Weekly outline
General
- Mata kuliah pendidikan kewarganegaraan secara psikopedagogis/andragogis dan sosiokultural dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi dalam konteks pengembangkan kecerdasan kewarganegaraan (civic intelligence) yang secara psikososial tercermin dalam penguasaan pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), perwujudan sikap kewarganegaraan (civic dispositions), penampilan keterampilan kewarganegaraan (civic skills), pemilikan komitmen kewarganegaraan (civic committment), pemilikan keteguhan kewarganegaraan (civic confidence), dan penampilan kecakapan kewarganegaraan (civic competence) yang kesemua itu memancar dari dan mengkristal kembali menjadi kebajikan/keadaban kewarganegaraan (civic virtues/civility). Keseluruhan kemampuan itu merupakan pembekalan bagi setiap warganegara untuk secara sadar melakukan partisipasi kewarganegaraan (civic participation) sebagai perwujudan dari tanggung jawab kewarganegaraan (civic responsibility) sehingga dapat membentuk karakteristik warga negara yang memahami pengantar dasar kewarganegaraan, memahami tentang identitas dan integrasi nasional bangsa Indonesia, memahami perkembangan konstitusi yang pernah berlaku di Indonesia, memahami serta melaksanakan dan mematuhi hak serta kewajiban negara dan warga negara, memahami dan mampu menerapkan demokrasi, mematuhi dan menegakkan hukum di Indonesia serta sebagai warga negara yang mampu melindungi, melestarikan serta mempertahankan wawasan nusantara dan ketahanan nasional Indonesia.
- Silahkan dibaca dan dipahami sebagai rambu-rambu perkuliahan kita selama 1 semester ke depan.
silahkan dibaca dan dipahami sebagai kontrak pelaksanaan perkuliahan kita pada semester ini.
PERTEMUAN 1. PENGANTAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat pagi, apa kabar mahasiswa sekalian? Hari ini kita akan memasuki perkuliahan perdana dan hari ini Kita akan membahas mengenai kontrak kuliah serta perkenalan awal materi dipertemuan 1 ini. Diharapkan kalian untuk dapat mengikuti rangkaian perkuliahan secara baik mulai dari pengisian absen awal, mengerjakan tugas, membaca materi, menyimak video pembelajaran dan juga mengumpulkan tugas tepat waktu serta pengisian absen akhir. Jika kalian melanggar konsekuensi, maka saya anggap tidak hadir hari ini. Terima kasihSilahkan tuliskan Nama dan NPM pada forum ini
Silahkan ditonton.
Silahkan dibaca.
Silahkan dibaca dan dipahami.
Tugas : Membuat Media Ajar Interaktif
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk membuat media ajar digital yang menjelaskan konsep dasar Pendidikan Kewarganegaraan secara kreatif dan menarik. Media ini dapat berbentuk:
· Video animasi (dengan narasi dan visual yang mendukung konsep PKn).
· Infografis interaktif (berisi poin-poin penting yang dapat dipahami dengan mudah).
· Podcast edukatif (berisi pembahasan yang mendalam dengan penyampaian yang jelas).
2. Tujuan Penugasan
Tugas ini bertujuan untuk:
· Mengembangkan keterampilan komunikasi mahasiswa dalam menyampaikan konsep PKn.
· Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam menganalisis isu kewarganegaraan.
· Mendorong kreativitas dalam menyajikan materi agar lebih menarik dan interaktif.
3. Ketentuan Output Media Ajar
Jenis Media
Ketentuan Output
Video Animasi
- Durasi: 3-5 menit.
- Menggunakan narasi dan ilustrasi yang jelas.
- Format: MP4, resolusi minimal 720p.Infografis Interaktif
- Memuat informasi singkat, jelas, dan berbasis data.
- Dapat berupa PPT interaktif, Canva, atau format lainnya.
- Format: PDF/PPTX/HTML.Podcast Edukatif
- Durasi: 5-10 menit.
- Suara jernih dan pembahasan terstruktur.
- Format: MP3 atau link streaming (Spotify/YouTube).4. Tema yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu tema berikut sebagai topik media ajar:
· Konsep Dasar Kewarganegaraan (Hak dan Kewajiban Warga Negara).
· Pancasila sebagai Dasar Negara.
· Demokrasi dan Partisipasi Warga Negara.
· Hak Asasi Manusia dalam Perspektif Kewarganegaraan.
· Toleransi dan Keberagaman dalam Negara Kesatuan RI.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Konten
Relevansi dengan tema, keakuratan informasi, serta kedalaman analisis.
40%
Kreativitas
Penyajian menarik, inovatif, dan mudah dipahami.
25%
Teknik Penyampaian
Kejelasan suara/narasi, visual yang mendukung, dan alur logis.
20%
Kesesuaian Teknis
Durasi, format file, dan keterbacaan media.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : MP4/PDF/PPTX/MP3 (sesuai media ajar).
Cara pengumpulan : Unggah melalui Google DriveNama file : Nama_NPM_MediaAjarPKn.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Mahasiswa diperbolehkan bekerja secara individu atau dalam kelompok (maks. 3 orang).
· Diperbolehkan menggunakan tools digital seperti Canva, PowerPoint, CapCut, Podcast Studio, dll.
· Pastikan informasi dalam media ajar relevan dan valid, mengacu pada sumber yang kredibel.
Selamat berkarya!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu.
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, sampai bertemu minggu depan, wassalam.
PERTEMUAN 2. IDENTITAS NASIONAL
Assalamualaikum wr wb
Identitas nasional telah terbentuk dalam proses interaksi, komunikasi, dan persinggungan budaya secara alamiah baik melalui perjalanan panjang menuju Indonesia merdeka maupun melalui pembentukan intensif pasca kemerdekaan. NKRI memiliki wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai pulau Rote. NKRI memiliki penduduk yang pluralis dengan jumlah etnis lebih dari 700 dan bahasa daerah lebih dari 200 tetapi memiliki identitas nasional bahasa Indonesia. Pancasila sebagai jatidiri bangsa akan menunjukkan identitas kita selaku bangsa Indonesia yakni ada unsur kesamaan yang memberi ciri khas kepada masyarakat Indonesia dalam perkembangannya dari waktu ke waktu. Demikian juga dengan kepribadian tersebut mampu memunculkan keunikan masyarakat Indonesia ketika berhubungan dengan masyarakat bangsa lain. Dengan demikian, Pancasila sebagai jatidiri bangsa yang bermakna kepribadian, identitas dan keunikan, dapat terwujud sebagai satu kesatuan.
Tulis Nama dan NPM
Silahkan dibaca untuk materi berikut sebagai tambahan pengetahuan, terimakasih.
Silahkan disaksikan untuk penjelasan materi pada pertemuan hari ini.
Tugas : Menganalisis Miskonsepsi dan Memberikan Solusi
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi miskonsepsi umum yang berkembang di masyarakat mengenai identitas nasional dan menyusun solusi edukatif berbasis literasi digital atau sosial.
Tugas ini dapat disajikan dalam bentuk:
· Esai analisis (berisi identifikasi miskonsepsi dan solusi yang ditawarkan).
· Infografis digital (menampilkan miskonsepsi dan solusi dengan cara visual).
· Video pendek edukatif (menjelaskan miskonsepsi dan memberikan klarifikasi).
2. Tujuan Penugasan
· Mengasah kemampuan analisis dalam mengidentifikasi miskonsepsi seputar identitas nasional.
· Mendorong pemikiran kritis dalam menemukan solusi berbasis edukasi.
· Mengembangkan keterampilan literasi digital dan sosial dalam menyebarkan informasi yang benar.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Esai Analisis
- Panjang 800–1000 kata.
- Memuat minimal 3 miskonsepsi beserta solusinya.
- Format: PDF atau DOCX.Infografis Digital
- Menyajikan informasi dalam bentuk visual yang menarik.
- Minimal memuat 3 miskonsepsi dan solusinya.
- Format: PNG/JPG/PDF.Video Edukatif
- Durasi 3–5 menit.
- Memuat penjelasan singkat dan solutif tentang miskonsepsi.
- Format: MP4 (resolusi minimal 720p).4. Tema yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu tema berikut:
· Kesalahpahaman tentang Bhinneka Tunggal Ika dan Keberagaman.
· Mitos vs Fakta tentang Nasionalisme dan Globalisasi.
· Pemahaman Keliru tentang Pancasila sebagai Identitas Bangsa.
· Distorsi Sejarah dalam Identitas Nasional.
· Pengaruh Hoaks terhadap Rasa Kebangsaan.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Analisis
Kedalaman analisis dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan solusinya.
40%
Kreativitas
Cara penyajian informasi menarik, inovatif, dan mudah dipahami.
25%
Keakuratan Informasi
Kesesuaian dengan referensi dan fakta yang valid.
20%
Teknik Penyampaian
Struktur yang jelas, bahasa yang komunikatif, dan format sesuai.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/DOCX/MP4/PNG sesuai jenis output.
Cara pengumpulan : Unggah melalui Google DriveNama file : Nama_NPM_IdentitasNasional.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Mahasiswa dapat bekerja secara individu atau dalam kelompok (maks. 3 orang).
· Diperbolehkan menggunakan tools digital seperti Canva, PowerPoint, CapCut, dll.
· Pastikan informasi dalam tugas berbasis fakta dan referensi yang valid.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu.
PERTEMUAN 3. INTEGRASI BANGSA
Assalamualaikum wr wb
Identitas nasional telah terbentuk dalam proses interaksi, komunikasi, dan persinggungan budaya secara alamiah baik melalui perjalanan panjang menuju Indonesia merdeka maupun melalui pembentukan intensif pasca kemerdekaan. NKRI memiliki wilayah yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari pulau Miangas sampai pulau Rote. NKRI memiliki penduduk yang pluralis dengan jumlah etnis lebih dari 700 dan bahasa daerah lebih dari 200 tetapi memiliki identitas nasional bahasa Indonesia. Pancasila sebagai jatidiri bangsa akan menunjukkan identitas kita selaku bangsa Indonesia yakni ada unsur kesamaan yang memberi ciri khas kepada masyarakat Indonesia dalam perkembangannya dari waktu ke waktu. Demikian juga dengan kepribadian tersebut mampu memunculkan keunikan masyarakat Indonesia ketika berhubungan dengan masyarakat bangsa lain. Dengan demikian, Pancasila sebagai jatidiri bangsa yang bermakna kepribadian, identitas dan keunikan, dapat terwujud sebagai satu kesatuan
- Silahkan absen dengan format FOTO, Nama dan NPM.
Silahkan dibaca dan dipahami.
Simak dan pahami penjelasan materi pada pertemuan hari ini.
Tugas : Studi Kasus dan Simulasi Debat
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa akan dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan diminta untuk:
· Menganalisis kasus nyata yang berkaitan dengan integrasi bangsa di Indonesia.
· Mengembangkan argumen dari sudut pandang yang berbeda.
· Melakukan simulasi debat untuk mempertahankan pendapatnya dengan data dan fakta yang kuat.
2. Tujuan Penugasan
· Mengembangkan kemampuan argumentasi berdasarkan fakta dan teori.
· Melatih berpikir kritis dalam memahami tantangan integrasi bangsa.
· Meningkatkan kemampuan komunikasi dan kolaborasi dalam tim.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Laporan Studi Kasus
- Panjang 1000–1500 kata.
- Memuat latar belakang kasus, analisis, dan argumen kelompok.
- Format: PDF/DOCX.Video Simulasi Debat
- Durasi 5–7 menit.
- Menampilkan argumen dari sudut pandang berbeda dengan alur debat yang sistematis.
- Format: MP4 (minimal 720p).4. Tema Kasus yang Bisa Dipilih
Mahasiswa dapat memilih salah satu kasus berikut untuk dianalisis dan didiskusikan dalam debat:
· Dinamika Keberagaman dan Tantangan Persatuan (misalnya konflik antar budaya, etnis, atau agama).
· Gerakan Separatis dan Pengaruhnya terhadap Integrasi Nasional.
· Peran Media Sosial dalam Memperkuat atau Melemahkan Persatuan Bangsa.
· Kebijakan Pemerintah dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
· Dampak Globalisasi terhadap Identitas dan Integrasi Bangsa.
5. Mekanisme Pelaksanaan Debat
a) Pembagian Peran
· Setiap kelompok akan terbagi menjadi dua tim dengan sudut pandang yang berbeda: Pro (mendukung) dan Kontra (menentang).
· Ada moderator yang akan mengatur jalannya debat.
· Setiap kelompok harus memiliki juru bicara untuk menyampaikan argumen utama.
b) Struktur Debat
Tahap
Durasi
Keterangan
Pembukaan
2 menit
Moderator memperkenalkan tema debat dan aturan.
Pemaparan Argumen Pro
5 menit
Tim Pro menyampaikan pendapatnya.
Pemaparan Argumen Kontra
5 menit
Tim Kontra menyampaikan pendapatnya.
Sesi Tanya Jawab dan Rebuttal
10 menit
Tim Pro dan Kontra saling menanggapi argumen lawan.
Kesimpulan
3 menit
Masing-masing tim menyampaikan ringkasan argumen utama mereka.
6. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Argumentasi
Argumen logis, berdasarkan data dan teori yang kuat.
40%
Kemampuan Berpikir Kritis
Ketajaman analisis terhadap isu integrasi bangsa.
25%
Keterampilan Komunikasi
Penyampaian jelas, runtut, dan persuasif.
20%
Kolaborasi Tim
Kerja sama dalam menyusun strategi debat.
15%
7. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/DOCX untuk laporan, MP4 untuk video debat.
Cara pengumpulan : Unggah ke platform yang ditentukanNama file : Nama_Kelompok_IntegrasiBangsa.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Mahasiswa harus melakukan riset sebelum debat dan mencantumkan sumber referensi dalam laporan.
· Gunakan bahasa akademik dalam menyampaikan argumen, hindari subjektivitas yang tidak berbasis fakta.
· Debat harus direkam dengan kualitas suara dan gambar yang jelas jika memilih format video.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, diskusikan dengan dosen pengamputerimakasih atas perhatian kalian hari ini, semoga ilmu yang didapat dapat menambah wawasan kita semua dan kita jadi lebih menghargai dan mencintai tanah air Indonesia. sampai berjumpa minggu depan, tetap jaga kesehatan, tetap laksanakan 3M, wassalam.
PERTEMUAN 4. NILAI DAN NORMA YANG TERKANDUNG DALAM KONSTITUSI DI INDONESIA
Assalamualaikum wr wb
Konstitusi adalah seperangkat aturan atau hukum yang berisi ketentuan tentang bagaimana pemerintah diatur dan dijalankan. Oleh karena aturan atau hukum yang terdapat dalam konstitusi itu mengatur hal-hal yang amat mendasar dari suatu negara, maka konstitusi dikatakan pula sebagai hukum dasar yang dijadikan pegangan dalam penyelenggaraan suatu negara. Konstitusi berfungsi untuk membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa, sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang. Konstitusi berfungsi untuk membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa, sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang.
PERTEMUAN 5. INTEGRASI NASIONAL
assalamuallaikum wr.wb
senang sekali ibu dapat keembali menjumpai kalian hari ini, apa kabar semua, semoga senantiasa diberi kesehatan, anak anakku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan, silahkan ikuti perkuliahan hari ini dengan baik dan disiplin.
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga ilmunya bermanfaat, selamat mengerjakan tugas dan nilai yang diperoleh pada saat kuis tadi sesuai dengan harapan kalian semua, sampai bertemu lagi minggu depan, tetap jaga kesehatan, wassalam.
PERTEMUAN 6. KONSTITUSI DI INDONESIA
assalamuallaikum wr.wb
senang sekali ibu dapat keembali menjumpai kalian hari ini, apa kabar semua, semoga senantiasa diberi kesehatan, anak anakku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan, silahkan ikuti perkuliahan hari ini dengan baik dan disiplin.
silahkan tulis nama, npm dan lokasi tempat kalian mengakses pembelajaran.
Silahkan dibaca.
Silahkan disimak.
Tugas : Rekonstruksi Sejarah Konstitusi
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa akan membuat timeline interaktif yang menggambarkan perkembangan konstitusi di Indonesia dari masa ke masa. Timeline ini harus memuat perubahan konstitusi beserta faktor-faktor yang melatarbelakangi, isi utama, serta dampaknya terhadap sistem ketatanegaraan.
· Mengidentifikasi periode penting dalam sejarah konstitusi Indonesia.
· Menganalisis perubahan konstitusi dan dampaknya terhadap pemerintahan.
· Menyusun timeline interaktif dalam bentuk digital atau manual.
2. Tujuan Penugasan
· Memahami perkembangan hukum dan ketatanegaraan di Indonesia.
· Menganalisis perubahan konstitusi dan implikasinya terhadap sistem pemerintahan.
· Meningkatkan kreativitas dalam menyajikan informasi historis secara visual.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Timeline Digital
- Dibuat dalam bentuk infografis interaktif menggunakan Canva, PowerPoint, atau platform digital lainnya.
- Format: PDF/PNG/PPT.Timeline Manual
- Dibuat dalam bentuk poster atau diagram alur.
- Difoto dengan resolusi tinggi dan dikumpulkan dalam format JPEG/PNG/PDF.4. Periode Konstitusi yang Harus Dicantumkan
Periode
Karakteristik Utama
UUD 1945 (18 Agustus 1945 – 27 Desember 1949)
Konstitusi pertama setelah kemerdekaan; sistem pemerintahan presidensial.
Konstitusi RIS 1949 (27 Desember 1949 – 17 Agustus 1950)
Sistem pemerintahan berubah menjadi negara federal.
UUDS 1950 (17 Agustus 1950 – 5 Juli 1959)
Sistem pemerintahan berubah menjadi parlementer.
Kembali ke UUD 1945 (5 Juli 1959 – Sekarang)
Diberlakukan kembali melalui Dekrit Presiden Soekarno.
Amandemen UUD 1945 (1999 – 2002)
Menghasilkan perubahan besar pada sistem ketatanegaraan, termasuk penguatan demokrasi dan pembagian kekuasaan.
Mahasiswa dapat menambahkan peristiwa penting lainnya yang relevan dalam perkembangan konstitusi.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Ketepatan Sejarah
Kesesuaian data dengan fakta sejarah konstitusi Indonesia.
40%
Kejelasan dan Kreativitas Timeline
Informasi disajikan secara sistematis dan menarik.
25%
Analisis Perubahan Konstitusi
Mampu menjelaskan dampak perubahan konstitusi terhadap sistem pemerintahan.
20%
Kualitas Presentasi dan Visualisasi
Kualitas desain, keterbacaan, dan struktur timeline.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PDF/PPT/PNG untuk timeline digital, atau JPEG/PNG/PDF untuk timeline manual.
Cara pengumpulan : Unggah ke platform yang ditentukanNama file : Nama_Kelompok_TimelineKonstitusi.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].Catatan:
· Pastikan timeline mencantumkan tanggal dan peristiwa penting secara akurat.
· Gunakan sumber referensi resmi seperti buku sejarah, jurnal akademik, atau dokumen pemerintah.
· Boleh menggunakan ikon, gambar, atau elemen visual untuk memperjelas informasi.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, silakan diskusikan dengan dosen pengampu
terimakasih telah mengikuti perkuliahan hari ini, semoga ilmunya bermanfaat, selamat mengerjakan tugas dan nilai yang diperoleh pada saat kuis tadi sesuai dengan harapan kalian semua, sampai bertemu lagi minggu depan, tetap jaga kesehatan, wassalam.
PERTEMUAN 7. KEWAJIBAN DAN HAK WARGA NEGARA
Assalamuallaikum wr.wb
senang sekali hari ini ibu dapat kembali bertemu dengan kalian melalui perkuliahan daring vclass kita, kita akan melanjutkan perkuliahan silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dengan baik dan penuh tanggung jawab.
silahkan dipahami.
silahkan disimak.
Tugas : Pembuatan Kampanye Digital
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk merancang kampanye digital yang bertujuan mengedukasi masyarakat tentang hak dan kewajiban warga negara dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.
· Kampanye dapat berupa poster digital, video edukasi, atau konten media sosial.
· Isi kampanye harus menjelaskan hak dan kewajiban warga negara secara jelas.
· Kampanye harus menarik, komunikatif, dan berbasis fakta.
2. Tujuan Penugasan
· Meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang hak dan kewajiban warga negara.
· Mengembangkan keterampilan literasi digital dan desain komunikasi.
· Mendorong kepedulian sosial dan partisipasi aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Poster Digital
- Format PNG/JPG, ukuran A4 atau A3.
- Menampilkan informasi hak dan kewajiban warga negara secara singkat dan jelas.Video Edukasi
- Durasi 1-3 menit.
- Format MP4, resolusi minimal 720p.
- Menjelaskan konsep hak dan kewajiban dengan contoh nyata.Konten Media Sosial
- Dapat berupa carousel Instagram, infografis, atau video pendek.
- Harus interaktif dan menarik perhatian audiens.Mahasiswa dapat memilih salah satu format sesuai minat dan keterampilan.
4. Rekomendasi Topik Kampanye
Topik
Deskripsi Singkat
Hak Warga Negara
Hak atas pendidikan, pekerjaan, kesehatan, kebebasan berpendapat, dsb.
Kewajiban Warga Negara
Kewajiban membayar pajak, menaati hukum, bela negara, dsb.
Pentingnya Kesadaran Hak dan Kewajiban
Dampak positif jika masyarakat memahami hak dan kewajibannya.
Peran Generasi Muda dalam Menegakkan Hak dan Kewajiban
Bagaimana mahasiswa dapat berkontribusi dalam kehidupan bernegara.
Mahasiswa dapat memilih topik lain yang masih berkaitan dengan hak dan kewajiban warga negara.
5. Panduan Pembuatan Kampanye
Penentuan Tema
- Pilih topik yang relevan dan menarik bagi masyarakat.
· Pastikan tema sesuai dengan konteks hak dan kewajiban warga negara.
Penyusunan Materi
- Sajikan informasi dalam bahasa yang sederhana, jelas, dan mudah dipahami.
- Gunakan data, kutipan, atau contoh nyata untuk mendukung pesan kampanye.
Desain dan Kreativitas
- Gunakan desain menarik dan tidak terlalu padat tulisan untuk poster dan media sosial.
- Untuk video, pastikan audio dan visual mendukung pesan yang disampaikan.
Pesan yang Mengajak
- Kampanye harus mampu mengajak audiens untuk memahami dan menjalankan hak serta kewajiban mereka.
- Bisa menggunakan slogan atau ajakan aksi seperti: "Pahami Hakmu, Jalankan Kewajibanmu!".
6. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Kualitas Konten
Kampanye menyajikan informasi yang akurat dan berbasis fakta.
40%
Kreativitas dan Desain
Kampanye dibuat dengan tampilan menarik dan komunikatif.
30%
Keefektifan Pesan
Kampanye dapat mengajak dan meningkatkan kesadaran audiens.
20%
Teknik dan Kualitas Teknis
Resolusi video/poster baik, suara jelas, dan tidak ada kesalahan teknis.
10%
7. Mekanisme Pengumpulan
Format file:
- Poster digital: PNG/JPG.
- Video edukasi: MP4.
- Konten media sosial: PNG/JPG atau MP4.
Cara pengumpulan: Unggah ke platform yang ditentukan dengan format nama file: Nama_Kelompok_KampanyeHakKewajiban.
Batas waktu pengumpulan: [Ditentukan oleh dosen].8. Panduan Teknis Pembuatan
· Gunakan aplikasi desain gratis seperti Canva, Photoshop, atau Figma untuk poster dan infografis.
· Gunakan aplikasi editing video seperti CapCut, InShot, atau Premiere Pro untuk video kampanye.
· Pastikan informasi yang disampaikan valid dengan menyertakan sumber yang kredibel.
Jika berupa media sosial, simulasikan bagaimana kampanye akan dipublikasikan dan dampaknya terhadap audiens.Selamat mengerjakan! Jangan ragu untuk berdiskusi dengan dosen atau teman jika ada pertanyaan.
Terimakasih atas perhatiannya dan telah mengikuti perkuliahan ini dengan baik, tetap jaga kesehatan sampai bertemu lagi minggu depan, wassalam.
PERTEMUAN 8. UJIAN TENGAH SEMESTER
assalamuallaikum wr.wb
anak ankku hari ini kita akan melanjutkan perkuliahan dengan mengikuti ujian tengan semester, silahkan laksanakan UTS dengan penuh kejujuran, ujian akan dilaksanakan selama perkuliahan berlangsung, jika anda telat melaksanakan UTS segera konfirmasi ke ibu.
semoga hasil ujian hari ini sesuai dengan yang diinginkan, terimakasih.
Tuliskan nama dan NPM
Silahkan kumpulkan link Google Drive hasil UTS pada forum ini.
alhamdulillah kita telah melaksanakan ujian tengah semeter hari ini dengan baik, sampai bertemu lagi minggu depan.wassalam.
PERTEMUAN 9. PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA
Assalamuallaikum wr.wb
anak anakku hari ini kita akan melaksanakan perkuliahan seperti biasa dengan melanjutkan perkuliahan kita. silahkan kalian ikuti perkuliahan hari ini sesuai dengan waktu perkuliahan, terimakasih.
silahkan pelajari
terimakasih atas perhatiannya hari ini, semoga kita selalu diberi kesehatan, sampai bertemu minggu yang akan datang.
PERTEMUAN 10. DINAMIKA DEMOKRASI DI INDONESIA
Assalamuallaikum wr.wb
selamat datang kembali di perkuliahan daring kita hari ini, silahkan ikuti perkuliahan dengan baik,jangan lupa untuk absensi dan ikuti perkuliahan dengan baik, terimakasih.
silahkan dipelajari
Tugas : Membuat Infografis Perbandingan Sistem Demokrasi
1. Deskripsi Tugas
Mahasiswa diminta untuk menganalisis dan membandingkan berbagai sistem demokrasi di dunia, termasuk demokrasi di Indonesia, serta menyajikan informasi tersebut dalam bentuk infografis interaktif.
· Mengidentifikasi berbagai sistem demokrasi di dunia (langsung, tidak langsung, liberal, sosial, dll.).
· Menganalisis ciri khas, kelebihan, dan kekurangan masing-masing sistem.
· Mendesain infografis yang informatif dan menarik untuk menggambarkan perbandingan sistem demokrasi tersebut.
2. Tujuan Penugasan
· Memahami perkembangan sistem demokrasi di dunia dan perbandingannya dengan demokrasi di Indonesia.
· Mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam menganalisis sistem pemerintahan.
· Meningkatkan kemampuan desain informasi dan komunikasi visual.
3. Ketentuan Output dan Format
Jenis Output
Ketentuan
Infografis Digital
- Dibuat menggunakan Canva, PowerPoint, Adobe Illustrator, atau aplikasi desain lainnya.
- Format: PNG/JPEG/PDF.Infografis Manual
- Dibuat dalam bentuk poster atau diagram yang digambar tangan.
- Difoto dengan resolusi tinggi dan dikumpulkan dalam format JPEG/PNG/PDF.4. Sistem Demokrasi yang Harus Dibandingkan
Jenis Demokrasi
Ciri Khas
Contoh Negara
Demokrasi Langsung
Rakyat terlibat langsung dalam pengambilan keputusan.
Swiss (referendum langsung).
Demokrasi Tidak Langsung (Perwakilan)
Keputusan dibuat oleh wakil rakyat melalui parlemen.
Indonesia, Amerika Serikat.
Demokrasi Liberal
Menekankan kebebasan individu dan hak asasi manusia.
Amerika Serikat, Inggris.
Demokrasi Sosial
Menggabungkan kebebasan individu dengan keadilan sosial.
Swedia, Jerman.
Demokrasi Pancasila
Demokrasi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.
Indonesia.
Mahasiswa boleh menambahkan sistem demokrasi lainnya yang dianggap relevan.
5. Kriteria Penilaian
Aspek Penilaian
Kriteria
Bobot
Ketepatan Konten
Data yang disajikan sesuai dengan fakta dan teori demokrasi.
40%
Perbandingan yang Jelas
Menampilkan perbedaan yang signifikan antar sistem demokrasi.
25%
Kreativitas dan Keterbacaan Infografis
Desain visual menarik dan mudah dipahami.
20%
Sumber Referensi yang Valid
Menggunakan sumber akademik atau jurnal yang kredibel.
15%
6. Mekanisme Pengumpulan
Format file : PNG/JPEG/PDF untuk infografis digital, atau JPEG/PNG/PDF untuk infografis manual.
Cara pengumpulan : Unggah ke platform yang ditentukanNama file : Nama_Kelompok_InfografisDemokrasi.
Batas waktu pengumpulan : [Ditentukan oleh dosen].7. Panduan Pembuatan Infografis
· Gunakan warna yang menarik dan hindari teks yang terlalu kecil.
· Pastikan informasi ringkas namun padat dengan poin-poin utama.
· Gunakan ikon atau grafik untuk mempermudah pemahaman.
· Cantumkan sumber referensi di bagian bawah infografis.
Selamat mengerjakan!
Jika ada pertanyaan, diskusikan dengan dosen pengampu atau dalam kelompok.
PERTEMUAN 11. PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA
Assalamuallaikum wr.wb
selamat datang kembali diperkuliahan kita hari ini, kita akan melanjutkan perkuliahan, silahkan ikuti rangkaian perkuliahan dari absensi sampai salam penutup, terimakasih.
PERTEMUAN 15. KETAHANAN NASIONAL
PERTEMUAN 16. UJIAN AKHIR SEMESTER
Assalamuallaikum wr.wb
anak anakku semoga senantiasa dalam keadaan sehat walafiat, selamat mengikuti ujian akhir semester hari semoga nilainya sesuai dengan harapakan kalian semua, ilmu yang telah diberikan dapat bermanfaat, dan ingat tetap jaga kesehatan, jika selama satu semester ibu banyak sekali kesalahan, kehilafan dan kekuranagn ibu mohon maaf, terimakasih atas kerajasamanya selama ini, sampai bertemu lagi dilain waktu.