setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-4, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-9
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat pagi Ibu Dra.Loliyana, M. Pd. dan Ibu Alif Lutvi Azizah,M.Pd. Serta seluruh mahasiswa/mahasiswi kelas 4G
Izinkan kami dari Kelompok 4 untuk membuka sesi diskusi di forum diskusi vclass
Kami yang beranggotakan :
1. Vivia Febbrilian Agrifina 2113053050
2. A. Zahra Intan Sucia 2153053020
3. Indah Nur Sapitri 2113053299
4. Mutiara Astuti 2113053280
5. Putri Adelia Rizaldy 2113053021
6. Silfia Marca Atika 21130530095
7. Yoga Ananta 2153053002
Silahkan ajukan pertanyaan rekan-rekan
Selamat pagi Ibu Dra.Loliyana, M. Pd. dan Ibu Alif Lutvi Azizah,M.Pd. Serta seluruh mahasiswa/mahasiswi kelas 4G
Izinkan kami dari Kelompok 4 untuk membuka sesi diskusi di forum diskusi vclass
Kami yang beranggotakan :
1. Vivia Febbrilian Agrifina 2113053050
2. A. Zahra Intan Sucia 2153053020
3. Indah Nur Sapitri 2113053299
4. Mutiara Astuti 2113053280
5. Putri Adelia Rizaldy 2113053021
6. Silfia Marca Atika 21130530095
7. Yoga Ananta 2153053002
Silahkan ajukan pertanyaan rekan-rekan
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Indika Salsabila
NPM : 2113053276
Izin bertanya
Mengapa seorang guru perlu membuat klasifikasi atau penggolongan media pembelajaran?
Terimakasih
Nama : Indika Salsabila
NPM : 2113053276
Izin bertanya
Mengapa seorang guru perlu membuat klasifikasi atau penggolongan media pembelajaran?
Terimakasih
In reply to INDIKA SALSABILA
Re: Forum Diskusi Pertemuan-9
Izin menambahkan jawaban
Nama : Diva Dzakyrani Shaliha
Npm : 2113053251
Seorang guru perlu membuat klasifikasi media pembelajaran karena hal ini akan membantu dalam memilih media pembelajaran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Klasifikasi media pembelajaran dapat membantu guru untuk mengorganisasi dan memilih media pembelajaran yang tepat untuk topik tertentu, serta mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Dengan melakukan klasifikasi media pembelajaran, seorang guru dapat menentukan jenis media pembelajaran yang akan digunakan, seperti buku teks, video, audio, atau aplikasi interaktif. Selain itu, klasifikasi juga membantu dalam menghindari penggunaan media yang tidak sesuai untuk topik atau materi tertentu, sehingga waktu dan sumber daya dapat digunakan dengan lebih efektif.
Dalam membuat klasifikasi media pembelajaran, seorang guru harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, serta konten dan konsep yang ingin disampaikan. Hal ini akan membantu dalam memilih media pembelajaran yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan memperkuat pemahaman siswa
Nama : Diva Dzakyrani Shaliha
Npm : 2113053251
Seorang guru perlu membuat klasifikasi media pembelajaran karena hal ini akan membantu dalam memilih media pembelajaran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran. Klasifikasi media pembelajaran dapat membantu guru untuk mengorganisasi dan memilih media pembelajaran yang tepat untuk topik tertentu, serta mempertimbangkan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Dengan melakukan klasifikasi media pembelajaran, seorang guru dapat menentukan jenis media pembelajaran yang akan digunakan, seperti buku teks, video, audio, atau aplikasi interaktif. Selain itu, klasifikasi juga membantu dalam menghindari penggunaan media yang tidak sesuai untuk topik atau materi tertentu, sehingga waktu dan sumber daya dapat digunakan dengan lebih efektif.
Dalam membuat klasifikasi media pembelajaran, seorang guru harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, serta konten dan konsep yang ingin disampaikan. Hal ini akan membantu dalam memilih media pembelajaran yang paling sesuai untuk memenuhi kebutuhan dan memperkuat pemahaman siswa
Nama : Angelia Agustin
NPM : 2113053162
Izin menambahkan atas pertanyaan indika salsabila, Mengapa seorang guru perlu membuat klasifikasi atau penggolongan media pembelajaran.
Dengan seorang guru membuat klasifikasi atau pengelompokan media pembelajaran maka akan lebih mudah dalam menyesuaikan bahan ajar yang sesuai dengan jenisnya untuk membantu proses berjalannya pembelajaran yang efektif. Contohnya materi tentang fotosintesis, seorang guru dapat menyampaikan materi dengan menggunakan media gambar atau video tentang proses fotosintesis kepada siswa, sehingga dengan media tersebut sangat membantu proses belajar mengajar dan siswa akan lebih mudah mengerti.
Terima kasih.
NPM : 2113053162
Izin menambahkan atas pertanyaan indika salsabila, Mengapa seorang guru perlu membuat klasifikasi atau penggolongan media pembelajaran.
Dengan seorang guru membuat klasifikasi atau pengelompokan media pembelajaran maka akan lebih mudah dalam menyesuaikan bahan ajar yang sesuai dengan jenisnya untuk membantu proses berjalannya pembelajaran yang efektif. Contohnya materi tentang fotosintesis, seorang guru dapat menyampaikan materi dengan menggunakan media gambar atau video tentang proses fotosintesis kepada siswa, sehingga dengan media tersebut sangat membantu proses belajar mengajar dan siswa akan lebih mudah mengerti.
Terima kasih.
Saya Putri Adelia Rizaldy perwakilan dari kelompok 4 izin menjawab pertanyaan dari Indika Salsabila
Klasifikasi media pembelajaran dikelompokkan oleh para ahli bertujuan untuk memudahkan agar para pendidik lebih mudah untuk menyusun media ketika proses belajar mengajar dilaksanakan. Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Dengan klasifikasi media pembelajaran maka dapat mempermudah pendidik untuk melakukan pembelajaran secara jelas sehingga proses belajar mengajar dapat tercapai tujuannya.Dengan bertambahnya jenis media maka timbul pemikiran untuk mengadakan pengelompokan atau klasifikasi media pembelajaran berdasarkan tujuan pemakaian dan karakteristik tiap jenis media, maka dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Media Pembelajaran Menurut Perangkatnya, Dalam pembicaraan tentang media, kita menjumpai beberapa istilah yang terkait dengan perangkat media yaitu materials (bahan media), equipment (peralatan), hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
2. Media Menurut Indera Penerimanya, Media pembelajaran menurut indera penerimanya terbagi atas: media visual dan media audio.
3. Media Pembelajaran Menurut Cara Kerjanya,
Media pembelajaran menurut cara kerjanya diklasifikasikan menjadi 2 yaitu media proyektabel dan non proyektabel.
4.Media Pembelajaran Menurut Sifatnya
Media pembelajaran menurut sifatnya diklasifikasikan menjadi media bergerak dan media diam.
Sekian terima kasih
Klasifikasi media pembelajaran dikelompokkan oleh para ahli bertujuan untuk memudahkan agar para pendidik lebih mudah untuk menyusun media ketika proses belajar mengajar dilaksanakan. Dalam perkembangannya media pembelajaran mengikuti perkembangan teknologi. Dengan klasifikasi media pembelajaran maka dapat mempermudah pendidik untuk melakukan pembelajaran secara jelas sehingga proses belajar mengajar dapat tercapai tujuannya.Dengan bertambahnya jenis media maka timbul pemikiran untuk mengadakan pengelompokan atau klasifikasi media pembelajaran berdasarkan tujuan pemakaian dan karakteristik tiap jenis media, maka dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Media Pembelajaran Menurut Perangkatnya, Dalam pembicaraan tentang media, kita menjumpai beberapa istilah yang terkait dengan perangkat media yaitu materials (bahan media), equipment (peralatan), hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).
2. Media Menurut Indera Penerimanya, Media pembelajaran menurut indera penerimanya terbagi atas: media visual dan media audio.
3. Media Pembelajaran Menurut Cara Kerjanya,
Media pembelajaran menurut cara kerjanya diklasifikasikan menjadi 2 yaitu media proyektabel dan non proyektabel.
4.Media Pembelajaran Menurut Sifatnya
Media pembelajaran menurut sifatnya diklasifikasikan menjadi media bergerak dan media diam.
Sekian terima kasih
Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.
Sebelumnya perkenalkan saya
Nama : Liyana Qayyimah
NPM : 2113053189
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Indika Salsabila,
Mengapa seorang guru perlu membuat klasifikasi atau penggolongan media pembelajaran?
Karena untuk mempermudah mempelajari jenis media, karakter, dan kemampuannya, dilakukan pengklasifikasian atau penggolongan media. Menurut Heinich, dkk. (1996), salah satu klasifikasi yang dapat menjadi acuan dalam pemanfaatan media adalah klasifikasi yang dikemukakan oleh Edgar Dale yang dikenal dengan kerucut pengalaman (cone of experience). Kerucut pengalaman Dale mengklasifikasikan media berdasarkan pengalaman belajar yang akan diperoleh peserta didik, mulai dari pengalaman belajar langsung, pengalaman belajar yang dapat dicapai melalui gambar, dan pengalaman belajar yang bersifat abstrak. Menurut Seel & Richey (1994), kerucut pengalaman Dale melukiskan analogi visual berdasarkan tingkat kekonkritan dan keabstrakan metode mengajar dan bahan pembelajaran. Semakin menuju ke puncak kerucut, penggunaan media semakin memberikan pengalaman belajar yang bersifat abstrak.
Sekian dan terima kasih.
NPM : 2113053189
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan Indika Salsabila,
Mengapa seorang guru perlu membuat klasifikasi atau penggolongan media pembelajaran?
Karena untuk mempermudah mempelajari jenis media, karakter, dan kemampuannya, dilakukan pengklasifikasian atau penggolongan media. Menurut Heinich, dkk. (1996), salah satu klasifikasi yang dapat menjadi acuan dalam pemanfaatan media adalah klasifikasi yang dikemukakan oleh Edgar Dale yang dikenal dengan kerucut pengalaman (cone of experience). Kerucut pengalaman Dale mengklasifikasikan media berdasarkan pengalaman belajar yang akan diperoleh peserta didik, mulai dari pengalaman belajar langsung, pengalaman belajar yang dapat dicapai melalui gambar, dan pengalaman belajar yang bersifat abstrak. Menurut Seel & Richey (1994), kerucut pengalaman Dale melukiskan analogi visual berdasarkan tingkat kekonkritan dan keabstrakan metode mengajar dan bahan pembelajaran. Semakin menuju ke puncak kerucut, penggunaan media semakin memberikan pengalaman belajar yang bersifat abstrak.
Sekian dan terima kasih.
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Niken Larasati
NPM : 2113053013
Izin bertanya,
Menurut kelompok yang bertugas, bagaimanakah cara pemilihan media pembelajaran untuk anak sekolah dasar serta kriteria media yang layak digunakan untuk pembelajaran anak sekolah dasar?
Sekian, terimakasih.
Nama : Niken Larasati
NPM : 2113053013
Izin bertanya,
Menurut kelompok yang bertugas, bagaimanakah cara pemilihan media pembelajaran untuk anak sekolah dasar serta kriteria media yang layak digunakan untuk pembelajaran anak sekolah dasar?
Sekian, terimakasih.
Saya Indah Nur Sapitri perwakilan dari kelompok 4 izin menjawab pertanyaan dari Niken Larasati.
Adapun kriteria pemilihan media pembelajaran yang benar adalah :
1. Topik menarik bagi siswa
2. Materi dalam media penting bagi siswa
3. Relevan dengan kurikulum yang berlaku
4. Materinya autentik dan faktual
5. Fakta atau konsepnya benar
6. Format sistematis dan logis
7. Objektif berorientasi kepada kebutuhan siswa
8. Narasi, gambar, efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
9. Bahasa, ilustrasi, simbol komunikatif
10. Sudah teruji daya dukungnya
Sekian Terimakasih.
Adapun kriteria pemilihan media pembelajaran yang benar adalah :
1. Topik menarik bagi siswa
2. Materi dalam media penting bagi siswa
3. Relevan dengan kurikulum yang berlaku
4. Materinya autentik dan faktual
5. Fakta atau konsepnya benar
6. Format sistematis dan logis
7. Objektif berorientasi kepada kebutuhan siswa
8. Narasi, gambar, efek, warna dan sebagainya memenuhi syarat kualitas
9. Bahasa, ilustrasi, simbol komunikatif
10. Sudah teruji daya dukungnya
Sekian Terimakasih.
Nama : Adinda Rahmadhina
NPM : 2113053096
Izin menambahkan
Pemilihan media pembelajaran untuk anak sekolah dasar harus mempertimbangkan beberapa kriteria yang disarankan oleh para ahli. Menurut Sudjana (1990), kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran adalah ketepatan media dengan tujuan pengajaran, dukungan terhadap isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, keterampilan guru dalam menggunakannya, tersedia waktu untuk menggunakannya, dan sesuai dengan taraf berfikir anak. Selain itu, media pembelajaran harus disesuaikan dengan situasi atau kondisi dari lingkungan atau tempat media akan digunakan. Misalnya, di kelas yang sempit tidak cocok untuk media yang berukuran besar karena akan membuat pembelajaran tidak kondusif.
Adapun kriteria yang paling utama dalam pemilihan media adalah media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Selain itu, penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran perlu mempertimbangkan beberapa prinsip, yaitu tidak ada satu media pun yang paling baik untuk semua tujuan, suatu media hanya cocok untuk tujuan pembelajaran tertentu, tetapi mungkin tidak cocok untuk pembelajaran yang lain.
Contoh media pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak sekolah dasar antara lain buku, gambar, poster, video, audio, dan permainan. Buku dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar, sedangkan gambar dan poster dapat digunakan untuk memvisualisasikan konsep-konsep tersebut. Video dan audio dapat digunakan untuk memberikan contoh atau ilustrasi.
NPM : 2113053096
Izin menambahkan
Pemilihan media pembelajaran untuk anak sekolah dasar harus mempertimbangkan beberapa kriteria yang disarankan oleh para ahli. Menurut Sudjana (1990), kriteria yang perlu dipertimbangkan dalam memilih media pembelajaran adalah ketepatan media dengan tujuan pengajaran, dukungan terhadap isi bahan pelajaran, kemudahan memperoleh media, keterampilan guru dalam menggunakannya, tersedia waktu untuk menggunakannya, dan sesuai dengan taraf berfikir anak. Selain itu, media pembelajaran harus disesuaikan dengan situasi atau kondisi dari lingkungan atau tempat media akan digunakan. Misalnya, di kelas yang sempit tidak cocok untuk media yang berukuran besar karena akan membuat pembelajaran tidak kondusif.
Adapun kriteria yang paling utama dalam pemilihan media adalah media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Selain itu, penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran perlu mempertimbangkan beberapa prinsip, yaitu tidak ada satu media pun yang paling baik untuk semua tujuan, suatu media hanya cocok untuk tujuan pembelajaran tertentu, tetapi mungkin tidak cocok untuk pembelajaran yang lain.
Contoh media pembelajaran yang dapat digunakan untuk anak sekolah dasar antara lain buku, gambar, poster, video, audio, dan permainan. Buku dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep-konsep dasar, sedangkan gambar dan poster dapat digunakan untuk memvisualisasikan konsep-konsep tersebut. Video dan audio dapat digunakan untuk memberikan contoh atau ilustrasi.
Baik, terimakasih untuk jawabannya.
Nama:Mesy Arsita
Npm:2113053300
Izin bertanya
Media seperti apakah yang paling ideal digunakan dalam pembelajaran?
Npm:2113053300
Izin bertanya
Media seperti apakah yang paling ideal digunakan dalam pembelajaran?
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, baik saya dari kelompok 4 akan menjawab pertanyaan dari saudari Mesy Arsita.
Nama: Yoga Ananta
NPM: 2153053002
Dengan Pertanyaan : Media seperti apakah yang paling ideal digunakan dalam pembelajaran?
Menurut kelompok kami Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal itu bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik bagi para siswa.
Nama: Yoga Ananta
NPM: 2153053002
Dengan Pertanyaan : Media seperti apakah yang paling ideal digunakan dalam pembelajaran?
Menurut kelompok kami Salah satu media pembelajaran yang efektif untuk menunjang keberhasilan saat proses belajar mengajar ialah menggunakan media audio visual. Pasalnya media audio visual dapat menampilkan suara dan gambar. Sehingga hal itu bisa menjadi metode pembelajaran yang menarik bagi para siswa.
Sekian jawaban dari saya wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatu
Nama : Ani Nuryani
NPM : 2113053126
Izin bertanya, apakah ada kriteria atau langkah-langkah yang harus seorang guru perhatikan pada klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran?
Terimakasih
Nama : Ani Nuryani
NPM : 2113053126
Izin bertanya, apakah ada kriteria atau langkah-langkah yang harus seorang guru perhatikan pada klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran?
Terimakasih
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, baik saya dari kelompok 4 akan menjawab pertanyaan dari saudari Ani nuryani.
Nama: A. Zahra Intan Sucia
NPM: 2153053020
Pertanyaan: Apakah ada kriteria atau langkah-langkah yang harus seorang guru perhatikan pada klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran?
Menurut kelompok kami media pembelajaran yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan seluruhnya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni 1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam menggunakannya; 5) tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan taraf berfikir anak.
Ada beberapa langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam pemilihan media pembelajaran.
1) merumuskan tujuan pembelajaran,
2) mengklasifikasi tujuan berdasarkan domein atau tipe belajar,
3) memilih peristiwa-peristiwa pengajaran yang akan berlangsung,
4) Menentukan tipe perangsang untuk tiap peristiwa,
5) mendaftar media yang dapat digunakan pada setiap peristiwa dalam pengajaran,
6) Mempertimbangkan (berdasarkan nilai kegunaan) media yang dipakai.
7) Menentukan media yang terpilih akan digunakan,
8) menulis rasional (penalaran) memilih media tersebut,
9) Menuliskan tata cara pemakaiannya pada setiap peristiwa, dan
10) Menuliskan script pembicaraan dalam penggunaan media.
Sekian jawaban dari saya Terimakasih, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: A. Zahra Intan Sucia
NPM: 2153053020
Pertanyaan: Apakah ada kriteria atau langkah-langkah yang harus seorang guru perhatikan pada klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran?
Menurut kelompok kami media pembelajaran yang beraneka ragam jenisnya tentunya tidak akan digunakan seluruhnya secara serentak dalam kegiatan pembelajaran, namun hanya beberapa saja. Untuk itu perlu di lakukan pemilihan media tersebut. Agar pemilihan media pembelajaran tersebut tepat, maka perlu dipertimbangkan faktor/kriteria-kriteria dan langkah-langkah pemilihan media. Kriteria yang perlu dipertimbangkan guru atau tenaga pendidik dalam memilih media pembelajaran menurut Nana Sudjana (1990: 4-5) yakni 1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterrampilan guru dalam menggunakannya; 5) tersedia waktu untuk menggunakannya; dan 6) sesuai dengan taraf berfikir anak.
Ada beberapa langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam pemilihan media pembelajaran.
1) merumuskan tujuan pembelajaran,
2) mengklasifikasi tujuan berdasarkan domein atau tipe belajar,
3) memilih peristiwa-peristiwa pengajaran yang akan berlangsung,
4) Menentukan tipe perangsang untuk tiap peristiwa,
5) mendaftar media yang dapat digunakan pada setiap peristiwa dalam pengajaran,
6) Mempertimbangkan (berdasarkan nilai kegunaan) media yang dipakai.
7) Menentukan media yang terpilih akan digunakan,
8) menulis rasional (penalaran) memilih media tersebut,
9) Menuliskan tata cara pemakaiannya pada setiap peristiwa, dan
10) Menuliskan script pembicaraan dalam penggunaan media.
Sekian jawaban dari saya Terimakasih, Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Vinka Vrisilia
Npm: 2153053025
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan ani yang bertanya or Apakah ada kriteria atau langkah-langkah yang harus seorang guru perhatikan pada klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran?
Ya seorang guru harus memperhatikan beberapa kriteria atau langkah-langkah dalam klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran. Berikut adalah beberapa kriteria atau langkah-langkah yang perlu diperhatikan:
1. Jenis media: Klasifikasi media pembelajaran dapat dilakukan berdasarkan jenis media, seperti media visual, media audio, media visual-audio, media tulis, media elektronik, dan sebagainya. Hal ini membantu guru untuk menentukan media yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
2. Keunggulan dan kelemahan media: Guru perlu mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan masing-masing media pembelajaran untuk menentukan media yang paling efektif dan efisien dalam mendukung tujuan pembelajaran.
3. Karakteristik siswa: Guru perlu mempertimbangkan karakteristik siswa, seperti usia, kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa, untuk menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan siswa.
4. Tujuan pembelajaran: Klasifikasi media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga media yang dipilih dapat membantu mencapai tujuan tersebut.
5. Sumber dan ketersediaan media: Guru perlu mempertimbangkan sumber dan ketersediaan media pembelajaran yang ada, seperti buku teks, video, internet, dan sebagainya.
6. Biaya: Guru perlu mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga dapat memilih media pembelajaran yang efektif dan efisien dengan biaya yang terjangkau.
7. Kesesuaian dengan konteks pembelajaran: Guru perlu mempertimbangkan kesesuaian media pembelajaran dengan konteks pembelajaran, seperti lingkungan, kondisi kelas, dan sebagainya.
Dalam melakukan klasifikasi media pembelajaran, seorang guru harus mempertimbangkan beberapa kriteria atau langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Hal ini akan membantu guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran siswa secara efektif dan efisien.
Npm: 2153053025
Izin menambahkan jawaban atas pertanyaan ani yang bertanya or Apakah ada kriteria atau langkah-langkah yang harus seorang guru perhatikan pada klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran?
Ya seorang guru harus memperhatikan beberapa kriteria atau langkah-langkah dalam klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran. Berikut adalah beberapa kriteria atau langkah-langkah yang perlu diperhatikan:
1. Jenis media: Klasifikasi media pembelajaran dapat dilakukan berdasarkan jenis media, seperti media visual, media audio, media visual-audio, media tulis, media elektronik, dan sebagainya. Hal ini membantu guru untuk menentukan media yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.
2. Keunggulan dan kelemahan media: Guru perlu mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan masing-masing media pembelajaran untuk menentukan media yang paling efektif dan efisien dalam mendukung tujuan pembelajaran.
3. Karakteristik siswa: Guru perlu mempertimbangkan karakteristik siswa, seperti usia, kemampuan, minat, dan gaya belajar siswa, untuk menentukan media pembelajaran yang sesuai dengan siswa.
4. Tujuan pembelajaran: Klasifikasi media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, sehingga media yang dipilih dapat membantu mencapai tujuan tersebut.
5. Sumber dan ketersediaan media: Guru perlu mempertimbangkan sumber dan ketersediaan media pembelajaran yang ada, seperti buku teks, video, internet, dan sebagainya.
6. Biaya: Guru perlu mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan dalam penggunaan media pembelajaran, sehingga dapat memilih media pembelajaran yang efektif dan efisien dengan biaya yang terjangkau.
7. Kesesuaian dengan konteks pembelajaran: Guru perlu mempertimbangkan kesesuaian media pembelajaran dengan konteks pembelajaran, seperti lingkungan, kondisi kelas, dan sebagainya.
Dalam melakukan klasifikasi media pembelajaran, seorang guru harus mempertimbangkan beberapa kriteria atau langkah-langkah yang telah disebutkan di atas. Hal ini akan membantu guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk mendukung pembelajaran siswa secara efektif dan efisien.
Nama: Daniel Dwi Saputra
NPM: 2113053110
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan Ani. Terdapat beberapa kriteria dan langkah-langkah yang sebaiknya diperhatikan oleh seorang guru dalam melakukan klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran. Pertama-tama, guru perlu memahami tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Selanjutnya, guru perlu mempertimbangkan ketersediaan media, kualitas media, dan relevansi media dengan materi pembelajaran. Selain itu, guru perlu mempertimbangkan faktor teknis seperti aksesibilitas dan kemudahan penggunaan media. Guru juga perlu memperhatikan keamanan dari media pembelajaran yang digunakan. Setelah itu, guru dapat melakukan klasifikasi media berdasarkan jenis, bentuk, dan sumbernya. Dengan memperhatikan kriteria dan langkah-langkah ini, seorang guru dapat memilih media pembelajaran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memfasilitasi proses pembelajaran dengan lebih efektif.
Sekian tambahan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih..
NPM: 2113053110
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan Ani. Terdapat beberapa kriteria dan langkah-langkah yang sebaiknya diperhatikan oleh seorang guru dalam melakukan klasifikasi media dalam pemilihan media pembelajaran. Pertama-tama, guru perlu memahami tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Selanjutnya, guru perlu mempertimbangkan ketersediaan media, kualitas media, dan relevansi media dengan materi pembelajaran. Selain itu, guru perlu mempertimbangkan faktor teknis seperti aksesibilitas dan kemudahan penggunaan media. Guru juga perlu memperhatikan keamanan dari media pembelajaran yang digunakan. Setelah itu, guru dapat melakukan klasifikasi media berdasarkan jenis, bentuk, dan sumbernya. Dengan memperhatikan kriteria dan langkah-langkah ini, seorang guru dapat memilih media pembelajaran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memfasilitasi proses pembelajaran dengan lebih efektif.
Sekian tambahan dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih..