Weekly outline
General
(Dasar-dasar Evaluasi Pebelajaran)
silahkan isi daftra hadir sebelum perkuliahan dimulai
Didkusikan pertanyaan berikut
1. Apa perbedaan evaluasi dgn asesmen?
silahkan isi daftra hadir sebelum perkuliahan dimulai
Didkusikan pertanyaan berikut
1. Apa perbedaan evaluasi dgn asesmen?
(Hasil Belajar)
hasil belajar: kognitif, afektif dan psikomotorik
Diskusikan dengan kelompokmu pertanyaan berikut ini
1. Jelaskan perbedaan pengertian evaluasi dengan asesmen
2. Berikan contoh penggunaan kata evaluasi
3. Berikan contoh penggunaan kata asesmen
Diskusikan dengan kelompokmu pertanyaan berikut ini
1. Jelaskan perbedaan pengertian evaluasi dengan asesmen
2. Berikan contoh penggunaan kata evaluasi
3. Berikan contoh penggunaan kata asesmen
Pertemuan ke 3 (
Tujuan pembelajaran hari ni:
1. Membedakan instrumen evaluasi hasil belajar dengan teknik tes dan non tes
2. Menjelaskan contoh instrumen tes dan non tes
4. Terampil membuat instrumen tes
Pertemuan 4:
Prosedur pengembangan tes hasil belajar & Menyusun kisi-kisi dan kaidah penulisan butir soal
Pertemuan ke 5:
Penyusunan tes hasil belaja (Kisi-kisi Soal)
evaluasi
Tabik Pun Silahkan isi presensi ya
Perkuliahan menggunakan google meeting...link menyusul di grup wa
Tabik Pun Silahkan isi presensi ya
Perkuliahan menggunakan google meeting...link menyusul di grup wa
analisis kualitatif: Berti
silahkan dikumpulkan disini ya
Materi 1 Analisis Kualitatif
silahkan dikumpulkan disini ya
Materi 1 Analisis Kualitatif
Topik 8. Analisis Butir soal Kualitaitf dan Kuantitatif
- SIlahkan isi presensi ya
Silahkan isi presensi praktikumnya
Silahkan disimak dan dipelajari
- SIlahkan isi presensi ya
Silahkan isi presensi praktikumnya
Silahkan disimak dan dipelajari
Buat kunci jawaban dan sebaran jawaban siswa sebanyak 5 soal
analisis validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan pengecoh
soal dan jawaban tidak boleh sama. bila sama, maka nilainya 0
paling lambat dikumpul jumat 11 nopember pkl 22.00 di sini
Topik 9:Penilaian autentik (penilaian sikap social dan spiritual dikembangkan melalui self assessment, peer assessment, observasi)
Pahamilah penjelasan tantang penilaian autentik dari video ini
pahamilah penjelasan tentang penilaian autentik dari video ini
Pahamilah penjelasan tantang penilaian autentik dari video ini
pahamilah penjelasan tentang penilaian autentik dari video ini
12 September - 18 September
isilah daftar hadir sebelum perkuliahan dimulai
assalamualaikum.
Para mahasiswa silahkan mengunduh e-book tentang sesmen kinerja ini
instruksi pembelajaran
silahkan anda membaca buku tersebut dari hal 1 sampai dengan halaman 10. waktu untuk membaca 30 menit.
selanjutnya silahkan anda tuliskan hal-hal yang kurang jelas . (masing-masing 2 pertanyaan).
Para mahasiswa, selanjutnya diskusi akan dilaksanakan di google meet
isilah daftar hadir sebelum perkuliahan dimulai
assalamualaikum.
Para mahasiswa silahkan mengunduh e-book tentang sesmen kinerja ini
instruksi pembelajaran
silahkan anda membaca buku tersebut dari hal 1 sampai dengan halaman 10. waktu untuk membaca 30 menit.
selanjutnya silahkan anda tuliskan hal-hal yang kurang jelas . (masing-masing 2 pertanyaan).
Para mahasiswa, selanjutnya diskusi akan dilaksanakan di google meet
19 September - 25 September
baca dan pahamilah konsep-konsep asesmen kinerja pada ppt ini
Isilah daftar hadir sebelum memulai perkuliahan
Silahkan dibaca e-book ini dari hal 11 sampai halaman 29.
Gunakan e-book sebagai panduan praktikum penyusunan asesmen kinerja.
Tugas untuk praktikum
1. Berdasarkan wacana pada e-book halaman 3-10 tentang bentuk-bentuk penilaian kinerja, buatlah contoh masing-masing 2 untuk setiap bentuk penilaian kinserja (penilaian proses, penilaian produk dan penilaian sikap).
2. Topik penilaian diambil dari Kurikulum 13
3. Pembagian topik pada K13 sebagai berikut:
Mahasiswa dengan urutan NPM 1-15 mengambil dari K 13 untuk SMP, dan nomor urut selanjutnya dari K13 untuk SMA.
4.
baca dan pahamilah konsep-konsep asesmen kinerja pada ppt ini
Isilah daftar hadir sebelum memulai perkuliahan
Silahkan dibaca e-book ini dari hal 11 sampai halaman 29.
Gunakan e-book sebagai panduan praktikum penyusunan asesmen kinerja.
Tugas untuk praktikum
1. Berdasarkan wacana pada e-book halaman 3-10 tentang bentuk-bentuk penilaian kinerja, buatlah contoh masing-masing 2 untuk setiap bentuk penilaian kinserja (penilaian proses, penilaian produk dan penilaian sikap).
2. Topik penilaian diambil dari Kurikulum 13
3. Pembagian topik pada K13 sebagai berikut:
Mahasiswa dengan urutan NPM 1-15 mengambil dari K 13 untuk SMP, dan nomor urut selanjutnya dari K13 untuk SMA.
4.
26 September - 2 October
Isilah daftar hadir sebelum dimulai perkuliahan
1. Simaklah buku Panduan penilaian Kinerja (hal 30 sd 40)
2. Diskusikan tentang penilaian proses dan penilaian produk.
Dengan mengacu pada buku Penilaian asesmen kinerja hal 29-51
Isilah daftar hadir sebelum dimulai perkuliahan
1. Simaklah buku Panduan penilaian Kinerja (hal 30 sd 40)
2. Diskusikan tentang penilaian proses dan penilaian produk.
Dengan mengacu pada buku Penilaian asesmen kinerja hal 29-51
3 October - 9 October
isilah daftar hadirnya sebelum memulai perkuliahan
Buatlah penilaian kinerja untuk menilai proses dan praktik. topik penilaian diambil dari Kurikulum 13 ( KD sesuai dengan yang telah dibagi)
isilah daftar hadirnya sebelum memulai perkuliahan
Buatlah penilaian kinerja untuk menilai proses dan praktik. topik penilaian diambil dari Kurikulum 13 ( KD sesuai dengan yang telah dibagi)
10 October - 16 October
Validitas dan reliabilitas
tabik pun .. silahkan isi presensi ya
Tabik Pun..silahkan isi presensi praktikum ya
Silahkan dicermati validitas dan reliabilitas, lalu sebaran nilai mahasiswa. Selanjutnya analisislah menggunakan program komputer (spss/iteman/excell)
kunci jawaban
no nama a a c d e c a b d e
1. adi a b d e e b a c e d
2. ami c b d e d b c a d e
3. Ali a c b d e d c b e d
4. aci a e b d c e a d c d
5. afi e d c b a d c e c b
tabik pun .. silahkan isi presensi ya
Tabik Pun..silahkan isi presensi praktikum ya
Silahkan dicermati validitas dan reliabilitas, lalu sebaran nilai mahasiswa. Selanjutnya analisislah menggunakan program komputer (spss/iteman/excell)
kunci jawaban
no nama a a c d e c a b d e
1. adi a b d e e b a c e d
2. ami c b d e d b c a d e
3. Ali a c b d e d c b e d
4. aci a e b d c e a d c d
5. afi e d c b a d c e c b
17 October - 23 October
1. Pengolahan hasil tes dan penentuan nilai akhir serta tindak lanjut hasil penilaian
2. Penilaian acuan normal dan penilaian acuan patokan
Tabik Pun.. silahkan isi presensi ya
Tabik Pun... silahkan isi presensi ya
silahkan dipahami ya
Silahkan dipahami
Tabik Pun.. silahkan isi presensi ya
Tabik Pun... silahkan isi presensi ya
silahkan dipahami ya
Silahkan dipahami
silahkn dikumpulkan disini tugas refleksi individu
mahasiswa, tugas ini adalah tugas kelompok, jadi perwakilan saja mengunggahnya di v class, kerjakan bersama dan upayakan pertanyaan penjelasan setiap tabel (alasan kenapa valid, kenapa tidak valid, kenapa pengecoh berfungsi, kenapa pengecoh tidak berfungsi) dituliskan untuk setiap soal. tugas ini dikumpul paling lambat hari sabtu pkl 12.00 tgl 10 desember 2022
24 October - 30 October
Ujian akhir semester
Silahkan isi presensi UASnya
Petunjuk
1. mahasiswa nomor absen 1-10 menganalisis Kurikulum SD kelas 4 dan 5
2. Mahasiswa nomor absen 11-20 menganalisis kurikulum kelas 6 SD dan kelas 7
3. Mahasiswa nomor absen 21-30 menganalisis kurikulum kelas 8 dan 9
Pertanyaan : analisislah model IPA terpadu mana yang paling sesuai digunakan untuk mengajarkan konsep pada KD ( sesuai dengan tugas masing2). model IPA yang pilih boleh lebih dari 2. Selanjutnya tuliskan alasan pemilihan model etrsebut.
Silahkan isi presensi UASnya
Petunjuk
1. mahasiswa nomor absen 1-10 menganalisis Kurikulum SD kelas 4 dan 5
2. Mahasiswa nomor absen 11-20 menganalisis kurikulum kelas 6 SD dan kelas 7
3. Mahasiswa nomor absen 21-30 menganalisis kurikulum kelas 8 dan 9
Pertanyaan : analisislah model IPA terpadu mana yang paling sesuai digunakan untuk mengajarkan konsep pada KD ( sesuai dengan tugas masing2). model IPA yang pilih boleh lebih dari 2. Selanjutnya tuliskan alasan pemilihan model etrsebut.