Enrolment options

[22/23 Genap][S1 ILKOM] GRAFIKA KOMPUTER PIL

Grafika Komputer (Computer Graphics) dapat diartikan sebagai seperangkat alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membuat gambar, grafik atau citra realistik untuk seni, foto, permainan (game) dan animasi komputer. Grafika Komputer merupakan bidang komputasi visual di mana gambar atau citra tiruan dihasilkan melalui urutan tahapan dari beberapa deskripsi yang diberikan. Matakuliah ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa tentang bagaimana menggambar suatu objek baik 2D maupun 3D beserta manipulasinya. Matakuliah Grafika Komputer secara umum ditujukan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa dalam berpikir secara logis, kritis, kreatif dan analitis dalam memecahkan masalah penggambaran suatu objek beserta manipulasinya dengan menggunakan komputer. Secara khusus pada matakuliah ini akan diberikan ketrampilan dalam hal pembuatan program untuk menggambar suatu objek baik 2D maupun 3D beserta manipulasinya.

Pokok Bahasan:
1. Pendahuluan Grafika Komputer: Pengertian, Sejarah, Peranan dan Penggunaan
2. Sistem Grafika Komputer: Teknologi Display (Raster-scan dan Random-scan) , Monitor Bewarna (CRT, Flat Panel Display: LCD, LED, Plasma)
3. Pengantar WebGL.
4. Output Primitif (Titik dan Garis): Algoritma Pembentukan Garis, Kurva dan Lingkaran: DDA, Bressenham, Bezier.
5. Atribut Output Primitif: Atribut Garis, Fill Area Primitif, Pembentukan Karakter, Antialiasing.
6. Transformasi 2 Dimensi: Pergeseran (Translation), Perbesaran (Scalling), Perputaran (Rotation), Pencerminan (Reflection), Pemiringan (Shear)
7. Clipping 2 D (Pemotongan 2 Dimensi): Klipping Garis: Algoritma Cohen-Sutherland, Kliping Poligon: Algoritma Sutherland-Hodgeman
8. Konsep 3 Dimensi
9. Proyeksi: Proyeksi Paralel (Orthographic dan Oblique), Proyeksi Perspektif.
10. Rendering: Warna, Pencahayaan (Lighting), Metode Shading, Texture Mapping
11. Transformasi 3 Dimensi
12. Konsep Dasar OpenGL
13. Grafik 3D dengan WebGL
14. UAS

Sumber Referensi:
1. Asthana, R.G.S.,and Sinha, N.K., Computer Graphics For Scientists and Engineers, New Age International Ltd., New Delhi, 2001.
2. Eck, David J., Introduction to Computer Graphics, Dept. of Mathematics and Computer Science - Hobart and William Smith Colleges, New York, 2015.
3. Hearn, D., and Baker, M.P.,Computer Graphics with Open GL, 4th Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey, 2010.
4. James D.F., A. van Dam, S.K. Feiner & J.F. Hughes, Computer Graphics, Principles and Practice, Second Edition, Addison-Wesley, 1990.
5. Shirley, P., Ashikhmin, M., and Marschner, S., Fundamentals of Computer Graphics, 2009.(math.hws.edu/graphicsbook/contents-with-subsections.html)
6. www.glprogramming.com/blue/index.html
threejs.org/examples/triggerrally.com/track/RF87t6b6/drive



Self enrolment (Student)