Forum diskusi kelompok

Kelompok 9

Kelompok 9

by Hafid Alzain 2013021001 -
Number of replies: 13

Silahkan kelompok 9 berdiskusi

In reply to Hafid Alzain 2013021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Halo teman-teman kelompok 9! hari ini kita akan diskusi mengenai pendekatan realistik dan menganalisis penerapannya pada video pembelajaran yaa, nah kita diskusi mengenai pendekatan realistik dulu yuk! Apa
sih yang kalian ketahui tentang pendekatan realistik?
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Rahma Diana Lutfi -
haloo aiss.... yang aku tau tentang pendekatan realistik itu adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pengalaman dunia nyata atau konteks kehidupan nyata untuk membantu siswa memahami dan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.
In reply to Rahma Diana Lutfi

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
halo rahma! aku setuju nih sama pendapat rahma, sesuai dengan namanya, pendekatan realistik ini merupakan pembelajaran dengan konteks yang sesuai realita atau kehidupan nyata
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Berdasarkan sumber yang aku baca, Realistic Mathematica Education (RME) ini merupakan teori belajar dalam pendidikan matematika yang pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan di Belanda pada tahun 1970 oleh Institut
Freudenthal. Menurut Freudenthal matematika harus dikaitkan dengan realita dan matematika merupakan
aktivitas manusia. Jadi matematika ini harus dekat dengan anak yang
relevan dengan kehidupan nyata sehari-hari.
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -
Pendekatan realistik adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah sehari-hari sebagai sumber inspirasi dalam pembentukan konsep dan mengaplikasikan konsep-konsep tersebut.
Pendekatan pembelajaran realistik menurut Supinah 2008: 16 memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Menggunakan masalah kontekstual, yaitu matematika dipandang sebagai kegiatan sehari-hari manusia, sehingga memecahkan masalah kehidupan yang dihadapi atau dialami oleh siswa masalah kontekstual yang realistik bagi siswa merupakan bagian yang sangat penting.
2. Menggunakan model, yaitu belajar matematika berarti bekerja dengan matematika alat matematis hasil matematisasi horisontal.
3. Menggunakan hasil dan konstruksi siswa sendiri, yaitu siswa diberi kesempatan untuk menemukan konsep-konsep matematis, di bawah bimbingan guru.
4. Pembelajaran terfokus pada siswa.
5. Terjadi interaksi antara murid dan guru, yaitu aktivitas belajar meliputi kegiatan memecahkan masalah kontekstual yang realistik, mengorganisasikan pengalaman matematis, dan mendiskusikan hasil-hasil pemecahan masalah tersebut.
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by Rahma Diana Lutfi -
nahh iya sesuai dengan ciri ciri nya Dalam pendekatan ini, pada saat pembelajaran siswa diberikan tugas atau proyek yang melibatkan situasi dunia nyata atau masalah yang dapat mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. dengan tujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada siswa dan memotivasi mereka untuk belajar melalui pengalaman yang bermakna.
In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
setuju nih lutt, jadi disini pembelajaran terfokus pada siswa dan guru membimbing siswa menemukan konsep matematis melalui masalah konstektual yang realistik yaa
In reply to AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071

Re: Kelompok 9

by Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001 -


Yukk kita analisis bareng"

In reply to Lutfiyah Hasna Sulistia_2113021001

Re: Kelompok 9

by AISYAH INAYATULLAH ATNAR 2113021071 -
Menurut aku, pembelajaran pada video tersebut masih belum menerapkan pendekatan realistik nihh. Memang sudah ada alat peraga yang ditampilkan untuk mengenalkan materi tersebut, namun masih kurang mengaitkan materi dengan masalah kontekstual pada kehidupan sehari-hari. Mungkin lebih baik jika pada saat mengenalkan jarak titik ke sudut, dikaitkan dengan permasalahan nyata seperti jarak lampu di tengah atap ke sudut lantai, atau sebagainya.