Ringkasan Mingguan
Umum



DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika merupakan mata kuliah dasar pendidikan bagi mahasiswa Pendidikan Matematika yang dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa memahami lebih mendalam mengenai teori belajar dan metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah pembelajaran dan menelaah hasil-hasil penelitian tentang penerapan metode pembelajaran yang relevan. Lingkup bahasan secara umum adalah Psikologi Pembelajaran Matematika, Pendekatan Pembelajaran Matematika, Metode/Teknik Pembelajaran Matematika, dan Model Pembelajaran Matematika. Penilaian hasil belajar mahasiswa dalam perkuliahan ini meliputi penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan dan kecakapan mahasiswa pada kegiatan praktikum. Untuk memperoleh pengalaman nyata mengenai materi dalam perkuliahan ini, dilakukan kunjungan kelas oleh mahasiswa di SMP/SMA di Bandar Lampung.
- Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa S1 Pendidikan Matematika dengan bobot satuan kredit 3 sks (2-1) , 2 sks teori dan 1 sks praktik.Perkuliahan dijadwalkan pada hari Selasa, pukul 07.30 s.d. 09.10 WIB dan akan dilaksanakan sebanyak 16 pertemuan.Untuk 1 sks praktik, praktikum akan dilakukan sebanyak 14 pertemuan pada hari Jum'at, pukul 10.00 s.d. 11.40 WIB. Praktikum akan dilakukan pada kelas dan Vclass berbeda yang telah disiapkan khusus untuk kegiatan praktikum.
REFERENSI
Berikut ini adalah daftar sumber bacaan yang dapat dijadikan rujukan untuk mempelajari materi pada mata kuliah ini.Referensi Utama:- Noer, S.H. (2017). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Matematika.
Referensi Pendukung:- B.D. Syaful dan A swan Z. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
- Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institute.
- Katsuro, T. (2000). Open-Ended Approach and Improvement of Classroom Teaching Mathematics Education in Japan. Japan Society of Mathematical Education (JSME).
- Ruseffendi, E.T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
- Sawada, T. (1997). Developing Lesson Plans. Dalam Shimada, S. dan Becker, J.P (editor) The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia: National Council of Teachers of Mathematics.
- Streefland, L. (1991). Realistic mathemathics education in primary school. Utrecht: CD- Press, Freudenthal Institute.
- Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI
- Trefers, A. (1991). Realistic Mathematics Education in The Netherlands 1980-1990 in Realistic Mathematics Education in Primary School. Utrech: Freudenthal Institute.
Pertemuan 3
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi.Alhamdulillah hari ini kita dapat bertemu kembali dalam praktikum mata kuliah Strategi Pembelajaran Matematika. Apa kabar semua? Semoga semuanya dalam kondisi sehat dan siap mengikuti perkuliahan.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan hari ini, kita akan mulai mendiskusikan materi pertemuan ke 3 sesuai RPS dan kesepakatan pembagian materi di kelas teori. Silahkan anda berkelompok mencari bahan, mendiskusikan bahan tersebut, dan menyiapkan bahan presentasi untuk pertemuan berikut. Selain itu silahkan amati video berikut untuk melihat apakah ada penerapan teori yang kalian bahas. Selamat bekerja
Tugas kalian adalah melaporkan hasil diskusi kelompok kalian hari ini
Silahkan kalian analisis video pembelajaran ini apakah guru telah mengaplikasikan teori psikologi kognitif..
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah kalian analisis pada forum diskusi kelas..
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah kalian amati di forum diskusi kelas..
Selanjutnya Anda diminta untuk menuju forum dibawah ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan satu kelompok Anda saja, dan membicarakan mengenai penyelesaian tugas kelompok anda.
- Diskusi tugas laporan analisis video pembelajaran perkelompok. Selain itu, Forum ini dibuat untuk kalian semua mendiskusikan bahan yang dikaji dan dipresentasikan pada pertemuan teori
PENUTUP
Kumpulkan laporan hasil diskusi kelompok anda di Vclass berikut.
Pertemuan 5: 17 Maret 2023
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas aplikasi/penerapan penerapan Teori Belajar Humanistik dan Teori Belajar Sibernetik dalam pembelajaran. Silahkan Anda semua amati video pembelajaran dalam waktu 20 menit, kemudian silahkan lanjutkan dengan diskusi apakah guru telah mengaplikasikan Teori Belajar Humanistik dan Teori Belajar Sibernetik dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandang teori belajar humanistik dan teori belajar sibernetik.
Tugas kalian adalah melaporkan hasil analisis video pembelajaran dalam bentuk makalah. Tugas ini merupakan tugas kelompok.
Silahkan kalian analisis video pembelajaran ini apakah guru telah mengaplikasikan teori humanistik dan sibernetik.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah Anda semua amati dan diskusikan apakah guru telah mengaplikasikan Teori Belajar Humanistik dan Teori Belajar Sibernetik dalam kelasnya.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah kalian amati di forum diskusi kelas..
Selanjutnya Anda diminta untuk menuju forum dibawah ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan satu kelompok Anda, dan membahas mengenai penyelesaian tugas laporan analisis video pembelajaran.
Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis video dan materi untuk di kelas teori yaitu Pendekatan Konstruktivisme. setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih
PENUTUP
Kumpulkan laporan hasil analisis video pembelajaran di Vclass berikut.
Pertemuan 6 (24 Maret 2023)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas materi tentang pendekatan pembelajaran Matematika khususnya pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Silahkan Anda masing masing mencari bahan kajian tentang materi tersebut lalu lanjutkan dengan diskusi dengan teman-teman sekelompok anda materi tersebut dan mencari video pembelajaran yang menurut kelompok anda telah mengaplikasikan pendekatan konstruktivisme dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandang pendekatan konstruktivisme. Lalu jelaskan pada bagian mana saja guru tersebut pada video pembelajaran menerapkan pendekatan konstruktivisme. Hasil diskusi ini kemudian menjadi tugas kelompok yang harus anda kumpukan. Kelompok terpilih akan presentasikan di pertemuan teori yang akan datang. .
Selanjutnya Anda diminta untuk menuju forum dibawah ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan satu kelompok Anda, dan membahas mengenai penyelesaian tugas mengkaji materi dan menganalisis video pembelajaran. Tulislah pada laporan kalian pada bagian mana saja guru pada video pembelajaran tersebut menerapkan pendekatan konstruktivisme.
Pertemuan 7 (31 Maret 2023)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentangn Pendekatan Scientific dalam pembelajaran. Silahkan Anda semua berdiskusi dengan kelompok masing-masing untuk mencari dan mengkaji materi terkait hal tersebut. Lalu amati video yang sudah anda amati minggu yang lalu, amati dan diskusikan apakah guru telah mengaplikasikan Pendekatan Scientific dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandang Pendekatan scientific Lalu jelaskan pada bagian mana saja guru tersebut pada video pembelajaran menerapkan Pendekatan scientific..
Tugas kalian adalah melaporkan hasil analisis materi dan analisi video pembelajaran dalam bentuk makalah. Tugas ini merupakan tugas kelompok.
Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis materi dan video untuk dipresentasikan pada kelas teori. setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih
Pertemuan 8 : 14 April 2023
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentangn Pendekatan Scientific dalam pembelajaran. Silahkan Anda semua berdiskusi dengan kelompok masing-masing untuk mencari dan mengkaji materi terkait hal tersebut. Lalu amati video yang sudah anda amati minggu yang lalu, amati dan diskusikan apakah guru telah mengaplikasikan Pendekatan pemecahan Masalah/ pendekatan Open Ended (Sesuaikan dengan Tugas presentasi kelompok anda) dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandang Pendekatan pembelajaran yang anda kaji, Lalu jelaskan pada bagian mana saja guru tersebut pada video pembelajaran menerapkan Pendekatan tersebut.
Tugas kalian adalah melaporkan hasil analisis materi dan analisi video pembelajaran dalam bentuk makalah. Tugas ini merupakan tugas kelompok.
Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis materi dan video untuk dipresentasikan pada kelas teori. Setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih
PENUTUP
Kumpulkan laporan hasil analisis materi dan video pembelajaran di Vclass berikut.
Pertemuan 9
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas tentang Pendekatan Realistik dan Penerapannya dalam pembelajaran. Silahkan bahas dengan teman teman anda lalu amati video pembelajaran dalam waktu 20 menit, kemudian silahkan lanjutkan dengan diskusi apakah guru telah mengaplikasikan Pendekatan Realistik dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandangPendekatan Realistik . Lalu jelaskan pada bagian mana saja guru tersebut pada video pembelajaran menerapkan Pendekatan Realistik .
Tugas kalian adalah melaporkan hasil analisis materi dan video pembelajaran dalam bentuk makalah. Tugas ini merupakan tugas kelompok.
PENUTUP
Kumpulkan laporan hasil analisis video pembelajaran di Vclass berikut. (Yang mengumpulkan tugas kelompok ini boleh hanya perwakilan dari kelompoknya).
Pertemuan 10 (22 April 2022)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas aplikasi/penerapan Metode Ceramah, metode ekspositori dan metode Demonstrasi dalam pembelajaran. Silahkan Anda semua amati video pembelajaran dalam waktu 20 menit, kemudian silahkan lanjutkan dengan diskusi apakah guru telah mengaplikasikan Metode Ceramah, metode ekspositori dan metode Demonstrasi dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandang Metode Ceramah, metode ekspositori dan metode Demonstrasi . Lalu jelaskan pada bagian mana saja guru tersebut pada video pembelajaran menerapkan Metode Ceramah, metode ekspositori dan metode Demonstrasi.
Tugas kalian adalah melaporkan hasil analisis video pembelajaran dalam bentuk makalah. Tugas ini merupakan tugas kelompok.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah Anda semua amati dan diskusikan apakah guru telah mengaplikasikan metode ceramah, metode ekspositori atau metode demonstrasi dalam kelasnya.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah kalian amati di forum diskusi kelas..
Selanjutnya Anda diminta untuk menuju forum dibawah ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan satu kelompok Anda, dan membahas mengenai penyelesaian tugas laporan analisis video pembelajaran. Tulislah pada laporan kalian pada bagian mana saja guru pada video pembelajaran tersebut menerapkan Metode ceramah, ekspositori dan demonstrasi.
Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis video dan materi untuk di kelas teori. setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih
PENUTUP
Kumpulkan laporan hasil analisis video pembelajaran di Vclass berikut.
(Yang mengumpulkan tugas kelompok ini boleh salah satu perwakilan dari kelompoknya).
Pertemuan 11: Metode Drill&latihan, Metode Tanya Jawab, dan Metode penemuan (10 Mei 2022)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan ini, kita akan membahas aplikasi/penerapan Metode Drill dan Latihan, Metode Tanya Jawab, Metode Penemuan dalam pembelajaran. Silahkan Anda semua amati video pembelajaran dalam waktu 20 menit, kemudian silahkan lanjutkan dengan diskusi apakah guru telah mengaplikasikan Metode Drill dan Latihan, Metode Tanya Jawab, Metode Penemuan dalam kelasnya. Pandanglah video pembelajaran tersebut dari sudut pandang Metode Drill dan Latihan, Metode Tanya Jawab, Metode Penemuan . Lalu jelaskan pada bagian mana saja guru tersebut pada video pembelajaran menerapkan Metode Drill dan Latihan, Metode Tanya Jawab, Metode Penemuan.
Tugas kalian adalah melaporkan hasil analisis video pembelajaran dalam bentuk makalah. Tugas ini merupakan tugas kelompok.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah Anda semua amati dan diskusikan apakah guru telah mengaplikasikan Metode Drill dan Latihan, Metode Tanya Jawab, Metode Penemuan dalam kelasnya.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai video pembelajaran yang sudah kalian amati di forum diskusi kelas..
Selanjutnya Anda diminta untuk menuju forum dibawah ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan satu kelompok Anda, dan membahas mengenai penyelesaian tugas laporan analisis video pembelajaran. Tulislah pada laporan kalian pada bagian mana saja guru pada video pembelajaran tersebut menerapkan Metode Drill dan Latihan, Metode Tanya Jawab, Metode Penemuan.
Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis video dan materi untuk di kelas teori. setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih
PENUTUP
Kumpulkan laporan hasil analisis video pembelajaran di Vclass berikut.
Kumpulkan tugas Analisis video pembelajaran disini (boleh salah satu anggota kelompok saja yang mengumpulkan)
Pertemuan 12 (19 Mei 2023)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan hari ini, kita akan membahas metode permainan apa saja yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas. Dengan harapan metode permainan yang diterapkan itu dapat membuat siswa memahami/mengkonstruksi suatu konsep atau memantapkan konsep matematika.
Silahkan kalian berkelompok dan lakukanlah kegiatan berikut untuk perkuliahan praktikum hari ini:
1. Carilah 5 metode permainan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika.
2. Diskusikanlah dengan teman sekelompokmu materi apa yang dapat diterapkan dalam metode permainan tersebut.
3. Buatlah rancangan penerapan metode tersebut dalam materi yang telah dipilih. Dalam rancangan tersebut berisi: Bagaimana tahap permainan yang dilakukan? Jelaskan. Apa konsep yang disampaikan dalam permainan?
4. Tuliskan tahapan pembelajaran untuk menerapkan metode permainan tersebut.
5. Buatlah laporan kegiatan kalian dalam bentuk word dan dikumpulkan di Vclass ini.
Diskusikan dalam diskusi kelas mengenai metode permainan apa saja yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika di kelas.
Selanjutnya Anda diminta untuk menuju forum dibawah ini untuk berkumpul dengan rekan-rekan satu kelompok Anda, dan membahas mengenai penyelesaian tugas .
PENUTUP
Kumpulkan tugas mengenai metode permainan di Vclass berikut.
Pertemuan 13 (20 Mei 2022)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan praktikum minggu ini adalah kalian mulai bekerja untuk OBSERVASI Pembelajaran Matematika di Sekolah. Silahkan kalian segera memulai mencari sekolah, membuat surat izin, membuat kesepakatan hari dan waktu dengan sekolah kapan kalian akan melakukan observasi kelas pembelajaran matematika di sekolah. Waktu pelaksanaan observasi tidak harus setiap hari Jum'at, kalian diberi rentang waktu dari mulai minggu ini sampai dengan minggu kuliah praktikum pertemuan ke 15. Satu sekolah bisa 2 kelompok dengan mengobservasi kelas yang berbeda.
Hal yang diperhatikan dalam observasi kelas pembelajaran matematika yaitu:
1. Teori belajar, metode, strategi, pendekatan atau model apakah yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran matematika di kelas.
2. Bagaimana metode, strategi, pendekatan dan model pembelajaran matematika di kelas yang diterapkan oleh guru?
3. Bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan oleh guru tersebut?
Adapun lembar observasi yang perlu kalian selesaikan selama mengobservasi pembelajaran matematika di kelas sebagai berikut.
Pertemuan 14 (27 Mei 2022)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan praktikum minggu ini adalah kalian masih bekerja untuk OBSERVASI Kelas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Waktu pelaksanaan observasi ke Sekolah kalian diberi rentang waktu dari mulai praktikum minggu ke 13 sampai dengan minggu kuliah praktikum pertemuan ke 15. Satu sekolah bisa 2 kelompok dengan mengobservasi kelas yang berbeda.
Selamat bekerja, semoga lancar dan berhasil! :)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan praktikum minggu ini adalah kalian masih bekerja untuk OBSERVASI Kelas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Waktu pelaksanaan observasi ke Sekolah kalian diberi rentang waktu dari mulai praktikum minggu ke 13 sampai dengan minggu kuliah praktikum pertemuan ke 15. Satu sekolah bisa 2 kelompok dengan mengobservasi kelas yang berbeda.
Selamat bekerja, semoga lancar dan berhasil! :)
Pertemuan 15 (3 Juni 2022)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan praktikum minggu ini adalah kalian masih bekerja untuk OBSERVASI Kelas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Waktu pelaksanaan observasi ke Sekolah kalian diberi rentang waktu dari mulai praktikum minggu ke 13 sampai dengan minggu kuliah praktikum pertemuan ke 15. Satu sekolah bisa 2 kelompok dengan mengobservasi kelas yang berbeda.
Selamat bekerja, semoga lancar dan berhasil! :)
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pada pertemuan praktikum minggu ini adalah kalian masih bekerja untuk OBSERVASI Kelas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Waktu pelaksanaan observasi ke Sekolah kalian diberi rentang waktu dari mulai praktikum minggu ke 13 sampai dengan minggu kuliah praktikum pertemuan ke 15. Satu sekolah bisa 2 kelompok dengan mengobservasi kelas yang berbeda.
Selamat bekerja, semoga lancar dan berhasil! :)
Pertemuan 16 (9 Juni 2023): Ujian Akhir Praktikum
- PENDAHULUANAssalamualaikum. Selamat Pagi dan salam sehat untuk kita semua. Selamat bertemu kembali dalam Praktikum Strategi Pembelajaran Matematika (SPM). Sebelum memulai aktivitas, silahkan mengisi daftar hadir terlebih dahulu.
KEGIATAN INTI
Pertemuan hari ini kita Ujian Akhir Praktikum yaitu pengumpulan tugas Laporan Hasil Observasi Kelas di Sekolah.
Silahkan kumpulkan laporan hasil observasi di Vclass ini.
Yang mengumpulkan boleh salah satu perwakilan kelompok.
Kumpulkan Laporan Hasil Obsevasi kelas di Sekolah kelompok kalian.