Forum Diskusi Pertemuan-9

Forum Diskusi Pertemuan-9

Number of replies: 10
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-4, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Nazila Amryna 2213053140 -
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Kelas : 2F

Izin bertanya

Pendekatan belajar siswa apakah yang memiliki perencanaan yang lebih matang dan memiliki dorongan kompetisi yang tinggi?
In reply to Nazila Amryna 2213053140

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Tria Selvia -

Nama : Tria Selvia

Npm   : 2213053258

Izin menjawab pertanyaan dari Nazila

Pendekatan achieving, yaitu kecenderungan belajar peserta didik karena adanya dorongan untuk mewujudkan ambisi pribadi dalam meningkatkan prestasi keakuan dirinya dengan cara meraih prestasi setinggi-tingginya. Maka dari itu pendekatan achieving dapat dikatakan lebih serius dari pada pendekatan belajar lainnya.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Indra Ulfayani 2213053171 -
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 2F

Izin bertanya :
Bagaimana penerapan teknologi pendidikan dapat mendukung implementasi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang beragam?
In reply to Indra Ulfayani 2213053171

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Meyin syabira 2213053185 -
Izin menjawab pertanyaan dari indra

Penerapan teknologi pendidikan dapat secara signifikan mendukung implementasi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran yang beragam. Berikut adalah beberapa contoh penerapan teknologi pendidikan yang dapat mendukung keragaman dalam pembelajaran:
1. Sumber Belajar Digital: Teknologi pendidikan memungkinkan akses mudah dan cepat terhadap sumber belajar digital seperti e-book, video pembelajaran, simulasi, dan konten interaktif lainnya. Peserta didik dapat belajar dengan menggunakan sumber-sumber ini sesuai dengan preferensi dan gaya belajar mereka.
2. Pembelajaran Berbasis Online: Teknologi pendidikan memungkinkan pembelajaran berbasis online, di mana peserta didik dapat mengakses materi pembelajaran, berinteraksi dengan pendidik dan sesama peserta didik melalui platform pembelajaran online. Metode seperti diskusi online, forum, dan kolaborasi dalam proyek dapat digunakan untuk memfasilitasi pembelajaran berbasis online.
3. Pembelajaran Adaptif: Teknologi pendidikan dapat mendukung implementasi pembelajaran adaptif, di mana sistem cerdas dapat menganalisis data belajar peserta didik dan memberikan konten serta materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman mereka. Dengan demikian, setiap peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri.
4. Simulasi dan Realitas Virtual: Teknologi pendidikan dapat menyediakan pengalaman simulasi dan realitas virtual yang mendalam. Peserta didik dapat mengakses simulasi untuk mempelajari konsep yang kompleks atau melibatkan diri dalam pengalaman praktis yang tidak mungkin dilakukan dalam konteks nyata. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran.
5. Alat Evaluasi dan Umpan Balik: Teknologi pendidikan dapat mendukung implementasi beragam metode evaluasi dan memberikan umpan balik yang tepat waktu kepada peserta didik. Alat-alat seperti kuis online, tugas interaktif, dan sistem penilaian otomatis dapat membantu dalam mengukur kemajuan belajar peserta didik dan memberikan umpan balik yang dapat meningkatkan pemahaman mereka.
6. Kolaborasi dan Komunikasi: Teknologi pendidikan memungkinkan kolaborasi dan komunikasi yang mudah antara pendidik dan peserta didik, serta antara sesama peserta didik. Melalui platform pembelajaran online, peserta didik dapat bekerja sama dalam proyek, berbagi ide, memberikan masukan, dan berkomunikasi secara efektif, meskipun jarak jauh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Santika Tri Adelia Putri 2213053055 -
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055
Kelas : 2F

Izin bertanya,
Apa dampak yang ditimbulkan jika seorang guru salah memilih metode pembelajaran?
In reply to Santika Tri Adelia Putri 2213053055

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Destia Rahmah Fitriani 2213053082 -
Nama. : Destia Rahmah Fitriani
NPM. : 2213053082
Kelas. : 2F

Izin menjawab pertanyaan dari Santika

Apabila guru salah dalam memilih metode pembelajaran yang akan digunakan dalam kegiatan belajar mengajar, hal ini akan menyebabkan ketidakberhasilan guru dalam menyampaikan materi pembelajarannya.
Dalam hal ini pengkoreksian diri sangat diperlukan dari guru tersebut ketika ia masuk di dalam kategori guru yang tidak efektif dalam mengajar maka sangat kita harapkan kepada guru tersebut harus menyikapinya dengan berusaha mengganti atau menanggulangi metode atau cara pembelajaran yang ia kerjakan. Agar proses belajar siswa-siswi tersebut akan menghasilkan hasil yang optimal sesuai dengan guru sebenarnya,harapan siswa dan harapan orang tua yang menginginkan anak-anaknya memperoleh pendidikan yang baik dan optimal.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Aulia Amanah 2213053126 -
nama : aulia amanah
npm : 2213053126
izin bertanya
Metode pembelajaran yang bagaimanakah yang dikatakan efektif dalam pembelajaran?
In reply to Aulia Amanah 2213053126

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Tria Selvia -
Nama : Tria Selvia

Npm   : 2213053258

Izin menjadi pertanyaan dari Aulia

Metode pembelajaran efektif adalah metode pembelajaran yang tepat atau sesuai digunakan dalam proses pembelajaran sehingga memberikan hasil yang lebih baik, baik dari segi pengetahuan peserta didik maupun dari segi perilaku.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Depi Septiani -
Nama:Depi Septiani
Nom:2253053005
Izin brtanya:
Apa yang perlu di pertimbangan dalam menentukan model pendekatan strategi metode dan tenik pembelajaran?
In reply to Depi Septiani

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Ilma Fuadah 2213053225 -
nama : Ilma Fuadah
NPM :2213053225

izin menjawab pertanyaan dari depi septiani

Pertimbangan dalam memilih strategi, metode, dan teknik pembelajaran sangat penting untuk dipahami, sebab berfungsi sebagai landasan dalam menyajikan, menguraikan, memberikan contoh, dan memberi latihan kepada
peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu. Kadang-kadang dalam
pembelajaran, seorang pendidik merasa kaku dengan mempergunakan satu atau
dua metode, menerjemahkan metode itu secara sempit, hal ini bisa saja
disebabkan karena kurang memperhatikan dasar-dasar pertimbangan tersebut.
Seorang pendidik yang menyiapkan strategi pembelajaran secara rinci dan
terstruktur akan mampu menyuguhkan materi kepada peserta didik dengan
baik.