setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-7, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-11
Nama: Safira Sita Salsabilla
NPM : 2213053027
Kelas : 2G
Sumber belajar yang dipilih hendaknya bisa berfungsi sebagai alat, metode, atau
strategi penyampaian pesan. Pertanyaan saya, Apa contoh sumber belajar yang bisa berfungsi sebagai alat, metode, atau
strategi penyampaian pesan?
NPM : 2213053027
Kelas : 2G
Sumber belajar yang dipilih hendaknya bisa berfungsi sebagai alat, metode, atau
strategi penyampaian pesan. Pertanyaan saya, Apa contoh sumber belajar yang bisa berfungsi sebagai alat, metode, atau
strategi penyampaian pesan?
In reply to Safira Sita Salsabilla 2213053027
Re: Forum Diskusi Pertemuan-11
Nama : Evinna Winda Merita
Npm : 2213053297
Izin menjawab.
Ada banyak contoh sumber belajar yang bisa berfungsi sebagai alat, metode, atau strategi penyampaian pesan, tergantung pada konteks dan tujuan pembelajaran. Beberapa contoh umumnya adalah:
1. Buku: Buku bisa digunakan sebagai alat pembelajaran untuk menyampaikan informasi dan konsep tertentu.
2. Audiovisual: Video, rekaman suara, atau presentasi multimedia lainnya bisa digunakan sebagai metode untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.
3. Komputer dan internet: Sumber belajar digital seperti situs web, program pembelajaran komputer, atau aplikasi mobile bisa digunakan sebagai alat atau strategi untuk menyampaikan pesan dan memfasilitasi pembelajaran online.
4. Diskusi kelompok: Diskusi kelompok bisa menjadi metode yang efektif untuk menyampaikan pesan dan memperdalam pemahaman siswa tentang suatu topik.
5. Pelatihan langsung: Pelatihan langsung oleh instruktur atau guru bisa digunakan sebagai strategi untuk menyampaikan pesan secara interaktif dan memperdalam pemahaman siswa.
6. Permainan edukatif: Permainan edukatif bisa digunakan sebagai strategi untuk menyampaikan pesan tentang konsep tertentu atau melatih keterampilan tertentu dalam lingkungan yang menyenangkan dan interaktif.
Npm : 2213053297
Izin menjawab.
Ada banyak contoh sumber belajar yang bisa berfungsi sebagai alat, metode, atau strategi penyampaian pesan, tergantung pada konteks dan tujuan pembelajaran. Beberapa contoh umumnya adalah:
1. Buku: Buku bisa digunakan sebagai alat pembelajaran untuk menyampaikan informasi dan konsep tertentu.
2. Audiovisual: Video, rekaman suara, atau presentasi multimedia lainnya bisa digunakan sebagai metode untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik dan interaktif.
3. Komputer dan internet: Sumber belajar digital seperti situs web, program pembelajaran komputer, atau aplikasi mobile bisa digunakan sebagai alat atau strategi untuk menyampaikan pesan dan memfasilitasi pembelajaran online.
4. Diskusi kelompok: Diskusi kelompok bisa menjadi metode yang efektif untuk menyampaikan pesan dan memperdalam pemahaman siswa tentang suatu topik.
5. Pelatihan langsung: Pelatihan langsung oleh instruktur atau guru bisa digunakan sebagai strategi untuk menyampaikan pesan secara interaktif dan memperdalam pemahaman siswa.
6. Permainan edukatif: Permainan edukatif bisa digunakan sebagai strategi untuk menyampaikan pesan tentang konsep tertentu atau melatih keterampilan tertentu dalam lingkungan yang menyenangkan dan interaktif.
Nama : Aulia Maharani Putri
Npm : 2213053010
Kelas : 2G
Menurut pendapat kalian sebagai calon pendidik, hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih atau membuat media pembelajaran yang menarik yang bertujuan untuk tercapainya pembelajaran?
Npm : 2213053010
Kelas : 2G
Menurut pendapat kalian sebagai calon pendidik, hal apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih atau membuat media pembelajaran yang menarik yang bertujuan untuk tercapainya pembelajaran?
In reply to AULIA MAHARANI PUTRI 2213053010
Re: Forum Diskusi Pertemuan-11
Izin menjawab pertanyaan Aulia Maharani
Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru dalam memilih
media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni
1) ketepatan media
dengan tujuan pengajaran;
2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran;
3) kemudahan
memperoleh media;
4) keterampilan guru dalam menggunakannya;
5) tersedia waktu
untuk menggunakannya
6) sesuai dengan taraf berfikir anak
Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru dalam memilih
media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni
1) ketepatan media
dengan tujuan pengajaran;
2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran;
3) kemudahan
memperoleh media;
4) keterampilan guru dalam menggunakannya;
5) tersedia waktu
untuk menggunakannya
6) sesuai dengan taraf berfikir anak
Nama : Devi Kelana Rindu Bintara
NPM : 2213053095
Menurut pendapat kelompok kalian apakah dengan media visual dapat menjamin peningkatan hasil belajar peserta didik? jika iya, tolong berikan alasan dan jika tidak, tolong berikan solusi bagaimana kita sebagai pendidik meningkatkan proses pembelajaran melalui media pembelajaran tersebut.
Terimakasih.
NPM : 2213053095
Menurut pendapat kelompok kalian apakah dengan media visual dapat menjamin peningkatan hasil belajar peserta didik? jika iya, tolong berikan alasan dan jika tidak, tolong berikan solusi bagaimana kita sebagai pendidik meningkatkan proses pembelajaran melalui media pembelajaran tersebut.
Terimakasih.
In reply to DEVI KELANA RINDU BINTARA 2213053095
Re: Forum Diskusi Pertemuan-11
Izin menjawab pertanyaan dari devi kelana rindu bintara, Iya, karena Penggunaan media visual dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Penggunaan media visual juga dapat melibatkan siswa secara langsung. Hal itu tentu akan memotivasi siswa dalam proses belajar sehingga siswa dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih mudah. Keunggulan yang ada pada media visual berupa, mempermudah dan mempercepat pemahaman siswa terhadap pesan yang disajikan karena siswa melihatnya secara konkrit, dilengkapi dengan warna-warna sehingga lebih menarik perhatian. Media berbasis visual memegang peran yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Media visual dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapatmemberikan dukungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata.
Nama : Khairani Ulya
NPM : 2213053115
Kelas : 2G
Apa tolak ukur keberhasilan sebuah media belajar jika dilihat dari hasil belajar siswa? Bagaimana jika kita menggunakan sebuah media belajar namun ada siswa yang hasil belajarnya menjadi semakin bagus adapula yang kurang tertarik dan lalu hasil belajarnya menurun?
NPM : 2213053115
Kelas : 2G
Apa tolak ukur keberhasilan sebuah media belajar jika dilihat dari hasil belajar siswa? Bagaimana jika kita menggunakan sebuah media belajar namun ada siswa yang hasil belajarnya menjadi semakin bagus adapula yang kurang tertarik dan lalu hasil belajarnya menurun?
In reply to KHAIRANI ULYA 2213053115
Re: Forum Diskusi Pertemuan-11
Nama : Nadia Nur Safitri
Npm : 2213053275
Izin menjawab pertanyaan Khairani Ulya
Betul bahwa tolak ukur keberhasilan media belajar dilihat dri hasil belajar siswa. penggunaan media sangat penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pengajaran dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar para siswa. Namun pastinya tidak semua peserta didik cocok dengan media belajar digunakan, nah disinilah tantangan seorang guru harus berupaya mencari dan menggunakan media belajar yang bervariasi agar siswa merasa belajar adalah hal yang menyenangkan. Apabila tetap tidak berhasil maka diperlukan evaluasi terhadap media belajar yang digunakan serta siswa yang tidak tertarik dan hasil belajarnya turun.
Npm : 2213053275
Izin menjawab pertanyaan Khairani Ulya
Betul bahwa tolak ukur keberhasilan media belajar dilihat dri hasil belajar siswa. penggunaan media sangat penting dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pengajaran dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar para siswa. Namun pastinya tidak semua peserta didik cocok dengan media belajar digunakan, nah disinilah tantangan seorang guru harus berupaya mencari dan menggunakan media belajar yang bervariasi agar siswa merasa belajar adalah hal yang menyenangkan. Apabila tetap tidak berhasil maka diperlukan evaluasi terhadap media belajar yang digunakan serta siswa yang tidak tertarik dan hasil belajarnya turun.