Forum Diskusi Pertemuan-4

Forum Diskusi Pertemuan-4

Number of replies: 20
setelah menyimak paparan presentasi dari kelompok-1, silahkan diskusikan materi yang telah disampaikan melalui kolom diskusi di bawah ini! 
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Ummu Darda Azzahra -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Ummu Darda Azzahra
NPM : 2113053214

Bertanya pada kelompok 1 tentang apakah pemilihan media pembelajaran telah mencerminkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai? lalu mengapa kadang kala pendidik tidak melaksanakan prosedur pembelajaran tersebut saat mengajar?

Terima kasih.
In reply to Ummu Darda Azzahra

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by DIVA DZAKYRANI SHALIHA DIVA DZAKYRANI SHALIHA -
Baik terimakasih atas pertanyaannya.
saya akan menjawab pertanyaan ummu darda azzahra, Media pembelajaran hendaknya dipilih agar dapat menunjang pencapaian tujuan dari pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya,jadi tercapainya tujuan pembelajaran bukan ditentukan dari media belajarnya,, sebab media belajar itu hanya sebagai perantara guru menyampaikan materu agar lebih efektif dan efisien.. tercapainya tujuan pembelajaran ditentukan oleh kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai sebuah pembelajaran. Alasan seorang guru terkadang tidak melaksanakan prosedur pembelajaran ketika mengajar adalah karena guru menganggap bahwa terkadang prosedur pembelajaran justru menghambat pembelajaran itu sendiri. Hal ini karena prosedur pembelajaran kerap didasarkan pada teori. sedangkan terkadang juga siswa dan kondisi kelas sangat mempengaruhi kelangsungan dari prosedur tersebut.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Liyana Qayyimah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh, sebelumnya perkenalkan saya
Nama : Liyana Qayyimah
NPM : 211305318

Izin bertanya salah satu mata pelajaran yang harus dikuasai kompetensinya pada tingkat SD adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Tetapi pada kenyataanya tidak semua peserta didik menguasai kompetensi seperti yang diharapkan. Hal ini disebabkan tidak adanya media pembelajaran yang digunakan oleh guru , menurut kelompok kalian media pembelajaran apa yang dapat membantu siswa dalam memahami materi tersebut? Jelaskan.
In reply to Liyana Qayyimah

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Kadek Asih Septiyani -
Nama : Kadek Asih Septiyani
NPM : 2113053213

Saya perwakilan kelompok 1 akan menjawab pertanyaan dari saudari Liyana Qayyimah,

Media pembelajaran IPA dapat bersifat alami dan buatan. Media pembelajaran alami merupakan media pembelajaran yang sesuai dengan benda aslinya di alam. Sedangkan media pembelajaran buatan merupakan media pembelajaran hasil modfikasi atau meniru benda aslinya. Media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu membelajarkan siswa SD dalam belajar IPA, antara lain :
1. Benda-benda konkrit (nyata)
Benda-benda konkrit adalah benda apa adanya atau benda asli tanpa perubahan. Contoh media benda konkrit adalah rangkaian listrik, makhluk hidup seperti tumbuhan dan hewan, pesawat sedehana, benda padat seperti batu, dan lain sebagainya.
2. Lingkungan alam
Untuk mengenalkan lingkungan alam, siswa dibawa ke tempat di mana objek yang akan dipelajari berada atau hidup. Metode belajar seprti ini sering di sebut metode karyawisata. Misalnya siswa dibawa ke kebun sekolah untuk mengamati bagian-bagian tumbuhan, mengamati pengaruh gaya gravitasi terhadap benda-benda di bumi, dan lain sebagainya.
3. Kit IPA
Perangkat IPA ini terdapat di dalam suatu peti berisi alat bantu belajar IPA yang sering dijumpai di dalam sebuah laboratorium. Contohnya adalah gelas labu, tabung reaksi, corong, tetes obat,dll
4. Charta, slide film, dan film
Charta dan slide film dapat membantu guru dalam membelajarkan siswa tentang benda atau makhluk hidup yang jauh dari lingkungan siswa. Film dapat membantu siswa untuk mengetahui berbagai ekosistem dunia seperti padang rumput, padang pasir dan sebagainya yang letaknya jauh dari lingkungan sekitar siswa.
5. Film animasi
Film animasi adalah alat bantu visualisasi tentang konsep-konsep guna mempermudah siswa dalam mempelajarinya. Alat bantu ini jika yang dipelajari sulit diamati dengan penglihatan dan objek yang diteliti sangatlah kecil. Film animasi tentang peredaran darah atau proses pencernaan makanan dapat lebih mudah dipahami siswa dibandingkan bila konsep-konsep tersebut diinformasikan kepada siswa dengan menggunakan metode ceramah.
6. Model
Model adalah gambaran yang berupa bentuk asli yang berupa benda tiga dimensi yang dapat dioperasikan oleh siswa agar mengetahui cara kerjanya dan mempermudah dalam memahami pembelajaran. Misalnya model paru-paru yang dapat dioperasikan oleh siswa agar memahami cara kerja paru-paru manusia dan apa yang menyebabkan paru-paru mengembang dan mengempis.
7. Torso
Torso adalah model yang tidak asli berupa potongan tubuh manusia yang digunakan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari anatomi tubuh manusia.Torso ini terbuat dari bahan selain logam yang tidak berbahaya bagi siswa dalam penggunaannya.
8. Globe
Globe sering digunakan untuk membantu siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa (IPBA) seperti letak suatu tempat di bumi, gerhana bulan dan gerhana matahari.
9. Infocusdan reflector
Infocus dapat digunakan untuk memperbesar gambar dan transparant atau buku dan menjadi kamera yang dapat menggambarkan suasana dalam kelas. Dengan infocus guru dapat mempertunjukan segala sesuatu yang terdapat pada layar computer atau videodisc ke layar lebar.
10. Komputer
Komputer yang dihubungkan dengan kabel telepon dapat digunakan oleh para siswa untuk mencari informasi melalui jaringan networking atau lebih dikenal dengan nama internet. Bahkan dengan fasilitas internet ini para siswa dapat saling bertukar informasi melalui email atau surat elektronik dari seluruh dunia.
11. Mikroskop
Mikroskop digunakan untuk mengamati objek-objek yang tidak teramati dengan mata telanjang. Mikroskop biasanya untuk melihat sel-sel tumbuhan maupun hewan.
12. Kaca pembesar
Kaca pembesar untuk melihat benda-benda yang kurang jelas bila dilihat dengan mata telanjang seperti serbuk sari bunga dan spora.

Jadi, sebenarnya guru tidak harus menggunakan media yg mahal karena media dalam pembelajaran IPA itu bisa diambil dari benda benda konkrit yg ada di sekitar. Siswa juga bisa diajak ke alam untuk mengaitkan materi dalam mata pelajaran ipa itu. Jadi, menurut saya tidak ada alasan guru untuk tidak menggunakan media dalam pembelajaran IPA karena tidak tersedianya media, ini hanya butuh kreativitas guru dalam memilih media.
Sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by ANNISA INDAH SAPUTRI -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Nama: Annisa Indah Saputri
NPM: 2113053105

Izin bertanya kepada kelompok 1
Terdapat dua alasan pemilihan media pembelajaran dijelaskan oleh Arif Sadiman, teoritis dan praktis. Pertanyaannya, apakah kedua teori tersebut saling berhubungan? Kalau iya/ tidak berikan alasannya!
In reply to ANNISA INDAH SAPUTRI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Angelia Agustin -
Nama : Angelia Agustin
NPM : 2113053162

Izin menjawab pertanyaan Annisa Indah Saputri yaitu Terdapat dua alasan pemilihan media pembelajaran dijelaskan oleh Arif Sadiman, teoritis dan praktis. Pertanyaannya, apakah kedua teori tersebut saling berhubungan? Kalau iya/ tidak berikan alasannya!

Jawabnya iya berkaitan, karena dasar dalam pemilihan media dan sumber belajar itu ya ada dua yaitu alasan teoritis dan alasan praktis. Alasan teoritis itu adalah alasan yang didasari atas konsep pembelajaran yang dimana di dalamnya itu terdapat komponen-komponen yang saling berkaitan, untuk mencapai tujuan pembelajaran, maksudnya dalam memilih media dan sumber belajar konsepnya itu harus sesuai dengan,materi pembelajaran, strategi, serta karakteristik siswanya agar tujuan pembelajaran itu bisa tercapai.

Sedangkan alasan praktis merupakan hal yang berkaitan dengan pertimbangan-pertimbangan dan alasan mengapa menggunakan media dalam pembelajaran.jadi dalam memilih media dan sumber belajar itu harus ada pertimbangan dan alasannya bukan hanya asal memilih media dan sumber belajar , hal yang perlu dipertimbangkan misalnya itu,
1. Demonstration, yaitu penggunaan media yang berfungsi sebagai alat peraga yang mendemonstrasikan atau memperagakan suatu konsep, objek, cara mengoperasikan suatu benda dan lain-lain dalam bentuk nyata maupun tiruan.
2. Familiarity, yaitu penggunaan media dengan alasan karena sudah terbiasa. Biasnya pendidik merasa lebih menguasai media tersebut dan akan membutuhkan waktu lebih banyak untuk mempelajari jika harus menggunakan media lain, namum perlu diingat media yang baik adalah media yang sesuai dengan kebutuhan belajar mengajar di kelas, bukan hanya sekedar sering menggunakan media tersebut.
3.Clarity, yaitu guru dapat memperjelas pesan pembelajaran dan dapat memberikan penjelasan yang lebih kongkrit melalui media dalam pembelajaran.
4. Active Learning, yaitu media dapat melakukan lebih dari apa yang dapat dilakukan oleh guru. Biasanya guru hanya menggunakan metode ceramah saja, nah media ini diperlukan dalam menarik minat belajar siswa supaya terbentuk proses belajar yang aktif. Misalnya penggunaan Video interaktif yang dapat menghasilkan kemandirian belajar, sehingga guru hanya perlu mengamati dan mengevaluasi penguasaan materi siswa.
5. Budget, biaya perlu dipertimbangkan karena misalnya dalam situasi di mana anggaran terbatas, alasan praktis dapat mempengaruhi pemilihan media yang murah dan mudah diakses.

Maka dari itu alasan teoritis dan praktis ini sangat berhubungan, karena dalam memilih media dan sumber belajar harus memperhatikan konsep agar sesuai dengan komponen yang lain sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, dan harus memperhatikan alasan praktis untuk mempertimbangkan apakah media ini layak digunakan untuk menjunjang tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efesien.

Terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by INDIKA SALSABILA -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Indika Salsabila
NPM : 2113053276
Izin bertanya
Berdasarkan dari pemaparan materi dijelaskan bahwa pertimbangan menggunakan media adalah dapat membantu mencapai tujuan yg diinginkan. Namun, yang saya ketahui masih banyak guru yang enggan menggunakan media pembelajaran karena adanya beberapa hal. Menurut kalian bagaimana cara memberitahu guru tersebut mengenai pentingnya penggunaan media pembelajaran ?
Terimakasih
In reply to INDIKA SALSABILA

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by DIAN FATUROHMI DIAN.FATUROHMI21 -
Assalamu'alaikum warohmatulloh wabarokatug.

Nama : Dian Faturohmi
Npm : 2113053038
Kel : 1

Izin menjawab pertanyaan dari Indika Salsabila

Cara memberitahu kepada guru akan pentingnya media pembelajaran :

1). Dengan memotivasi Para guru untuk menumbuhkan kreativitas pengembangan media pembelajaran.
2). Mensosialisasikan alat peraga yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.
3). Mengundang / mengajak para guru untuk bergabung dengan komunitas guru berbagi. yang didalamnya terdapat gur se indonesia yang saling berbagi media pembelajaran dll.

sekian terimakasih. wassalamu'alaikum wr wb.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by DWI NUR AZIZAH -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Dwi Nur Azizah
Npm : 2113053178

Izin bertanya
Hambatan apa yang sering terjadi saat melakukan pemilihan media dan sumber belajar dan mengapa guru harus mempertimbangkan dari segala aspek dalam pemilihan media pembelajaran?

Terima Kasih.
In reply to DWI NUR AZIZAH

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Niken Larasati -
Baik saya Niken Larasati_2113053013 anggota kelompok 1 akan menjawab pertanyaan dari Dwi Nur Azizah dengan pertanyaan hambatan apa yang sering terjadi saat melakukan pemilihan media dan sumber belajar dan mengapa guru harus mempertimbangkan dari segala aspek dalam memilih media pembelajaran?
Jawab:
Ada beberapa kendala yang terjadi saat pemilihan media pembelajaraan seperti
tidak terfasilitasi dengan baik mengenai bahan ajar, kurang fahamnya pendidik
mengenai media pembelajaran, serta tidak sesuainya antara profesi dengan gelarnya.
Kemudian mengapa guru harus mempertimbangkan pemilihan media pembelajaran yaitu karena Pada bagian proses pembelajaran tentunya seorang guru harus menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahai materi, selain itu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik. Dan ada Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar diantarannya,yaitu, faktor tujuan, faktor efektifitas, dan faktor kemampuan guru dan siswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by ADINDA RAHMADHINA -
Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatu
Saya Adinda Rahmadhina
NPM 2113053096

Izin bertanya,
Kriteria dalam pemilihan media dan sumber belajar salah satunya adalah sasaran penggunaan media. Media dan sumber belajar seperti apa yang tepat untuk diimplementasikan pada siswa ABK? Apakah sama seperti siswa pada umum nya atau ada perbedaan.Jelaskan!

Terima kasih
In reply to ADINDA RAHMADHINA

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by ANI NURYANI -
Baik lah terimakasih adinda atas pertanyaannya
Izin menjawab pertanyaan adinda
Media dan sumber belajar yang digunakan pada ABK dan anak pada umumnya tentu memiliki beberapa perbedaan sesuai dengan kebutuhan yang harus disediakan untuk keistimewaan anak ABK itu sendiri. Media yang sesuai dengan sasaran penggunaan maksudnya itu seperti Siapakah sasaran didik yang akan menggunakan media? bagaimana karakteristik mereka, berapa jumlahnya, bagaimana latar belakang sosialnya, bagaimana motivasi dan minat belajarnya?
Pemillihan media juga harus memperhatikan kondisi siswa dan sasaran penggunaan media tersebut. Media dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata atau kalimat tertentu, dengan demikian adanya alat bantu bagi ABK menjadikannya lebih mudah untuk mencerna pembelajaran.

Misalnya media pembelajaran untuk anak tunarungu tentu media dan sumber belajar yang tepat untuk digunakan akan berbeda dengan anak biasa. Contohnya yaitu kartu huruf, kartu kalimat, foto, finger alphabet, torso setengah badan, miniatur benda, peta dinding, globe, silinder, model geometri, puzzle kontruksi, menara segi tiga, dan menara gelang.

Terimakasih
In reply to ANI NURYANI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Lia Nanda Agustina -
Nama : Lia Nanda Agustina
NPM : 2113053077

Izin menambahkan jawaban Ani dari pertanyaan Adinda

Sebelumnya saya setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh ani nuryani, izin menambahkan sedikit contoh media pembelajaran yang digunakan anak berkebutuhan khusus.

Contoh media pembelajaran untuk anak tunarungu
seperti yang kita ketahui bahwa anak tunarungu mengalami hambatan pada pendengaran sehingga media pembelajaran yang digunakan lebih menekankan ke visual.
Media pembelajaran untuk anak tunarungu bisa menggunakan
1. Benda nyata
anak bisa melihat secara langsung mengenai benda yang dimaksud sambil disajikan nama bendanya melalui tulisan. media ini digunakan untuk mengajar materi berbagai hal seperti mengenal berbagai benda.
2. Video
Media video juga bisa dijadikan pilihan dalam mengajar anak dengan hambatan pendengaran misalnya saja dengan di video tersebut disajikan tentang fenomena alam seperti proses terjadinya hujan, proses gunung meletus dan lain sebagainya, dimana kita sebagai pendidik tidak mungkin menjelaskan dengan menggunakan metode ceramah.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Vivia Febbrilian 2113053050 -
Assalammualaikum warrahmatullahi wabarakatu
Saya Vivia Febbrilian Agrifina
NPM 2113053050
izin bertanya
faktor faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik? dan media pembelajaran apa yang paling sesuai digunakan untuk mencapai pembelajaran yang optimal?

terimakasih
In reply to Vivia Febbrilian 2113053050

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by DIVA DZAKYRANI SHALIHA DIVA DZAKYRANI SHALIHA -
Izin menjawab pertanyaan dari vivia.
Didalam pendidikan formal, berbagai media pembelajaran dapat digunakan menjadi alat bantu dalam kegiatan belajar mengajar. adapun faktor faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih media pembelajaran, yaitu :
1. faktor tujuan : media di pilih dan digunakan harus sesuai dengan tujuan pengajaran yang telah ditetapkan
2. faktor efektifitas: dari berbagai media yang ada, haruslah di pilih media yang paling efektif untuk digunakan dan paling tepat atau sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan
3. faktor kemampuan guru dan siswa : sesuai dengan kemampuan yang ada pada guru dan siswa serta media belajar yang menarik perhatian siswa
4. faktor fleksibelitas : dalam memilih media haruslah dipertimbangkan kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai sutausi, tahan lama atau tidak sekali pakai, hemat biaya, dan tidak berbahaya sewaktu digunakan

menurut saya media yang paling sesuai digunakan untuk mencapai pembelajaran yang optimal adalah media visual.. pembelajaran ini memfokuskan indra penglihatan saat proses belajar mengajar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan berbagai macam teknologi, salah satunya menggunakan alat proyeksi atau proyektor.
Keunggulan dari media pembelajaran menggunakan alat bantu visual ini ialah dapat menarik perhatian, memperjelas sajian, ide serta menggambarkan ide pokok yang mudah diingat. Selain itu, proses belajar mengajar menggunakan media visual ini juga dapat dicerna dengan baik oleh siswa siswi. Sehingga hal ini menjadi salah satu jenis media pembelajaran yang menyenangkan
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by INDAH NUR SAPITRI -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Nama : Indah Nur Sapitri
Npm : 2113053299

Mengapa seorang guru perlu mengembangkan media pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung?

Terima kasih.
In reply to INDAH NUR SAPITRI

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Niken Larasati -
Baik saya Niken Larasati_2113053013 anggota kelompok 1 akan menjawab pertanyaan dari Indah Nur Sapitri dengan pertanyaan mengapa seorang guru perlu mengembangkan media pembelajaran sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung?
Jawab :
Pada bagian proses pembelajaran tentunya seorang guru harus menggunakan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah memahai materi, selain itu agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menarik. kehadiran media sangat membantu siswa dalam memahami suatu konsep tertentu. Karena pada usia ini siswa masih berfikir konkret/nyata dan belum mampu berfikir abstrak terutama siswa SD kelas rendah, untuk itulah guru seharusnya memilih media yang tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut media pembelajaran dapat menentukan keberhasilan dalam penguasaan materi yang diberikan, karena dengan media pembelajaran siswa bisa memperoleh penjelasan lebih menarik dan suasana yang menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk lebih bersemangat memahami materi.
In reply to Niken Larasati

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by Vivia Febbrilian 2113053050 -
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Izin memperkenalkan diri nama saya Vivia Febbrilian Agrifina dengan NPM 2113053050

izin menambahkan jawaban dari pertanyaan dwi mengenai hambatan dalam pemilihan media pembelajaran, diantaranya:
1. Keterbatan biaya, tentu hal ini bisa menjadi kendala apabila media yang akan dibuat memerlukan biaya yang besar namun terdapat keterbatasan dalam biaya, hal ini tentu menjadi hambatan tetapi masih bisa dipecahkan melalui penggunaan media pembelajaran yang lebih ekonomis
2. Sarana prasarana yang kurang memadai, bila kita perhatikan di sekolah yang letaknya dipelosok tentu sulit untuk mengakses kota dan mendapatkan sarana yang layak untuk pembelajaran, sedangkan terkadang membuat media pembelajaran membutuhkan berbagai bahan yang mungkin terbatas bila dipelosok, contohnya seperti proyektor mungkin belum semua sekolah dalam pelosok memiliki proyektor, tentu hal seperti ini menjadi hambatan dalam pemilihan media pembelajaran yang sesuai.
3. kurangnya waktu dalam membuat media, sering kali yang menjadi hambatan dalam pendidik membuat media pembelajaran adalah waktu yang terbatas, dikarenakan harus mengajar seharian full dan belum lagi yang sudah berkeluarga mungkin akan sulit membagi waktu untuk membuat media pembelajaran, tetapi hal ini kembali lagi kepada masing-masing individu jika pintar mengelola waktu maka hal ini tidak menjadi alasan.

sekian
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by A. ZAHRA INTAN SUCIA -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Izin bertanya sebelum perkenalkan.

Nama: A. Zahra Intan Sucia
NPM:2153053020
Pertanyaan: Bagaimana pemilihan media pembelajaran yang tepat agar dapat memunculkan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, lalu jika sudah di pertimbangan dan dipilih media yang pas namun peserta didik masih belum aktif apa yang harus dilakukan pendidik tersebut?

Sekian terimakasih
In reply to A. ZAHRA INTAN SUCIA

Re: Forum Diskusi Pertemuan-4

by YUSUF BARRULY -
Nama : Yusuf Barruly
NPM : 2113053103
Saya perwakilan dari kelompok 1 izin menjawab pertanyaan dari Azzahra Intan Sucia

Untuk memilih media agar dapat memunculkan keaktifan peserta didik pembelajaran harus meliputi kriteria sebagai berikut :
1. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
2. Guru terampil menggunakannya.
3. Relevan dengan topik yang diajarkan.
4. Media menarik bagi peserta didik.
5. Menyesuaikan dengan keadaan karakteristik peserta didik.

Jika sudah dipilih namun peserta didik masih belum aktif apa yang harus dilakukan ?
1. Kemungkinan media pembelajaran tersebut sudah pas bagi pendidik namun bagi peserta didik tidak menarik. Jadi pendidik harus mengkomunikasikan media pembelajaran seperti apa yang membuat mereka tertarik
2. Kemungkinan pemanfaatan media pembelajaran dari pendidiknya kurang maksimal. Jadi sebaiknya pendidik harus menguasai penggunaan media tersebut
3. Bertanya kepada pendidik lain yang lebih berpengalaman dalam penggunaan media pembelajaran di kelas.