Penjelasan Kontrak kuliah
FORMAT KONTRAK KULIAH
A. IDENTITAS
Nama Mata Kuliah |
: Psikologi Pendidikan |
SKS |
: 3 |
Kode Mata Kuliah |
: KIP 616105 |
Jurusan/Program Studi |
: IP/Penjaskes |
Dosen Penanggung Jawab |
: Redi Eka Andriyanto, M.Pd.,Kons |
Anggota |
: |
B. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib FKIP Unila yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa FKIP UNILA. Mata kuliah ini membekali mahasiswa agar dapat memiliki pemahaman dan keahlian dalam mengkaji dan mengimplementasikan tentang konsep-konsep psikologi pendidikan yang mencakup tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.
C. CAPAIAN MATA KULIAH:
Setelah mengikuti perkuliahan Psikologi Pendidikan, mahasiswa diharapkan menguasai kompetensi paedagogik dalam bidang Psikologi Pendidikan. Mahasiswa memahami tiga aspek dasar yaitu: peserta didik, proses belajar, dan situasi belajar.
D. OPERASIONALISASI CAPAIAN PEMBELAJARAN
Tabel 1: Operasionalisasi Capaian Perkuliahan ke dalam Bahan Kajian
No |
Capaian Perkuliahan |
Bahan Kajian |
1 |
Memahami Pengertian, Konsep dasar dan Ruang lingkup Psikologi Pendidikan |
a. Pengertian Psikologi Penidikan ( Educational Psychology is a systimatic study of the process and factors infloved in the education of human being (Witherington) b. Kedudukan Psikologi Pendidikan c. Tujuan Psikologi Pendidikan. (... is help teachers and prospective teachers to develop a better understanding of education and its process). d. Fundamental Aspects: a) The Learner b) The learning process,and c) The learning situation. |
2 |
Menjelaskan Konsep Dasar Pendidikan |
a. Pengertian Pendidikan b. Tujuan Pendidikan c. Faktor-faktor pendidikan |
3 |
Menjelaskan Peserta Didik (the learner) |
a. Pengertian peserta didik b. Tahap perkembangan peserta didik
|
4 |
Memahami karakteristik Tahapan perkembangan anak |
a. Karakteristik peserta didik tahapan anak b. Faktor tahapan perkembangan anak c. Masalah tahapan perkembangan anak
|
5 |
Memahami karakteristik Peserta didik dengan tahapan perkembangan remaja |
a. Karakteristik peserta didik remaja b. Faktor tahapan perkembangan remaja c. Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan remaja |
6 |
Memahami karakteristik Peserta didik dengan tahapan perkembangan dewasa |
a. Karakteristik peserta didik masa dewasa b. Faktor tahapan perkembangan dewasa c. Masalah yang dihadapi dalam tahapan perkembangan dewasa |
7-8 |
Menjelaskan Proses Belajar (the learning process) |
a. Faktor yang mempengaruhi belajar (internal dan eksternal) b. Kecerdasan dalam belajar c. Motivasi Belajar d. Aktivitas Belajar e. Regulasi belajar f. Effikasi Diri |
9 |
Memahami Aktivitas Psikologis Dalam Belajar (pendidikan) |
a. Ingatan dan lupa b. Berpikir c. Metakognisi dalam belajar d. Perasaan |
10 |
Mendeskripsikan Sikap dan Kebiasaan Belajar |
a. Sikap belajar b. Kebiasaan belajar c. Transfer dalam belajar |
11 |
Menganalisis Situasi Belajar (the learning situation) |
a. Pengertian situasi/lingkungan belajar b. Macam situasi belajar c. Pengaruh lingkungan belajar dalam pendidikan |
12-13 |
Memahami Program layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah |
a. Kedudukan Bimbingan dan Konseling di sekolah b. Tujuan bimbingan dan konseling c. Prinsip bimbingan dan konseling d. Bidang layanan bimbingan dan konseling e. Pendekatan bimbingan dan konseling |
14-15 |
Mendiagnosis Kesulitan dalam Belajar |
a. Pengertian kesulitan belajar b. Faktor penyebab kesulitan belajar c. Pengayaan d. Remedial |
16 |
Refleksi Perkuliahan |
Pengayaan perkuliahan |
E. Sistem Penilaian
Penilaian ditentukan dari hasil
a. Kehadiran : 10 %
b. UTS : 20 %
c. UAS : 30 %
d. Tugas : 30 %
e. Partisipasi : 10 %
F. Rentang Penilaian
No. |
Nilai |
||
RentangNilai |
HurufMutu |
AngkaMutu |
|
1 |
≥76 |
A |
4,0 |
2 |
71-75 |
B+ |
3,5 |
3 |
66-70 |
B |
3,0 |
4 |
61-65 |
C+ |
2,5 |
5 |
56-60 |
C |
2,0 |
6 |
50-55 |
D |
1,0 |
7 |
<50 |
E |
0,0 |
- Referensi
Ali, Muhamad. & Mohammad Asrori. 2006. Psikologi Remaja. Jakarta : Bumi Aksara
Hartinah, S. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Refika Aditama
Muhibinsyah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya
Weiner, I.B., Reynolds, W. M., Miller, G.E. 2003. Handbook Of Psychology. Volume 7. Educational Psychology. NY: John Wiley & Sons, Inc.
Shrivastava, K. K . 2003. Principles Of Guidance and Counselling. New Delhi : Kanishka Publishers
Santrock, J.W . ____. Psikologi Pendidikan. Dalas: University Of Texas
Santrock, J. W. ( 2007). Educational Psychology, 2nd edition. McGraw-Hill Company, Inc. Alih bahasa oleh Tri Wibowo B.S. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slavin, R. E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Indeks
Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta.