བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།

  • Pertemuan 1 (Orientasi Perkuliahan dan Kontrak Belajar)

  • Pertemuan 2 (Hakikat Manusia sebagai Makhluk Multidimensi)

  • Pertemuan 3 (Tujuan Pendidikan Nasional)

  • Pertemuan 4 (Landasan-Landasan Pendidikan)

  • Pertemuan 5 (Unsur-Unsur Pendidikan)

  • Pertemuan 6 (Aliran-Aliran Pendidikan)

  • Pertemuan 7 (Implikasi Aliran Pendidikan dalam Praktik)

  • Pertemuan 8 (Ujian Tengah Semester (UTS))

  • ད་རིས་ཀྱི་བདུན་ཕྲག

    Pertemuan 9 (Konsep Dasar Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara)

  • Pertemuan 10 (Unsur-Unsur Tri Pusat Pendidikan)

    • Artikel ཡིག་སྣོད། {$a->ཚད་} {$a->དབྱེ་བ་}
  • Pertemuan 11 (Interrelasi dan Interdependensi Unsur Tri Pusat Pendidikan)

  • Pertemuan 12 (Sistem Penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia (Bagian 1)

  • Pertemuan 13 (Sistem Penyelenggaraan Pendidikan di Indonesia (Bagian 2)

  • Pertemuan 14 (Studi Kasus Sistem Pendidikan di Indonesia (Bagian 1)

    • Pilih salah satu isu pendidikan di Indonesia (misalnya: kesenjangan pendidikan di daerah terpencil, rendahnya kualitas guru, ketimpangan fasilitas sekolah, masalah kurikulum, atau minimnya peran masyarakat).

    • Lakukan analisis studi kasus dengan struktur sebagai berikut:

      • Pendahuluan: Jelaskan latar belakang masalah dan alasan isu tersebut penting untuk dikaji.

      • Deskripsi kasus: Sajikan fakta atau data singkat (dari artikel, berita, jurnal, atau pengalaman nyata) yang menggambarkan permasalahan.

      • Analisis teori: Kaitkan permasalahan dengan teori Tri Pusat Pendidikan (keluarga, sekolah, masyarakat). Bagaimana ketiganya saling berinterrelasi dan saling bergantung dalam kasus tersebut?

      • Kritik konstruktif: Analisis kelemahan kebijakan atau praktik yang ada, serta apa dampaknya jika salah satu unsur Tri Pusat tidak berfungsi.

      • Solusi dan inovasi: Tawarkan gagasan atau rekomendasi yang realistis dan kreatif untuk memperkuat sinergi keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mengatasi permasalahan.

    • Format penulisan:

      • Panjang minimal 3–4 halaman (A4, spasi 1,5, font Times New Roman 12).

      • Gunakan bahasa akademis yang runtut, jelas, dan kritis.

      • Cantumkan sumber referensi jika menggunakan data sekunder.