Diskusi Kelompok 4

Dari Kelompok 3

Dari Kelompok 3

by Rahmat Prayogi -
Number of replies: 8

Silahkan Kelompok 3 berikan pertanyaan kepada kelompok 4.

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 3

by Amel AMALIA SABILLA MUKHTAR -

Hari ini adalah hari Senin. Mahasiswa Pendidikan Bahasa  Indonesia  kembali lagi  ke rutinitas perkuliahan. Ana tetap kuliah meskipun dia baru saja kecelakaan yang menyebabkan  gendang telinganya  mengalami benturan sehingga menurunkankan kualitas  pendengarannya. Ana tidak izin dikarenakan sebelumnya  sudah izin 3 kali untuk tidak kuliah.

Di hari ini ada mata kuliah menyimak dan dikarenakan mata kuliah ini ada 3 SKS, hari ini saatnya praktik menyimak. Kondisi fisik seorang penyimak merupakan faktor yang yang turut menentukan keefektifan serta kualitas keaktifannya dalam menyimak. Kondisi fisik Ana yakni gendang telinga yang dari terbentur menyebabkan Ia sukar sekali mendengar apalagi untuk menyimak ditambah lagi lingkungan fisik yang juga menetukan dalam menyimak diruangan itu suara atau bunyi bising menyebabkan Ana sulit untuk menyimak menyimak. Hal ini membuktikkan ada faktor-faktor khusus yang menentukan kualitas menyimak.

Faktor fisik yang prima merupakan modal utama bagi penyimak dan lingkungan fisik juga turut memberikan dampak. Di Pembelajaran kali ini Ana tidak dapat menangkap pokok-pokok pikiran mengenai materi yang disimak.

Kelompok 3 izin bertanya kepada kelompok 4 solusi konkret dari permasalahan tersebut adalah!

In reply to Amel AMALIA SABILLA MUKHTAR

Re: Dari Kelompok 3

by Dewi Nur Azizah 2013041035 -

assalamualaikum, saya dewi nur azizah npm 2013041035 dari kelompok 4. izin menjawab pertanyaan dari amalia sabilla mukhtar

menurut saya, ana sebaikanya berobat terlebih dahulu sampai keadaannya sedikit membaik. Karena tanpa pendengaran yang baik ana tidak dapat menyimak pembelajaran. indra pendengaran merupakan hal pokok dalam kegiatan menyimak. Lingkungan yang bising juga akan mengganggu proses menyimak, untuk itu ana dapat meredam suara bising dengan menutup pintu maupun jendela. Jika yang membuat suara bising adalah manusia ana dapat meminta tolong agar sedikit mengecilkan suaranya agar ana fokus dalam menyimak.

sekian terima kasih wassalamualaikim warahmatulloh wabarakatuh

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 3

by Della Eka Putri 2053041001 -

Assalamualikum Warahmatuallahi Wabarakatuh

Saya Della Eka Putri ( 2053041001 ) izin bertanya 

Dalam faktor pemengaruh menyimak terdapat faktor motivasi, adakah contohnya agar bisa lebih memahami?

Terimkasih, Wassalamualikum Warahmatuallahi Wabarakatuh

In reply to Della Eka Putri 2053041001

Re: Dari Kelompok 3

by Dewi Nur Azizah 2013041035 -

Assalamualaikum, saya Dewi Nur Azizah NPM 2013041035 dari kelompok 4 izin menjawab pertanyaan dari Della  Eka Putri. 

Contoh dari faktor motivasi dalam menyimak adalah seperti kita sebagai mahasiswa, kita menyimak dengan sungguh sungguh karena ingin memahami pembelajaran yang diberikan oleh  dosen. Contoh lain seperti seseorang yang mengikuti seminar, dia akan mendengarkan materi dengan baik agar dia mendapatkan ilmu dan menambah wawasannya dalam bidang yang dia minati.

terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Della Eka Putri 2053041001

Re: Dari Kelompok 3

by Nahdliya Izzatul Mutammimah Izza -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Nahdliya Izzatul Mutammimah 

NPM 2013041025

Izin menambahkan contoh faktor motivasi

Motivasi merupakan salah satu butir penentu keberhasilan seseorang. Kalau seseorang memiliki motivasi kuat untuk mengerjakan sesuatu, orang itu diharapkan akan berhasil mencapai tujuan. Begitu pula halnya menyimak. 

Kebanyakan kegiatan menyimak melibatkan sistem penilaian kita sendiri. Kalau kita dapat memperoleh sesuatu yang berharga dari pembicaraan itu, kita pun akan bersemangat menyimaknya dengan tekun dan saksama. "Apa dan apa lagi yang dapat saya petik dari ceramah sang pakar ini?". Hal ini merupakan pertanyaan yang wajar dikemukakan oleh sang penyimak dalam hatinya. Pertanyaan serup itu adalah pertanyaan yang tepat .

Dorongan dan tekad diperlukan dalam mengerjakan segala sesuatu dalam kehidupan ini. Menerangkan pelajaran dengan baik dan jelas, mengutarakan maksud dan tujuan yang hendak di capai, dan bagaimana cara mencapai tujuan itu, jelas merupakan suatu bimbingan kepada para siswa untuk memperbesar motivasi mereka untuk menyimak dengan tekun .

Terima kasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to Rahmat Prayogi

Re: Dari Kelompok 3

by Harummi Faktiah -

Assalamualaikum warhmatullahi wabarakatuh...

Saya Harummi Faktiah NPM 2013041051, izin bertanya...

Salah satu faktor pemengaruh menyimak adalah faktor psikologis. Dalam faktor ini, kondisi psikologis penyimak menjadi acuan dalam menjalankan kegiatan menyimak itu sendiri. Bagaimana jika dalam kegiatan menyimak, penyimak memiliki masalah psikologis seperti sedang mengalami masalah dalam keluarga sehingga tidak dapat menjalankan atau bahkan menyerap informasi dari ujaran pembicara? Apakah ada cara untuk mengalihkan suasana hatinya tersebut agar dapat melanjutkan kegiatan menyimak dengan baik? Ataukah harus berhenti mengikuti kegiatan menyimak tersebut?

Terima kasih...

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...

In reply to Harummi Faktiah

Re: Dari Kelompok 3

by Dewi Nur Azizah 2013041035 -

Assalamualaikum warahmatulloh wabarakatuh, saya Dewi Nur Azizah NPM 2013041035 dari kelompok 4 izin menjawab pertanyaan dari Harummi Fakhtiah

Menurut saya, penyimak harus mengesampingkan masalahnya dan memfokuskan diri kepada pembicara dan memfokuskan diri dalam kegiatan menyimak. Dan sebagai pembicara kita harus memberikan atau menyampaikan materi dengan cara yang unik dan menarik agar penyimak fokus pada materi yang disampaikan tanpa memikirkan hal lain.

sekian dari saya. Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

In reply to Harummi Faktiah

Re: Dari Kelompok 3

by Nahdliya Izzatul Mutammimah Izza -

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saya Nahdliya Izzatul Mutammimah 

NPM 2013041025

Izin menambahkan jawaban Dewi dari pertanyaan Harummi.

Untuk mengetahui cara mengatasi masalah menyimak karena gangguan psikologi, kita harus mengetahui cakupan masalah dalam hal tersebut pada umumnya, yaitu sebagai berikut 

1. Prasangka dan kurangnya simpati terhadap para pembicara dengan aneka sebab dan alasan

2.Keegosentrisan dan asyiknya terhadap minat pribadi serta masalah pribadi.

3. Kelicikan yang menyebabkan pandangan yang kurang luas

4. Kebosanan dan kejenuhan yang menyebabkan tiadanya perhatian sama sekali pada pokoknya pembicaraan

5. Sikap yang tidak layak terhadap pihak sekolah

Sebagian atau semua faktor tersebut dapat memengaruhi kegaiatan menyimak ke arah yang merugikan yang tidak kita inginkan, dan hal ini mempunyai akibat buruk bagi sebagian atau keseluruhan kegiatan belajar para siswa. Dalam hal seperti itu, para guru harus menampilkan fungsi bimbingan dan penyuluhan serta mencoba memperbaiki kondisi yang merugikan tersebut. Guru juga harus mempertinggi serta memperkuat sifat ketanpa prasangkaan, kewajaran yang tidak berat sebelah, serta sifat yang tidak mementingkan diri sendiri, dan nencoba untuk memberikan serta mengadakan suatu latar belakang yang bersifat merangsang minat yang akan bertindak sebagai suatu keadaan yang menguntungkan bagi penyimak yang responsif . 

Sebaliknya faktor psikologis ini mungkin pula sangat menguntungkan bagi kegiatan menyimak dengan penuh perhatian, misalnya pengalaman masa lalu yang sangat menyenangkan yang telah menentukan minat dan pilihan, dan kepandaian yang beraneka ragam. Kalau dihubungkan dengan suatu bidang diskusi, hal ini jelas merupakan pengaruh baik bagi kegiatan menyimak yang mengasyikkan, memukau, dan menarik hati. Demikianlah, dapat kita ambil kesimpulan bahwa :

1. Faktor psikologi yang positif memberi pengaruh baik, dan

2. Faktor psikologi yang negatif memberi pengaruh buruk terhadap kegiatan menyimak.

Guru yang bijaksana akan meningkatkan serta memanfaatkan faktor psikologis yang positif ini, dan sebaliknya, guru harus mengurangi serta mencegah timbulnya faktor psikologis yang negatif bagi penyimak.

Terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi Wabarakatuh