Diskusi Kelompok 4

Dari Kelompok 2

Dari Kelompok 2

by Rahmat Prayogi -
Number of replies: 9

Silahkan kelompok 2 berikan pertanyaan kepada kelompok 4.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 2

by Nadya Mayang Sari -

Assalamualaikum wr wb

Nama : Nadya Mayang Sari

NPM   : 2013041021

Izin bertanya,

Mengapa faktor psikologis termasuk ke dalam faktor pemengaruh dalam menyimak? berikan contohnya.

Terima kasih,wassalamualaikum wr wb

In reply to Nadya Mayang Sari

Re: Dari Kelompok 2

by Irma Bela Oktaviana 2013041003 -

Saya Irma Bela Oktaviana 

Kelompok 4

Izin menjawab pertanyaan dari Nadya

 

Faktor psikologi menjadi pengaruh menyimak karena jika seseorang memiliki psikologis yang baik,seseorang dengan mudah menyimak atau mengetahui apa yang disampaikan oleh pemateri.karena inti dari faktor psikologi adalah rasa kita atau prasangka kita terhadap pemateri,jika kita baik baik saja kepada pemateri kita dapat menyimak dengan baik.dan yang menguntungkan bagi kegiatan menyimak, antara pengalaman lain masa lalu yang menyenangkan sehingga dapat menentukan minat dan pilihan, serta kepandaian yang beraneka ragam.

In reply to Nadya Mayang Sari

Re: Dari Kelompok 2

by Amel AMALIA SABILLA MUKHTAR -

Saya Amalia sabilla mukhtar dengan  NPM  2013041011 izin menjawab pertanyaan dari Nadya mayang sari yakni Mengapa faktor psikologis termasuk ke dalam faktor pemengaruh dalam menyimak? Karena keadaan psikologis ikut mempengaruhi keefektifan dan keaktifan dalam kegiatan menyimak

 berikan contohnya.

faktor psikologis juga mempengaruhi dalam kegiatan menyimak, contohnya sebagai berikut :

1.      Prasangka dan kurangnya simpati terhadap para pembicara dengan aneka sebab dan alasan

2.      Keegosentrisan (mementingkan diri sendiri), yaitu sikap penyimak yang hanya mementingkan diri sendiri sehingga pembicara dan apa yang disampaikan oleh pembicara tidak di tanggapi dengan serius.

3.      Kepicikan atau pandangan tidak luas. Yaitu keterbatasan pandangan atau wawasan penyimak terhadap bahan simakan yang menimbulkan salah makna atau salah paham terhadap apa yang disampaikan oleh pembicara.

4.      Bosan dan jenuh, yaitu kondisi penyimak yang sudah bosan atau jenuh terhadap bahan simakan yang mungkin terlalu panjang atau terlalu monoton sehingga penyimak menjadi bosan, kemudian enggan untuk melanjutkan simakan.

5.      Sikap tidak sopan, yaitu sikap dan kesopanan sangat mempengaruhi proses menyimak , jika kita menyimak dengan sikap yang sopan maka kita akan nyaman dalam menyimak, begitu pula jika pembicara menyampaikan pembicaraan dengan sikap yang sopan kita akan menganggap baik kepada pembicara dan kita akan lebih mudah melakukan simakan.

 

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 2

by Hendri Firmansyah -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama Hendri Firmansyah, npm 2013041033.

Izin bertanya, Bagaimana cara memahami sehingga dapat membedakan antara faktor lingkungan ke 3 dan faktor lingkungan ke 8 ?

Karena di makalah terdapat 2 faktor lingkungan.

In reply to Hendri Firmansyah

Re: Dari Kelompok 2

by Irma Bela Oktaviana 2013041003 -

Saya Irma Bela Oktaviana 

 Kelompok 4

 Izin menjawab pertanyaan dari Hendri

 

Mohon maaf mungkin itu kesalahan dari kelompok kami karena menulisakan dua faktor lingkungan,namun kedua materi faktor lingkungan tersebut di ambil dari jurnal yah berbeda

Faktor lingkungan nomor 3 lebih memfokuskan pada kenyamanan ruangan yang dipakai penyimak untuk menyimak.sedangkan di nomor 8 disebutkan ada 

faktor lingkungan fisik dan faktor lingkungan sosial

Faktor lingkungan fisik seperti interaksi penyimak dengan memberi materi.

Faktor Lingkungan sosial seperti suasana yang mendorong seseorang untuk fokus dalam menyimak dan suasana pemberi materi untuk menyampaikan materi.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 2

by Kansa Amaida Putri -

Assalamualaikum warahmautullahi wabarakatuh

Nama: Kansa Amaida putri

NPM: 2053041007

Izin bertanya

Mengapa faktor jenis kelamin berpengaruh dalam menyimak dan mengapa perbedaan gaya menyimak wanita dan pria berbeda? 

Sekian pertanyaan dari saya apabila ada kesalahan kata saya minta maaf

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Kansa Amaida Putri

Re: Dari Kelompok 2

by Irma Bela Oktaviana 2013041003 -

Saya Irma Bela Oktaviana 

 Kelompok 4

 Izin menjawab pertanyaan dari kansa

 

Karena menurut pakar,tingkat keaktifan dan kemampuan atau sifat antara pria dan wanita berbeda.pada umumnya pria dan wanita mempunyai perhatian yang berbeda dan cara mereka memusatkan perhatian pada sesuatu pun berbeda pula.jadi dalam menyimak pun pria dan wanita memiliki perbedaan gaya menyimaknya.tergantung tingakt kefokusan dari pria atau wanita tsb.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 2

by Syafe'i Syafe'i -

Assalamualaikum. Syafe'i izin bertanya.

Bagaimana pengaruh ruang kelas yang terlalu sempit atau panas terhadap psikologis peserta didik atau penyimak ?

Terima kasih, wassalamualaikum.

In reply to Syafe'i Syafe'i

Re: Dari Kelompok 2

by Irma Bela Oktaviana 2013041003 -

Saya Irma Bela Oktaviana 

Kelompok 4

Izin menjawab pertanyaan dari syafe'i

Menurut saya pengaruh ruang kelas yang terlalu sempit akan mengganggu kenyamanan penyimak sehingga psikologis penyimak bisa terganggu seperti kurang fokus,bosan dan jenuh serta tidak ada rasa semangat untuk mengetahui materi yang di sampaikan oleh pemateri.Pengaruh ruang kelas juga termasuk faktor lingkungan yang mempengaruhi keberhasilan dalam menyimak.