Silahkan kelompok 7 berdiskusi
assalamualaikum teman-teman selamat pagi
Waalaikumussalam pagi hanaaa
Waalaikumsalaam.. selamat pagi
hari ini kita diskusi tentang pendekatan realistik yaa, ini videonya
okee siap, makasii na
Makasiii hann, yukk temen-temen kita tonton dulu video nya
Wa'alaikumussalam oke hana, ini berdasarkan pendekatan realistik ya, gimana dari temen temen udah pada tau apa itu pendekatan realistik?
Pendekatan realistik merupakan pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai awal dari pembelajaran matematika di sekolah. Masalah realistik digunakan sebagai sumber dari konsep matematika atau pengetahuan matematika formal (Zainurie, 2007)
menurut Treffers dalam (Zainurie, 2007) juga mengatakan bahwa ada beberapa karakteristik pendekatan realistik matematika, yakni:
a. menggunakan konteks dunia nyata
b. menggunakan model/mematematisasi
c. menggunakan produksi dan konstruksi
d. menggunakan interaksi
e. menggunakan keterkaitan
a. menggunakan konteks dunia nyata
b. menggunakan model/mematematisasi
c. menggunakan produksi dan konstruksi
d. menggunakan interaksi
e. menggunakan keterkaitan
Nah dgn pengertian ini, sepertinya video kita itu sesuai dgn pengertiannya. Soalnya dari awal ibu gurunya sudah memperlihatkan bentuk-bentuk dari contoh materi yang lagi di bahas. Bentuk atau contohnya itu juga ada kehidupan sehari-hari, jadi mudah untuk siswa untuk memahami materi dengab baik
saya setuju
Nah iya nih setuju, di video itu guru memberi contoh himpunan hewan berkaki 4, ada zebra, jerapah, gajah, harimau, dan singa
Betul banget, karena pendekatan Matematika Realistik adalah suatu pendekatan yang menempatkan realitas dan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran dimana siswa diberi kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuan matematika formalnya melalui masalah-masalah realitas yang ada.
sangat setuju, karena menurut (Hadi, 2005), dunia nyata atau realitas ini diartikan sebagai segala sesuatu yang ada di luar matematika, contohnya kehidupan sehari-hari, lingkungan bahkan mata pelajaran lain yang bisa dianggap sebagai dunia nyata. nah dunia nyata ini lah yang digunakan sebafai titik awal pembelaajran matematika
Nah jadi gimana temen-temen, apa video pembelajaran tersebut sudah menerapkan pendekatan realistik?
Kalo menurutku sih udah, Rem. Mulai dari cara guru tsb mengajar maupun keaktifan siswa di kelas juga
menurutku juga video pembelajaran udah menerapkan pendekatan realistik dengan baik, seperti yang kita ketahui pada pendekatan realistik ini siswa menemukan ide dan konsep matematika melalui eksplorasi masalah nyata, nah di video itu siswa mendapatkan konsep dasar himpunan dengan bntuan kertas warna dan tali rapia
menurut aku video pembelajaran tersebut, telah menerapkan pendekatan realistik dengan cukup baik, dan telah memenuhi beberapa karakteristik pendekatan realistik yang disebutkan hana diatas, yaitu
(1) The use of context (menggunakan konteks), dalam video pembelajaran, guru memberikan materi yang kontekstual menggunakan nama nama hewan untuk merepresentasikan pecahan matematika sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi himpunan.
(2) Use models, bridging by vertical instrument (menggunakan model), dengan menggunakan hal yang kontekstual tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk model matematika yaitu pengelompokan hewan
(3) Students contribution (menggunakan kontribusi siswa), setelah itu didapat penemuan konsep didasarkan pada sumbangan gagasan siswa setelah mereka mengamati dan memahami konsep
(4) Interactivity (interaktif), artinya aktivitas proses pembelajaran dibangun oleh interaksi lingkungan di dalam kelas oleh siswa dan guru dimana guru memberikan penjelasan lebih lanjut, kemudian siswa secara interaktif mendalami pembelajaran setelah itu siswa diberi penugasan secara berkelompok untuk menyelesaikan permasalahan
(5) Intertwining (terintegrasi dengan topic pembelajaran lainnya), dalam video para perwakilan siswa maju kedepan untuk menuliskan jawabannya setelah itu dikaitkan dengan pemahaman konsep yang telah didapat diawal pembelajaran dan dikonfirmasi oleh guru sehingga dapat memunculkan pemahaman tentang suatu konsep himpunan secara serentak
(1) The use of context (menggunakan konteks), dalam video pembelajaran, guru memberikan materi yang kontekstual menggunakan nama nama hewan untuk merepresentasikan pecahan matematika sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi himpunan.
(2) Use models, bridging by vertical instrument (menggunakan model), dengan menggunakan hal yang kontekstual tersebut dapat dinyatakan dalam bentuk model matematika yaitu pengelompokan hewan
(3) Students contribution (menggunakan kontribusi siswa), setelah itu didapat penemuan konsep didasarkan pada sumbangan gagasan siswa setelah mereka mengamati dan memahami konsep
(4) Interactivity (interaktif), artinya aktivitas proses pembelajaran dibangun oleh interaksi lingkungan di dalam kelas oleh siswa dan guru dimana guru memberikan penjelasan lebih lanjut, kemudian siswa secara interaktif mendalami pembelajaran setelah itu siswa diberi penugasan secara berkelompok untuk menyelesaikan permasalahan
(5) Intertwining (terintegrasi dengan topic pembelajaran lainnya), dalam video para perwakilan siswa maju kedepan untuk menuliskan jawabannya setelah itu dikaitkan dengan pemahaman konsep yang telah didapat diawal pembelajaran dan dikonfirmasi oleh guru sehingga dapat memunculkan pemahaman tentang suatu konsep himpunan secara serentak
Klo menurut kalian ini ada kekurNgan dan kelebihan ga?
Trus dampak ke siswanya bagus atau ngga nih
Trus dampak ke siswanya bagus atau ngga nih
Kelebihan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) menurut Noer (2017) adalah sebagai berikut:
1. Karena siswa mencari sendiri pengetahuannya maka siswa tidak mudah lupa dengan konsep pengetahuannya.
2. Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena menggunakan realitas kehidupan, sehingga siswa tidak cepat bosan dengan belajar matematika.
3. Siswa merasa dihargai dan semakin terbuka karena jawabannya ada nilainnya.
4. Memupuk Kerjasama dalam kelompok
5. Melatih keberanian siswa karena harus mejelaskan jawabannya.
6. Melatih siswa untuk terbiasa berfikir dan mengemukakan pendapat.
Adapun kelemahan dari pembelajaran matematika realistik:
1. Karena sudah terbiasa diberi informasi terlebih dahulu, maka siswa masih kesulitan dalam menemukan sendiri jawabannya.
2. Membutuhkan waktu yang lama terutama bagi siswa yang masih lemah.
3. Siswa yang pandai sewaktu-waktu tidak sabar untuk menemani teman yang
masih belum selesai.
4. Membutuhkan alat peraga yang sesuai dengan situasi pembelajaran dan materi
yang disampaikan. Belum adanya pedoman penilaian, sehingga guru kesulitan dalam memberikan nilai.
Berdasarkan pemaparan diatas, menurut saya dampaknya bagus untuk siswa dalam proses belajar
1. Karena siswa mencari sendiri pengetahuannya maka siswa tidak mudah lupa dengan konsep pengetahuannya.
2. Suasana dalam proses pembelajaran menyenangkan karena menggunakan realitas kehidupan, sehingga siswa tidak cepat bosan dengan belajar matematika.
3. Siswa merasa dihargai dan semakin terbuka karena jawabannya ada nilainnya.
4. Memupuk Kerjasama dalam kelompok
5. Melatih keberanian siswa karena harus mejelaskan jawabannya.
6. Melatih siswa untuk terbiasa berfikir dan mengemukakan pendapat.
Adapun kelemahan dari pembelajaran matematika realistik:
1. Karena sudah terbiasa diberi informasi terlebih dahulu, maka siswa masih kesulitan dalam menemukan sendiri jawabannya.
2. Membutuhkan waktu yang lama terutama bagi siswa yang masih lemah.
3. Siswa yang pandai sewaktu-waktu tidak sabar untuk menemani teman yang
masih belum selesai.
4. Membutuhkan alat peraga yang sesuai dengan situasi pembelajaran dan materi
yang disampaikan. Belum adanya pedoman penilaian, sehingga guru kesulitan dalam memberikan nilai.
Berdasarkan pemaparan diatas, menurut saya dampaknya bagus untuk siswa dalam proses belajar