kegiatan menyimak.
Guru yang bijaksana akan meningkatkan serta memanfaatkan faktor psikologis yang positif ini, dan sebaliknya, guru harus mengurangi serta mencegah timbulnya faktor psikologis yang negatif bagi penyimak.
Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh