Ringkasan Mingguan
Umum
Salam Pembuka
Asalamualaikum,, Selamat siang dan salam sejahtera para mahasiswa PGSD semuanya., semoga kita semua selalu sehat, Amin3. Harapan saya Anda semua tetap semangat dalam belajar di semester Ganjil 25 ini pada MK Pembelajaran IPS SD
Deskripsi MK
Secara konkrit Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dengan lingkup bahasan meliputi: Hakikat IPS SD dan Teori belajar IPS; Struktur IPS SD dalam Kurikulum Merdeka; Pendekatan, model dan strategi pembelajaran IPS yang inovatif; konsep pembelajaran multiliterasi; pembelajaran multiliterasi saintifik; Bahan ajar IPS multiliterasi saintifik; Pengembangan instrumen penilaian IPS berbasis HOTS
CPL Prodi pada MK
Mahasiswa mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan sosial dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
Kontrak Kuliah
TUGAS-TUGAS PERKULIAHAN:
· Secara Individual Presentase Makalah
· Membuat tugas tertulis
Penyelesaian tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, apabila tidak dipenuhi mahasiswa siap mendapatkan sanksi nilai 0
TATA TERTIB DALAM PERKULIAHAN:
Mahasiswa wajib menggunakan pakaian yang dikenakan oleh seorang Pendidik
A. Mahasiswa
- Memakai celana bahan non jeans
- Baju kemeja pendek/panjang ( tidak digulung)
- Sepatu kerja
- Rambut rapi
- Tidak menggunakan asesoris berlebihan
B. Mahasiswi
- Wajib Menggunakan Rok / tidak dibenarkan celana panjang dibungkus rok.
- Baju kemeja tidak ketat (baju layaknya busana guru)
- Sepatu kerja, bukan sepatu sandal/sandal dengan tinggi tumit sepatu maksimal 3 cm.
- Kuku tidak dicat / diwarna
- Menggunakan Jilbab/kerudung yang senada dengan warna pakaian.
- Tidak menggunakan asesoris yang berlebihan.
Pertemuan 9, 23 Okt 25
Teori Maslow (Abraham Maslow (1 April 1908 – 8 Juni 1970) Amerika

Teori belajar sosial Albert Bandura (Amerika 1986) menyimpulkan bahwa manusia mengambil informasi dan memutuskan tingkah laku yang akan diadopsi berdasarkan lingkungan dan tingkah laku orang lain
Pertemuan 10, 30 Okt 25
1. Berikan contoh masalah sosial yang konstektual dan berikan solusinya yang dilandasi dengan teori yang relevan
2. dikumpul paling lambat, 30 Okt 25, pukul 12.30 wib
Pertemuan 11, 6 Nop 25
Presentase Kelopok 7 kelas c dan d
Presentase Klp 7 kelas c dan d,
Silakan unggah di sini materi nya
Pertemuan 12, 13 Nop 25
Presentase Kelompok 8 kls c dan d
Silakan unggah di sini materinya
Pertemuan 13, 20 Nop 25
silakan unggah disini materinya
Pertemuan 14, 27 Nop 25
Presentase Klp 10 kls c dan d
Silakan unggah disini materi presentasenya
Pertemuan 15, 4 Des 25
Membahas perangkat pembelajaran dan video nya
silakan amati
Amatilah video di atas, tuliskan kelebihan dan kekuranganya:
1. metode yang digunakan
2. media yag digunakan
3. penguasaan materi oleh guru
4. pengelolaan kelas
5. menurut Anda berapa skor utk guru bu Beti di atas dari rentang 1-100
5. dikumpul via v class paling lambat 13.00
Pertemuan 16, 11 Des 25, UAS
Pak Widodo seorang guru SDN 4 Metro Timur, Ia mengajar kelas IVa yang terdiri dari 30 siswa. Dari 30 siswa tersebut terdapat 10 berkemampuan tinggi 10 berkemampuan sedang dan 10 berkemampuan rendah. Latar belakang siswa juga berbeda-beda ada yang kaya- miskin dan ada yang sering ribut dan mengganggu temanya. Berdasar pernyataan di atas deskripsikan:
1. pendektan pembelajaran yang sesuai
2. metode dan desain pembelajaran yang sesuai
3. Jelaskan berdasarkan teori yang mendukung mengapa hal tersebut bisa terjadi