Topic outline
General
Mata kuliah
:
Sosiologi Perdesaan
Status Mata Kuliah
:
Wajib
Bobot
:
3 (3-0) SKS
Semester
:
3
Program Studi
:
Sosiologi
Dosen PJ
:
- Drs. Ikram, M.Si
Dosen Pengampu
:
- Drs. Ikram, M.Si
- Dr. Hartoyo, M.Si
- Fuad Abdulgani, S.Sos, MA
Waktu Kuliah
:
Jum’at, Pukul 09.30 – 11.30 (Kelas A)
Jum’at, Pukul 13.00 – 15.00 (Kelas B)
Ketentuan Peserta Kuliah V-Class MK Sosiologi Perdesaan:
Mahasiswa mendaftar V-Class MK Sosiologi Perdesaan dan wajib melengkapi profil dengan:
- Mengisi First Name
:
Nama Lengkap Anda
- Mengisi Surname
:
Nama Kecil/Panggilan Anda
- Mengisi ID Number
:
NPM
- Mengisi Institution
;
Universitas Lampung
- Mengisi Department
:
S1-Sosiologi
- Mengisi Email
:
e-mail Anda
- Unggah Foto
:
Catatan:
Bila tidak melengkapi profil, tidak akan dianggap sebagai peserta kuliah MK Sosiologi Perdesaan ini dan tidak akan diproses hasil-hasil tugas maupun UTS serta UAS.
Kajian Sosiologi Perdesaan
Membahas cabang-cabang ilmu Sosiologi Perdesaan, Ruang Lingkup Sosiologi Perdesaan, Pengtingnya Sosiologi Perdesaan, dan Desa Ditinjau dari Perspektif Sosiologi.
- Melakukan Transek (Penelusuran Desa); sebelum melakukan Transek tentukan terlebih dahulu Jenis Transek yang dipilih dan cara penelusuran yang akan dilakukan.
- Sajikan hasil Transek secara visual (gambar), seperti contoh di bawah ini;
- Sajikan juga hasil transek Anda secara narasi untuk melengkapi penyajian secara visual;
- Lengkapi dengan tanggapan, penilaian, dan atau pelajaran yang diperoleh kelompok Anda selama melakukan Transek.
Tugas dikumpul pada Kamis, 6 September 2018; Pukul 08.00 – 12.00; Tugas ditulis dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 1,5 dengan kertas HVS ukuran A4. Nama file tugas: nama ketua kelompok_tugas 1.doc. Presentasi Tugas di Ruang Kuliah B 3.5, Lantai 3, Gedung E, FISIP Unila.
Selamat Bekerja!
Perkembangan Masyarakat Desa
Membahas tahap-tahap perkembangan masyarakat desa dan pola-pola pengelompokkan desa, serta zona interaksi desa kota.
- Buat essay (narasi) yang berisikan tentang informasi atau cerita-cerita dan didukung gambar/foto atas jawaban “Apakah jika Anda sakit Anda mudah mendapatkan layanan kesehatan, dokter, bidan? Adakah pekerjaan di desa? Apakah jalan di kampung sudah beraspal? Adakah pasar desa, bagaimana kondisinya? Apakah air mudah diperoleh? Adakah forum bagi warga desa bisa membicarakan masalahnya? Apakah Anda terlibat atau dilibatkan dalam pertemuan-pertemuan di desa? Adakah organisasi kewargaan di desa?”
- Lengkapi dengan tanggapan, penilaian, dan atau pelajaran yang diperoleh kelompok Anda selama berdiskusi, sharing Kenali Desa Anda.
Tugas dikumpul pada Kamis, 13 September 2018, pukul 08.00-12.00. Tugas ditulis dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 1,5 dengan kertas HVS ukuran A4. Nama file tugas: nama ketua kelompok_tugas 2.doc.
Hari Jum’at, 14 September 2018; Pukul 09.30 – selesai; Presentasi Tugas di Ruang Kuliah B 3.5, Lantai 3, Gedung E, FISIP Unila.
Selamat Bekerja!
Kontinuum Desa-Kota
Pertemuan kali ini membahas kontinuitas Desa-Kota. Meskipun, dalam Sosiologi, dikenal perbedaan Desa-Kota, perbedaan masyarakat Desa dan masyarakat Kota, namun hubungan Desa-Kota bukan hubungan yang dikotomi. Dikenal perkembangan Desa Terpencil hingga Metropolitan (perkembangan yang ekstreem). Di samping, pengaruh Desa terhadap Kota, dan sebaliknya.
Saya sertakan karya tulis Mysore Narasimhachar Srinivas "Hidup di Desa: Sumber Pemahaman bagi Ilmuwan Sosial" untuk dibaca dan buat ringkasan maksimal 1 lembar dikumpul melalui V-Class ini, serta ceritakan pada waktu kuliah akan isi dari karya Srinivas. Tugas buat ringkasan dikumpul pada Kamis, 20 September 2018, pukul 08.00-12.00. Tugas ditulis dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 1,5 dengan kertas HVS ukuran A4. Nama file tugas: nama mahasiswa_tugas 3.doc.
Hari Jum’at, 21 September 2018; Pukul 09.30 – selesai; Presentasi Tugas di Ruang Kuliah B 3.5, Lantai 3, Gedung E, FISIP Unila.
Selamat Bekerja!
Kontribusi Pemikir Sosiologi terhadap Sosiologi Perdesaan
Menjelaskan pemikiran-pemikiran Sosiologi Klasik yang masih dapat digunakan untuk kajian Sosiologi Perdesaan.
Buat narasi/essay tentang kondisi atau kasus di desa dan kaitkan dengan konsep/teori/terminologi materi sessi ini maksimal 1 lembar dikumpul melalui V-Class ini. Tugas dikumpul pada Kamis, 27 September 2018, pukul 08.00-12.00. Tugas ditulis dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 12, spasi 1,5 dengan kertas HVS ukuran A4. Nama file tugas: nama mahasiswa_tugas 4.doc.
Hari Jum’at, 21 September 2018; Pukul 09.30 – selesai; Presentasi Tugas di Ruang Kuliah B 3.5, Lantai 3, Gedung E, FISIP Unila.
Teori-teori Modernisasi dan Pembangunan
Pada sessi ini akan disampaikan beberapa teori-teori modernisasi (David Mc Clleland, Richard Burton) dan teori-teori pembangunan yang pernah menjadi landasan pembangunan nasional (Rostow) dan juga menjadi rekomendasi Bank Dunia serta teori-teori pembangunan yang berkembang di negara-negara Amerika Latin, seperti teori ketergantungan.
Tugas 5 merupakan tugas kelompok. Pada tugas ini, bersama anggota kelompok lainnya membuat atau merumuskan soal Benar/Salah, Pilihan Ganda, dan essay dengan jawaban singkat (jawaban dengan satu atau dua kata) masing-masing 2 butir/item soal. Berarti, masing-masing kelompok akan mengumpulkan 6 butir/item soal.
Kelompok I dan II, bahan atau materi untuk membuat soal yakni perkuliahan kedua.
Kelompok III dan IV, bahan atau materi untuk membuat soal yakni perkuliahan ketiga.
Kelompok V dan VI, bahan atau materi untuk membuat soal yakni kuliah keempat.
Kelompok VII dan VIII, bahan atau materi untuk membuat soal yakni kuliah kelima.
Tugas dikumpulkan (diunggah) selambat-lambatnya pada 1 Oktober 2018; pukul 16.00. Tugas dikerjakan di atas kertas ukuran A4 dengan nama file: nama ketua kelompok_tugas 5.doc
Tugas Tambahan
Kuliah ke- ….. (Tanggal 16 November 2018)
Diskusi Kelompok (waktu 45 menit) dan Presentasi Hasil Diskusi (10 menit)
Kelompok I (Keluarga di Perdesaan)
- Identifikasi bentuk-bentuk hubungan antar individu (anggota keluarga) dalam keluarga dan bentuk-bentuk hubungan antar keluarga dalam 1 (satu) rumahtangga?
- Apakah bentuk-bentuk hubungan antar individu (anggota keluarga) dalam keluarga sebagai faktor pendukung dan penghambat dalam pembangunan perdesaan?
- Beri gambaran kondisi perdesaan (dalam konteks keluarga di perdesaan) saat ini?
Kelompok II (Masyarakat di Perdesaan)
- Identifikasi bentuk-bentuk hubungan antar keluarga/rumahtangga dalam masyarakat perdesaan - saat ini -?
- Apakah bentuk-bentuk hubungan antar keluarga/rumahtangga - saat ini – di perdesaan sebagai faktor pendukung dan penghambat dalam pembangunan perdesaan?
- Beri gambaran kondisi perdesaan (dalam konteks masyarakat di Perdesaan) saat ini?
Kelompok III (Lembaga di Perdesaan)
- Identifikasi bentuk-bentuk hubungan keluarga/rumahtangga dalam masyarakat perdesaan dengan lembaga (pemerintah dan non pemerintah) di perdesaan?
- Apakah bentuk-bentuk hubungan keluarga/rumahtangga dengan lembaga (pemerintah dan non pemerintah) di perdesaan sebagai faktor pendukung dan penghambat dalam pembangunan perdesaan?
- Beri gambaran kondisi perdesaan (dalam konteks lembaga di perdesaan) saat ini?
Kelompok IV (Norma, Folkways, Mores, dan Adat di Perdesaan)
- Identifikasi Norma, Folkways, Mores, dan Adat yang masih berlaku di masyarakat perdesaan (masih memiliki reward atau punishment) di masyarakat perdesaan?
- Apakah Norma, Folkways, Mores, dan Adat tersebut sebagai faktor pendukung atau penghambat dalam pembangunan perdesaan?
- Beri gambaran kondisi perdesaan (dalam konteks internalisasi Norma, Folkways, Mores, dan Adat) saat ini?
Topic 7
Topic 8
Topic 9
Topic 10
Topic 11
Topic 12
Topic 13
Topic 14
Topic 15
Topic 16