བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
EKOLOGI (KBO612212)
Selamat Datang di mata kuliah Ekologi.. Mata kuliah ini mengkaji berbagai macam konten yang menarik. Mahasiswa akan ditantang dalam menyelesaikan mata kuliah dengan tugas yang menarik.. selamat BergabungDeskripsi mata kuliah:
Mata kuliah ini mengkaji tentang Pembagian Ekologi, metodologi Ekologi, ruang Lingkup Ekologi, Konsep Ekosistem, Habitat Dan Relung, populasi, ekologi komunitas, konsep suksesi, eksosistem hutan tropis, Ekosistem Sabana dan Stepa,, Ekosistem Gurun, Ekosistem Perairan Tawar dan payau, Ekosistem Perairan Asin, Ekosistem Buatan, dan Ekologi hewan tanah
Kompetensi yang dapat dicapai terkait konten mata kuliah: melalui pembelajaran ekologi, mahasiswa dapat memahami, mempelajari, dan menganalisis berbagai macam ekosistem dan segala sesuatu terkait dengan ekologi
Manfaat: setelah menguasai konten ekologi, diharapkan mahasiswa dapat menganalisis karakteristik berbagai macam karakteristik ekologi sehingga bermanfaat untuk pengembangan diri mahasiswa dan dapat diaplikasikan dalam pengembangan karir dibidang biologi
Profil Dosen
Dosen yang mengampu mata kuliah ini adalah
Berti Yolida, S.Pd., M.Pd. dan

Berti Yolida, S.Pd., M.Pd.

Rini Rita T. marpaung, S.Pd., M.Pd.
Capaian Mata Kuliah
Capain pembelajaran lulusan (CPL) sesuai Kurikulum Program Studi
Sikap
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
2. Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.
Keterampilan Umum
3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEKS yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Toksikologi
CP Keterampilan Khusus
4. Mampu menerapkan cara kerja ilmiah dan keterampilan proses sains
CP Pengetahuan
Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur di bidang Ekologi secara mendalam serta penerapannya dalam kajian mengenai karakteristik berbagai ekosistem laut, interaksi antar komponen, serta peran masing-masing ekosistem bagi kehidupan
Capaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah (CPMK)
menganalisis berbagai macam karakteristik ekosistem, interaksi, dan komponen-komponen yang terdapat dalam ekologi
Petunjuk Belajar
Mahasiswa, belajar ekologi terkait erat dengan kehidupan. Jadi, kerjakan tugas yang diberikan agar kita dapat menguasai materi dan sukses dalam perkuliahan ini
Pertemuan 1: Kontrak kuliah dan pendahuluan
Selamat Datang Mahasiswa dalam Perkuliahan Ekologi.. Perkuliahan Ekologi sangat menantang untuk ditaklukkan.. Mari kita kupas materi ekologi dengan baik
Gambaran Umum:
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan: Mahasiswa dapat mengenal mata kuliah, menyepakati kontrak kuliah bersama dosen
2. Tugas: Menyimak penjelasan materi dan menyelesaikan tugas makalah
Relevansi antara kompensi, konten, CPMK, dan profesi lulusan: terdapat relevansi antara konten, komptensi, CPMK, dan profesi lulusan sebagai sarjana Pendidikan Biologi
Tujuan Pembelajaran: Setelah menganalisis materi dalam pendahuluan, mahasiswa dapat membandingkan beberapa ekosistem dengan benar
- tabik Pun... mahasiswa.. silahkan di pahami kontrak perkuliahan dan silabusnya ya
Pertemuan 2: Pendahuluan
- Pembagian Ekologi
- Metodologi Ekologi
- Ruang Lingkup EkologiSumber belajar pertemuan ini terdiri atas artikel, e-book, dan publikasi populer misalnya majalah ilmiah
Metode belajar: tutorial, ceramah, presentasi, dan problem based learning
Evaluasi menggunakan quizizz di akhir perkuliahan
Pendahuluan Pertemuan 2
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ekologi … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
- Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 2: a. a. Mahasiswa dapat menjelaskan Pembagian Ekologi
b. mahasiswa dapat menjelaskan lingkup metodologi ekologi
c. mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup ekologi
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi
a. Mahasiswa dapat menjelaskan Pembagian Ekologi
b. mahasiswa dapat menjelaskan lingkup metodologi ekologi
c. mahasiswa dapat menjelaskan ruang lingkup ekologi
Silahkan dibaca sumber materinya lalu kerjakan latihan tugas berikut pada kolom replay
Silahkan berikan tanggapan pada kolom replay
Silahkan kerjakan tugas berikut ini dan tuliskan pada kolom replay. berikan penilaian anda sendiri (self assesment) terhadap jawaban yang anda berikan
Selain menggunakan quizizz silahkan anda kerjakan soal-soal berikut ini!
Mastery Learning
Mahasiswa, Pembelajaran hari ini selesai silahkan dikerjakan semua tagihan hari ini. dan selanjutnya silahkan pelajari lebih lanjut materi. Buat makalah tentang konsep ekosistem
Silahkan join ya
silahkan dipahami ya
Pertemuan 3: konsep ekosistem
Pendahuluan Pertemuan 3
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ekologi … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
- Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ekosistem
b. Mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen ekosistem
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep ekosistem dengan benar
b. Mahasiswa dapat menjelaskan komponen-komponen ekosistem dengan benar
PENYAJIAN
Mahasiswa, silahkan dikerjakan latihan tugas ini dikolom replay, lalu beri skor 0-100 untuk jawabanmu
Silahkan beri tanggapan saudara pada kolom replay.. lalu beri skor 0-100 atas tanggapan saudara(self assesment)
Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. nah, lanjutkan rangkuman berikut dan tuliskan di kolom replay
PENUTUP
Tuliskan jawabanmu pada kolom replay.. lalu apabila ada yang belum paham silahkan tuliskan apa yang akan anda tanyakan di replay berikutnya
Mastery Learning
Pembelajaran pertemuan ini dicukupkan, silahkan perkaya wawasan anda dengan membaca arikel-artikel terkait dengan ekosistem.. terimakasih
Pertemuan 4: Relung dan Ekologi
Pendahuluan Pertemuan 4
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ekologi … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
- Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep relung
b. Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting relung dalam ekologi
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep relung dengan benar
b. Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting relung dalam ekologi dengan benar
Penyajian
Mahasiswa, silahkan kerjakan tugas berikut ya dengan menjawab di kolom replay.. diakhir berikan penilaian diri dengan memberi skor 0-100
Mahsiswa, silahkan isi forum diskusi ini ya
SIlahkan diisi tugas ini pada kolom replay ya lalu berikan penilaian atas jawaban anda
Penutup
Silahkan di jwab soal berikut pada kolom replay ya
Masteri Learning
Mahasiswa, silahkan pelajari lebih lanjut tentang materi relung ya.. lalu dilanjutkan dengan belajar materi besok tentang populasi
silahkan bergabung ya
cari 1 artikel berbahasa indonesia yang mengkaaji tentang relung.. silahkan buat sinopsis atau rangkuman artikel tersebut dalam 1 halaman.. kumpulkan dan sertakan aartikelnya
Pertemuan 5: Populasi
Pendahuluan Pertemuan 5
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ekologi … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
- Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep populasi
b. Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting populasi dalam ekologi
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep populasi dengan benar
b. Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting populasi dalam ekologi dengan benar
- SIlahkan dijawab di bagian replay..lau berikan penilaian 0-100 terhadap jawabanmu (self asessment)
Silahkan berikan argumen anda tentang permasalahan yang disajikan.. lalu berikan skor terhadap jawabanmu sendiri (self asessment)
Silahkan jawab pertanyaan.. lalu berikan skor terhadap jawabanmu sendiri (self asessment)
Penutup
Silahkan dijawab soal berikut ini pada kolom replay
Mastery Learning
Demikian perkuliahan kita siang ini silahkan lengkapi pemahamannya dengan mengkaji sumber-sumber yang terpercaya. Selanjutnya silahkan baca materi tentang ekologi komunitas. Terimakasih
mahasiswa, kita akan belajar tentang populasi. silahkan praktikum mandiri ya.. buat ploting 1 x 1 m di tiga tempat yang berbeda yaitu terdedah, ternaung, dan semi ternaung.. hitung setiap populasinya dan hitung kerapatan populasinya.. tugas dikumpul paling lambat hari senin depan
Pertemuan 5 di zoom https://us04web.zoom.us/j/5027392648?pwd=T1JFaHY4a2lJSTZNNXQwNGdZcGVDUT09

silahkan dipahami ya
Pertemuan 6: Ekologi Komunitas
Pendahuluan Pertemuan 6
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ekologi … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
- Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep komunitas
b. Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting komunitas dalam ekologi
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep komunitas dengan benar
b. Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting komunitas dalam ekologi dengan benar
Penyajian
Penyajian
Kerjakan tugas berikut pada kolom komentar ya, lalu beri penilaian 0-100 atas jawabanmu
Silahkan beri tangggapan pada kolom replay.. lalu beri penilaian 0-100
Mahasiswa.. silahkan kerjakan tugas berikut..
Penutup
Silahkan disii tes formatif berikut ya
Mastery Learning
SIlahkan lengkapi pengetahuan anda tentang komunitas dengan mebaca sumber-sumber lainnya.. lalu lanjutkan dengan belajar SUksesi
Mahasiswa... materi responsi kita terkait dengan ekologi komunitas. silahkan cari 1 artikel terkait komunitas, lalu berikan ulasannya dalam 1 halaman, tugas dikumpulkan paling lambat pkl 20.00 hari ini
Pertemuan 6 melalui zoom https://us04web.zoom.us/j/73481020076?pwd=5wNFXXdXGZD3ZnUG9NOtHx4-Zfdji1.1

Pertemuan 7: Konsep suksesi
Pendahuluan Pertemuan 7
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Ekologi … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
- Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3:
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep suksesi
b. Mahasiswa dapat menjelaskan membedakan suksesi primer dan sekunder
c. Mahasiswa dapat mengidentifikasi contoh suksesi primer dan suksesi sekunder
- Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi
a. Mahasiswa dapat menjelaskan konsep suksesi dengan benar
b. Mahasiswa dapat menjelaskan membedakan suksesi primer dan sekunder dengan tepat
c. Mahasiswa dapat mengidentifikasi contoh suksesi primer dan suksesi sekunder dengan benar
Penyajian
Silahkan diisi ya, lalu berikan skor pada jawabanmu 0-100
Silahkan diisi argumennya ya
cari 1 artikel terkait suksesi.. lalu lampirkan artikel dan hasil analisismu terkait dengan kejadian suksesi yang terjadi
Penutup
Mastery Learning
Mahsiswa, setelah kita belajar suksesi, carilah studi kasus/permasalahan terkait suksesi di indonesia.. lalu silahkan diulas kembali materi dari pertemuan 1 sampai 7, minggu depan kita mid semester. terimaksih
Perkuliahan pertemuan 7 dilakasanakan di zoom https://us04web.zoom.us/j/72490878396?pwd=Ewsn0nGtBSlpNDbLoj0bRkHCibL8GF.1

SIlahkan dikumpulkan disini ya
Pertemuan 8: Mid Semester
Pertemuan ke 9 (28 April 2021) Ekosistem Hutan Tropis
Tabik pun .......
Selamat Pagi mahasiswa
Capaian pembelajaran hari ini
1. Menganalisis elemen paralel dalam ekologi (Ekosistem hutan tropis)
2. Menjelaskan ciri-ciri hutan tropis
3. Menjelaskan interaksi dalam ekosistem hutan tropis
Upload tugas makalah sampai pukul 10.43
Minggu ke 10 (29 Mei 2021) Ekosistem Sabana dan Stepa
Tabik Pun
Selamat siang
Hari ini capaian pembelajaran, Sebagai berikut:
1. Menjelaskan karakteristik ekosistem sabana dan stepa
2. Menganalisis kedudukan organisme dalam ekosistem sabana dan stepa
Silahkan upload makalah Saudara
- https://drive.google.com/file/d/12NYBY3ZH8b0ggp1tMOxXbe25mMlP35rK/view?usp=sharing
Joint ya ke googe meeting
https://meet.google.com/tte-zysi-ibm
Minggu ke 11 (4 Mei 2021) Ekosistem Gurun
Tabikpun.............
Salam sehat semuany
Capaian pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan komponen ekosistem di Gurun
2. Menganalis interaksi ekosistem yang ada di gurun
Letakkan tugas makalah di sini y
Pahami PPT ekosistem gurun
Pertemuan ke 12 (5 Mei 2021) Ekosistem peraian Tawar dan Payau
Tabikpun.........
Salam sehat mahasiswa yang mengikuti kuliah ekologi
Capaian pembelajaran hari ini::
1. Menjelaskan karakteristik ekosistem perairan tawar dan payau
2. Menganalis komponen biotik dan abiotik dalam perairan tawar dan payau
3. Menganalisis interaksi dalam ekosistem peraira tawar dan payau
Pahamilah materi yang ada di ppt selama 30 menit, kemudian dilanjutin diskusi kelas
Silahkan join di google meeting y
Silahkan upload makalah anda
Pertemuan 13 (Ekosstem peraiaran tawar dan payau (II))
Tabikpun....
Sehat semuanya
Capaian pembelajaran
1. Menganalisis 2 contoh ekosistem perairan tawar
2. Menganalisis 2 contoh ekosistem perairan payau
Gambarkan masing-masing 2 contoh ekosistem payau dan tawar, ditulis pake tangan kemudian discan dan diupload ke ruang ini yach
Pertemuan ke 14 (Ekosistem perairan Asin)
Capaian Pembelajaran hari ini:
1. Menjelaskan komponen biotik dan abiotik pada perairan asin
2. Menjelaskan interaksi komponen ekosistem dalam perairan asin
silahkan upload tugas pertemuan ke-14
Jawblah pertanyaan berikut ini:
1. Produser destritus dan zat hara sebagai fungsi ekologis, mengapa?
2. Tudung pelindung bagi biota dari sengatan matahari, jelaskan!
3. Salinitas 30-36ppm, jelaskan maksudnya apa?
4. Limbah organik sebagai ancaman terhadap terumbu karang, jelaskan
Rangkuman pertemuan ke 14:
Ekosistem perairan memiliki fungsi ekologi yang menakjubkan, karena sebagai tempat produser detritus dan zat hara; mengikat sedimen dan menstabilkan substrat; tempat berlindung bagi biota dari sengatan matahari
Pertemuan ke 15
Ujian Akhir Semester
Petunjuk: silahkan tuliskan jawaban Anda dengan menggunakan kertas dan pulpen kemudian di scan
1. Jelaskan interaksi biotik dan abiotik yang terdapat di ekosistem gurun!
2. Mengapa di hutan hujan tropis terdapat kelimpahan keanekaragaman hayati?
3. Mengapa di daerah hutan hujan tropis tidak ditumbuhi tanaman Kaktus?
4. Mengapa eksosistem gabut sedikit oksigen?
5. Jelaskan ancaman di ekosistem gabut!
6. Apakah pantai tahura di golongkan kedalam ekosistem lentik? Jelaskan
30 May - 5 June


