setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-1, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini!
Forum Diskusi Pertemuan-4
Nama:Riska Mariana
NPM: 2113053207
Dari pengertian sumber belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi sumber belajar adalah mempermudah peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Lantas, jika pendidik memilih sumber belajar yang tidak sesuai dan menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai, hal apakah yang akan kalian lakukan sebagai calon pendidik?
NPM: 2113053207
Dari pengertian sumber belajar dapat ditarik kesimpulan bahwa fungsi sumber belajar adalah mempermudah peserta didik mencapai tujuan pembelajaran. Lantas, jika pendidik memilih sumber belajar yang tidak sesuai dan menyebabkan tujuan pembelajaran tidak tercapai, hal apakah yang akan kalian lakukan sebagai calon pendidik?
Nama : Soviyani
NPM : 2113053222
Izin menjawab pertanyaan dari Riska.
Kendala-kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan sumber belajar adalah keterbatasan waktu pembelajaran, akses ke sumber belajar yang masih sulit, serta informasi tentang sumber belajar yang masih sedikit. Masalah dalam pertanyaan riska dapat kita kelompokkan dalam masalah keterbatasan waktu pembelajaran dan informasi tentang sumber belajar yang masih sedikit. Keterbatan waktu pembelajaran bisa mengakibatkan guru tidak dapat memanfaatkan sumber belajar dengan optimal sehingga tercapainya tujuan pembelajaran akan terhambat, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh sedikitnya informasi tentang penggunaan sumber belajar.
Hal yang perlu dipersiapkan untuk mencegah terjadinya kendala tersebut adalah membuat desain pembelajaran berupa rpp dan silabus yang didalamnya memuat tujuan dari pembelajaran, metode, pendekatan, dan model pembelajaran. Jika sudah membuat desain berupa gambaran tersebut tentunya nanti guru akan terbayang pembelajaran seperti apa yang akan berlangsung serta sumber dan media apa yang dibutuhkan. Sumber belajar ini harus dicocokkan dengan materi yang akan dipelajari, apapun bentuknya dan berapapun harganya. Guru harus lah menguasai media dan sumber belajar yang baik dan mudah digunakan saat pembelajaran di kelas dimulai untuk membantu dalam penyampaian materi dengan baik agar siswa mampu menyerap materi dengan mudah. Dalam pernyataan tersebut jelas dipaparkan bahwa guru adalah seseorang yang harus menguasai media dan sumber belajar dengan baik. Oleh karena itu, sebelum guru memanfaatkan sumber belajar tersebut terlebih dahulu harus membekali diri dengan pengetahun tentang sumber belajar.
NPM : 2113053222
Izin menjawab pertanyaan dari Riska.
Kendala-kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan sumber belajar adalah keterbatasan waktu pembelajaran, akses ke sumber belajar yang masih sulit, serta informasi tentang sumber belajar yang masih sedikit. Masalah dalam pertanyaan riska dapat kita kelompokkan dalam masalah keterbatasan waktu pembelajaran dan informasi tentang sumber belajar yang masih sedikit. Keterbatan waktu pembelajaran bisa mengakibatkan guru tidak dapat memanfaatkan sumber belajar dengan optimal sehingga tercapainya tujuan pembelajaran akan terhambat, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh sedikitnya informasi tentang penggunaan sumber belajar.
Hal yang perlu dipersiapkan untuk mencegah terjadinya kendala tersebut adalah membuat desain pembelajaran berupa rpp dan silabus yang didalamnya memuat tujuan dari pembelajaran, metode, pendekatan, dan model pembelajaran. Jika sudah membuat desain berupa gambaran tersebut tentunya nanti guru akan terbayang pembelajaran seperti apa yang akan berlangsung serta sumber dan media apa yang dibutuhkan. Sumber belajar ini harus dicocokkan dengan materi yang akan dipelajari, apapun bentuknya dan berapapun harganya. Guru harus lah menguasai media dan sumber belajar yang baik dan mudah digunakan saat pembelajaran di kelas dimulai untuk membantu dalam penyampaian materi dengan baik agar siswa mampu menyerap materi dengan mudah. Dalam pernyataan tersebut jelas dipaparkan bahwa guru adalah seseorang yang harus menguasai media dan sumber belajar dengan baik. Oleh karena itu, sebelum guru memanfaatkan sumber belajar tersebut terlebih dahulu harus membekali diri dengan pengetahun tentang sumber belajar.
Nama: Yosa Elvita
Npm: 2113053154
Sering kali di sd yang jauh dari kota terdapat guru yang sudah senior tidak bisa menguasai media pembelajaran di dalam kelas, bahkan sama sekali tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajarannya. Pertanyaannya bagaimana mengatasi permasalahan tersebut? Dan apakah guru SD tersebut sudah efisien saat mengajar walaupun tidak menggunakan media pembelajaran?
Npm: 2113053154
Sering kali di sd yang jauh dari kota terdapat guru yang sudah senior tidak bisa menguasai media pembelajaran di dalam kelas, bahkan sama sekali tidak menggunakan media pembelajaran saat proses pembelajarannya. Pertanyaannya bagaimana mengatasi permasalahan tersebut? Dan apakah guru SD tersebut sudah efisien saat mengajar walaupun tidak menggunakan media pembelajaran?
Nama : Lutfi Aqrabah
NPM : 2113053293
Izin menjawab, Solusi bagi pendidik atau guru yang tidak bisa menggunakan media pembelajaran bisa dengan
1. Mengikuti pelatihan atau Diklat baik secara tatap muka maupun online.
2. Mengikuti seminar TIK dan sebagainya.
3. Dari pihak sekolah pun juga harus turut memberikan dukungan seperti melengkapi baik sarana dan prasarana. Karena sarana dan prasarana atau infrastruktur inilah yang dapat membantu dalam pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru.
Untuk pertanyaan yang kedua jika dikatakan sudah efisien ini kurang tepat. Karena pada dasarnya tujuan daripada media pembelajaran ini adalah untuk membantu murid atau peserta didik memahami tentang suatu konsep. Karena dengan penggunaan media pembelajaran ini peserta didik akan lebih paham dan selalu ingat dengan apa yang dipelajari atau disampaikan oleh guru di dalam kelas.
NPM : 2113053293
Izin menjawab, Solusi bagi pendidik atau guru yang tidak bisa menggunakan media pembelajaran bisa dengan
1. Mengikuti pelatihan atau Diklat baik secara tatap muka maupun online.
2. Mengikuti seminar TIK dan sebagainya.
3. Dari pihak sekolah pun juga harus turut memberikan dukungan seperti melengkapi baik sarana dan prasarana. Karena sarana dan prasarana atau infrastruktur inilah yang dapat membantu dalam pengembangan kompetensi dan profesionalisme guru.
Untuk pertanyaan yang kedua jika dikatakan sudah efisien ini kurang tepat. Karena pada dasarnya tujuan daripada media pembelajaran ini adalah untuk membantu murid atau peserta didik memahami tentang suatu konsep. Karena dengan penggunaan media pembelajaran ini peserta didik akan lebih paham dan selalu ingat dengan apa yang dipelajari atau disampaikan oleh guru di dalam kelas.
Nama : Dwi Susanti
NPM : 2113053062
izin bertanya diantara beberapa macam macam media pembelajaran yang sudah dijelaskan, menurut kelompok anda media pembelajaran yang seperti apa yang sering dipakai pendidik pada saat proses pembelajaran berlangsung didalam kelas yang memungkinkan akan meninggkatkan hasil beljar yang maksimal jelaskan.
NPM : 2113053062
izin bertanya diantara beberapa macam macam media pembelajaran yang sudah dijelaskan, menurut kelompok anda media pembelajaran yang seperti apa yang sering dipakai pendidik pada saat proses pembelajaran berlangsung didalam kelas yang memungkinkan akan meninggkatkan hasil beljar yang maksimal jelaskan.
Nama: Ferisa Nuriasyifa Hasan
NPM: 2113053123
Izin menjawab pertanyaan yang telah diajukan. Diantara banyaknya macam media pembelajaran, ada banyak jenis media yang dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran. Menurut kelompok kami, media yang paling efektif untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik yaitu diantaranya media yang menampilkan visual/gambar yang menarik bagi peserta didik, sehingga peserta didik antusias dalam melakukan proses pembelajaran. Seperti misalnya dengan guru menjelaskan materi sembari menampilkan slide power point, atau dengan bermain game virtual pada perangkat ponsel atau laptop yang sudah disediakan guru. Apalagi ketika ditambahkan dengan visual bergerak, bahkan ditambahkan audio. Contohnya seperti video pembelajaran, atau animasi terkait materi yang dipelajari.
Hal tersebut memungkinkan peserta didik lebih tertarik dibandingkan hanya dengan mendengarkan penjelasan guru juga membaca tulisan di papan tulis, buku, atau bahan bacaan yang cenderung membutuhkan fokus yang lebih dan membuat anak mudah merasa bosan. Dengan media tersebut anak dapat dengan mudah memahami materi karena sudah mendapatkan gambaran jelas dari apa yang sudah ditampilkan, dan bisa juga ikut berpartisipasi dalam bermain game mengenai materi yang diajarkan, sehingga dapat lebih mudah mengerti karena tidak hanya melihat atau mendengarkan namun juga mengalami dan melakukannya sendiri.
NPM: 2113053123
Izin menjawab pertanyaan yang telah diajukan. Diantara banyaknya macam media pembelajaran, ada banyak jenis media yang dapat membantu memaksimalkan proses pembelajaran. Menurut kelompok kami, media yang paling efektif untuk memaksimalkan hasil belajar peserta didik yaitu diantaranya media yang menampilkan visual/gambar yang menarik bagi peserta didik, sehingga peserta didik antusias dalam melakukan proses pembelajaran. Seperti misalnya dengan guru menjelaskan materi sembari menampilkan slide power point, atau dengan bermain game virtual pada perangkat ponsel atau laptop yang sudah disediakan guru. Apalagi ketika ditambahkan dengan visual bergerak, bahkan ditambahkan audio. Contohnya seperti video pembelajaran, atau animasi terkait materi yang dipelajari.
Hal tersebut memungkinkan peserta didik lebih tertarik dibandingkan hanya dengan mendengarkan penjelasan guru juga membaca tulisan di papan tulis, buku, atau bahan bacaan yang cenderung membutuhkan fokus yang lebih dan membuat anak mudah merasa bosan. Dengan media tersebut anak dapat dengan mudah memahami materi karena sudah mendapatkan gambaran jelas dari apa yang sudah ditampilkan, dan bisa juga ikut berpartisipasi dalam bermain game mengenai materi yang diajarkan, sehingga dapat lebih mudah mengerti karena tidak hanya melihat atau mendengarkan namun juga mengalami dan melakukannya sendiri.
Nama : Rohmi Illiyin
NPM : 2113053040
Izin bertanya, menurut kalian media pembelajaran apa yang efektif diterapkan bagi siswa kelas rendah di sekolah dasar terutama pada pembelajaran matematika, supaya mereka lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan?
NPM : 2113053040
Izin bertanya, menurut kalian media pembelajaran apa yang efektif diterapkan bagi siswa kelas rendah di sekolah dasar terutama pada pembelajaran matematika, supaya mereka lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan?
Nama : Danti Oktarina
NPM : 2113053223
Izin menjawab, siswa kelas rendah ini kan merupakan masa transisi pembelajaran dasar siswa jadi cenderung lebih memahami konsep yang konkret daripada abstrak. Sehingga diperlukan perhatian yang lebih mendalam dipembelajaran khususnya mempelajari materi matematika dan pengenalan cara yang mudah dalam memahami konsep dasar matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, bervariasi dan mudah dipahami oleh siswa. Media sempoa dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini.
Sempoa adalah singkatan dari Sistem Edukasi Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan. Mempelajari sempoa dapat mengaktifkan secara seimbang otak kanan dan otak kiri pada manusia. Melalui media sempoa diharapkan dapat memudahkan siswa dalam melakukan proses berhitung. Kecepatan siswa dalam menghitung angka meningkat dengan pesat dan jawaban yang didapatpun menjadi lebih akurat. Oleh sebab itu, penting untuk mengenalkan dan mempelajari penggunaan media sempoa sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika kelas rendah sekolah dasar.
Penggunaan media sempoa dalam pembelajaran matematika khususnya mengenai operasi penjumlahan bilangan bulat sangatlah bermanfaat. Selain membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media sempoa juga membuat siswa yang sebelumnya kurang tertarik dengan pembelajaran matematika karena terkesan sulit dan membosankan, setelah adanya penggunaan media sempoa siswa menjadi antusias untuk belajar dan dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika (Aripen, 2021) dalam (Wijayanti, 2022). Dapat disimpulkan bahwa media sempoa dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk berhitung sesuai dengan perkembangan kognitif anak kelas rendah. Namun ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan, Sempoa hanyalah sebuah alat. Perlu metode untuk mengoptimalkan manfaatnya. Untuk menjadi unggul dengan sempoa diperlukan ketekunan.
NPM : 2113053223
Izin menjawab, siswa kelas rendah ini kan merupakan masa transisi pembelajaran dasar siswa jadi cenderung lebih memahami konsep yang konkret daripada abstrak. Sehingga diperlukan perhatian yang lebih mendalam dipembelajaran khususnya mempelajari materi matematika dan pengenalan cara yang mudah dalam memahami konsep dasar matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik, bervariasi dan mudah dipahami oleh siswa. Media sempoa dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan ini.
Sempoa adalah singkatan dari Sistem Edukasi Mengoptimalkan Potensi Otak Kanan. Mempelajari sempoa dapat mengaktifkan secara seimbang otak kanan dan otak kiri pada manusia. Melalui media sempoa diharapkan dapat memudahkan siswa dalam melakukan proses berhitung. Kecepatan siswa dalam menghitung angka meningkat dengan pesat dan jawaban yang didapatpun menjadi lebih akurat. Oleh sebab itu, penting untuk mengenalkan dan mempelajari penggunaan media sempoa sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika kelas rendah sekolah dasar.
Penggunaan media sempoa dalam pembelajaran matematika khususnya mengenai operasi penjumlahan bilangan bulat sangatlah bermanfaat. Selain membantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Media sempoa juga membuat siswa yang sebelumnya kurang tertarik dengan pembelajaran matematika karena terkesan sulit dan membosankan, setelah adanya penggunaan media sempoa siswa menjadi antusias untuk belajar dan dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran matematika (Aripen, 2021) dalam (Wijayanti, 2022). Dapat disimpulkan bahwa media sempoa dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk berhitung sesuai dengan perkembangan kognitif anak kelas rendah. Namun ada beberapa hal yang tetap perlu diperhatikan, Sempoa hanyalah sebuah alat. Perlu metode untuk mengoptimalkan manfaatnya. Untuk menjadi unggul dengan sempoa diperlukan ketekunan.
Nama: Niken Maulidya
NPM: 2113053060
Izin bertanya, mengapa seorang guru perlu mempertimbangkan berbagai aspek dalam penggunaan media pembelajaran?
NPM: 2113053060
Izin bertanya, mengapa seorang guru perlu mempertimbangkan berbagai aspek dalam penggunaan media pembelajaran?
Nama : Lutfi Nada sagita
Npm : 2153053037
Izin menjawab pertanyaan dari Niken Maulidya. Jadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran tentunya seorang guru harus menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran,nah mengapa harus mempertimbangkan sumber belajar atau media pembelajaran ini, karena agar siswa itu dapat dengan mudah memahai materi yang disampaikan oleh guru dan selain itu juga agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik.
Npm : 2153053037
Izin menjawab pertanyaan dari Niken Maulidya. Jadi pada saat berlangsungnya proses pembelajaran tentunya seorang guru harus menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran,nah mengapa harus mempertimbangkan sumber belajar atau media pembelajaran ini, karena agar siswa itu dapat dengan mudah memahai materi yang disampaikan oleh guru dan selain itu juga agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik.
Nama :karina cahya utami
Npm :2113053217
Izin bertanya Apakah setiap mata pelajaran harus menggunakan media pembelajaran dan apakah media pembelajaran berpengaruh terhadap semangat belajar atau hasil belajar peserta didik
Nama: Ika Rahma Dewi
Npm : 2113053240
Izin menjawab pertanyaan Karina, Pada setiap proses pembelajaran tentunya seorang pendidik harus menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran agar peserta didik dapat dengan mudah memahai materi, Sebab kehadiran media sangat membantu peserta didik dalam memahami suatu konsep tertentu dalam pembelajaran
Dan juga Penggunaan media pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan semangat, hasil belajar peserta didik serta meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, karena media pembelajaran sangat mendukung dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang, terutama terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran.
Npm : 2113053240
Izin menjawab pertanyaan Karina, Pada setiap proses pembelajaran tentunya seorang pendidik harus menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran agar peserta didik dapat dengan mudah memahai materi, Sebab kehadiran media sangat membantu peserta didik dalam memahami suatu konsep tertentu dalam pembelajaran
Dan juga Penggunaan media pembelajaran merupakan faktor yang sangat penting untuk meningkatkan semangat, hasil belajar peserta didik serta meningkatkan motivasi siswa untuk belajar, karena media pembelajaran sangat mendukung dalam pengembangan ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang, terutama terhadap peserta didik dalam proses pembelajaran.