setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-6
Nama : Amanda Gita Devi Rahmawati
NPM : 22213053092
Kelas : 2F
Izin bertanya,
Apakah ada hambatan/kendala dalam proses penyusunan RPP?
NPM : 22213053092
Kelas : 2F
Izin bertanya,
Apakah ada hambatan/kendala dalam proses penyusunan RPP?
In reply to Amanda Gita Devi Rahmawati 2213053092
Re: Forum Diskusi Pertemuan-6
Izin menjawab,
saat membuat RPP ada beberapa kesulitan yang di alami guru yaitu
83,33% belum mendapatkan pelatihan kurikulum 2013
33,33% menggunakan komputer dan internet
66,67% merumuskan indikator
41,67% pemilihan pendekatan/metode/strategi pembelajaran dan
33,33% mengembangkan aktivitas pembelajaran
25% menyusun teknik dan instrumen penilaian
selain itu hambatan/kendala dalam proses penyusunan RPP yaitu :
1. Guru belum sepenuhnya memahami esensi dari masing-masing komponen penyusun RPP.
2. Peraturan yang mengatur tentang pembelajaran belum dibaca dengan utuh atau bahkan tidak pernah dibaca.
3. Kemudahan mendapatkan file RPP dari guru satu ke guru lain yang sebenarnya tidak bisa diterapkan di kelas karena modalitas, karakteristik, potensi siswanya berbeda, namun RPP tersebut tetap saja digunakan.
4. Kecenderungan berpikir bahwa RPP merupakan pemenuhan administrasi saja. Kendala ini dapat teratasi jika guru mau berubah, dari pemahaman RPP sebagai pemenuhan administrasi menuju RPP sebagai kewajiban profesional.
saat membuat RPP ada beberapa kesulitan yang di alami guru yaitu
83,33% belum mendapatkan pelatihan kurikulum 2013
33,33% menggunakan komputer dan internet
66,67% merumuskan indikator
41,67% pemilihan pendekatan/metode/strategi pembelajaran dan
33,33% mengembangkan aktivitas pembelajaran
25% menyusun teknik dan instrumen penilaian
selain itu hambatan/kendala dalam proses penyusunan RPP yaitu :
1. Guru belum sepenuhnya memahami esensi dari masing-masing komponen penyusun RPP.
2. Peraturan yang mengatur tentang pembelajaran belum dibaca dengan utuh atau bahkan tidak pernah dibaca.
3. Kemudahan mendapatkan file RPP dari guru satu ke guru lain yang sebenarnya tidak bisa diterapkan di kelas karena modalitas, karakteristik, potensi siswanya berbeda, namun RPP tersebut tetap saja digunakan.
4. Kecenderungan berpikir bahwa RPP merupakan pemenuhan administrasi saja. Kendala ini dapat teratasi jika guru mau berubah, dari pemahaman RPP sebagai pemenuhan administrasi menuju RPP sebagai kewajiban profesional.
Nama : Hasa Hesta Wahid
NPM : 2213053042
Kelas : 2F
Izin bertanya
Bagaimana mengevaluasi efektivitas RPP yang telah dilaksanakan dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa depan?
NPM : 2213053042
Kelas : 2F
Izin bertanya
Bagaimana mengevaluasi efektivitas RPP yang telah dilaksanakan dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa depan?
In reply to Hasa Hesta Wahid 2213053042
Re: Forum Diskusi Pertemuan-6
Nama: Irvanda Julian Awal
NPM: 2213053069
Kelas: 2F
Izin Menjawab
Jadi Ada adalah beberapa langkah dalam mengevaluasi efektivitas RPP dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa depan:
Evaluasi Hasil Pembelajaran
Langkah pertama dapat dilakukan dengan mengukur hasil pembelajaran siswa. Hasil evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai dan sejauh mana RPP telah berhasil.
Evaluasi Proses Pembelajaran
Langkah yang kedua ini dapat dilakukan dengan melakukan observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, pengamatan pada interaksi siswa, guru dan materi pembelajaran. Evaluasi ini dapat mengungkapkan sejauh mana RPP telah efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Refleksi dan Analisis
Setelah mengevaluasi hasil dan proses pembelajaran, tahap selanjutnya adalah melakukan refleksi dan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan. Dalam tahap ini, guru dan staf sekolah dapat mempertimbangkan perbaikan apa yang perlu dilakukan dalam RPP agar lebih efektif dan mencapai tujuan pembelajaran.
Perbaikan Berkelanjutan
Setelah mengevaluasi dan menganalisis data, langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan berkelanjutan pada RPP. Proses perbaikan meliputi revisi dan peningkatan terhadap RPP dan metode pembelajaran yang digunakan.
Implementasi RPP yang Diperbarui
Setelah RPP diperbarui dan disempurnakan, selanjutnya adalah mengimplementasikan RPP yang baru ke dalam proses pembelajaran. Selama implementasi, guru harus terus memantau hasil dan proses pembelajaran dan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan bahwa RPP terus meningkat dan mencapai tujuan pembelajaran.
Evaluasi Perbaikan Berkelanjutan
Tahap terakhir dalam mengevaluasi efektivitas RPP adalah dengan melakukan evaluasi perbaikan berkelanjutan untuk memastikan bahwa perubahan yang telah dilakukan berdampak positif pada pembelajaran siswa. Evaluasi ini dapat membantu guru dan staf sekolah menentukan apakah RPP yang telah diimplementasikan telah berhasil dan memberikan hasil yang diinginkan.
NPM: 2213053069
Kelas: 2F
Izin Menjawab
Jadi Ada adalah beberapa langkah dalam mengevaluasi efektivitas RPP dan melakukan perbaikan berkelanjutan untuk mengoptimalkan pembelajaran di masa depan:
Evaluasi Hasil Pembelajaran
Langkah pertama dapat dilakukan dengan mengukur hasil pembelajaran siswa. Hasil evaluasi tersebut dapat digunakan sebagai dasar untuk menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai dan sejauh mana RPP telah berhasil.
Evaluasi Proses Pembelajaran
Langkah yang kedua ini dapat dilakukan dengan melakukan observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, pengamatan pada interaksi siswa, guru dan materi pembelajaran. Evaluasi ini dapat mengungkapkan sejauh mana RPP telah efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Refleksi dan Analisis
Setelah mengevaluasi hasil dan proses pembelajaran, tahap selanjutnya adalah melakukan refleksi dan analisis terhadap data yang telah dikumpulkan. Dalam tahap ini, guru dan staf sekolah dapat mempertimbangkan perbaikan apa yang perlu dilakukan dalam RPP agar lebih efektif dan mencapai tujuan pembelajaran.
Perbaikan Berkelanjutan
Setelah mengevaluasi dan menganalisis data, langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan berkelanjutan pada RPP. Proses perbaikan meliputi revisi dan peningkatan terhadap RPP dan metode pembelajaran yang digunakan.
Implementasi RPP yang Diperbarui
Setelah RPP diperbarui dan disempurnakan, selanjutnya adalah mengimplementasikan RPP yang baru ke dalam proses pembelajaran. Selama implementasi, guru harus terus memantau hasil dan proses pembelajaran dan melakukan evaluasi berkala untuk memastikan bahwa RPP terus meningkat dan mencapai tujuan pembelajaran.
Evaluasi Perbaikan Berkelanjutan
Tahap terakhir dalam mengevaluasi efektivitas RPP adalah dengan melakukan evaluasi perbaikan berkelanjutan untuk memastikan bahwa perubahan yang telah dilakukan berdampak positif pada pembelajaran siswa. Evaluasi ini dapat membantu guru dan staf sekolah menentukan apakah RPP yang telah diimplementasikan telah berhasil dan memberikan hasil yang diinginkan.
Nama : Indra Ulfayani
NPM : 2213053171
Kelas : 2F
Izin bertanya :
Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP?
NPM : 2213053171
Kelas : 2F
Izin bertanya :
Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP?
Nama: Septiana Sabila
NPM: 2213053105
Kelas: 2F
Izin bertanya kepada kelompok 6, pertanyaannya :
Dalam kurikulum merdeka, RPP diganti dengan modul ajar, apakah terdapat perbedaan antara keduanya?
NPM: 2213053105
Kelas: 2F
Izin bertanya kepada kelompok 6, pertanyaannya :
Dalam kurikulum merdeka, RPP diganti dengan modul ajar, apakah terdapat perbedaan antara keduanya?
Nama : Nazila Amryna
NPM : 2213053140
Kelas : 2F
Izin menjawab pertanyaan dari septiana
Terdapat perbedaan antara RPP dengan Modul Ajar, yaitu Modul Ajar mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran, sedangkan RPP dikembangkan dari silabus. Meskipun terdapat perbedaan antara Modul Ajar dan RPP, tapi keduanya sama-sama berperan sebagai perangkat ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran.
NPM : 2213053140
Kelas : 2F
Izin menjawab pertanyaan dari septiana
Terdapat perbedaan antara RPP dengan Modul Ajar, yaitu Modul Ajar mengacu pada Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran, sedangkan RPP dikembangkan dari silabus. Meskipun terdapat perbedaan antara Modul Ajar dan RPP, tapi keduanya sama-sama berperan sebagai perangkat ajar yang penting dalam kegiatan pembelajaran.