Forum Diskusi Pertemuan-6

Forum Diskusi Pertemuan-6

Number of replies: 4
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-6

by Cinta Avril Lavina Putri 2213053111 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,izin memperkenalkan diri
Nama : Cinta Avril Lavina Putri
NPM : 2213053111

Izin bertanya pada kelompok 3
Apa yang menjadi kendala atau kesulitan yang dihadapi oleh seorang pendidik ketika merancang RPP?
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-6

by Ratri Eka Ningtyas 2213053214 -
Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ratri Eka Ningtyas
NPM : 2213053214
Izin bertanya kepada kelompok 3
Berdasarkan pada makalah pada tahapan pengembangan RPP pada point 4 ,maka berikan contoh Bagaimana tahap mengembangkan kegiatan pembelajaran pada RPP ?
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-6

by Tarisa Seilvia -
Maaf ibu izin posting pertanyaan' presentasi dari kelompok 3.

Sesi 1
1.Sisnawati_2213053244
Apa saja yang harus dilakukan seorang pendidik dalam menyusun dan mengembangkan sebuah perencanaan pembelajaran?
Jawaban :
Terdapat 7 langkah' yg dapat dilakukan oleh pendidik untuk mengembangkan perencanaan pembelajaran yakni sebagai berikut;
1. Menganalisis Capaian Pembelajaran (CP) untuk menyusun tujuan pembelajaran dan alur tujuan pembelajaran Perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik.
2.Asesmen diagnostik bertujuan untuk mengidentifikasi kompetensi, kekuatan, kelemahan peserta didik.
3.Mengembangkan modul ajar Pengembangan modul ajar bertujuan untuk mengembangkan perangkat ajar yang memandu pendidik melaksanakan pembelajaran.
4.Penyesuaian pembelajaran dengan tahap capaian dan karakteristik peserta didik
5.Perencanaan, pelaksanaan, dan pengolahan asesmen formatif dan sumatif
6. Pelaporan kemajuan belajar Bentuk Pelaporan hasil belajar yang efektif adalah pelaporan yang melibatkan orang tua peserta didik, peserta didik dan pendidik sebagai partne
7.Evaluasi pembelajaran dan asesmen asesmen Pembelajaran dan asesmen yang sudah dilaksanakan selanjutnya dievaluasi. Pendidik melakukan refleksi pembelajaran dan asesmen pada masing-masing modul ajar.
( Tarisa)

2.Cinta Avril Lavina Putri_2213053111
Apa yang menjadi kendala atau kesulitan yang dihadapi oleh seorang pendidik ketika merancang RPP?
Jawaban :
1. Merasa bingung dan kesulitan untuk menentukan alokasi waktu yang tepat dalam pembelajaran
2. Sulit merumuskan indikator 6 pencapaian kompetensi dan menentukan metode pembelajaran pada RPP
3. Kebingungan dalam merumuskan indikator dari setiap pembelajaran
4. Sulit menentukan dan memadukan tujuan pembelajaran
(Bagas)

3.Ratri Eka Ningtyas_2213053214
Berikan Contoh bagaimana tahap mengembangkan kegiatan pembelajaran ?
Jawaban :
seblumnya perlu diketahui bahwa sannya kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

sesuai dengan pertanyaan saudara ratri yaitu bagaimana tahap mengembangkan kegiatan pembelajaran yang
pertama merumuskan indikator pencapaian kompetensi. Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

yang kedua menentukan jenis penilaian
Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan

yang ketiga menentukan alokasi waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar

yang terakhir menentukan sumber belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi
(zahra)
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-6

by Sisnawati 2213053244 -
Assalamu'alaikum warohmatulohi wabarakatuh

nama Sisnawati
Npm 2213053244

izin bertanya kpd kelompok 3
Apa saja yang harus dilakukan seorang pendidik dalam menyusun dan mengembangkan sebuah perencanaan pembelajaran?

terimakasih