Weekly outline
General

Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah : Manajemen Pendidikan
Kode Mata Kuliah : KIP619201
SKS : 2 (2-0)
Pengampu Mata Kuliah : Dr. Riswanti Rini., M.Pd & Rohman., M.PdDeskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Manajemen Pendidikan wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa strata satu (S1) di FKIP Universitas Lampung sebagai calon guru yang profesional. Mahasiswa difasilitasi untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill - HOTs) melalui pengkajian secara komprehensif. Proses pembelajaran (perkuliahan) tidak bertumpu pada pengembangan aspek pengetahuan saja tetapi juga mengembangkan aspek sikap dan keterampilan yang positif terhadap profesi guru yang akan digeluti mahasiswa di masa yang akan datang. Pengkajian materi mata kuliah ini akan memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengertian dan ruang lingkup manajemen pendidikan, kepemimpinan pendidikan, konsep dan implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS), bidang garapan manajemen sekolah, supervisi dan pengawasan dalam pendidikan, mutu pendidikan, dan efektivitas sekolah. Berdasarkan hasil pengkajian tersebut mahasiswa dituntut untuk bertanggung jawab dan jujur dalam tataran konsep dan implementasi yang dibuktikan dengan melaporkan sejumlah tugas.
Bentuk Kegiatan Perkuliahan- Kuliah ini lebih menitikberatkan pada keaktifan mahasiswa dalam menganalisis, menggali dan mengembangkan serta mempresentasikan pokok-pokok bahasan dengan menggunakan berbagai sumber informasi.
- Pelaksanaan kuis dilakukan sebanyak 2 kali. Kuis 1 pada pertemuan ke-5 dan Kuis 2 pada pertemuan ke-12.
- Tugas kelompok membuat makalah yang akan dipresentasikan sesuai dengan topik perkuliahan yang telah ditentukan dan jadwal perkuliahan.
- Strategi perkuliahan akan banyak menggunakan model pembelajaran Case Study dalam rangka untuk mendalami materi kuliah. Kelompok yang mempresentasikan materi kuliah akan menjadi tutor sebaya untuk memahami materi perkuliahan
Etika Perkuliahan (harus disepakati antara dosen dan mahasiswa)- Etika perkuliahan (disiplin, jujur, dan santun)
- Etika komunikasi lisan dan tulisan (mengindahkan aturan)
- Etika mengerjakan tugas dan mempertanggungjawabkannya (secara individu maupun kelompok)
- Semangat melaksanakan kewajiban
- Konsisten dalam perbuatan
- Menghindari bentuk – bentuk penyimpangan pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan
Pertemuan 1 (Orientasi Perkuliahan)

Selamat datang kami ucapkan kepada mahasiswa Prodi PPKn semester 3. Pada pertemuan pertama mata kuliah MANAJEMEN PENDIDIKAN ini, semoga kita semua diberi kesehatan dan dalam keadaan baik, sehingga dapat mengikuti proses perkuliahan dengan maksimal. Sebelum pemberian materi, minggu ini kita akan masuk pada orientasi perkuliahan dan pembahasan kontrak kuliah manajemen Pendidikan.
Pert
Topik Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Literatur
1
Pendahuluan
Kontrak kuliah dan penjelasan umum tentang perkuliahan
---
Anda dapat mengunduh materi 1 sebagai bahan bacaan selama proses perkuliahan di minggu ini. Materi yang diberikan ini hanya sebagai gambaran umum dan berupa point-point yang menjadi bahan kajian perkuliahan pada minggu ini. Anda dapat mencari sumber referensi bacaan lainnya untuk dipelajari dan dikaji secara seksama dalam pembelajaran secara asinkronus dimanapun Anda berada
Terima kasih atas perhatian dan kehadiran Anda semua dalam pertemuan pertama kita yang membahas orientasi perkuliahan. Pada kesempatan ini, kita telah mengenalkan tujuan, struktur, dan harapan dari perkuliahan yang akan kita jalani bersama selama semester ini. Saya berharap orientasi ini memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang akan kita pelajari, bagaimana proses perkuliahan akan berlangsung, serta apa yang diharapkan dari Anda sebagai mahasiswa. Dengan pemahaman ini, saya yakin kita dapat memulai perjalanan akademik ini dengan persiapan yang baik dan motivasi yang tinggi. Mari kita bersama-sama berkomitmen untuk aktif dan produktif dalam setiap sesi perkuliahan ke depannya. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya, tetap semangat, dan selamat pagi.
Pertemuan 2 (Konsep Manajemen Pendidikan )

Selamat pagi mahasiswa sekalian. Pada pertemuan kedua kita hari ini, kita akan melanjutkan pembahasan yang sangat penting dalam dunia pendidikan, yaitu mengenai "Konsep Manajemen Pendidikan." Manajemen pendidikan adalah fondasi dari keberhasilan sebuah lembaga pendidikan, yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pendidikan. Dalam diskusi hari ini, kita akan mendalami konsep-konsep dasar yang akan menjadi landasan bagi pemahaman kita tentang bagaimana manajemen yang efektif dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Harapannya kita semua dapat mengikuti dengan baik dan aktif berpartisipasi dalam diskusi ini. Mari kita mulai!
Pert
Topik Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Literatur
2
Konsep Manajemen Pendidikan
- Pengertian, fungsi dan ruang lingkup manajemen pendidikan
- Perencanaan pendidikan
- Pengorganisasian pendidikan
- Penggerakan pendidikan
- Pengawasan dan evaluasi pendidikan.
Imron, Ali. 2013.
Kurniadin, Didin dan Imam Machali, 2012.
Anda dapat mengunduh file materi ini sebagai bahan bacaan selama proses perkuliahan di minggu ini. Materi yang diberikan ini hanya sebagai gambaran umum dan berupa point-point yang menjadi bahan kajian perkuliahan pada minggu ini. Anda dapat mencari sumber referensi bacaan lainnya untuk dipelajari dan dikaji secara seksama dalam pembelajaran secara asinkronus dimanapun Anda berada.
Berikut ini adalah materi lainnya yang dapat Anda unduh.
Dalam mengerjakan analisis soal pada materi "Konsep Dasar Manajemen Pendidikan," diharapkan Anda dapat menggali pemahaman mendalam dan kritis terhadap setiap pertanyaan yang diberikan. Ketika menjawab, pastikan Anda tidak hanya memberikan definisi, tetapi juga menunjukkan kemampuan dalam menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari ke dalam situasi nyata. Gunakan pendekatan analitis dengan membandingkan teori, menghubungkan konsep dengan contoh praktis, dan mempertimbangkan berbagai perspektif. Jawaban Anda harus disertai dengan argumen yang kuat, didukung oleh referensi yang relevan, serta menunjukkan pemahaman komprehensif terhadap materi yang dibahas. Pastikan Anda menuliskan jawaban dengan jelas, terstruktur, dan sistematis sehingga mudah dipahami. Selamat mengerjakan, dan semoga hasil yang dicapai dapat memperkaya pengetahuan serta pemahaman Anda dalam bidang manajemen pendidikan.
Terima kasih atas perhatian dan partisipasi aktif Anda dalam perkuliahan hari ini. Dengan berakhirnya diskusi kita mengenai "Konsep Manajemen Pendidikan," saya harap Anda semua mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya manajemen dalam dunia pendidikan dan bagaimana konsep-konsep yang kita bahas dapat diterapkan dalam konteks nyata. Ingatlah bahwa manajemen yang efektif adalah kunci untuk mencapai tujuan pendidikan yang berkualitas. Saya mendorong Anda untuk terus mempelajari dan mendalami topik ini, serta mengaitkannya dengan pengalaman dan pengamatan Anda di lapangan. Sampai jumpa di pertemuan berikutnya, tetap semangat dalam belajar, dan jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan jika ada hal yang kurang jelas. Terima kasih, dan selamat siang.
Pertemuan 3 (Kepemimpinan Dalam Pendidikan)

Selamat pagi mahasiswa sekalian. Senang sekali kita bisa kembali bertemu pada pertemuan ketiga ini. Hari ini, kita akan membahas topik yang sangat penting dan menarik, yaitu "Kepemimpinan dalam Pendidikan." Kepemimpinan merupakan elemen kunci yang mempengaruhi keberhasilan sebuah institusi pendidikan dalam mencapai tujuannya. Dalam perkuliahan kali ini, kita akan mengeksplorasi berbagai teori dan gaya kepemimpinan, serta bagaimana penerapannya dapat memengaruhi lingkungan belajar dan perkembangan siswa. Saya berharap kita semua dapat terlibat aktif dalam diskusi ini dan mendapatkan wawasan baru yang bermanfaat. Mari kita mulai perkuliahan hari ini dengan semangat yang sama seperti sebelumnya!
Pert
Topik Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Literatur
3
Kepemimpinan dalam pendidikan
- Konsep kepemimpinan pendidikan
- Model-model Kepemimpinan kepala sekolah
Sagala,Syaiful. 2009.
Modul Implementasi K-13 untuk Kepala Sekolah
Berikut ini adalah materi yang dapat Anda unduh.
Mahasiswa yang terhormat, dalam mengerjakan analisis soal pada materi "Kepemimpinan dalam Pendidikan," diharapkan Anda mampu mengaitkan teori dengan praktik nyata dalam konteks pendidikan. Ketika menjawab, pastikan Anda tidak hanya sekadar menjelaskan konsep, tetapi juga menganalisis implikasi dari kepemimpinan tersebut terhadap lingkungan sekolah, kinerja guru, dan hasil belajar siswa. Gunakan contoh-contoh konkret dan relevan untuk mendukung argumen Anda, serta tunjukkan kemampuan Anda dalam mengkritisi dan mengevaluasi berbagai pendekatan kepemimpinan. Jawaban Anda harus terstruktur dengan baik, logis, dan menunjukkan pemahaman mendalam tentang bagaimana kepemimpinan dapat mempengaruhi dinamika dalam dunia pendidikan. Selamat mengerjakan, dan semoga analisis yang Anda lakukan dapat memperkaya wawasan serta keterampilan Anda dalam memahami dan menerapkan konsep kepemimpinan di masa depan.
Sebagai penutup perkuliahan hari ini mengenai Kepemimpinan dalam Pendidikan, kita telah melihat bahwa peran seorang pemimpin pendidikan bukan hanya terbatas pada kemampuan manajerial, tetapi juga melibatkan aspek-aspek inspiratif dan transformasional yang mempengaruhi seluruh ekosistem sekolah. Dengan memahami prinsip-prinsip kepemimpinan yang efektif, kita dapat berkontribusi lebih baik dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, inklusif, dan mampu menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki karakter yang kuat. Semoga pengetahuan yang telah kita bahas bersama dapat menjadi bekal dalam perjalanan karir dan kontribusi kita sebagai pendidik di masa depan. Terima kasih atas partisipasi aktif Anda semua, dan semoga kita terus bersemangat dalam menanamkan nilai-nilai kepemimpinan yang positif dalam dunia pendidikan.
Pertemuan 4 (Kepemimpinan Dalam Pendidikan)

Selamat pagi, dan selamat datang kembali dalam pertemuan keempat kita mengenai Kepemimpinan dalam Pendidikan. Saya senang melihat antusiasme dan partisipasi aktif dari kalian semua dalam perkuliahan sebelumnya. Pada sesi kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai peran strategis kepemimpinan dalam menciptakan budaya sekolah yang positif dan inovatif. Kita akan mendalami bagaimana seorang pemimpin dapat mempengaruhi iklim sekolah, mendorong kolaborasi yang efektif, dan menginspirasi seluruh komunitas pendidikan untuk mencapai tujuan bersama. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk terus belajar dan berdiskusi, demi memperkaya pemahaman kita tentang bagaimana menjadi pemimpin yang transformatif di dunia pendidikan.
Pert
Topik Bahasan
Sub Pokok Bahasan
Literatur
4
Kepemimpinan dalam pendidikan
- Peran kepala sekolah melakukan manajemen perubahan
- Peran kepala sekolah membentuk budaya sekolah
- Peran kepala sekolah sebagai kepemimpinan pembelajaran
Sagala,Syaiful. 2009.
Modul Implementasi K-13 untuk Kepala Sekolah
Anda dapat mengunduh file materi ini sebagai bahan bacaan selama proses perkuliahan di minggu ini. Materi yang diberikan ini hanya sebagai gambaran umum dan berupa point-point yang menjadi bahan kajian perkuliahan pada minggu ini. Anda dapat mencari sumber referensi bacaan lainnya untuk dipelajari dan dikaji secara seksama dalam pembelajaran secara asinkronus dimanapun Anda berada.
Silahkan dibaca dan dipahami dengan baik jurnal berikut. Jika sudah membaca dan memahami jurnal silahkan berikan analisisnya di kolom komentar. Dilarang melakukan tindakan plagiarisme dalam bentuk apapun.
Silahkan lampirkan jawaban dan hasil analisis anda mengenai Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah yang dijelaskan dalam jurnal tersebut. Jangan lupa sertakan identitas diri anda seperti nama dan juga NPM. Hindari plagiatrisme antar jawaban.
5. KONSEP MBS DAN BIDANG GARAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-5 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep dasar MBS2. Ketepatan menganalisis bidang garapan manajemen pendidikan di Sekolah yang meliputi kurikulum, pembelajaran, peserta didik, dan guru.BAHAN AJAR
- bahan bacaan tambahan.
DISCUSSION
Tuliskan apa yang kamu pelajari hari ini dan berikan komentar tentang penampilan dari kelompok yang telah presentasi!

Demikian perkuliahan pada minggu ke-5, semoga dapat diikuti dengan baik. Sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

6. KONSEP MBS DAN BIDANG GARAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH [LANJUTAN]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-6 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep dasar MBS2. Ketepatan menganalisis bidang garapan manajemen pendidikan di Sekolah yang meliputi kurikulum, pembelajaran, peserta didik, dan guruBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-6, semoga dapat diikuti dengan baik. Sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

7. KONSEP MBS DAN BIDANG GARAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN DI SEKOLAH [LANJUTAN]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-7 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep dasar MBS2. Ketepatan menganalisis bidang garapan manajemen pendidikan di Sekolah yang meliputi kurikulum, pembelajaran, peserta didik, dan guruBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-7, semoga dapat diikuti dengan baik. Sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

8. UTS
Note: Silahkan mengisi DAFTAR HADIR terlebih dahulu sebelum perkuliahan dimulai.

9. IMPLEMENTASI MBS
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-9 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:Ketepatan menganalisis implementasi MBS dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan.TUGAS
Anda dapat mengumpulkan hasil tugas berupa PPT dan Makalah disini.
Deadline Sabtu, 30 November 2024 pkl 23.59 WIB.Demikian perkuliahan pada minggu ke-9, semoga dapat diikuti dengan baik.. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

10. IMPLEMENTASI MBS [LANJUTAN]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-10 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:Ketepatan menganalisis implementasi MBS dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan.TUGASSilakan Tulis pada kolom komentar perkembangan pembuatan tugas anda, meliputi:
- Unsur manajemen pendidikan yang dipilih- Nama Sekolah
- Proses pengambilan data
11. SUPERVISI DAN PENGAWASAN DALAM PENDIDIKAN
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-11 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan dalam memberikan argumentasi terkait konsep supervisi Pendidikan2. Ketepatan dalam memberikan argumentasi terkait konsep pengawasan dalam PendidikanBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-11, semoga dapat diikuti dengan baik.. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

12. MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-12 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep mutu Pendidikan2. Ketepatan menganalisis implikasi mutu dalam pendidikanBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-12, semoga dapat diikuti dengan baik.. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

13. MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN [LANJUTAN]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-13 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep mutu Pendidikan2. Ketepatan menganalisis implikasi mutu dalam pendidikanBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-13, semoga dapat diikuti dengan baik.. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

14. EFEKTIVITAS SEKOLAH
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-14 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep sekolah efektif2. Ketepatan menganalisis upaya menciptakan sekolah efektifBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-14, semoga dapat diikuti dengan baik.. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

15. EFEKTIVITAS SEKOLAH [LANJUTAN]
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat datang di pertemuan ke-15 Mata Kuliah Manajemen Pendidikan. perkuliahan ini dilaksanakan secara Assynchronous melalui platform e-learning Vclass Unila. Pahami setiap tahapan yang tertera dan ikuti setiap arahan yang diberikan agar dapat mengikuti kegiatan perkuliahan secara maksimal. Selamat mengikuti perkuliahan dan jangan lupa untuk mengisi presensi pada DAFTAR HADIR.semangat ^^Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, guna memahami konsep dasar manajemen pendidikan. silahkan membaca Materi yang telah diberikan. Selain kedua materi tersebut, anda juga dapat melihat REFERENSI pada MATERI DAN SUMBER BELAJAR serta melalui telaah pustaka secara mandiri.
PENGANTAR
Adapun tujuan pada topik pertama mata kuliah ini, adalah sebagai berikut:1. Ketepatan menganalisis konsep sekolah efektif2. Ketepatan menganalisis upaya menciptakan sekolah efektifBAHAN AJARDemikian perkuliahan pada minggu ke-15, semoga dapat diikuti dengan baik.. sampai jumpa pada pertemuan berikutnya semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan YME.

16. UAS
Note: Silahkan mengisi DAFTAR HADIR terlebih dahulu sebelum perkuliahan dimulai.

Silakan unggah tugas UAS berupa link video ( yg dapat diskses) Pada kolom ini . Batas waktu mengunggah Senin , 16 Desember 2024 Pkl 23.59 WIB