setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-2, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-5
Nama : virda sani aulia
Npm: 2113053201
Izin bertanya mengenai materi yang sudah kalian sampaikan tadi yaitu LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR,
Bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?
Terimakasih
Npm: 2113053201
Izin bertanya mengenai materi yang sudah kalian sampaikan tadi yaitu LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR,
Bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar?
Terimakasih
Izin bertanya moderator,sebelumnya izin memperkenalkan diri saya
Icha Puspita
2153053010
Bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan lingkungan sumber belajar?
Terimaksih.
Icha Puspita
2153053010
Bagaimana cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan lingkungan sumber belajar?
Terimaksih.
Ummul Nanda Ridhotun (2113053153)
Izin menjawab pertanyaan saudari Icha,
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar adalah metode dimana guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungannya. Melalui metode ini, lingkungan diluar sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Contohnya:
1. Melakukan kegiatan karyawisata, berkemah, praktek lapangan, outbond, dan lain sebagainya.
2. Membawa lingkungan ke dalam kelas dengan menghadirkan pemateri untuk menyampaikan materi di dalam kelas.
Izin menjawab pertanyaan saudari Icha,
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar adalah metode dimana guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungannya. Melalui metode ini, lingkungan diluar sekolah dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Contohnya:
1. Melakukan kegiatan karyawisata, berkemah, praktek lapangan, outbond, dan lain sebagainya.
2. Membawa lingkungan ke dalam kelas dengan menghadirkan pemateri untuk menyampaikan materi di dalam kelas.
Nama : Dinda Rahmawati
NPM : 2113053138
Kelas : 4J
Izin menambahkan jawaban dari saudari ummul.
saya setuju dengan jawaban ummul bahwa contoh dari cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan lingkungan sumber belajar, yaitu membawa lingkungan ke dalam kelas dengan menghadirkan pemateri untuk menyampaikan materi di dalam kelas. Nah contohnya, saat guru menerangkan materi pembelajaran tentang flora dan fauna, guru bisa membawa tanaman (seperti bunga mawar, pohon cabai, dll) dan hewan (seperti belalang, jangkrik, dll) ke dalam kelas, hal tersebut dilakukan agar peserta disik bisa lebih mengenal lingkungan yang ada di sekitar mereka melalui tumbuhan dan hewan yang dibawa oleh guru ke dalam kelas.
NPM : 2113053138
Kelas : 4J
Izin menambahkan jawaban dari saudari ummul.
saya setuju dengan jawaban ummul bahwa contoh dari cara yang dapat dilakukan guru untuk menggunakan lingkungan sumber belajar, yaitu membawa lingkungan ke dalam kelas dengan menghadirkan pemateri untuk menyampaikan materi di dalam kelas. Nah contohnya, saat guru menerangkan materi pembelajaran tentang flora dan fauna, guru bisa membawa tanaman (seperti bunga mawar, pohon cabai, dll) dan hewan (seperti belalang, jangkrik, dll) ke dalam kelas, hal tersebut dilakukan agar peserta disik bisa lebih mengenal lingkungan yang ada di sekitar mereka melalui tumbuhan dan hewan yang dibawa oleh guru ke dalam kelas.
Alfina Damayanti 2113053274
Izin bertanya mengenai materi yang sudah kelompok kalian paparkan tadi,
Lingkungan seperti apa yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar dan apakah ada kendala yang di hadapi dalam pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar?
Terimakasih
Izin bertanya mengenai materi yang sudah kelompok kalian paparkan tadi,
Lingkungan seperti apa yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar dan apakah ada kendala yang di hadapi dalam pemanfaatan media lingkungan sebagai sumber belajar?
Terimakasih
Nama : Balqis Putri Rosyada
NPM : 2113053091
Kelas : 4J
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Alfina
jenis lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar tersebut antara lain lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan buatan. Sedangkan Kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar seperti terbatasnya waktu pelaksanaan, metode pembelajaran yang kurang tepat, pemilihan lokasi dan materi pembelajaran yang tidak sesuai, pengelolaan peserta didik yang tidak efektif, kurangnya persiapan baik guru maupun pesertanya didik.
NPM : 2113053091
Kelas : 4J
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Alfina
jenis lingkungan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar tersebut antara lain lingkungan sosial, lingkungan alam, dan lingkungan buatan. Sedangkan Kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar seperti terbatasnya waktu pelaksanaan, metode pembelajaran yang kurang tepat, pemilihan lokasi dan materi pembelajaran yang tidak sesuai, pengelolaan peserta didik yang tidak efektif, kurangnya persiapan baik guru maupun pesertanya didik.
Nama : Ardila Yuliana Putri
Npm : 2113053226
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudari alfina
Lingkungan sebagai sumber belajar sebenarnya kita juga bisa menciptakan atau memanfaatkan lingkungan itu sendiri sebagai sumber belajar seperti
1. Masyarakat desa atau kota di sekeliling sekolah,
2. Lingkungan fisik di sekitar sekolah,
3. Bahan sisa yang tidak terpakai dan barang bekas yang terbuang yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan, namun kalau diolah dapat bermanfaat sebagai sumber dan alat bantu belajara mengajar.
4.Peristiwa alam dan peristiwa yang terjadi di masyarakat cukup menarik perhatian siswa. Ada peristiwa yang mungkin tidak dapat dipastikan akan berulang kembali.
Sebenarnya cukup banyak tersedia sumber dan alat bantu belajar mengajar di luar sekolah. Nah sebagai guru sebaiknya berusaha membawa sesuatu dari lingkungan ke dalam kelas atau membawa siswa dari kelas ke lingkungan luar, sehingga siswa dapat belajar dengan lingkungannya.
Kendala-kendala atau kesulitan yang sering dihadapi guru ketika memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, kendala terhadap waktu, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan antusias siswa terhadap pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Referensi :
- Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12-32.
- Kusani, O. N., Tukidi, T., & Nisa, A. N. S. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS oleh Guru-Guru SMP Negeri Kecamatan Sragen. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 122-127.
Npm : 2113053226
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudari alfina
Lingkungan sebagai sumber belajar sebenarnya kita juga bisa menciptakan atau memanfaatkan lingkungan itu sendiri sebagai sumber belajar seperti
1. Masyarakat desa atau kota di sekeliling sekolah,
2. Lingkungan fisik di sekitar sekolah,
3. Bahan sisa yang tidak terpakai dan barang bekas yang terbuang yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan, namun kalau diolah dapat bermanfaat sebagai sumber dan alat bantu belajara mengajar.
4.Peristiwa alam dan peristiwa yang terjadi di masyarakat cukup menarik perhatian siswa. Ada peristiwa yang mungkin tidak dapat dipastikan akan berulang kembali.
Sebenarnya cukup banyak tersedia sumber dan alat bantu belajar mengajar di luar sekolah. Nah sebagai guru sebaiknya berusaha membawa sesuatu dari lingkungan ke dalam kelas atau membawa siswa dari kelas ke lingkungan luar, sehingga siswa dapat belajar dengan lingkungannya.
Kendala-kendala atau kesulitan yang sering dihadapi guru ketika memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar yaitu kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, kendala terhadap waktu, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan antusias siswa terhadap pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar.
Referensi :
- Hasyim, M. A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(1), 12-32.
- Kusani, O. N., Tukidi, T., & Nisa, A. N. S. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS oleh Guru-Guru SMP Negeri Kecamatan Sragen. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(2), 122-127.
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
Npm : 2163053001
Mengapa dalam proses belajar mengajar, lingkungan sekitar mempunyai peran yang penting bagi siswa dan guru? lalu Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam membantu siswa baru untuk dapat menyesuaikan diri di lingkungan sekolah?
Npm : 2163053001
Mengapa dalam proses belajar mengajar, lingkungan sekitar mempunyai peran yang penting bagi siswa dan guru? lalu Bagaimana upaya yang dilakukan oleh guru dalam membantu siswa baru untuk dapat menyesuaikan diri di lingkungan sekolah?
Nama : Raissa Lestari
Npm : 2113053237
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Putri Yasmin
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
Npm : 2163053001
Peranan lingkungan tersebut memiliki peran yang penting untuk memudahkan guru dan siswa dalam mengajarkan dan memahami materi yang memotivasi, kreatif, menyenangkan, dan bermanfaat. Sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan teringat secara terus menerus.
Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain :
1. Menyapa siswa dengan ramah dan bersemangatnya
2.Menciptakan suasana rileks.
3.Memotivasi siswa.
4.Menggunakan ice breaking.
5.Menggunakan metode yang variatif
Npm : 2113053237
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Putri Yasmin
Nama : Putri Yasmin Al-Nafi
Npm : 2163053001
Peranan lingkungan tersebut memiliki peran yang penting untuk memudahkan guru dan siswa dalam mengajarkan dan memahami materi yang memotivasi, kreatif, menyenangkan, dan bermanfaat. Sehingga pembelajaran akan lebih bermakna dan teringat secara terus menerus.
Dalam rangka menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, beberapa hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain :
1. Menyapa siswa dengan ramah dan bersemangatnya
2.Menciptakan suasana rileks.
3.Memotivasi siswa.
4.Menggunakan ice breaking.
5.Menggunakan metode yang variatif
Nama : Hudzaifah
NPM : 2113053129
Kelas : 4J
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudari Putri Yasmin Al nafi, menurut saya lingkungan juga berperan penting dalam pembelajaran contohnya siswa akan jauh lebih fokus jika lingkungan belajarnya kondusif namun sebaliknya siswa kurang fokus jika lingkungan belajarnya tidak kondusif. Selain itu, lingkungan yang kondusif membuat materi yang disampaikan oleh guru lebih mudah untuk dimengerti siswa.
NPM : 2113053129
Kelas : 4J
Izin menambahkan jawaban dari pertanyaan saudari Putri Yasmin Al nafi, menurut saya lingkungan juga berperan penting dalam pembelajaran contohnya siswa akan jauh lebih fokus jika lingkungan belajarnya kondusif namun sebaliknya siswa kurang fokus jika lingkungan belajarnya tidak kondusif. Selain itu, lingkungan yang kondusif membuat materi yang disampaikan oleh guru lebih mudah untuk dimengerti siswa.
Nama: Novita Sari
NPM:2113053084
Izin bertanya moderator
Bagaimana cara seorang guru dalam mengatasi siswa yang tidak fokus dan hanya bermain-main saat proses pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai media belajar dan untuk SD kelas rendah apakah penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran itu diperlukan?
NPM:2113053084
Izin bertanya moderator
Bagaimana cara seorang guru dalam mengatasi siswa yang tidak fokus dan hanya bermain-main saat proses pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai media belajar dan untuk SD kelas rendah apakah penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran itu diperlukan?
Terima kasih
Nama : Isnawati
Npm : 2113053128
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Novita Sari
Jadi, salah satu cara guru dalam menggunakan lingkungan sebagai media belajar untuk mengatasi siswa yang tidak fokus dan bermain-main saat proses belajar yaitu dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Bisa dengan menghias kelas ataupun guru bisa sesekali mengajak siswa untuk belajar diluar kelas. Karena hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar siswa dan membuat siswa bisa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar dengan baik mampu membuat suasana belajar lebih menyenangkan.
Lalu apakah SD kelas rendah perlu menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran?
Menurut saya sangat diperlukan karena Pembelajaran pada kelas rendah masih perlu adanya unsur bermain walaupun bobotnya tidak sebesar pendidikan bagi anak usia dini. Dengan Pemanfatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat menciptakan proses belajar yang lebih bermakna. Maka dari itu pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran sangat menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas rendah terlebih hal tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 lebih mengutamakan siswa untuk selalu aktif dan kreatif.
Npm : 2113053128
Izin menjawab pertanyaan dari saudari Novita Sari
Jadi, salah satu cara guru dalam menggunakan lingkungan sebagai media belajar untuk mengatasi siswa yang tidak fokus dan bermain-main saat proses belajar yaitu dengan menciptakan suasana kelas yang menyenangkan. Bisa dengan menghias kelas ataupun guru bisa sesekali mengajak siswa untuk belajar diluar kelas. Karena hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan fokus belajar siswa dan membuat siswa bisa memahami materi pelajaran dengan lebih baik. Dengan memanfaatkan lingkungan sebagai media belajar dengan baik mampu membuat suasana belajar lebih menyenangkan.
Lalu apakah SD kelas rendah perlu menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran?
Menurut saya sangat diperlukan karena Pembelajaran pada kelas rendah masih perlu adanya unsur bermain walaupun bobotnya tidak sebesar pendidikan bagi anak usia dini. Dengan Pemanfatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat menciptakan proses belajar yang lebih bermakna. Maka dari itu pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran sangat menunjang keberhasilan pembelajaran di kelas rendah terlebih hal tersebut sesuai dengan kurikulum 2013 lebih mengutamakan siswa untuk selalu aktif dan kreatif.
Assalamu'alaikum
Nama: Sintia apriana
Npm: 2113053082
Perpustakaan kan merupakan salah satu media lingkungan yang ada disekolah. Jadi
Menurut kelompok kalian factor apa saja yang membuat perpustakaan yang ada di sekolah2 saat ini masih kurang diminati oleh peserta didik? Apakah ada cara yang akan kalian lakukan untuk mengoptimalkan media perpustakaan?
Nama: Sintia apriana
Npm: 2113053082
Perpustakaan kan merupakan salah satu media lingkungan yang ada disekolah. Jadi
Menurut kelompok kalian factor apa saja yang membuat perpustakaan yang ada di sekolah2 saat ini masih kurang diminati oleh peserta didik? Apakah ada cara yang akan kalian lakukan untuk mengoptimalkan media perpustakaan?
Nama : Eka Septiana Putri
Npm : 2113053085
Izin menjawab pertanyaan saudari sintia
Faktor yg mempengaruhi kurangnya perpustakaan pada minat siswa
1. Kurangnya motivasi dari guru
Seharusnya guru mendorong siswanya untuk memiliki menanamkan budaya membaca, hal tersebut bisa dilakukan dengan melaksanan kegiatan literasi buku bacaan sebelum dimulainya pembelajaran minimal 5menit menjelang pembelajaran.
2. Perpustakaan sekolah kurang menarik
Bisa saja keadaan perpustakaan mulai dari kondisi ruangan, buku bacaan, pengelola perpustakaan, dan hal lain sebagainya membuat siswa malas untuk sekedar berkunjung apalagi membaca, untuk itu sebagai alternatif menarik siswa perpustakaan perlu dikelola dengan baik.
3. Kurangnya peran orang tua dan keluarga
Orang tua dan keluarga sebagai lingkungan terdekat seharusnya menanamkan hal positif sejak kecil kepada anaknya seperti membaca agar hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang baik sampai ia beranjak dewa dan menjadi sebuah hobby untuk anaknya, namun pada kenyataannya orang tua zaman sekarang justru banyak yang merasa acuh terhadap peningkatan literasi anak-anaknya.
Cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan media perpustakaan yaitu dengan mengelola perpustakaan yang bisa menarik siswa, seperti pengelolaan ruangan yang baik, diadakannya kegiatan wajib literasi tiap kelas pada waktu tertentu, sediakan buku bacaan yang menarik siswa, dan juga memuat aturan dalam perpustakaan agar siswa nantinya fokus pada kegiatan membaca yang sedang dilakukan.
Npm : 2113053085
Izin menjawab pertanyaan saudari sintia
Faktor yg mempengaruhi kurangnya perpustakaan pada minat siswa
1. Kurangnya motivasi dari guru
Seharusnya guru mendorong siswanya untuk memiliki menanamkan budaya membaca, hal tersebut bisa dilakukan dengan melaksanan kegiatan literasi buku bacaan sebelum dimulainya pembelajaran minimal 5menit menjelang pembelajaran.
2. Perpustakaan sekolah kurang menarik
Bisa saja keadaan perpustakaan mulai dari kondisi ruangan, buku bacaan, pengelola perpustakaan, dan hal lain sebagainya membuat siswa malas untuk sekedar berkunjung apalagi membaca, untuk itu sebagai alternatif menarik siswa perpustakaan perlu dikelola dengan baik.
3. Kurangnya peran orang tua dan keluarga
Orang tua dan keluarga sebagai lingkungan terdekat seharusnya menanamkan hal positif sejak kecil kepada anaknya seperti membaca agar hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang baik sampai ia beranjak dewa dan menjadi sebuah hobby untuk anaknya, namun pada kenyataannya orang tua zaman sekarang justru banyak yang merasa acuh terhadap peningkatan literasi anak-anaknya.
Cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan media perpustakaan yaitu dengan mengelola perpustakaan yang bisa menarik siswa, seperti pengelolaan ruangan yang baik, diadakannya kegiatan wajib literasi tiap kelas pada waktu tertentu, sediakan buku bacaan yang menarik siswa, dan juga memuat aturan dalam perpustakaan agar siswa nantinya fokus pada kegiatan membaca yang sedang dilakukan.
Nama : Ica Fardila
NPM : 2113053047
Izin menanggapi jawaban dari Eka atas pertanyaan saudari Sintia.
Saat ini memang banyak sekali peserta didik yang enggan mengunjungi perpustakaan sekolah untuk dimanfaatkan sebagai media ataupun sumber belajar. Menurut saya, hal ini mungkin karena kurangnya strategi dalam pengelolaan perpustakaan di sekolah dan juga pesatnya teknologi seperti handphone yang dapat mencari informasi secara cepat sehingga mengakibatkan keberadaan perpustakaan sekolah sebagai media ataupun sumber belajar masih belum optimal. Terlebih lagi pegawai perpustakaan (pustakawan) belum memiliki standar kualifikasi yang ditentukan, yang memungkinan dalam pengelolaannya masih belum menguasai strategi langkah –langkah pemanfaatan perpustakaan.
Mengenai hal tersebut, sebagai calon pendidik di sekolah nanti kita dapat membantu pengelolaan perpustakaan tersebut melalui kegiatan belajar-mengajar peserta didik. Misalnya dalam pengayaan proses belajar mengajar di kelas, guru harus pandai menggunakan peluang dan kesempatan agar peserta didik senantiasa aktif mengikuti pelajaran dengan menyertakan berbagai sumber belajar yang tersedia dan mungkin untuk didayagunakan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah memberikan tugas yang merujuk di perpustakaan, memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu membaca buku dan mencintai buku sejak awal.
Terimakasih.
NPM : 2113053047
Izin menanggapi jawaban dari Eka atas pertanyaan saudari Sintia.
Saat ini memang banyak sekali peserta didik yang enggan mengunjungi perpustakaan sekolah untuk dimanfaatkan sebagai media ataupun sumber belajar. Menurut saya, hal ini mungkin karena kurangnya strategi dalam pengelolaan perpustakaan di sekolah dan juga pesatnya teknologi seperti handphone yang dapat mencari informasi secara cepat sehingga mengakibatkan keberadaan perpustakaan sekolah sebagai media ataupun sumber belajar masih belum optimal. Terlebih lagi pegawai perpustakaan (pustakawan) belum memiliki standar kualifikasi yang ditentukan, yang memungkinan dalam pengelolaannya masih belum menguasai strategi langkah –langkah pemanfaatan perpustakaan.
Mengenai hal tersebut, sebagai calon pendidik di sekolah nanti kita dapat membantu pengelolaan perpustakaan tersebut melalui kegiatan belajar-mengajar peserta didik. Misalnya dalam pengayaan proses belajar mengajar di kelas, guru harus pandai menggunakan peluang dan kesempatan agar peserta didik senantiasa aktif mengikuti pelajaran dengan menyertakan berbagai sumber belajar yang tersedia dan mungkin untuk didayagunakan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah memberikan tugas yang merujuk di perpustakaan, memberikan motivasi kepada siswa untuk selalu membaca buku dan mencintai buku sejak awal.
Terimakasih.
Izin mengirimkan bukti persentasi kelompok 2 bu
Link : https://drive.google.com/drive/folders/1LMZXXAw0uf5bwK660yr3mouxvrtQd00P?usp=share_link