setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-2, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-5
Nama: Anggita Sari
NPM: 2113053134
Apakah belajar dengan menggunakan media lingkungan itu dapat memotivasi para peserta didik untuk lebih giat belajar? dan apakah semua materi itu cocok menggunakan media belajar lingkungan? jika tidak materi apa saja yg cocok diterapkan dengan media belajar lingkungan?
NPM: 2113053134
Apakah belajar dengan menggunakan media lingkungan itu dapat memotivasi para peserta didik untuk lebih giat belajar? dan apakah semua materi itu cocok menggunakan media belajar lingkungan? jika tidak materi apa saja yg cocok diterapkan dengan media belajar lingkungan?
Nama: Niken Maulidya
NPM: 2113053060
Izin menjawab dari pertanyaan Anggita.
Jawaban: Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran, apalagi dengan menggunakan sumber belajar dari lingkungan lingkungan, karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik. Untuk semua materi mungkin tidak semuanya cocok, karena semuanya belum tentu ada di sekitar lingkungan.untuk contohnya yaitu materi IPA.
NPM: 2113053060
Izin menjawab dari pertanyaan Anggita.
Jawaban: Dengan memanfaatkan media secara baik dapat membantu kesulitan belajar siswa, pembentukan kepribadian, memotivasi belajar dan lain-lain. Salah satu upaya meningkatkan minat dan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan media pembelajaran, apalagi dengan menggunakan sumber belajar dari lingkungan lingkungan, karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik. Untuk semua materi mungkin tidak semuanya cocok, karena semuanya belum tentu ada di sekitar lingkungan.untuk contohnya yaitu materi IPA.
Nama : Risa trividia utari
Npm : 2113053244
Kelas : 4H
Izin bertanya
Hal apa saja yang dapat dipelajari pada anak sekolah dasar khususnya kelas rendah dalam kaitanya dengan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajarnya serta adakah kendala dalam pelaksanaanya jika ada tolong sebutkan?
Npm : 2113053244
Kelas : 4H
Izin bertanya
Hal apa saja yang dapat dipelajari pada anak sekolah dasar khususnya kelas rendah dalam kaitanya dengan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajarnya serta adakah kendala dalam pelaksanaanya jika ada tolong sebutkan?
In reply to RISA.TRIVIDIA21 RISA.TRIVIDIA21
Re: Forum Diskusi Pertemuan-5
Nama : Ihda Lailatul Barokah
NPM : 2163053004
Kelas : 4H
Izin menjawab, Hal-hal yang bisa dipelajari oleh anak sd kelas rendah dalam kaitannya dengan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar ini, misalnya:
- Mengenal jenis-jenis mata pencaharian penduduk di sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal adat istiadat dan kebiasaan penduduk setempat di mana anak usia dini tinggal.
- Mengenal organisasi-organisasi sosial yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal kebudayaan termasuk kesenian yang ada di sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal susunan pemerintahan setempat seperti RT, RW, desa atau kelurahan dan kecamatan.
- anak-anak dapat mempelajari bahasa yang digunakan oleh orang di sekitar mereka, termasuk bahasa ibu atau bahasa daerah.
Sedangkan Kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar seperti terbatasnya waktu pelaksanaan, metode pembelajaran yang kurang tepat, pemilihan lokasi dan materi pembelajaran yang tidak sesuai, pengelolaan peserta didik yang tidak efektif, kurangnya persiapan baik guru maupun peserta didik.
NPM : 2163053004
Kelas : 4H
Izin menjawab, Hal-hal yang bisa dipelajari oleh anak sd kelas rendah dalam kaitannya dengan pemanfaatan lingkungan sosial sebagai sumber belajar ini, misalnya:
- Mengenal jenis-jenis mata pencaharian penduduk di sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal adat istiadat dan kebiasaan penduduk setempat di mana anak usia dini tinggal.
- Mengenal organisasi-organisasi sosial yang ada di masyarakat sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal kehidupan beragama yang dianut oleh penduduk sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal kebudayaan termasuk kesenian yang ada di sekitar tempat tinggal dan sekolah.
- Mengenal susunan pemerintahan setempat seperti RT, RW, desa atau kelurahan dan kecamatan.
- anak-anak dapat mempelajari bahasa yang digunakan oleh orang di sekitar mereka, termasuk bahasa ibu atau bahasa daerah.
Sedangkan Kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar seperti terbatasnya waktu pelaksanaan, metode pembelajaran yang kurang tepat, pemilihan lokasi dan materi pembelajaran yang tidak sesuai, pengelolaan peserta didik yang tidak efektif, kurangnya persiapan baik guru maupun peserta didik.
Nama : Iin Kurniawati
Npm : 2113053086
Tujuan pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar adalah untuk mengupayakan agar terjadi proses komunikasi dan interaksi. Lalu bagaimana cara untuk memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar tersebut?
Npm : 2113053086
Tujuan pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar adalah untuk mengupayakan agar terjadi proses komunikasi dan interaksi. Lalu bagaimana cara untuk memanfaatkan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar tersebut?
Nama : Silvira Syifa Sakila
Npm: 2163053002
Kelas: 4H
Izin menjawab pertanyaan dari saudari iin, Salah satu contoh pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar yaitu terdapat pada pelajaran sosiologi, karena dalam pembelajaran sosiologi terdapat materi-materi tentang kemasyarakatan yang meliputi interaksi sosial, perubahan sosial, gejala sosial, konflik sosial, norma sosial, kebudayaan, adat istiadat, yang terdapat disuatu masyarakat.
Proses kegiatan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sosial ini dilakukan dengan cara praktek lapangan atau turun langsung kepada masyarakat, seperti mengamati, bertaya atau wawancara. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih mudah memahami atau menguasai materi, karena peserta didik dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyararakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.
Npm: 2163053002
Kelas: 4H
Izin menjawab pertanyaan dari saudari iin, Salah satu contoh pemanfaatan lingkungan masyarakat sebagai sumber belajar yaitu terdapat pada pelajaran sosiologi, karena dalam pembelajaran sosiologi terdapat materi-materi tentang kemasyarakatan yang meliputi interaksi sosial, perubahan sosial, gejala sosial, konflik sosial, norma sosial, kebudayaan, adat istiadat, yang terdapat disuatu masyarakat.
Proses kegiatan pembelajaran pemanfaatan lingkungan sosial ini dilakukan dengan cara praktek lapangan atau turun langsung kepada masyarakat, seperti mengamati, bertaya atau wawancara. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih mudah memahami atau menguasai materi, karena peserta didik dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyararakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.
Nama : Dwi Susanti
NPM : 2113053062
Dalam mejadikan lingkungan sebagai sumber belajar pastinya memerlukan persiapan agar pembelajaran berjalan secara baik, lalu hal apa saja yang harus dipertimbangkan atau dipersiapkan oleh guru untuk menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar? Dan manfaat apa saja yang diperoleh dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar tersebut.
NPM : 2113053062
Dalam mejadikan lingkungan sebagai sumber belajar pastinya memerlukan persiapan agar pembelajaran berjalan secara baik, lalu hal apa saja yang harus dipertimbangkan atau dipersiapkan oleh guru untuk menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar? Dan manfaat apa saja yang diperoleh dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar tersebut.
Nama: Yosa Elvita
NPM: 2113053154
Izin menjawab pertanyaan dari Dwi Susanti
hal apa saja yang harus dipertimbangkan atau dipersiapkan oleh guru untuk menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar adalah
1. Identifikasi Lingkungan Yang Cocok
Guru perlu mencari tahu lingkungan yang cocok untuk pembelajaran, misalnya ruangan kelas, perpustakaan, taman, museum, atau tempat wisata lainnya. Pemilihan lingkungan yang tepat akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa.
2. Persiapan Materi
Guru perlu mempersiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan yang dipilih. Misalnya, jika lingkungan yang dipilih adalah taman, maka materi yang dipersiapkan harus berkaitan dengan biologi atau ilmu pengetahuan alam, dan jika lingkungannya museum maka materi yang dipersiapkan harus berkaitan dengan ilmu pengetahuan sosial terkait dengan sejarah.
3. Persiapan Peralatan
Guru perlu mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pembelajaran. Misalnya, jika lingkungan yang dipilih adalah perpustakaan, maka perlu mempersiapkan buku atau akses internet.
4. Keselamatan
Guru harus mempertimbangkan faktor keselamatan dalam memilih lingkungan untuk pembelajaran. Misalnya, jika lingkungan yang dipilih adalah tempat wisata, maka perlu memastikan bahwa lokasi tersebut aman untuk siswa.
5. Memilih Metode Pembelajaran
Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar kadang-kadang memerlukan pemilihan metode mengajar yang tepat. Pemilihan metode mengajar tidak dapat dilakukan asal-asalan karena dapat mengakibatkan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa tidak tercapai.
6. Mempersiapkan Perizinan
Mengajak siswa untuk belajar dari lingkungan seringkali harus melibatkan perizinan. Siswa yang diajak keluar kelas atau keluar lingkungan sekolah, bahkan seringkali di luar jam belajar dan melibatkan instansi lain. Perizinan akan menjamin pemanfaatan waktu yang lebih efisien karena ketika siswa telah tiba di lokasi sumber belajar akan langsung diterima oleh pihak yang berwenang di sana. Selain itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan dan sebagainya, akan lebih mudah dimaklumi oleh pihak orang tua siswa/wali dan sekolah.
7. Mempersiapkan Teknis Pelaksanaan
Bila pemanfaatan lingkungan yang lokasinya cukup jauh dari sekolah dan menggunakan alokasi waktu di luar jam belajar sekolah, tentu teknis pelaksanaan perlu dipikirkan secara matang. Bahkan, jika menggunakan lingkungan pada lokasi yang dekat dengan sekolah dan masih dalam jam belajar sekolah, persiapan teknis tetap sangat penting.
Manfaat apa saja yang diperoleh dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar tersebut.
Manfaat yang diperoleh yaitu:
1. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan karena siswa dihadapkan pada keadaan atau situasi yang sesungguhnya.
2. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar
3. Materi yang dipelajari menjadi lebih faktual
4. Siswa menjadi lebih aktif
5. Sumber belajar menjadi lebih lebih kaya
6. Siswa dapat memahami segala aspek kehidupan yang ada di lingkungannya.
7. Dapat menimbulkan rasa cinta lingkungan pada diri masing-masing siswa.
8. Membuat pembelajaran menjadi lebih konkrit
NPM: 2113053154
Izin menjawab pertanyaan dari Dwi Susanti
hal apa saja yang harus dipertimbangkan atau dipersiapkan oleh guru untuk menjadikan lingkungan sebagai sumber belajar adalah
1. Identifikasi Lingkungan Yang Cocok
Guru perlu mencari tahu lingkungan yang cocok untuk pembelajaran, misalnya ruangan kelas, perpustakaan, taman, museum, atau tempat wisata lainnya. Pemilihan lingkungan yang tepat akan memberikan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa.
2. Persiapan Materi
Guru perlu mempersiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan lingkungan yang dipilih. Misalnya, jika lingkungan yang dipilih adalah taman, maka materi yang dipersiapkan harus berkaitan dengan biologi atau ilmu pengetahuan alam, dan jika lingkungannya museum maka materi yang dipersiapkan harus berkaitan dengan ilmu pengetahuan sosial terkait dengan sejarah.
3. Persiapan Peralatan
Guru perlu mempersiapkan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk pembelajaran. Misalnya, jika lingkungan yang dipilih adalah perpustakaan, maka perlu mempersiapkan buku atau akses internet.
4. Keselamatan
Guru harus mempertimbangkan faktor keselamatan dalam memilih lingkungan untuk pembelajaran. Misalnya, jika lingkungan yang dipilih adalah tempat wisata, maka perlu memastikan bahwa lokasi tersebut aman untuk siswa.
5. Memilih Metode Pembelajaran
Penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar kadang-kadang memerlukan pemilihan metode mengajar yang tepat. Pemilihan metode mengajar tidak dapat dilakukan asal-asalan karena dapat mengakibatkan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa tidak tercapai.
6. Mempersiapkan Perizinan
Mengajak siswa untuk belajar dari lingkungan seringkali harus melibatkan perizinan. Siswa yang diajak keluar kelas atau keluar lingkungan sekolah, bahkan seringkali di luar jam belajar dan melibatkan instansi lain. Perizinan akan menjamin pemanfaatan waktu yang lebih efisien karena ketika siswa telah tiba di lokasi sumber belajar akan langsung diterima oleh pihak yang berwenang di sana. Selain itu, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan dan sebagainya, akan lebih mudah dimaklumi oleh pihak orang tua siswa/wali dan sekolah.
7. Mempersiapkan Teknis Pelaksanaan
Bila pemanfaatan lingkungan yang lokasinya cukup jauh dari sekolah dan menggunakan alokasi waktu di luar jam belajar sekolah, tentu teknis pelaksanaan perlu dipikirkan secara matang. Bahkan, jika menggunakan lingkungan pada lokasi yang dekat dengan sekolah dan masih dalam jam belajar sekolah, persiapan teknis tetap sangat penting.
Manfaat apa saja yang diperoleh dengan menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar tersebut.
Manfaat yang diperoleh yaitu:
1. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan karena siswa dihadapkan pada keadaan atau situasi yang sesungguhnya.
2. Siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar
3. Materi yang dipelajari menjadi lebih faktual
4. Siswa menjadi lebih aktif
5. Sumber belajar menjadi lebih lebih kaya
6. Siswa dapat memahami segala aspek kehidupan yang ada di lingkungannya.
7. Dapat menimbulkan rasa cinta lingkungan pada diri masing-masing siswa.
8. Membuat pembelajaran menjadi lebih konkrit
Nama : Soviyani
NPM : 2113053222
Penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran tentunya menjadikan pembelajaran lebih menarik dan lebih konkrit. Pertanyaannya apakah penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran harus dibarengi dengan media lain, atau hanya menggunakan lingkungan saja sebagai sumber belajar. Dan jika lingkungan dijadikan sebagai satu-satunya sumber belajar dan media pembelajaran, apakah kegiatan belajar tetap berlangsung secara efektif?
NPM : 2113053222
Penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran tentunya menjadikan pembelajaran lebih menarik dan lebih konkrit. Pertanyaannya apakah penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran harus dibarengi dengan media lain, atau hanya menggunakan lingkungan saja sebagai sumber belajar. Dan jika lingkungan dijadikan sebagai satu-satunya sumber belajar dan media pembelajaran, apakah kegiatan belajar tetap berlangsung secara efektif?
In reply to Soviyani 2113053222
Re: Forum Diskusi Pertemuan-5
Nama : Seftiana Ambarwati
NPM : 2153053008
Menurut saya penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran itu hanya menggunakan lingkungan saja sudah cukup karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat.
Pembelajaran akan efektif, dengan menjadikan lingkungan sebagai media pembelajaran maka peserta didik akan turun langsung kepada masyarakat seperti mengamati dan bertanya. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih mudah memahami atau menguasai materi, karena peserta didik dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyarakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.
NPM : 2153053008
Menurut saya penggunaan lingkungan sebagai media pembelajaran itu hanya menggunakan lingkungan saja sudah cukup karena lingkungan dapat dijadikan media pembelajaran yang optimal untuk mencapai proses dan hasil pembelajaran, sebab peserta didik dapat mengetahui secara langsung keadaan yang sebenarnya, dan pembelajaran dapat menjadi lebih menarik, dengan begitu proses pembelajaran tidak akan membosankan. Pembelajaran dapat dilakukan dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah, serta dapat pula belajar dari peristiwa alam yang dialami oleh masyarakat.
Pembelajaran akan efektif, dengan menjadikan lingkungan sebagai media pembelajaran maka peserta didik akan turun langsung kepada masyarakat seperti mengamati dan bertanya. Dengan adanya praktek lapangan ini membuat para peserta didik dapat lebih mudah memahami atau menguasai materi, karena peserta didik dapat mengetahui keadaan yang sebenarnya di dalam masyarakat secara langsung, serta peserta didik dapat menambah pengalaman, dengan pengalaman peserta didik dapat lebih mudah untuk mengingat materi yang telah di dapat.
Nama : Alwan Naufal Akmaluddin
NPM : 2113053192
Bagaimana cara kita sebagai calon pendidik dalam menerapkan lingkungan sebagai media pembelajaran, supaya pembelajaran yang kita jalankan bisa kondusif dan berkesan bagi peserta didik?
NPM : 2113053192
Bagaimana cara kita sebagai calon pendidik dalam menerapkan lingkungan sebagai media pembelajaran, supaya pembelajaran yang kita jalankan bisa kondusif dan berkesan bagi peserta didik?
nama:Dwi pebria
npm:2153053009
izin menjawab:
Mengatur suasana kelas yang nyaman dan menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan pencahayaan, sirkulasi udara yang baik, suhu ruangan yang nyaman, serta dekorasi ruangan yang menarik dan sesuai dengan tema pembelajaran.
Menerapkan prinsip pembelajaran yang aktif dan partisipatif. Dalam hal ini, guru dapat mengajak siswa untuk terlibat dalam pembelajaran melalui diskusi, tanya jawab, presentasi, atau kegiatan lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam kelas.
Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Guru dapat mengajak siswa untuk melakukan kegiatan belajar di luar kelas seperti kunjungan ke museum, kebun binatang, atau tempat lain yang relevan dengan tema pembelajaran.
Menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi seperti proyektor, laptop, atau tablet dapat digunakan untuk menampilkan materi pembelajaran secara visual dan interaktif, sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran. Guru dapat mengajak siswa untuk melakukan kegiatan praktikum atau eksperimen di laboratorium, taman sekolah, atau area lain yang tersedia di lingkungan sekolah.
npm:2153053009
izin menjawab:
Mengatur suasana kelas yang nyaman dan menarik. Hal ini dapat dilakukan dengan memperhatikan pencahayaan, sirkulasi udara yang baik, suhu ruangan yang nyaman, serta dekorasi ruangan yang menarik dan sesuai dengan tema pembelajaran.
Menerapkan prinsip pembelajaran yang aktif dan partisipatif. Dalam hal ini, guru dapat mengajak siswa untuk terlibat dalam pembelajaran melalui diskusi, tanya jawab, presentasi, atau kegiatan lainnya yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam kelas.
Memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. Guru dapat mengajak siswa untuk melakukan kegiatan belajar di luar kelas seperti kunjungan ke museum, kebun binatang, atau tempat lain yang relevan dengan tema pembelajaran.
Menerapkan teknologi dalam pembelajaran. Teknologi seperti proyektor, laptop, atau tablet dapat digunakan untuk menampilkan materi pembelajaran secara visual dan interaktif, sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.
Memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai laboratorium pembelajaran. Guru dapat mengajak siswa untuk melakukan kegiatan praktikum atau eksperimen di laboratorium, taman sekolah, atau area lain yang tersedia di lingkungan sekolah.