Topic outline
Pendidikan Nilai

Kode MK : PKN620228
Kredit : 3 SKS (3-0)
Prodi : PPKn
Mata kuliah Pendidikan Nilai membahas tentang dasar-dasar teori dan landasan pendidikan nilai, perkembangan nilai, dan muatan nilai dalam berbagai aspek kehidupan. Ruang lingkup materi mata kuliah ini meliputi; filsafat nilai, teori nilai, hierarki nilai, hakikat dan nilai-nilai dalam pendidikan, wacana tentang pergeseran nilai, dilema nilai, klarifikasi nilai, serta keterkaitan antara nilai dan karakter.

Assalamualaikum, wr.wb.
Tabik Pun..
Salam sejahtera dan semoga kita semua dalam keadaan sehat, kuat, dan bahagia.
Selamat datang mahasiswa PPKn FKIP Unila angkatan 2020! Merebaknya wabah Covid-19 di Indonesia membuat aktivitas perkuliahan di berbagai perguruan tinggi, termasuk Universitas Lampung dilakukan secara online. Oleh karena itu, selama 1 semester ini (Genap 2021-2022) rekan-rekan mahasiswa akan melaksanakan pembelajaran melalui LMS Vclass Unila ini. Semoga hal ini tidak mengurangi semangat rekan-rekan mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan selama 1 semester, terutama dalam mata kuliah Pendidikan Nilai.
Mata kuliah Pendidikan Nilai ini akan diampu oleh Ibu Yunisca Nurmalisa, S.Pd., M.Pd., selaku dosen penangungjawab mata kuliah Pendidikan Nilai dan tim pengajarnya Ibu Devi Sutrisno Putri, S.Pd., M.Pd.

Pertemuan 1- Pengantar Penelitian PPKn
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan pertama pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub Capaian Mata Kuliah (CPMK)
Mahasiswa mampu menganalisis relevansi pembelajaran Pendidikan Nilai dengan kompetensi calon guru PPKn.Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 2- Konsep Nilai dan Pendidikan Nilai
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan kedua pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu membedakan konsep nilai, norma, dan karakter.
Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Silakan pelajari materi ajar berikut.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 3- Urgensi Pendidikan Nilai
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan ketiga pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menguraikan konsep Pendidikan Nilai.
Silakan join pada link virtual meeting berikut untuk pertemuan ke-3
Silakan baca dan pelajari materi ajar berikut ini.
Silakan kumpulkan tugas pertemuan ke-3 di section ini. Format tugas adalah PDF.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 4- Pendidikan Nilai di Sekolah
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan keempat pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu membedakan pengembangan Pendidikan Nilai jenjang sekolah dasar dan menengah.
- 1. "Mengantisipasi krisis karakter di sekolah pada masa pandemi covid-19". Analisis isu-isu terkini terkait krisis karakter di sekolah pada masa pandemi covid-19 dan usulkan alternatif solusi atas isu-isu tersebut.
2. Bagaimana idealnya pendidikan nilai di ajarkan di sekolah dasar dan di sekolah menengah?
Silakan berikan argumentasi Anda pada forum diskusi ini dengan memaparkan juga data pendukung. Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 5- Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan kelima pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menganalisis muatan Pendidikan Nilai budaya dan karakter bangsa dalam kurikulum 2013
Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Silakan baca dan pelajari materi berikut.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 6- Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PPKn
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan keenam pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menguraiakan Pendidikan Nilai dalam pembelajaran PPKn.
Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Silakan baca dan pelajari artikel berikut.
Analisislah jurnal pada materi pertemuan ini sebagai media yang tepat dalam pendidikan nilai dikumpul dan ditandatangani dalam format PDF
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 7- Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Abad 21
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan ketujuh pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menganalisis tantangan Pendidikan Nilai pada era abad 21.
Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Silakan baca dan pelajari materi berikut.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Ujian Tengah Semester (UTS)
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan delapan pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai. Pada pertemuan ini rekn-rekan mahasiswa akan melaksanakan Ujian Tengah Semester.

Silakan kerjakan UTS berikut dengan memberikan jawaban/argumentasi yang tepat dan sesuai.
Selamat Mengerjakan!
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 9- Pendidikan Nilai Berbasis Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan sembilan pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu membedakan Pendidikan Nilai berbasis keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Silakan melakukan research ke beberapa sumber untuk melihat bagaimana seharusnya Pendidikan Nilai diimplementasikan di dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Uraikan siapa sajakah yang berperan dalam proses penanaman Pendidikan Nilai tsb. Format tugas berbentuk PDF.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 10- Konsep, Fungsi, dan Implementasi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan sepuluh pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu merangkum konsep, fungsi, dan implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa.
Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Silakan baca dan pelajari artikel berikut, dan setelahnya kita akan lakukan diskusi.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 11- Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Nilai
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan sebelas pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Pertemuan kali ini akan membahas tentang Strategi Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menentukan strategi pengembangan pembelajaran Pendidikan Nilai.
Silakan baca dan pelajari artikel berikut, dan setelahnya kita akan lakukan diskusi.
Pembelajaran ranah afektif bertujuan untuk membelajarkan sikap dan tindakan dalam menanamkan nilai-nilai yang positif pada peserta didik. Dalam hal ini berkaitan dengan lima aspek pembelajaran ranah afektif, yaitu penerimaan (Receiving), jawaban atau reaksi (Responding), penilaian (Valuing) organisasi (Organisasi), Menjadi karakter (Characterization).
Diskusikan, bagaimana mengintegrasikan kelima ranah tersebut dalam pembelajaran PPKn di sekolah dengan memberikan contoh-contohnya.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 12- Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PPKn
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan kedua belas pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Pertemuan kali ini akan membahas tentang Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran PPKn. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu memberikan contoh implementasi Pendidikan Nilai dalam pembelajaran PPKn.
Silakan pelajari materi berikut, lalu kerjakan tugas yang ada di slide terakhir.
Silakan kumpulkan tugas pada section ini. Berikut juga dilampirkan KI dan KD untuk jenjang SMP.
Format file tugas berbentuk PDF.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 13- Implementasi Pendidikan Nilai dalam Kehidupan Sehari-hari
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan ketiga belas pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Pertemuan kali ini akan membahas tentang Implementasi Pendidikan Nilai dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menganalisis implementasi Pendidikan Nilai dalam kehidupan sehari-hari.
Silakan join pada link virtual meeting berikut.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 14- Gerakan Kolaboratif dalam Penguatan Pendidikan Karakter (1)
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan keempat belas pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Pertemuan kali ini akan membahas tentang Gerakan Kolaboratif dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.

Sub CPMK
Mahasiswa mampu menguraikan gerakan kolaboratif dalam penguatan pendidikan karakter
Silakan baca dan pelajari materi berikut.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Pertemuan 15- Gerakan Kolaboratif dalam Penguatan Pendidikan Karakter (2)
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan kelima belas pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Pertemuan kali ini akan melanjutkan bahasan pertemuan sebelumnya, yaitu tentang tentang Gerakan Kolaboratif dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai.
Sub CPMK
Mahasiswa mampu menguraikan gerakan kolaboratif dalam penguatan pendidikan karakter
Setelah membaca materi yang diunggah pada section sebelumnya (materi yang diunggah pada pertemuan 14), silakan lakukan analisis capaian implementasi Pendidikan Karakter sekarang ini, mengingat jika dilihat dari roadmap/peta jalan yang diprogramkan oleh pemerintah, terkait implementasi pendidikan karakter adalah dari 2016-2020 (roadmap tertera pada materi).
Format tugas berbentuk PDF.
Perkuliahan hari ini cukup sampai di sini, silakan persiapkan bahan materi untuk pertemuan minggu depan berdasarkan bahan kajian yang ada di kontrak perkuliahan. Kita akan lanjutkan materi dipertemuan berikutnya. Wassalamualaikum, wr, wb.
Ujian Akhir Semester (UAS)
Rekan-rekan mahasiswa yang saya banggakan, selamat bergabung di pertemuan terakhir, yaitu pertemuan keenam belas pada mata kuliah Pendidikan Nilai. Semoga rekan-rekan mahasiswa dalam keadaan sehat dan siap mengikuti kegiatan perkuliahan ini, sehingga target akhir dalam tiap tahapan pembelajaran dapat tercapai. Pada pertemuan ini rekn-rekan mahasiswa akan melaksanakan Ujian Akhir Semester.

Silakan kumpulkan tugas kelompok pada section ini.
Silakan kerjakan UAS berikut ini.
Selesailah kita pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Semoga yang selama ini dipelajari dapat menambah khasanan keilmuan dan wawasan rekan-rekan mahasiswa. Namun, selain itu, yang terpenting adalah implementasi dari yang telah didapat. Semoga hasil/nilai akhir yang diterima adalah yang terbaik.
Wassalamualaikum, wr, wb.