Topic outline
Pengumuman
Bagi mahasiswa, tolong perhatikan data profile pribadi Anda demi kenyamanan bersama.
1. First Name: isi dengan nama panggilan
2. Sure Name: Isi dengan nama lengkap
3. Email display: isi dengan email Anda
4. Id Number: isi dengan NPM anda
5. Institution: isi dengan fakultas anda
6. Departement: Isi dengan program studi anda
7. Foto profil: unggah foto profil Anda
- Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa baru Unila angkatan 2020, bahwa akun Single Sign On (SSO) anda sudah bisa digunakan utk mengakses Learning Management System (LMS) Virtual Class (Vclass) Unila.Untuk mengetahui akun SSO masing2, silahkan akses alamat sso.pengumuman.unila.ac.id, masukkan NPM dan tgl lahir anda, silahkan aktifasi akun SSO tsb agar bisa mengakses sistem Vclass dgn langkah sebagai berikut;Apabila diantara Mahasiswa baru ada yg tidak berhasil akses akun SSO pada laman sso.pengumuman.unila.ac.id , silahkan open ticket pada sistem helpdesktik.unila.ac.id.
- Login ke Vclass dgn menggunakan akun SSO.
- Isi biodata, profile, email pribadi (Gmail, Yahoo,dll), kemudian update profile.
- Check email anda, dan klik link aktifasi yg dikirim via email.
- Klik update profile.
- Selesai.
Terima kasih. Assalamualaikum wr wb.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa yang kami banggakan di mana pun Anda berada. Selamat datang, selamat bergabung di perkuliahan Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia. Berbeda dengan perkuliahan selama ini yang dilakukan secara tatap muka, pandemi Covid-19 memaksa kita untuk melaksanakan perkuliahan secara daring. Khusus di lingkungan Universitas Lampung, perkuliahan daring dilaksanakan melalui learning management system (LMS) yang dimiliki kampus yaitu vclass.unila.ac.id.
Di bagian awal ini, kami mengingatkan kepada rekan-rekan untuk dapat mengisi data sesuai dengan informasi awal yang telah tertulis di atas. Hal itu menjadi penting agar data yang terekam dapat mudah kami maksimalkan, sekaligus menjadi acuan bagi kami untuk mengenal dan melihat performa rekan-rekan selama perkuliahan.
Hal lain yang tidak kalah penting adalah tata laksana perkuliahan daring yang akan kita lakukan selama 16 kali pertemuan. Pada tampilan vclass.unila.ac.id yang telah rekan-rekan buka, tersedia sejumlah materi yang telah siap untuk didisukusikan bersama di kelas. Materi tersebut terbagi menjadi beberapa topik, sehingga nantinya ada beberapa topik yang akan dibahas lebih dari satu pekan. Misalnya, materi kalimat efektif, paragraf, dan karya tulis ilmiah.
Penting untuk di perhatikan bersama, berikut beberapa aktivitas yang wajib rekan-rekan lakukan.
- Dalam setiap pertemuan yang telah dibuat, rekan-rekan wajib melakukan absensi di tautan yang telah disediakan sebagai bukti hadir setiap pekan perkuliahan.
- Seluruh mahasiswa diwajibkan melakukan diskusi. Aktifitas yang dilakukan dapat berupa bertanya, menjawab, bahkan menyanggah pendapat rekan-rekan lainnya. Setiap aktifitas diskusi atau unggahan yang rekan-rekan berikan akan mendapatkan poin dengan rentang 0-100. Misal, jika si A menjawab dengan baik hanya satu kali mendapatkan nilai 90 maka itulah nilai akhir diskusi yang didapatkan. Lain hal dengan si B yang menjawab dengan sempurna dengan nilai 80 namun memberikan sanggahan pendapat dan mendapat poin 100. Maka nilai akhir si B adalah akumulasi dari nilai (80+100)/2 yaitu 90.
- Kerjakan tugas yang diberikan di tiap pertemuan yang ada. Tugas ini merupakan evaluasi dari materi yang dibahas di setiap pertemuan.
- Masa aktif diskusi dan tugas berlangsung selama empat hari sejak jadwal perkuliahan. Artinya selama empat hari tersebut, rekan-rekan dapat berdiskusi berupa melempar tanya, menjawab atau menyanggah pernyataan dosen dan rekan mahasiswa lainnya. Serta mengumpulkan tugas di kolom yang telah disediakan di tiap pertemuan.
- Kuis umumnya akan diberikan di pertemuan ke-4 dan ke-12. Jika telat mengikuti kuis maka nilai tersebut akan diisi angka 0.
- UTS dan UAS wajib diikuti seluruh mahasiswa tanpa terkecuali pada waktu yanh telah ditentukan oleh pihak fakultas, ketidakhadiran dengan alasan spesifik dapat dibicarakan dengan dosen pengampu.
- Nilai akhir dan nilai tiap per pertemuan dapat kalian lihat di menu grade. Bahkan hingga di akhir pertemuan, rekan-rekan mahasiswa dapat melihat langsung angka dan huruf mutu dari pertemuan mata kuliah umum Pendidikan Bahasa Indonesia.
Demikian beberapa hal yang perlu menjadi perhatian rekan-rekan mahasiswa. Diharapkan rekan-rekan mahasiswa dapat memahami dan mengikuti perkuliahan ini dengan penuh tanggung jawab. Salam hormat dari kami. Jaga kesehatan. Gunakan masker. Jaga jarak. Semoga kita diberikan kekuatan melawati pandemi Covid-19 ini.
Wassalamualaikum wr wb
Pengantar Perkuliahan
Sumber: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
- Selamat pagi
Tabik pun...
Selamat datang dan selamat bergabung saya sampaikan kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah mengambil Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia.
Mata kuliah ini adalah salah satu mata kuliah wajib universitas bagi mahasiswa semester genap di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan Konseling yang memiliki bobot 2 sks (2-0) berkode UNI620106.
Sebelum memulai perkuliahan daring ini, izinkan saya mengenalkan diri kepada rekan-rekan mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling. Nama saya adalah Bambang Riadi M.Pd. Saya merupakan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Keseharian, Anda dapat menemui saya di Gedung C di lingkungan FKIP Universitas Lampung. Tepatnya di ruang ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, karena kebetulan saat ini saya mendapatkan amanah menduduki jabatan tersebut. Namun di tengah pandemi ini, Anda bisa membangun komunikasi dengan saya melalui fitur pesan di vclass.unila.ac.id.
Dalam melaksanakan perkuliahan ini, saya juga akan dibantu oleh tim pengajar saya, Heru Prasetyo, S.Hum., M.Pd. Aktifitas diskusi dan tugas yang diunggah oleh rekan-rekan nantinya akan diperiksa secara langsung oleh saya dan juga tim.
Maka sebelum memulai perkuliahan, perlu saya gingatkan rekan-rekan tentang beberapa aktifitas yang harus dilakukan diantaranya; (1) silakan perkenalkan diri di forum perkenalan yang telah disediakan, (2) aktiflah dalam diskusi yang disediakan sebab disanalah salah satu sumber nilai Anda. Jawab dan tanggapi pernyataan dosen dan rekan Anda untuk mendapatkan nilai, (3) Kerjakan tugas yang disediakan tiap pertemuan, (4) terakhir pastikan untuk mengikuti Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester.
Selanjutnya, tidak etis bila saya sudah berkenalan tapi belum mengenal kalian sebagai mahasiswa yang saya ampu. Oleh karena itu, silakan rekan-rekan semua memperkenalkan diri (berupa nama, panggilan, asal sekolah dan saat ini tingal di mana) di kolom forum diskusi yang telah saya sediakan atau klik tautan di sini. Jangan lupa sertakan foto terbaru guna memudahkan saya mengenal Anda.
Terima kasih. Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sebelum memulai perkuliahan mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia yang akan dilaksanakan sepanjang 16 pertemuan, saya akan sedikit memaparkan deskripsi mata kuliah ini. Silakan Anda baca satu persatu deskrispsi yang tampil melalui gambar di bawah. Apa yang tertulis di sana adalah deskripsi mata kuliah yang kelak akan rekan-rekan selami. Silakan...
Rekan-rekan mahasiswa, usia memahami sekilas tentang Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia kini giliran kita membahasa tentang capaian pembelajaran lulusan mata kuliah ini. Seperti diketahui, capaian pembelajaran lulusan adalah sebuah amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Sehingga, rumusan sikap (S), pengetahun (P), kompentensi umum (KU), dan kompetensi khusus (KK) yang tertulis disini adalah harapan dititipkan pemerintah saat proses pembelajaran berlangsung.
Tanpa banyak basa-basi, silakan Anda baca satu persatu paparan sikap, pengetahun, kompetensi umum, dan kompetensi khusus yang ditampilkan di bawah. Silakan...
Masih membahas tentang capaian pembelajaran, rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan berikut adalah capaian pembelejaran mata kuliah. Capaian ini menjadi lebih spesifik dibanding capaian sebelumnya. Jika sebelumnya hanya membahas capian lulusan program studi, kini lenh membahas hal apa yang ingin dikuasai mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia.
Detail capaian pembelejaran mata kuliah tersebut, bisa Anda baca di bawah ini.
Sebagian dari rekan-rekan mahasiswa mungkin akan bertanya mengapa Bahasa Indonesia muncul kembali sebagai mata kuliah di perguruan tinggi. Lalu apakah materinya akan sama dengan jenjang pendidikan sebelumya?
Untuk menjawab hal tersebut, tampilan di bawah ini akan memberikan khazanah bagi rekan-rekan mahasiswa saat menjalani perkuliahan selama 16 kali pertemuan. Apa sajakah itu, silakan dibaca.
Rekan-rekan, gambar di bawah ini merupakan gambaran apa yang akan kalian hadapi selama satu semester. Beberapa materi akan dihadapi selama beberapa pekan bergantung dengan beban konten yang dihadapi
Menjalani perkuliahan tanpa menggunakan sumber buku acuan yang jelas, ibaratnya seperti berkelana tanpa menggunakan kompas (gmaps kalau anak milenial saat ini). Oleh karena itu, saya ingin memastikan bahwa rekan-rekan tidak tersesat selama menjalani perkuliahan.
Di bawah ini adalah sejumlah daftar referensi yang bisa rekan-rekan mahasiswa gunakan selama perkuliahan. Beberapa referensi utama yang berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta buku acuan dari Forum Badan Kerja Sama Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat sudah saya lampirkan di bawah.
Rekan-rekan juga bisa mencari referensi tambahan di luar acuan yang saya miliki, seperti jurnal dan banyak lagi. Jadi, selamat berburu pengetahuan!
Rekan-rekan yang saya banggakan berikut merupakan sejumlah berkas materi ajar yang dapat digunakan selama perkuliahan. Silakan Anda unduh dan baca.
Berkas ini menerangkan segala hal yang berkaitan dengan aturan perkuliahan yang mengikat antara mahasiswa dan dosen selama perkuliahan MKU Pendidikan Bahasa Indonesia.
Rekan-rekan mahasiswa D3 Keuangan dan Perbankan, silakan dapat memperkenalkan diri (berupa nama, panggilan, asal sekolah dan saat ini tingal di mana) di kolom forum diskusi yang telah saya sediakan. Jangan lupa sertakan foto terbaru guna memudahkan saya mengenal Anda.
PERTEMUAN I: Sejarah dan Politik Bahasa
Sumber: www.kemenpora.go.id
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Rekan-rekan mahasiswa yang berbahagia, pada pertemuan awal ini Anda akan diajak membahas tentang pondasi awal kebahasaan kita yaitu tentang politik bahasa. Di materi ini Anda akan disuguhkan tentang informasi awal tentang kapan awal mula konsep Bahasa Indonesia muncul, peran Sumpah Pemuda dalam membangkitkan semangat ke-Indonesia-an para pemuda, hingga kebijakan politik yang menyertai eksistensi bahasa Indonesia hingga saat ini ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Silakan Anda nikmati suguhan materi dan video yang ada di bawah. Di bagian akhir ada forum diskusi yang dapat Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Wasaalamualaikum Wr. Wb.
Rekan-rekan, video di bawah ini adalah video yang say buat untuk membantu Anda dalam memahami materi pertemuan I. Silakan jika di pertemuan pertama ada pertanyaan yang masih mengganjal, utarakan di kolom komentar video yang disediakan.
Berikut ini adalah referensi yang menjabarkan tentang kebijakan politik yang menyertai eksistensi Bahasa Indonesia hingga saat ini.
Video di bawah ini berisikan materi tentang sejarah bahasa Indonesia. Silakan anda tonton dan simpulkan tentang perkembangan sejarah dari tahun ke tahun di Indonesia.
Pada laman ini, kawan-kawan disilakan untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab kepada saya sebagai pengampu atau kawan-kawan mahasiswa lainnya. Semua berhak menyampaikan pendapatnya.
Kawan-kawan yang saya banggakan, di dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah saya sertakan pula beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
Ini adalah modul digital interaktif yang membahas materi sejarah dan politik bahasa Indonesia. Silakan diakses untuk menambah khazanah pengetahuan Anda.
Ruang virtual pertemuan I
PERTEMUAN II: Hakikat, Fungsi, dan Ragam Bahasa
Sumber: https://www.nesabamedia.com/unsur-unsur-budaya/
Assalamualaikum.
Tabik pun.
Selamat pagi rekan-rekan mahasiswa. Pada pertemuan kali ini akan disajikan pembahasan tentang (i) pengertian bahasa; (ii) hakikat bahasa; (iii) fungsi bahasa; dan (iv) ragam bahasa.
Pada pertemuan ini, saya telah menyuguhkan materi dan video yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Saya berharap, usai mengikuti materi ini mahasiswa dapat memiliki rasa bangga dan tanggung jawab yang tinggi terhadap penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar serta mampu menuangkan ide, gagasan, dan pikirannya secara lisan dan tertulis dengan menggunakan unsur-unsur kebahasaan dan aturan yang benar dengan terampil, teliti, dan cermat.
Selamat belajar.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Silakan Anda saksikan dengan saksama video yang saya lampirkan di bawah ini. Video ini merupakan media pembelajaran bagi rekan-rekan mahasiswa khususnya untuk membahas tentang Sifat, Fungsi, dan Ragam Bahasa. Jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar youtube dan ajukan pertanyaan di diskusi II. Di bagian akhir video ada pertanyaan yang wajib dijawab di kolom diskusi. Terima kasih. Salam sehat untuk kita semua.
Rekan-rekan mahasiswa, video berikut merupakan ringkasan singkat tentang kaidah penggunaan huruf kapital yang ada dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Silakan ditonton dan dipahami, untuk kemudian kita diskusikan di forum yang telah disediakan.
Berikut adalah referensi yang membahas tentang hakikat, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia.
Ragam bahasa Indonesia memiliki banyak variasi, melalui tampilan di bawah ini diharapkan Anda mampu sedikit mendapatkan pemahaman tentang materi tersebut.
,
Video berikut merupakan sedikit contoh tentang penerapan ragam bahasa Indonesia yang ada di masyarakat. Silakan Anda simak dan pahami paparan tersebut beserta teori yang telah disediakan.
- Di dalam video pembelajaran telah saya berikan pertanyaan mengenai diskusi kali ini. Silakan Anda perhatikan dan simak secara saksama dan tulis pendapat Anda di forum ini.
PERTEMUAN III: PUEBI I (Huruf Kapital, Huruf Miring, dan Huruf Tebal)
Sumber: www.mojok.co
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik Pun.
Salam sehat untuk kita semua. Terima kasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang masih setia di mata kuliah umum pendidikan bahasa Indonesia. Di pertemuan ini kita akan melanjutkan materi berupa kaidah penggunaan huruf seperti huruf kapital, huruf kecil, dan huruf miring sesuai dengan kaidah-kaidah pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Masih sama dengan pertemuan sebelumnya, saya telah menyuguhkan materi dan video yang dapat Anda akses serta pahami. Hingga pada bagian akhir terdapat forum diskusi yang wajib Anda ikuti guna menggali lebih dalam wawasan terkait materi yang disuguhkan, serta tugas sebagai bahan evaluasi.
Akhir kata, saya ucapkan terima kasih. Tetap semangat dan terus fokus di perkuliahan ini.
Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Hallo rekan mahasiswa. Video ini saya hadirkan sebagai sarana untuk membantu rekan-rekan dalan memahami materi ketiga yaitu terkiat oenggunaan huruf. Selamat menyimak.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan materi Ejaan Bahasa Indonesia. Setelah Anda membaca materi dan menyimak video yang membahas tentang penggunaan huruf kapital, cetak miring dan huruf tebal silakan berikan pendapat Anda mengapa ketiga aturan ejaan tersebut harus dpedomani dan digunakan dalam penulisan baik itu tulisan formal dan non formal.
Silakan baca artikel di bawah ini, analisis dan perbaiki kesalahan ejaan yang Anda temukan tentang penggunaan Huruf Kapital, cetak miring, dan huruf tebal.
Gunakan format laporan di bawah ini dalam mengerjakan tugas analisis ejaan yang telah diberikan.
Dalam pengumpulan tugas ini, Anda akan mengumpulkan dua dokumen tugas.
Dokumen pertama berupa laporan hasil temuan kelompok dan dokumen kedua adalah laporan hasil review dari kelompok lain. Dokumen pertama silakan unggah di laman ini.Silakan Anda unggah dokumen kedua berupa laporan hasil review Anda terhadap kelompok lain.
Ini adalah modul digital interaktif yang membahas materi huruf kapital, huruf miring, dan huruf tebal. Silakan diakses untuk menambah khazanah pengetahuan Anda dan jangan lupa ikuti evaluasi yang diberikan.
Pada kegiatan ini Anda akan mempresentasikan laporan kelompok Anda tentang penggunaan huruf kapital, cetak miring, dan tebal. Sesi presentasi akan menggunakan teknik synchronous yang dapat dilakukan tatap muka di kelas dan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting atau Gmeet.
Silakan sampaikan pendapat Anda usai mempelajari materi Penggunaan Huruf Kapital, Cetak Miring, dan Huruf Tebal dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.
Silakan uji pemahaman Anda tentang Penggunaan Huruf Kapital, Cetak Miring, dan Huruf Tebal dengan menjawab pertanyaan yang disediakan.
PERTEMUAN IV: PUEBI II (Tata Istilah)
Sumber: www.blog.bahaso.com
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan. Saya berharap Anda semua masih dalam keadaan sehat dan bahagia. Di perkuliahan kali ini, kita akan memasuki kaidah umum ejaan bahasa Indonesia yang membahas perihal tata istilah dan tanda baca. Seperti yang Anda ketahui, bahasa Indonesia kaya akan kosa kata yang berasal dari bahasa daerah dan asing. Kata-kata tersebut diserap guna mengisi keksosongan kata yang ada di bahasa Indonesia. Sementara tanda baca merupakan alat bantu yang mempertegas suatu tulisan agar dapat dimaknai seperti kata tersebut diucapkan secara lisan.
Oleh karena itu, di pertemuan kali ini kita akan membahas kaidah-kaidah penulisan unsur serapan dan penggunaan tanda baca sesuai dengan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia dalam tulisan secara benar. Saya berharap rekan-rekan dapat menyimak dan memahami paparan materi dan video yang telah disediakan. Selanjutnya, di forum diskusi Anda bisa bertanya sekaligus menyanggah pertanyaan yang telah disediakan.
Selamat belajar. Jaga kesehatan. Jangan lupa untuk bahagia.
Waalaikumussalam Wr. Wb.
Rekan-rekan yang keren, materi ini adalah ringkasan yang saya buat untuk membantu Anda memahami materi PUEBI II: Tata Istilah yang bersumber dari buku Tata Istilah karya Qodratilah (2016). Silakan Anda akses...
Seperti janji saya sebelumnya, berikut merupakan video paparan yang memberikan detail terkait power point yang sebelumnya saya sajikan. Video ini memberikan penjelasan bagian-bagian yang masih samar tentang Tata Istilah. Tidak lupa ada dua tugas yang saya siapkan di dalam video. Silakan disimak dan kerjakan tugas tersebut untuk dikumpul di vclass. Terima kasih.
Materi ajar tentang Tata Istilah yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Rekan-rekan, penugasan yang ada di video silakan dikerjakan dan kumpulkan di halaman tugas ini. Jangan lupa gunakan format KTI Universitas Lampung dan gunakan kaidah Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dalam menjawab. Format jawaban yaitu pdf.
Silakan Anda langsung tulis jawaban Anda di vclass paling lambat 21 April pukul 00.00
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan. Ini merupakan kuis pertama yang akan kalian lewati di mata kuliah umum pendidikan bahasa Indonesia. Kuis ini menggunakan aktifitas video interaktif berbasis HTML. Untuk melaksanakan kuis silakan lakukan hal sebagai berikut.
1. Buka halaman kuis dengan klik judul Kuis I MKU Pendidikan Bahasa Indonesia
2. Kuis yang dilakukan tanpa membuka jendela baru dapat dilaksanakan, namun nilai tidak akan tersimpan oleh sistem.
3. Jika jendela baru KUIS telah terbuka, silakan saksikan video yang disediakan dan jawab pertanyaan yang ada
4. setiap mahasiswa hanya diberikan kesempatan ujian satu kali
5. Jika telah rampung mengerjakan soal, hingga ke video terakhir. Jangan lupa klik submit answer
PERTEMUAN V: PUEBI III (Tanda Baca)
Assalamualaikum wr wb.
Rekan-rekan. Tanda baca merupakan simbol yang berfungsi untuk menunjukan struktur dan tata kata suatu tulisan, dan berfungsi untuk mengatur intonasi, serta jeda ketika membaca. Tanda baca tidak berhubungan dengan fonem (suara) atau kata dan frasa pada suatu bahasa. Aturan tanda baca berbeda antar bahasa, lokasi, waktu, dan terus berkembang.
Pada kesempatan ini, kita akan kembali menlanjutkan materi mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia di pertemuan V. Materi ini akan membahas tentang aneka tanda baca dan fungsinya dalam ragam tulisan. Silakan baca dan pahami materi yang ada di dalam buku ejaan dan pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang ada di bawah.
Rekan-rekan yang saya banggakan, silakan Anda simak paparan video di bawah sebagai bagian penjelasan tentang materi PUEBI khususnya tentang penggunaan tanda baca.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia ini merupakan Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 0424/I/BS.00.01/2022 Tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
Silakan baca artikel di bawah ini, analisis dan perbaiki kesalahan ejaan yang Anda temukan tentang penggunaan tanda baca.
Gunakan format laporan di bawah ini dalam mengerjakan tugas analisis Tanda Baca yang telah diberikan.
Dalam pengumpulan tugas ini, Anda akan mengumpulkan dua dokumen tugas.
Dokumen pertama berupa laporan hasil temuan kelompok dan dokumen kedua adalah laporan hasil review dari kelompok lain. Dokumen pertama silakan unggah di laman ini.
Silakan Anda unggah dokumen kedua berupa laporan hasil review Anda terhadap kelompok lain.
Gunakan forum ini untuk mendiskusikan materi Ejaan Bahasa Indonesia. Setelah Anda membaca materi dan menyimak video yang membahas tentang penggunaan tanda baca silakan berikan pendapat Anda apa yang akan terjadi bila penulisan baik ilmiah dan non formal tidak menggunakan tanda baca?
Pada kegiatan ini Anda akan mempresentasikan laporan kelompok Anda tentang penggunaan tanda baca dalam kaidah ejaan bahasa Indonesia. Sesi presentasi akan menggunakan teknik synchronous yang dapat dilakukan tatap muka di kelas dan secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting atau Gmeet.
Silakan sampaikan pendapat Anda usai mempelajari materi Penggunaan Huruf Kapital, Cetak Miring, dan Huruf Tebal dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.
PERTEMUAN VI: PUEBI VI (Tata Kata)
Sumber: www.instagram.com/RecehTapiViral
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Apa kabar rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan? Masih semangat menyelami masalah dan kaidah kebahasaan bahasa Indonesia? Jika sebelumnya kita membahas tentang kaidah serapan asing, kali ini kita mencoba masuk ke dalam materi ejaan bahasa Indonesia yang lebih spesifik lagi yaitu tata kata. Di dalam materi ini saya akan mengajak rekan-rekan untuk memahami kaidah penulisan kata seperti kata dasar, kata turunan, kata ulang, gabung kata, kata ganti, kata depan, kata si dan sang, partikel, singkatan dan akronim, angka, dan lambang bilangan yang sesuai dengan pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Jadi mulai terbayang ya, mengapa saya memulai pembukaan pertemuan ini dengan memasang ilustrasi yang saya ambil dari akun instagram RecehTapiViral. Kaidah sederhana di dalam bahasa Indonesia, kadang kala di masyarakat masih salah penerapannya. Saya pun berharap seusai perkuliahan ini, rekan-rekan mahasiswa dapat memahami secara utuh kaidah bahasa Indonesia dan menerapkannya secara optimal di masyarakat.
Terkait materi bahasan bisa Anda baca di bagian bawah seperti biasanya. Kemudian, jangan lupa untuk aktif dalam sesi diskusi yang telah disediakan. Tetap semangat dan selalu sehat rekan-rekan sekalian. Terima kasih.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Rekan-rekan di bawah ini merupakan materi yang telah disusun oleh tim pengampu mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia. silakan Anda simak dan jadikan bahan sebagai materi pengayaan Tata Kata.
Rekan-rekan yang saya banggakan, berikut merupakan video pembelajaran yang bisa Anda akses langsung di vclass atau via youtube. Perlu saya ingatkan bahwa di video ini terdapat latihan dan penugasan. Terkait pelatihan, tidak dikerjakan di vclass namun di tautan yang telah disediakan dan tertulis di video. Sedangkan penugasan yang berlangsung sepekan silakan perhatikan arahan yang diberikan.
Materi yang berisikan tentang pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yaitu kaidah penulisan kata (dasar, turunan, ulang, gabung kata, kata ganti, kata depan, kata si dan sang, partikel, singkatan dan akronim, angka, dan lambang bilangan) sesuai dengan pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia.
Berikut adalah referensi yang bisa Mahasiswa gunakan dalam memahami materi Tata Kata dalam Bahasa Indonesia.
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Materi ajar tentang Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Kawan-kawan yang saya banggakan, di dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas silakan Anda buat resume secara individu. Resume yang dibuat bukan sebatas tulisan di word, tapi sedapat mungkin dalam bentuk, infografis (menggunakan aplikasi canva, vizualize, piktochart, visme, atau infogram), boleh juga menggunakan video editing animasi (menggunakan powtoon), dan bentuk lainnya.
Tugas ini merupakan resume dalam bentu audio video. Silakan berkreasi secara maksimal, kumpulkan tugas di laman ini.
Jangka waktu pengerjaan satu pekan yautu hingga tanggal 7 Mei 2021, hingga pukul 05.00 WIB.
PERTEMUAN VII :Kalimat Efektif
Sumber: https://moondoggiesmusic.com
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Tidak bosan saya menyapa rekan-rekan mahasiswa. Apa kabar Anda yang saat ini berada di rumah, rebahan di kamar, nongkrong bersama pacar, atau mungkin sedang dalam zona nyaman masing-masing. Di mana pun Anda berada semoga kesehatan dan kebahagiaan selalu menyertai. Sebab, dua hal tersebut amat saya butuhkan agar Anda mampu mengikuti dan memahami materi yang akan dihadirkan selanjutnya.
Tidak terasa, perkuliahan ini telah memasuki materi yang kian kompleks. Jika sebelumnya, rekan-rekan mahasiswa mencoba menyelami kaidah ejaan bahasa Indonesia. Saat ini Anda diajak untuk menerapkan pengetahuan itu untuk mencipta kalimat yang efektif. Sebuah tatanan kalimat yang baku dan tentu tidak multitafsir saat dimaknai oleh pembaca.
Maka untuk mewujudkan keinginan tersebut, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk membagi sedikit materi yang berkaitan dengan pengertian kalimat, unsur kalimat, pengertian kalimat efektif dan ciri kalimat efektif. Materi berupa paparan dalam bentuk berkas pdf dan video telah disediakan untuk 'dinikmati'. Semoga materi tersebut dapat menambah wawasan dan menjadi bekal rekan-rekan mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Materi yang dapat digunakan mahasiswa dalam memahami tentang kalimat efektif.
Rekan-rekan mahasiswa dapat menggali lebih jauh pengetahuan tentang kalimat efektif melalui Buku Ajar Bersama BKS PTN Barat di bawah ini
Materi ajar tentang kalimat yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Materi ajar tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang dikeluarkan oleh Pusat Pembinaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Semoga ringkasan ini bisa membantu kalian
Kawan-kawan yang saya banggakan, di dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah saya sertakan pula beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
Materi Scorm ini silakan Anda buka, dan pahami apa yang disampaikan dalam materi.
Teman-teman silakan ikuti simulasi ujian pada pertemuan kali ini sebelum Anda mengikuti UTS pada waktu yang telah ditentukan.
Waktu Simulasi,
Minggu, 15 November 2020
Pukul 07.00 s.d. 21.00 wib
Link simulasi
bit.ly/36x3nXwSelamat mengerjakan ...
PERTEMUAN VIII: Ujian Tengah Semester
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Alhamdulillah, tidak terasa kita pertemuan demia pertemuan telah kita lewati. Sejumlah materi telah kita arungi bersama sebagai pondasi awal perkuliahan bahasa Indonesia, diantaranya tentang politik bahasa Indonesia, hakikat, fungsi, dan kedudukan bahasa, hingga memasuki materi inti yaitu mengenal pedoman umum ejaan bahasa Indonesia hingga pembentukan kalimat efektif.
Kini, tiba saatnya kita pada pertemuan ke-8. Momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan rekan-rekan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat menempuh Ujian Tengah Semester. Tetap fokus, karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.
Rekan-rekan, sebelum mengikuti Ujian Tengah Semester sebagai prasyarat silakan Anda klik subscribe pada tautan ini
Jika Anda sudah melakukan hal tersebut silakan lakukan tangkapan layar (screenshoot) dan kirim gambar tangkapan layar tersebut ke tautan ini.
UTS MKU Pendidikan Bahasa Indonesia ini terdiri dari 40 pertanyaan dari berbagai tipe soal. Soal UTS berpusat kepada materi Sejarah Bahasa Indonesia s.d. Kalimat Efektif.
Password: BK20
Tenggat Waktu hingga Jumat, 21 Mei 2021
Setiap mahasiswa, hanya diperbolehkan satu kali ujian dengan batas waktu penyelesaian 45 menit.
Silahkan manfaatkan sumber bacaan yang ada.
Selamat Mengerjakan dan Terima Kasih Teman-Teman.
PERTEMUAN IX: Paragraf I
Sumber: https://ellenconny.com/
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Alhamdulillah. Selepas melewati tengah semester dan menjalani rangkaian evaluasi, kita memasuki pekan yang lebih menantang. Pertemuan selepas Ujian Tengah Semester ini kita akan jauh lebih kompleks. Pondasi pengetahuan tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan pembuatan kalimat efektif akan kita implementaskan dalam menyusun paragraf.
Sedikitnya ada beberapa materi yang akan kita bahas dalam bahasan paragraf ini, diantaranya jenis tulisan di dalam sebuah paragraf. Seperti biasa, materi berupa paparan dalam bentuk berkas pdf dan video telah disediakan untuk 'dinikmati'. Semoga materi tersebut dapat menambah wawasan dan menjadi bekal rekan-rekan mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.Materi ini akan memberikan pemahaman kepada Anda tentang jenis-jenis tulisan yang ada di dalam bahasa Indonesia seperti eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, dan persuasi.
Kawan-kawan yang saya banggakan, di dalam materi ejaan yang dilampirkan di atas telah saya sertakan pula beberapa soal yang bertujuan sebagai bahan evaluasi. Silakan Anda jawab dan kirim tugas tersebut di halaman ini.
PERTEMUAN X: Paragraf II
Sumber: https://www.maxmanroe.com
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan. Apa kabar? Semoga selalu sehat dan tetap berbahagia dimanapun Anda berada. Menindaklanjuti materi berikutnya, di pertemuan ini kita melanjutkan kembali pemaparan tentang seluk beluk paragraf.
Saat ini Anda diajak untuk memahami pengertian paragraf dengan cermat, menjelaskan macam-macam paragraf, syarat paragraf yang baik, syarat kepaduan bentuk dan kepaduan makna, dan pola pengembangan paragraf dalam bahasa Indonesia. Maka untuk mewujudkan keinginan tersebut, pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk membagi sedikit materi yang berkaitan dengan materi tersebut. Semoga yang dibagikan ini dapat menambah wawasan dan menjadi bekal rekan-rekan mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Berikut merupakan materi yang menjelaskan tentang apa itu pargraf, syarat pragraf yang baik, dan pola pengembangannya.
Paragraf merupakan gabungan kalimat yang memiliki gagasan pokok sebagai sarana mengungkapkan pikiran berupa pendapat dan lainnya. Bagaimana cara menyusun paragraf yang baik dan mengapa banyak dihadirkan varian pola pengembangan paragraf di dalam bahasa Indonesia?
Silakan Anda unggah tugas Paragraf II anda di tautan berikut ini.
PERTEMUAN XII - XV: Karya Tulis Ilmiah
Sumber: https://sijai.com
Assalamualaikum
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan. Pada akhirnya kita sampai di pembahasan utama yaitu Karya Tulis Ilmiah. Pada bahasan ini kita akan membahasa tentang pengertian KTI, ciri dan gaya bahasa KTI, jenis KTI, sistematika KTI, sistem perujukan (pengutipan) dalam KTI, plagiarisme dalam KTI, dan penyusunan daftar pustaka dalam KTI
Materi yang berkaitan dengan bahasan tersebut sudah saya siapkan di bagian bawah. Silakan dibaca dan cermati. Semoga yang dibagikan ini dapat menambah wawasan dan menjadi bekal rekan-rekan mahasiswa dalam upaya penulisan karya tulis ilmiah di pendidikan tinggi.
Selamat belajar. Salam sehat dan bahagia selalu.
Wassalamualaikum. Wr. Wb.
Rekan-rekan, berikut adalah data jumlah dan nama kelompok yang telah dibagi melalui sistem vclass.unila.ac.id. Perlu diingat, tugas wajib dikerjakan secara bersama. Kemudian saat mengumpulkan tugas, hanya perwakilan dari kelompok saja, tidak semua mahasiswa mengirimkan salindia yang dimaksud di bagian bawah.
Selamat bertugas.
Materi berikut menjelaskan tentang penggunaan bahasa dalam karya tulis ilmiah
Materi ini akan memberikan pemahaman pada Anda tentang plagiarism dan bagaimana etika akademik dalam memandang perilaku plagiarisme.
- Rekan-rekan yang saya banggakan, berkas di bawah ini adalah panduan penulisan karya tulis ilmiah yang dirilis oleh Universitas Lampung pada tahun 2020 yang dapat digunakan mahasiswa dalam penyusunan makalah, laporan, skripsi dan lainnya.
- Rekan-rekan, melanjutkan materi sebelumnya di bawah adalah panduan yang dapat digunakan oleh rekan-rekan dalam menyusun daftar pustaka di karya tulis ilmiah.
- Merujuk atau mengutip adalah sebuah keharusan dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Agar rekan-rekan dapat menulis karya tulis ilmiah dengan baik di bawah ini disediakan power point cara pengutipan karya tulis ilmiah.
Teman-teman, silakan unggah tugas akhir semester lalu, di laman ini.
Silakan Anda unggah tugas akhir tersebut paling lambat tanggal 24 Juni 2024, pukul 23.00wib.
PERTEMUAN XVI: UAS
Assalamualaikum Wr. Wb.
Tabik pun.
Alhamdulillah, tidak terasa pertemuan demi pertemuan telah kita lewati. Kini, tiba saatnya kita pada pertemuan ke-16. Akhir sebuah perkuliahan. Momen penentuan untuk mengetahui sejauh mana wawasan rekan-rekan mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan. Pada akhirnya, saya mengucapkan selamat menempuh Ujian Akhir Semester. Tetap fokus, karena semua pertanyaan tetap berkaitan dengan materi yang selama ini Anda ikuti.
Hallo rekan semua. Sebelum Anda semua mengakses soal Ujian Akhir Semester silakan penuhi prasyarat ujian yang juga menjadi kenang-kenangan bagi kami dalam perkuliahan ini.
1. Silakan Anda subscribe akun Klan Prasetyo dengan klik di sini
2. Jika Anda sudah subscibe, silakan lakukan tangkapan layar (screenshoot) sebagai bukti aktifitas Anda tersebut
3. Unggah gambar tersebut di halaman ini dan pastikan bukti tersebut telah terkirim sehingga Anda bisa membuka akses ke ujian akhir semester.
Hallo rekan mahasiswa daring yang kami banggakan. Ujian akhir semester Mata Kuliah Umum Pendidikan Bahasa Indonesia kali ini akan menghadirkan sejumlah pertanyaan. Silakan Anda pertanyaan yang dihadirkan secara maksimal dengan tetap memperhatikan kaidah Bahasa Indonesia secara umum. Pertanyaan ujian tersebut sebagai berikut:
1. Jawab soal berikut dengan memberikan penjelasan dam cantumkan sumber rujukan sesuai dengan kaidah yang ada.
a. Jelaskan secara ringkas mengapa Bahasa Melayu dipilih sebagai pondasi perkembangan bahasa Indonesia?
b. Pandemi Covid-19 menghadirkan sejumlah istilah baru di dalam khasanah bahasa Indonesia. Bila merujuk kepada sifat bahasa, fenomena ini masuk ke dalam sifat bahasa yang seperti apa? Silakan berikan pendapat Anda tentang upaya penyerapan istilah asing tersebut? Bagaimana kaidah penyerapan istilah asing seharusnya? Apakah proses penyerapan ini penting bagi perkembangan bahasa Indonesia?2. Susun sebuah wacana (minimal 500 kata) yang menggambarkan kondisi Indonesia, khususnya di provinsi Lampung terkait dengan pandemi Covid-19. Pada paragraf yang Anda susun berikan informasi yang berkenaan dengan kalimat utama, jenis paragraf, dan pola pengembangan yang digunakan.
Ketentuan Umum
- Jawab pertanyaan di atas di microsoft word,
- berikan cover (sesuai panduan KTI) dengan mencantumkan data diri
- Jawaban dinantikan hingga pukul 18.00 WIB.
Topic 14
Topic 15
Topic 16