བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
Assalamualaikum Wr Wb
Selamat datang di kelas Technopreneurship AMata kuliah Technopreneurship membahas konsep, prinsip, dan praktik kewirausahaan berbasis teknologi dengan menekankan pada kreativitas, inovasi, serta pemanfaatan teknologi digital dalam menciptakan peluang usaha.
Perkuliahan dirancang untuk memberikan pemahaman komprehensif mengenai proses pengembangan ide, perencanaan bisnis, strategi pemasaran digital, hingga implementasi model bisnis inovatif yang sesuai dengan kebutuhan pasar melalui pendekatan berbasis studi kasus, proyek, dan simulasi, mahasiswa akan dilatih untuk mengidentifikasi masalah nyata, merumuskan solusi kreatif berbasis teknologi, serta membangun rencana usaha yang aplikatif.
Pada akhir perkuliahan, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap wirausaha yang mampu mendorong terciptanya startup maupun usaha mandiri yang berdaya saing di era digital.
https://drive.google.com/file/d/1o-ILGjsHT6pafloyATGNOXctCcnymeGK/view?usp=sharing
EMBED: https://drive.google.com/file/d/1o-ILGjsHT6pafloyATGNOXctCcnymeGK/view?usp=sharing
Mata kuliah Technopreneursip kelas A
diampu oleh dua orang dosen
Dr, NOVA MARDIANA, S.E., M.M. Tiara Sabila, S.E., M.M.PBL / PROJECT BASED LEARNING
Silahkan mengumpul lembar PBL anda di sini
Sesi 1 Syllabus, RPS, Kontrak Kuliah & Introduction to Technopreneurship
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.Tabik Pun...
Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama perkuliahan kita.
Mari kita mulai dengan membaca doa menurut agama masing-masing.
Semoga pembelajaran kita diridhoi dan diberkahi oleh Allah SWT.
Aamiin...
Sesi 2: Peluang Usaha Dan Ide Bisnis
Sesi 3: Menilai Kebutuhan Dan Pengembangan Usaha
Sesi 4: Studi Kelayakan Bisnis
https://drive.google.com/file/d/1o-ILGjsHT6pafloyATGNOXctCcnymeGK/view?usp=sharing
Silahkan menjawab pertanyaan pertanyaan berikut ini.
1. Jelaskan konsep dan pentingnya studi kelayakan bisnis sebelum memulai usaha!
2. Jelaskan berbagai aspek yang harus dianalisis dalam studi kelayakan (pasar, teknis, manajemen, finansial, sosial- ekonomi-lingkungan)!.
3. Bagaimana menganalisis kelayakan suatu ide bisnis secara komprehensif untuk mengurangi risiko kegagalan?
4. Bagaimana mengembangkan keterampilan dalam menilai potensi usaha agar dapat mengambil keputusan bisnis yang tepat?
Sesi 5: Analisis Model Bisnis
Silahkan membuat SWOT analysis dan BMC
untuk bisnis PURNA POT
Sesi 6: Manajemen Pemasaran
Jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini:
1. Bagaimana cara menentukan strategi distribusi yang efektif agar offline dan online bisa saling melengkapi, bukan saling menggantikan?
2. Di era sekarang, technopreneur seringkali menggunakan data pribadi konsumen untuk strategi pemasaran. Menurut kalian nih dari dilema etika yang muncul dari praktik tersebut, bagaimana technopreneur dapat menyeimbangkan antara kebutuhan bisnis untuk memahami konsumennya dengan kewajiban menjaga privasi dan keamanan data pelanggan?
3. Sejauh mana influencer marketing lebih efektif dibandingkan iklan konvensional dalam membangun engagement?
4. Bagaimana cara menilai efektivitas promosi digital agar tidak hanya sekedar viral, tetapi juga benar-benar berdampak pada peningkatan penjualan?
5. Bagaimana cara mengatasi permasalahan pada daerah yang masyarakat nya memiliki daya beli yang rendah terhadap suatu produk?
6. Apa saja langkah yang bisa dilakukan untuk memastikan kampanye social media marketing benar-benar membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, bukan sekadar interaksi sesaat?
Sesi 7: Manajemen Operasional Bisnis
- ད་རིས་ཀྱི་བདུན་ཕྲག
Sesi 8: Midterm Exam
Sesi 9: Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Technopreneurship
1. Jelaskan peran utama manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam mengembangkan usaha berbasis teknologi (technopreneurship)!
2. Dalam konteks technopreneurship, bagaimana strategi rekrutmen dan pengembangan karyawan dapat disesuaikan dengan kebutuhan startup berbasis teknologi?
3. Uraikan tantangan yang dihadapi manajer SDM dalam mengelola tim yang terdiri dari generasi digital (millennial dan Gen Z) pada perusahaan technopreneur!- Silahkan ceritakan kembali menurut pemahama kalian tentang video diatas dan kaitkan dengan implementasi dari tugas bisnis yg Anda kelola skarang!
Sesi 10: Manajemen Keuangan
Sesi 11: Pengembangan Produk Dan Jasa
Sesi 12: Membangun Start Up Dan Etika Bisnis Technopreneurship Di Era Digital
Sesi 13: Peran Technopreneurship Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0
Sesi 14: Peran Technoprenurship Dalam Menghadapi Revolusi Industri 5.0
Sesi 15: Business Plan
Sesi 16: Final Exam