བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
General news and announcements
Selamat datang di perkuliahan DESIGN AND SYSTEM THINKING
Design and system thinking meliputi proses-proses seperti analisis konteks, penemuan dan pembingkaian masalah, pembuatan ide dan solusi, berpikir kreatif, membuat sketsa dan menggambar, membuat model dan membuat prototipe, menguji dan mengevaluasi.
Inti dari design and system thinking meliputi kemampuan untuk:
- Menyelesaikan masalah yang rumit.
- Mengubah strategi menjadi solusi.
- Menggunakan nalar abduktif dan produktif.
- Menggunakan media pemodelan non-verbal, grafik atau spasial, misalnya, membuat sketsa dan membuat purwarupa.
Design and system thinking thinking memberikan ruang bagi kita untuk gagal. Belajar dari kegagalan, kita harus memahami mengapa kita gagal dan mengapa kita harus memperbaikinya. Pemikiran desain juga dikaitkan dengan resep untuk inovasi produk dan layanan dalam konteks bisnis dan sosial. Beberapa resep ini telah dikritik karena terlalu menyederhanakan proses desain dan meremehkan peran pengetahuan dan keterampilan teknis.
Perkuliahan Design and system thinking diampu oleh 2 dosen yaitu:
Dr. NOVA MARDIANA, S.E., M.M. Dr. RIBHAN, S.E., M.Si
Silahkan kumpulkan kertas kerja PBL anda disini
Sesi 1; Pendahuluan, Kontrak Kuliah, Pembentukan Kelompok, dll
Jawablah pertanyaan berikut ini...
1. Jelaskan konsep pemikiran desain dan perannya dalam pengembangan produk baru dan inovasi.
2. Jelaskan kerangka kerja sederhana dari pemikiran desain.
3. Jelaskan ringkasan prinsip dasar dari “pola pikir” pemikiran desain.
Sesi 2; Bab 1. Pengantar Singkat tentang Pemikiran Desain
Pengembangan produk baru dan inovasi, pemikiran desain telah menikmati peningkatan visibilitas yang signifikan.
Tujuan pembelajaran dari BAB 1 ini adalah:
1. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep pemikiran desain dan perannya dalam pengembangan produk baru dan inovasi.2. Mahasiswa dapat menjelaskan kerangka kerja sederhana dari pemikiran desain.
3. Mahasiswa dapat menjelaskan ringkasan prinsip dasar dari “pola pikir” pemikiran desain.
Tujuan pembelajaran Bab 2 adalah:
1. Mahasiswa mampu menjelaskan sembilan kriteria dari pengarahan desain yang inspiratif
2. Mahasiswa mampu menulis pengarahan singkat desain inspiratif
3. Mahasiswa memahami temuan penelitian tentang pengarahan desain inspiratif
4. Mahasiswa memahami tiga jebakan yang harus dihindari dalam membuat desain inpiratif
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini:
1. Jelaskan sembilan kriteria dari pengarahan desain yang inspiratif2. Bagaimana menulis pengarahan singkat desain inspiratif
3. Jelaskan tentang temuan penelitian tentang pengarahan desain inspiratif
4. Sebutkan tiga jebakan yang harus dihindari dalam membuat desain inpiratif
Sesi 3; Chapter 2. Inspirational Design Briefing
silahkan membuat personas, untuk tokoh yang anda kagumi seperti contoh ini
Sesi 4; Bab 3. Personas. Alat yang Ampuh untuk Desainer + Bab 4. Pemetaan Pengalaman Pelanggan: Batu Loncatan Menuju Solusi Inovatif
Tujuan pembelajaran BAB 3:
1. Mendefinisikan orang sebagai deskripsi praktis, dasar-dasar yang mendasari, dan tipe-tipe umum
2. Pentingnya persona dalam mengeksplorasi kekuatan penggunaan persona dalam pengembangan produk:
a. Selama desain
b. Selama pengembangan
c. Sebagai alat komunikasi
3. Menciptakan persona-sebuah tinjauan tentang menciptakan persona dalam penelitian etnografi
4. Ilustrasi penerapan persona sebagai contoh dari tiga area dalam pengembangan produk
5. Keterbatasan personas-kendala dan mitigasi.
Tujuan Pembelajaran BAB 4.
1. Mahasiswa memahami pengalaman pelanggan secara keseluruhan sebagai masukan untuk peta pengalaman.
2. Mahasiswa dapat membuat peta pengalaman.
3. Mahasiswa dapat memanfaatkan peta pengalaman sebagai dasar untuk mengembangkan inovasi.
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini:
1. Jelaskan Tantangan dalam Pembuatan Ide2. Mengapa perlu Metode Sistematis untuk Terhubung dengan Pengguna
3. Jelaskan tentang Metode Visualisasi, Berempati, dan Berideasi
4 Jelaskan tentang Pentingnya Visualisasi dan Berempati sebelum Berideasi
Sesi 5; Bab 5. Berpikir Desain untuk Menjembatani Penelitian dan Perancangan Konsep + Bab 6. Meningkatkan Kreativitas dalam Menghasilkan Ide Menggunakan Heuristik Desain
TUJUAN PEMBELAJARAN
Bab 5. Berfikir Desain untuk Menjembatani Penelitian dan Perancangan Konsep1 Tantangan dalam Pembuatan Ide
2 Perlunya Metode Sistematis untuk Terhubung dengan Pengguna
3 Metode Visualisasi, Berempati, dan Penerapan Ide
4 Pentingnya Visualisasi dan Berempati sebelum Menerapkan Ide
5 Menerapkan Metode Pembuatan Ide
TUJUAN PEMBELAJARAN
Bab 6: Meningkatkan Kreativitas dalam Menghasilkan Ide Menggunakan Heuristik Desain
1. Dari Mana Ide Desain Baru Berasal?
2. Alat untuk Membantu Pembuatan Ide: Heuristik Desain
3. Bagaimana Heuristik Desain Diidentifikasi: Basis Bukti
4. 77 Heuristik Desain untuk Pembuatan Ide
5. Cara Menggunakan Heuristik Desain untuk Membuat Konsep Desain
6. Bukti Nilai Alat Heuristik Desain
Responsi Sesi 5
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini..
1. Jelaskan tentang Kerangka Kerja Pengembangan Produk Design Thinking
2. Apa Itu Cerita?
3. Apa Itu Prototipe?
4. Bagaimana Menyatukan Cerita dan Prototipe
5. Bagaimana Menggunakan Cerita dan Prototipe dalam Proses Anda
6. Apa saja Tantangan dalam Fase awal yang tidak pasti ?
7. Jelaskan Praktik dan Alat Desain untuk Membantu dalam Definisi Masalah !
8. Bagaimana Praktik dan Alat Desain dapat Membantu dalam Manajemen Informasi
9. Jelaskan Praktik dan Alat Desain untuk Membantu dalam Manajemen Pemangku Kepentingan
10. Bagaimana Cara Mengintegrasikan Profesional Desain dalam Fase awal yang tidak pasti
Sesi 6; Bab 7. Peran Utama Cerita dan Prototipe dalam Pemikiran Desain + Bab 8. Mengintegrasikan Desain ke dalam Fase Awal yang Tidak Pasti dari Proses Inovasi
TUJUAN PEMBELAJARAN
Bab 7: Peran Utama Cerita dan Prototipe dalam Pemikiran Desain
1. Kerangka Kerja Pengembangan Produk Design Thinking
2. Apa Itu Cerita?
3. Apa Itu Prototipe?
4. Menyatukan Cerita dan Prototipe
5. Menggunakan Cerita dan Prototipe dalam Proses Anda
TUJUAN PEMBELAJARAN
Bab 8: Mengintegrasikan Desain ke dalam Fase Awal yang Tidak Pasti dari Proses Inovasi
1. Tantangan dalam Fase Awal yang Tidak Pasti
2 Praktik dan Alat Desain untuk Membantu dalam Definisi Masalah
3 Praktik dan Alat Desain untuk Membantu dalam Manajemen Informasi
4 Praktik dan Alat Desain untuk Membantu dalam Manajemen Pemangku Kepentingan
5 Cara Mengintegrasikan Profesional Desain dalam Fase Awal yang Tidak PastiSilahkan menjawab pertanyaan pertanyaan berikut ini :
1. Apa dampaknya terhadap daya saing perusahaan jika mereka tidak melindungi inovasi dan merek mereka melalui hak kekayaan intelektual?2. Apa sajakah langkah-langkah utama dalam proses penelitian konsumen dan riset pasar?
3. Dalam mengembangkan startup biasanya tantangan yang dihadapi seperti riset pasar dan ide untuk produk baru.Bagaimana tim desain menggunakan skillnya untuk hal tersebut ?
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini:
1. Apa Itu Cerita?
2. Apa Itu Prototipe?
3. Bagaimana menyatukan Cerita dan Prototipe?
4. Jelaskan Praktik dan Alat Desain untuk Membantu dalam Definisi Masalah !
5. Jelaskan Cara Mengintegrasikan Profesional Desain dalam Fase Awal !
Sesi 7; Bab 9. Peran Desain dlm Usaha Tahap Awal. + Bab 10. Pemikiran Desain utk Non-Desainer + Bab 11: Mengembangkan Pemikiran Desain + Bab 12. Memimpin Budaya Perusahaan dlm Berpikir Desain
Tujuan Pembelajaran Chapter 11 & 12 :
1. Memahami Pemikiran Desain sebagai Alat Transformasi
Organisasi
2. Mempelajari Dampak Inisiatif Inovasi terhadap Kinerja Bisnis
3. Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan dalam Inovasi
4. Memahami dampak budaya perusahaan terhadap pemikiran
desain
5. Menganalisis kekuatan korporat yang menghambat inovasi
6. Mengidentifikasi langkah-langkah transformasi menuju budaya
design thinking
7. Mengaplikasikan konsep design thinking dalam strategi bisnis
RESPONSI SESI 7
1. Jelaskan Pemikiran Desain sebagai Alat Transformasi Organisasi !
2. Bagaimana Dampak Inisiatif Inovasi terhadap Kinerja Bisnis ?
3. Bagaimana mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan dalam Inovasi
4. Bagaimana dampak budaya perusahaan terhadap pemikiran desain ?
5. Jelaskan analisi kekuatan korporat yang menghambat inovasi !
6. Jelaskan langkah-langkah transformasi menuju budaya design thinking !
7. Bagaimana mengaplikasikan konsep design thinking dalam strategi bisnis ?
Sesi 8; MID SEMESTER
SESI 9; Bab 13 Manajemen Pengetahuan sebagai Penguatan Kecerdasan untuk Terobosan Inovasi
- ད་རིས་ཀྱི་བདུན་ཕྲག
Sesi 10; "Bab 14: Menanamkan Pemikiran Desain secara Strategis dalam Perusahaan Bab 15: Merancang Layanan yang Bernyanyi dan Menari"
Sesi 11; Bab 16: Menangkap Konteks melalui Cerita Desain Layanan + Bab 17: Desain Optimal untuk Produk Baru yang Radikal
Sesi 12; Bab 18: Desain Model Bisnis + Bab 19: Memulai Lean di Perusahaan Besar Menggunakan Pemikiran Desain yang Berpusat pada Manusia: Pendekatan Baru untuk Mengembangkan Inovasi Transformasional dan Disruptif
Sesi 13; Bab 20: Tanggapan Konsumen terhadap Bentuk Produk1 + Bab 21: Faktor Pendorong Keragaman Tanggapan Estetika Konsumen terhadap Desain Produk
Sesi 14; Bab 22: Desain Ramah Masa Depan: Merancang untuk dan dengan Konsumen Masa Depan + Bab 23: Wajah dan Antarmuka: Pengalaman Produk yang Lebih Kaya melalui Antarmuka Pengguna Terpadu dan Desain Industri1
Sesi 15; Bab 24: Perlindungan Kekayaan Intelektual untuk Desain + Bab 25: Pemikiran Desain untuk Keberlanjutan
Sesi 16; UAS. UJIAN AKHIR SEMESTER