བདུན་ཕྲག་རེ་བཞིན་གྱི་བཅུད་དོན།
ཡོངས་ཁྱབ།
Selamat Datang di Mata Kuliah Etnosains Semester Ganjil 2021-2022
1.Manfaat Mata Kuliah
Mahasiswa dapat memahami etnosains sebagai pengetahuan tentang kebudayaan. Pemahaman ini akan digunakan dalam pembelajaran biologi dan IPA. Pembelajaran berbasis etnosains sangat berguna sebagai bekal mahasiswa dalam membelajarkan biologi dan IPA mengunakan kearifan lokal. Mahasiswa mampu mengkaji KI dan KD di SD, SMP dan SMA yang dapat menggunakan kearifan lokal. Mahasiswa mampu membuat bahan ajar, LKPD, ataupun media berbasis kearifan lokal.
2. Deskripsi Perkulihan
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan pengetahuan tentang kebudayaan masyarakat Lampung. ethnoscience yang hidup dan berkembang di masyarakat masih dalam bentuk pengetahuan pengalaman konkret sebagai hasil interaksi antara lingkungan alam dan budayanya. Etnosains merupakan pendekatan pembelajaran yang berhubungan dengan budaya lokal, sains asli dan ilmu sainsetika, budaya daerah, dan kearifan lokal. Bentuk etnosains yang akan dipelajari diidentifikasi melalui proses pembelajaran, pemetaan tema pembelajaran dengan menelaah kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), dan melalui penilaian pembelajaran. Etnosains yang dipelajari menggunakan pendekatan ekologi dan tidak mendalami pendekatan prosesual. Pendekatan ekologi mencakup antroposentrisme dan ekosentrisme. Pendekatan prosesual mencakup pentransformasian budaya. Pendekatan ekologi menelaah tentang alam, misalnya pemanfaatan obat-obatan tradisional dan pemanfaatan alam untuk kelangsungan hidup manusia. Contoh praktis, cara mengatasi kerusakan lingkungan dengan pendekatan budaya, melalui ritual-ritual adat, budaya bercocok tanam dengan prinsip budaya yang berbeda-beda tiap daerah, dan sebagainya. Pendekatan prosesual yaitu tentang pentransformasian budaya, seperti dongeng, tembang, permainan-permainan, rumah adat, ritual adat, dan produksi lokal dari daerah setempat. Materi diawali dengan materi pentingnya membelajarkan materi berbasis etnosain dalam kurikulum 2013, macam-macam kearifan local popular di Indonesia, macam-macam kearifan local di beberapa kabupaten di propinsi Lampung, penelaahan KD dan tema yang dapat dikembangkan dalam bahan ajar, LKPD, dan atau media pembelajaran.
3. Matakuliah Prasyarat
Pendidikan Etika dan Kearifan local3. Tujuan Mata Kuliah (Kompetensi Baku)
1. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep dasar Etnosains
2. Memiliki kesadaran dan pemahaman akan pentingya etnosains
3. Memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang kebudayaan daerah
4. Mengidentifikasi KD atau tema dalam pembelajaran
5. Mengidentifikasi berbagai contoh kearifan lokal popular di berbagai daerah di Indonesia.
6. Mengidentifikasi berbagai kearifan local di masyarakat Lampung berdasarkan adat pepadun yang dapat digunakan pada KD tertentu
7. Mengidentifikasi berbagai kearifan local di masyarakat Lampung berdasarkan adat pesisir yang dapat digunakan pada KD tertentu
8. Membuat Bahan Ajar, LKPD, dan media menggunakan pendekatan etnosains
5. Strategi Perkuliahan
Dalam pelaksanaan pembelajaran online ini, perkuliahan dilakukan dengan banyak metode (ceramah, investigasi kelompok, penugasan, presentasi). Melalui cara penyampaian yang beragam tersebut, diharapkan mahasiswa akan lebih aktif dan dinamis, sehingga atmosfir akademik di ruang perkuliahan akan hidup. Guna mengakomodasi dan mengkondisikan tingkat partisipasi mahasiswa yang tinggi, maka pendekatan pembelajaran yang dilakukan adalah secara konstruktivisme dan kontekstual.
Dosen Pengampu:
Berti Yolida, S.Pd., M.Pd.Rini Rita Marpaung, S.Pd., M.Pd.
Pendahuluan dan Kontrak perkuliahan
Video Tarian Lampung sebagai salah satu budaya lokal
Mata Kuliah: ETNOSAINS
Kode : KBO616
Kemanfaatan setelah penguasaan kompetensi dan konten: mahasiswa dapat mengenali, memahami, dan merancang perangkat pembelajaran berbasis etnosains. Selain itu, mahasiswa mengenal dan menganalisis kebudayaan, kebisaan, dan adat istiadat yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA dalam pembelajaran
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing.. selamat datang di mata kuliah Etnosains..
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Capain pembelajaran lulusan (CPL) sesuai Kurikulum Program Studi
Sikap
1. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
2. Menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.
Keterampilan Umum
3. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEKS yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang Toksikologi
CP Keterampilan Khusus
4. Mampu menerapkan cara kerja ilmiah dan keterampilan proses sains
CP Pengetahuan
Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur di bidang Etnosains secara mendalam serta penerapannya dalam kajian mengenai karakteristik berbagai ekosistem laut, interaksi anatar komponen, serta peran masing-masing ekosistem bagi kehidupan dan selanjutnya dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA di sekolah
Capaian pembelajaran yang dibebankan pada mata kuliah (CPMK)
menganalisis adat istiadat, kebudayaan, dan kebiasaan masyarakat yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPA sebagai sumber belajar
Petunjuk Belajar
Mahasiswa yang kami banggakan… MK Etnosains merupakan mata kuliah pilihan, jadi anda harus belajar dengan maksimal agar memperoleh hasil yang anda inginkan. Melalui mk ini, kita akan mengkaji secara global terkait etnografi dalam masyarakat agar kita dapat mengenal apa saja kebudayaan yang dapat digunakan sebagai sumber belajar IPA. Silahkan dibaca dan dipahami materi/video/PPT yang ada, simak presentasi yang tersaji, lalu tuangkan pengetahuan konten anda dalam menganalisis jawaban dari soal yang ada.. selamat mengikuti..
silahkan join ya
Pertemuan 2: Konsep dasar Etnosains
Pendahuluan Pertemuan 2
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 2: Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar etnosains dengan benar
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar etnosains dengan benar
Mahasiswa, silahkan disimak ya PPTnya
Metode belajar hari ini yaitu: ceramah, tanya jawab, kooperative learning, dan project based learning
Latihan Pertemuan 2
1. Jelaskan konsep dasar etnosains?
2. Jelaskan lingkup pembelajaran etnosains3. Jelaskan perbedaan antara pendekatan prosesual dan pendekatan ekologi- Mahasiswa, tuliskan jawabanmu di kolom replay.. masing-masing boleh memberikan komentar /tanggapan dari jawaban rekannya:Apa yang anda pahami tentang etnosains? Mengapa etnosains diperlukan dalam pembelajaran IPA/Biologi
Rangkuman:
Etnosains adalah cabang pengkajian budaya yang berusaha memahami bagaimana pribumi memahami alam. Pribumi biasanya memiliki ideologi dan falsafah hidup yang mempengaruhi mereka mempertahankan hidup. Etnosains merupakan salah satu bentuk etnografi baru karena melalui etnosains mampu membangun teori yang berbasis etno. Etnosain memeiliki 2 pendekatan yaitu pendekatan ekologi dan pendekatan prosesual. pada pembelajaran ini dibatasi dengan pendekatan ekologi
Tugas Pertemuan 2:
1. carilah 1 artikel tentang etnosains (jurnal dalam negeri)2. buat rangkuman dari artikel tersebutSIlahkan dikerjakan tes berikut ini dengan jujur!
Mastery Learning
Mahasiswa, silahkan anda membaca lietratur lebih lanjut terkait dengan etnosains agar dapat meningkatkan penguasaan belajarnya.. terimakasih... Pembelajaran hari ini ditutup..Silahkan join ya
Silahkan kumpulkan disini tugasnya ya
SIlahkan dikumpulkan disini makalah kelompok ya. batas akhir hari senin tanggal 6 september 2021 pukul 12
Pertemuan 3:
Nilai penting etnosains sebagai basis pembelajaran dalam kurikulum 2013 edisi revisi
Pendahuluan Pertemuan 3
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 3: Mahasiswa dapat menjelaskan nilai penting etnosains sebagai basis pembelajaran dalam kurikulum 2013 edisi revisi
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak presentasi dan diskusi, mahasiswa dapat menjelaskan nilai penting etnosains sebagai basis pembelajaran dalam kurikulum 2013 edisi revisi
PENYAJIAN
Mahasiswa, silahkan dipelajari ya dan tambahkan sumber dari artikel, e book, koran dan lain-lain.
Metode belajar kita menggunakan kolaboratif learning, diskusi, penugasan, dan problem solving
Di akhir akan diberikan quizz untuk formatifnya
Mahasiswa sekalian.. silahkan dikerjakan latihan berikut ya
Mahasiswa sekalian.. mari kita diskusi tentang materi 3
Forum ini dinilai berdasarkan keaktifan individu, masing2 anggota silahkan memberikan tanggapan atas topik yang diberikan. selanjutnya masing-masing mahasiswa menanggapi jawaban yang diberikan temannya
PENUTUP
Mahasiswa sekalian.. etnosains sangat penting bagi pembelajaran IPA kurikulum 2013. dalam standar kompetensi lulusan dijelaskan bahwa penguasaan konten perlu dikaitkan dengan kearifan lokal/pengetahuan lokal setempat agar pembelajarannya tidak tercabut dari lingkungan siswa sehingga pembejaran bersifat kontekstual
Silahkan join ya
Tangkap layar perkuliahan tanggal 07 september 2021 pukul 13.15

Pertemuan 4
Macam-macam kearifan local popular di Indonesia
Pendahuluan Pertemuan 4
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 2: Mahasiswa dapat mengidentifikasi macam2 kearifan lokal populer di Indonesia
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat :
1. mengidentifikasi kearifan lokal di Indonesia
2. menjelaskan masing-masing kearifan lokal minimal 5 provinsi di Indonesia
Silahkan dipahami ya agar tujuan pembelajaran diatas tercapai.Sumber belajar: Artikel ilmiah, artikel populer, e-book, dan wawancara
Metode perkuliahan: metode tutorial, tanya jawab, presentasi, problem solving, project based learning, case study
Silahkan dikerjakan tugas latihan 4 ya dengan menuliskannya pada kolom replay
Selamat pagi... forum diskusi ini dilakukan dengan menuliskan tanggapan di kolom replay, dikerjakan secara individu. diakhir argumen silahkan diberi nilai rentang 0-100 dari argumen temannya
mahasiswa.. mari kita rancang rangkuman pertemuan ini dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dengan menuliskannya di kolom replay
Penutup
Mahasiswa, agar pemahamannya bertambah luas, silahkan kaji literatur lainnya terkait materi hari ini.. jangan lupa ikut kuliah dosen tamu
SIlahkan join ya
Perkuliahan ke 4 Selasa 14 September 2021

Pertemuan 5
Kearifan lokal di masyarakat Lampung yang ada di daerah adat pepadun
Pendahuluan Pertemuan 5
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 2: Mahasiswa dapat mengidentifikasi macam2 kearifan lokal daerah pepadun
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat :
1. mengidentifikasi kearifan lokal daerah pepadun
2. menjelaskan masing-masing kearifan lokal minimal 5 kearifan lokal di adat pepadun
Penyajian
Silahkan dipahami materinya ya agar tujuan pembelajaran tercapai
Silahkan dipahami ya agar tujuan pembelajaran diatas tercapai.Sumber belajar: Artikel ilmiah, artikel populer, e-book, dan wawancara
Metode perkuliahan: metode tutorial, tanya jawab, presentasi, problem solving, project based learning
Mahasiswa.. setelah mempelajari PPT, silahkan selesaikan tugas berikut ya. diakhir jawaban, tuliskan skor 0-100 terhadap jawabanmu sendiri (self asessment)
Mengapa kita perlu mengenal kearifan lokal adat pepadun? masing-masing memberikan nilai atas tanggapan temannya (peer asessment)
Mahasiswa, silahkan kerjakan tugas berikut dengan cara menuliskan jawaban pada kolom replay.. lalu berikan skor 0-100 dari jawaban yang anda buat (self assessment)
Penutup
Mahasiswa, kita sudah belajar kearifan lokal adat pepadun.. silahkan tambah pengetahuan anda mengenai materi tersebut dari berbagai sumber... minggu depan kita akan belajar macam-macam kearifan lokal adat pesisir.. terimakasih.. salam sehat
SIlahkan join ya
silahkan didownload ya
Pertemuan 6
Kearifan lokal di masyarakat Lampung yang ada di daerah adat pesisir
Pendahuluan Pertemuan 6
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 6:
a. Mahasiswa dapat mengidentifikasi macam2 kearifan lokal daerah pesisir
b. Mahasiswa menjelaskan masing-masing kearifan lokal minimal 5 kearifan lokal di adat pesisir
2. Tugas hari ini: aktif dalam diskusi, mengerjakan tes akhir pertemuan, dan mengerjakan tugas untuk pertemuan berikutnya
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak paparan dosen dan diskusi mahasiswa dapat :
1. mengidentifikasi kearifan lokal daerah pesisir
2. menjelaskan masing-masing kearifan lokal minimal 5 kearifan lokal di adat pesisir
Mahasiswa, silahkan disimak dan kita pahami materi ya..
sumber belajar: e-book, artikel iliah dan artikel populer, dan wawancara
strategi: diskusi, presentasi, problem solving, dan ceramah
Mahasiswa silahkan dikerjakan tugas ini ya..lalu beri penilaian atas jawabanmu (self asessment)
- Penutup
Mahasiswa silahkan kerjakan tes formatif berikut ya
Mahasiswa, setelah kita mempelajari kearifan lokal di Pesisir, kita dapat membandingkan persamaan dan perbedaan pada beberapa kearifan lokal di pesisir dan pepadun. Selanjutnya silahkan dipelajari materi selanjutnya.. terimakasih
Silahkan join ya

Pertemuan 7
Identifikasi etnosains yang berkembang di provinsi LampungPenyajian
Mahasiswa... berikut disampaikan tugas kelompok menggunakan anggota kelompok yang lama.. ketentuan tugas sudah ada dalam lembaran panduan..tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 18 Oktober
Pendahuluan Pertemuan 7
SAPAAN
Assalamualaikum wr wb… Tabik Pun… Mahasiswa yang mengontrak mata kuliah Etnosains … apa kabar? Mudah-mudahan kita selalu sehat ya aamiin… jangan lupa jaga kesehatan masing-masing..Semangat ya dalam menjawab tantangan (tugas) dalam mata kuliah ini.. .
Gambaran Umum
1. Kompetensi yang akan diperoleh dengan penguasaan konten sesuai pertemuan perkuliahan 7:
a. Mahasiswa dapat mengindentifikasi etnosains yang berkembang di provinsi lampung
b. mahasiswa menyajikan hasil observasi dalam bentu laporan sementara (tabel)
Relevansi: Penguasaan materi ini sangat relevan dengan capaian pembelajaran MK, capaian prodi terkait dengan kekhasannya, dan sangat pentinguntuk penguatan kearifan lokal sebagai basis bahan ajar saat menjadi pendidik.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah menyimak panduan pengerjaan mahasiswa dapat :
a. Mahasiswa dapat mengindentifikasi etnosains yang berkembang di provinsi lampung
b. mahasiswa menyajikan hasil observasi dalam bentu laporan sementara (tabel)
Penyajian
Dalam pertemuan ini kita akan membuat tabulasi dan rekapitulasi hasil identifikasi etnosains yang berkembang di provinsi Lampung
Sumber belajar: etnosains yang berkembang di masyarakat
Metode/ strategi belajar belajar: project based learning, diskusi,
Kumpulkan disini tugas tabulasi identifikasi etnosains yang berkembang di daerahmu sementara.. silahkan dilanjutkan dan dilengkapi lagi bila ada informan baru
Penutup
Mahasiswa,, setelah pertemuan ini minggu depan kita akan tes sumatif berupa ujian tengah semester, silahkan dipelajarai materinya ya. Terimakasih
Silahkan join ya
Mahasiswa... berikut disampaikan tugas kelompok menggunakan anggota kelompok yang lama.. ketentuan tugas sudah ada dalam lembaran panduan..tugas dikumpulkan paling lambat tanggal 18 Oktober
Pertemuan 8
Proses identifikasi etnosains LampungPertemuan 9 MID semester
Tabikpun......
Salam sehat semuanya
Mahasiswa, hari ini kita mid semester ya.. silahkan kumpulkan jawaban ditempat yang disediakanMahasiswa, silahkan dikumpulkan dsini ya
Soal: Tuliskan dan jelaskan 30-40 macam etnosains yang berkembang di daerahmu (banyaknya etnosains dan penjelan menentukan poin penilaian)
Pertemuan ke-10 (Identifikasi STEM dalam Etnoasains)
Tabikpun......
Salam sehat semuanya
Capaian Pembelajaran
Mengidentifikasi dan menganalisis kandungan STEM dalam etnosains
silahkan join ya
silahkan dikumpulkan disini ya
Pertemuan google meet taggal 26 oktober 2021

Pertemuan 11.
Analisis muatan STEM dalam etnosains
silahkan join ya
silahkan dikumpulkan ya paling lambat seni 08-11-2021
Pertemuan ke-12
Pengembangan tugasSTEM menjadi tren pembelajaran agar menjadi bermakna... belajar tidak hanya pada tataran pengetahuan saja yang diperoleh oleh siswa.. beri tanggapan anda mengapa demikian? jelaskan komponen STEM menggunakan penjelasan sendiri
Pengembangan Tugas
mahasiswa tugas minggu ini:
Tugas ketua kelas:
1. mengelompokkan anggota kelas berdasarkan kabupatennya
2. mengetiknya lalu mengirimkannya ke ibu
Tugas Indovidu:
1. rapikan kembali tugasnya
2. cek STEM setiap nomor tugas
3. tandai yang mengandung STEM, Sains saja, dan tidak terdapat STEM
4. tandai setiap komponen nomor 3 untuk disusun secara alphabet
5. masing-masing no 3 ditulis kembali menjadi uraian (seperti buku)
6. tugas dimupulkan paling lambat hari sabtu pkl 12
selamat bekerja
tugas dikumpulkan disini ya paling lambat pkl 12 hari sabtu
Pertemuan 13
Pengembangan tabulasi menjadi uraian etnosains
silahkan join ya
silahkan dikumpulkan disini ya.. paling lambat hari senin pukul 12
yang perlu disempurnakan:
1. penamaan etnosains menggunakan istilah setempat (lalu dalam kurung penjelsan singkat indonesianya)
2. penjelsannya ditambah supaya detail jadi informasinya utuh. apabila penjelasan mengambil dari tulisan orang maka tuliskan pustakanya dan buat daftar pustaka. daftar pustaka termasuk penduduk yang diwawancara ya
3. tambahkan gambar ( tuliskan sumbernya: apabila jepretan sendiri tulis dokumentasi pribadi, bila bukan tuliskan sumbernya)
semangat
Pertemuan 14
Pengembangan tugas proyek muatan STEM dalam etnosains daerah masing-masng
Mahasiswa, pertemuan ini kita masih melanjutkan pengembangan tugas analisis STEm di etnosains
Tugas:
1. gabungkan tugasnya dengan teman 1 kabupaten, bila tidak ada teman silahkan sendiri
2. kelompokkan yang mengandung STEM dan tidak
3. susun secara alpabetis baik yang mengandung STEM atau tidak
4. beri penjelasan rinici (karena masih ada yang penjelasannya sangat ringkas bahkan hanya 1 kalimat)
5. setelah penjelasan baru cantumkan gambar
6. masih diperbolehkan bila ada yg mau mengganti etnosainsnya atau menambahkan
7. Tambahkan membahas rumah adat masing-masing (dilengkapi penjelasan tangga, lantai, dinding, bentuk jendela dan pernak perniknya, bentu atap. semua penjelasan ini cantumkan bahannya apa dan apa fungsinya, ditambah dengan maknanya lebih baik) mengingat setiap daerah punya rumah adat
8. bila sudah silahkan kumpulkan paling lambat hari senin tanggal 29 nov, tugas akan dicek kembali dan harap dikerjakan sebaik mungkin ya karena poin penilaian proyek ini terbesar diantara yang lain.. terimakasih.. selamat bekerja
Mahasiswa, silahkan dikumpulkan disini ya
Pertemuan 15
Identifikasi Etnosains dan muatan STEM dalam bahan ajar
Mahasiswa.. pertemuan ini kita melanjutkan tugas sebelumnya
1. Buat tugas dalam ukuran kertas buku (silahkan berkoordinasi dalam kelas ukuran buku yang diinginkan--> bukan lagi uraian dalam kertas A4)
2. spasinya 1, gambar setelah penjelasan. penjelasan dari literatur cantumkan sumber (jangan lupa buat dapus dibelakang). terutama bahasan rumah adat mungkin dari internet
3. nama sumber yang diwawancarai letakkan di dapus
4. buat cover buku masin-masing kelompok (kabupaten), tonjolkan gambar-gambar yang paling unik dan menarik sehingga tidak ada didaerah lain, bila memungkinkan buat sendiri (bila tidak kombinasi gambar yang ada tidak apa-apa), tulis dicover Etnosains di Kabupaten.... nama mahasiswa tidak perlu dicantumkan di cover. kumpulkan perwakilan saja tiap kelompoknya
5. kumpulkan tugas dalam bentuk dokumen word/rtf di ruang pengumpulan
6. kemenarikan tugas akhir ini menjadi poin penilaian akhir proyek tugas dan menjadi nilai UAS
Selamat bekerja
Mahasiswa, silahkan dikumpulkan disini ya, paling lambat senin pukul 12.00
silahkan join ya
Pertemuan 16
UAs

