Forum Diskusi Pertemuan-7

Forum Diskusi Pertemuan-7

Number of replies: 12
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Vita Novianti 2213053238 -
Nama : Vita Novianti
NPM : 2213053238

Izin bertanya kepada kelompok 3 Dalam prosedur penyusunan dan pengembangan bahan ajar langkah pertama yaitu analisis. Berikan implementasi terkait tata cara melakukan analisis tersebut dengan baik dan benar agar menghasilkan data yang akurat, yang bisa digunakan untuk menentukan jenis bahan ajar yang akan dikembangkan.
In reply to Vita Novianti 2213053238

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Arif Rahman Hakim 2213053294 -
Terimakasih kepada vitaa atas pertanyaannya
Izin menjawab..

implementasi terkait tata cara melakukan analisis tersebut dengan baik dan benar agar menghasilkan data yang akurat, yang bisa digunakan untuk menentukan jenis bahan ajar yang akan dikembangkan, meliputi beberapa langkah seperti Identifikasi tujuan pembelajaran, Identifikasi karakteristik peserta didik yakni Kenali karakteristik peserta didik yang akan menggunakan bahan ajar, seperti usia, tingkat pendidikan, latar belakang budaya, dan kebutuhan khusus. Hal ini akan membantu dalam menentukan jenis bahan ajar yang cocok dan strategi pembelajaran yang efektif, langkah selanjutnya yaitu Analisis kebutuhan pembelajaran jadi Lakukan analisis kebutuhan pembelajaran untuk mengetahui materi apa saja yang perlu dipelajari oleh peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan kurikulum dan standar kompetensi yang berlaku. Kemudian Identifikasi strategi pembelajaran, dan yang terakhir analisisis evaluasi.

Dengan melakukan analisis secara cermat dan sistematis, akan menghasilkan data yang akurat dan terpercaya. Data tersebut dapat digunakan untuk menentukan jenis bahan ajar yang akan dikembangkan dan strategi pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Sehingga, bahan ajar yang dikembangkan dapat lebih efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Nazila Amryna 2213053140 -
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140

Izin bertanya
Permasalahan apa yang sering muncul dalam pengembangan bahan ajar di sekolah dasar?
In reply to Nazila Amryna 2213053140

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Santika Tri Adelia Putri 2213053055 -
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055

Izin menjawab
Masalah yang sering dihadapi guru berkenaan dengan bahan ajar adalah guru memberikan bahan ajar atau materi pembelajaran terlalu luas atau terlalu sedikit, terlalu mendalam atau terlalu dangkal, urutan penyajian yang tidak tepat, dan jenis materi bahan ajar yang tidak sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Ilma Fuadah 2213053225 -
Nama : Ilma Fuadah
NPM : 2213053225

Izin bertanya
Mengapa pengembangan bahan ajar perlu dilakukan?
In reply to Ilma Fuadah 2213053225

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Jeky Septa Anggara 2213053253 -
Nama : Jeky Septa Anggara
NPM : 2213053253
Kelas : 2F

Izin menjawab
Terdapat sejumlah alasan, mengapa guru perlu untuk mengembangkan bahan ajar, yakni antara lain; ketersediaan bahan sesuai tuntutan kurikulum, karakteristik sasaran, dan tuntutan pemecahan masalah belajar. Pengembangan bahan ajar harus memperhatikan tuntutan kurikulum, artinya bahan belajar yang akan kita kembangkan harus sesuai dengan kurikulum. Pertimbangan lain adalah karakteristik sasaran. Bahan ajar yang dikembangkan orang lain seringkali tidak cocok untuk siswa kita. Ada sejumlah alasan ketidakcocokan, misalnya, lingkungan sosial, geografis, budaya, dll. Untuk itu, maka bahan ajar yang dikembangkan sendiri dapat disesuaikan dengan karakteristik sasaran. pengembangan bahan ajar harus dapat menjawab atau memecahkan masalah ataupun kesulitan dalam belajar. Terdapat sejumlah materi pembelajaran yang seringkali siswa sulit untuk memahaminya ataupun guru sulit untuk menjelaskannya. Kesulitan tersebut dapat saja terjadi karena materi tersebut abstrak, rumit, asing, dsb. Untuk mengatasi kesulitan ini maka perlu dikembangkan bahan ajar yang tepat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by yunita Lestari 2213053219 -
Nama : Yunita Lestari
NPM : 2213053219
Kelas : 2F

Izin bertanya
Bagaimana cara menyusun grafika yang efektif dalam bahan ajar sehingga mampu memikat peserta didik untuk membaca serta mempelajari isi bahan ajar ?
In reply to yunita Lestari 2213053219

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Okta Rizkika Ramadhona 2213053191 -
Okta Rizkika Ramadhona
2213053191
2F

Izin menjawab pertanyaan yunita
Untuk menyusun grafika yang efektif dalam bahan ajar, kita dapat mengikuti beberapa tips berikut:

1. Pertimbangkan tujuan dari grafika: Grafika harus memiliki tujuan yang jelas dan sesuai dengan isi bahan ajar. Pertimbangkan apakah tujuan dari grafika adalah untuk memberikan gambaran umum, memperjelas konsep atau ilustrasi, atau memberikan contoh nyata.
2. Gunakan gambar yang berkualitas: Pastikan gambar yang digunakan berkualitas tinggi dan memiliki resolusi yang cukup agar tidak terlihat pecah atau blur ketika diperbesar. Anda juga dapat mempertimbangkan penggunaan gambar berformat vektor yang memungkinkan untuk diperbesar tanpa kehilangan kualitas.
3. Gunakan warna dengan bijak: Warna dapat digunakan untuk menyoroti atau membedakan informasi penting. Pastikan warna yang digunakan tidak terlalu mencolok sehingga tidak mengganggu atau membuat mata cepat lelah.
4. Hindari terlalu banyak teks: Grafika harus digunakan untuk membantu memperjelas informasi dan bukan untuk menggantikan teks. Hindari menggunakan terlalu banyak teks pada grafika sehingga peserta didik dapat dengan mudah memahami informasi yang disajikan.
5. Pertimbangkan penggunaan infografis: Infografis adalah grafika yang menggabungkan gambar dan teks untuk menyampaikan informasi dengan cara yang mudah dipahami. Infografis dapat membantu menyampaikan informasi yang kompleks secara visual.
6. Gunakan variasi grafika: Untuk menjaga minat peserta didik, gunakan variasi grafika seperti grafik, tabel, diagram, foto, dan ilustrasi. Namun, pastikan grafika yang digunakan tetap relevan dan mendukung tujuan dari bahan ajar.
7. Pertimbangkan tata letak yang baik: Tata letak yang baik akan membantu peserta didik untuk lebih mudah memahami informasi yang disajikan. Pastikan grafika diletakkan dengan baik dan memiliki urutan yang logis.

Dengan mengikuti tips di atas, kita dapat menyusun grafika yang efektif dalam bahan ajar sehingga mampu memikat peserta didik untuk membaca serta mempelajari isi bahan ajar dengan lebih baik.
Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Irvanda Julian Awal 2213053069 -
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069

Izin bertanya
Apa contoh bahan ajar yang memiliki 5 karakteristik bahan ajar?
In reply to Irvanda Julian Awal 2213053069

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Annida Dwi Kirasti 2213053220 -
Nama : Annida Dwi Kirasti
Npm : 2213053220

Izin menjawab
Lima karakteristik bahan ajar yang baik adalah relevan, jelas, menarik, sistematis, dan interaktif. Berikut adalah contoh bahan ajar yang memiliki lima karakteristik tersebut:

1. Buku teks pelajaran yang relevan: Buku teks pelajaran yang relevan adalah bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan materi yang diajarkan. Buku teks pelajaran yang baik harus menjelaskan konsep dengan jelas, dilengkapi dengan contoh yang mudah dipahami, dan diberikan tugas untuk membantu peserta didik menguasai konsep tersebut.
2. Modul pembelajaran yang jelas: Modul pembelajaran adalah bahan ajar yang dirancang untuk mengajarkan konsep atau keterampilan tertentu secara mandiri. Modul pembelajaran yang baik harus menjelaskan konsep atau keterampilan dengan jelas, dilengkapi dengan contoh yang mudah dipahami, dan diberikan tugas untuk menguji pemahaman peserta didik.
3. Presentasi slide yang menarik: Presentasi slide adalah bahan ajar yang digunakan untuk mempresentasikan konsep atau informasi. Presentasi slide yang baik harus menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik. Presentasi slide yang baik harus menggunakan gambar atau grafik yang relevan, warna yang tepat, dan font yang mudah dibaca.
4. E-learning sistematis: E-learning adalah bahan ajar berbasis teknologi yang dapat diakses secara online. E-learning yang baik harus disusun secara sistematis dan terstruktur. E-learning harus memiliki tujuan pembelajaran yang jelas, menjelaskan konsep secara terperinci, dan memberikan tugas atau ujian untuk menguji pemahaman peserta didik.
5. Game interaktif yang menarik: Game interaktif adalah bahan ajar yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk belajar. Game interaktif yang baik harus menarik dan memberikan tantangan bagi peserta didik. Game interaktif harus terkait dengan materi pelajaran dan memberikan umpan balik yang tepat pada peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Indra Ulfayani 2213053171 -
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 2F

Izin bertanya
Mengapa bahan ajar perlu dianalisis?
In reply to Indra Ulfayani 2213053171

Re: Forum Diskusi Pertemuan-7

by Santika Tri Adelia Putri 2213053055 -
Nama : Santika Tri Adelia Putri
NPM : 2213053055

Izin menjawab

Karena agar bahan ajar yang dibuat sesuai dengan tuntutan kompetensi yang harus dikuasai peserta didik. Analisis kebutuhan bahan ajar meliputi tiga tahapan, yaitu: analisis terhadap kurikulum, sumber belajar dan penentuan jenis serta judul bahan ajar.