Forum Diskusi Pertemuan-5

Forum Diskusi Pertemuan-5

Number of replies: 26
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-2, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by RICHY AFRINDO -
Nama: Richy afrindo
Npm:2113053130
Kelas:4i

Izin bertanya kepada kelompok 2
Disebutkan di dalam ppt ada beberapa jenis lingkungan sebagai sumber belajar, menurut kelompok 2 lingkungan sumber belajar manakah yang harus diperhatikan sedari dini kepada anak-anak jelaskan alasannya?
In reply to RICHY AFRINDO

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by LEHA PUTRI KURNIA SARI -
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok 2
Izin menjawab pertanyaan Richy,
Lingkungan sumber belajar yang harus diperhatikan sedari dini adalah lingkungan sosial. di lingkungan sosial kita berinteraksi dengan sesama yang merupakan sumber dari berbagai aktivitas. di lingkungan sosial anak mulai belajar untuk semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan karena anak tidak dibatasi untuk bersosialisasi dan anak dapat mengotimalkan potensi panca indra untuk berkomunikasi dengan lingkungan
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by PUJI LESTARI -
Nama: Puji Lestari
NPM: 2113053033
Izin bertanya.

Dalam penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran di sekolah tingkat SD, apa kelebihan dan kekurangan yang terjadi ketika dilakukannya penerapan pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sebagai media pembelajaran?
In reply to PUJI LESTARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Naba Auliyah -
Nama : Naba Auliyah
NPM : 2113053080
izin menambahkan jawaban leha untuk pertanyaan puji
Keuntungan penggunaan media lingkungan sebagai media pembelajaran antara lain:
1. Menghemat biaya, karena dengan memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan, kita tidak perlu mengeluarkan uang.
2. Memberikan pengalaman yang riil kepada siswa, pelajaran menjadi lebih konkrit, tidak verbalistik.
3. Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Hal ini juga sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual (contextual learning).
4. Pelajaran lebih aplikatif, materi belajar yang diperoleh siswa melalui media lingkungan kemungkinan besar akan dapat diaplikasikan langsung, karena siswa akan lebih sering menemui benda serupa di dalam kesehariannya.
5. Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
6. Dengan media lingkungan, siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan benda, lokasi, atau peristiwa yang sesungguhnya secara alamiah.
7. Dengan media lingkungan akan lebih komunikatif, sebab benda dan peristiwa yang ada di lingkungan siswa biasanya akan mudah dicerna oleh siswa, dibandingkan dengan media lain yang dikemas/didesain.

Selain itu keuntungan yang diperoleh dari kegiatan mempelajari lingkungan dalam proses belajar antara lain:

1. Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan siswa duduk di kelas berjam-jam, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih tinggi.
2. Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami
3. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat.
4. Kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya, atau wawancara, membuktikan atau mendemonstrasikan, menguji fakta, dan lain-lain.
5. Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari bisa beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam, lingkungan buatan, dan lain-lain
6. Siswa dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan sekitarnya, serta dapat membentuk perilaku cinta lingkungan.
In reply to PUJI LESTARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by LEHA PUTRI KURNIA SARI -
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan Puji,
Telah dijelaskan di PPT ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang terjadi jika menerapkan pembealajarn dgn mnggunakan lingkungan, kelebihannya yaitu ; 1. Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan
2. Hakikat belajar akan lebih bermakna
3. Bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya serta lebih faktual sehingga kebenarannya lebih akurat.
Kekurangan ;
1. Tidak seperti pelajaran dalam kelas, pelajaran di luar kelas harus disiapkan secara matang karena jika kurang persiapan sebelumnya akan menyebabkan ada kesan main-main ketika pembelajaran berlangsung.
2. Adanya anggapan belajar dengan lingkungan memerlukan waktu yang relatif lama, padahal pelajaran cukup dilakukan selama beberapa menit saja kemudian dilanjutkan dikelas.
3. Banyak guru yang masih berpandangan sempit bahwa belajar hanya dilakukan di dalam kelas.
In reply to PUJI LESTARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Andhita Adelia Putri -
Nama : Andhita Adelia Putri
NPM : 2113053270
Izin menjawab,
Banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran, antara lain:
1. Kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan dibandingkan duduk di kelas selama berjam-jam, sehingga motivasi belajar siswa akan lebih tinggi
2. Hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan langsung dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami.
3. Kegiatan belajar lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati, bertanya atau wawancara, membuktikan atau mendemonstrasikan, dan menguji fakta.
4. Sumber belajar menjadi lebih kaya sebab lingkungan yang dapat dipelajari sangat beraneka ragam seperti lingkungan sosial, lingkungan alam, lingkungan buatan, dan lain-lain.
5. Siswa juga lebih dapat memahami dan menghayati aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungannya, sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan di sekitarnya, serta dapat memupuk rasa cinta akan lingkungan.

Selain memiliki beberapa kelebihan seperti yang disebut di atas, lingkungan sebagai media pembelajaran juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya:
1. Tidak seperti pelajaran dalam kelas, pelajaran di luar kelas harus disiapkan secara matang karena jika kurang persiapan sebelumnya akan menyebabkan ada kesan main-main ketika pembelajaran berlangsung.
2. Adanya anggapan belajar dengan lingkungan memerlukan waktu yang relatif lama, padahal pelajaran cukup dilakukan selama beberapa menit saja kemudian dilanjutkan dikelas.
3. Banyak guru yang masih berpandangan sempit bahwa belajar hanya dilakukan di dalam kelas.
In reply to PUJI LESTARI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Chandra Fatmawati -
Nama : Chandra Fatmawati
NPM : 2113053211
Izin menjawab pertanyaan puji
Kelebihan penggunaan media lingkungan sebagai media pembelajaran antara lain:
1. Menghemat biaya, karena dengan memanfaatkan benda-benda yang telah ada di lingkungan, kita tidak perlu mengeluarkan uang.
2. Memberikan pengalaman yang riil kepada siswa, pelajaran menjadi lebih konkrit, tidak verbalistik
3. Karena benda-benda tersebut berasal dari lingkungan siswa, maka benda-benda tersebut akan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Hal ini juga sesuai dengan konsep pembelajaran kontekstual (contextual learning).
4. Pelajaran lebih aplikatif, materi belajar yang diperoleh siswa melalui media lingkungan kemungkinan besar akan dapat diaplikasikan langsung, karena siswa akan lebih sering menemui benda serupa di dalam kesehariannya.
5. Media lingkungan memberikan pengalaman langsung kepada siswa.
6. Dengan media lingkungan, siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan benda, lokasi, atau peristiwa yang sesungguhnya secara alamiah.
7. Dengan media lingkungan akan lebih komunikatif, sebab benda dan peristiwa yang ada di lingkungan
Kekurangan :
1. Kurangnya pemahaman guru dalam pemanfaatan lingkungan.
2. Terkadang menjadi salah satu sasaran karena siswa lebih berkesan main-main.
3. Setiap siswa memiliki lingkungan yang berbeda-beda di daerahnya.
4. Perubahan kondisi lingkungan setiap saat ketika terjadi pergantian musim.
5. Timbulnya bencana alam.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by FINCA MANDELA FITRI -
Finca Mandela Fitri
2113053219
Izin bertanya.
Mengapa lingkungan terbuka dapat dijadikan sebagai bahan media pembelajaran. Bukankah lingkungan yang terbuka itu memiliki banyak sekali risiko terhadap keselamatan peserta didik.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by LEHA PUTRI KURNIA SARI -
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan Finca,
Karena lingkungan Lingkungan sekitar merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk mewujudkan proses dan hasil pendidikan berkualitas bagi anak usia dini. Lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat, dan lain sebagainya. Resiko bisa di minimalisisr jikalau kita bisa mengahadapi dengan tepat.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Della Anggaini -
Nama: Della Anggraini
NPM: 2113053238
Dari kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan dari Finca Mandela Fitri.
Lingkungan terbuka dapat dijadikan sebagai bahan media pembelajaran karena lingkungan banyak memberikan ilmu pengetahuan yang lebih luas. Dari sana peserta didik dapat belajar dengan melihat secara langsung apa yang mereka pelajari contohnya ketika mereka belajar mengenai tumbuhan di sana mereka akan belajar tentang bagian-bagian tumbuhan dengan melihat secara langsung objek yang mereka pelajari. Resiko-resiko yang dapat mempengaruhi keselamatan peserta didik dapat diminimalisir dengan adanya pantauan dari pendidik. Di mana sebelum melakukan pembelajaran pendidik perlu melihat kondisi dan memberikan lingkungan yang aman dan nyaman bagi peserta didik melakukan sebuah proses pembelajaran.
In reply to FINCA MANDELA FITRI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Naba Auliyah -
Nama : Naba Auliyah
NPM : 2113053080
izin membantu menjawab pertanyaan finca,Karena dengan lingkungan terbuka peserta didik dapat berekspresi secara bebas tentang pembelajaran yang sedang berlangsung,mengenai resiko keselamatan peserta didik tentunya sebagai pendidik juga harus mempertimbangkan lingkungan terbuka yang akan digunakan sebagai media,seperti keamanan,keefektifan serta kesesuaian dengan pembelajaran yang akan dipelajari,dengan mempertimbang kan aspek tersebut maka pembelajaran akan berjalan dengan baik dan sesuai tujuan.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Alifa Hana Almira -
Nama : Alifa Hana Almira
NPM : 2113053216
Izin Bertanya, Bagaimana peran lingkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan produktivitas peserta didik dalam pembelajaran?
In reply to Alifa Hana Almira

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Andhita Adelia Putri -
Nama : Andhita Adelia Putri
NPM : 2113053270
Izin menjawab, peran lingkungan sekitar sebagai media dan sumber pembelajaran yang didalamnya terdapat lingkungan sosial, lingkungan alam, lingkungan
buatan akan sangat membantu dalam proses pembelajaran baik yang di tuangkan dalam audio visual maupun secara langsung yang nantinya siswa mampu mengobservasi sendiri apa yang diamatinya dan siswa memperoleh pengalaman langsung sebagai ilmu yang diaplikasikannya dari teori ke penerapan
In reply to Alifa Hana Almira

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by LEHA PUTRI KURNIA SARI -
Nama : Leha Putri Kurnia Sari
NPM : 2113053188
Kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan Alifa,
peran lignkungan sebagai sumber belajar dalam meningkatkan produktivitas peserta didik dalam pembelajaran diantaranta bisa mempercepat
laju belajar dan membantu guru untuk menggunakan waktu secara lebih baik; mengurangi beban guru dalam menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan minat peserta didik.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by MELA PERTIWI -
Nama : Mela pertiwi
NPM : 2113053078
Kelas : 4/i

izin bertanya, menurut kelompok 2 apakah menggunakan media lingkungan sekitar dapat dioptimalkan sebagai sumber belajar untuk mencapai proses dan hasil pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik di sekolah dasar, dan penggunaan media lingkungan sebagai sumber belajar apakah sudah banyak digunakan di sekolah-sekolah saat ini? jelaskan!!
In reply to MELA PERTIWI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Della Anggaini -
Nama: Della Anggraini
NPM: 2113053238
Dari kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan dari Mela Pertiwi, media pembelajaran lingkungan dapat dioptimalkan sebagai sumber belajar untuk mencapai proses dan hasil pendidikan yang berkualitas karena peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan dari suatu peristiwa atau objek yang sebenarnya dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik sehingga dapat menimbulkan interaksi peserta didik dengan apa yang mereka pelajari.

Sudah dari dulu media pembelajaran lingkungan ini digunakan di sekolah-sekolah misalnya ketika melakukan kegiatan observasi di lingkungan sekolah. Seperti mengamati tumbuhan hewan bangunan dan lain sebagainya. Kemudian ada waktu di mana mereka melakukan pembelajaran seperti di museum tempat wisata dan lain-lain.
In reply to MELA PERTIWI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by IKA NURRAHMAH 2113053250 -
Nama: Ika Nurrahmah
NPM: 2113053250
Dari kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan dari Mela Pertiwi
Penggunaan lingkungan dengan optimal sekitar merupakan salah satu cara penggunaan media pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Sekolah merupakan miniatur dari lingkungan masyarakat karena setelah menempuh pendidikan di sekolah maka anak sejatinya akan mengimplementasikan apa yang didapatnya di sekolah ke lingkungan masyarakat. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran berupa lingkungan sekitar revelan digunakan dalam proses pembelajaran dan tentu saja hasil dari pembelajaran yang didapatkan dengan menggunakan lingkungan sekitar akan berkualitas. Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar tentu sudah banyak di sekolah-sekolah, apalagi dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka yang berlaku sekarang menuntut anak untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan pembelajaran tidak berfokus pada guru, maka pemilihan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran tentu sesuai dengan tuntutan kurikulum tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by ALIDA. PEKEI.21 -
Nama : Alida pekei
Npm : 2113053090
Kelas : 4i

Izin Bertanya Apa Yang Sebaiknya dilakukan Untuk menciptakan lingkungan sebagai Sumber Belajar
In reply to ALIDA. PEKEI.21

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by SITI NUR HALIMAH -
Nama : Siti Nur Halimah
Npm :2113053279
Kelompok 2

Ijin menjawab pertanyaan dari alida
-Melakukan kegiatan karyawisata, berkemah, praktek lapangan, outbond, dan lain sebagainya.
-Membawa lingkungan ke dalam kelas dengan menghadirkan pemateri untuk menyampaikan materi di dalam kelas
In reply to ALIDA. PEKEI.21

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Della Anggaini -
Nama: Della Anggraini
NPM: 2113053238
Dari kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan dari Alida Pekei, untuk menciptakan lingkungan sebagai sumber belajar dapat dilakukan dengan menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dan aman bagi peserta didik, di mana dapat melakukan kegiatan seperti karya wisata, berkemah, observasi dan lain sebagainya. Kemudian bisa juga dilakukan dengan memperbanyak interaksi peserta didik dengan lingkungan sekitarnya.
In reply to ALIDA. PEKEI.21

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by NABILAH RAHMAH -
Nama : Nabilah Rahmah
Npm : 2113053020
Izin menjawab pertanyaan Alida, untuk menciptakan lingkungan sebagai sumber belajar hal yang harus dilakukan antara lain :
1. Suasana Ruangan yang Berbeda
2. Perbanyak Interaksi
3. Beri perhatian yang sama kesesama siswa
4. Pahami Latar Belakang Murid
5. Berikan Support Penuh Pada Murid
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Mifta Regita Cantika -
Nama:Mifta Regita Cantika
NPM:2153053019
Kelas:4I

Izin bertanya Mengapa faktor lingkungan bisa berperan sebagai sumber belajar yang efektif?
In reply to Mifta Regita Cantika

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by SITI NUR HALIMAH -
Nama : siti nur Halimah
Npm : 2113053279
Kelompok 2

Ijin menjawab pertanyaan mifta
karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat, dan lain sebagainya.
In reply to Mifta Regita Cantika

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by Della Anggaini -
Nama: Della Anggraini
NPM: 2113053238
Dari kelompok 2

Izin menjawab pertanyaan dari Mifta Regita Cantika, karena lingkungan merupakan salah satu sumber belajar yang menarik di mana peserta didik bisa mempelajari secara langsung dari objek yang mereka pelajari jadi mereka tidak hanya melihat sebuah objek tersebut dari visual saja tetapi dengan wujud yang nyata.
In reply to Mifta Regita Cantika

Re: Forum Diskusi Pertemuan-5

by NABILAH RAHMAH -
Nama : Nabilah Rahmah
Npm : 2113053020
Kelompok 2
Izin menjawab pertanyaan Mifta,Karena lingkungan sekitar merupakan salah satu sumber belajar yang dapat dioptimalkan untuk mewujudkan proses dan hasil pendidikan berkualitas bagi anak usia dini, terutama di lembaga kami. berikut manfaat belajar dengan memanfaatkan sumber lingkungan: Lingkungan menyediakan berbagai hal yang dapat di pelajari anak. Sumber belajar lingkungan semakin memperkaya wawasan dan pengetahuan karena anak tidak dibatasi oleh dinding kelas dan anak dapat mengotimalkan potensi panca indra untuk berkomunikasi dengan lingkungan.