Ringkasan Mingguan
Umum
Salam Pembelajar,
Selamat datang di perkuliahan Desain dan Model PIPS.
Mata kuliah ini berbobot 3 sks, dengan dosen pengampu Dr. Pujiati, M.Pd., Dr. Sugeng Widodo, M.Pd., dan Dr. Nikki Tri Sakung, M.Pd.

Dr. Pujiati, M.Pd. Dr. Sugeng Widodo, M.Pd. Dr. Nikki Tri Sakung, M.Pd.
Mata kuliah ini mengkaji teori belajar dan pembelajaran yang mendasari desain dan model pembelajaran (behavioristik, kognitivistik, humanistik, sibernetik, dan konstruktivistik), mendeskripsikan pembelajaran sebagai sebuah sistem, perspektif pembelajaran sukses, mendeskripsikan konsep, prinsip, prosedur, dan langkah-langkah desain sistem pembelajaran, menganalisis dan membandingkan desain sistem pembelajaran ADDIE, Dick&Carey, ASSURE, J.KEMP, mengembangkan model pembelajaran IPS, menerapkan desain dan mengevaluasi rancangan model pembelajaran IPS dengan tepat dan bertanggungjawab.
Setelah menyesaikan mata kuliah ini mahasiswa mampu merancang dan berkreasi pada implementasi model pembelajaran IPS sesuai dengan kebutuhan di bidang tugasnya masing-masing.
Ø Mahasiswa mampu menjelaskan konsep teori belajar dan pembelajaran (behavioristik, kognitifistik, humanistik, sibernetik, dan konstruktivistik).
Ø Mahasiswa mampu mendeskripsikan pembelajaran sebagai sebuah sistem.
Ø Mahasiswa mampu mendeskripsikan perspektif pembelajaran sukses.
Ø Mahasiswa mampu mendekripsikan konsep, prinsip, prosedur, dan langkah desain sistem pembelajaran.
Ø Mahasiswa mampu membandingkan model desain sistem pembelajaran ADDIE, Dick&carey, ASSURE dan J.Kemp.
Ø Mahasiswa mampu menganalisis model-model desain sistem pembelajaran ADDIE.
Ø Mahasiswa mampu menganalisis model-model desain sistem pembelajaran Dick &Carey.
Ø Mahasiswa mampu menganalisis model-model desain sistem pembelajaran ASSURE.
Ø Mahasiswa mampu menganalisis model-model desain sistem pembelajaran J. KEMP.
Ø Mahasiswa mampu menganalisis ragam model dan pendekatan dalam pembelajaran IPS.
Ø Mahasiswa mampu mengembangkan desain sistem pembelajaran IPS sesuai kebutuhan pada bidang tugasnya masing-masing
Ø Mahasiswa mampu menerapkan setiap langkah desain sistem pembelajaran ADDIE, Dick & Carey, ASSURE, Jerol Kemp.
Ø Mahasiswa melakukan ujicoba perangkat pembelajaran, model dan menyusun laporan ujicoba.
Pengalaman belajar pada mata kuliah ini menggunakan pendekatan case methode dan team base project. Menerapkan pembelajaran andragogi yang mengapresiasi kegiatan pembelajaran secara interaktif. Pembelajaran diberikan dalam bentuk diskusi interaktif, dan penugasan terbimbing maupun penyelesaian kasus dan project baik secara mandiri maupun berkelompok. Tujuan penggunaan metode yang bervariasi dalam pembelajaran untuk mendorong munculnya curiosity, kontribusi, dan partisipasi mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran melalui ragam aktivitas belajar. Mahasiswa diminta berperan aktif untuk memahami topik yang dibahas. Karena itu mahasiswa diwajibkan untuk mengeksplorasi bahan bacaan yang relevan guna mendukung pemahamannya di perkuliahan ini.
Penilaian dilakukan oleh dosen dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:
A 81-100
A- 76-80
B+ 71-75
B 66-70
C+ 61-65
C 56-60
D 51-55
E < 51
Bobot penilaian akhir:
1. Project 30%
2. Activity Partisipatif 20%
3. Tugas 30%
4. UTS 10%
5. UAS 10%
Kriteria penilaian :
⚫ Ketepatan, sistematika, dan relevansi
⚫ Originalitas, Kebenaran isi, Konsistensi;
⚫ Ketepatan tata tulis sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia yang benar dan sesuai dengan standar APA dalam penyajian tabel, gambar, penulisan rujukan dan penulisan sitasi;
ü Orin w, Anderson and Krathwohl, david R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching and Assesing. A Revision of Bloom’s taxonomy of Educational Objectives. Abridged Edition. Longman, Inc. new York. San fransisco. Boston.
ü Banks, James A. 1990. Teaching Strategies for the Social Studies. Inquiry, Valuing, and Decision Making. Fourth Edition. New York: Longman.
ü Benny A Pribadi. 2009. Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : UNJ.
ü Beyer, Barry K. 1971. Inquiry in the Social Studies Classroom. Charles E. Merril Publishing Company. A Bell & Howell Company. Columbus, Ohio.
ü Brameld, Theodore. 1955. Philosophies of Education in Cultural Perspective. Boston University.
ü Bruce Joice & Marsha Weil. 2009. Models of Teaching. USA: Pearson Education.
ü Dewi S Prawiradilaga. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: UNJ.
ü Dick, Walter and Lou Carey. 2006. The Systematic Design of Instruction. Six Edition. Harper Collin College Publishers. United States of America.
ü Hasan, S. Hamid. 1995. Pendidikan Ilmu Sosial. Jakarta: Depdikbud, Ditjen Dikti Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
ü Hergenhahn, B. R., Matthew H. Olson. 2010. Theories of Learning (Teori Belajar). Edisi Ketujuh. Penerbit Kencana. Jakarta.
ü Jacobsen, David A., Paul Eggen, Donald Kauchak. 2009. Methods for Teaching (Metode-Metode Pengajaran). Menigkatkan Belajar Siswa TK—SMA. Penerbit Pustaka Pelajar. Jakarta.
ü Joyce, Bruce; Marsha Weil, Emily Calhoun. 2011. Model of Teaching: Model-Model Pengajaran. Edisi Kedelapan. Penerbit Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
ü Kemp, Jerrold E. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Edisi Bahasa Indonesia. Penerjemah Asril Marjohan. Penyunting Ratra Sayekti. Penerbit ITB. Bandung.
ü National Council for the Social Studies. 1994. Curriculum Standars for Social Studies. Printed in United State of America.
ü National Council for the Social Studies. 1996. Handbook on Teaching Social Issues. Printed in United State of America.
ü National Council for the Social Studies. 2000. National Standards for Social Studies Teachers. Printed in United State of America.
ü M Atwi Suparman. 2005. Desain Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI
ü Reigeluth M. Charles M. 1983. Instructional Design Theories and Models. A New Paradigm of Instructional Theory. Volume II. Lawrence Erlbaum Associates, Inc. United States of America. Richard I Arends, Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini.
ü Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Penerbit Rajawali Pers. Jakarta.
ü Sapriya. 2009. IPS. Konsep dan Pembelajaran. Bandung. Rosda.
ü Somantri, Muhammad Numan. 2001. Menggagas Pembaharuan IPS. Bandung. Rosda.
ü Suciati. 2005. Teori Belajar dan Motivasi. PAU Dirjendikti Depdiknas. Jakarta.
ü Vigotsky and Education. 1990. Instructional Implications and Applications of Sociohistirical Psychology. Cambridge: New York. Winferd F. Hill. 2009. Theories of Learning (Teori-Teori Pembelajaran) Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi. Nusa Media. Bandung.
ü Sumber lain yang relevan.
Mari kita simak video berikut ini.
Link youtube:
Terlampir kontrak kuliah Desain dan Model Peembelajaran IPS.
Terlampir RPS Desain dan Model Pembelajaran IPS.
Silakan join atas arahan Dosen.
30 August - 5 September
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ini kita membahas secara umum kontrak perkuliahan sekaligus overview materi tentang Konsep teori belajar dan pembelajaran yang mendasari desain sistem pembelajaran (behavioristik, kognitifistik, humanistik, sibernetik, dan konstruktivistik). Selain itu kita juga akan berkenalan satu sama lain, dan pembagian kelompok.
- Mari kita simak video berikut ini.
Link Youtube: Coba kemukakan disini pandangan-pandangan Anda tentang teori-teori belajar yang mendasari desain dan model pembelajaran!


6 September - 12 September
Salam pembelajar,
Pada pertemuan kedua ini kita akan mengkaji tentang pembelajaran sebagai sebuah sistem.
Terkait dengan hal tersebut, mari kita simak terlebih dahulu video pembelajaran berikut ini.
Link Youtube:
Tuliskan disini, apa yang bisa Anda simpulkan tentang pembelajaran sebagai sebuah sistem! Maksimal 250 kata.
Silakan dibaca artikel berikut ini.
Link e journal: (17) (PDF) Hakikat Belajar Dan Pembelajaran (researchgate.net)
13 September - 19 September
Salam Pembelajar,
Pada pekan ketiga ini kita akan mempelajari tentang Perspektif pembelajaran sukses.
Silakan dipelajari slide berikut ini.
Mari kita simak video berikut ini.
Link Youtube:
Berikan pandangan-pandangan Anda tentang perspektif pembelajaran sukses!
Pak Arif adalah seorang guru IPS di SMP yang mengajar di kelas VIII. Ia selalu menyampaikan materi berdasarkan urutan di buku paket dan lebih banyak menggunakan metode ceramah. Penilaian yang ia gunakan masih berfokus pada ulangan harian pilihan ganda dan isian singkat.
Pak Arif menganggap pembelajarannya sudah sukses karena:
- Materi selesai tepat waktu,
- Siswa mendapat nilai ulangan di atas KKM, dan
- Kelas berjalan tertib.
Namun, dalam sebuah kegiatan supervisi akademik, kepala sekolah mengamati bahwa:
- Siswa terlihat pasif,
- Tidak ada aktivitas eksplorasi atau diskusi,
- Materi IPS hanya dianggap sebagai hafalan fakta, tanpa dikaitkan dengan konteks sosial masyarakat.
Kepala sekolah menyarankan agar Pak Arif mendesain ulang pembelajaran IPS agar lebih kontekstual, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan melibatkan siswa dalam memahami dinamika sosial yang terjadi di masyarakat.
PERTANYAAN:
- Analisislah kesenjangan antara praktik pembelajaran Pak Arif dan prinsip pembelajaran sukses dalam konteks pendidikan IPS.
- Mengapa perencanaan pembelajaran kontekstual dan berorientasi pada keterampilan berpikir kritis penting dalam pembelajaran IPS? Jelaskan kaitannya dengan tujuan pendidikan IPS.
- Rancanglah sebuah skenario singkat pembelajaran IPS yang menunjukkan penerapan perancangan pembelajaran efektif dan kontekstual untuk topik: "Permasalahan Sosial di Lingkungan Sekitar". Sertakan tujuan pembelajaran, strategi, dan bentuk penilaiannya.
20 September - 26 September
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan keempat ini kita akan mengkaji tentang konsep, prinsip, prosedur, dan langkah desain sistem pembelajaran.
Terlampir juga link e book yang bisa Anda baca:
e book: BP0009-21.pdf (ut.ac.id)
Mari kita simak video berikut ini.
Link Youtube:
Tulislah simpulan Anda tentang video tersebut. maksimal 250 kata.
SMP Negeri 3 di sebuah daerah pinggiran kota sedang mengalami penurunan minat belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa:
- Siswa menganggap pembelajaran IPS membosankan dan tidak relevan dengan kehidupan mereka.
- Metode pengajaran guru masih bersifat ceramah, tanpa integrasi teknologi atau pendekatan kontekstual.
- Guru kesulitan merancang pembelajaran yang melibatkan keterampilan berpikir kritis, reflektif, dan partisipatif.
- Media dan sumber belajar IPS terbatas pada buku teks cetak, tanpa adanya variasi atau penyesuaian terhadap kondisi lokal.
- Penilaian hanya berbasis tes hafalan, belum mengukur keterampilan analisis sosial, pemecahan masalah, atau nilai-nilai kewargaan.
Pihak sekolah ingin mengembangkan desain sistem pembelajaran IPS yang lebih relevan, kontekstual, dan mendorong partisipasi aktif siswa. Untuk itu, pihak sekolah melibatkan mahasiswa program magister pendidikan IPS sebagai konsultan pengembangan sistem pembelajaran.
Pertanyaan:
- Analisislah permasalahan dalam kasus di atas dengan menggunakan konsep dan prinsip dasar desain sistem pembelajaran! Apa saja akar masalahnya dari perspektif desain pembelajaran IPS?
- Jelaskan prosedur dan langkah-langkah sistematis dalam merancang sistem pembelajaran IPS yang kontekstual dan partisipatif, menggunakan salah satu model desain pembelajaran yang relevan!
- Berikan rekomendasi inovatif untuk media, pendekatan, dan teknik evaluasi yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS agar sesuai dengan karakteristik siswa dan tujuan pendidikan IPS!
- Kembangkan kerangka desain sistem pembelajaran IPS untuk satu tema tertentu (misalnya: keberagaman sosial, perubahan sosial, lingkungan hidup, atau lainnya), dengan memuat:
- Tujuan pembelajaran
- Pendekatan dan strategi pembelajaran
- Media dan sumber belajar
- Penilaian autentik
- Prinsip interaksi guru-siswa-sumber
27 September - 3 October
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan kelima ini kita akan mempelajari tentang model desain sistem pembelajaran ADDIE.
Untuk memperjelas mari kita simak video berikut ini.
Link Youtube:
- Tulislah simpulan Anda disini tentang Model Desain Pembelajaran ADDIE. Minimal 250 kata.
Salam Pembelajar,
Berikut beberapa hal yang perlu Anda selesaikan terkait dengan Desain Sistem Pembelajaran, batas unggah jawaban pekan depan. Selamat mengerjakan.


Pertemuan 6, 4 Okt 25 P Sugeng
Salam Pembelajar,
Pada pekan keenam ini kita akan mengkaji tentang Model Desain Sistem Pembelajaran Dick & Carey.
Mari kita simak dahulu video berikut ini, semoga dapat membuka wawasan Anda tentang model desain pembelajaran tersebut.
Link Youtube:
- Deskripsikan disini kekuatan dan keterbatasan model desain pembelajaran Dick&Carey.
SMA Negeri Z berlokasi di wilayah yang mengalami konflik horizontal akibat perbedaan etnis dan budaya. Sekolah tersebut ingin menguatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai toleransi, keberagaman, dan integrasi sosial melalui pembelajaran IPS. Namun, hasil observasi menunjukkan beberapa permasalahan:
- Materi pembelajaran masih bersifat kognitif dan normatif, tidak menyentuh pengalaman langsung siswa.
- Pendekatan pembelajaran minim melibatkan siswa dalam kegiatan pemecahan masalah sosial nyata.
- Guru belum memiliki pemahaman yang sistematis tentang bagaimana merancang pembelajaran yang kontekstual dan mendorong partisipasi aktif siswa.
- Penilaian siswa tidak mencerminkan kompetensi sikap dan keterampilan sosial yang seharusnya dikembangkan dalam IPS.
- Sekolah ingin membuat modul pembelajaran IPS berbasis proyek (project-based learning) yang terintegrasi dalam sistem pembelajaran yang sistematis, menggunakan model Dick & Carey.
Pertanyaan:
- Analisislah kasus di atas dengan menggunakan prinsip dan elemen utama dalam model Dick & Carey! Identifikasi akar masalah dari perspektif sistem pembelajaran dan keterkaitannya dengan desain instruksional.
- Jelaskan secara sistematis langkah-langkah dalam Model Dick & Carey yang dapat diterapkan untuk merancang modul pembelajaran IPS bertema “Toleransi dalam Keberagaman Sosial”! Jelaskan juga bagaimana tiap langkah dapat mengatasi permasalahan di sekolah tersebut.
- Berikan analisis kritis mengenai kekuatan dan keterbatasan penerapan model Dick & Carey dalam konteks pembelajaran IPS di sekolah yang multikultural. Sejauh mana model ini dapat mendorong pembelajaran holistik?
- Susunlah prototipe sederhana dari desain pembelajaran (dalam bentuk ringkasan) berdasarkan Model Dick & Carey untuk topik "Toleransi dalam Keberagaman" yang mencakup:
- Tujuan Pembelajaran
- Analisis Instruksional
- Strategi Pembelajaran
- Media dan Sumber Belajar
- Bentuk Evaluasi Otentik
Praktik Model Jigsaw
Pertemuan 7, 11 Okt 25 P Sugeng
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke tujuh ini kita akan membahas tentang Model desain sistem pembelajaran ASSURE.
Mari kita simak video pembelajaran berikut ini.
Link Youtube:
- Berikan simpulan Anda tentang model desain pembelajaran ASSURE. Bandingkan dengan 2 model sebelumnya yang sudah kita pelajari yaitu ADDIE dan Dick&Carey!
Sebuah SMA unggulan di kota besar memiliki akses lengkap terhadap fasilitas teknologi seperti LMS, proyektor interaktif, perangkat mobile siswa, dan koneksi internet. Namun, hasil evaluasi menunjukkan bahwa pembelajaran IPS belum berdampak signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis, empati sosial, dan kepekaan terhadap isu-isu global.
Beberapa temuan dari observasi dan wawancara:
- Guru masih menggunakan metode ceramah meskipun tersedia teknologi digital.
- Siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses belajar, meskipun sebagian besar memiliki potensi tinggi dalam berpikir analitis.
- Topik-topik seperti konflik global, perubahan sosial, dan isu lingkungan hanya diajarkan dari buku teks.
- Penilaian masih berfokus pada hafalan fakta dan definisi, belum menyentuh kompetensi abad 21.
- Sekolah ingin menerapkan pendekatan berbasis teknologi yang aktif dan kolaboratif, dengan menerapkan model pembelajaran yang mendorong keterlibatan aktif siswa dalam menyelesaikan masalah sosial nyata melalui model ASSURE.
Pertanyaan:
- Analisislah akar permasalahan dalam kasus tersebut dari perspektif prinsip desain pembelajaran berbasis teknologi! Mengapa keberadaan fasilitas teknologi tidak otomatis meningkatkan kualitas pembelajaran?
- Jelaskan secara rinci bagaimana model ASSURE dapat digunakan untuk merancang ulang pembelajaran IPS pada tema “Konflik Global dan Upaya Perdamaian”! Uraikan masing-masing tahap ASSURE dan bagaimana penerapannya dapat mengatasi masalah yang ada.
- Lakukan refleksi kritis-holistik terhadap kelebihan dan keterbatasan model ASSURE dalam pembelajaran IPS kontekstual. Bagaimana model ini dapat mendukung pendidikan IPS yang memadukan aspek kognitif, afektif, dan sosial?
- Rancanglah desain pembelajaran singkat berbasis ASSURE untuk topik tersebut, dengan mencakup:
- Analisis Karakteristik Peserta Didik
- Tujuan Pembelajaran
- Metode dan Media
- Keterlibatan Siswa
- Penilaian dan Umpan Balik
Praktik TGT
Pertemuan 8, 18 Okt 25 P Sugeng
Salam pembelajar,
Terlampir soal Ujian Tengah Semester (Takehome Exam). Silakan dikerjakan dan diunggah jawaban Anda sesuai petunjuk. Selamat mengerjakan, yakinlah dengan kemampuan Anda sendiri. Semoga sukses.
1. Saat ini sedang viral Kepsek menampar seorang siswa yang merokok, sehingga dipolisikan.
2. Deskripsikan desain dan model pembelajaran yang sesuai bagi siswa siswa yang melanggar peraturan sehingga siswa tersebut bisa sadar dan berubah ke arah yang lebih baik
3. dikumpul via v class paling lambat 18 Okt 25 pukul 12.00 wib
4. saya masih d Jember, terimakasih
Pertemuan 9-10, 25 Okt dan 1 Nop 25
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke sembilan ini kita akan menganalisis model desain sistem pembelajaran J. KEMP.
Apakah ada diantara Anda yang sudah mengetahuinya?
Baiklah, mari kita simak video berikut ini untuk memperluas wawasan kita.
Link youtube:
- 1. Deskripsikan desain pembelajaran J. KEMP., (kekurangan dan kelebihanya)
2. Model pembelajaran apa yang sesuai bila desain pembelajaran menggunakan J. Kemp? jelaskan alasanya.
3. dikumpul maksimal jam 12.00 wib 1. deskripsikan 1 masalah ditempat anda mengajar/sekolah (kalau belum mengajar masalah bisa dari media masa/cetak), lalu berikan solusinya dengan desain dam model pembelajaran IPS yang sesuai,
2. dikumpul paling lambat jam 13. 00 wib
Pertemuan 11, 8 Nop 25
Salam Pembelajar,
Pada pekan kesebelas ini kita akan mengkaji tentang ragam model dan pendekatan dalam pembelajaran IPS.
Apakah Anda sudah mengetahui tentang topik kita hari ini?
Baiklah, mari kita simak 2 video pembelajaran berikut ini:
Link Youtube:
1)
2)
- Silakan dibaca e journal berikut ini.
Link e journal:
1) (19) (PDF) Transformasi Model Pembelajaran IPS dalam Mengikuti Dinamika Kurikulum (researchgate.net)
2} (19) (PDF) Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran IPS (researchgate.net) Berdasarkan video yang Anda saksikan, dan juga referensi terkait, cobalah deskripsikan perbedaan antara Pendekatan, Strategi, Model, Metode, dan Teknik?
Pak Doni adalah guru IPS di kelas IX SMP. Ia merasa bahwa setiap kali mengajar topik "Globalisasi dan Pengaruhnya dalam Kehidupan", siswa terlihat tidak antusias. Beberapa bahkan tidur saat pelajaran. Ia biasanya menggunakan ceramah dan membaca buku teks, kemudian memberikan soal latihan dari LKS.
Dalam forum MGMP, Pak Doni menyampaikan bahwa ia ingin mencoba sesuatu yang berbeda, agar siswa lebih terlibat dan pembelajaran menjadi menyenangkan serta bermakna. Ia mendengar banyak tentang model dan pendekatan pembelajaran seperti Project-Based Learning, Discovery Learning, dan Cooperative Learning, tapi ia bingung bagaimana memilih dan merancangnya agar sesuai dengan karakteristik IPS dan siswa di kelasnya.
PERTANYAAN:
- Berikan 2 (dua) ide kreatif mengenai model dan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan Pak Doni untuk membuat pembelajaran IPS lebih aktif dan bermakna dalam topik “Globalisasi dan Pengaruhnya”. Jelaskan alasannya.
- Rancanglah satu ide pembelajaran inovatif dengan memadukan model, pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran IPS yang sesuai dengan konteks kasus di atas. Ide harus mencerminkan kreativitas dalam perancangan pembelajaran.
- Deskripsikan bagaimana teknik evaluasi atau penilaian yang digunakan dalam rancangan Anda dapat mendorong keterlibatan dan kreativitas siswa.
1. deskripsikan 1 contoh desain pembelajaran abad 21 yang relevan
2 kumpul vis v clas paling lambat pukul 12.30 wib
Pertemuan 12-13
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ke 12-14 Anda akan menyelesaikan tugas project mengembangkan, menerapkan dan mengujicobakan rancangan pembelajaran IPS di sekolah. Boleh Anda pilih jenjang pendidikan sesuai dengan bidang tugas Anda. Akan sangat baik jika diintegrasikan rancangan pembelajaran IPS Anda ditujukan untuk mengakomodir kebutuhan skill Abad 21, seperti optimasi critical thinking, creative thinking, computasional thinking, collaborative skill, communication skills. Penyerahan tugas project pada pertemuan ke-15.
Terlampir sistematika tugas akhir, mohon untuk dijadikan rambu-rambu. Terimakasih.
Jelaskan pendekatan saintifik dengan pendekatan berdiferensiasi jika kita menggunakan model ASSURE?, berikan contoh realnya.
- Pekan ini
Pertemuan 14
Salam Pembelajar,
Pada pertemuan ini silakan direport perkembangan project yang dilakukan sertakan dengan bukti/foto.
Pertemuan 15
Silakan diupload tugas project yang sudah diselesaikan oleh Anda.
Salam Pembelajar,
Berikut beberapa hal yang perlu Anda selesaikan terkait dengan Desain Sistem Pembelajaran, batas unggah jawaban pekan depan. Selamat mengerjakan.
Pertemuan 16