TUGAS
Tugas : Menganalisis Miskonsepsi dan Memberikan Solusi
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi miskonsepsi umum yang berkembang di masyarakat mengenai identitas nasional dan menyusun solusi edukatif berbasis literasi digital atau sosial.
Tugas ini dapat disajikan dalam bentuk:
· Esai analisis (berisi identifikasi miskonsepsi dan solusi yang ditawarkan).
· Infografis digital (menampilkan miskonsepsi dan solusi dengan cara visual).
· Video pendek edukatif (menjelaskan miskonsepsi dan memberikan klarifikasi).
2. Tujuan Penugasan
· Mengasah kemampuan analisis dalam mengidentifikasi miskonsepsi seputar identitas nasional.
· Mendorong pemikiran kritis dalam menemukan solusi berbasis edukasi.
· Mengembangkan keterampilan literasi digital dan sosial dalam menyebarkan informasi yang benar.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output |
Ketentuan |
Esai Analisis |
- Panjang
800–1000 kata. |
Infografis Digital |
- Menyajikan
informasi dalam bentuk visual yang menarik. |
Video Edukatif |
- Durasi 3–5
menit. |
4. Tema yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu tema berikut:
· Kesalahpahaman tentang Bhinneka Tunggal Ika dan Keberagaman.
· Mitos vs Fakta tentang Nasionalisme dan Globalisasi.
· Pemahaman Keliru tentang Pancasila sebagai Identitas Bangsa.
· Distorsi Sejarah dalam Identitas Nasional.
· Pengaruh Hoaks terhadap Rasa Kebangsaan.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian |
Kriteria |
Bobot |
Kualitas Analisis |
Kedalaman analisis dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan solusinya. |
40% |
Kreativitas |
Cara penyajian informasi menarik, inovatif, dan mudah dipahami. |
25% |
Keakuratan Informasi |
Kesesuaian dengan referensi dan fakta yang valid. |
20% |
Teknik Penyampaian |
Struktur yang jelas, bahasa yang komunikatif, dan format sesuai. |
15% |
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/DOCX/MP4/PNG
sesuai jenis output.
Cara pengumpulan :
Unggah melalui Google Drive
Nama file : Nama_NPM_IdentitasNasional.
Batas waktu pengumpulan :
[Ditentukan oleh dosen].
Catatan:
· Mahasiswa dapat bekerja secara individu atau dalam kelompok (maks. 3 orang).
· Diperbolehkan menggunakan tools digital seperti Canva, PowerPoint, CapCut, dll.
· Pastikan informasi dalam tugas berbasis fakta dan referensi yang valid.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu.