Weekly outline
General
- Nama Fakultas : FKIP
- Nama PS/Jurusan : MKGSD/Ilmu Pendidikan
- Nama Matakuliah : Pendidikan SAINS SD
- SKS : 3 (2-1)
- Kode matakuliah : MSD820204
- Semester : Genap\2
- Dosen Pengampu : Dr. Pramudiyanti, M.Si.
Capaian Sikap
1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
3. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
4. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.Capaian Pengetahuan:
1. Menguasai konsep teoretis pedagogi dan konsep teoretis pengetahuan Bidang Studi di sekolah dasar yang sesuai dengan lingkup tugasnya;
2. Menguasai konsep, prinsip, dan aplikasi berbagai pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran dalam pembelajaran SAINS di SD yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill).Capaian Keterampilan Umum
1. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang pendidikan di sekolah dasar;
2. Mampu mengelola, mengembangkan, dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian pendidikan ke-SDan;
3. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri di sekolah dasar;Capaian Keterampilan Khusus
1. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan dalam bentuk laporan praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
2. Mampu mengambil keputusan yang humanis dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data tentang praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
3. Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik tentang pendidikan sekolah dasar dalam bentuk karya ilmiah sesuai etika akademik;
4. Mampu menyelesaikan permasalahan di sekolah dasar secara inter atau multidisipliner melalui pemikiran secara logis, kritis, sistematis, inovatif dankreatif dalam praktik pembelajaran SAINS di pendidikan sekolah dasar;
5. Memublikasikan karya ilmiah hasil penelitian bidang ilmu pengetahuan dan teknologi pendidikan sekolah dasar secara inter atau multidisipliner dalam forum internasional dengan mengikuti kaidah, tata cara, dan etika ilmiah.
Workshop pembuatan LKPD berbasis Jumping Task (Pemaparan Project 1 untuk materi Suhu dan kalor)
1. Mahasiswa mampu memahami, menjelaskan dan menganalisis dalam perancangan dan pengembangan sistem pendukung model pembelajaran berbasis teori Jumping Task. C2
2. Mahasiswa mampu menganalisis dalam perancangan dan pengembangan sistem pendukung model pembelajaran berbasis teori Jumping Task. C4
3. Mahasiswa mampu menyajikan hasil kajian perancangan dan pengembangan sistem pendukung model pembelajaran berbasis teori Jumping Task secara tepat serta pemanfaatannya dalam praktik pembelajaran. (P3)
Mahasiswa mampu menekankan hasil kajian perancangan dan pengembangan sistem pendukung model pembelajaran berbasis teori Jumping Task secara tepat serta pemanfaatannya dalam praktik pembelajaran. (A3).Pengumpulan Project 1
Pemaparan Project 1 materi (alam semesta & tata surya) dan (campuran & larutan)
1. Mahasiswa mampu merancang dan membuat sistem pendukung (RPP, LKPD, Media pembelajaran, Materi Ajar dan Lembar assessment hasil belajar “kognetif”, “Afektif”, dan Psikomotor) model pembelajaran tertentu berbasis jumping task sesiau dengan materi (Alam Semesta & Tata Surya) dan (Campuran & Larutan). C5
2. Mahasiswa mampu menyajikan sistem pendukung (RPP, LKPD, Media pembelajaran, Materi Ajar dan Lembar assessment hasil belajar “kognetif”, “Afektif”, dan Psikomotor) model pembelajaran tertentu berbasis Jumping Task sesiau dengan materi (Alam Semesta & Tata Surya) dan (Campuran & Larutan). (P3);
3. Mahasiswa mampu menekankan pemanfaatan sistem pendukung (RPP, LKPD, Media pembelajaran, Materi Ajar dan Lembar assessment hasil belajar “kognetif”, “Afektif”, dan Psikomotor) model pembelajaran tertentu berbasis Jumping Task sesiau dengan materi (Alam Semesta & Tata Surya) dan (Campuran & Larutan). (A3).
Pemaparan Project 1
19 March - 25 March
26 March - 1 April
Sllakan teman-teman mahasiswa Bapak dan Ibu yang saya hormati, silakan kumpulkan tugas LKPD dan Lembar Asesmen (kognitif afektif dan psikomotor) Final melalui menu yang tertampil di Viclass.
Apa yang dibuat dan dikumpulkan pada menu pengumpulan instrumen Uji Validitas dan uji Praktikalitas project 1:
A. Instrumen Uji Validitas project 1:
1. Instrumen validitas Lembar Validasi LKPD
2. Kisi-kisi Lembar Validasi LKPD
3. Lembar Validasi LKPD
4. Kisi-kisi Lembar Validasi Instrumen penilaian (kognitif)
5. Lembar Validasi Instrumen penilaian (kognitif)
6. Kisi-kisi Lembar Validasi Instrumen penilaian (Afektif)
7. Lembar Validasi Instrumen penilaian (Afektif)
8. Kisi-kisi Lembar Validasi Instrumen penilaian (Psikomotor)
9. Lembar Validasi Instrumen penilaian (Psikomotor)
B. Instrumen Uji Praktikalitas project 1:
1. Instrumen validitas Lembar Praktikalitas LKPD
2. Kisi-kisi Lembar Praktikalitas LKPD
3. Lembar Praktikalitas LKPD
4. Kisi-kisi Lembar Praktikalitas Instrumen penilaian (kognitif)
5. Lembar Praktikalitas Instrumen penilaian (kognitif)
2 April - 8 April
9 April - 15 April
16 April - 22 April
23 April - 29 April
Silakan bapak atau ibu kumpulkan Hasil Analisis Uji Validitas, Uji Praktikalitas dan hasil pembelajaran
1. Kumpulkan keseluruhan Instrumen yang digunakan dalam penelitian,
2. Kumpulkan keseluruhan hasil analisis data Uji Validitas, Uji Praktikalitas dan hasil pembelajaranSilakan bapak dan ibu kumpulkan hasil laporan mini research dalam bentuk artikel
30 April - 6 May
Silakan LKPD yang sudah di uji validitas dan praktilakitas dapat di upload melalui link berikut.
7 May - 13 May
14 May - 20 May
21 May - 27 May
28 May - 3 June
4 June - 10 June
11 June - 17 June