setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-3, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-6
Nama: Safira Sita Salsabilla
NPM : 2213053027
Untuk memudahkan guru dalam pengembangan RPP , ada beberapa prinsip yang harus diikuti salah satunya yaitu memberikan umpan balik dan tindak lanjut. Sementara dalam umpan balik terdapat dua jenis umpan balik yaitu umpan balik pendidik terhadap peserta didik dan umpan balik peserta didik kepada pendidik.Pertanyaan saya bagaimana umpan balik yang baik dari pendidik untuk diberikan kepada peserta didik kelas satu dan bagaimana cara pendidik agar peserta didik kelas satu tersebut berani memberikan umpan balik kepada pendidik?
In reply to Safira Sita Salsabilla 2213053027
Re: Forum Diskusi Pertemuan-6
Nama: Nura Assyifa
NPM: 2213053134
Kelas: 2G
Izin menjawab pertanyaan dari,
Safira Sita Salsabilla
Cara memberikan umpan balik agar peserta didik kelas satu tersebut berani memberikan umpan balik kepada pendidik:
- Dorong siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang disampaikan,
- Buatlah waktu yang teratur untuk mendiskusikan tugas dengan siswa secara individu atau kelompok kecil,
- Berikan kesempatan pada siswa mengajukan pertanyaan tentang penilaian mereka,
- Berikan umpan balik yang spesifik dan eksplisit, jika perlu berikan contoh,
- Pendidik dapat pula memberikan feedback seperti apresiasi, nilai yang memuaskan, dan hadiah kecil.
Contohnya:
Salah satu cara yang tepat dalam memberikan feedback kepada siswa adalah dengan memberikan pujian dan apresiasi pada hasil tugas/pekerjaan siswa sekalipun hasilnya masih belum sesuai atau perlu perbaikan. Selanjutnya pendidik dapat memberikan masukan dan catatan agar siswa lebih termotivasi untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil pekerjaan mereka.
NPM: 2213053134
Kelas: 2G
Izin menjawab pertanyaan dari,
Safira Sita Salsabilla
Cara memberikan umpan balik agar peserta didik kelas satu tersebut berani memberikan umpan balik kepada pendidik:
- Dorong siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang materi yang disampaikan,
- Buatlah waktu yang teratur untuk mendiskusikan tugas dengan siswa secara individu atau kelompok kecil,
- Berikan kesempatan pada siswa mengajukan pertanyaan tentang penilaian mereka,
- Berikan umpan balik yang spesifik dan eksplisit, jika perlu berikan contoh,
- Pendidik dapat pula memberikan feedback seperti apresiasi, nilai yang memuaskan, dan hadiah kecil.
Contohnya:
Salah satu cara yang tepat dalam memberikan feedback kepada siswa adalah dengan memberikan pujian dan apresiasi pada hasil tugas/pekerjaan siswa sekalipun hasilnya masih belum sesuai atau perlu perbaikan. Selanjutnya pendidik dapat memberikan masukan dan catatan agar siswa lebih termotivasi untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil pekerjaan mereka.
Izin mengirimkan pertanyaan dari evinna karena vclass nya sedang bermasalah
Nama : Evinna Winda Merita
NPM : 2213053297
Izin bertanya
Menurut kalian Bagaimanakah jika seseorang guru tidak merancang RPP dan apakah dalam satu RPP itu hanya bisa digunakan dalam satu pertemuan
Nama : Evinna Winda Merita
NPM : 2213053297
Izin bertanya
Menurut kalian Bagaimanakah jika seseorang guru tidak merancang RPP dan apakah dalam satu RPP itu hanya bisa digunakan dalam satu pertemuan
Nama : Ihya Ghulam Halim
NPM : 2213053178
Kelas : 2G
Izin bertanya, bagaimanakah solusi untuk menanggapi kurangnya penyesuaian RPP? Karena guru kadang-kadang kurang mampu menyesuaikan RPP sesuai dengan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar, sehingga pembelajaran kurang efektif dan menarik bagi siswa.
NPM : 2213053178
Kelas : 2G
Izin bertanya, bagaimanakah solusi untuk menanggapi kurangnya penyesuaian RPP? Karena guru kadang-kadang kurang mampu menyesuaikan RPP sesuai dengan kebutuhan siswa dan lingkungan belajar, sehingga pembelajaran kurang efektif dan menarik bagi siswa.
In reply to Ihya Ghulam Halim 2213053178
Re: Forum Diskusi Pertemuan-6
Nama: Aulia Maharani Putri
Npm : 2213053010
Kelas : 2G
Izin menjawab pertanyaan Evina Winda Merita
Menurut kalian Bagaimanakah jika seseorang guru tidak merancang RPP dan apakah dalam satu RPP itu hanya bisa digunakan dalam satu pertemuan
Jawaban:
menurut pendapat kami jika seorang guru yang tidak merancang RPP, maka tidak akan menemukan dimana kelemahan dia dalam mengajar, Tidak akan mampu menganalisa kekurangan siswa dan juga tidak akan mampu memperbaiki pembelajaran berikutnya.
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih dalam pembelajaran
Npm : 2213053010
Kelas : 2G
Izin menjawab pertanyaan Evina Winda Merita
Menurut kalian Bagaimanakah jika seseorang guru tidak merancang RPP dan apakah dalam satu RPP itu hanya bisa digunakan dalam satu pertemuan
Jawaban:
menurut pendapat kami jika seorang guru yang tidak merancang RPP, maka tidak akan menemukan dimana kelemahan dia dalam mengajar, Tidak akan mampu menganalisa kekurangan siswa dan juga tidak akan mampu memperbaiki pembelajaran berikutnya.
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih dalam pembelajaran