Forum Diskusi Kelompok
Ini adalah forum diskusi kelompok untuk mendiskusikan laporan hasil analisis video dan materi untuk di kelas teori yaitu Pendekatan Konstruktivisme. setiap kelompok membuka forum diskusi masing-masing kelompoknya dan berdiskusi dalam kelompok tersebut hingga perkuliahan berakhir dipimpin oleh ketua kelompok. Terimakasih
Re: Forum Diskusi Kelompok
Untuk kelompok 5 kita diskusi mengenai laporan analisis video terlebih dahulu ya. Nah, menurut saya seperti ini:
Guru pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik. Meskipun penerapan teori tersebut tidak terlalu terlihat, akan tetapi beberapa aktivitas yang terjadi selama proses pembelajaran menunjukkan adanya penerapan dari kedua teori tersebut. Contohnya di saat guru bertaya mengenai bentuk grafik fungsi dan siswa menjawab bahwa mereka tidak tahu. Guru tersebut memberikan tampilan langsung dengan memanfaatkan geogebra. Setelah itu, tampilan tersebut akan membantu siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang sudah diberikan. Disini terlihat bagaimana guru mampu memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya. Ini adalah salah satu bentuk dari penerapan teori sibernetik.
Selain itu pula, bagaimana guru melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba langsung cara menggunakan geogebra untuk membantu mereka agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Pada video juga terlihat bahwa guru dengan ramah membantu siswa, disinilah terlihat bagaimana peran guru sebagai fasilitator yang menjadi kunci dari teori belajar humanistik. Yaitu bagaimana guru tersebut mampu menghargai berbagai ide dan pendapat dari siswa. Karena guru yang baik dalam teori belajar humanistik ini adalah guru yang mampu menyediakan berbagai sumber informasi untuk siswanya dengan melihat penting kondisi emosional siswa.
Untuk yang punya tambahan pendapat bisa langsung reply. Atau kalau menurut kalian ada yang salah atau tidak sesuai bisa langsung bilang ya
Saya sependapat dengan pendapat saudari Jihan, dimana peran guru sebagai fasilitator yang memberikan perhatian mulai dari suasana awal, situasi kelompok hingga pengalaman kelas. Kemudian dia mencoba mengatur dan menyediakan sumber-sumber yang paling luas dan mudah dimanfaatkan oleh siswa dalam membantu mencapai tujuan mereka, salah satunya pengaplikasian geogebra secara langsung terhadap siswanya.
Re: Forum Diskusi Kelompok
Disini saya izin berpendapat.
Saya sangat setuju dengan apa yang di sampaikan jihan, peran guru memang sangat penting terhadap perkembangan siswa, dimana guru harus sangat paham mengenai apa yang di sampaikannya dan juga harus paham mengenai siswanya bahwa siswa menerima suatu informasi baru akan membutuhkan proses untuk diterima di otak maka peran guru disini sangat penting untuk membuat pemahaman siswa terbentuk, peran guru pun sebagai fasilitator siswa dalam memberukan perhatian dan memahami emosional siswanya.
Re: Forum Diskusi Kelompok
saya setuju dengan saudari jihan, guru sebagai fasilitator memberikan penjelasan materi serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berdiskusi serta dan berproses (dari yang belum paham menjadi lebih paham) dengan mengerjakan soal serta geogebra dalam pemaparannya
hal inilah yang membuat pembelajaran yang dilakukan menjadi lebih interaktif
Berikut adalah proses pembelajaran yang dilalui pada video tersebut secara singkat :
-guru melakukan persiapan sebelum mengajar
-guru melakukan tanya jawab terkait pembelajaran sebelumnya
-guru melakukan pembelajaran menggunakan tayangan power point serta menyampaikan tujuan pembelajaran
-peserta didik melakukan kegiatan berkelompok (sesi tanya jawab) untuk mendiskusikan soal fungsi kuadrat kemudian guru memastikan apakah peserta didik sudah mengetahui bentuk grafik di salah satu soal yang diberikan saat kegiatan kerja kelompok, kemudian ketika peserta didik belum mengerti, guru pun menjelaskan (menggambarkan fungsi kuadrat) menggunakan aplikasi geogebra
-lalu, kegiatan berkelompok dilanjutkan dengan mengerjakan lembar kerja/soal,
-peserta didik melakukan presentasi untuk memaparkan hasil diskusinya dengan membacakan hasil pengerjaan soal serta melakukan presentasi menggunakan geogebra
kemudian di sesi terakhir guru menyimpulkan hasil pembelajaran dengan menjelaskan kembali apa yang sudah dipelajari serta menanyakan kembali kepada peserta didik untuk memastikan apakah mereka sudah memahami materi persamaan kuadrat yang sudah dipelajari.
Jadi menurut saya dilihat dari proses pembelajarannya, pada video tersebut salah satu contoh teori sibernetik adalah guru memastikan apakah siswa sudah memahami materi yang disampaikan selama proses belajar kemudian jika dirasa siswa belum paham guru menjelaskan ulang setelah itu baru guru menyakan kembali untuk memastikan lagi apakah siswa sudah memahami materi, kemudian contoh penerapan teori sibernetiknya adalah guru menggunakan geogebra untuk menjelaskan(menggambarkan grafik) serta siswa diberikan kesempatan untuk menggunakan geogebra saat presentasi.
Re: Forum Diskusi Kelompok
Sebelumnya saya memohon maaf apabila terdapat kesalahan. Saya akhiri, waalssalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Menurut pendapat saya kegiatan belajar mengajar oleh guru dalam video yang telah disajikan sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik.
Pada pembelajaran tersebut guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan diri melalui diskusi kelompok yang kemudian mempresentasikan hasil diskusinya dan juga guru tersebut memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar yang beragam yaitu LKPD dan geogebra. Fakta ini menunjukkan bahwasannya guru tersebut telah menerapkan teori humanistik (memanusiakan manusia).
Guru dalam video tersebut juga membimbing peserta didik memahami informasi yang cocok, membantu siswa memahami konsep dari fungsi kuadrat, yang pada dasarnya mengedepankan suatu proses yang diharapkan pembelajaran tersebut tidak hanya tersimpan di short-term (working) memory tetapi tersimpan selamanya di long-term memory. Sehingga dapat disimpulkan guru tersebut telah menerapkan teori sibernetik dalam pembelajaran.
Bagaimana menurutmu? setujukah?
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Oiya put, apa pendapatmu tentang pembelajaran matematika yang menerapkan teori Pendekatan Konstruktivisme?
Re: Forum Diskusi Kelompok
Dhani, Muh Ilham, Tian Abdul Aziz, and Lukman El Hakim. (2022). "Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Konstruktivisme." JURNAL PENDIDIKAN MIPA Vol.12 No.4 .
Re: Forum Diskusi Kelompok
Baiklah sepertinya waktu berdiskusi di fordis ini sudah berakhir, kalau begitu nanti kita lanjutkan pembahasannya di wa group ya temen-temen kelompok 2!
Saya selaku ketua kelompok mohon maaf atas segala kekurangan dan kesalahan saya ya! Sampai jumpa!
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Hasil analisis saya terhadap video pembelajaran tersebut. Pada teori humanistik tujuan pembelajaran lebih kepada proses belajarnya daripada hasil belajar. Dan pada video pembelajaran tersebut, guru telah melakukan proses pembelajaran sebagai tujuan pembelajaran teori humanistik yaitu merumuskan tujuan belajar yang jelas, siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat (hal ini telah diterapkan pada video pemelajaran dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang diajukan), guru menerima siswa apa adanya (dibuktikan dengan guru bersikap tidak mengintimidasi siswa yang belum tahu dan guru menghargai jawaban yang dikemukakan oleh siswa). Kemudian prinsip belajar teori humanistik adalah belajar yang bermakna diperoleh jika siswa melakukannya, belajar lancar jika siswa dilibatkan dalam proses belajar dan belajar yang melibatkan siswa seutuhnya dapat memberi hasil yang mendalam (prinsip ini telah diterapkan oleh guru dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan diskusi kelompok dan diberikan kesempatan untuk turut menggunakan geogerba).
Dalam video pembelajaran tersebut juga telah menerapkan teori sibernetik ditunjukkan dengan saat guru bertanya apakah siswa mengetahui bentuk kurva y=x^2-4x dan siswa menjawab belum tahu, guru tersebut menunjukkan kurva dengan bantuan geogebra, dan dengan bantuan gambar yang guru berikan siswa diminta mengerjakan LKPD yang telah disediakan. Ini berarti guru memahami bahwa sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Dan pada proses pembelajaran, guru bertanya apakah siswa memahami materi yang dijelaskan dan siswa menjawab, ini merupakan sebuah feedback yang diharapkan pada teori sibernetik.
Kemudian, berdasarkan video tersebut dalam menerapkan teori sibernetik dilakukan langkah-langkah yang diterapkan oleh guru dalam mencapai proses pembelajaran yang baik, yaitu memanfaatkan aplikasi Geogebra, siswa berperan pada saat mencoba membuat grafik fungsi secara langsung di aplikasi geogebra. Akan tetapi, lebih baik lagi jika guru menjelaskan pula bagaimana cara membuat grafik secara manual, agar siswa paham dalam menggambar grafik yang tepat, konsep yang tertanam kepada siswa itu akan lebih baik dan tidak terus menerus mengandalkan aplikasi geogebra dalam pembelajaran, yang mana nantinya dapat membuat siswa itu malas berfikir.
Pembagian kelompok dan mengerjakan LKPD, mengikutsertakan siswa dalam mencoba langsung penggunaan geogebra, dan menghargai pendapat siswa dengan ramah menjadi salah satu penerapan pembelajaran sibernetik dan humanistik
Menurut kalian bagaimana?
Re: Forum Diskusi Kelompok
Selamat pagi teman-teman Kelompok 3
1. Azzahra Nurmala Zellin 2053021004
2. Annisa Nur Efanti 2053021002
3. Puja Rosfarita 2113021041
4. Monalisa Masyiakh 2153021005
5. Faris Suci Senaila 2113021069
Hari ini kita akan mendiskusikan terkait video pembelajaran yang telah kita saksikan. Kita akan menganalisis laporan hasil video. Kita juga membahas materi pada teori belajar humanistik dan sibernetik.
Silahkan kepada rekan-rekan semua untuk berpendapat, disilahkan
Re: Forum Diskusi Kelompok
• sebelum guru memulai pembelajaran inti, guru terlebih dahulu merumuskan “Tujuan Belajar” supaya siswa mengeathui capaian belajar yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran tersebut.
• kemudian guru mengusahakan partispasi aktif dari sswa melalui diskusi kelompok yang sudah dibentuk sebelumnya.
• Setelah itu Guru mendorong siswa untuk mengembangkan kesangguoan siswa untuk belajar atas inisiatif sendiri. yaitu dengan mempresentasikan hasil diskusi
mereka terhadap kelompoknya. serta mendorong siswa untuk berfikir kritis, memaknai proses pembelajaran secara mandiri. Dalam video tersebut terlihat ketika siswa
mendiskusikan soal yang diberika oleh guru bersama dengan kelompoknya. Siswa dituntut untuk belajar mandiri untuk memecahkan soal tersebut.
• Siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat hal itu terlhat ketika guru menanyakan pendapat dari salah satu siswa pada kelompok 1 dan kelompok terakhir mengenai bentuk kurva.
Kemudian untuk Penerapan Teori Sibernetik pada video tersebut yaitu:
• Teori sibernetik pada video pembelajaran tersebut terlhat ketika Guru melakukan tindakan untuk menarik perhatian siswa , hal itu dilakukan ketika Guru memberikan
pertanyaan secara individu kepada siswa dan siswa memberikan feedback dengan menjawab pertanyaan guru.
• kemudian sebelum memulai pembelajaran inti guru memberitahu mengenai tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
• Menyampaikan isi pembelajaran yang dibahas sesuai dengan topic yang telah ditetapkan yaitu pada video pembelajaran tersebut mengenai materi Fungsi Kuadrat.
Guru menyampaikan ulasan materi dan kemudian memberikan rangsangan kepada siswa sehingga siswa bisa memberikan feedback atas rangsangan tersebut.
Jika dari teman-teman ada yang ingin menambahkan pendapatnya dipersilakan
Re: Forum Diskusi Kelompok
Pada teori humanistik, pada awal pembelajaran guru memberitahukan tujuan pembelajaran terlebih dahulu sebelum menjelaskan materi pada pertemuan tersebut.
Setelah itu guru mendorong siswa agar lebih aktif dalam merespon pembelajaran agar suasana kelas menjadi aktif.
Kemudian guru mendorong kesanggupan siswa untuk belajar mandiri/inisiatif sendiri seperti memecahkan permasalahan soal yang telah diberikan guru untuk dikerjakan secara berkelompok tanpa bantuan guru. Siswa juga mempresentasikan hasil diskusi yang telah diperoleh dari kelompoknya masing masing.
Dalam hal siswa menyelesaikan soal secara berkelompok, akan membuat siswa berfikir kritis terhadap permasalahan soal dsn berdiskusi dengan teman kelompoknya masing-masing.
Kemudian guru menanyakan pendapat dari perwakilan kelompok mengenai bentuk kurva. Hal ini menandakan bahwa siswa didorong untuk bebas mengemukakan pendapat di dalam pembelajaran.
Pada teori Sibernetik, guru memberitahukan tujuan pembelajaran pada pertemuan tersebut. Guru juga menentukan materi pembelajaran dan menjelaskan mengenai materi tersebut. Setelah itu guru mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pelajaran tersebut. Maksudnya adalah guru menjelaskan materi umum yang akan dijelaskan secara langsung dengan siswa. Kemudian guru menentukan pendekatan belajar secara berkelompok dengan membuat sbeberapa kelompok untuk menyelesaikan permasalahan soal yang telah diberikan oleh guru. Guru juga membimbing siswa dalam menerapkan proses pembelajaran berkelompok dan menjelaskan beberapa hal tentang kurva.
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Menurut saya dari video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan teori belajar sibernetik. Contoh penerapan nya pada awal pembelajaran guru memulai dengan berdoa dan menanyakan kabar siswa untuk membangun keakraban dengan siswa tersebut. Kemudian guru memberikan informasi terkait materi yang akan diajarkan serta mengajarkan penggunaan aplikasi geogebra untuk menunjang penjelasan materi tersebut. Selain itu guru membangun rasa kepercayaan diri siswa dengan melakukan presentasi dan tanya jawab terkait hasil diskusi kelompok mengenai LKPD yang telah diberikan.
Terimakasih.
Re: Forum Diskusi Kelompok
Mohon koreksinya bu
1. Salsabila Torisa 2113021037
2. Remalia Ayu Septina 2113021023
3. Hana Sajidah 2113021031
4. Aldelia Destiana Putri 2113021043
5. Muthiah Qonita 2153021001
dan juga sesuai dengan teori sibernetik dimana belajar adalah pengolahan informasi.
Re: Forum Diskusi Kelompok
2113021031
Berdasarkan video pembelajaran matematika SMP Kurikulum 2013 yang sudah saya amati, terlihat bahwa guru sudah mengaplikasikan teori humanistik dan teori sibernetik. Guru mampu memahami lingkungan sekitar dengan cara menjelaskan tujuan pembelajaran, agar siswa lebih paham tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan ini. Di video tersebut guru sebagai fasilitator melakukan model pembelajaran cooperative learning yang mana model pembelajaran ini dapat memfasilitasi siswa untuk mempermudah memahami konsep materi, hal ini tentu saja sejalan dengan teori belajar Humanistik. Dalam video tersebut guru mampu mengaplikasikan teori belajar Sibernetik dalam kegiatan pembelajaran, ditandai dengan kegiatan tanya jawab yang dilakukan guru dan siswa. Umpan balik yang dilakukan untuk mengetahui bahwa materi yang disampaikan telah dipahami. Di akhir video juga guru mengajak siswa untuk menarik kesimpulan tentang pembelajaran yang telah dilakukan, hal ini sangat sejalan dengan teori belajar Sibernetik bahwa guru telah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengingat dan menggunakan hasil pembelajaran.
Re: Forum Diskusi Kelompok
Guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik.
berdasarkan dari vidio yang telah saya amati sebelumnya
Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru tersebut sudah baik dan terstruktur mulai dari mengulas materi yang telah di pelajari, kemudian melakukan tanya jawab dan berdiskusi kelompok. Dan saat proses diskusi guru tersebut melibatkan langsung siswanya. Sehingga hal tersebut membuat siswa bergerak untuk memahami dan mencoba aplikasi geogebra secara langsung. Dalam vidio dapat kita lihat bahwa guru tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik yaitu melibatkan siswanya secara langsung, memberikan ruang untuk berdiskusi dan menjelaskan secara rinci mengenai materi yang akan diajarkan.
Re: Forum Diskusi Kelompok
Itu menurut saya, apa dari kel 6 ada yg punya tanggapan lain ?
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Menurut saya, guru pada video tersebut sudah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik.
Dimana teori belajar humanistik berupa
guru melibatkan siswa selama proses pembelajaran. Dengan cara memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencoba langsung cara menggunakan aplikasi geogebra untuk membantu mereka agar lebih paham dengan materi yang diajarkan. Pada video juga terlihat bahwa guru membantu siswa disaat siswa mendapati kesulitan kesulitan, disinilah terlihat bagaimana peran guru sebagai fasilitator.
Sedangkan teori belajar sibernetik yang diberikan oleh guru dan diterapkan oleh siswa berupa pemberian materi oleh guru yaitu sebuah informasi untuk dapat diterima oleh siswa itu membutuhkan proses. Sehingga diperlukan langkah-langkah dan pendekatan yang tepat untuk membuat siswa memahami apa yang ingin disampaikannya(encoding), lalu siswa menyimak (storage) serta siswa menyampaikan materi yang telah di simak tersebut melalui presentasi (retrieval)
-Jendhiya Reviantri 2113021067
-Hasna Mufidah 2113021057
-Nadya El-Sodja 2113021011
-Ani Aprilia Putri 2153021003
-Dian Marsalia 2113021003
diskusi video pembelajaran hari ini yuk
Kalau menurut akuu berdasarkan video tersebut, strategi pembelajaran tersebut telah menerapkan teori belajar humanistik dan sibernetik dengan cukup baik.
Kenapa?
nih, pertama dilihat dari teori humanistik, teori humanistik memandang kalau belajar adalah proses menemukan potensi diri sebagai upaya untuk memanusiakan manusia. Dengan kata lain, individu menggali sendiri kemampuannya untuk kemudian diterapkan dalam lingkungannya. Berdasarkan video tersebut, dalam proses belajarnya, siswa berusaha agar lambatlaun ia mampu mencapai aktualisasi diri dengan sebaik- baiknya dibuktikan dengan ada beberapa siswa yang sudah memberanikan dirinya untuk ikut terlibat dalam proses pembelajaran atas kemauannya sendiri. Peran guru tersebut juga mampu menjadi fasilitator dalam tujuan pembelajaran untuk peserta didik agar potensi yang dimilikinya dapat berkembang dengan baik secara positif dilihat pada awal pembelajaran dilakukan doa bersama sebelum belajar, guru menanyakan kabar siswa, kemudian memberikan penjelasan konsep diikuti dengan keterlibatan siswa, mengerjakan tugas secara berkelompok, dan melakukan tahap kesimpulan, diakhiri dengan doa kembali.
Kemudian, kalau teori sibernetik secara sederhana dapat dikatakan sebagai teori belajar yang menekankan pada penyimpanan informasi. berdasarkan video tersebut dalam menerapkan teori sibernetik dilakukan langkah-langkah yang diterapkan oleh guru dalam mencapai proses pembelajaran yang baik, yaitu.
1. Menentukan tujuan-tujuan pembelajaran;
2. Menentukan materi pembelajaran yaitu fungsi kuadrat;
3. Mengkaji sistem informasi yang terkandung dalam materi pembelajaran yaitu mengenai bentuk umum dari fungsi kuadrat dan grafiknya, dan menggunakan media pembelajaran berupa geogebra.
pada strategi pembelajaran yang dilakukan guru tersebut juga menerapkan komponen yang terdapat dalam teori sibernetik, yaitu:
1. Sensory memory
dimana informasi-informasi mengenai fungsi kuadrat yang diberikan pertama kali diterima oleh sel informasi siswa dan akan tersimpan secara singkat mengenai materi tersebut.
2. Working Memory dan short term memory
dimana Informasi fungsi kuadrat yang diterima oleh siswa dan mendapat perhatian akan dikirimkan ke dalam sistem short term memory, pada tahap ini dilakukan proses pembelajaran yaitu mengerjakan latihan lkpd secara berkelompok sehingga akan menjaga ingatan mengenai fungsi kuadrat lebih lama
3. Long Term Memory
dimana jika sekali informasi disimpan di dalam long term memory maka tidak akan permah terhapus atau hilang. Artinya jika informasi ditata dengan baik maka akan memudahkan proses penelusuran dan pemunculan kembali informasi yang diperlukan. Berdasarkan video tersebut, dilakukan recalling materi fungsi kuadrat pada tahap kesimpulan dan melakukan konfirmasi serta validasi materi tersebut. Pada awal pembelajaran pun kembali mengulas sedikit pada materi sebelumnya sehingga itu merupakan suatu bentuk dalam membantu siswa untuk tetap memiliki dan mengingat materi yang telah dipelajari.
Begiti juga dengan teori sibernetik guru memberikan komunikasi dan akan mendapatkan umpan balik terkait materi yang disampaikan
Re: Forum Diskusi Kelompok
Lutfiyah Hasna Sulistia 2113021001
Hawa Prihatiningsih 2113021021
Aldo Ernanda 2113021047
Aisyah Inayatullah Atnar 2113021071
Rahma Diana Lutfi 2113021083
Re: Forum Diskusi Kelompok
Re: Forum Diskusi Kelompok
Saya setuju pendapat saudari Aisyah
Menurut saya, dalam video pembelajaran tersebut guru telah menerapkan teori belajar Humanistik, yaitu:
• Guru sebagai fasilitator dalam pemahaman materi.
• Kejelasan dalam tugas kelompok dalam pembelajaran.
• Guru mempunyai keterampilan komunikasi yang baik.
• Melibatkan siswa dalam proses belajar sehingga proses belajar lancar.
Guru juga telah menerapkan teori belajar Sibernetik:
• Sebelum masuk ke kelas guru mempersiapkan materi pembelajaran, menyusun materi pembelajaran dalam urutan yang sesuai dan mengulas kembali materi sebelumnya, serta menyajikan materi dan membimbing siswa belajar.
• Memberikan informasi kepada siswa tentang tujuan pengajaran dan topik yang akan dibahas.
• Merangsang siswa untuk memulai aktivitas pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja atau LKPD.
• Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan kesimpulan diakhir pembelajaran.
Terima kasih.