Weekly outline
General

MATA KULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA
Assalamualaikum mahasiswa. Selamat datang di Mata Kuliah Zoologi Vertebrata. Semoga mata kuliah ini dapat memotivasi mahasiswa untuk belajar mengenai hewan bertulang belakang (Vertebrata).
Nama Mata Kuliah : Zoologi Vertebrata
Kode Mata Kuliah : KBO 619207
Kelas/Semester : A/4
Jadwal Kuliah : Kamis, 07.30-09.10
Jadwal Praktikum : Senin, 15.00-17.50
Deskripsi :
Mata kuliah Zoologi Vertebrata membahas mengenai keanekaragaman hewan bertulang belakang yang termasuk ke dalam Filum Chordata dimulai dari istilah, konsep, prinsip dasar, taksonomi, prinsip dan teori yang melandasi keterkaitan antara struktur, anatomi, morfologi, fisiologi, ekologi dan perkembangan hewan-hewan vertebrata pada masing-masing kelasnya yaitu Chondrichthyes, Osteichthyes, Amphibia, Reptilia, Aves, dan Mammalia.
PROFIL DOSEN PENGAMPU

CAPAIAN PEMBELAJARAN

PETUNJUK BELAJAR
Perkuliahan Zoologi Vertebrata menggunakan model Discovery Learning yang meliputi stimulation, problem statement, data collection, data proccecing, verification, dan generalization. Mahasiswa wajib mengunduh aplikasi seek-inaturalist untuk mendokumentasikan hewan sesuai topik materi, mengidentifikasi hewan, dan mengkomunikasikannya secara verbal dan tertulis.
Pertemuan 1 - Kontrak Kuliah dan Pengantar Vertebrata
Adik-adik mahasiswa, simak kontrak kuliah dan RPS Zoologi Vertebrata berikut ini.
- Pada pertemuan kali ini kita akna membahas mengenai hewan vertebrata yang meliputi karakteristik chordata, vertebrata, taksonomi hewan, dan contoh hewan-hewan vertebrata. Simak materi vertebrata pada power point berikut ini.
- Halo mahasiswa hebat. Kali ini kita akan mencari hewan-hewan di lingkungan sekitar rumah dan mengetahui nama spesies dan klasifikasinya. Sebelumnya kalian harus mendownload aplikasi SEEK INATURALIST di Appstore atau Playsore. Tugas Anda adalah memfoto hewan vertebrata (minimal 10) di lingkungan sekitar Anda kemudian mengecek nama spesiesnya yang sesuai. Kumpulkan data yang Anda peroleh pada tabel pengamatan (nama spesies, foto, taksonomi, deskripsi singkat) dan upload pdf maksimal pada tanggal 30 Maret 2021.

Pertemuan 2 - Chondricthyes
Assalamulaikum mahasiswa. Selamat datang kembali pada perkuliahan Zoologi Vertebrata. Minggu lalu kita sudah membahas mengenai vertebrata yang memiliki tulang belakang. Kalau pada manusia tulang belakang dimulai dari cervical (leher) sampai ke coccys (tulang ekor). Kalian juga sudah mengumpulkan beberapa foto hewan yang klasifikasinya muncul pada aplikasi SEEK NATURALIST. Beberapa foto hewan di lingkungan rumah klaian mungkin tidak terdeteksi dengan baik nama spesiesnya, untuk itu kalian harus mengidentifikasi kebenaran nama spesies yang dicocokkan dengan karakteristik dari spesises tersebut. Hari ini kita akan membahas salah satu kelas dari subphylum Vertebrata yaitu Chondrichthyes. Jangan lupa mengisi daftar hadir hari ini adik-adik mahasiswa. Live kuis akan dilaksanakan pukul 07.30-07.35 melalui quizizz yang link nya akan dibagikan melalui wa grup.


- Chondrichthyes adalah kelas ikan bertulang kartilago yang dominan hidup di laut, contoh hewannya adalah hiu dan pari. Keduanya memiliki kesamaan bertulang belakang dan bertulang kartilago. Simak materi Chondrichtyes berikut ini yang referensinya diperoleh dari buku Campbell, Hickman, Miller, Burton, dan Custance (klik nama penulis untuk mendownload buku).
Simak video mengenai hiu berikut ini.
Halo mahasiswa hebat. Kali ini kita akan mencari hewan-hewan di lingkungan sekitar rumah dan mengetahui nama spesies dan klasifikasinya. Sebelumnya kalian harus mendownload aplikasi SEEK INATURALIST di Appstore atau Playsore. Tugas Anda adalah memfoto hewan Chondrichthyes di lingkungan sekitar Anda atau di pasar kemudian mengecek nama spesiesnya yang sesuai (minimal 5). Kumpulkan data yang Anda peroleh pada tabel pengamatan (foto, nama spesies, taksonomi, deskripsi singkat) dan upload doc/pdf maksimal pada tanggal 7 April 2021. Selamat mengerjakan.
Pertemuan 3 - Chordata dan Myxini
Assalamulaikum mahasiswa. Selamat datang kembali pada perkuliahan Zoologi Vertebrata. Minggu lalu kita sudah membahas mengenai hewan Chondrichthyes yang merupakah hewan bertulang kartilago. Namun, hasil test melalui quizizz menunjukkan bahwa pemahaman tentang hewan Chordata belum cukup dan masih banyak dipilih pada jawaban yang salah. Kalian juga sudah mengumpulkan beberapa foto hewan yang klasifikasinya muncul pada aplikasi SEEK NATURALIST yang nantinya akan digunakan pada tugas ensiklopedi vertebrata. Beberapa foto hewan di lingkungan rumah kalian mungkin tidak terdeteksi dengan baik nama spesiesnya, untuk itu kalian harus mengidentifikasi kebenaran nama spesies yang dicocokkan dengan karakteristik dari spesises tersebut. Kalian juga bisa memperoleh foto hewan dari artikel atau web jika sama sekali tidak menemui hewan tersebut. Tapi sebaiknya tetap menggunakan foto-foto hewan di Lampung. Hari ini kita akan membahas Taksonomi hewan, Subphylum Urochordata, Cephalochordata, Superclass Agnata dan Gnathostomata. Jangan lupa mengisi daftar hadir hari ini adik-adik mahasiswa. Live kuis akan dilaksanakan pukul 17.00-17.10 melalui quizizz yang link nya akan dibagikan melalui wa grup.
Pada pertemuan hari ini kita akan mengawali dengan pretest melalui Quizizz dengan tema Chordata, Filogeni, Myxini, dan Petromyzontida yang akan dilaksanakan pada pukul 07.30-07.45 melalui link https://quizizz.com/join?gc=108663.


Congratulation winner. Semoga ilmunya berkah dan belajar lebih giat lagi untuk mencari dan memahami ilmu. Semoga mahasiswa yang lain bisa menjadi winner di lain kesempatan. Tetap semangat daring.Simak materi mengenai filogeni dan pohon kehidupan berikut ini.
Simak materi Keanekaragaman Hewan berikut ini.
Adik-adik mahasiswa yang bersemangat belajar daring. Pada hari Rabu/Senin kita akan melaksanakan praktikum mengenai Chondrichthyes. Simak panduannya berikut ini.
Vertebrata kelas Chondrichthyes, hiu dan kerabatnya, disebut ikan bertulang rawan karena mereka memiliki endoskeleton yang relatif lentur yang terbuat dari tulang rawan dan bukan dari tulang keras. Namun demikian, pada sebagian besar spesies, beberapa bagian kerangka diperkuat oleh butiran berkalsium. Rahang dan sirip-berpasangan berkembang dengan baik pada ikan bertulang rawan. Subkelas yang paling besar dan paling beranekaragam terdiri dari hiu dan ikan pari. Ciri-ciri dari Chondrichthyes yaitu Rangka tulang rawan; Kerangka bertulang rawan pada ikan-ikan kelas ini adalah karakteristik yang diperoleh, bukan karakteristik primitif., ada yg bersisik dan ada pula yang tidak, celah insang ada satu pasang, lima pasang dan tujuh pasang, letak celah insang lateral dan ventral, mulut terletak pada sisi ventral, ada yang mempunyai spirakulum dan ada yang tidak, sirip berpasangan, tidak memiliki gelembung udara, lubang hidung sepasang; Lubang hidung pada kelas chondrichtyes hanya berfungsi untuk penciuman, dan untuk bernafas.
Tujuan Praktikum: untuk mempelajari dan memahami anatomi dan morfologi ikan bertulang lunak.
Alat dan bahan: Ikan hiu (Selachimorpha sp.), ikan pari (Dasyatidae sp.), Papan bedah, Lup/kaca pembesar, Jarum pentul, Pisau
Cara kerja:
- Letakkan ikan pada bak bedah
- Lakukan pembedahan mulai dari bagian anus ikan ke arah thoracal sampai ke tulang rusuk dengan menggunakan gunting bedah atau pisau bedah.
- Potong tulang rusuk kearah lateral agar anatomi lebih terlihat, jika diperlukan.
- Buka bagian yang telah dibedah untuk diamati.
- Lakukan pengamatan anatomi meliputi: sistem pencernaan, respirasi, peredaran darah, ekskresi, reproduksi, indera, sistem gerak dan rangka.
- Foto pengamatan Anda.
- Diskusikan dengan kelompok Anda mengenai hasil pengamatan.
- Buatlah laporan praktikum sesuai format.
Pertemuan 4 - Chondrichthyes dan Osteichthyes
Assalamulaikum mahasiswa PSPB yang bersemangat dan cerdas. Selamat datang kembali pada perkuliahan Zoologi Vertebrata. Minggu lalu kita sudah membahas mengenai hewan yang termasuk ke dalam Subphylum Urochordata, Subphylum Cephalochordata, Superclass Agnatha, dan Superclass Gnathostomata. Hasil test melalui quizizz menunjukkan bahwa pemahaman yang cukup baik namun masih menunjukkan jawaban yang salah pada bagian karakteristik hagfish, agnatha, Gnathostomata, dan nama spesies. Untuk itu kalian harus berlatih untuk menghapalkan nama spesies sesuai dengan subphylum/superclass/class.
Hari ini kita akan membahas karakteristik, morofologi, anatomi, klasifikasi, fakta menarik, dan peran hewan-hewan yang termasuk ke dalam class Chondrichthyes dan Osteichthyes. Tujuan Pembelajaran pada hari ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik dan morfologi hewan Chondrichthyes dan Osteichthyes melalui tayangan video pembelajaran serta menganalisa klasifikasi, fakta menarik, dan peranan hewan di lingkungan melalui forum diskusi dengan benar. Jangan lupa mengisi daftar hadir hari ini adik-adik mahasiswa.
Live kuis akan dilaksanakan antara pukul 07.30-07.45 melalui quizizz yang link sebagai berikut: quizizz.com/join?gc=926302


- Chondrichthyes berasal dari kata chondros yang artinya kartilago dan ichthys yang artinya ikan. Ikan-ikan bertulang kartilago termasuk ke dalam kelas ini seperti ikan hiu dan pari yang banyak hidup di laut dengan jenis yang sangat beragam. Osteichthyes berasal dari kata osteon yang artinya tulang keras sehingga ikan yang bertulang keras termasuk ke dalam kelas ini seperti ikan mas, gurame, dan nila yang sering kita konsumsi. Untuk lebih jelasnya lagi simak materi presentasi berikut ini.
Simak video berikut ini untuk mengetahui tentang morfologi dan anatomi ikan.
Ikan air tawar adalah ikan yang menghabiskan sebagian atau seluruh hidupnya di air tawar, seperti sungai dan danau, dengan salinitas kurang dari 0,05%. Lingkungan air tawar berbeda dengan lingkungan perairan laut dan yang paling membedakan adalah tingkat salinitasnya. Adaptasi pada bagian sisik ikan juga memainkan peran penting; ikan air tawar yang kehilangan banyak sisik akan mendapatkan kelebihan air yang berdifusi ke dalam kulit, dan dapat menyebabkan kematian pada ikan. Karakteristik lainnya terkait ikan air tawar adalah ginjalnya yang berkembang dengan baik. Ginjal ikan air tawar berukuran besar karena banyak air yang melewatinya. Ikan air tawar cenderung untuk menyerap air dari lingkungannya dengan cara osmosis, terjadi sebagai akibat dari kadar garam dalam tubuh ikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lingkungannya. Kulitnya diliputi mucus, melakukan osmosis lewat insang, produksi urinnya encer, dan memompa garam melalui sel-sel khusus pada insang.
Tujuan: Untuk mempelajari dan memahami anatomi dan morfologi ikan air tawar.
Alat dan bahan: Ikan mas (Cyprinus carpio) dan lele (Clarias sp.), papan, Lup/kaca pembesar, Jarum pentul, dan Alat bedah
Cara Kerja:
- Letakkan ikan pada bak bedah, amati morfologi ikan (tentukan jenis ekor dan jenis sisik, lihat Gambar 3.4. dan Gambar 3.5). Foto pengamatan Anda.
- Bedah ikan dimulai dari bagian anus ikan kearah dorsal sampai ke tulang belakang (vertebra) dengan menggunakan gunting bedah atau pisau bedah.
- Lanjutkan pembedahan kearah kepala (caput) sampai ke dekat operkulum, rusuk ikan yang terdapat di sepanjang arah pembedahan ikut dipotong.
- Setelah sampai ke dekat operkulum kemudian lanjutkan pembedahan ke arah ventral sampai ke sirip dada (pinnae thoracalis).
- Buka bagian yang telah dibedah untuk diamati.
- Lakukan pengamatan anatomi meliputi: sistem pencernaan, respirasi, peredaran darah, ekskresi, reproduksi, indera, sistem gerak dan rangka.
- Foto pengamatan Anda.
- Diskusikan dengan kelompok Anda mengenai hasil pengamatan.
- Buatlah laporan praktikum sesuai format.
Pertemuan 5: Amphibi
Assalamulaikum mahasiswa berprestasi yang kreatif. Selamat pagi. Selamat datang kembali pada perkuliahan Zoologi Vertebrata.
Minggu lalu kita sudah membahas mengenai taksonomi, klasifikasi, karakteristik, spesies, peran, funfact hewan Chondrichthyes dan Osteichthyes. Hasil test melalui quizizz menunjukkan bahwa pemahaman yang cukup baik namun masih menunjukkan jawaban yang salah > 60% dari total peserta pada bagian organ, karakteristik Chondrichthyes, dan sisik. Untuk itu kalian harus membaca ulang pada buku Zoologi Vertebrata untuk materi yang masih belum dipahami.
Adik-adik mahasiswa tentu saja sering melihat kodok di saat musim hujan sekarang, bagi yang tinggal di dekat sawah mungkin sering juga menjumpai katak, atau mungkin ada di antara kalian yang memelihara salamander. Kodok, katak, salamander adalah contoh hewan yang termasuk ke dalam class Amphibi. Mengapa dimasukkan ke dalam kelas yang sama? Apa karakteristiknya? Apakah perannya di lingkungan? Pertanyaan ini akan dibahas pada hari ini melalui video presentasi dan media ppt yang disajikan.
Hari ini kita akan membahas karakteristik, morofologi, anatomi, klasifikasi, fakta menarik, dan peran hewan-hewan yang termasuk ke dalam class Amphibi. Tujuan Pembelajaran pada hari ini adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik dan morfologi hewan Amphibi melalui tayangan video pembelajaran serta menganalisa klasifikasi, fakta menarik, dan peranan hewan di lingkungan melalui forum diskusi dengan benar.
Jangan lupa mengisi daftar hadir hari ini adik-adik mahasiswa. Live kuis akan dilaksanakan pukul 07.30-07.40 melalui quizizz yang link nya akan dibagikan melalui vclass atau whatsapp group yaitu https://quizizz.com/join?gc=037133.

Kodok, katak, dan salamander adalah hewan Vertebrata karena memiliki tulang belakang, termasuk ke dalam kelas Amphibi karena hidup di 2 habitat, hewan Amphibi mengalami metamorfosis yaitu saat larva yang hidup di air dan dewasa hidup di tempat lembap. Simak power point berikut ini untuk lebih jelasnya.
Simak video pembedahan kodok berikut ini untuk memahami morfologi dan anatomi kodok yang berhubungan dengan fisiologinya. Video ini juga sebagai referensi praktikum Amphibi.
Amfibi merupakan hewan yang hidup pada dua lingkungan. Pada tingkat berudu hidup di air dan bernapas dengan insang dan setelah dewasa hidup di darat dan bernapas dengan paru-paru (pulmo). Secara struktur hewan ini merupakan peralihan dari ikan air tawar sejati dengan reptil darat sejati. Meskipun beradaptasi dengan daratan, tetapi beberapa tidak dapat sepenuhnya menjauhi kondisi lembab (basah). Beberapa spesies mengembangkan strategi untuk memelihara telur-telurnya di darat sehingga kemungkinan larvanya terekspose dan dimangsa oleh predator. Hewan Amphibia dikelompokan ke dalam 3 ordo: salamandar berekor, (ordo Caudata) hampir semua amphibia air; Ordo Anura (tidak berekor).
Tujuan Praktikum: untuk mempelajari dan memahami anatomi dan morfologi dari katak.
Alat dan Bahan: Kodok (Bufo sp.) dan Katak (Rana sp.), Alcohol/clorofom, Papan bedah, Dissecting set, Jarum pentul, dan Pipet
Cara kerja:
- Letakkan katak/kodok pada papan bedah, kemudian bedahlah milai dari bagian anus katak kearah kepala melewati perut dengan menggunakan gunting bedah atau pisau bedah.
- Mulailah dengan mengangkat kulit yang telah terbuka, hati-hati jangan sampai saluran pencernaan dan organ dalam lainnya ikut terpotong. potong tulang dada dan rusuknya agar dapat mengamati organ paru-paru beserta jantung yang masih berdetak.
- Kemudian bukalah bagian yang telah dibedah untuk diamati dan gunakan jarum pentul sebagai alat bantu.
- Lakukan pengamatan anatomi meliputi: sistem pencernaan, respirasi, peredaran darah, ekskresi, reproduksi, indera, sistem gerak dan rangka.
- Tiup trakea katak menggunakan pipet untuk melihat dengan jelas organ paru-paru.
- Foto pengamatan Anda.
- Diskusikan dengan kelompok Anda mengenai hasil pengamatan.
- Buatlah laporan praktikum sesuai format.
Halo mahasiswa hebat. Kali ini kita akan mencari hewan-hewan di lingkungan sekitar rumah dan mengetahui nama spesies dan klasifikasinya. Sebelumnya kalian harus mendownload aplikasi SEEK INATURALIST di Appstore atau Playsore. Tugas Anda adalah memfoto hewan Amphibi di lingkungan sekitar Anda kemudian mengecek nama spesiesnya yang sesuai (minimal 6). Kumpulkan data yang Anda peroleh pada tabel pengamatan (foto, nama spesies, klasifikasi, deskripsi singkat) dan upload doc/pdf maksimal pada tanggal 28 April 2021. Selamat mengerjakan.
Pertemuan 6: Kuis Vertebrata
Assalamulaikum mahasiswa Pendidikan Biologi yang cerdas dan berakhlak baik. Selamat pagi adik-adik mahasiswa. Selamat datang kembali pada perkuliahan Zoologi Vertebrata pada tanggal 28 April 2021. Pada 5 pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Vertebrata, Osteichthyes, Chondrichthyes, dan Amphibi, kalian juga sudah melaksanakan kuis multiple choice pada setiap pertemuan. Untuk itu, pada hari ini kita akan melaksanakan Kuis dalam bentuk essay yang akan dilaksanakan pada pukul 16.00-16.40. Semoga kalian semua memperoleh hasil yang terbaik.
Adik-adik mahasiswa pada ujian kali ini soal berbasis hasil penelitian. Peserta ujian dilarang untuk curang, bekerja sama dan plagiat. Kerjakan dengan sebaik-baiknya. Ujian akan berlangsung pada tanggal 29 April 2021 pukul 08.00-08.40. Peserta ujian harus mengisi menuliskan jawaban langsung pada lembar jawaban di vclass. Selemat mengerjakan.
Halo mahasiswa. Tetap semangat ya kuliah daringnya.
Tujuan Praktikum: untuk mengidentifikasi iktiofauna dan herpetofauna Lampung, menghitung indeks keanekaragaman, dan membuat lembar ensiklopedi fauna.
Alat dan Bahan: kamera/HP
Prosedur:
Pada praktikum kali ini kalian boleh berganti kelompok sesuai lokasi terdekat. Praktikum bisa dilakukan di sekitar rumah, lokasi wisata, suaka margasatwa, bukit, dan lokasi lain tetapi tidak boleh berpindah-pindah jadi pastikan di lokasi bisa menemukan hewan-hewan vertebrata yang beragam. Lokasi harus berbeda dengan kelompok lain.
Titik sampling menggunakan metode patch yaitu berdasarkan potensi kehadiran iktiofauna dan herpetofauna, potensi dapat berupa kemungkinan habitat sebagai tempat tinggal, feeding area, dan nesting area. Kemudian, pada setiap patch yang telah ditentukan, diterapkan metode VES (Visual Encounter Survey) yang dilakukan dengan cara menyusuri lokasi dan mendata jenis yang ditemukan serta keadaan daerah tempat jenis tersebut ditemukan. Gunakan titik koordinat menggunakan HP Maps/App untuk menandai lokasi.
Data yang harus kalian kumpulkan adalah foto hewan, foto habitat, nama spesies, dan jumlah individu setiap spesies. Usahakan untuk memperoleh minimal 20 spesies iktiofauna dan 20 spesies herpetofauna. Lokasi bisa berbeda antara iktiofauna (ikan) dan herpetofauna (amphibi). Kalian juga bisa bertanya ke warga sekitar hewan-hewan yang hidup di lokasi yang kalian kunjungi, dan melengkapi foto dari artikel/wikipedia untuk hewan yang sesuai dengan keterangan warga/petugas.
Tugas adik-adik mahasiswa adalah:
- Mendokumentasikan iktiofauna dan herpetofauna. Kalian bisa menggunakan inaturalist Seek atau data yang sudah ada pada tugas sebelumnya.
- Mendata nama spesies dan jumlah individu dalam bentuk tabel seperti pada soal kuis: Nomor, kelas, ordo, familia, spesies, jumlah individu.
- Mendeskripsikan hasil temuan seperti pada ensiklopedia disertai referensi buku/artikel.
- Hitunglah indeks keanekaragaman berdasarkan Shanon-Wiener.
- Laporan dikumpulkan secara individu dalam bentuk pdf yang terdiri dari cover, lembar deskripsi seperti ensiklopedi fauna setiap spesies, hasil perhitungan (sama dalam 1 kelompok), titik koordinat lokasi, peta titik lokasi, dan pembahasan indeks keanekaragaman (berbeda antar mahasiswa). Silakan kalian membagi spesies yang harus dideskripsikan dalam kelompok kalian.

Cara menghitung indeks keanekaragaman
Pertemuan 7 Kelas Reptilia
- Assalamualaikum.
tabik puun , Para mahasiswa mulai minggu ini sampai 5 minggu ke depan, materi zoovertebrata akan diasuh oleh saya menggantikan bu Ismi, Minggu sebelumnya anda telah selesai membahas Vertebrata kelas Pisces dan Amphibia beserta praktikumnya. Mulai minggu ini kita akan membahas hewan vertebrata kelas Reptilia dan kelas Aves.
Teknik perkuliahan sedikit berbeda dengan yang dilaksanakan oleh Bu Ismi. mudah2an tidak tidak mengurangi kulaitas dan capaian pembelajaran yang harus dicapai. Silahkan di simak materi konsep Reptilia ini dengan seksama.
Assalamualaikum.
Selamat berjumpa pada sesi prktikum hewan kelas Reptilia. Hewan reptilia yang menjadi Objek kegiatan praktikum adalah Kadal (Mabouya, sp). Alasan mengapa hewan ini yang digunakan, karena dari hewan2 yang tergolong pada kelas Reptilia, hewan ini mudah diperoleh karena habitatnya di sekitar kita, ukurannya tidak terlalu kecil (dibandingkan dengan Cecak), serta tidak terlalu berbahaya (dibandingkan dengan Ular), selain itu hewan ini bukan hewan yang dibudi dayakan, serta manfaatnya bagi manusia tidak terlalu tinggi, sementara kecepatan reproduksinya cepat, sehingga ketersediaan spesies ini bisa terjaga dengan baik. Oleh karena hewan ini bukan hewan yang dilindungi dan bukan termasuk dalam "endangered species".
Prosedur Praktikum Virtual
1. Simaklah video Pembedahan hewan Reptilia ini dengan seksama.
2. Selanjutnya dengan menacu pada video ini lakukanlah langkah -langkah berikut ini:
a. Tuliskan alat dan bahan yang digunakan untuk melakukan dissesio (pembedahan)
b. tuliskan tahapan-tahapan cara pembedahan hewan Kadal
c. pada waktu melakukan pengamatan morfologinya organ apa saja yang disebut odalam video ini ( tuliskan 10 organ)
d. Tuliskan atau gambarkan anatomi hewan Kadal (organ2 apa saja yang terlihat) (Tuliskan 10 nama organ)
e. Berdasrkan video tersebut, dimanakah letak organ ginjal?
f. Apabila disediakan alat dan bahannya, apakah anda bisa melakukan pembedahan Kadal secara mandiri?
g. Lakukan screenshoot pada bagian apa saja yang anda ;ihat, kemudian jelaskan apa yang discreenshoot itu dan berikan alasan mengapa anda melakukan screenshoot pada bagian itu.
h.
pertemuan 8
UTS
Pertemuan 9
Materi anatomi dan fisiologi hewan kelas Reptilia
Kerjakanlah Tugas pada praktikum Reptilia seperti yang tertulis di forum. Silhkan jawabannya di submit di sini
Assalamualaikum.
Selamat pagi para mahasiswa. Berikut ini adalah materi Hewan Reptilia yang akan dibahas dan didiskusikan. Silahkan pelajari mulai dari karaktersitik, morfologi, anatomi, ekologi, serta fisiologi hewan tersebut. Diskusi yang akan dilakukan pada aspek fisiologinya meliputi seluruh sistem yang ada pada hewan tersebut yaitu : sistem pernapasan, sistem pencernaan, sisten eksresi, sistem reproduksi, sistem rangka, sistem otot, sistem peredaran darah, siste syaraf. serta indera.
silahkan dipelajari dan dipahami dengan baik.
terimakasih
Pertemuan 10
Hewan kelas Aves
Assalamualaikum.
Materi Kelas Aves mencakup hewan-hewan dari bangsa Burung. Materi perkuliahan kelas Aves yang akan dibahas adalah: aspek morfologi, anatomi , fisiologi dan ekologinya. Pada fsisiologinya akan dibahas berdasarkan sistem-sistem tubuh yang ada pada hewan tersebut. Sistem-sistem tubuh tersebut adalah : sistem respirasi, sistem pencernaan, sistem eksresi, sistem transportasi, sistem reproduksi, sistem saraf dan indera. Fisiologi adalah ilmu yang membahas tentang hubungan struktur dan fungsi suatu organ tubuh. Sistem adalah kesatuan dari fungsional organ. masing-masing sistem tubuh memiliki organ dan fungsinya yang berbeda namun bekerja secara harmonis sehingga dapat mendukung kehidupan suatu makhluk hidup.
Pada hewan kelas Aves atau bangsa burung berdasarkan struktur tubuhnya dan kemampuan terbangnya terdapat burrung yang bisa terbang dan burung yang tidak bisa terbang. Struktur dan morfologi serta habitat sangat berkaitan erat.
Silahkan disimak dan dipahami materi pada ppt ini.
Pertemuan 11: Aves
Assalamualaikum.
Selamat pagi para mahasiswa. Untuk kegiatan prakttikum ini saya akan menyajikan video pembedahan hewan Aves. Amati dan simak dengan seksama.
Prosedur kegiatan praktikum AVES
1. Simaklah video pembedahan Burung Merpati ini dengan seksama
2. Selanjutnya , berdasrkan video yang anda simak, lakukanlah langkah-langkah berikut:
a. Tuliskan alat dan bahan yang digunakan untuk membedah hewan Burung ini.
b. Tuliskan tahapan-tahapan cara membedah burung (seperti pada video)
c. Tuliskan hasil pengamatan anda , dari kegiatan pembedahan tersebut
d. jelaskan apa yang dilakukan ketika melakukan pengamatan morfologi buru (sebelum pembedahan)
e. lakukan screenshot pada suatu bagian tertentu yang menarik bagi anda. berikan alasan atau penjelasan mengapa anda melakukan screenshoot pada bagian itu.
f. .
Buatlah laporan kegiatan praktikum AVES.
laporan merupakan jawaban dari tugas-tugas dan pertanyaan yang tertera pada forum kegiatan praktikum.
silahkan laporan di upload di sini
Pertemuan 12
Klasifikasi dan morfologi Mamalia
Assalamualaikum.. Tabikpun... mahasiswa sekalian... mulai hari ini mata kuliah zoologi vertebrata akan dibahas bersama saya ( bu Berti Yolida)..tekniknya mungkin sedikit berbeda mudah-mudahan tujuan pembelajaran kita tetap tercapai...
Pendahuluan Pertemuan 12
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Zoologi vertebrata … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan:
a. Mahasiswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri morfologi mamalia
b. Mahasiswa dapat menjelaskan masing-masing cirri-ciri mamalia
c. Mahasiswa dapat membuat klasifikasi anggota kelas mamalia
d. Mahasiswa dapat menetapkan 3 ciri khas morfologi masing-masing contoh mamalia
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat penting untuk penguatan penguasaan bioteknologi sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat
a. mengidentifikasi cirri-ciri morfologi mamalia
b. menjelaskan masing-masing cirri-ciri mamalia
c. membuat klasifikasi anggota kelas mamalia
d. menetapkan 3 ciri khas morfologi masing-masing contoh mamalia
Mahasiswa, silahkan dipelajari materi berikut ya, cermati anggota setiap ordo untuk menjawab tujuan pembelajaran.
metode/strategi perkuliahan: ceramah, diskusi, penugasan, project based learning
sumber belajar: internet, lingkungan sekitar, artikel, dan e-book, serta PPT
Penutup
Mastery Learning
Mahasiswa ... ordo pada kelas Mamalia ada 26.. nah mari kita gali klasifikasinya setiap ordo..semangat
Pertemuan 13
Pendahuluan Pertemuan 13
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Zoologi vertebrata … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan:
a. Mahasiswa dapat mengidentifikasi cirri-ciri anatomi mamalia
b. Mahasiswa dapat menjelaskan masing-masing cirri-ciri anatomi mamalia
c. Mahasiswa dapat menjelaskan fisiologi pada masing-masing ordo mamalia
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat penting untuk penguatan penguasaan bioteknologi sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat
a. mengidentifikasi cirri-ciri anatomi mamalia
b. menjelaskan masing-masing cirri-ciri anatomi mamalia
c. menjelaskan fisiologi pada masing-masing ordo mamalia
Penyajian
Mahasiswa, silahkan dipelajari materi berikut ya, cermati anggota setiap ordo untuk menjawab tujuan pembelajaran.
metode/strategi perkuliahan: ceramah, diskusi, penugasan, project based learning
sumber belajar: internet, lingkungan sekitar, artikel, dan e-book, serta PPT
- Mastery Learning.. Mahasiswa.. kita sudah belajar mamalia dari aspek morfologi, anatomi dan fisologi.. silahkan pelajari artikel terkait agar pemahamannya dapat ditingkatkan.. terimakasih
Perkuliahan menggunakan Google Meet



Perkuliahan tanggal 17 Juni 2021 menggunakan google meet di
Untuk bergabung ke rapat di Google Meet, klik link ini:
https://meet.google.com/zin-irro-pay
Atau buka Meet lalu masukkan kode ini: zin-irro-pay
Pertemuan 14
Pendahuluan Pertemuan 14
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Zoologi vertebrata … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan:
a. Mahasiswa dapat mengidentifikasi nilai ekologis mamalia
b. Mahasiswa dapat menganalisis nilai ekonomis dari mamalia
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat penting untuk penguatan penguasaan bioteknologi sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat
c. mengidentifikasi nilai ekologis mamalia
d. menganalisis nilai ekonomis dari mamalia
- Pertemuan 14 kita mengulas klasifikasi, anatomi, dan fisiologi dari 25 ordo mamalia, selain itu identifikasi nilai ekologi dan nilai ekonomi juga penting kita kaji.. oleh karena itu, materi kita bersumber dari tugas, artikel, e-book, dan sumber lainnya.Strategi perkuliahan: presentasi, diskusi, tanya jawab, project based learning, dan problem solving
Mahasiswa... buat rangkuman terkait dengan nilai ekologis dan nilai ekonomis, buat sekreatif mungkin sebagai bahan ujian
Mastery Learning...
Mahasiswa.. silahkan baca literatur lain guna melengkapi pemahaman hari ini ya. Minggu depan kita belajar tentang Bagaimana membelajarkan zoologi vertebrata dalam kelas. Tugas dibuat dalam bentuk hand out pembelajaran mamalia (berisi penjelasan singkat ordo, klasifikasi, morfologi, anatomi, fisiologi, nilai ekologis, dan nilai ekonomis). Penjelasan lebih lanjut silahkan buka tugas praktikum pertemuan 15. Terimakasih.
- Perkuliahan dengan google meet tanggal 24 juni 2021 Untuk bergabung ke rapat di Google Meet, klik link ini:
https://meet.google.com/avn-pwzd-tfv
Atau buka Meet lalu masukkan kode ini: avn-pwzd-tfv





Pertemuan 15
Pendahuluan Pertemuan 15
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Zoologi vertebrata … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan:
a. Mahasiswa dapat membuat hand out materi ajar kelas Mamalia
b. Mahasiswa dapat merancang cara membelajarkan materi mamalia pada peserta didik
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat penting untuk penguatan penguasaan bioteknologi sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat
a. membuat hand out materi ajar kelas Mamalia
b. merancang cara membelajarkan materi mamalia pada peserta didik
Mahasiswa... materi hand out bhan ajar silahkan dikumpulkan untuk semua ordo ya, berikut ibu lampirkan salah satu hand out tugas kalian. Silahkan kan dipelajari ya
Materi belajar: hand out, e-book, artikel, champbell
starategi pembelajaran: penugasan, diskusi, presentasi, proyek based learning
Mahasiswa hebat.. tugas terakhir kita adalah membuat ringkasan berupa peta konsep tentang mamalia.. silahkan buat se-kreatif dan se-lengkap mungkin ya.. selamat bekerja
Catatan: bila terindikasi contekan, maka tidak aakan diberi nilai
Rangkuman
Mahasiswa... Kelas mamalia memiliki karateristik unik dibanding kelas lainnya. Kelas ini merupakan kelas yang paling sempurna dari segi anatomi dan fisiologi. setiap ordonya memiliki kekhasan. nah silahkan cermati ke khasannya agar memudahkan anda mengidentidfikasi dan membelajarkan kepada peserta didik.
Masteri Learning
Mahasiswa hebat.. silahkan anda pelajari lebih lanjut memalia dari berbagai sumber untuk melengkapi pemahaman anda tentang mamalia.. persiapkan diri untuk menghadapi uas minggu depan.. semangat... terimakasih
Perkuliahan Zoologi Vertebrata pertemuan 15 di Untuk bergabung ke rapat di Google Meet, klik link ini:
https://meet.google.com/fhk-ufya-fvo
Atau buka Meet lalu masukkan kode ini: fhk-ufya-fvo
Ujian Akhir Semester
Assalamualaikum.
Selamat siang para mahasiswa. Dengan tidak terasa Perkuliahan zoologi vertebrata kita sudah sampai di akhir semester. Seperti biasanya perkuliahan diakhiri dengan UAS.
Semoga pengetahuan yang anda peroleh selama perkuliahan ini dapat menjadi bekal bagi anda kelak. Tentu saja pengetahuan yang anda peroleh masih sangat kurang, tugas anda semuanya untuk meningkatkan wawasan anda dengan mencari nya dari sumber-sumber lain. Selain pengetahuan konten zoologi vertebrata yang meningkat, saya harapkan anda juga mampu meningkatkan keterampilan berpikir seperti keterrampilan menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Keterampilan2 berpikir inilah yang bisa anda aplikasikan pada semua konten .
Akhir kata selamat mengerjakan UAS. jangan lupa anda harus bekerja secara individu.
Ujian Akhir Semester
Matakuliah : Biometri
Kode Matakuliah :
Hari/ tgl : 17 Desember 2024
Dosen Pengampu : 1. Dr Dewi Lengkana, M.Sc.
2. Rini Rita T Marpaung, S.Pd. M.Pd.
Petunjuk : jawablah pertanyaan berikut secara komprehensif. Waktu nya 100 menit.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1. Dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh ditetapkannya metode pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar Biologi siswa SMP. Sampel sebanyak 2 kelas diambil secara random dari populasi kelas2. Kelompok control menggunakan metode pembelajaran STADT. Materi yang diajarkan adalah Pencemaran lingkungan. Hasil uji Normalitas menunjukkan bahwa sampel tidak berdistribusi normal.
Data yang diperoleh adalah sebagai berikut
Kelas control : 48 28 40 46 46 60 25 50 42 45 46 81 60 18 32 30
Kelas eksperimen: 28 78 65 90 32 43 44 23 80 93 79 84 89 92 98 97 36
Pertanyaan: 1. Tuliskan hipotesisnya selanjutnya lakukan pengujian pada taraf 0,001.
2. Dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh pelatihan pendekatan STEM guru terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian dilakukan dengan cara : 1. Mengambil data kemampuan literasi Numerasi sebelum pelatihan STEM, 2. melatihkan guru tentang pendektan STEM , Mengambil data literasi numerasi siswa yang diajar oleh guru yang sudah dilatih STEM, pada waktu yang berbeda (UTS dan UAS). Data berdistribusi normal, sbb:
Lierasi numerasi Pra pelatihan: 32 33 40 45 43 44 40 42 43 44 43 40 34 45 55 70
Literasi numerasi (UTS): 48 50 47 48 45 47 48 50 54 46 48 46 55 58 46 77
Literasi numerasi (UAS) : 68 70 50 60 54 67 43 60 54 72 76 74 58 70 70 86
Pertanyaan : 1. Tentukan hipotesisnya
2.Ujilah hipotesis tersebut pada α 0,05 dan 0,01.
3. Dilakukan pengelitian untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berbahasa inggris dengan waktu penyelesaian skripsi mhswa S1 Pendidikan Biologi. Untuk keperluan tersebut dilakukan pengumpulan data berupa nilai TOEFL dan data waktu penyelesaian studi terhadap mhswa Angkatan 2017. Data yang diperoleh sbb:
Nilai TOFL 330 344 355 433 343 331 338 356 434 312 330 434 311
Lama studi (bln) 58 62 67 54 54 68 70 54 65 70 56 54 56
Pertanyaan : 1. Tuliskan hipotesisnya
2. ujilah hipotesis tersebut pada α 0,05 dan 0,01.
4. Untuk memprediksi seberapa jauh pengaruh lama waktu belajar terhadap hasil belajar dilakukan penelitian. Data yang diperoleh adalah sbb:
Lama waktu belajar (jam): 1,5 4.2 3,5 5,6 7,6 4,3 4,0 5,6 7,5 6,7 7,6 5,8 6,4
Nilai/scor: 54 56 78 67 80 64 67 70 67 80 73 76 74
Pertanyaan : lakukan pengujian untuk membuktikan apakah semakin lama belajar akan menghasilkan hasil belajar yang tinggi ( baik?).