Forum Diskusi Pertemuan-9

Forum Diskusi Pertemuan-9

Number of replies: 8
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-4, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by LEHA PUTRI KURNIA SARI -
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Izin bertanya, Dalam pemilihan media pembelajaran terdapat prinsip fleksibilitas atau kelenturan. Apakah prinsip itu dan Bagaimanakah jika dalam media pembelajaran tidak terdapat prinsip fleksibilitas?
In reply to LEHA PUTRI KURNIA SARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by NURUL.MASJIDAH.21 NURUL.MASJIDAH.21 -
Saya Nurul Masjida(2113053089) dari kelompok penyaji materi izin menjawab pertanyaan dari leha putri kurnia sari :

Jadi, media pembelajaran yang di pilih oleh pendidik untuk kegiatan belajar mengajar di kelas seharusnya memiliki fleksibilitas yang baik. Media pembelajaran itu dikatakan memiliki fleksibilitas yang baik apa bila dapat digunakan dalam berbagai situasi.Kadang kala, saat proses pembelajaran berlangsung terjadi perubahan situasi yang berakibat tidak dapat digunakannya suatu Media pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by ANGGUN QONIATUL AMRIYAH -
Nama : Anggun Qoniatul Amriyah
NPM : 2113053150

Izin bertanya, di ppt dijelaskan bahwa salah satu prinsip penggunaan dan pemilahan media pembelajaran adalah kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran. Lalu, bagaimana solusi terbaik untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran?
In reply to ANGGUN QONIATUL AMRIYAH

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Tri Septiana Sari -
Nama : Tri Septiana Sari
NPM : 2113053155

Saya perwakilan dari kelompok 4 izin menjawab pertanyaan dari Anggun
Upaya untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran:
1.Mengadakan pelatihan atau diklat baik secara tatap muka maupun online.
2. Pembinaan guru melalui supervisi akademik Kepala Sekolah. Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan
membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan akademik.
3. Memfasilitasi infrastruktur baik sarana maupun prasarana. Sarana dan prasarana atau infrastruktur yang memadai akan sangat membantu dalam pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by NABILAH RAHMAH -
Nama : Nabilah Rahmah
Npm : 2113053020
Izin bertanya, Apa saja kendala yang guru hadapi dalam pemilihan media pembelajaran dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut?
In reply to NABILAH RAHMAH

Re: Forum Diskusi Pertemuan-9

by Sabila Nurfajrina -
Saya Sabila Nurfajrina (2113053220) dari kelompok penyaji materi izin menjawab pertanyaan dari Nabillah Rahmah :

Kendala yang sering dihadapi guru dalam pemilihan media pembelajaran antara lain:

1. Keterbatasan Teknologi - Beberapa sekolah mungkin belum memiliki perangkat keras atau perangkat lunak yang memadai untuk mendukung penggunaan media pembelajaran. Misalnya, guru tidak dapat menggunakan video dalam pengajaran jika tidak ada proyektor atau layar proyektor di ruang kelas. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan komunikasi dengan pihak sekolah atau mengajukan proposal kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi.

2. Kurangnya Ketersediaan Materi - Tidak semua topik pelajaran memiliki sumber daya pembelajaran yang mudah ditemukan. Dalam beberapa kasus, guru harus membuat materi pembelajaran mereka sendiri yang dapat memakan waktu dan sumber daya yang berharga. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan mencari dan memanfaatkan sumber daya pembelajaran yang sudah tersedia di internet atau dengan menghubungi guru-guru lain untuk berbagi sumber daya pembelajaran.

3. Perbedaan Level Siswa - Setiap siswa memiliki gaya belajar dan level pemahaman yang berbeda. Seorang guru harus memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan level pemahaman siswa. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan membuat beberapa media pembelajaran yang berbeda untuk siswa dengan level yang berbeda atau memilih media pembelajaran yang fleksibel dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa.

4. Masalah Koneksi Internet - Jika penggunaan media pembelajaran melibatkan penggunaan internet, koneksi yang buruk atau tidak stabil dapat menjadi kendala yang signifikan. Hal ini dapat diatasi dengan memilih sumber daya pembelajaran yang tidak memerlukan koneksi internet atau mencoba mengakses internet dari sumber yang berbeda atau dengan menggunakan perangkat lunak yang dapat diakses secara offline.

5. Biaya - Beberapa media pembelajaran memerlukan biaya yang tinggi untuk penggunaan dan pembelian lisensi. Hal ini dapat diatasi dengan mencari sumber daya pembelajaran yang gratis atau memilih media pembelajaran yang memiliki biaya yang terjangkau.

Untuk mengatasi kendala dalam memilih media pembelajaran, guru dapat mencari bantuan dari pihak sekolah atau kolega guru, mengikuti pelatihan atau workshop, serta melakukan riset dan eksperimen dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran yang paling sesuai dengan kebutuhan siswa.