Forum Analisis Video (copy)

Forum Analisis Video

Jumlah balasan: 29


Silahkan lampirkan hasil analisis anda mengenai video tersebut dan apa yang anda dapatkan dari video tsb, serta jelaskan mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis? Jangan lupa sertakan identitas diri seperti nama dan NPM

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh HANA JANATAN SALSABIELA -
Nama: Hana Janatan Salsabiela
NPM: 2113053120

Izin memberikan analisis dari video di atas bu yang berjudul "Memahami Model Bisnis Marketplace"

Jadi kenapa sebelum berjualan di marketplace itu kita harus paham tentang model bisnisnya terlebih dahulu?
Karena sebagai pihak ketiga atau sebagai platform perantara antara penjual dan pembeli itu berarti marketplace harus sangat paham tentang bisnis apa yang penyewa properti lakukan. Lalu sehubungan dengan hal tersebut, bagaimana untuk membangun sebuah marketplace yang bertahan lama?

1. Platform-building from the ground up
Disini diartikan bahwa main step dalam memulai marketplace itu dengan membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Untuk melengkapi infrastuktur maka kita juga harus tahu masalah apa yang dibutuhkan oleh dua peran besar penggerak marketplace yaitu penjual dan pembeli.

2. Shift towards micro-entrepereneurs
Maksud dari tahap dua ini adalah dimana agar para penjual di marketplace itu bisa "nyaman" dan akhirnya beralih menjadi full time job micro entrepreneurs. Maka outcomenya harus mendidik penjual untuk menjadi micro entrepreneurs, lalu untuk penawaran bisa dari iklan, juga edukasi bisnis.

3. Growing audience is basis to new business
Tahap tiga ini memiliki tujuan agar bisnis bisa berskala besar. Jadi dalam IA itu ada yang namanya personal choose yang mana IA ini bisa mengetahui apa kesukaan pengguna dan lain sebagainya dari data pencariannya dalam marketplace. Pada tahap tiga ini guna memperbesar skala maka data-data pengguna bisa kita manfaatkan sebagai improvement dari marketplace agar lebih sesuai dengan kemauan rata-rata pengguna.

Terakhir, untuk menjawab pertanyaan kenapa model binis itu penting dalam memulai bisnis? Jadi elemen utama dari sebuah model bisnis adalah value proposition, target pasar yang jelas, dan keunggulan dari kompetitor. Tanpa elemen-elemen tersebut, kita TIDAK AKAN memiliki cara lain untuk mendatangkan pemasukan. Sehingga model bisnis bukan hanya sekadar sebagai rencana untuk bagaimana menghasilkan pemasukan, tetapi juga membantu memikirkan biaya produksi dan faktor lainnya supaya bisa melihat gambaran jelasnya. Komponen yang sebaiknya ada pada model bisnis adalah sebagai berikut:
1. Value proposition: Sebuah fitur yang membuat produk atau layananmu menarik konsumen.
2. Target pasar: Kelompok konsumen spesifik yang tertarik akan produk atau layanan bisnismu.
3. Keunggulan kompetitif: Fitur unik dari produk atau layanan yang akan sulit dijiplak oleh kompetitor-kompetitor.
4. Struktur biaya: Daftar pengeluaran tetap dan variabel yang dibutuhkan perusahaan agar tetap berjalan. Ini akan sedikit-banyak berpengaruh pada penetapan harga jual.
5. Metrik: Cara perusahaan untuk mengukur keberhasilan produk atau layanan.
6. Sumber daya: Aset fisik, keuangan, dan intelektual perusahaan kamu.
7. Masalah dan solusi mengatasinya: Ini termasuk kesulitan yang biasanya akan dihadapi konsumen, dan perusahaan harus memiliki solusi untuk mengatasinya.
8. Model pendapatan: Kerangka kerja yang mengidentifikasi sumber pendapatan yang layak untuk dicapai.
9. Aliran pendapatan: Berbagai cara perusahaan kamu sehingga dapat menghasilkan pendapatan.
9. Margin keuntungan: Jumlah penghasilan yang sudah melebihi biaya operasional perusahaan.

Itulah adalah hal-hal penting yang bisa membantu untuk membuat model bisnis, dan kemungkinan besar akan berubah seiring dengan matangnya perusahaan yang kita rintis. Di awal berjalannya perusahaan, kita mungkin tidak memiliki gagasan atau konsep yang jelas tentang seperti apa komponen-komponen yang krusial untuk menentukan model bisnis. Namun, ketika sudah merencanakan untuk membuat model bisnis, komponen-komponen tersebut akan menjadi lebih jelas terlihat sehingga visi perusahaan terarah. Seiring dengan majunya perusahaan, kamu tetap bisa menyesuaikan model bisnis dan sekaligus strategi-strateginya.

Sekian dari saya, terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Yugi Utami -
Nama: Yugi Utami
NPM: 2113053132

"Memahami Model Bisnis Marketplace"

1. Platform-building from the ground up
merespon peluang pada tahun 2003 guna meningkatnya kelas menengah, bertumbuhnya cakupan jaringan internet. target pemasaran nya ada dua sisi yaitu pembeli dan penjual. penawaran tahap pertama Layanan yang ditawarkan pada model bisnis tahap pertama teknologi pembayaran online yang mudah, review 2 arah, kemudahan logistik dan pengiriman.

2. Shift towards micro-entrepereneurs
Outcome nya mendidik penjual menjadi micro entrepreneur. penawarannya ada iklan pembeli, edukasi bisnis. Sedangkan untuk target pemasarannya ada penjual yang ingin naik kelas.

3. Growing audience is basis to new business
Outcome Membantu bisnis raksasa mempenetrasi pasar. penawaran yang diberikan berupa database pembeli. target pasar ada bisnis skala raksasa.

Mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
berikut ini alasan mengapa model bisnis itu penting
1. Memperjelas Fokus Bisnis
2. Sasaran Pasar Sesuai Target
3. Risiko Bisnis Gagal Lebih Kecil
4. Sudah Teruji oleh Banyak Bisnis
5. Menentukan strategi produksi
6. Menentukan pemasaran
7. Menentukan inovasi produk
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Khusnul Khotimah -
Nama : Khusnul Khotimah
NPM : 2113053122

Izin memberikan analisis video tentang "Memahami Model Bisnis Marketplace", dalam video tersebut dijelaskan bahwa membuka usaha pada Marketplace adalah membuka toko diproperti orang lain. Jadi sebaiknya kita mengatahui kepentingan dari pemilik properti tersebut dan juga kemana arah Marketplace berjalan supaya tidak menyesal dikemudian hari saat sudah bergabung dengan jualan di Marketplace.
Pada video tersebut mengangkat Toubao sebagai studio kasus model bisnis Marketplace.
Dijelaskan bahwa tahap pertama (platform-building from the ground up) yang dilakukan Toubao yaitu
1. Outcome, membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.
2. Penawaran, Teknologi jualan online ( pembayaran, infrastruktur e-commerce, logistik, review 2 arah dll)
3. Target pasar, ada 2 yaitu penjual dan pembeli.

Kemudian tahap kedua (Shift towards micro-entrepreneurs) yang dilakukan yaitu :
1. Outcome, mendidik penjual menjadi micro-entrepreneurs.
2. Penawaran melalui iklan, pembeli, edukasi bisnis.
3. Target Pasar, penjual yang ingin naik kelas.
Tahap kedua ini terjadi pada tokopedia dan bukalapak.

Kemudian tahap ketiga (growing audience is basis to new business) yang dilakukan yaitu :
1. Outcome, membantu pembisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar.
2. Penawaran, database pembeli.
3. Target pasar, bisnis skala raksasa.

Selanjutnya prediksi model bisnis ke empat yaitu :
1. Titik berat di ulteon (uang elektronik?)
2. Memberikan modal kepada penjual yang membutuhkan.
3. Memberikan microlendibg kepada pembeli yang membutuhkan.
4. Memanfaatkan insight produk yang laris.

Kesimpulannya dari video tersebut yaitu diantaranya :
1. Membangun platform dari bawah keatas.
2. Menggeser target market ke micro entrepreneur.
3. Memanfaatkan data audience yang sedang tumbuh untuk membuat bisnis yang baru. Seperti produk apa yang laku di Marketplace?
Bagaimana perilaku pembeli di Marketplace? Segmentasi dan demografi pembeli di Marketplace.
Setelah datanya cukup, maka selanjutnya data tersebut digunakan sebagai dasar untuk membuat bisnis yang baru.

Untuk pertanyaan diatas mengenai mengapa model bisnis  penting dalam memulai bisnis yaitu karena model bisnis dapat mendukung kelancaran usaha yang dijalankan. Selain itu, dengan adanya model bisnis sebuah usaha bisa lebih terencana dan terstruktur, misalnya terkait anggaran yang dibutuhkan, proses produksi dan berapa tenaga kerja yang dibutuhkan dapat dianalisis dengan baik. 

Sekian terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Niki Sasi Kirani -
Nama: Niki Sasi Kirani
NPM: 2113053027

Analisis saya mengenai video berjudul “Memahami Model Bisnis Marketplace” adalah:
Model bisnis sangat penting dalam memulai bisnis, karena agar sebuah bisnis bisa bertahan dalam jangka panjang, dan untuk mengetahui kemana arah tujuan bisnis yang akan dimulai.
Maka dari itu kita harus tahu beberapa model bisnis ini:
1. Platform-building from the ground up, disini model bisnis marketplace pertama harus membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Untuk melengkapi infastruktur, maka ada 2 sisi target pasar yaitu penjual dan pembeli. Disini 2 sisi tersebut harus bisa saling membangun sebuah kepercayaan dalam berbisnis.

2. Shift towards micro-entrepreneurs, disini bergesernya kebutuhan dari hanya penjual online menjadi mencari penghidupan secara online. Dalam arti, mencari penghasilan dari cara penjualan online. Semakin banyak penjual yang membesarkan bisnisnya di marketplace. Namun, seiring berjalan outcome berubah yaitu harus bisa memfasilitasi penjual yang ingin naik menjadi microentrepreneurs. Penawaran pada model bisnis ini berupa iklan, pembeli, dan edukasi.

3. Growing audience is basis to new business, model bisnis ini bertujuan untuk menjadi bisnis yang berskala besar. Penawarannya berupa database pembeli

Sekian, terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh NUR ANISA -
Nama : Nur Anisa
NPM   : 2153053018


Izin memberikan analisis Video You Tube “Memahami Model Bisnis Marketplace”

Alibaba berada ke-dua Marketplace terbesar di Indonesia.Perusahaan tersebut menjadi acuan untuk menentukan arah Marketplace kita. Marketplace penting karena berjualan di Marketplace mirip dengan berjualan di Mall, agar bisa bertahan dalam jangka panjang,seorang penjual harus mengetahui kemana tujuan Marketplace tempat ia berjualan.Dan prinsipnya sama seperti seseorang “menyewa” tempat jualan atau membuka toko di properti orang lain.Sebaiknya kita mengetahui kepentingan pemilik properti tersebut.Taobao merespon peluang pada tahun 2003.Awalnya Jack Ma sebagai pendiri Alibaba melihat sebuah trand meningkatnya kelas menengah dan perkembangan internet yang menjadikan kesempatan baginya,kemuadian ia membuat Taobao.Saat itu outcomenya jelas,yaitu membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.Jadi target pasar pertama Taobao terdapat dua sisi,yaitu pembeli dan penjual.Pembeli ingin dapat dengan mudah menemukan barang yang diinginkan (dibanding belanja online),bisa melakukan semua dengan cepat,naun hambatannya adalah kekurangan kepercayaan kepada penjual dan banyaknya barang-barang berkualitas rendah saat itu (KW,Aspal,refurbish mengaku baru,dll).Sedangkan penjual ingin cepat dibayar,bisa berhubungan langsung dengan pembeli,ingin bisa jualan lebih banyak,namun memiliki hambatan tidak menerima pembayaran online,infrastruktur yang belum mumpuni,dan akses ke pembeli yang sulit.Nah penawarannya pada model bisnis tahap pertama adalah teknologi pembayaran online yang mudah,review 2 arah (untuk meningkatkan kepercayaan) , dan logistik dan pengiriman.Kesimpulannya,outcome : membangun kepercayaan penjual dan pembeli serta melengkapi infrastruktur yang belum ada.Penawaran : Teknologi jualan online (pembayaran ,infrastruktur ecommerce,logistik,review 2 arah,dll).Dan target pasar : ada 2 ,yaitu penjual dan pembeli.

Terget pasar berubah menjadi trend “Micro-Enterpreneurs” (2006) dimana kondisi pada saat itu bergesernya kebutuhan dari “ hanya “penjual online menjadi “mencari penghidupan secara online”.Semakin banyak yang tadinya hanya penjual,kini membesarkan bisnisnya di Marketplace.Outcome berubah menjadi memfasilitasi penjual yang ingin ‘naik kelas’ menjadi Micro-Enterpreneurs”.Perubahan target pasar Micro-Enterpreneurs yaitu,melakukan apa yang menjadi “passion” nya penjual,yang tadinya “hanya” untuk channel jualan,sekarang untuk sumber memenuhi kebutuhan hidup.Mnjual produk,membangun brand,namun memiliki hambatan tidak mempunyai pengalaman bisnis dan pengalaman membangun pelanggan.Penawaran berubah menjadi edukasi bisnis,kebutuhan bisnis seperti mobile apps dan iklan agar produk mudah ditemukan di Marketplace serta traffic/pembeli yang terus datang.Kesimpulan tahap kedua,outcome mendidik penjual menjadi Micro-Enterpreneurs.Penawaran : iklan,pembeli,edukasi,bisnis.Dan target pasar : penjual yang ingin “naik kelas”.

Tahap ketiga Growing Auduience is Basis to New Business (2008) .Outcome tahap ketiga,yaitu memanfaatkan aset sebagai daya ungkit untuk membesarkan Taobao.Yang dimaksud dengan aset adalah data jutaan pembeli di Tiongkok.Target pasar Growing Auduience is Basis to New Business adalah bisnis skala besar.Merek besar kini bisa penetrasi ke pasar tiongkok dengan cepat melalui asetnya Taobao.Bisa dengan cepat mendatangkan traffic dan akuissi pembeli melalui Taobao.Dan pembeli menerima tawaran khusus hanya melalui Taobao.Penawaran tahap ketiga berupa aset database pembeli,mendesain penawaran khusus yang menarik ke database pembel Taobao,dan akuisisi Marketplace serta pembeli instan memancing di tambak.Kesimpulan,outcome membantu pembisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar.Penawaran : database pembeli.Target pasar : bisnis skala raksasa.

Prediksi model bisnis tahap ke-empat titik beratnya di Ultron (uang elektronik),memberikan modal kepada penjual yang membutuhkan,memberikan microlending kepada pembeli yang membutuhkan,dan memanfaatkan insight produk yang laris.Jadi kita sebagai enterpreneur menjadikan Marketplace sebagai sumber traffic,bukan sumber pemasukan.Bangun kemelekatan dengan pelanggan,membangun merek adalah salah satu cara terbaik.Dan benyak berdoa dan bersabar,sesuangguhnya pertolongan Allah ada pada sholat dan sabar. Salah satu solusi adalah Fitur Voucher yang bisa mendapatkan database pembeli diri sendiri dari Marketplace.

Sekian,terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Ida Wahyuni -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ida Wahyuni
Npm : 2113053193
Kelas : 3E

Izin memberikan analisis video bu,

Marketplace merupakan business model yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online dan biasanya menggunakan situs web ataupun aplikasi. Model bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai sumber pemasukan, termasuk dari transaksi yang dilakukan. Keberadaan marketplace memang memberikan dampak terhadap perubahan ekonomi di Indonesia. Di sisi lain banyak orang yang merasa terbantu secara ekonomi karena mudahnya jualan di marketplace. Sedangkan di sisi yang lain, marketplace juga menjadi ancaman bagi orang-orang atau lembaga yang tidak siap dan tidak mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi.
Banyak hal yang harus dipahami saat membuka bisnis marketplace yaitu :
1. Platform-building from the ground up
Disini kita belajar mengenai bisnis kita dan bagaimana cara agar bisnis tersebut sukses.
2. Shift towards micro-entrepereneurs
Disini kita akan belajar bagaimana menggeser target market atau target penjualannya. Dari target perorangan menjadi target para pengusaha kecil.
3. Growing audience is basis to new business
Mencari dan mengumpulkan data apa saja yang diperlukan dan diminati oleh konsumen dan memanfaatkan peluang yang ada. Dengan begitu kerugian membangun bisnis di marketplace akan sangat kecil.

Model bisnis sangat lah penting dalam memulai suatu bisnis atau usaha. Model bisnis membantu para pelaku usaha untuk menciptakan cara mendapatkan profit. Dengan menentukan model bisnis yang tepat, maka bisnis yang dibangun akan memiliki tujuan yang jelas. Jadi bisa tahu siapa saja konsumen yang menjadi target pasar Anda dan bagaimana proses bisnis yang harus dilakukan.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Ella septiani 2113053054 -
Nama: Ella Septiani
NPM: 2113053054

Sebelumnya izin memerikan analisis terkait vidio diatas tentang marketplaces
Baru-baru ini, Alibaba, perusahaan rakasasa e-commerce asal Tiongkok baru saja melakukan investasi senilai triliunan rupiah ke sebuah marketplace di Indonesia.Melihat bahwa dengan investasi ini, kini Alibaba ada dibalik 2 marketplace besar di Indonesia. Sudah banyak melakukan observasi terkait aksi Alibaba bahkan sejak perusahaan milik Jack Ma ini masih fokus di Taobao. Dan pada dasarnya, dua marketplace Indonesia tersebut, mirip model bisnisnya sperti Taobao di 2008. Oleh karena itu, hal ini karena akan ada pengaruhnya, terutama bagi pebisnis online di Indonesia.berjualan di online marketplace itu mirip dengan berjualan di mall. Jika penjual ingin bisnisnya berumur panjang, maka ia perlu tahu ke mana arah bisnis dari mall tempat ia berjualan. Contoh, sebagai penjual, Anda tentu tahu regulasi, perjanjian dan jam kerja di mall tempat Anda berjualan. Hal ini sama seperti bagi yang berbisnis via marketplace.
Dengan berkaca pada kisah Taobao.com terkait model bisnis e-commerce di Tiongkok, berikut ini poin-poin pentingnya:
[1] Merespon Peluang
Jadi awal mulanya, Jack Ma sebagi pendiri Alibaba, melihat peluang meningkatnya jumlah kelas menengah dan jumlah pengguna Internet di Tiongkok pada 2003. Dibuatlah Taobao.com dimana ia mememcat karyawan Alibaba untuk didorong bekerja ke Taobao bahkan disuruh membeli juga dari Taobao. Tujuannya untuk membangun kepercayaan pembeli terhadap marketplace baru ini. Ditambah, untuk melengkapi infrastruktur di Taobao.
Target pasar Taobao saat itu ada di dua sisi: Pembeli dan Penjual. Pembeli ingin mendapatkan barang dengan mudah, sedangkan penjual ingin mendapat pembayaran cepat dan berhubungan langsung dengan pembeli.
Namun ada hambatan yang terjadi, dimana pembeli kurang percaya terhadap penjual karena kurang meyakinkannya transaksi via online dan banyaknya produk-produk KW dengan kualitas rendah di sana. Di sisi penjual pun terdapat hambatan infrastruktur, minimnya akses pembayaran online dan sulitnya berkomunikasi dengan pembeli, terutama dalam pemasaran digital.
Kondisi di atas melahirkan kesimpulan model bisnis e-commerce pertama : dimana Untuk membangun kepercayaan pembeli dan penjual, dibutuhkan infrastruktur yang lebih lengkap dengan menawarkan teknologi pembayaran dan logistik untuk menunjangnya. Kepercayaan dibangun dengan review dua arah baik pembeli maupun penjual. Ditambah fasilitas transaksi online yang mudah dan aman. Di sini masyarakat Indonesia sudah paham.[2] Tren Baru, Target Pasar Baru
Tren Micro-Entrepreneur mulai pun muncul. Penjual tidak lagi sekedar jualan,tapi mengembangkan bisnisnya demakin besar dan bahkan menjadikan jualan via marketplace sebagai sumber penghidupan utama, karena besarnya jumlah uang yang bisa dihasilkan.

Dari sini, tujuan marketplace pun berubah dari sekadar tempat jualan, menjadi fasilitas untuk mendukung penjual yang ingin “naik-kelas” menjadi Micro-Entrepreneur. Sebuah target pasar baru yang tentu mengalami hambatan berupa minimnya pengalaman bisnis dan cara meningkatkan pelanggan. Kondisi ini yang coba solusinya ditawarkan oleh Taobao pada 2006 di Tiongkok.
Untuk bisa menghadapi ini, Taobao pun shifting target pasar, yang melahirkan kesimpulan bisnis model e-commerce kedua: menawarkan edukasi bisnis bagi para Micro Entrepreneur, menyediakan kebutuhan bisnis online, seperti mobile apps. Fasilitas iklan online dan juga mendatangkan traffic pembeli. Semua agar penjual bisa membesarkan bisnisnya.
[3] Menumbuhkan Audiens Adalah Kunci Bisnis Baru
Taobao saat memasuki ini sudah punya pemasukan, yaitu dari iklan di poin kedua di atas. Kondisi ini juga terjadi di marketplace Indonesia, walaupun mungkin belum sampai ke tahap profit.

Untuk poin ketiga dari model bisnis e-commerce ini, tujuannya adalah menggunakan aset perusahaan sebagai “daya angkat” untuk membesarkan Taobao. Aset di sini apa? Yaitu data jutaan pembeli via Taobao di Tiongkok bagi perusahaan-perusahaan besar. Lalu apakah data pembeli diperjualbelikan? Sama sekali tidak.
Di sini data pembeli tetap aman didalam bank data milik Taobao. Perusahaan besar yang ingin masuk ke pasar Tiongkok, bisa mempromosikan perusahaannya menggunakan jasa Taobao yang memiliki jutaan data pembeli. Pembeli pun akan mendapatkan penawaran khusus dari Taobao terkait promosi bisnis/produk perusahaan besar tersebut.
Tentu cara ini menguntungkan pmbeli yang datanya tetap aman dalam proteksi Taobao. Di sisi perusahaan besar terkait, memasuki pasar Tiongkok dapat menjadi lebih cepat dan mudah daripada memulai semuanya dari nol.
Situasi ini menghasilkan kesimpulan bisnis model ketiga: Menjadikan perusahaan besar sebagi target pasar baru dengan menawarkan promosi ke database pembeli untuk membantu mereka penetrasi ke pasar dengan mudah dan instan.Jika mengamati perkembangan bisnis model e-commerce seperti Alibaba dan Taobao di Tiongkok, kita bisa mengira-ngira rencana Alibaba dan dua marketplace-nya di Indonesia. Kira-kira akan gambarannya adalah:

Titik beratnya ada di Uang elektronik, FinTech atau e-payment
Memberikan modal kepada penjual. Penjual yang tidak punya modal, diberi modal bisnis oleh sang marketplace dan salah satu marketplace di Indonesia sudah melakukan ini.
Memberikan microlending kepada pembeli yang membutuhkan meskipun tidak bankable. Apakah ada bunganya? Tentu saja. Dan apakah ini riba? Tentu, itulah mengapa saya bilang tadi semoga prediksi ini tidak terjadi.
Memanfaatkan insight produk yang laris di marketplace tersebut. Bisa dengan memproduksi sendiri produk tersebut oleh si marketplace atau dengan menjual informasinya bagi produsen besar lain.Lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghadapi ini?
Jadikan marketplace sumber traffic, bukan sumber pemasukan.
Bangun kedekatan dengan konsumen, membangun merek adalah salah satu cara terbaik.

Sekian Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Sekar Tyas Ayu Ningrum -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Seblumnya izin memperkenalkan diri,

Nama : Sekar Tyas Ayu Ningrum
Npm : 2113053011

Izin menyampaikan analis saya mengenai video tersebut yang berjudul "memahami model bisnis marketplace"

Pada video tersebut membahas mengenai memahami model bisnis marketplace, terdapat setidaknya ada 3 hal diantaranya:

1. Membangun platform building from the ground up.
Di sini kita akan belajar bagaimana awal mula Taobao dan apa yang mereka lakukan sehingga bisa menjadi besar seperti sekarang ini.
-Outcome: Membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.
-Penawaran: Teknologi jualan online (pembayaran, infrastruktur ecommerce, logistik, review 2 arah, dll.)
-Target pasar: Ada 2, penjual dan pembeli online.

2. Shift towards micro- entrepreneurs (Menggeser target market ke micro entrepreneur).
Di sini kita akan belajar bagaimana Taobao menggeser target marketnya. Dari target market penjual dan pembeli menjadi target market pengusaha kecil. Yang tujuannya supaya orang hanya jualan lewat marketplace saja dan menggantungkan semuanya ke marketplace.
-Outcome: Mendidik penjual menjadi micro-entrepreneurs.
-Penawaran: Iklan, pembeli, edukasi bisnis.
-Target pasar: Penjual yang ingin "naik kelas".

3. Growing audience is basis to new business (Memanfaatkan data audience yang sedang tumbuh untuk membuat bisnis yang baru).
-Outcome: Membantu pebisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar.
-Penawaran: Database pembeli.
-Target pasar: Bisnis skala raksasa.
Jadi setelah Taobao berhasil menumbuhkan pengusaha kecil dalam jumlah banyak, mereka mempunyai data seperti :
-produk apa yang laku di marketplace
- bagaimana perilaku pembeli di marketplace
-segmentasi dan demografi pembeli di marketplace dan lain sebagainya.

Seperti itulah model bisnis marketplace dari Taobao dan pola yang sama sudah terjadi pada marketplace di Indonesia. Sehingga ketika ini berjalan tanpa hambatan maka pengusaha kecil yang saat ini ada di marketplace akan dilindas oleh para pemain besar. Jika itu terjadi maka pengusaha kecil tidak akan lagi punya keleluasaan lagi dan mau gak mau harus patuh terhadap kebijakan yang dibuat oleh pemilik marketplace.

Baik, Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh MASITA PUTRI KIRANA -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Masita Putri Kirana
Npm : 2113053182

Izin memberikan analisis saya mengenai video yang berjudul Memahami Model Bisnis Marketplace.
ketika kita memutuskan berjualan di marketplace . Kita perlu tahu bagaimana model bisnis marketplace yang ada saat ini . Supaya kita tidak menyesal di kemudian hari telah bergabung dan jualan di marketplace . Maka terkait hal ini , pada video ini akan mengangkat Taobao sebagai studi kasus model bisnis marketplace . Taobao diambil sebagai studi kasus karena ini punya Alibaba , dan saat ini Alibaba ada dibelakang 2 marketplace besar di Indonesia . Sehingga model bisnis marketplace ini bisa sangat relevan dengan yang ada di Indonesia . Pada video memahami model bisnis marketplace ini , setidaknya ada 3 hal yang akan kita bahas , diantaranya :
1. Membangun platform dari bawah ke atas . Di sini kita akan belajar bagaimana mula Taobao dan apa yang mereka lakukan sehingga bisa menjadi besar seperti sekarang ini .
2. Menggeser target market ke micro entrepreneur Di sini kita akan belajar bagaimana Taobao menggeser target marketnya . Dari target market penjual dan pembeli menjadi target market pengusaha kecil . Yang tujuannya supaya orang hanya jualan lewat marketplace saja dan menggantungkan semuanya ke marketplace .
3. Memanfaatkan data audience yang sedang tumbuh untuk membuat bisnis yang baru Jadi setelah Taobao berhasil menumbuhkan pengusaha kecil dalam jumlah banyak , mereka mempunyai data seperti :
- produk apa yang laku di marketplace
- bagaimana perilaku pembeli di marketplace
- segmentasi dan demografi pembeli di marketplace
- dan lain sebagainya Setelah datanya cukup , maka selanjutnya data tersebut digunakan sebagai dasar untuk membuat bisnis yang yang baru . Yaitu dengan " memberikan " datanya kepada para pemain.

mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
Jadi, model bisnis dapat membantu menciptakan cara mendapatkan profit. Dengan menentukan model bisnis yang tepat, maka bisnis yang dibangun akan memiliki tujuan yang jelas. Jadi tahu siapa saja konsumen yang menjadi target pasar dan bagaimana proses bisnis harus dilakukan.

Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh DAFFA SYIFAA NABIILAH -
Nama : Daffa Syifaa Nabiilah
NPM : 2153053016
Kelas : 3 E

Izin memberikan analisis vidio yang telah diberikan bu.

Memahami Model Bisnis Marketplace.

Kenapa penting berjualan di marketplace ? Karena dengan Berjualan di marketplace mirip dengan berjualan di mall, agar bisa bertahan dalam jangka panjang, seorang penjual harus mengetahui kemana tujuan marketplace tempat ia berjualan serta adapun Prinsip yang sama seperti seseorang “menyewa” tempat jualan atau membuka toko di properti orang lain. Sebaiknya ia mengetahui kepentingan pemilik properti tersebut.

1. Platform-building from the ground up, merupakan hal yang telah dipahami oleh mayoritas masyarakat diindonesia, maka dari itu pentinya untuk mengetahui kondisi yang mulai dialami saat ini yaitu Meningkatnya kelas menengah dan Bertumbuhnya cakupan jaringan internet.
Adapun Target pasaran pada tahap pertama dapat dilihat dari dua sisi.
Pembeli :
• Ingin dapat dengan mudah menemukan barang yang diinginkan (dibanding belanja online).
• Bisa melakukan semua yang diatas dengan cepat.
• Hambatan : kurangnya kepercayaan kepada penjual
• Hambatan : Banyaknya barang-barang berkualitas rendah saat itu (KW, Aspal, refurbish mengaku baru, dll).
Penjual :
• Ingin cepat dibayar
• Bisa berhubungan dengan pembeli
• Ingin bisa berjualan lebih banyak
• Hambatan : tidak bisa menerima pembayaran online
• Hambatan : insfrakstruktur yang belum memumpuni
• Hambatan : akses ke pembeli yang sulit

Penawaran tahap pertama :
Layanan yang ditawarkan pada model bisnis tahap pertama :
1. Teknologi pembayaran online yang mudah
2. Review 2 arah (untuk meningkatkan kepercayaan)
3. Kemudahan logisstiik dan pengiriman
kesimpulan : Outcome (membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada), Penawaran (teknologi jualan online : pembayaran, infrastruktur ecommerce, logistik, review 2 arah, dll), dan Target pasar (ada 2, penjual dan pembeli online).

Penawaran tahap kedua :
Produk yang ditawarkan pada model bisnis tahap kedua :
1. Edukasi bisnis
2. Kebutuhan bisnis seperti mobile apps.
3. Iklan, agar produk mudah ditemukan di marketplace
4. Traffic/pembeli yang terus datang.
Kesimpulan : Outcome (mendidik penjual menjadi micro-enterpreneurs), Penawaran (iklan, pembeli, edukasi bisnis), dan Target pasar (penjual yang ingin “naik kelas”).

Penawaran tahap ketiga :
Produk yang ditawarkan pada model bisnis tahap ketiga :
1. Aset, berupa database pembeli
2. Mendesain penawaran khusus yang menarik ke database pembeli taobao.
3. Akuisisi marketshare dan pembeli instan. Memancing di tambak.
Kesimpulan : Outcame (membantu pebisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar), Penawaran (database pembeli), dan Target pasar (bisnis skala raksasa)

2. Shift towards micro-enterpreneurs, maksudnya yang tadi nya adalah hanya penjual sekarang berganti ke micro-enterpreneur yang dimana target pasarnya berubah.
Adapun hal yang perlu kita lakukan didalam membangun dan mengembnagkan marketplace :
1. Jadikan marketplace sebagai sumber traffic, bukan sumber pemasukan
2. Membangun kemelekatan dengan pelanggan membangun merek adalah salah satu cara terbaik
3. Banyak berdoa dan bersabar, sesungguhnya pertolongan allah ada pada sholat dan sabar

Memulai trent “micro-enterprener :
1. Bergesernya kebutuhan dari “hanya” penjualan online menjadi “mencari penghidupan secara online” .
2. Semakin banyak yang tadinya hanya penjual, kini membesarkan bisnisnya yang marketplace.

3. Growing audience is basic to new business
Target pasar tahap kedua : Micro-enterpreneurs
• Melakukan apa yang jadi “passion” nya si penjual.
• Yang tadinya “hanya” untuk channel jualan, sekarang untuk sumber memenuhi kebutuhan hidup
• Menjual produk
• Membangun brand
• Hambatan : tidak punya pengalaman bisnis
• Hambatan : tidak punya pengalaman membangun pelanggan

Target pasar tahap ketiga : bisnis skala besar
• Merek besar kini bisa penetralisasian kepasar tiongkok dengan cepet melalui asenya taobao.
• Bisa dengan cepat mendatangkan traffic dan akuisisi pembeli melalui taobao
• Pembeli lalu menerima penawaran khusus hanya melalui taobao

Prediksi model bisnis keempat :
1. Titik berat di Ultron (Uang Elektronik)
2. Memberikan modal kepada penjual yang membutuhkan
3. Memberikan microlending kepada pembeli yang membutuhkan
4. Memanfaatkan insight produk yang laris.

1. Jelaskan mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
Jawaban :
Karena dengan Model bisnis yang dirancang didalam memulai bisnis dalam menjalankan usaha dapat membantu menentukan strategi produksi, pemasaran, serta inovasi produk. Indra menjabarkan inovasi produk dilakukan sebagai upaya para pelaku usaha untuk memperbaiki, meningkatkan, serta mengembangkan bisnis. Serta pentingnya Inovasi model bisnis diperlukan agar perusahaan dapat berkembang dan mempertahankan eksistensi perusahaan di pasar. Inovasi merupakan salah satu faktor penting dalam mendorong pertumbuhan daya saing dalam bisnis.

Sekian, Terima Kasih Ibu.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh EMA NOFITA SARI -
Nama : Ema Nofita Sari
NPM : 2113053108

izin memberikan analisis vidio mengenai " memahami model bisnis marketplace"

1. Platform-building from the ground up
Merespon peluang seperti pada komdisi ditiongkok pada saat itu meningkatnya kelas menengah, bertumbuhnya cakupan jaringan internet. Outcome nya membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Target pemasarannya terdapat dua sisi yaitu antara penjual dan pembeli. Layanan yang ditawarkan adalah dengan teknologi pembayaran online riview 2 arah serta kemudahan logistik dan pengiriman.

2. Shift towards micro-entrepereneurs
Pada tahap ini outcome berubah menjadi memfasiliyasi penjual yang ingin "naik kelas" menjadi mikro-entrepreneurs. Untuk penawarannya dilakukan melalui iklan, edukasi bisnis.

3. Growing audience is basis to new business
Pada tahap tiga ini membantu penbisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar. Penawaran yang dilakukan melakui database pembeli. Untuk target pemasarannya yaitu bisnis skala raksasa.

mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
Jadi model bisnis sangat penting dalam memulai bisnis karena dengan kita memiliki model bisnis maka akan mengurangi tingkat resiko kerugian yang dialami, serta suatu bisnis akan berjalan lebih terstruktur.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Zahra Dika Ramadhona -
Nama : Zahra Dika Ramadhona
Npm : 2113053156

Izin menganalisis Vidio
Marketplace merupakan sebuah tempat jual beli online. Marketplace bisa dikatakan juga seperti berjualan di mall. Prinsipnya pun sama yaitu (menyewa) tempat jualan atau menyewa toko diproperti orang lain.

Outcome Tiongkok pada tahun 2003 yaitu membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Target tahap pertama pasar ada dua sisi pembeli dan penjual.
Pembeli :
- Ingin mudah mendapatkan barang yang ia inginkan
Hambatannya yaitu kurang adanya rasa kepercayaan penjual terhadap apa yang ingin ia beli dan banyak barang tiruan lainnya.

Penjual :
- ingin cepat dibayar
- ingin berjualan lebih banyak
- ingin berinteraksi secara langsung dengan pembeli
Hambatan : tidak bisa membayar online, tidak terjalin infrastruktur bersama pembeli dan susah ya akses ke pembeli (tidak pandai berpromosi secara online).

Penawaran pasar pertama memberikan layanan membayar online dengan mudah, review dua arah untuk membentuk kepercayaan pembeli serta kemudahan dalam pengiriman.

Target pada kedua ( micro-entrepreneurs) yaitu melakukan apapun sesuai dengan passion si penjual, yang hanya menjadi channel jualan dapat menjadi sumber memenuhi kebutuhan hidup, menju produk,dan membangun brand.
Target ini memiliki hambatan seperti tidak memiliki pengalaman dalam berbisnis dan tidak pandai membangun pengalaman pelanggan.
Penawaran tahap kedua yang ditawarkan yaitu edukasi bisnis, kebutuhan bisnis seperti mobile aplikasi dan ikan.

Selanjutnya target pada ketiga (bisnis skala besar)
- memiliki merk besar yang dapat bersaing dengan pasar lainnya.
- dapat dengan cepat mendapatkan traffic
Penawaran tahap tiga berupa aset, mendesain penawaran khusus yang menarik di data base pembeli, dan pembeli instan

Bisnis keempat
- titik berat di ultron ( uang elektronik )
- memberikan modal kepada penju yang membutuhkan
- memberika microleadint kepada pembeli
- memanfaatkan insight produk yang laris.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Friska Aprilya Saputri -
Nama : Friska Aprilya Saputri
Npm : 2113053072

Izin menyampaikan analisis video, yaitu tentang Memahami Model Bisnis Marketplace. Dari video yang telah saya tonton, maka analisis video yang dapat saya sampaikan adalah di dalam video tersebut menjelaskan tentang bisnis Marketplace. Marketplace ini penting kita ketahui sebelum berbisnis agar bisnis yang kita jalankan dapat berkembang dengan baik. Dalam video tersebut dijelaskan beberapa tahap Marketplace, yaitu:
1. Platform-building fron the ground up
Pada tahap ini dapat membangun sebuah kepercayaankepercayaan (outcome), dapat melengkapi infrastruktur yang belum ada, dan dapat mengetahui permasalahan yang dibutuhkan antara penjual dan pembeli (target pasar).
2. Shift towards mikro-entrepreneurs
Pada tahap ini dapat mendidik penjual menjadi mikro-entrepreneurs (outcome), adanya penawaran yang dilakukan melalui iklan, pembeli dan edukasi bisnis, adanya target pasar.
3. Growing audience is basis to new bussines
Pada tahap ini membantu pembisnis mempenetrasi pasar (outcome), adanya penawaran dan target pasar pada bisnis raksasa.

Nah, dari situlah kita dapat melakukan bisnis Marketplace karena bisnis ini dapat mengajarkan kita bagaimana mengelola bisnis. Kemudian, model bisnis juga sangatlah penting karena dengan adanya model bisnis ini dapat membantu usaha kita berkembang mulai dari menentukan strategi, produksi, pemasaran, dan inovasi produk.

Sekian analisis video dari saya, Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Andriyani Merkuri -
Nama: Andriyani Merkuri
Npm: 2113053247
Ijin memberikan analisis mengenai video di atas bu.
1. Platform-building from the ground up
maksud dari platform- buillding from the ground up adalah dalam memulai market place harus adanya rasa kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. untuk mengetahuinya kita perlu apa yang dibutuhkan penjual dan pembeli.
2. Shift towards micro-entrepereneurs
dalam shift towards micro- entrepreneurs penjual diharapkan dapat nyaman dengan marketplace . dalam hal ini outcome perlu mengajarkan penjual untuk menjadi micro entrepreneurs.
3. Growing audience is basis to new business
dalam hal ini bertujuan untuk menjadi bisnis yang mempunyai skala besar.
Kemudian pada pertanyaan mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis itu karena dengan adanya model bisnis juga membuat bisnis kita berbeda dengan bisnis kompetitor. Oleh karena itu, selain menentukan produk yang ingin diciptakan, seseorang juga akan mengetahui value atau nilai apa yang akan diberikan kepada pelanggan. Dengan begitu, otomatis pelanggan akan menyukai produk atau layanan yang ditawarkan dari sebuah bisnis. Business model yang bagus tentu akan mendatangkan profit yang besar bagi suatu bisnis. Pasalnya, selain produknya disukai oleh pelanggan, ada kemungkinan investor tertarik untuk memberikan pendanaan.

Sekian terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Andini Putri Oktaviana -
Nama : Andini Putri Oktaviana
NPM : 2113053016

Izin menjawab analisis video, Bu.

"Memahami Model Bisnis Marketplace"
Marketplace merupakan tempat di mana sejumlah seller dengan produk yang berbeda-beda bisa menjual produknya. Marketplace kini sudah sangat terkenal di Indonesia, misalnya tokopedia. Dalam berjualan di marketplace artinya kita membuka toko atau market di marketplace orang lain. Maka kita harus tau apa tujuan kita berjualan disana. Model bisnis marketplace taobao.com yang digunakan yaitu;
1. Platform-building from the ground up, dengan outcome yaitu membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.
2. Shift towards micro-entrepreneurs, dengan outcome yaitu memfasilitasi penjual yang ingin naik kelas menjadi micro-entrepreneurs.
3. Growing audience is basis to new business, dengan outcome yaitu memanfaatkan aset sebagai daya ungkit uuntuk membesarkan Taobao.

Jadi dapat disimpulkan bahwa marketplace ini menggunakan model bisnis yang cukup sederhana yang dimulai dari membangun kepercayaan para penjual dan melengkapi fasilitas dalam marketplce, kemudian memfasilitasi penjual untuk menjual barang dagangannya dengan tujuan untuk menjadi micro-entrepreneur, dan tahap selanjutnya yaitu memanfaatkan aset sebaga sumber penghasilan dan memperbesar marketplace.
Lalu, mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
Business model atau model bisnis adalah konsep dasar yang dibuat dalam menjalankan bisnis. Dengan adanya model bisnis kita dapat lebih mudah menyusun strategi bisnis yang dijalani. Model bisnis dapat memudahkan entrepreneur dalam menciptakan cara mendapatkan profit. Dengan menentukan model bisnis yang tepat, maka bisnis yang dibangun akan memiliki tujuan yang jelas. Anda jadi tahu siapa saja konsumen yang menjadi target pasar Anda dan bagaimana proses bisnis harus dilakukan.

Sekian. Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Irma Tri Susanti -

Nama : Irma Tri Susanti
Npm : 211305306

Izin menganalisis mengenai video diatas, B

Model Bisnis Marketpla

Model bisnis marketplace ini penting dikarenakan supaya usaha tersebut bisa bertahan dalam jangka panjang. Kita harus tau kemana ia berjalan dan bergerak.

1. Platform-building from the ground 
Pada tahap ini kita harus mengetahui infrastruktur apa yang dibutuhkan dan harus perlu dilengkapi. Kesimpulan nya yakni membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur

2. Shift towards micro- entrepreneu
Pada tahap ini mendidik penjual untuk menjadi micro-entrepreneurs

3. Growing audience is basis to new bussines
Pada tahap ini membantu pembisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model bisnis itu penting dalam memulai bisnis dikarenakan melalui business model, sebuah perusahaan tentu dapat membuat anggaran yang tepat mengenai proses produksi, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan, dan lain-lain. Oleh karena itulah, mereka dapat mengatur keuangan dengan baik. Sebab, kebanyakan bisnis mengeluarkan uang tanpa dianggarkan, sehingga tidak bertahan lama.

Sekian, terima kasih.

Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh ADELLA SHALSABILA -
Nama : Adella Shalsabila
NPM : 2113053259
Kelas : 3E

Izin menjawab bu

Marketplace adalah business model yang mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online dan biasanya menggunakan situs web ataupun aplikasi. Model bisnis ini bisa mendapatkan keuntungan dari berbagai sumber pemasukan, termasuk dari transaksi yang dilakukan. Jika penjual ingin bisnisnya berumur panjang, maka ia perlu tahu ke mana arah bisnisnya.
1. Platform-building from the ground up (merespon peluang)
Untuk membangun kepercayaan pembeli dan penjual, dibutuhkan infrastruktur yang lebih lengkap dengan menawarkan teknologi pembayaran dan logistik untuk menunjangnya. Kepercayaan dibangun dengan review dua arah baik pembeli maupun penjual. Ditambah fasilitas transaksi online yang mudah dan aman.
2. Shift towards micro-enterpreneurs (target pasar baru saat tren baru)
Tren Micro-Entrepreneur mulai pun muncul. Penjual tidak lagi sekedar jualan,tapi mengembangkan bisnisnya demakin besar dan bahkan menjadikan jualan via marketplace sebagai sumber penghidupan utama, karena besarnya jumlah uang yang bisa dihasilkan. Untuk bisa menghadapi ini, Taobao pun shifting target pasar, yang melahirkan kesimpulan bisnis model e-commerce kedua: menawarkan edukasi bisnis bagi para Micro Entrepreneur, menyediakan kebutuhan bisnis online, seperti mobile apps. Fasilitas iklan online dan juga mendatangkan traffic pembeli.
3. Menumbuhkan audiens

Sekian, terima kasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Valentina Setiyawati 2113053024 -
Nama : Valentina Setiyawati
NPM : 2113053024

Memahami Model Bisnis Marketplace

Supaya berjualan di Marketplace bisa bertahan dalam jangka panjang, seorang penjual harus mengetahui kemana tujuan Marketplace tempat ia berjualan.
Kita juga harus tahu beberapa model bisnis, supaya kita semakin memahami bisnis. Diantaranya yaitu :
1. Platform-building from the ground up, disini model bisnis marketplace pertama harus membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Untuk melengkapi infastruktur, maka ada 2 sisi target pasar yaitu penjual dan pembeli. Disini 2 sisi tersebut harus bisa saling membangun sebuah kepercayaan dalam berbisnis.

2. Shift towards micro-entrepreneurs, disini bergesernya kebutuhan dari hanya penjual online menjadi mencari penghidupan secara online. Dalam arti, mencari penghasilan dari cara penjualan online. Semakin banyak penjual yang membesarkan bisnisnya di marketplace. Namun, seiring berjalan outcome berubah yaitu harus bisa memfasilitasi penjual yang ingin naik menjadi microentrepreneurs. Penawaran pada model bisnis ini berupa iklan, pembeli, dan edukasi.

3. Growing audience is basis to new business, model bisnis ini bertujuan untuk menjadi bisnis yang berskala besar. Penawarannya berupa database pembeli

Adapun komponen yang perlu digunakan pada model bisnis, antara lain :
1. Value proposition
2. Target pasar
3. Keunggulan kompetitif
4. Struktur biaya
5. Metrik
6. Sumber daya
7. Masalah dan solusi mengatasinya
8. Model pendapatan
9. Aliran pendapatan
9. Margin keuntungan

Terima kasih Bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Aminata Zuhriyah -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Aminata Zuhriyah
NPM: 2113053067

Izin memberikan analisis dari video youtube yang diberikan.
Memahami Model Bisnis Marketplace- Kalau Anda Jualan di Marketplace Harus Nonton Ini!

1. Hasil Analisis
Dari video yang diberikan saya menyimpulkan bahwa dalam memahami bisnis marketplace, setidaknya harus membahas 3 hal yaitu terkait dengan membangun platform dari bawah keatas. Contoh sajanTaobao yang menjadi bahasan, Taobao bisa menjadi contoh bagaimana awal mulanya merintis hingga menjadi besar seperti sekarang. Selanjutnya menggeser target market micro entrepreneur, kita akan belajar mengenai bagaimana Taobao menggeser target pasarnya. Target pasarnya dari penjual dan pembeli menjadi target market pengusaha kecil. Dan yang terakhir memanfaatkan data audience yang memang membuka bisnus baru. Ketika Taobao berhasil untuk menghadirkan pengusaha-pengusaha kecil dalam jumlah yang lumayan cukup banyak, mereka memiliki beberapa data marketplace yaitu: segementasi dan demografi pembeli di marketplace, bagaimana perilaku pembeli di marketplace, produk apa yang laku di marketplace dan sebagainya.

Setelah data dikumpulkan maka harus dilihat apakah datanya cukup atau tidak, selanjutnya data yang diperoleh ajan menjadindasar untuk membuka bisnis baru. Data ini akan diserahkan pada para pemain besar yang akan mengelolanya. Model bisnis dari Taobao dan pola marketplace yang ada di Indonesia mengikuti apa pencapaian Taobao. Jika penerapan dari Taobao tidak mengalami perubahan maka pengusaha kecil yang saat ini berada di marketplace akan dilindas, sebenarnya jika masalah ini terjadi maka pengusaha kecil tidak bisa bertahan dan tidak lalubergantung dengan marketplace.

2. Apa yang didapatkan
Yang saya dapatkan terkait bagaimana memahami model bisnis marketplace, lalu terkait posisi dari marketplace yang jelas memberikan dampak perubahan bagi Indonesia itu sendiri. Pasti semua memiliki dampak yang baik dan buruk. Misalkan saja marketplace yang memang sedang dibicarakan pasti memiliki sisi lain seperti mata uang yang berbeda. Banyak yang memang terbantu dengan marketplace ini, banyak yang merasakan ekonominya terbantu karena dipermudah jualan di marketplace, tetapi sayangnya marketplace menjadi sebuah ancaman bagi orang-orang atau lembaga yang kurang mampunatau bakan yang tidak mampu untu beradaptasi dengan perkembangan-perkembangan teknologi akibat dampaknya globalisasi.
Jika kita ingin mencoba berjualan di marketplace maka kita harus mengetahui kemana arah jalannya. Misalkan saja ketika kita ingin berjualan maka kita harus merencanakan dengan matang, bagaimana strateginya, targetnya untuk siapa, strategis atau tidak tempatnya, pemasarannya bagaimana dan sebagainya. Dan yang penting, kita sebagai penjual harus mengetahui pentingnya tempat tersebut. Begitupula ketika ingin membuka usaha di marketplace maka perlu sekali mengetahui model bisnis atau usaha marketplace yang ada saat ini. Tujuannya agar tidak menyesal pada kemudian hari.

Pada video mengangkat Taobao sebagai studi kasus model bisnis marketplace. Mengapa Taobao? Karena ini adalah bisnis milik Alibaba, dimana bisnis ini merupakan salah satu marketplace China terpopuler milik Alibaba Group, yang menjual impor murah dengan harga jual yang tinggi. Taobao Indonesia bisa membantu semua proses belanja bagi para pelanggan di Indonesia. Taobao Indonesia adalah agen atau jasa yang bisa membantu pelanggan Indonesia, mulai dari melakukan pendaftaran, pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman barang. Perlu diketahui bahwa saat ini Alibaba berada tepat dibelakang 2 marketplace besar di Indonesia, pencapaian yang luar biasa.

3. Mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
Menurut saya untuk merencanakan bisnis kedepannya. Melalui business model, sebuah perusahaan tentu dapat membuat anggaran yang tepat mengenai proses produksi, jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan sebagainya. Maka, mereka dapat mengatur keuangan dengan baik. karena pada faktanya kebanyakan bisnis mengeluarkan uang tanpa dianggarkan, sehingga tidak akan bertaham lama. Model bisnis adalah sebuah komponen dimana memiliki peran penting dalam menjalankan sebuah bisnis, dengan model bisnis maka bisnis tidak akan berjalan tanpa arah, sebab mereka sudah mengetahui apa produk yang ia ciptakan dan target pasar yang akan dituju.

Terimakasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh IRHAN ADITYA -
Nama : Irhan Aditya
Npm : 2113053183

Irhan Izin untuk menyampaikan analisis dari video, yaitu mengenai Model Bisnis Marketplace.

Setelah menyaksikan video tersebut, yang dapat saya sampaikan adalah Marketplace itu sangat penting untuk di ketahui sebelum memulai bisnis agar usaha yang akan dijalankan tersebut dapat berkembang dengan baik.
Di video tersebut telah menjelaskan tahap-tahap dari Marketplace, adalah sebagai berikut:

1. Platform-building fron the ground up.
Pada tahap ini adalah kita berusaha menarik kepercayaan (outcome), dan mengetahui permasalahan dan kebutuhan yang di perlukan oleh pembeli (target pasar)

2. Shift towards mikro-entrepreneurs
Dalam tahap ini yang dilakukan adalah menawarkan produk dengan cara iklan, edukasi bisnis dan target pasar.

3. Growing audience is basis to new bussines
Tahap terakhir adalah mendapatkan pasar ideal (outcome), yaitu penawaran serta target pasar pada bisnis raksasa.

Maka dari itulah bisnis Marketplace memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola bisnis, serta di samping Marketplace terdapat model bisnis yang juga begitu penting dalam mengembangkan usaha mulai dari inovasi, produksi, pemasaran dan strategi produk dan pemasaran.

Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Syifa Azzahra Riyadi -
Nama : Syifa Azzahra Riyadi
Npm : 2113053003

Izin memberikan analisis terhadap video diatas yang berjudul
"Memahami Model Bisnis Marketplace"

Pertama-tama kenapa sebelum kita berjualan di marketplace itu harus paham tentang model bisnisnya terlebih dahulu?
Karena sebagai pihak ketiga atau sebagai platform perantara antara penjual dan pembeli itu berarti marketplace harus sangat paham tentang bisnis apa yang penyewa properti lakukan. Maka dari itu, sebaiknya kita mengatahui kepentingan dari pemilik properti tersebut dan juga kemana arah Marketplace berjalan supaya tidak menyesal dikemudian hari saat sudah bergabung dengan jualan di Marketplace.
Tahap pertama yang dilakukan toubao yaitu :
1. Outcome, membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.
2. Penawaran, Teknologi jualan online ( pembayaran, infrastruktur e-commerce, logistik, review 2 arah dll)
3. Target pasar, ada 2 yaitu penjual dan pembeli.

Sedangkan tahap kedua:
1. Outcome, mendidik penjual menjadi micro-entrepreneurs.
2. Penawaran melalui iklan, pembeli, edukasi bisnis.
3. Target Pasar, penjual yang ingin naik kelas.
Tahap kedua ini terjadi pada e-comeerce seperti tokopedia, Shopee, bukalapak dan e-comeerce lainnya.


Sekian terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Ririn Dwiyanti -
Nama : Ririn Dwiyanti
Npm: 2153053044

izin menganalisis video yang berjudul "Memahami Model Bisnis Marketplace"
Marketplace terbesar di Indonesia.Perusahaan tersebut menjadi acuan untuk menentukan arah Marketplace kita. Marketplace penting karena berjualan di Marketplace mirip dengan berjualan di Mall, agar bisa bertahan dalam jangka panjang,seorang penjual harus mengetahui kemana tujuan Marketplace tempat ia berjualan.Dan prinsipnya sama seperti seseorang “menyewa” tempat jualan atau membuka toko di properti orang lain.Sebaiknya kita mengetahui kepentingan pemilik properti tersebut.Taobao merespon peluang pada tahun 2003.Awalnya Jack Ma sebagai pendiri Alibaba melihat sebuah trand meningkatnya kelas menengah dan perkembangan internet yang menjadikan kesempatan baginya,kemuadian ia membuat Taobao.Saat itu outcomenya jelas,yaitu membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.Jadi target pasar pertama Taobao terdapat dua sisi,yaitu pembeli dan penjual.Pembeli ingin dapat dengan mudah menemukan barang yang diinginkan (dibanding belanja online),bisa melakukan semua dengan cepat,naun hambatannya adalah kekurangan kepercayaan kepada penjual dan banyaknya barang-barang berkualitas rendah saat itu (KW,Aspal,refurbish mengaku baru,dll).

hal yang harus dipahami saat membuka bisnis marketplace yaitu :
1. Platform-building from the ground up
2. Shift towards micro-entrepereneurs
3. Growing audience is basis to new business

mengapa model bisnis penting dalam memulai bisnis?
arena model bisnis dapat mendukung kelancaran usaha yang dijalankan dan Indra menjabarkan inovasi produk dilakukan sebagai upaya para pelaku usaha untuk memperbaiki, meningkatkan, serta mengembangkan bisnis. serta memiliki peran penting dalam menjalankan sebuah bisnis, dengan model bisnis maka bisnis tidak akan berjalan tanpa arah.karena pengusaha mengetahui produk yang ia ciptakan.

sekian, terimakasih bu
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Siti Nadya Nur Amaliya -
Nama: Siti Nadya Nur Amaliya
NPM : 2113053118
Kelas 3E

Izin menyampaikan analisis video yang berjudul "Memahami Model Buisness Marketplace. "Agar berjualan di marketplace bisa bertahan lama afau jangka panjang, seseorang harus mengetahui tujuan dari marketplace tersebut.

video menganailis mengenai pao bao (Alibaba)
pao bao merespon peluang tahun 2003 dengan melihat meluasnya jaringan internet. Tahap-tahap perkembangannya :

1. paltform-building from the ground up

a. outcome yang ingin diciptakan adalah membangun kepercayaan pembeli dan meningkatkan infrastruktur yang ada
b. Penawaran
Teknologi jualan online
c. Targer pasar
pembeli dan juga penjual yang akan berjualan di marketplace secara onlin

2. Shift toward microenterpreneur

a. outcome : mendidik penjual menjadi microenterpreneur
b. penawaran : iklan, pembeli, edukasi bisnis
c. Target pasar : penjual yang ingin menjadi seorang enterpreneur

3. Growing audience is the basis to new buisness

a. outcome : membantu pebisnis raksasa melakukan penetrasi pasar
b. penawaran : dihadirkannya database pembeli
c. Target pasar : Bisnis skala raksasa

4. Prediksi model ke 4

a. Akan bergerak pada uang elektronik (cashless)
b. Memberikan modal pada calon penjual
c. Memberikan microlanding (utang) kepada pembeli
d. Memanfaatkan insight produk yang laris

Sekian
Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh SEPTIANA 21 -
Nama: Septiana
Npm: 2113053139

Septi izin memberikan analisis terkait video materi diatas. 
Setelah menonton videonya, yang dapat saya sampaikan adalah Marketplace sangat penting untuk diketahui sebelum memulai bisnis agar bisnis yang akan Anda jalankan dapat berkembang dengan baik.
Video menjelaskan langkah-langkah di Marketplace sebagai berikut:


1. Membangun pondasi usaha untuk perencanaan kedepan.
Pada tahap ini, kami mencoba untuk mengumpulkan kepercayaan (hasil) dan mengungkap masalah dan kebutuhan kebutuhan pembeli (pasar sasaran).

2. Mempersiapkan Peralihan ke pasar mikro
Pada titik ini yang dilakukan adalah menawarkan produk melalui periklanan, pendidikan bisnis dan target pasar.

3. Meningkatkan audiens sebagai fondasi bisnis.
Langkah terakhir adalah mendapatkan pasar (hasil) yang ideal, yaitu penawaran dan target pasar perusahaan raksasa.

Karena itulah Business Marketplace memberikan ilmu dan keterampilan untuk menjalankan bisnis, selain Marketplace juga terdapat model bisnis yang juga sangat penting untuk mengembangkan bisnis mulai dari inovasi, produksi, pemasaran pemasaran, produk dan strategi pemasaran.

Terima kasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh Fauriza Agustina -
Nama : Fauriza Agustina
NPM : 2153053004

Izin memberikan analisis bu..

Agar bisa bertahan dalam jangka panjang, seorang penjual harus mengetahui kemana tujuan marketplace tempat ia berjualan.

1. Platform-building from the ground up
Memanfaatkan cakupan jaringan internet. Outcomenya membangun kepercayaan (pembeli) dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Penawarannya teknologi jualan online (pembayaran, infrastruktur, e-commerce, logistik, review dua arah). Untuk target pasar ada 2, penjual dan pembeli online.

2. Shift towards micro-entrepreneurs
Target pasarnya penjual ingin "naik kelas"

3. Growing audience is basic to new business

Mengapa model bisnis penting dalam memulai usaha? Hal ini perlu diketahui oleh seseorang yang hendak membuat bisnis baru, maupun ia yang akan berkecimpung di sebuah perusahaan. Memahami model bisnis berarti pula membuka jalan untuk mengetahui bagaimana merencanakan anggaran, identifikasi produk, dan juga membangun target pasar yang tepat. Model bisnis juga menjadi titik utama dalam sebuah proses usaha yang menentukan pasar konsumen yang akan dituju. Dengan model bisnis, suatu usaha akan menemukan jalur untuk bersaing.

Terima kasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh NOVITA ANGGARWATI -
Nama : Novita Anggarwati
NPM : 2113053200

Berdasarkan video yang membahas “Memahami Model Bisnis Marketplace”, perusahaan atau bisnis marketplace adalah menyediakan platform bertemunya penjual dan pembeli, di mana pembeli bisa melihat produk apa saja yang dijual, lalu perusahaan marketplace mengambil keuntungan melalui komisi dari setiap penjualan. Dengan memahami bagaimana bisnis tersebut berjalan, maka akan memudahkan pelaku usaha dalam menjalankan usahanya lewat marketplace. Memahami marketplace juga memiliki beberapa penyebab, diantaranya; agar penjual dan pembeli mampu memahami model bisnis ini, sehingga bisnis tersebut berjalan dengan semestinya. Sebab, mempertemukan antara penjual dan pembeli secara online dan biasanya menggunakan situs web ataupun aplikasi.
Sebelum membangun sebuah bisnis marketplace, ada berapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:
1. Platform-building from the ground up
Hal pertama yang dapat dilakukan adalah bagaimana seorang pelaku usaha membangun kepercayaan serta melengkapi insfrastruktur atau sarana prasana yang belum ada. Selain itu, mencari beberapa target pasar dan apa saja yang dibutuhkan oleh pembeli. Dalam marketplace, penawaran dilakukan secara online.
2. Shift towards micro-entrepereneurs
Target kedua ini berubah ke micro-entrepereneurs, artinya penjual merasa senang yang awalnya hanya menjual sesuatu lewat “online”, dalam tahap ini penjual ada peningkatan dalam berbisnis. Mereka akan meningkatkan bisnis lewat marketplace, sehingga terjadilah sebuah usaha yang tetap lewat marketplace tersebut. Di dalam marketplace tersebut, seorang pelaku usaha yang telah “naik kelas” (target marketplace) akan memfokuskan dirinya dalam membangun sebuah brand, menjual produk yang lebih besar, dan selalu berusaha bangkit dalam memajukan bisnisnya lewat marketplace.
3. Growing audience is basis to new business
Menjual belikan data atau memanfaat data pembeli. Cara penjualan data adalah dengan cara memahami apa saja yang dibutuhkan pembeli, sehingga marketplace dengan mudah dalam mengiklankan atau mengshare produk yang telah di tawarkan oleh penjual.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh MUHAMMAD SYEKI RABIANSYAH -
Nama : Muhammad Syeki Rabiansyah
NPM : 2113053252

Izin memberikan analisis Video You Tube “Memahami Model Bisnis Marketplace”

Awalnya Jack Ma sebagai pendiri Alibaba melihat sebuah trand meningkatnya kelas menengah dan perkembangan internet yang menjadikan kesempatan baginya,kemuadian ia membuat Taobao. Saat itu outcomenya jelas,yaitu membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. Jadi target pasar pertama Taobao terdapat dua sisi,yaitu pembeli dan penjual. Pembeli ingin dapat dengan mudah menemukan barang yang diinginkan ,bisa melakukan semua dengan cepat,naun hambatannya adalah kekurangan kepercayaan kepada penjual dan banyaknya barang-barang berkualitas rendah saat itu .

Sedangkan penjual ingin cepat dibayar,bisa berhubungan langsung dengan pembeli,ingin bisa jualan lebih banyak,namun memiliki hambatan tidak menerima pembayaran online,infrastruktur yang belum mumpuni,dan akses ke pembeli yang sulit. Nah penawarannya pada model bisnis tahap pertama adalah teknologi pembayaran online yang mudah,review 2 arah , dan logistik dan pengiriman. Semakin banyak yang tadinya hanya penjual,kini membesarkan bisnisnya di Marketplace. "Outcome berubah menjadi memfasilitasi penjual yang ingin ‘naik kelas’ menjadi Micro-Enterpreneurs".

Perubahan target pasar Micro-Enterpreneurs yaitu,melakukan apa yang menjadi "passion" nya penjual,yang tadinya "hanya" untuk channel jualan,sekarang untuk sumber memenuhi kebutuhan hidup. Penawaran berubah menjadi edukasi bisnis,kebutuhan bisnis seperti mobile apps dan iklan agar produk mudah ditemukan di Marketplace serta traffic/pembeli yang terus datang. Yang dimaksud dengan aset adalah data jutaan pembeli di Tiongkok. Bisa dengan cepat mendatangkan traffic dan akuissi pembeli melalui Taobao.

Dan pembeli menerima tawaran khusus hanya melalui Taobao. Penawaran tahap ketiga berupa aset database pembeli,mendesain penawaran khusus yang menarik ke database pembel Taobao,dan akuisisi Marketplace serta pembeli instan memancing di tambak. Prediksi model bisnis tahap ke-empat titik beratnya di Ultron ,memberikan modal kepada penjual yang membutuhkan,memberikan microlending kepada pembeli yang membutuhkan,dan memanfaatkan insight produk yang laris. Salah satu solusi adalah Fitur Voucher yang bisa mendapatkan database pembeli diri sendiri dari Marketplace.

Sekian dari analisis saya bu. Terimakasih
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh WULAN ERLIANA SAFITRI -
Nama : Wulan Erliana Safitri
NPM : 2113053185

Izin memberikan hasil analisis bu,

1. Platform-building from the ground up
Disini diartikan bahwa main step dalam memulai marketplace itu dengan membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada. U

2. Shift towards micro-entrepereneurs
Maksud dari tahap dua ini adalah dimana agar para penjual di marketplace itu bisa "nyaman" dan akhirnya beralih menjadi full time job micro entrepreneurs. Maka outcomenya harus mendidik penjual untuk menjadi micro entrepreneurs, lalu untuk penawaran bisa dari iklan, juga edukasi bisnis.

3. Growing audience is basis to new business
Tahap tiga ini memiliki tujuan agar bisnis bisa berskala besar. Jadi dalam IA itu ada yang namanya personal choose yang mana IA ini bisa mengetahui apa kesukaan pengguna dan lain sebagainya dari data pencariannya dalam marketplace.

Sekian Terimakasih.
Sebagai balasan Kiriman pertama

Re: Forum Analisis Video

oleh MIFTAHUL ZANNAH RAHARJO PUTRI -
Nama : Miftahul Zannah Raharjo Putri
NPM : 2113053174

Izin memberikan analisis video "Memahami model bisnis marketplace" bu.

Jika ingin studi kasus dapat mengunjungi strategyzer.com/vpd

Berjualan marketplace mirip dengan di mall, intinya agar dapat bertahan lama penjual harus mengetahui kemana arah tujuan tempat ia berjualan.

Model taobao
1. Platform-building from the ground up (mayoritas di pakai orang Indonesia)
Outcome : Membangun kepercayaan dan melengkapi infrastruktur yang belum ada.
Penawaran : Teknologi jualan online
Target pasar : penjual dan pembeli online
2. Shift towards micro-entrepreneurs
Outcome : mendidik penjual menjadi micro-entrepreneurs
Penawaran : Iklan, pembeli, edukasi bisnis.
Target pasar : penjualan yang ingin naik kelas.
3. Growing audience is basis to New business.
Outcome : membantu pebisnis raksasa penetrasi mempenetrasi pasar.
Penawaran : Database pembeli
Target Pasar : Bisnis skala raksasa.
4. Prediksi model keempat
a. Titik berat di ultron (uang elektronik)
b. Memberikan modal kepada penjual yang membutuhkan
c. Memberikan microlending kepada pembeli yang mbutuhkan
d. Memanfaatkan insight produk yang laris.