Weekly outline
FROFIL MATAKULIAH
Assalamualaikum. Wr. Wb.
Salam sejahtera buat kita semua.
Tabik Pun….
Halo ananda mahasiswa/I Prodi BK semester 6. kita bertemu kembali di mata kuliah psikologi pendidikan , silakan untuk membuka forum v-class Anda ya, karena terkait dengan tautan vclass dan arahan awal mengenai proses perkuliahan kita akan diawali melalui v-class
Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Sampai jumpa di vclass dan WAG, serta siakadu
Sehat selalu dan jangan lupa untuk selalu bahagia....
Daftar hadir kuliah psikologi pendidikan
Deskripsi Kehadiran Perkuliahan psikologi pendidikan- Daftar Hadir Perkuliahan Mata kuliah psikologi pendidikan telah disediakan.
- Setiap mahasiswa diwajibkan mengisi daftar hadir tersebut meskipun sedang praktik di lapangan. Batas toleransi kehadiran adalah 20 menit dari waktu mulai perkuliahan yang terjadwal.
- Bagi mahasiswa yang hadir setelah batas waktu tersebut (lewat dari 20 menit) maka status kehadirannya akan ditandai oleh sistem sebagai mahasiswa yang terlambat datang, dan itu akan mengurangi poin penghargaan atas kehadiran Anda.
Terima kasih
Profil DosenNama : Redi Eka Andriyanto, S.Pd., M.Pd, Kons
NIP/NIDN : 0023018103
Alamat Rumah : Gadingrejo, Pringsewu
No Hp : 0813-7916-7177
Email : @fkip.unila.ac.idMata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib FKIP Unila yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP UNILA. Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman dan keahlian dalam mengkaji dan mengimplementasikan tentang konsep-konsep psikologi pendidikan yang mencakup tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar
Capaian Pembelajaran
Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, mahasiswa diharapkan menguasai kompetensi paedagogik dalam bidang Psikologi Pendidikan. Mahasiswa memahami tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.
Indikator Capaian Pembelajaran
1. Memahami Pengertian, Konsep dasar dan Ruang lingkup Psikologi Pendidikan.
2. Mahasiswa mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan, peserta didik.
3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan karakteristik peserta didik pada tahapan perkembangan anak-anak dan remaja.
4. Mahasiswa mampu menjelaskan kegiatan psikologis peserta didik dalam belajar (Proses, aktivitas, sikap dan kebiasaan serta situasi belajar)
5. Mahasiswa mampu memahami program layanan BK dan melakukan diagnosis kesulitan belajar peserta didik
Pertemuan 1 : PENGANTAR PERKULIAHAN DAN RUANG LINGKUP PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Assalamu'alaikum wr.wb...
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puuun...Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan pertama ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang konsep dasar pendidikan, kedudukan psikologi pendidikan, tujuan pendidikan, dan aspek dalam pendidikan.
Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!
Waalaikum'salam wr.wb..
Indikator Capaian PembelajaranThe learning situation.a. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan serta membuat batasan tentang pengertian Psikologi Penidikan
( Educational Psychology is a systimatic study of the process and factors infloved in the education of human being (Witherington)
b. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Kedudukan Psikologi Pendidikan
c. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Tujuan Psikologi Pendidikan.
(... is help teachers and prospective teachers to develop a better understanding of education and its process).
d. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan Fundamental Aspects:
a) The Learner
b) The learning process,and
FORMAT KONTRAK KULIAH
A. IDENTITAS
Nama Mata Kuliah
: Psikologi Pendidikan
SKS
: 3
Kode Mata Kuliah
: KIP 616105
Jurusan/Program Studi
: IP/Penjaskes
Dosen Penanggung Jawab
: Redi Eka Andriyanto, M.Pd.,Kons
Anggota
:
B. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib FKIP Unila yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP UNILA. Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman dan keahlian dalam mengkaji dan mengimplementasikan tentang konsep-konsep psikologi pendidikan yang mencakup tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.
C. CAPAIAN MATA KULIAH:
Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, mahasiswa diharapkan menguasai kompetensi paedagogik dalam bidang Psikologi Pendidikan. Mahasiswa memahami tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.
D. OPERASIONALISASI CAPAIAN PEMBELAJARAN
Tabel 1: Operasionalisasi Capaian Perkuliahan ke dalam Bahan Kajian
No
Capaian Perkuliahan
Bahan Kajian
1
Memahami Pengertian, Konsep dasar dan Ruang lingkup Psikologi Pendidikan
a. Pengertian Psikologi Penidikan
( Educational Psychology is a systimatic study of the process and factors infloved in the education of human being (Witherington)
b. Kedudukan Psikologi Pendidikan
c. Tujuan Psikologi Pendidikan.
(... is help teachers and prospective teachers to develop a better understanding of education and its process).
d. Fundamental Aspects:
a) The Learner
b) The learning process,and
c) The learning situation.
2
Menjelaskan Konsep Dasar Pendidikan
a. Pengertian Pendidikan
b. Tujuan Pendidikan
c. Faktor-faktor pendidikan
3
Menjelaskan Peserta Didik (the learner)
a. Pengertian peserta didik
b. Tahap perkembangan peserta didik
4
Memahami karakteristik Tahapan perkembangan anak
a. Karakteristik peserta didik tahapan anak
b. Faktor tahapan perkembangan anak
c. Masalah tahapan perkembangan anak
5
Memahami karakteristik Peserta didik dengan tahapan perkembangan remaja
a. Karakteristik peserta didik remaja
b. Faktor tahapan perkembangan remaja
c. Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan remaja
6
Memahami karakteristik Peserta didik dengan tahapan perkembangan dewasa
a. Karakteristik peserta didik masa dewasa
b. Faktor tahapan perkembangan dewasa
c. Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan dewasa
7-8
Menjelaskan Proses Belajar (the learning process)
a. Faktor yang mempengaruhi belajar (internal dan eksternal)
b. Kecerdasan dalam belajar
c. Motivasi Belajar
d. Aktivitas Belajar
e. Regulasi belajar
f. Effikasi Diri
9
Memahami Aktivitas Psikologis Dalam Belajar (pendidikan)
a. Ingatan dan lupa
b. Berpikir
c. Metakognisi dalam belajar
d. Perasaan
10
Mendeskripsikan Sikap dan Kebiasaan Belajar
a. Sikap belajar
b. Kebiasaan belajar
c. Transfer dalam belajar
11
Menganalisis Situasi Belajar (the learning situation)
a. Pengertian situasi/lingkungan belajar
b. Macam situasi belajar
c. Pengaruh lingkungan belajar dalam pendidikan
12-13
Memahami Program layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah
a. Kedudukan Bimbingan dan Konseling di sekolah
b. Tujuan bimbingan dan konseling
c. Prinsip bimbingan dan konseling
d. Bidang layanan bimbingan dan konseling
e. Pendekatan bimbingan dan konseling
14-15
Mendiagnosis Kesulitan dalam Belajar
a. Pengertian kesulitan belajar
b. Faktor penyebab kesulitan belajar
c. Pengayaan
d. Remedial
16
Refleksi Perkuliahan
Pengayaan perkuliahan
E. Sistem Penilaian
Penilaian ditentukan dari hasil
a. Kehadiran : 10 %
b. UTS : 20 %
c. UAS : 30 %
d. Tugas : 30 %
e. Partisipasi : 10 %
F. Rentang Penilaian
No.
Nilai
RentangNilai
HurufMutu
AngkaMutu
1
≥76
A
4,0
2
71-75
B+
3,5
3
66-70
B
3,0
4
61-65
C+
2,5
5
56-60
C
2,0
6
50-55
D
1,0
7
<50
E
0,0
- Referensi
Ali, Muhamad. & Mohammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara
Hartinah, S. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama
Muhibinsyah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Weiner, I.B., Reynolds, W. M., Miller, G.E. 2003. Handbook Of Psychology. Volume 7. Educational Psychology. NY: John Wiley & Sons, Inc.
Shrivastava, K. K . 2003. Principles Of Guidance and Counselling. New Delhi : Kanishka Publishers
Santrock, J.W . ____. Psikologi Pendidikan. Dalas: University Of Texas
Santrock, J. W. ( 2007). Educational Psychology, 2nd edition. McGraw-Hill Company, Inc. Alih bahasa oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks
Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Untuk memulai perkuliahan mari kita sama2 untuk menyimak dan memahami power point berikut ini.
Pertemuan 2 : KONSEP DASAR PENDIDIKAN
Assalamu'alaikum wr.wb...
Tabik puuun...
Selamat pagi mahasiswa Pendidikan Fisika semester 2 pada mata kuliah Psikologi Pendidikan. Hari ini merupakan pertemuan kedua pada mata kuliah psikologi pendidikan. Pada pertemuan kedua hari ini, kita akan membahas menganai Konsep Dasar Pendidikan. Mahasiswa diminta untuk membaca dan mempelajari materi tersebut serta mencari referensi pendukung lainnya sebagai upaya mahasiswa memperdalam materi perkuliahan. Selanjutnya kita akan berdiskusi terkait materi tentang konsep dasar pendidikan pada Forum Diskusi Pertemuan 2. Diharapkan mahasiswa berpartisipasi aktif dalam diskusi.
Baik rekan-rekan mahasiswa, apakah sudah siap untuk kuliah hari ini? Mari kita mulai..!!!Waalaikumsalam wr.wb
a. Pengertian Pendidikan
b. Tujuan Pendidikan
c. Faktor-faktor pendidikan
pelajari konsep dasar berikut
Pertemuan 3 : PESERTA DIDIK (THE LEARNER)
Assalamu'alaikum wr.wb... Tabik puuun... Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan ketiga hari ini, kita akan bersama-sama memahami tentang peserta didik. Peserta didik sebagai pembelajar dalam berbagai tingkatan pendidikan. bagaimana tugas dan perannya sebagai peserta didik dan bagaimana karakteristiknya. sama-sama kita akan bahas pada pertemuan ketiga ini. Strategi perkuliahan pertemuan tiga ini. mahasiswa sudah mulai melakukan presentasi melalui makalah dan PPT yang dibuat kelompok 1 di fitur Chat Vclass. sebagai kelompok pemrasaran yang bertanggung jawab mengarahkan jalannya diskusi kelompok. dan mahasiswa lainnya secara aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan. Pertanyaan dibatasi 4 penanya seputar peserta didik dalam lingkup pendidikan. Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk belajar dengan sungguh-sungguh!! Waalaikumsalam wr.wba. Pengertian peserta didik
b. Peserta didik sesuai dengan tahapan perkembanganSilahkan rekan-rekan mahasiswa membaca dan mempelajari materi berikut ini
Pertemuan 4 : KARAKTERISTIK TAHAP PERKEMBANGAN REMAJA
Assalamu'alaikum wr.wb...
Tabik puuun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan Keempat ini, kita akan bersama-sama memahami tentang karakteristik perkembangan remaja. cakupan bahasan antara lain. konsep dasar perkembangan remaja, tahapan perkembangan remaja, masalah yang dihdapai pada tahap perkembangan remaja.Perlu kita ketahui yang akan kita hadapi di lingkup sekolah nanti adalah peserta didik pada usia remaja. Bahwa usia remaja adalah usia yang bergejolak. dimana remaja masih dalam tahap mengembangkan, dan mencari jati diri. sehingga peran orang tua dan pendidik sangat diperlukan bagi remaja.
Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!Waalaikumsalam wr.wb
Karakteristik Peserta didik dengan tahapan perkembangan remaja:
- Karakteristik peserta didik remaja
- Faktor tahapan perkembangan remaja
- Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan remaja
Demikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Pertemuan 5 : PESERTA DIDIK TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF
Assalamu'alaikum wr.wb...
Tabik puuun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan KELIMA ini, kita akan bersama-sama memahami Teori Perkembangan Kognitif. Ada dua teori yang akan kita pelajari, pertama teori dari Jean Piaget, dan kedua dari teori Vygotsky. Perkembangan kognitif adalah salah satu aspek perkembangan peserta didik yang berkaitan dengan pengetahuan, yaitu semua proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya.
Pada pertemuan hari ini akan ada kuis, sejumlah pertanyaan evaluasi, silakan dikerjakan setelah melakukan diskusi. dan dapat dikumpulkan setelah perkuliahan. batas waktu hari ini jam 15.00
Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!
Waalaikumsalam wr.wb
Teori perkembangan kognitif
a. Teori kognitif Jean Piaget
b. Teori perkembangan kognitif vygotskyDemikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Pertemuan 6 : PROSES BELAJAR (THE LEARNING PROSES)
Assalamu'alaikum wr.wb...
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puuun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan pertama ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang konsep dasar pendidikan, kedudukan psikologi pendidikan, tujuan pendidikan, dan aspek dalam pendidikan.
Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!Waalaikumsalam wr.wb
Menjelaskan Proses Belajar (the learning process)
a. Faktor yang mempengaruhi belajar (internal dan eksternal)
b. Kecerdasan dalam belajar
c. Motivasi Belajar
d. Aktivitas Belajar
e. Regulasi belajar
f. Effikasi DiriDemikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Pertemuan 7: UJIAN TENGAH SEMESTER
UTS PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PENJAS , SININ 28 MARET 2021
Petunjuk mengerjakan :
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan 2 cara : a) ketik menggunakan file lalu upload; b) hasil jawaban di paparkan melalui video (durasi video 30 sd 45 menit) kemudian di upload di VClass link nya.
Pertanyaan :
- Apa pentingnya mengetahui pertumbuhan dan perkembangan peserta didik pada tahap remaja?
- Jelaskan bagaimana proses belajar peserta didik. Dari yang belum tahu menjadi tahu, serta dari yang tidak tertarik menjadi tertarik pada suatu pelajaran.
- Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar. Dari beberapa faktor tersebut manakah yang paling mempengaruhi dan jelaskan mengapa!
- Jelaskan secara singkat karakteristik perkembangan emosi remaja dan bagaimana kondisi emosi remaja yang terjadi apabila tidak dibekali pemahaman dari guru ataupun orang tua!
- Bagaimana memaksimalkan aktivitas belajar pada peserta didik, agar mereka mampu menyeimbangkan antara berfikir dan mengingat?
- Seberapa penting motivasi dalam kegiatan belajar? Bagaimana cara melihat motivasi peserta didik yang kurang? Dan bagaimana cara memberikan motivasi kepada peserta didik?
Pertemuan 8 :AKTIVITAS PSIKOLOGIS DALAM BELAJAR
Assalamu'alaikum wr.wb...
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puuun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan sembilan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang aktivitas psikologis dalam belajar. diamana di dalam bahasan untuk memahami aktivitas belajar siswa kita harus bisa memahami aktivitas psikologis dalam belajarnya juga, diantaranya memahami apa ituingatan dan lupa?, makna berpikir bagi peserta didik, metakognisi dalam belajar, dan perasaan.
Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!Waalaikumsalam wr.wb
Memahami Aktivitas Psikologis Dalam Belajar (pendidikan)
a. Ingatan dan lupa
b. Berpikir
c. Metakognisi dalam belajar
d. PerasaanDemikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Pertemuan 9 : SIKAP DAN KEBIASAAN BELAJAR
Assalamu'alaikum wr.wb...
Salam sejahtera bagi kita semua...
Tabik puuun...
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan sembilan ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang sikap dan kebiasaan belajar.
Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!!Waalaikumsalam wr.wb
a. Sikap belajar
b. Kebiasaan belajar
c. Transfer dalam belajarDemikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Pertemuan 10 : SITUASI BELAJAR (the learning situation)
Assalamu'alaikum wr.wb... Salam sejahtera bagi kita semua... Tabik puuun... Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, sekali lagi saya ucapkan selamat datang di kelas virtual mata kuliah Psikologi Pendidikan. Pada pertemuan pertama ini, kita akan bersama-sama belajar dan berdiskusi tentang konsep dasar pendidikan, kedudukan psikologi pendidikan, tujuan pendidikan, dan aspek dalam pendidikan. Apakah kalian semua siap? Mari kita sama-sama membuka diri untuk mendapatkan ilmu baru pada semester ini dengan belajar yang sungguh-sungguh!! Waalaikumsalam wr.wbdi persilakan untuk kelompok yang membahas materi situasi belajar untuk mangunggah makalah atau ppt serta laporan hasil diskusinya di sini
Demikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Perkuliahan Terakhir.
Assalamualaikum warohmatullah hi wabarokatuh.......Apa khanarnya kalian semua mahasiswa penjas yang bapak banggakan, hari ini kita kuliah bersama dengan bapak, tapi sebelum mengikuti perkuliahan silahkan kalian mengisi Presensi terlebih dahulu mulai pukul 08.00, wib.
kepada kelompok yang mendapat giliran mempresentasi hasil kerja kelompoknya pada hari ini , maka harus mengunggah makalah dan PPT di sebelum jadwal perkuliahan di mulai pada Forum Diskusi di bawah.
untuk kelompok yang lain silahkan menyimak/mepelajri nya supaya bisa aktif dalam diskusi
Silahkan Kepada kelompok yang membahas materi Bimbingan Konseling di sekolah dan diaknosis kesulitan belajar di sekolah untuk segera mengunggah Makalah, PPT nya sebelum jadwal Perkuliahan di mulai , nanti setelah selesai silahkan juga mengumpukan Laporan pelaksanaan Diskusinya di Sini
Demikian kuliah hari ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa kembali minggu depan. Tetap semangat teman-teman, stay safe and healthy. Terimakasih. Wassalamu'alaikum Wr. Wb
UJIAN AKHIR SEMESTER