FORUM TANYA JAWAB

FORUM TANYA JAWAB

FORUM TANYA JAWAB

Number of replies: 31

Silahkan jawab pertanyaan berikut ini:

Menurut pendapat kalian, dalam Ruang Lingkup Kajian Pembelajaran PKn SD, manakah yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik?

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Siti Alya Nacita Alya -

Saya Siti Alya Nacita,  izin menjawab 

 

- Aspek kognitif meliputi:  pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa sintesis, evaluasi. 

- Aspek Afektif meliputi:  penerimaan,  responsif,  penilaian organisasi,  karakteristik. 

- Aspek psikomotorik  meliputi : Peniruan, kesiapan, respon,  terpimpin, mekanisme, respon tak kompleks,  adaptasi,  Penciptaan. 

 Menurut saya dalam lingkup pembelajaran SD  itu terdapat beberapa fuag lingkup,  bagi saya yang paling bisa menjadikan anak memiliki ketiga aspek itu adalah  "Norma-norma dalam masyarakat". Mengapa?  Karena didalamnya terdapat pola- pola berfikir manusia yang dapat mempengaruhi sikap nya juga kemampuan respon otaknya untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal.  Dan juga dalam norma-norma dalam masyarakat terdapat beberapa norma misalnya norma keagaaman,  kesusilaan,  Kesopanan yang bisa menjadi penunjang ke3 aspek tersebut.  

Terimakasih,  

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Duwi Ari Yanto -

Nama : duwi ari yanto

Npm : 1913053087

No. Absen : 9

Kelas : 3C

 

Izin menjawab, 

Ruang lingkup yang mencangkup aspek kognitik,  afektif dan psikomotorik itu terdapat dalam ruang lingkup kesatuan dan persatuan bangsa. Ruang lingkup ini dapat mencangkup semua aspek dan lebih komplit dari ruang lingkup yang lain. 

 

Trimakasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Ketut cahya permata -

Nama: ketut cahya permata

Npm: 19530530

Izin memberikan pendapat bu,

Menurut pendapat saya ruang lingkup pembelajaran pkn yang menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah ruang lingkup aspek "kebutuhan warga negara", karena isi dari aspek kebutuhan warga negara ialah, meliputi hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warga negara.

Jadi isi dari aspek ruang lingkup kebutuhan warga negara ini sudah mencakup aspek

1.kognitif (pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisa, sintetis, evaluasi)

2. Afektif (penerimaan, penilaian, organisasi, karakterisasi)

3. Psikomotorik (kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, adaptasi)

Kurang lebih seperti itu pendapat dari saya,

Jika ada salah kata saya mohon maaf.

Terimakasih.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Adelia Intan Utami -

Nama : Adelia Intan Utami
Npm : 1913053028
No. Absen 1

Izin menjawab menurut pendapat saya ruang lingkup kajian pendidikan kewarganegaraan SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah ruang lingkup "Pancasila" karena dalam ruang lingkup tersebut meliputi kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, Proses perumusan pancasila, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Semua hal ini dapat meningkatkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik anak SD.
Pertama, siswa SD akan mempelajari kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, bagaimana perumusan pancasila , apa saja sila-silanya, lalu yang terpenting adalah siswa akan memahami nilai-nilai dari Pancasila tersebut, dengan begitu disinilah aspek kognitif siswa terbentuk.
Kedua, setelah mempelajari hal tersebut maka siswa akan memiliki rasa penghargaan terhadap Pancasila dan memiliki semangat nasionalisme dalam dirinya, disinilah aspek afektif siswa terbentuk.
Ketiga, setelah memiliki rasa penghargaan terhadap Pancasila dan telah memahami nilai-nilai Pancasila kini siswa dapat diajak untuk menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, misalnya siswa diajarkan untuk menghargai orang lain, membantu orang lain (sosial siswa). Disinilah aspek psikomotorik siswa terbentuk.
Psikomotorik siswa atau lebih ke penerapannya inilah yang menjadi tolak ukur apakah Pendidikan Kewarganegaraan telah tersampaikan dengan baik.
Terimakasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Andini Pratiwi -
Nama : Andini Pratiwi
NPM : 1913053061
Absen : 04
Izin menjawab 
Menurut pendapat saya dalam Ruang lingkup Kajian Pembelajaran PKn SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah Kebutuhan Warga Negara meliputi hidup gotong-royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara. 
Seperti yang terdapat dalam Aspek Kognitif,Aspek Afektif dan Psikomotor dimana siswa Mampu mengenal materi dan memiliki pengetahuan tentang Negara kesatuan Republik Indonesia, siswa mampu memberikan penghargaan terhadap orang lain.
 
Terimakasih
In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Arif Febriansyah -

Nama : arif febriansyah

Npm : 1953053019

No. Absen : 05

Izin menjawab,

 

Menurut saya ya jam pelajaran PKN bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut

1. Berpikir secara rasional kritis dan dan kreatif menanggapi isu isu kewarganegaraan

2.   Berpartisipasi secara aktif dalam bernegara 

3. Berdemokrasi agar pendapat dapat didengar

  Ruang lingkup pendidikan PKN di SD meliputi

 Persatuan dan kesatuan,  norma dan peraturan yang berlaku, hak asasi manusia, konstitusi negara kebutuhan negara Pancasila dan yang terakhir globalisasi

Terima kasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Gusti Ayu Putu Ardani 1953053017 -

 Nama : Gusti Ayu Putu Ardani   
Npm: 1953053017           
Absen : 13

Menurut saya, yang dapat meningkatkan aspek kognitif,afektif dan psikomotorik adalah persatuan dan kesatuan bangsa karena dengan mempelajari tentang persatuan kesatuan bangsa siswa dapat mengetahui pentingnya hidup saling berdampingan,rukun,damai,saling menghargai dan saling menghormati. Seperti yang kita ketahui Indonesia adalah Negara yang multikultural  dengan berbagai keanekaragaman suku,ras, dan agama,  maka sangat penting sebagai siswa Sekolah Dasar untuk mempelajari tentang Persatuan dan kesatuan bangsa sejak dini agar menumbuhkan rasa  cinta tanah air , selain itu siswa juga akan mengerti bahwa perlunya memahami dan mengetahui tentang nilai nilai persatuan dan kesatuan  demi keutuhan NKRI. Siswa juga dapat mempraktikan secara langsung arti dari persatuan dan kesatuan secara sederhana seperti contoh, menghormati teman yang berbeda keyakinan saat beribadah di sekolah dengan cara tidak mengganggunya.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Dina Yestiliana 1913053108 -

Nama : Dina Yestiliana

NPM : 1913053108

No. Absen : 08

Izin menjawab.

Yang menjadikan siswa memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik.

Menurut saya ruang lingkup kajian pembelajaran PKn SD semua dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Namun yang lebih tepat adalah Kebutuhan Warga Negara. Di dalam ruang lingkup tersebut sudah mencakup sikap kognitif yaitu prestasi diri, afektif nya menghargai keputusan bersama dan psikomotorik nya yaitu gotong-royong.

Kognitif ini berkaitan dengan kecerdasan siswa. Di dalam pembelajaran PKN SD terdapat materi-materi seperti Hak Asasi Manusia (HAM), dasar negara Indonesia, norma-norma, persatuan dan kesatuan bangsa, dan lain sebagainya. Ketika materi-materi tersebut sudah dijelasan oleh guru, maka untuk dapat mengetahui kemampuan kognitif siswa tersebut kita juga dapat melihatnya dari segi guru memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa tersebut menjawabnya, ulangan harian, UTS dan juga melalui UAS.

Untuk sikap afektif, berkaitan dengan perilaku siswa, dengan diajarkannya mata pelajaran PKN ini pastinya terdapat materi mengenai sikap, nilai dan norma-norma. Dengan pembelajaran tersebut diharapkan siswa dapat menanamkan materi tersebut dimulai dari hal yang sederhana yaitu seperti menaati tata tertib sekolah dengan datang tepat waktu, bersikap sopan santun terhadap guru, dan lain sebagainya.

Kemudian sikap psikomotorik siswa berkaitan dengan keterampilan. Kita dapat mengetahui keterampilan siswa dengan cara mengamati perkembangannya, contohnya seperti siswa dapat menerapkan materi yang sudah diajarkan ke dalam kehidupan sehari-hari. Seperti hidup gotong-royong, bersikap toleransi, ikut serta dalam memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia, dan lain sebagainya.

Terima kasih.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Laila Fitriani -

Nama : Laila Fitriani

NPM :1913053060

Absen : 18

Izin menjawab, Menurut saya  yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik dalam ruang lingkup kajian pembelajaran pkn sd, adalah Kebutuhan warga negara meliputi: Hidup gotong royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri , Persamaan kedudukan warga negara. Karena dengan belajar kebutuhan warga negara anak dapat mempelajari aspek kognitif yaitu aspek berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional. Anak mampu berfikir tentang bagaimana cara hidup bergotong royong, apa itu harga diri sebagai masyarakat, dan kebebasan memilih hal yang ia sukai. Sedangkan Afektif merupakan Ranah afeksi yaitu materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal. Hal ini dapat anak dapatkan dengan belajar materi kebutuhan warga negara anak akan mendapatkan pembelajaran dari sikap gotong royong dan persamaan kedudukan warga negara dimana anak dapat mengetahui bahwa setiap warga negara termasuk anak anak memiliki persamaan kedudukan sebagai warga negara. Dan Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Keterampilan yang akan berkembang jika sering dipraktekkan ini dapat diukur berdasarkan jarak, kecepatan, kecepatan, teknik dan cara pelaksanaan. Ketika anak belajar tentang kebutuhan warga negara maka guru bisa langsung memperaktekannya di kelas. Dengan cara bergotong royong ataupun berdiskusi dalam pembelajaran. Anak dapat tanggap dalam membantu temanya dan dapat berprilaku yang baik dalam menghargai pendapat temannya.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Lisna Agusta -

Nama : Lisna Agusta

Npm : 1913053092

No. Absen : 19

 

Izin menjawab bu, 

A. Kognitif adalah ranah yang mencangkup kegiatan mental (otak).segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. 

B. Afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah efektif mencangkup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi dan nilai. 

C. Psikomotorik merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengelaman belajar tertentu. 

Menurut saya, dalam Ruang Lingkup Kajian Pembelajaran PKN SD, yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah "Norma hukum dan Peraturan" karena terkait dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik merupakan sasaran pendidikan yang dikembangkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Ketiga aspek ini merupakan tujuan pendidikan yang harus dicapai setelah menempuh proses pendidikan. 

Dimana "Norma hukum dan Peraturan" adalah meliputi tata tertib dalam kehidupan keluarga, tata tertib di sekolah, norma yang berlaku di masyarakat, peraturan-peraturan didaerah ,norma norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sistem hukum dan peradilan nasional, hukum dan peradilan internasional. 

 

Terimakasih. 

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Zakiyah Nazir Effendi -

Nama : Zakiyah Nazir Effendi

NPM : 1953053024

absen : 32

Izin menjawab,

 Menurut saya yang dapat menjadikan peserta didik memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik dalam ruang lingkup pembelajaran Pkn Sd adalah lebih efektif pada aspek kebutuhan warga negara. Karenaa pada aspek ini meliputi gotong royong, kegiatan ini menjadikan peserta didik memiliki kemampuan kognitif yaitu mereka mulai melihat mulai memahami bagaimana perilaku mereka mempengaruhi orang lain. Kemudian di dalam aspek ini meliputi Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, kegiatan ini menjadikan anak memiliki kemampuan afektif yaitu memiliki rasa saling menghargai, menghargai pendapat orang lain. Kemudian anak dapat memiliki kemampuan psikomotorik ketika kita memberikan penilaian  saat berlangsungnya yaitu pada waktu peserta didik melakukan praktik, atau sesudah proses berlangsung

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Tiara Farashinta -

Nama : Tiara Farashinta

Npm : 1953053006

absen : 28

 

Pada pembelajaran PKN SD terdapat beberapa ruang lingkup dalam pembelajaran, menurut saya yang paling bisa menjadikan anak memiliki ketiga aspek tersebut adalah "pancasila" karena menanamkan nilai nilai Pancasila kepada diri siswa sekaolah dasar yang merupakan pondasi generasi penerus bangsa.

Kondisi belajar di SD dimana siswa hanya menerima materi pelajaran dari pengajar, mencatat, menghafalkannya dan lebih cenderung mementingkan aspek kognitif dari pada aspek afektif dan psikomotorik siswa, dengan kata lain siswa hanya diberikan materi pelajaran untuk dipelajari, dibaca, dihafalkan dan mengerjakan soal- soal serta evaluasi yang hanya bertujuan untuk mengukur sejauh mana siswa menguasai materi pelajaran, bukan bagaimana siswa harus mengimplementasikan apa yang telah dipelajari di dalam dirinya sendiri dan di dalam kehidupan sehari-hari.

Penanaman nilai nilai Pancasila erat kaitannya dengan pendidikan karakter bagi siswa, terutama bagi anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Penanaman nilai nilai Pancasila bagi anak SD merupakan salah satu awal penanaman dan pembentukan karakter siswa. Hal tersebut bertujuan agar siswa menjadi pribadi yang baik dan nantinya menjadi warga negara yang baik pula.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Najoya dolok saribu 1953053012 -

Nama : Najoya Dolok Saribu

Npm : 1953053012

No absen : 22

Izin menjawab

Ruang lingkup pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SD yang dapat meningkatkan kemampuan murid dalam aspek kognitif, Afektif dan Psikomotorik sebagai berikut:

-Persatuan dan Kesatuan bangsa, meliputi: Hidup rukun dalam perbedaan, Cinta lingkungan, Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda, Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Partisipasi dalam pembelaan negara, Sikap positif terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam lingkup persatuan dan kesatuan bangsa kita sebagai pendidik / pengajar dapat menerapkan dan mengajarkannya kepada murid  contohnya seperti  hidup rukun dalam perbedaan dengan cara tidak membeda-bedakan suku atau agama orang lain itu diterapakan dalam lingkungan dan kehidupannya  jangan hanya disekolah saja dengan begitu murid sudah meningkatkan aspek kognitif , afektif, dan psikomotoriknya

-Norma, hukum dan peraturan,meliputi: Tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional. Murid dapat meningkatkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya dengan contoh mengikuti tata tertib dalam keluarga,sekolah,lingkungan,dan negaranya  

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Windi Junistia 1953053015 -

Nama : windi junistia
Npm : 1953053015
No. Absen: 30
Izin menjawab, aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional.
Aspek afeksi adalah materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal.
Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang

Menurut pendapat saya aspek globalisasi tepat untuk mejadikan memiliki ketiga aspek tersebut, alasannya dengn ruanglingkup aspek globalisasi ini ak siswa dapat kemampuan berfikir menganalisa kejadian yang terjadi nasional maupun internasional. Juga dapat mengetahui norma dan nilai masyarakat di era globalisasi ini serta mengajak siswa berparti sipasi dalam perubahan di era globalisasi ini untuk menjadi lebih baik.

trimakasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Triana Angguncahyani 1913053009 -

Nama : Triana Angguncahyani

NPM : 1913053009

No absn : 29

izin menjawab, menurut saya ruang lingkup kajian pembelajaran PKN SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, efektif dan psikomotorik adalah terdapat pada kebutuhan warga negara,karena didalam aspek tersebut berisi tentang  hidup gotong-royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi , Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, dan Persamaan kedudukan warga negara. Dengan demikian melalui ruang lingkup tersebut  siswa akan memperoleh ilmu pengetahuan dari hasil berorganisasi dan mengeluarkan pendapat yang masuk kedalam aspek kognitif,  kemampuan menilai sikap dan prilaku yang masuk kedalam aspek efektif serta keterampilan atau terampil dalam melakukan berbagai kegiatan yang masuk kedalam aspek psikomotorik.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Hida Laila Irsyadina 1913053022 -

Nama : Hida Laila Irsyadina
NPM : 1913053022
No. absen : 14

Izin menjawab pertanyaan tersebut, seperti yang sudah kita ketahui berdasarkan Permensiknas No. 22 Tahun 2006 Ruang Lingkup Mata pelajaran PKN untuk pendidikan dasar dan menengah secara umum ada 8 aspek, menurut saya Semua aspek dalam ruang lingkup kajian PKN SD dapat menjadikan murid memiliki kemampuan dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik, karena semua aspek dalam pelajaran PKN berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, berkaitan dengan emosi atau penghargaan, nilai perasaan, semangat, dan minat yang mampu meningkatkan aspek kognitif dan afektif pada peserta didik, serta meliputi perilaku yang akan meningkatkan keterampilan motorik atau psikomotorik pada peserta didik,
Terimakasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Ayu Indah Wulandari -
Nama : Ayu Indah Wulandari
Npm : 1913053012
Absen : 06
 
Izin untuk mengemukakan pendapat bu.
Namun, sebelum saya mengungkapkan pendapat, perlu diketahui terlebih dahulu apa itu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. 
1. Aspek kognitif, yaitu aspek yang mencakup kegiatan mental (otak). Dimana dalam aspek ini terdapat enam jenjang yakni pengetahuan/hafalan/ingatan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian. Aspek kognitif ini berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungkan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. 
2. Aspek afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Jadi ketika siswa sudah mempelajari dan memahami materi, maka ada perilaku yang ia tunjukkan setelah mempelajarinya.
3. Aspek psikomotorik, berkaitan dengan keterampilan (skill) atau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Psikomotor berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
 
Dengan begitu, menurut saya ruang lingkup kajian pembelajaran PKn SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik itu terdapat pada ruang lingkup pancasila. Karena, ruang lingkup Pancasila meliputi kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka. Aspek kognitif tentunya murid dapat memahami bagaimana kedudukan pancasila itu sehingga dijadikan dasar dan ideologi negara Indonesia.
Selanjutnya, aspek afektifnya yakni murid dapat bersikap menghargai perjuangan para tokoh-tokoh yang berperan dalam perumusan Pancasila, dengan begitu diharapkan siswa dapat mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Elsa Apriliasari -

Nama : Elsa Apriliasari

Npm : 1913053009

Absen : 10

 

Izin menjawab pertanyaan ibu Dayu 

 

- Aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional. 

 

- Ranah afeksi adalah materi yang berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal. 

 

- Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang. Keterampilan yang akan berkembang jika sering dipraktekkan ini dapat diukur berdasarkan jarak, kecepatan, kecepatan, teknik dan cara pelaksanaan. 

 

Menurut saya dalam ruang lingkup mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang dapat menjadikan peserta didik memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik adalah materi yang membahas mengenai norma, hukum dan peraturan. Dimana didalam materi tersebut anak akan belajar mengenai tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Sistem hukum dan peradilan nasional, Hukum dan peradilan internasional. Dimana dalam materi tersebut anak akan memiliki kemampuan berfikir kritis, patuh terhadap aturan, mampung mengontrol emosi, memiliki tata kerama yang baik, dan masih banyak lagi.

Terimakasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Susi Firmanda 1953053002 -

Nama: Susi Firmanda
Npm : 1953053002
Absen: 26
- kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak) misalnya, Pengetahuan, Pemahaman, Penerapan, Analisis, Sintes, Penilaian.
-afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai.
- Psikomotorik merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Jadi menurut saya yang sesuai dengan kemampuan tersebut adalah "Norma,Hukum dan Peraturan" karena ruang lingkup Norma, hukum dan peraturan, meliputi tertib dalam kehidupan keluarga, Tata tertib di sekolah, Norma yang berlaku di masyarakat, Peraturan-peraturan daerah, Norma-norma dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Shanty Agustriani -

Izin menjawab
Nama: Shanty Agustriani
Npm: 1913053097
Absen: 25
Menurut pendapat saya, di dalam ruang lingkup pkn semua materi akan membuat anak didik menjadi memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik karena pelajaran PKN di SD ada bertujuan untuk membuat anak didik dapat:
1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta antikorupsi.
2. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
3. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.
Sehingga dari tujuan diadakannya PKN di SD tersebut sudah jelas bahwa ruang lingkup PKN di SD akan membuat anak mampu dalam mengembangkan pengetahuan faktual, keterampilan, dan pengendalian emosinya.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Ajeng Diana Putri -

Nama : Ajeng Diana Putri

Npm : 1913053030

Ruang lingkup pembelajaran PKn SD meliputi berbagai aspek, seperti persatuan dan kesatuan bangsa, norma, hukum dan peraturan, hak asasi manusia, kebutuhan warga Negara, konstiusi Negara, kekuasaan dan politik, pancasila, dan globalisasi. dari berbagai aspek pembelajaran tersebut menurut saya semua dapat menjadikan murid memiliki kemampuan kognitif (pengetahuan), afektif (respon, pemerimaan, berkaitan dengan sikap dan nilai)dan  psikomotorik (adaptasi,peniruan), Karna proses pembelajran sendiri brtujuan untuk mencapai ketiga aspek tersebut.

 Namun dari ke delapan pokok pembelajran tersebut  pokok pembahasan  pancasila, hak asasi manusia dan norma, hokum dan peraturan banyak menekankan akan aspek afektif dan psikomotoriknnya, karna setelah mempelajari bagian tersebut peserta didik harus dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari harinya, bagaimna cara ia bersikap, manaati peratran yang berlaku, menggunkan hak nya dalam menjalakan kehidupan dan lain sebagainya.

Adapun pokok bahsanan mengenai kekuasaan Negara, kebuthan warga Negara dan politik serta globalisasi lebih menekankan pada aspek kognitif dimana peserta didik harus memiliki pengetahuan atau wawasan secara global agar menambah pengetahuan dan dapat menciptakan sumber daya yang berkualitas.

terimakasih

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Febima Herlando -

Nama : Febima Herlando 

NPM : 1913053065 

 

Menurut saya, dalam Ruang Lingkup Kajian Pembelajaran PKn SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah Kebutuhan warga negara, meliputi hidup gotong-royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan  warga negara. 

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Mutiara Hardiningtyas -

Nama : Mutiara Hardiningtyas
NPM : 1913053032
Absen : 21

Izin menjawab pertanyaan dari bu dayu mengenai ruang lingkup yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Terlebih dahulu kita harus mengetahui ke tiga aspek tersebut .

  1. Aspek kognitif merupakan aspek yang berkaitan dengan nalar atau proses berpikir, yaitu kemampuan dan aktivitas otak untuk mengembangkan kemampuan rasional.
  2. Aspek Afektif yaitu berdasarkan segala sesuatu yang berkaitan dengan emosi seperti penghargaan, nilai, perasaan, semangat, minat, dan sikap terhadap sesuatu hal
  3. Psikomotorik adalah domain yang meliputi perilaku gerakan dan koordinasi jasmani, keterampilan motorik dan kemampuan fisik seseorang.

Menurut saya dengan 3 aspek diatas dapat disimpulkan bahwa pesserta didik mampu membedakan mana yang benar dan salah atau berfikir secara rasional dengan menggunakan akal ataupun nalar serta trampil dan berpengetahuan. Menurut saya ruang lingkup yang cocok untuk perkembangan kemampuan kognitif,afektif dan psikomotorik ialah ruang lingkup Norma,Hukum dan Peraturan dan Ruang lingkup Pancasila. Karena dalam ruang lingkup tersebut sudah membahas semua ranah yaitu bagi keluarga, sekolah, masyarakat, daerah maupun berbangsa dan bernegara serta peserta didik dapat berpengetahuan mengenai pedoman berkehidupan yang diamalkan melalui nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian peserta didik dapat berfikir rasional karena adanya norma yang berlaku dan berpengetahuan mengenai kehidupan baik keluarga sampaui berkehidupan berbangsa dan bernegara bahkan sampai internasional yang sangat berguna dan berpengaruh serta bermanfaat bagi peserta didik sesuai dengan kajian PKN SD.

Sekian , terimakasih.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Yolanda Pola Kredibelia -

Nama: Yolanda Pola Kredibelia

NPM: 1913053072

Absen: 31

Izin menjawab, menurut pendapat saya ruang lingkup kajian pembelajaran PKN SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah Norma, Hukum, dan Peraturan. Karena di dalam ruang lingkup tersebut mencakup tiga kemampuan dasar proses pembelajaran yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Di dalamnya dapat mempelajari dari organisasi tingkat terkecil yaitu keluarga, masyarakat, dan negara yang terdapat norma, peraturan, dan tatanan kehidupan yang berlaku. Sehingga dalam ruang lingkup tersebut siswa dapat mengenal dan memiliki pengetahuan, norma dan peraturan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa. Dengan demikian siswa dapat berlaku dengan baik dan memiliki pengetahuan.

 

In reply to Yolanda Pola Kredibelia

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Fahiratu Sania -

Izin menyampaikan pendapat

Nama: fahiratu sania

NPM: 1913053074

Absen: 11

Berikut pengertian dari kognitif, afektif dan psikomotorik:

Kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan masalah

Afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku.

Psikomotorik adalah perilaku di mana individu mencapai tingkat "tahu" pada objek yang diperkenalkan. Afektif - perilaku di mana individu mempunyai kecenderungan untuk suka atau tidak suka pada objek.

Tujuan PKn di sd adalah:

a. Membentuk kecakapan partisipatis yang bermutu dan bertanggung jawab

b. Menjadikan warga yang baik dan demokratis

c. Menghasilkan mahasiswa yang berfikir komprehensif, analiis dan kritis d. Mengembangkan kultur demokrasi

e. Membentuk siswa menjadi good and responsible citizenJ

Jadimenurut pendapat saya, semua Ruang Lingkup PKn memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Karena semua aspek dalam ruang lingkup PKn dapat menjadikan anak didik memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Terimakasih,

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Amri Rahmadani -

Nama : Amri Rahmadani

NPM : 1913053077

Absen: 03

Menurut  saya ruang lingkup dalam kajian pkn sd yang dapat menjadikan siswa memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah ruang lingkup persatuan dan kesatuan bangsa, norma, hukum dan peraturan. Perlu diketahui bahwa aspek kognitif ini meliputi pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, afektif meliputi perasaan, penerimaan, respon yang ada pada siswa sedangkan psikomotorik meliputi perilaku gerakan dan keterampilan motorik pada seseorang.

Karena ketiga aspek ini saling berkaitan satu sama lain. Ketika murid diajarkan materi dalam ruang lingkup persatuan dan kesatuan, norma, hukum dan peraturan kepada anak sd yang didalam ruang lingkup ini meliputi hidup rukun dalam perbedaan, cinta lingkungan, kebanggaan sebagai bangsa indonesia, dan mengenai NKRI, tata tertib dalam masyarakat dsb. materi ini mudah untuk dimengerti murid karena dalam pengaplikasiannya dapat dilakukan mulai dari ranah keluarga hingga negara. Dengan mengajarkan materi ini juga siswa dapat membangun hubungan baik dimulai dari lingkungan keluarganya, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara.

Terimakasih bu

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Indah Rahayu 1953053018 -

Nama : Indah Rahayu
Npm : 1953053018
Absen :15
Izin menjawab Bu,
Dalam pembelajaran PKN murid di tuntut, untuk menguasai aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

-Kognitif

Kognitif merupakan ranah yang mencakup berbagai kegiatan mental (otak).
Nah jadi pembelajaran PPKn ini mengharuskan siswanya mempunyai
kemampuan ranah kognitif yang meliputi kegiatan menghafal, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mensintesiskan dan menilai pengalaman belajar yang relevan dengan setiap tingkatan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:
-Contoh nya seperti pembelajaran PKN mengenai Pancasila,siswa diajak untuk menghafal dan memahami butir butir pancasila.tujuannya siswa memiliki pemahaman mengenai pancasila
Nah ketika siswa sudah memahami pengetahuan mengenai Pancasila maka siswa sudah mempunyai aspek kognitif

-Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai.
Contohnya seperti tadi ketika sudah mengetahui apa itu Pancasila dan butir butir ya siswa diajak untuk menerapkan atau mempraktikkan nilai, norma, etika, dan estetika dalam perilaku kehidupan sehari-hari yang tercantum dalam Pancasila

-Psikomotorik
Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu.
Contohnya ketika siswa sudah menerapkan Pancasila di kehidupan sehari hari, siswa jadi lebih terampil/lebih aktif dalam menerapkan pengetahuan yang didapat.

Jadi kita sebagai calon guru mengajarkan agar siswa dapat mempunyai sikap kognitif seperti pengetahuan,kemudian siswa memiliki kemampuan untuk menerapkannya dan terampil dalam menerapkan pengetahuan yang di dapat tadi.

 

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Ismi Tri Astuti -

Nama : Ismi Tri Astuti

NPM : 1913053031

No Absen : 16

Izin menjawab,

Menurut pendapat saya, ruang lingkup kajian pembelajaran Pkn SD yang dapat menjadikan murid memiliki kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik adalah ruang lingkup "Norma, Hukum, dan Peraturan". Mengapa? Ketika peserta didik sudah melakukan atau sedang belajar memahami segala tata tertib,norma dan hukum yang ada dikelurga,sekolah bahkan masyarakat berarti mereka telah menambah pengetahuan atau wawasan yang mereka miliki. Segala pengetahuan atau wawasan yang peserta didik miliki terkait dengan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara dapat mereka dapatkan dengan berbagai cara dan metode.

Selanjutnya mengenai aspek afektif, aspek afektif berkaitan dengan sikap dan nilai peserta didik. Ketika peserta didik sudah mempelajari segala norma dan tata tertib yang ada,mereka akan tergerak untuk melakukannya karena mereka tau apa sanksinya jika tidak melakukan atau melanggar norma yang ada. Lalu yang terakhir adalah sikap psikomotorik yang berkaitan dengan keterampilan mereka dalam melakukan atau kemampuan mereka dalam bertindak ketika sudah menerima pengalaman belajar. Ketika mereka sudah memahami norma, hukum dan peraturan yang ada,mereka dapat melatih kemampuannya untuk berdemokrasi.

Terima Kasih.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Nurdini Estika Putri 1913053094 -

Nama: Nurdini Estika Putri
NPM: 1913053094
No absen: 23

Izin menjawab pertanyaan Ibu Dayu,
Menurut saya ruang lingkup kajian pembelajaran PKN SD yg dapat meningkatkan kemampuan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa adalah muatan materi Pancasila. Karena dalam materi Pancasila ini berisi tentang kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi negara, Proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara, Pengamalan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, Pancasila sebagai ideologi terbuka.
Contohnya pada aspek kognitif siswa dapat mengenali dan mengingat materi materi yang dipelajari mulai dari hal sederhana seperti kedudukan Pancasila sebagai ideologi negara. Kemudian pada aspek afektif siswa dapat menunjukkan kemampuan dalam berpartisipasi aktif terhadap suatu pembelajaran dan selalu memiliki motivasi untuk bereaksi dan mengambil tindakan. Misalnya siswa ikut berpartisipasi dalam diskusi kelas mengenai proses perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Selanjutnya pada aspek psikomotorik siswa dapat menampilkan sesuatu hal sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Yaitu dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti mempercayai keberadaan Tuhan, memiliki sikap toleransi, menjaga kelestarian alam dan saling menghormati antar umat beragama.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Cicilia Rici Rafistri 1913053053 -

Nama : Cicilia Rici Rafistri 

NPM   : 1913053053 

 

Aspek kognitif berorientasi pada kemampuan anak dalam pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan penilaian. Aspek afektif ini  mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap emosi dan nilai. Aspek psikomotorik berhubungan dengan aktivitas fisik. Jadi, menurut saya aspek tersebut termasuk dalam ruang lingkup kebutuhan warga negara yang melingkupi hidup gotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kebebasan berorganisasi, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, prestasi diri, persamaan kedudukan warga negara.

In reply to First post

Re: FORUM TANYA JAWAB

by Rizki Maulani -
Nama: Rizki Maulani
Npm: 1913053086
Absen: 24
 
 
”Kebutuhan warga negara, meliputi hidup gotong-royong, Harga diri sebagai warga masyarakat, Kebebasan berorganisasi, Kemerdekaan mengeluarkan pendapat, Menghargai keputusan bersama, Prestasi diri, Persamaan kedudukan warga negara”.
 
 
Menurut pedapat saya ruang lingkup kajian pembelajaran Pkn SD yang dpat menjadikan murid memiliki kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik adalah Kebutuhan Warga Negara. Karena dalam aspek kebutuhan warga negara mencakup prestasi diri, kebebasan berorgasnisasi, hidup bergotong royong, harga diri sebagai warga masyarakat, kemerdekaan mengeluarkan pendapat, menghargai keputusan bersama, persamaan kedudukan warga negara. Yang mana dalam aspek kebutuhan warga negara sudah dapaat menjadikan anak memiliki kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Misalnya dalam menghargai pendapat, menghargai keputusan bersama, hal tersebut termasuk dalam aspek afektif/perilaku. Yang mengajarkan anak supaya memiliki perilaku saling menghargai. Sedangkan dalam aspek kognitif dapat dilihat dari kemerdekaan mengeluarkan pendapat, prestasi diri yang mengandalkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual, serta ketahanan diri dalam menghadapi situasi segala aspek kehidupan. Dan dalam aspek psikomotorik yaitu dapaat dilihat dari kehidupan bergotong royong, yang mana merupakan dari penerapan dari aspek kognitif.
 
Sekian