PENGERJAAN TUGAS

PENGERJAAN TUGAS

Number of replies: 58

1. TUGAS KELOMPOK: silahkan tuliskan summary pada kolom komentar di bawah.

2. TUGAS INDIVIDU: silahkan berikan tanggapan anda pada summary yang telah dituliskan oleh masing-masing kelompok dengan menekan 'reply'.

In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

by YOSA ELVITA -
Anggota Kelompok 2
1. Yosa Elvita 2113053154
2. Niken Maulidya 2113053060
3. Ihda Lailatul Barokah 2163053004
4. Silvira Syifa Sakila 2163053002
5. Seftiana Ambarwati 2153053008
6. Dwi Pebrian 2153053009
7. Anggi Damayanti 2113053297

Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah


Artikel tersebut membahas tentang pentingnya memanfaatkan website atau blog sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di sekolah menengah. Pembelajaran menulis dengan menggunakan metode konvensional seperti ceramah atau menuliskan di papan tulis seringkali membuat siswa mudah bosan atau mengantuk. Oleh karena itu, penggunaan website atau blog sebagai media pembelajaran dapat dijadikan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut.. Agar mudah digunakan oleh pendidik dan peserta didik, website atau blog perlu memperhatikan kemenarikan tampilan, kelengkapan rubrik, dan materi atau isi yang menyesuaikan dengan perkembangan jurnalistik. Dengan memanfaatkan website atau blog sebagai media pembelajaran, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan serta keterampilan guru dalam pembelajaran sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih berfariasi. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penelitian ini ialah metode ceramah untuk memberikan pemahaman dan penjelasan tentang memaksimalkan pengoperasian website, metode tanya jawab agar peserta dapat memperdalam materi yang diberikan.

Adapun hasil dari penelitian tersebut ialah Pemanfaatan Website atau Blog Sebagai Sumber Belajar. Website atau blog dapat digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Meskipun dapat digunakan sebagai sumber belajar, Saat menggunakan website atau blog, pendidik masih sering menghadapi kendala. kendala tersebut dikarenakan beberapa pendidik merasa sulit untuk bertindak dan memilih Website atau blog yang cocok untuk belajar. Kemudian terdapat beberapa pembekalan Untuk mengatasi kesulitan tersebut, sebagai berikut:
(1) Pendidik merencanakan untuk melakukan pembuatan website atau blog
(2) Pendidik membuat rencana desain, seperti rubrik dan ditampilkan di website atau blog,
(3) Pendidk mengunggah RPP, materi, tugas dan Media pembelajaran,
(4) Pendidik memperkenalkan dan mengajar siswa cara membuka situs web atau blog peserta didik.
Pengoptimalan pemanfaatan website atau blog sebagai sumber belajar juga akan memberikan manfaat bagi guru pendidik. Website atau blog sebagai sumber belajar membuat pendidik lebih kreatif dalam Membuat bahan untuk diberikan kepada peserta didiknya. Peserta didik dapat menggunakan website atau blog untuk belajar mandiri, selain itu juga peserta didik dapat mengakses website atau blog tersebut di luar sekolah atau mendapatkan pekerjaan rumah dari guru untuk membuka materi di website atau blog. Website atau blog juga bisa dijadikan sebagai literasi digital bagi para pendidik dan peserta didik. Hal tersebut dimaksudkan, agar pendidik dan peserta didik untuk menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran, terutama di zaman modern seperti saat ini. Serta meningkatkan budaya literasi digital di dunia pendidikan.
Kemudian untuk penyampaian materi penugasannya ialah melalui website atau blog dapat dilakukan kapan pun di dalam atau di luar kelas. Dengan pemanfaatan website atau blog guru dan peserta didik dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar lebih cepat dan praktis.
 
Selain itu juga kelompok kami mendapatkan referensi dari artikel jurnal yang berjudul “Pemanfaatan Website Sebagai Media Informasi Desa Melung”. Menurut (Nova Yohana dan Tantri Yazid, 2014) website dapat memberikan banyak keuntungan dan membantu proses penyampaian informasi. Website menjadi sarana komunikasi yang populer dan sudah seharusnya dapat diterapkan di pedesaan sebagai bentuk dari perkembangan teknologi di sektor terpencil.
Selain itu juga menurut Moore (2005:6-13) dalam artikel yang berjudul “Website sebagai Media Humas Sekolah” menyatakan bahwa perhatian pada karakter komunikan,pemipemilihan media yang tepat, dan ketepatan cara mengirimkan pesan adalah beberapa contoh komponen komunikasi yang selalu diperhatikan pada kegiatan humas. Kuiper dkk (2005:294-299) juga menegaskan perlunya memperhatikan beberapa aspek dalam merumuskan pesan dalam internet, antara lain karakteristik pengguna (prior knowledge, perilaku,gender, usia),karakter kebutuhan pengguna (sesuai dengan kepentingannya masing-masing), dan karakteristik sistem internet itu sendiri (tampilan, bahasa, kemudahan penggunaan).

Dari artikel yang telah kelompok kami baca dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan website sebagai sarana publikasi menjadi bagian yang penting bagi pendidik, peserta didik, dan sekolah. Selain sebagai media publikasi, website juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar menulis, dan pemberdayaan ekstrakurikuler jurnalistik oleh peserta didik SMA. Kemudahan akses website yang dapat diakses melalui handphone cukup mempermudah peserta didik dan pendidik. Kendala internet menjadi kendala bagi peserta didik yang tempat tinggalnya di daerah plosok, namun dapat diakses di sekolah. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan akses internet bagi masyarakat yang tinggal di daerah plosok agar mereka juga dapat memanfaatkan website sebagai sarana pembelajaran dan publikasi.

Referensi:
Nazhifah. (2022). “Pemanfaatan Website Sebagai Media Informasi Desa Melung”. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(10), 146-157. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/774
Utari,Rahmania.2013.Website sebagai Media Humas Sekolah.Vol 6, No 2 (2013). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DANTI OKTARINA -
Nama : Danti Oktarina
NPM : 2113053223
Kelas : 4 H
Kelompok 1 :

Disini saya ingin menanggapi dengan menambahkan atau mengulas sedikit terkait media pembelajaran website ini. Saya setuju bahwasanya memang penggunaan media ini akan lebih efektif untuk proses pembelajaran dan juga dirasa cukup simple dalam pemakaian mungkin dipandangan beberapa orang sehingga memudahkan. Selain itu pembelajaran menggunakan media ini akan dinilai lebih menarik oleh siswa yang selama ini hanya belajar melalui media yang sifatnya membosankan. Website ini bisa menjadi wadah mereka juga nantinya untuk mereka-mereka yang hobi menulis terutama. Media ini juga tentunya nanti akan dapat dimodifikasi semenarik mungkin, itulah yang menjadi salah satu keunggulan dari media ini menurut saya. Namun kita juga mengetahui bahwasanya tidak semua sekolah dapat menerapkan media tersebut karena terdapat beberapa kendala. Disamping dampak positif yang dirasa dapat menambah wawasan mereka terkait penggunaan gadget, ada juga dampak negatifnya yang pasti nantinya. Entah itu penyalahgunaan terhadap media tersebut atau yang lain. Biar demikian tetap saja menurut saya media ini akan sangat diperlukan sebagai asah kreatif pendidik nantinya dalam merancang media pembelajaran berupa website tersebut. Sebab mau tidak mau perkembangan jaman akan semakin pesat yang mana semua akan menggunakan teknologi-teknologi canggih. Hal inilah yang nantinya akan menjadi tantangan tersendiri untuk pendidik, terimakasih.
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Soviyani 2113053222 -
Nama : Soviyani
NPM : 2113053222
dari Kelompok 2
Izin memberi tanggapan. Penyampaian summary jurnal dari kelompok 2 sudah sangat baik. Meskipun berupa ringkasan, kelompok 2 mampu memberikan informasi secara mendetail. Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah ada perbedaan antara pemanfaatan website pada jenjang Sekolah Menengah Atas dengan Sekolah Dasar dari segi pemanfaatan sebagai media dan sumber belajar?
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by YOSA ELVITA -
Nama : Yosa Elvita
NPM: 2113053154
Kelompok 2

Terimakasih atas pertanyaan soviyani disini saya akan mencoba menjawabnya iya, ada perbedaan antara pemanfaatan website pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan Sekolah Dasar (SD) dari segi pemanfaatan sebagai media dan sumber belajar. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:

1. Tujuan pembelajaran: Pembelajaran di SMA lebih fokus pada mempersiapkan siswa untuk masuk ke perguruan tinggi atau dunia kerja. Oleh karena itu, website yang digunakan sebagai media dan sumber belajar di SMA biasanya lebih kompleks dan lebih mendalam, serta memiliki materi yang lebih spesifik. Sedangkan di SD, website yang digunakan lebih sederhana dan dirancang untuk membantu siswa memahami konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran.

2. Ketersediaan teknologi: Pada umumnya, SMA memiliki akses ke teknologi yang lebih baik dan lebih canggih daripada SD. Oleh karena itu, website yang digunakan di SMA biasanya lebih interaktif, dengan berbagai fitur dan animasi yang dapat memperkuat pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Di sisi lain, website yang digunakan di SD cenderung lebih simpel, dengan tampilan yang mudah dipahami oleh anak-anak.

3. Tingkat kebebasan siswa: Di SMA, siswa cenderung memiliki lebih banyak kebebasan untuk memilih materi pelajaran yang ingin dipelajari melalui website. Mereka juga lebih mampu mengembangkan keterampilan belajar mandiri. Di SD, website yang digunakan biasanya sudah ditentukan oleh guru dan kurikulum yang ada. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa siswa belajar tentang konsep dasar yang penting dan membangun fondasi yang kuat.

4. Cara penggunaan website: Di SMA, website yang digunakan biasanya lebih terfokus pada pembelajaran mandiri. Siswa dapat mempelajari materi sendiri dan melakukan tes atau latihan mandiri untuk menguji pemahaman mereka. Di SD, website yang digunakan cenderung lebih terfokus pada pengajaran yang dipandu oleh guru, dengan penggunaan website sebagai pendukung dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

Dalam kesimpulan, meskipun website bisa digunakan sebagai media dan sumber belajar di kedua jenjang pendidikan, penggunaannya pada setiap jenjang berbeda tergantung pada tujuan pembelajaran, ketersediaan teknologi, tingkat kebebasan siswa, dan cara penggunaan website tersebut.
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by IKA RAHMA DEWI -
Nama: Ika Rahma Dewi
Npm : 2113053240
Kelompok: 1

Izin menanggapi Penyampaian summary jurnal dari kelompok 2, menurut saya summary jurnal dari kelompok 2 sudah baik dan jelas bahwasanya pemanfaatan website sebagai sarana publikasi menjadi bagian sangat penting bagi pendidik, peserta didik, dan sekolah jadi perlu adanya upaya untuk meningkatkan akses internet bagi masyarakat yang tinggal di daerah plosok agar mereka juga dapat memanfaatkan website sebagai sarana pembelajaran dan publikasi.
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Ferisa Nuriasyifa Hasan -
Nama: Ferisa Nuriasyifa Hasan
NPM: 2113053123
Kelompok: 1

Izin menanggapi summary yang disampaikan oleh kelompok 2, isi dari summary sudah baik dan dapat dimengerti. Pada zaman serba digital seperti saat ini, tentunya pemanfaatan website sangat diperlukan. Terlebih website yang digunakan sebagai media promosi dan sumber belajar di sekolah, tentunya dapat membantu proses pembelajaran menjadi lebih efektif. Selain itu, dengan memanfaatkan website sebagai sumber belajar dapat memudahkan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, juga menambah variasi sumber belajar yang mungkin sebelumnya hanya ada beberapa menjadi lebih bervariasi.
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by LUTFI.AQRABAH21 LUTFI.AQRABAH21 -
Nama: Lutfi Aqrabah
NPM : 2113053293
Kelompok 1

Izin menanggapi dari kelompok 2. Dari tanggapan yang kelompok 2 berikan saya setuju bahwasanya memang benar dengan menggunakan media pembelajaran ini pembelajaran yang disampaikan akan lebih efisien.
Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah, yang merupakan judul daripada jurnal artikel yang dikaji oleh kelompok 2. Membahas mengenai pemanfaatan Website atau blog sebagai media pengembangan potensi peserta didik dalam menulis. Saya setuju jika ada beberapa sekolah yang mengarahkan peserta didiknya untuk lebih memanfaatkan teknologi pada zaman sekarang mengarah kearah yang positif seperti membuat tulisan, dsb. Dan adapun dijadikan sebagai sumber belajar ini juga bisa menjadi hal yang baik bagi peserta didik agar lebih banyak referensi dan tidak terpatok hanya dengan isi didalam buku. Misalnya melihat contoh contoh yang berkaitan dengan materi yang disampaikan oleh guru didalam kelas.
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by LUTFI NADA SAGITA -
Nama : Lutfi Nada Sagita
Npm : 2153053037
Kelas : 4H

Summary jurnal yang anda sampaikan menurut saya sudah bagus dan dapat dipertanggung jawabkan karna sudah melalui jurnal" lainnya pula,namun pertanyaan saya apakah website atau blok ini dapat digunakan oleh anak sekolah dasar,karna yang dapat kita ketahui bahwa anak sekolah dasar apalagi kelas rendah belum mengerti atau belum paham dengan penggunaan internet dengan baik dan benar
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Kukuh Santoso -
Nama : Kukuh Santoso
NPM : 2113053179
Kelompok 1

Izin menanggapi summary jurnal dari kelompok 2. Secara keseluruhan sumary yang dilakukan kelompok 2 sudah baik, poin-poin yang dicantumkan dapat dipahami sehingga pembaca menangkap dengan jelas inti dari apa yang disampaikan jurnal tersebut. Terkait isi saya cukup setuju mengingat sumber belajar saat ini sangat banyak, tidak lagi hanya berasal dari guru yang menyampaikan di depan kelas tetapi salah satu yang dapat dimanfaatkan ialah website. Pemanfaatan website ini memang dapat memberikan dampak yang positif bagi peserta didik, salah satunya menumbuhkan kembali motivasi belajar peserta didik karena mereka mendapatkan materi dari sumber belajar yang menarik mengingat peserta didik sekarang banyak berkutat pada device mereka. Sangat diharapkan juga peningkatan motivasi belajar tersebut dapat sejalan dengan peningkatan hasil belajarnya.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Muhammad Rizal Habib -

ANALISIS JURNAL

 

 

Penulis :

1. Muhammad Rizal Habib    ( 2113053135 )

2. Anggita Sari ( 2113053134 )

3. Dwi susanti ( 2113053062 )

4. Sherly Safta Rifa ( 2113053142 )

5. Sarah Handayani ( 2113053228 )

6. Risa trividia utari ( 2113053244 )

7. Elni arrahma ( 2113053035 )

8. Karina cahya utami ( 2113053217 )

 

Kelas              : 4H

Kelompok       : 5

Mata Kuliah   : Pengembangan Media dan Sumber Belajar SD

Dosen                         : Alif Lutfi Azizah , M.Pd

 

 

PENGGUNAAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DARI ALAM SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

 

ABSTRAK

Penelitian yang berjudul penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pembelajaran matematika ini bertujuan sebagai pemaparan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika serta pemaparan kelebihan dan kekurangan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika, dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dan dengan analisis data dilakukan dengan analisis Descriptive kualitatif untuk mengikuti alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan dan terus menurus selama proses pengumpulan data.

 

PENDAHULUAN

Kualitas pendidikan di Indonesia masih sangat memprihatinkan dalam hal pemerataan kualitas pendidikan yang diterima oleh peserta didik. keprihatinan tersebut dapat dilihat dari bagaimana kualitas pendidikan yang sangat berbeda antara pendidikan di kota dan juga di daerah terpinggir. Perbedaan ini disebabkan oleh perbedaan dari hal tenaga pendidik hingga sarana dan prasarana pendukung kegiatan pendidikan. seorang pendidik yang mengajar di sekolah yang memiliki kecerdasan sarana dan prasarana sarana harus memiliki kreativitas dalam melakukan proses pembelajaran yang dapat berdampak pada hasil yang efektif dan efisien, di mana kreativitas tersebut dapat diterapkan pada penggunaan media pembelajaran. Dalam hal ini pada mata pelajaran matematika pendidik harus dapat mengkonkretkan materi-materi matematika yang abstrak. Media pembelajaran dapat berupa lingkungan sekitar atau lain sebagainya. Penggunaan lingkungan sekitar sebagai media adalah salah satu solusi yang dapat diterapkan oleh para pendidik yang mengajar di daerah terpinggir.

 

METODE

Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan penelitian kualitatif, karena penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami fenomena sosial melalui

gambaran yang menyeluruh dan memperbanyak pemahaman yang mendalam mengenai penelitian yang akan di teliti, kesimpulan yang diambil dari penelitian ini juga bersifat induktif atau kesimpulan dapat diambil apabila pengamatan sudah selesai dilaksanakan, latar penelitian bersifat natural (apa adanya). Strategi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur penelitian studi kasus. Menggunakan prosedur penelitian studi kasus dapat mempermudah peneliti dalam menyelesaikan penelitian. Terdapat 4 tahapan dalam penelitian ini yaitu, Tahap Perencanaan, Tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap evaluasi-refleksi.

 

HASIL OBSERVASI

Berdasarkan  hasil observasi guru menjelaskan konsep  dasar menghitung volume pada bangun ruang dengan penggunaan media belajar dari alam sekitar. Awal pembelajaran siswa mengalami kesulitan dan bingung. Guru mengatasi kesulita siswa dengan memberikan contoh dengan mendemontrasikan tata cara penggunaan media dari alam sekitar.Kendala saat proses pembelajaran beberapa siswa melakukan aktifitas diluar proses pembelajaran, seperti bermain dan berlari kesana kemari. Siswa yang melenceng dari proses pembelajaran dapat diatasi oleh guru dengan mengambil perhatian siswa tersebut dengan menunjukkan sesuatu yang menarik dari apa yang dilakukan oleh siswa-siswa yang lain.

 

HASIL WAWANCARA

hasil jawaban guru:

Persiapan yang dilakukan oleh guru ternyata membutuhkan waktu yang tidak singkat, karena ada beberapa yang harus dipertimbangkan seperti apa yang diungkapkan oleh guru yaitu “Sejak seminggu yang lalu, karena saya harus mempertimbangkan dan menentukan bahan-bahan apa saja yang bisa saya gunakan dalam pembebelajaran ini.

 

beberapa kendala yang dialami guru adalah keterbatasan bahan ajar dilingkungan sekitar Masalah yang lain yaitu ada beberapa siswa yang melakukan aktifitas yang keluar dari skenario pembelajaran yang telah dibuat oleh guru.

namun masalah tersebut sudah bisa di atasi. Perbedaan pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan media belajar dari buku dengan pembelajaran di luar kelas dengan menggunakan sumber belajar dari alam sekitar yaitu perbedaan pada kondisi psikis siswa yang lebih antusias dan bersemangat dalam melakukan proses pembelajaran dari pada pembelajaran di dalam kelas yang sudah jenuh dan membosankan.

 

hasil jawaban siswa:

ada hal yang di keluhkan siswa saat proses pembelajaran salah satunya faktor cuaca seperti hujan.

PEMBAHASAN

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, guru dan siswa merasakan efektifitas penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pemahaman isi materi yang diajarkan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya semangat belajar dan antusias siswa yang tinggi ketika berada pada lingkungan diluar kelas. Namun ada kendala yang terjadi juga, yaitu ketika siswa melakukan kegiatan diluar dari kegiatan pembelajaran. Selain itu juga kendala yang dihadapi guru dalam mempersiapkan pembelajaran yang menggunakan media dan sumber belajar dari alam sekitar yaitu persiapan yang cukup lama dan kendala keterbatasan media yang ada dilingkungan sekitar, namun hal tersebut dapat diatasi dengan memanipulasi lingkungan sekitar.

 

KESIMPULAN

kesimpulan yang dapat diambil dari artikel penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pembelajaran matematika terdapat kelemahan dan kekuatan sendiri bagi peserta didik ataupun pembelajaran matematika tersebut didalam kelas. oleh karena itu seorang pendidik harusnya lebih cermat dan lebih kreatif lagi dalam menggunakan media belajar agar pembelajaran yang diikuti oleh peserta didik tidak bosan dan lebih menarik sehingga agar menghasilkan proses pembelajaran secara maksimal khususnya pada pembelajaran matematika itu sendiri. penggunaan media dan sumber belajar tentunya agar membantu pendidik agar berjalannya dengan baik proses pembelajaran tersebut serta membantu peserta didik agar lebih paham lagi mengenai materi yang sedang disampaikan

 

 


In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Alwan Naufal A -
Nama : Alwan Naufal Akmaluddin
NPM : 2113053192
Kelompok : 5
Summary pada kelompok 5 yang berjudul tentang “PENGGUNAAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DARI ALAM SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA”
Menjelaskan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pembelajaran matematika ini bertujuan sebagai pemaparan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika serta pemaparan kelebihan dan kekurangan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran matematika, dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara dan dengan analisis data dilakukan dengan analisis Descriptive kualitatif untuk mengikuti alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan dan terus menurus selama proses pengumpulan data.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by IIN KURNIAWATI -
Kelas : 4H
Npm :2113053086

Izin menanggapi mengenai mengenai summary kelompok 5 yang berjudul "Penggunaan Media dan Sumber Belajar Dari Alam Sekitar Dalam Pembelajaran"
Dalam artikel yang dibahas tersebut menjelaskan tentang efektivitas penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar yang dibuktikan dengan adanya semangat belajar dari peserta didik yang tinggi ketika berada di lingkungan luar kelas. Tetapi selain itu juga ada kendala yang dialami yaitu ketika siswa melakukan kegiatan diluar dari kegiatan pembelajaran dan adapun kendala dari gurunya sendiri yaitu adanya persiapan yang cukup lama dalam penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Lulu Rohmatun -
Nama : lulu rohmatun nazilah
Npm : 2113053198

Izin memberi tanggapan kepada kelompok 5, bahwasanya ada hal yang ingin saya tanyakan pada pembahasan yaitu dijelaskan bahwa dalam penggunaan media yang memanfaatkan lingkungan itu butuh persiapan yang lama dan kendala lainnya tetapi pendidik dapat mengatasinya dengan memanipulasi lingkungan sekitar, nah lalu seperti apa contoh dari manipulasi lingkungan itu sendiri?
In reply to Lulu Rohmatun

Re: PENGERJAAN TUGAS

by YOSA ELVITA -
Nama: Yosa Elvita
NPM: 2113053154
Kelompok 2

Izin menjawab dari pertanyaan Lulu Rohmatun Nazilah yaitu Contoh dari manipulasi lingkungan dalam pembelajaran adalah seperti mengubah tata letak kelas atau ruang belajar sehingga lebih menarik dan dapat mendorong kreativitas siswa. Misalnya, menambahkan dekorasi, gambar, atau poster yang terkait dengan topik pembelajaran. Selain itu, penggunaan alat bantu seperti proyektor atau layar interaktif juga dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, pendidik juga dapat memanipulasi lingkungan luar kelas, misalnya dengan mengadakan kegiatan pembelajaran di luar ruangan atau melakukan kunjungan lapangan yang terkait dengan topik pembelajaran. Dengan memanipulasi lingkungan secara kreatif, pendidik dapat menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan efektif untuk proses pembelajaran siswa.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by HARTATI MUKTI -
Nama : Hartati Mukti
NPM   : 2113053131
Kelompok : 4
Dari hasil resume mengenai artikel yang telah dipaparkan, menurut kelompok kalian bagaimana cara memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan mata pelajaran untuk peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran ?
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DWI SUSANTI -
izin menjawab menurut saya cara memilih media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan mata pelajaran untuk peserta didik agar tercapainya tujuan pembelajaran yaitu yang paling utama dalam pemilihan media pembelajaran harus menarik dan kreatif agar para peserta didik tidak bosan dalm mengikuti pembelajaran, kemudian media yang digunakan harus jelas dan rapi serta media yang dipilih sesuai dengan materi yang sedang dipelajari atau dibahas.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by NAFISA KHIRA -
Nama : Nafisa Khira
NPM : 2113053172

Izin bertanya kepada kelompok 5, berdasarkan summary artikel di atas disebutkan bahwa penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar diterapkan pada materi menghitung volume bangun ruang, lantas bagaimana dengan materi matematika yang lain?
Apakah penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dapat diaplikasikan juga pada materi matematika yang lainnya selain materi menghitung volume bangun ruang?
In reply to NAFISA KHIRA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by RISA.TRIVIDIA21 RISA.TRIVIDIA21 -
Nama : Risa trividia utari
Npm : 2113053244
Keompok : 5

Izin menjawab, mengenai apakah penggunaan media dan sumber belajar dari alam dapat diaplikasikan selain pada materi menghitung volume bangun ruang? jawabanya menurut saya tidak semua konsep matematika dapat dikaitkan dengan menggunaan media dan sumber belajar yang berkaitan dengan alam sekitar tetapi kita dapat menggantikannya dengan benda yang lebih baik misalnya dengan bahan bekas selain harganya murah, mudah didapat dan dapat mengurangi jumlah sampah agar mengurangi pencemaran lingkungan alam contoh bendanya misalnya gelas aqua,lidi,kardus bekas dll, digunakan sebagai konsep pembelajaran matematika berhitung khususnya yang dapat diajarkan pada kelas rendah.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DESTIA RUSMIATI -
Nama : Destia Rusmiati
Npm : 2113053068
Kelompok : 4

Izin bertanya untuk kelompok 5
Berdasarkan hasil observasi guru menjelaskan konsep dasar menghitung volume pada bangun ruang dengan penggunaan media belajar dari alam sekitar , kemudian Awal pembelajaran siswa mengalami kesulitan dan bingung. Tetapi Guru mengatasi kesulitan siswa dengan memberikan contoh dengan mendemontrasikan tata cara penggunaan media dari alam sekitar, pertanyaan nya bentuk contoh seperti apakah yang diberikan guru mengenai tata cara penggunaan media dari alam sekitar tersebut?
In reply to DESTIA RUSMIATI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DWI SUSANTI -
Izin menjawab, penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pembelajaran matematika untuk volume dan bangun ruang, tentunya ada kelebihan dan kelemahan tersendiri, menurut saya semua itu tergantung kepada metode yang diajarkan oleh guru kepada siswa nya, dengan penggunaan metode yang menarik maka siswa dalam pembelajaran matematika akan membuat siswa tersebut mudah dalam mempelajari nya serta dapat membuat siswa senang contohnya guru memberikan metode diluar lingkungan sekitar contohnya seperti mengajak para siswa untuk belajar dilingkungan sekitar dengan mengajak mengukur sebuah benda untuk menghitung volume tersebut melalui suatu ruang/benda.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by GALATIA GALUH IVANKA 2113053039 -
Izin menanggapi mengenai mengenai summary kelompok 5 yang berjudul "Penggunaan Media dan Sumber Belajar Dari Alam Sekitar Dalam Pembelajaran"
Dalam artikel yang dibahas tersebut menjelaskan tentang efektivitas penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar yang dibuktikan dengan adanya semangat belajar dari peserta didik yang tinggi ketika berada di lingkungan luar kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, guru dan siswa merasakan efektifitas penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pemahaman isi materi yang diajarkan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya semangat belajar dan antusias siswa yang tinggi ketika berada pada lingkungan diluar kelas. Tetapi selain itu juga ada kendala yang dialami yaitu ketika siswa melakukan kegiatan diluar dari kegiatan pembelajaran dan adapun kendala dari gurunya sendiri yaitu adanya persiapan yang cukup lama dalam penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DINDA ARISANIA -
Nama : Dinda Arisania
Npm : 2153053021
Kelas : 4 H
Kelompok: 4

Izin memberikan tanggapan sumarry kelompok 5 yang berjudul "Penggunaan Media dan Sumber Belajar Dari Alam Sekitar Dalam Pembelajaran" yang menjelaskan tentang penggunaan media dan sumber belajar dalam pembelajaran matematika yang bertujuan untuk pemaparan penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar pada guru mata pelajaran tersebut (matematika). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, guru dan siswa merasakan efektifitas penggunaan media dan sumber belajar dari alam sekitar dalam pemahaman isi materi yang diajarkan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya semangat belajar dan antusias siswa yang tinggi ketika berada pada lingkungan diluar kelas. Namun ada kendala yang terjadi juga, yaitu ketika siswa melakukan kegiatan diluar dari kegiatan pembelajaran.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Soviyani 2113053222 -
KELOMPOK 1
1. Kukuh Santoso (2113053179)
2. Lutfi Aqrabah (2113053293)
3. Soviyani (2113053222)
4. Lutvi Nada Sagita (2153053037)
5. Ferisa Nurasyifa Hasan (2113053123)
6. Ika Rahma Dewi (2113053240)
7. Danti Oktarina (2113053223)

IDENTITAS JURNAL:
Eny Munisah. 2020. Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Jurnal Elsa, 18(1), 24-32.

PENDAHULUAN:
Latar Belakang
Peranan media pembelajaran dalam proses belajar dan mengajar merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Kecakapan guru dan tenaga kependidikan lain dalam mengelola dan memanfaatkan media pembelajaran dapat mencegah terjadinya aktivitas belajar mengajar yang bersifat verbal (artinya siswa dapat menyebutkan kata-kata, tetapi tidak mengerti arti/maksud kata tersebut). Guru harus mampu mengelola media pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat diberdayakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai menggunakan komponen pembelajaran yang ada disekolah. Kepala sekolah sebagai salah satu komponen utama proses manajerial sekolah berfungsi sebagai pelopor di sekolah tersebut. Sehingga diharapkan dapat menciptakan budaya sekolah yang kondusif dan mampu memotivasi para guru untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme kerjanya dengan mengembangkan seluruh komponen pembelajaran secara maksimal, termasuk di dalamnya pengelolaan dan penggunaan media dalam pembelajaran.

MEDIA PEMBELAJARAN
a. Pengertian Media Pembelajaran
Media menunjukkan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat penerima pesan. Dengan kata lain medium (jamak, media) merupakan perantara komunikasi yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.
Rahardi (2013) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah istilah sumber belajar. Sumber belajar adalah segala daya yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan proses belajar mengajar baik secara langsung maupun tidak langsung. Begitu banyaknya konsep yang berhubungan erat dengan media pembelajaran seperti media pendidikan, sumber belajar, alat peraga, alat bantu belajar, sehingga dalam penulisan ini lebih menekankan pada media pembelajaran yang berupa media audio, visual, audio visual, dan media lain selain pembukuan yang di Sekolah Dasar biasanya dikelola dalam kegiatan perpustakaan sekolah. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan media pembelajaran merupakan media yang menyampaikan pesan atau informasi yang memuat maksud atau tujuan pembelajaran.

b. Klasifikasi Media
Dalam sumber lain, kami menemukan klasifikasi media pembelajaran menurut Leshin, Pollock & Reigeluth yang dikutip dalam (Arsyad, 2006) adalah :
a. Media berbasis manusia (guru, instruktur, tutor, main-peran, kegiatan kelompok, field-trap)
b. Media berbasis cetak (buku, penuntun, buku latihan (zvorkbook), alat bantu kerja, dan lembaran lepas);
c. Media berbasis visual (buku, alat bantu kerja, bagan, grafik, peta, gambar, transparansi, slide);
d. Media berbasis audio-visual (video, film, program slide-tape, televisi);
e. Media berbasis komputer (pengajaran dengan bantuan komputer, interaktif video, hypertext).
Pengelompokkan media sebagaimana disebutkan di atas bermacam-macam, pada dasarnya pengelompokkan tersebut bertujuan untuk memberi krmudahan para pengguna media dalam memanfaatkan media dan bagi para petugas.

c. Karakteristik Media
Sudjana (2012) berpendapat bahwa berikut ini adalah beberapa jenis media yang lazim dipakai dalam kegiatan belajarmengajar khususnya di sekolah dasar, diantaranya adalah:
1) Media grafis; gambar, diagram, peta dan globe.
2) Media audio; radio, alat perekam pita magnetik, laboratorium bahasa.
3) Media proyeksidiam; film bingkai, film rangkai, transparansi, mikrofis, film, permainan dan simulasi.

d. Manfaat Media
Secara umum manfaat media dalam pembelajaran adalah memperlancar interaksi guru dan siswa, dengan maksud untuk membantu siswa belajar secara optimal. Berikut ini adalah ringkasann manfaat media berdasarkan pendapat Hamalik yang kami kurip dari jurnal.
Hamalik (2014) media dapat digunakan untuk kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
1) Menarik perhatian
2) Mengingat kembali apa yang siswa pelajari
3) Menyampaikan tujuan kepada siswa
4) Menyampaikan isi/materi pelajaran baru
5) Mendukung pembelajaran melalui contoh dan perluasan pandangan.
6) Mendapatkan respon siswa
7) Mendapatkan feedback/umpan balik
8) Meningkatkan ingatan dan transfer
9) Menilai kinerja

METODE PENELITIAN:
Peneliti tidak mencantumkan metode penelitian, tetapi jika dilihat dari hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitiannya. Metode kualitatif merupakan metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam. Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Menurut Moleong (2017:6) penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian seperti perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.

PEMBAHASAN:
a. Konsep Pengelolaan
Pengelolaan bisa disebut dengan management yang merupakan proses merencanakan,mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya agar tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efesien. Fattah (2010) menyatakan setidaknya ada 4 fungsi dalam manajemen yaitu:
1. Perencanaan (planing)
2. Pengorganisasian (organizing)
3. Pengarahan (directing)
4. Pengendalian (controlling)

b. Proses Pengelolaan
Mulyasa (2013) berpendapat bahwa pengelolaan media pembelajaran merupakan bagian integral pengelolaan sekolah. Sehingga, kami meringkas proses pengelolaan media pembelajaran tersebut secara garis besar meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengelolaan, dan evaluasi terhadap pengelolaan media pembelajaran.

KESIMPULAN
Pengelolaan media pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Adapun indikator yang harus diperhatikan dalam pengelolaan media pembelajaran khusus di Sekolah Dasar adalah:
1) Perencanaan media pembelajaran merupakan bagian integral dari program sekolah untuk itu perlu melibatkan seluruh komponen sekolah, baik personal intern maupun ekstern sekolah, diharapkan penyusunan program media dapat berjalan searah dengan program pembelajaran yang telah dibuat sehingga dapat memberi kontribusi positif terhadap pembelajaran.
2) Proses pengelolaan media pembelajaran harus berjalan seiring dengan program sekolah, perlu dibentuk kepengurusan/ pengelola media pembelajaran di SD yang bertanggung jawab dalam mengadministrasian semua kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan media pembelajaran.
3) Pemahaman dan pengetahuan tentang pengelolaan media penting bagi petugas dalam merencanakan program media, pengklasifikasian media, pengelompokkan media berdasarkan kondisi sekolah masing-masing atau berdasarkan mata pelajaran tertentu agar media dapat digunakan secara optimal di dalam kelas maupun di tempat penyimpanan.
4) Monitoring/pengawasan hendaknya dilakukan secara terprogram oleh kepala sekolah dan personil pada instansi terkait dari dinas di tingkat kecamatan dan kabupaten diharapkan sebagai bahan masukan peningkatan pengembangan pengelolaan media pembelajaran pada tahun berikutnya.


Arsyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud, (2011). Penyelenggaraan Pendidikan di SD. Jakarta: Depdagri, Ditjen Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah.
Kemendikbud. HAKIKAT, FUNGSI, MANFAAT MEDIA DAN SUMBER BELAJAR. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/29291/mod_resource/content/5/Hakikat%2C%20Fungsi%20dan%20Manfaat%20Media.pdf.
Rahardi Aristio, (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan.


In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Muhammad Rizal Habib -
Nama : Muhammad Rizal Habib
NPM : 2113053135
Kelas : 4H

Kelompok 1 yang membahas mengenai Media Pembelajaran. Yang mana Media menunjukkan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat penerima pesan. Dengan kata lain medium merupakan perantara komunikasi yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.
In reply to Muhammad Rizal Habib

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Soviyani 2113053222 -
Izin menjawab
Film, televisi, diagram, foto, radio, rekaman audio, gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan cetakan, komputer, dan sejenisnya adalah contoh media komunikasi yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat penerima pesan. Beberapa media yang sudah saya sebutkan tadi berperan untuk membawa pesan-pesan atau informasi materi yang akan disampaikan oleh pengirim pesan sehingga mampu menyampaikan tujuan instruksional yang mengandung maksud-maksud pembelajaran, maka media itu dapat disebut sebagai media pembelajara.
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by ANGGITA SARI 2113053134 -
Nama: Anggita Sari
NPM: 2113053134
Izin memberi tanggapan, menurut saya summary yang dibuat oleh kelompok 1 sudah sangat mudah dipahami, dimana artikel yang di bahas yaitu mengenai pengelolaan media pembelajaran di sekolah dasar, media pembelajaran itu banyak sekali jenisnya dan pengklasifikasiannya selain itu manfaat media pembelajaran juga sangat banyak guna membantu siswa belajar secara optimal. proses pengelolaan nya sendiri meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pengelolaan, dan evaluasi terhadap pengelolaan media pembelajaran
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by KARINA CAHYA UTAMI 2113053217 -
Nama : karina cahya utami
Npm: 2113053217
Kelas : 4H
Izin menanggapi mengenai mengenai summary kelompok 1 yang berjudul " Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar". media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga menarik atau merangsang pikiran,perasaan, dan minat penerima pesan. Proses pengelolaan media pembelajaran melalui perencanaan,pengorganisasian,pelaksanaan, dan evaluasi.
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by RISA.TRIVIDIA21 RISA.TRIVIDIA21 -
Nama : Risa trividia utari
Npm : 2113053244
izin menanggapi artikel yang telah kelompok 1 summary, izin bertanya bahwa telah dipaparkan oleh salah satu tokoh yaitu Sudjana yang menggemukakan terdapat 3 jenis media yang lazim digunakan, pertanyaan dari ketiga jenis media pembelajaran tersebut mana yang paling cocok untuk siswa sekolah dasar kelas rendah?
In reply to RISA.TRIVIDIA21 RISA.TRIVIDIA21

Re: PENGERJAAN TUGAS

by IKA RAHMA DEWI -
Nama: Ika Rahma Dewi
Npm : 2113053240

Izin menjawab, menurut pendapat saya Gambar merupakan contoh media pembelajaran yang cocok untuk anak SD tingkat rendah. Media ini akan membuat siswa lebih kreatif dan imajinatif. Siswa dapat mendapatkan visual dari materi secara jelas sehingga akan lebih mudah untuk dipahami.Contoh media gambar yang bisa digunakan untuk pembelajaran adalah foto, sketsa, poster, dan lukisan.
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by SHERLY.SAFTA21 SHERLY.SAFTA21 -
Nama: Sherly Safta Rifa
Npm: 2113053142

Izin menanggapi mengenai mengenai summary kelompok 1 yang berjudul " Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar". Media Pembelajaran
Media menunjukkan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat penerima pesan. Atau dapat dikatakan juga sebagai perantara komunikasi yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by ELNI.ARRAHMA21 Elni arrahma -
Nama: Elni arrahma
Npm: 2113053035

Izin menanggapi summary kelompok 1 yang berjudul pengelolaan madia belajar sekolah dasar. Dari hasil yang saya baca bahwasanya media pembelajaran adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam peningkatan mutu pendidikan maka perlu adanya indikator yang di perhatikan dalam pembuatan media pembelajaran. Media pembelajaran bermanfaat untuk memperlancar komunikasi antara peserta didik dan pendidik supaya tercipta pambelajaran yg optimal.
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by SARAH HANDAYANI -
Nama: Sarah Handayani
NPM: 2113053228
Izin menanggapi mengenai summary dari kelompok 1 yang berjudul Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Dari hasil yang saya baca, dalam pembelajaran media bermanfaat memperlancar interaksi guru dan siswa, dengan maksud untuk membantu siswa belajar secara optimal. Dan pengelolaan media pembelajaran sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan
In reply to Soviyani 2113053222

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DWI SUSANTI -
Nama : Dwi Susanti
NPM : 2113053062
izin menanggapi mengenai summary kelompok 1 yang berjudul " Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar". media pembelajaran khususnya pada sekolah dasar sangat membantu para pendidik untuk meningkatan kualitas pembelajaran serta memaksimalkan peserta didik untuk mengerti lebih paham lagi mengenai materi pelajaran yang sedang dibahas didalam kelas. selain itu juga media pembelajaran sekolah dasar memiliki manfaat baik bagi pendidik ataupun peserta didik dsalah satu contohnya saja untuk mengoptimalkan peserta didik dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

by HARTATI MUKTI -
SUMMARRY ARTKEL
“MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPS BAGI ANAK USIA SD/MI”
Oleh Uswatun hasanah

Kelompok 4 :
1. Lulu rohmatun nazilah 2113053198
2. Iin Kurniawati 2113053086
3. Galatia Galuh Ivanka 2113053039
4. Dinda Arisania 2153053021
5. Hartati Mukti 2113053131
6. Alwan Naufal Akmaluddin 2113053192
7. Destia Rusmiati 2113053068

Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran akan menambah semangat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Pendidik merupakan individu yang manpu melaksanakan tindakan mendidik dalam satu situasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Sedangkan peserta didik adalah anak yang sedang tumbuh dan berkembang baik ditinjau dari segi fisik maupun segi perkembangan mental yang memiliki pembawaan yang berlainan. Karena itu pendidik wajib senantiasa berusaha untuk mengetahui pembawaan masing-masing anak didiknya, agar layanan pendidikan yang diberikan sesuai dengan keadaan pembawaan masing-masing. (Septian Aji Permana, 2016:10).

Salah satu kompetensi penting bagi guru, yaitu menguasai model-model pembelajaran sebagai sarana untuk mendorong keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Guru tidak bisa lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi bagi kegiatan pembelajaran para siswa oleh karena itu guru membutuhkan media yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber informasi alternatif.

Media merupakan penyalur informasi belajar atau penyalur pesan (Djamarah & Zain, 2006 : 120). Secara umum media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari sumber informasi kepadsa penerima informasi. Hal ini juga berlaku pada proses pembelajaran yang pada dasarnya juga disebut sebagai proses komunikasi, sehingga media yang digunakan dalam pembelajaran disebut dengna media pembelajaran. Media belajar merupakan salah satu faktor keberhasilan belajar, karena dengan adanya media akan membuat peserta didik termotivasi serta terlibat aktif dalam pembelajaran, selain itu juga dengan adanya media pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Manfaat lain media pembelajaran yaitu untuk memperjelas suatu informasi, karena biasanya jika pembelajaran hanya disampaikan secara lisan saja kurang dipahamai sepenuhnya oleh peserta didik ditambah pula jika penididk kurang terampil menyampaikannya. Tapi terkadang media diartikan sebagai sandaran utama dalam proses pembelajaran konvensional yaitu proses dimana pusat pembelajaran hanya satu yaitu pendidik yang menyampaikan pembelajaran di depan peserta diidk, sehingga peserta didik hanya menyimak saja penjelasan pendidik, hal ini kurang efektif jika terus menerus diterapkan, harapannya semakin maju teknologi informasi, maka semakin maju pula strategi pembelajaran di lembaga pendidikan.

Media adalah suatu perangkat perantara yang digunakan untuk menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima pesan. Media berasal dari bahasa latin merupakan bentuk jamak dari "Medium" yang secara harfiah berarti "Perantara" atau "pengantar yaitu perantara atau pengantar sumber pesan kepada penerima pesan.
Ada beberapa pendapat kaitannya dengan penggunaan media pembelajaran yaitu:
a) Jerome Bruner. Mengemukakan bahwa dalam proses pembelajaran hendaknya menggunakan urutan dari belajar dengan gambaran atau film kemudian ke belajar dengan symbol yaitu menggunakan kata-kata.
b) Charles F. Haban. Mengemukakan bahwa sebenarnya nilai dari media terletak pada tingkat realistiknya dalam proses penamaan konsep, jenis media mulai yang paling nyata ke yang paling abstrak.
c) Edgar Dale. Beliau membuat jenjang konkrit-abstrak dengan dimulai dari siswa berpartisipasi dalam pengalaman nyata, dilanjutkan ke siswa sebagai pengamat.

Jenis-Jenis Media dan Sumber Belajar
Menurut Saifuddin (2014:132-133) mengemukakan bahwa Media pembelajaran dapat dikelompokkan menjadi 6 jenis yaitu:
1. Media Visual.
2. Media Audio.
3. Media Proyeksi Diam.
4. Media Proyeksi Gerak dan Audio Visual.
5. Multimedia.
6. Benda.
sumber belajar menurut Muhammad Ali (2007: 181-183) mengemukakan bahwa AECT (Association for Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar yaitu:
a. Pesan (Messages)
b. Orang (People)
c. Bahan (Materials)
d. Alat (Device)
e. Teknik
f. Latar (Setting)
Menurut Sudjana (2007:212) ada tiga jenis lingkungan sebagai sumber belajar:
(1) Lingkungan social sebagai sumber belajar berkenaan dengan interaksi manusia dengan kehidupan bermasyarakat, seperti organisasi social.
(2) Lingkungan berkenaan dengan segala sesuatu yang sifatnya alamiah seperti keadaan geografis.
(3) Lingkungan buatan yakni lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk tujuan-tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Adapun belajar menurut Budi Koestoro (2016:36) sangat ditentukan oleh, (1) Metode belajar yang digunakan, (2) kondisi belajar yang ada, dan (3) media belajar yang digunakan. Metode belajar adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil yang berbeda yang berbeda dengan pengaruh kondisi yang berbeda.

Pada hakikatnya pembelajaran merupakan suatu proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran atau media, dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi ajaran ataupun didikan yang terdapat dalam kurikulum. Sumber pesannya adalah guru, siswa, orang lain, penulis buku. Salurannya adalah media pembelajaran, dan penerima pesan adalah pembelajar. (Sudatha, I Gde Wawan dan I Made Tegeh, 2015:1).

Selain itu, kegunaan media antara lain: (1) Media mampu memberikan rangsangan yang yang bervariasi kepada otak kita.; (2) Mengatasi Keterbatasan pengalaman siswa; (3) Media dapat melampaui batas ruang kelas; (4) Media memungkinkan adanya interaksi dengan langsung antara siswa dan lingkungan; (5) Media menghasilkan keseragaman pengamatan; (6) Media membangkitkan keinginan dan minat baru; (7) Media membangkitkan motivasi dan merangsang untuk belajar; (8) Media memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari suatu yang konkrit maupun yang abstrak; (9)Pengalaman yang didapat baik dari kegiatan mengalami langsung suatu peristiwa, sekedar sebagai pengamat dari kejauhan, atau menyaksikan peristiwa tunda dari tayangan gambar hidup seperti yang disajikan dengan video jelas mendia ini mampu memberikan pengalaman yang menyeluruh. (10) Media memberikan kesempatan pada siswa untuk belajar mandiri. (11) Meningkatkan kemampuan keterbacaan baru (new literacy), yaitu kemampuan untuk membedakan dan menafsirkan obyek, tindakan dan lambang yang tampak, baik yang alami maupun buatan manusia; (12) Media mampu meningkatkan efeks sosial, yakni kesadaran akan dunia sekitar ;(13) Media dapat meningkatkan kemampuan ekspresi diri guru maupun siswa. (Gde Putu Arya Oka, 2017:14-19).
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by HARTATI MUKTI -
lanjutan....

Media pembelajaran adalah alat, sarana, perantara, dan penghubung untuk menyebar, membawa atau menyampaikan sesuatu pesan (message) dan gagasan, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perbuatan, minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar mengajar terjadi pada diri siswa. Dalam media pembelajaran terdapat dua unsur yang terkandung, yaitu (a) pesan atau bahan pengajaran yang akan disampaikan atau perangkat lunak, dan (b) alat penampil atau perangkat keras. Sementara media pendidikan diartikan sebagai hal-hal yang digunakan, dilihat, didengar, dibicarakan, ditambah materi yang menunjang aktivitas tersebut (A. R. Rather, 2004: 53).

sumber belajar diidentifikasi sebagai: pesan, orang, materi, perangkat, teknik dan setting (Alan Januszwski, 2001: 84). Sumber berdasarkan utilitas an sich disebut sumber belajar dan menjadi sebagai bagian dari teknologi pendidikan, bukan bagian dari teknologi pembelajaran. Maka, media belajar mencakup komponen sistem pembelajaran (sumber terdesain) sebagaimana sumber berdasarkan utilitasnya. Sementara teknologi pembelajaran hanya mencakup komponen sistem pembelajaran atau sumber terdesain.
Rudy Bretz mengemukakan 11 fungsi media dalam proses pembelajaran yaitu
• Memberikan Pengetahuan tentang Tujuan Pembelajaran
• Memotivasi Peserta Didik
• Menyajikan Informasi
• Merangsang Diskusi
• Mengarahkan Kegiatan Peserta Didik
• Mengontrol Kegiatan Peserta Didik (Drill dan Practice)
• Memberikan Penguatan
• Memberikan Simulasi
• Mengevaluasi Melakukan evaluasi
• Administrasi
• Penelitian dan Pengembangan

referensi :
https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4208-M1.pdf
https://idr.uin-antasari.ac.id/16140/1/Ani%20Cahyadi%20Pengembangan%20Media%20%28book%29.pdf
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Vera Tri Astuti -
Nama : Vera Tri Astuti
NPM : 2113053205
Kelas : 4H

Pada pembahasan artikel kelompok 4 materi pokok yang dibahas yaitu berkaitan dengan MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPS BAGI ANAK USIA SD/MI. Dimana pada artikel tersebut juga dijelaskan terkait dengan apa itu media pembelajaran yang menjadi suatu bagian terpenting yang harus ada dalam proses pembelajaran meningat manfaat dan nilai guna yang dihasilkan. Dengan banyaknya jenis media pembelajaran yang tersedia dijelaskan juga pendidik bisa memilik sendiri jenis media mana yang kiranya cocok dan sesuai dengan pelajaran. Salah satu pelajaran yang menjadi objek pembelajaran yang dalam prosesnya memerlukan media pembelajaran adalah pembelajaran IPS. Mengingat salah satu fungsi dari media tersebut adalah pembelajaran lebih konkret dan nyata. Itu artinya dengan penggunan media pembelajaran peserta didik akan lebih mudah memahami pelajaran terkait apalagi pembelajaran IPS tersebut berkaitan dengan kehidupan sosial yang akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik apabila menggunakan media pembelajaran. Akan tetapi sekilas dari summary kelompok 4 sepertinya tidak menyebutkan secara spesifik bagaimana proses penggunaan media pembelajaran terkait dengan belajar IPS pada ranah SD.
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by RISKA.MARIANA_ 2113053207 -
Nama: Riska Mariana
NPM: 2113053207
Kelompok: 3

Ijin menanggapi atas resume artikel yang berjudul MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPS BAGI ANAK USIA SD/MI”

Saya sangat setuju dengan pernyataan bahwa "Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran akan menambah semangat dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan"

Saya ingat sekali ketika berada di jenjang SD, saya memiliki semangat  antusias ketika salah satu pendidik menggunakan media pembelajaran ketika proses pembelajaran berlangsung. Alhasis setiap pembelajaran beliau, saya selalu menanti-nantikan dan merasa sangat menyukai pembelajaran tersebut.
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Rahmanisa Da'iyah Putri 2113053301 -
Nama : Rahmanisa Da'iyah Putri
NPM : 2113053301
Kelas : 4H

izin menanggapi resume artikel kelompok 4, menurut saya resume kelompok 4 sudah bagus dan rinci, dimana kelompok 4 menjelaskan Media pembelajaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran.
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Nadia Ivana Agustin -
Nama : Nadia Ivana Agustin
NPM : 2113053245
Kelas : 4H
Kelompok : 3

Pada kelompok 3 ini terdapat pembahasan mengenai media pembelajaran pada mata pelajaran IPS di Sekolah Dasar. PAda jenjang tersebut media dan sumber belajar merupakan hal yang sangat penting terutama untuk anak usia di bangku Sekolah Dasar. Penggunaan media yang beragam dan tepat dapat membimbing peserta diidk menjadi lebih memahami mata pelajaran IPS. Yang mana bahwasannya mata pelajaran IPS sangatlah luas dan mencakup kehidupan sosial bermasyarkat.
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by YOSA ELVITA -
Nama : Yosa Elvita
NPM: 2113053154
Kelas: 4H
Kelompok 2

Izin menanggapi artikel yang telah kelompok 4 summary,, izin bertanya bagaimana media tersebut mampu memberikan rangsangan yang bervariasi kepada otak kita? tolong jelaskan pertanyaan tersebut.
In reply to YOSA ELVITA

Re: PENGERJAAN TUGAS

by HARTATI MUKTI -
Izin menjawab pertanyaan yosa, dengan menggunakan media pembelajaran tentunya otak akan merangsang hal2 yang didepan kita, seperti apabila kita menggunakan media berbentuk audio visual, maka tentunya anak akan merangsang sesuai penglihatan nya, dan tentunya sesuatu yang ditangkap oleh setiap anak berbeda, ini yang menjadikan rangsangan otak yang bervariasi
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Rohmi Illiyin -
Nama : Rohmi Illiyin
NPM : 2113053040
Kelompok : 3
Izin menanggapi sumarry artikel dari kelompok 4 yang berjudul "MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPS BAGI ANAK USIA SD/MI”. Pada artikel tersebut menjelaskan terkait peran dan fungsi media dan sumber pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan belajar peserta didik. Dengan adanya media yang bervariasi akan membuat peserta didik termotivasi serta terlibat aktif dalam pembelajaran, selain itu juga dengan adanya media pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by NAFISA KHIRA -
Nama : Nafisa Khira
NPM : 2113053172
Kelompok 3

Izin bertanya kepada kelompok 4, bagaimana cara mengidentifikasi media pembelajaran agar sesuai dengan materi pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan pengalaman dan hasil belajar yang bermakna?
In reply to HARTATI MUKTI

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Gustira febri Sazita 2113053081 -
NAMA:USTIRA FEBRI SAZITA
NPM:2113053081
Izin menanggapi mengenai summary kelompok 4 Disini membahas mengenai MEDIA DAN SUMBER BELAJAR IPS BAGI ANAK USIA SD/MIkegunaan media antara lain: 1.Media mampu memberikan rangsangan yang yang bervariasi kepada otak kita,2.Mengatasi Keterbatasan pengalaman siswa,3 Media dapat melampaui batas ruang kelas dan masih banyak lagi kegunaan media belajar lainnya,dengan menggunakan media belajar pendidik bisa meningkatkan minat Belajar peserta didik melalui media menonton film atau gambar yang berkaitan dengan materi atau pesan yang akan disampaikan kepada peserta didik. Dengan begitu peserta didik akan ceria dan gembira selama proses pembelajaran tidak bosan ataupun jenuh dengan menggunakan media media kreatif yang sesua dengan ciri khas peserta didik sekolah dasar yang suka belajar dengan animasi atau bermain sambil belajar.
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Rohmi Illiyin -

NAMA ANGGOTA KELOMPOK 3 :

1. Rohmi Illiyin                                  (2113053040)

 2. Riska Mariana                              (2113053207)

3. Vera Tri Astuti                              (2113053205)

4. Rahmansisa Da’iyah Putri           (2113053301)

5. Gustira Febri Sazita                     (2113053081)

6. Nafisa Khira                                  (2113053172)

7.  Nadia Ivana Agustin                    (2113053245)


PERAN GURU DALAM MEDIA DAN SUMBER BELAJAR DI ERA DISRUPSI

 

Abstrak

Media dan sumber belajar memiliki peran yang penting bagi pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran di sekolah. Pendidik harus lah memiliki kompetensi dasar dalam pembelajaran dengan memanfaatkan media dan sumber belajar yang ada sebagai penunjang keberhasilan belajar. Adapun pengaruh disrupsi nyatanya berdampak bagi dunia pendidikan terutama dalam hal pendidik yang harus mampu mengoperasikan media pembelajaran yang baik serta lebih memperbaharui sumber belajar yang akan digunakan karena dewasa ini, kemajuan teknologi tidak bisa terelakkan. Meski pun tidak bisa kita pungkiri peran pendidik di sini tak akan tergantikan dengan teknologi atau robot secanggih apa pun karena pendidik memiliki peran dalam pengajaran nilai-nilai dan moral ketika proses belajar di kelas berlangsung.

Kata kunci: Media, sumber, Pendidik, Era Disrupsi.

 

PENDAHULUAN

Perlu diketahui bahwa media dan sumber belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran dunia modern pada saat ini. Pendidik harus lah menguasai media pembelajaran yang baik dan mudah digunakan saat pembelajaran di kelas dimulai untuk membantu dalam penyampaian materi dengan baik agar peserta didik mampu menyerap materi dengan mudah. Di era sekarang, pendidik harus mampu menguasai alat teknologi dan memanfaatkannya dalam ruang pembelajaran untuk menghasilkan pembelajaran yang maksimal.

 

Metode Penulisan

Penulis menggunakan metode kajian pustaka. Metode kajian pustaka menggunakan referensi seperti buku, jurnal, proseding, tesis, disertasi maupun skripsi sebagai referensi penulisan.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Media dan Sumber Belajar

Media berasal dari bahasa latin, yaitu medium yang berarti perantara, dalam pengertian terminologinya media merupakan alat atau perantara yang digunakan seorang pendidik untuk menyampaikan pesan, informasi, fakta, kepada pendidik dengan tujuan tersampaikannya materi dengan maksimal kepada peserta didik. Sedangkan pembelajaran idapat dijabarkan sebagai dari kata belajae yang merupakan aktivitas penting dalam kehidupan manusia dalam rangka proses pendewasaan. Pada tulisan yang terdapat di bukunya yang berjudul orbis pictus (dunia dalam gambar). Munculnya aliran visualisasi pembelajaran merupakan penggunaan gambar dalam proses pembelajaran. Kemudian terdapat penemuan radio yang menjadikan pembelajaran audio visual AIDS (AVA). Perkembangan media pembelajaran yang berfungsi sebagai alat bantu dalam pembelajaran agar peserta didik lebih termotivasi serta penyampaian dalam proses pembelajaran. Alat media berupa gambar, diagram, grafis, dsb.

 

Media seringkali dihubungkan dengan teknologi. Berdasarkan definisi dari beberapa ahli yakni, Asosiasi Teknologi dan Komunikasi media sebagai segala bentuk yang diprogramkan untuk suatu proses penyaluran informasi. Asosiasi Pendidikan Nasional yakni media merupakan benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, dan dibicarakan dengan instrumennya yang dipergunakan dengan baik dalam proses pembelajaran untuk mempengaruhi efektivitas program intruksional.

 

Dalam pembelajaran seorang pendidik tentunya akan menggunakan media pembelajaran sebagai perantara dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mempermudah baik pendidik maupun peserta didik untuk memahami terkait materi yang dibahas. Dengan memanfaatkan penggunaan media pembelajaran tujuan pembelajaran akan menjadi mudah dicapai. Dengan penggunaan media salah satu yang menjadi cara dalam membangkitkan minat belajar peserta didik sehingganya peserta didik akan mudah dalam menangkap materi yang akhirnya bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan pada peserta didik.

 

Selain itu secara umum fungsi dari pemanfaatan media pembelajaran

1. Pembelajaran menjadi lebih menarik dan interkatif

2. Pembelajaran menjadi lebih konkret dan nyata

3. Mempersingkat proses penjelasan materi pembelajaran

4. Mendorong peserta didik belajar secara mandiri

5. Mater pembelajaran menjadi lebih terstandarisasi.

Marisa, Dkk. 2017. Komputer dan Media Pembelajaran. Tanggerang Selatan. Univeristas Terbuka.

 

Selain itu media pembelajaran juga berakitan dengan sumber belajar bersifat universal dan menyeluruh. Sumber belajar tidak hanya cenderung Dengan buka seiring berkembangnya zaman dan era disrupsi atau yang lebih dikenal dengan Revolusi Industri 4.0, sumber belajar tidak lagi terbatas pada media cetak melainkan pada digitalisasi atau yang sering kita dengar di buku elektronik. Internet dan media sosial juga merupakan beberapa bahan pembelajaran yang kami gunakan untuk tujuan pengajaran. 

 

 Menurut Wina Sanjaya (2006: 21-31) terdapat peran penting pendidik dalam pembelajaran yaitu, pendidik sebagai sumber belajar, pendidik sebagi fasilitator, pendidik sebagai pengelola, pendidik sebagai demonstrator, pendidik sebagai pembimbing, pendidik sebagi motivator dan pendidik sebagi evaluator.

 

Berdasarkan pendapat beberapa ahli tentang pentingnya pendidik, maka dapat disimpulkan bahwa  pendidik memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Tidak hanya berperan menyampaikan materi saja, tetapi pendidik juga memiliki peran yang lebih kompleks. Ia perlu mengukur kemampuan peserta didik dengan memberikan nilai terhadap tugas – tugas yang dikerjakan oleh peserta didik. Oleh karena itu dalam menjalankan perannya seorang pendidik perlu memiliki kompetensi yang memadai.

 

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 10 Ayat 1 tentang pendidik dan dosen ada empat kompetensi dasar pendidik yaitu

a.         Kompetensi pedagogik,

b.         Kompetensi kepribadian,

Era disrupsi atau yang biasa kita kenal dengan Revolusi industri memiliki banyak tantangan dalam dunia pendidikan. Terutama bagi pendidik tantangan adalah teknologi entah itu penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran mau pun damak dari teknologi tersebut terhadap perilaku peserta didik. Dalam era disrupsi seperti saat ini peran penting pendidik dalam proses belajar di kelas yaitu sebagi aktor penting dalam penanaman moral di dunia yang modern saat ini. Pendidik sebagai teladan harus mampu menggunakan kompetensi pribadinya di sekolah dengan sikap dan perilaku yang baik sehingga membentuk keteladanan yang baik dari peserta didik kepada pendidik.

 

KESIMPULAN

Media pembelajaran merupakan sebuah alat bantu dalam proses pembelajaran sebagai penyampaian materi sehingga dapat dimengerti lebih ringkas dan menarik sehingga dapat tercapai sesuai dengan tujuan dan indicator dalam pembelajaran. Pendidik harus lah menguasai media pembelajaran yang baik dan mudah digunakan saat pembelajaran di kelas dimulai untuk membantu dalam penyampaian materi dengan baik agar peserta didik mampu menyerap materi dengan mudah. Secara tersirat revolusi industri 4.0 mengubah cara berpikir, pola hidup dan interaksi maupun relasi sosial dunia modern yang serba canggih ini. Dalam dunia pendidikan misalnya, pendidik harus mampu menguasai alat teknologi dan memanfaatkannya dalam ruang pembelajaran untuk menghasilkan pembelajaran yang maksimal demi tercapainya output yang bermutu sesuai dengan yang diharapkan dan memiliki kualitas baik dalam persaingan.

 

Media seringkali dihubungkan dengan teknologi. Berdasarkan definisi dari beberapa ahli yakni, Asosiasi Teknologi dan Komunikasi media sebagai segala bentuk yang diprogramkan untuk suatu proses penyaluran informasi. Asosiasi Pendidikan Nasional yakni media merupakan benda yang dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, dan dibicarakan dengan instrumennya yang dipergunakan dengan baik dalam proses pembelajaran untuk mempengaruhi efektivitas program intruksional.

 

Media pembelajaran memegang peran penting sebagai perantara dalam menyampaikan materi pelajaran. Adapun fungsi dari pemanfaatan media pembelajaran yang menjadikan media pembelajaran lebih efektif diantaranya disebutkan antara lain salah satunya dari tokoh yaitu Angkowo dan Kosasih yang mengatakan media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran yang ikut mempengaruhi situasi, kondisi lingkungan belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah diciptakan dan didisain oleh pendidik.

 

Selain itu secara umum fungsinya antara lain:

1. Pembelajaran menjadi lebih menarik dan interkatif

2. Pembelajaran menjadi lebih konkret dan nyata

3. Mempersing proses penjelasan materi pembelajaran

4. Mendorong peserta didik belajar secara mandiri

5. Mater pembelajaran menjadi lebih terstandarisasi.

 

Marisa, Dkk. 2017. Komputer dan Media Pembelajaran. Tanggerang Selatan. Univeristas Terbuka




In reply to Rohmi Illiyin

Re: PENGERJAAN TUGAS

by IHDA LAILATUL BAROKAH -
Nama : Ihda Lailatul Barokah
NPM : 2163053004
Izin menanggapi kelompok 3 mengenai summary jurnal yang berjudul “peran guru dalam media dan sumber belajar di era disrupsi”
Dari pokok-pokok bahasan diatas dapat saya jabarkan bahwa Era disrupsi memberikan kemudahan bagi kegiatan transfer pengetahuan dalam dunia pendidikan ini. ketersediaan media pembelajaran yang canggih, sistem internet yang memadai, sistem pembelajaran dalam jaringan (online) dan berbagai kecanggihan dunia pembelajaran memudahkan para pendidik yang harus sigap dan responsif dalam menghadapi era disrupsi. Untuk itu pembelajaran di era disrupsi harus mampu membuat peserta didik bahagia, senang, mandiri, memiliki pola pikir tumbuh dan berkembang (growth mindset), kreatif, inovatif, dan tertantang dalam rangka mengembangkan potensi dirinya serta pengembangan karakter yang dapat menjaga dan menghantarkan peserta didik memasuki era disrupsi dan era selanjutnya.
In reply to Rohmi Illiyin

Re: PENGERJAAN TUGAS

by DWI.PEBRIAN.21 DWI.PEBRIAN.21 -
Nama : Dwi pebrian
NPM : 2153053009
Izin menanggapi kelompok 3 mengenai summary jurnal yang berjudul “peran guru dalam media dan sumber belajar di era disrupsi”
Dari pokok-pokok bahasan diatas dapat saya jabarkan bahwa pendidik harus memiliki kompetensi dasar dalam memanfaatkan media dan sumber belajar yang ada sebagai penunjang keberhasilan belajar. Namun, dampak disrupsi atau kemajuan teknologi pada dunia pendidikan juga membawa perubahan di mana pendidik harus mampu mengoperasikan media pembelajaran yang baik serta lebih memperbarui sumber belajar yang akan digunakan. Meskipun begitu, peran pendidik sebagai pengajar nilai-nilai dan moral dalam proses belajar di kelas tetap tidak tergantikan oleh teknologi atau robot.

Selain itu, media pembelajaran dapat memberikan beberapa manfaat dalam pembelajaran, seperti pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif, konkret dan nyata, mempersingkat proses penjelasan materi pembelajaran, mendorong peserta didik belajar secara mandiri, serta materi pembelajaran menjadi lebih terstandarisasi. Media pembelajaran juga berakitan dengan sumber belajar yang bersifat universal dan menyeluruh. Dalam era disrupsi, pendidik harus mampu menguasai alat teknologi dan memanfaatkannya dalam ruang pembelajaran untuk menghasilkan pembelajaran yang maksimal.
In reply to Rohmi Illiyin

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Niken Maulidya -
Nama: Niken Maulidya
NPM: 2113053060
Kelompok: 02

Izin menanggapi kelompok 3 yang membahas "peran guru dalam media dan sumber belajar di era disrupsi". Mberasal dari bahasa latin, yaitu medium yang berarti perantara, dalam pengertian terminologinya media merupakan alat atau perantara yang digunakan seorang pendidik untuk menyampaikan pesan, informasi, fakta, kepada pendidik dengan tujuan tersampaikannya materi dengan maksimal kepada peserta didik. Berdasarkan definisi dari beberapa ahli yakni, Asosiasi Teknologi dan Komunikasi media sebagai segala bentuk yang diprogramkan untuk suatu proses penyaluran informasi. Adapun fungsi dari pemanfaatan media pembelajaran yang menjadikan media pembelajaran lebih efektif diantaranya disebutkan antara lain salah satunya dari tokoh yaitu Angkowo dan Kosasih yang mengatakan media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu pembelajaran yang ikut mempengaruhi situasi, kondisi lingkungan belajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah diciptakan dan didisain oleh pendidik.
In reply to Rohmi Illiyin

Re: PENGERJAAN TUGAS

by Anggi Damayanti -
Nama : Anggi Damayanti
Npm : 2113053297
Kelompok 2

Izin menanggapi summary yang disampaikan oleh kelompok 3, isi dari summary sudah baik dan dapat dimengerti. Kelompok 3 membahas mengenai Peran Guru Dalam Media Dan Sumber Belajar Di Era Disrupsi, Era disrupsi atau yang biasa kita kenal dengan Revolusi industri memiliki banyak tantangan dalam dunia pendidikan. Terutama bagi pendidik tantangan adalah teknologi entah itu penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran mau pun dampak dari teknologi tersebut terhadap perilaku peserta didik. Dan juga Dalam era disrupsi seperti saat ini peran penting pendidik dalam proses belajar di kelas yaitu sebagi aktor penting dalam penanaman moral di dunia yang modern saat ini.
In reply to Rohmi Illiyin

Re: PENGERJAAN TUGAS

by SEFTIANA AMBARWATI SEFTIANA AMBARWATI -
Nama : Seftiana Ambarwati
NPM : 2153053008

Izin menanggapi kelompok 3, mengenai summary jurnal
Media pembelajaran merupakan sebuah alat bantu dalam proses pembelajaran sebagai penyampaian materi sehingga dapat dimengerti lebih ringkas dan menarik sehingga dapat tercapai sesuai dengan tujuan dan indicator dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran seorang pendidik tentunya akan menggunakan media pembelajaran sebagai perantara dalam menyampaikan materi pelajaran. Hal ini menjadi salah satu cara untuk mempermudah baik pendidik maupun peserta didik untuk memahami terkait materi yang dibahas. Dengan memanfaatkan penggunaan media pembelajaran tujuan pembelajaran akan menjadi mudah dicapai. Dengan penggunaan media salah satu yang menjadi cara dalam membangkitkan minat belajar peserta didik sehingga peserta didik akan mudah dalam menangkap materi yang akhirnya bisa memberikan pemahaman dan pengetahuan pada peserta didik.
In reply to Rohmi Illiyin

Re: PENGERJAAN TUGAS

by YOSA ELVITA -
Nama: Yosa Elvita
NPM: 2113053154
Izin menanggapi kelompok 3 mengenai summary jurnal nya, saya setuju dengan sumary yang telah diberikan oleh kelompok 3 bahwasanya media pembelajaran tersebut merupakan alat bantu kita sebagai pendidik untuk mengajar , karena dengan media pembelajaran tersebut akan mudah dimengerti oleh peserta didik saat proses pembelajaran, dan media pembelajaran memegang peran penting sebagai perantara dalam menyampaikan materi pembelajaran, selain itu juga media pembelajaran sebagai alat bantu yang ikut mempengaruhi situasi, kondisi lingkungan belajar
In reply to First post

Re: PENGERJAAN TUGAS

by SILVIRA SAKILA -
Nama : Silvira Syifa Sakila
Npm : 2163053002
Izin menanggapi kelompok 3 yang membahas "peran guru dalam media dan sumber belajar di era disrupsi".
Media pembelajaran memiliki peran penting pada proses pembelajaran, selain itu media pembelajaran juga membantu proses penyampaian pembelajaran dapat lebih ringkas dan lebih menarik. Namun terdapat hal yang lebih penting yaitu dimana pendidik harus memahami media pembelajaran yang baik dan juga mudah dipahami oleh siswa. Dapat disimpulkan bahwasanya pada era revolusi industri 4.0 ini dapat merubah pola pikir, pola hidup dan interaksi, khususnya dalam dunia pendidikan yaitu pendidik harus menguasai teknologi dan memanfaatkan sebaik mungkin dalam proses penyampaian pembelajaran agar pembelajaran tersebut maksimal.