Weekly outline
General
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Selamat bergabung para mahasiswa yang memiliki jiwa pebisnis.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.Selamat bertemu di Mata kuliah Daring E-Busines ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1Sarjana pada jurusan ilmu administrasi bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, Matakuliah ini memiliki bobot 3 SKS, dengan dua teori dan satu praktikum.
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Diang Adistya,S.Kom.,M.Si
E-Business (Electronic Business) bukanlah merupakan sebuah istilah yang asing di telinga para manajer dan praktisi bisnis di era moderen. Perkembangan teknologi komputer dan telekomunikasi yang disertai dengan berbagai perubahan paradigma dalam mengelola bisnis di era globalisasi telah menempatkan internet sebagai medium berinteraksi yang sangat menjanjikan. Mata kuliah ini memberikan dasar-dasar e-bisnis dan perancangan e-bisnis. Materi yang diberikan meliputi konsep-konsep dasar e-bisnis, model e-bisnis, perancangan e-bisnis, hardware, software dan komunikasi, pemasaran internet, keamanan bisnis di internet dan isu-isu legalitas, etika dan sosial yanng berkaitan dengan pemakaian teknologi dalam berbisnis.
1. Menjelaskan Mengenai Perkembangan dunia digital yang memicu lahirnya konsep e-bisnis
2. Menguraikan karateristik dari sistem e-bisnis dan perbedaannya dengan sistem perdagangan konvesional
3. Mengidentifikasikan komponen komponen pembentuk sistem e-bisnis dan hubungan keerkaitannya
4. Merancang atau mendisain arsitektur sistem e-bisnis yang siap dibangun dan dikembangkan perusahaam
5. Menggambarkan siklus evolusi pengembangan e-bisnis dalam perusahaan
6. Mengembangkan strategi berbisni berbasis e-bisnis
7. Menceritakan mekanisme sistem pembayaran dan keamanann pada transaksi berbasis e-bisnis
Perkuliahan terdiri dari beberapa tahapan,mulai dari pemahaman dasar ebisnis sampai dengan implementasi, penilaian akan dilakukan melalui quiz,tugas/projec,UTS,UAS
Perkuliahan ebisnis akan dilakukan 100 persen daring,dengan kondisi tersebut maka proses penilaian adalah sebagai berikut
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
- • Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa (10%)
- • Tugas berbasis Kasus Studi (10%)
- • Latihan Soal per Pokok Bahasan (15%)
- • Kuis per Pokok Bahasan (15%)
- • Ujian Tengah Semester (25%)
- • Ujian Akhir Semester (30%)
Dalam Perkuliahan E-bisnis dapat mencari referensi tambahan melalui salah satu link ini untuk mendapatkan infromasi tambahan.https://www.pdfdrive.com/pengantar-e-pengantar-e-bisnis-e105995863.html
Pertemuan 1
Selamat datang dalam perkuliahan Daring UNILA, di pertemuan ini Menjelaskan Mengenai Perkembangan dunia digital yang memicu lahirnya konsep e-BisnisSetelah menyaksikan cuplikan ,maka apa yang dipahami terkait materi1
Mahasiswa akan mampu mengimplementasikan ,memahami proses ebisnis
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 2
Penggunaan IT dalam dunia bisnis menjadikan pergerakan bisnis berjalan dengan cepat,melahirkan potensi baru, dan perlu mengetahui bagaimana membuat rencana bisnis yang baik terkait revolui industri4.0 saat ini.
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 3
Segmentasi pasar dalam berbisnis harus dilakukan dengan baik. Jika salah menentukan segmentasi pasar akan menyebabkan cost perusahaan menjadi tinggi. konsumen milenial identik dengan teknologi,hal ini karna mobile dan jumlah produk beragam.
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 4
Market yang banyak membuat perusahaan dot com memiliki omset besar. saat ini telah lahir perusahaan decacorn dan unicorn.
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 5
Di dalam era digital saat ini ,banyak perusahaan melakukan perubahan yang besar. Biaya promosi untuk produk suatu perusahaan sangatlah besar. E-Promotion menjadi salah satu strategi perusahaan untuk bersaing dan bertahan
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 6
Perkuliahan ebisnis menjadikan e-promotion sebagai projek base learning dengan menggunakan media online seperti tiktok,youtube,facebook ,wag dll
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 7
Merespon perubahan dalam bisnis untuk menentukan strategi yang tepat adalah kunci dalam persaingan di era digital.
1. Mahasiswa Buka Link Zoom
2.Mahasiswa Akses Vclass
3.Mahasiswa Download Materi
4.Mahasiswa Mendengarkan Persentasi
5.Mahasiswa Berdiskusi dalam Kelompok
Pertemuan 8
10 April - 16 April
17 April - 23 April
24 April - 30 April
1 May - 7 May
8 May - 14 May
15 May - 21 May
22 May - 28 May
29 May - 4 June