Penjelasan Kontrak kuliah

FORMAT KONTRAK KULIAH

A.    IDENTITAS

Nama Mata Kuliah

: Psikologi Pendidikan

SKS

: 3

Kode Mata Kuliah

: KIP 616105

Jurusan/Program Studi

: IP/Penjaskes

Dosen Penanggung Jawab

: Redi Eka Andriyanto, M.Pd.,Kons

Anggota

:

 

 

 

B.     DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib FKIP Unila yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP UNILA. Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman dan keahlian dalam mengkaji dan mengimplementasikan tentang konsep-konsep psikologi pendidikan yang mencakup tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.

 

C.    CAPAIAN MATA KULIAH:

Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, mahasiswa diharapkan menguasai kompetensi paedagogik dalam bidang Psikologi Pendidikan. Mahasiswa memahami tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.

 

D.    OPERASIONALISASI CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

Tabel 1:  Operasionalisasi  Capaian Perkuliahan ke dalam Bahan Kajian

No

Capaian Perkuliahan

Bahan Kajian

1

Memahami Pengertian, Konsep dasar dan Ruang lingkup Psikologi Pendidikan

a.     Pengertian Psikologi Penidikan

( Educational Psychology is a systimatic study of the process and factors infloved in the education of human being (Witherington)

b.    Kedudukan Psikologi Pendidikan

c.     Tujuan Psikologi Pendidikan.

   (... is help teachers and prospective teachers to develop a better understanding of education and its process).

d.    Fundamental Aspects:

a)      The Learner

b)      The learning process,and

c)      The learning situation.

2

Menjelaskan Konsep Dasar Pendidikan

a.    Pengertian Pendidikan

b.    Tujuan Pendidikan

c.    Faktor-faktor pendidikan

3

Menjelaskan Peserta Didik (the learner)

a.       Pengertian peserta didik

b.      Tahap perkembangan peserta didik 

 

4

Memahami karakteristik Tahapan perkembangan anak

a.       Karakteristik peserta didik tahapan anak

b.      Faktor tahapan perkembangan anak

c.       Masalah tahapan perkembangan anak

 

5

Memahami karakteristik  Peserta didik dengan tahapan perkembangan remaja

a.       Karakteristik peserta didik remaja

b.      Faktor  tahapan perkembangan remaja

c.       Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan remaja

6

Memahami karakteristik  Peserta didik dengan tahapan perkembangan dewasa

a.       Karakteristik peserta didik masa dewasa

b.      Faktor tahapan perkembangan dewasa

c.       Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan dewasa

7-8

Menjelaskan Proses Belajar (the learning process)

a.       Faktor yang mempengaruhi belajar (internal dan eksternal)

b.      Kecerdasan dalam belajar

c.       Motivasi Belajar

d.      Aktivitas Belajar

e.       Regulasi belajar

f.       Effikasi Diri

9

Memahami Aktivitas Psikologis Dalam Belajar (pendidikan)

a.       Ingatan dan lupa

b.      Berpikir

c.       Metakognisi dalam belajar

d.      Perasaan

10

Mendeskripsikan Sikap dan Kebiasaan Belajar

a.       Sikap belajar

b.      Kebiasaan belajar

c.       Transfer dalam belajar

11

Menganalisis Situasi Belajar (the learning situation)

a.       Pengertian situasi/lingkungan belajar

b.      Macam  situasi belajar

c.       Pengaruh lingkungan belajar dalam pendidikan

12-13

Memahami Program layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah

a.       Kedudukan Bimbingan dan Konseling di sekolah

b.      Tujuan bimbingan dan konseling

c.       Prinsip bimbingan dan konseling

d.      Bidang layanan bimbingan dan konseling

e.       Pendekatan bimbingan dan konseling

14-15

Mendiagnosis Kesulitan dalam Belajar

a.       Pengertian kesulitan belajar

b.      Faktor penyebab kesulitan belajar

c.       Pengayaan

d.      Remedial

16

Refleksi Perkuliahan

Pengayaan perkuliahan


E.     Sistem Penilaian

Penilaian ditentukan dari hasil

a.       Kehadiran :  10 %

b.      UTS           :  20 %

c.       UAS          :  30 %

d.      Tugas         :  30 %

e.       Partisipasi  :  10 %

 

 

 

F.     Rentang Penilaian

No.

Nilai

RentangNilai

HurufMutu

AngkaMutu

1

≥76

A

4,0

2

71-75

B+

3,5

3

66-70

B

3,0

4

61-65

C+

2,5

5

56-60

C

2,0

6

50-55

D

1,0

7

<50

E

0,0

 

  1. Referensi

 

Ali, Muhamad. & Mohammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara

Hartinah, S. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama

Muhibinsyah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Weiner, I.B., Reynolds, W. M., Miller, G.E.  2003. Handbook Of  Psychology. Volume 7.  Educational Psychology.  NY:  John Wiley & Sons, Inc.

Shrivastava, K. K . 2003. Principles Of Guidance and Counselling. New Delhi : Kanishka Publishers

Santrock, J.W . ____. Psikologi Pendidikan. Dalas: University Of Texas

Santrock, J. W. ( 2007). Educational Psychology, 2nd edition. McGraw-Hill Company, Inc. Alih bahasa oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks

Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.