mahasiswa berikut forum diskusi artikel 2 berikan pendapat kalian pada forum ini
Diskusi Artikel 2
Nama : Puja Lestari
Npm : 2013053011
Izin menanggapi mengenai desain pembelajaran PKN SD di kelas tinggi, yaitu pada penggunaan media visual. Pada media visual inilah siswa dapat melihat dengan menggunakan indera penglihatan mereka. Dalam hal ini siswa akan belajar dengan cara mengingat, mengucapkan kembali yang diketahui dan juga bertindak melakukan sesuatu yang benar. Benar sekali bahwasannya model belajar seperti ini akan mampu meningkatkan minat belajar siswa serta menguji kemampuan mereka. Dan juga dalam model ini tidak hanya guru yang berperan dalam pembelajaran tetapi siswa juga akan ikut aktif. Serta dapat membuat siswa berpikir kritis.
Sekian terimakasih, wassalamualaikum wr wb.
Nama: Salwa Faadhila Barmuranbi
NPM: 2013053052
Kelas: 5E
Pendapat saya mengenai artikel dengan judul “ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI” yaitu setuju dengan materi yang peneliti sampaikan. Pembelajaran PKn di kelas tinggi saat ini sangatlah tepat apabila dikombinasikan dengan berbagai media pembelajaran. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran Pkn kelas tinggi dilihat dari penggunaan mediavisual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Agar siswa merasa senang karena pembelajaran yang tercipta tidak monoton. Dan, peserta didik menjadi terlibat aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu, sebagai seorang pendidik harus berusaha melalukan perbaikan segala komponen pembelajaran meliputi model, media, pendekatan, hingga strategi dalam pembelajaran.
Sekian dan terima kasih,
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Nama : Ade Suryani
NPM : 2013053002
Kelas : 5E
Izin berpendapat, bahwa saya setuju dengan apa yang telah dijelaskan dalam artikel tersebut mengenai desain pembelajaran ini tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun juga secara kolektif yaitu dengan memiliki banyak variasi agar semua komponen dalam suatu pembelajaran dapat terakomodasi dengan baik dalam kelas terutama pada pembelajaran PKN yang mana ketika pendidik menjelaskan peserta didik akan duduk diam merasa bosan karena pembelajaran tersebut bersifat monoton dengan begitu alangkah baiknya pendidik dapat menerpakan komponen desain yang sudah dipaparkan dalam artikel tersebut sehingga pembelajaran di kelas dapat membentuk keceriaan, ketertiban, pemahaman, minat, dan semangat pada peserta didik untuk terus belajar karena adanya pembaharuan variasi yang dilakukan dalam pembelajaran.
Sekian terimakasih,
Wassalamualaikum wr wb.
Nama : Jessica Rindiani
NPM : 2013053021
izin menanggapi,berdasarkan artikel desain pembelajaran PKN pada kelas tinggi di era teknologi ini didominasi oleh penggunaan media, maka dari itu guru diharapkan memiliki kemampuan untuk:
(a) memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran,
(b) berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru,
(c) mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh siswa dari
sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas,
(d) memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari dimasyarakat,
(e) berkembang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh,
(f) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya,
(g) menerapkan prinsip belajar aktif.
Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran khususnya pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI.
sekian terima kasih
Npm : 2013053008
Mata pelajaran PKN di SD/MI adalah mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik. Mata pelajaran ini membahas banyak hal diantaranya pelaksanan pembelajaran PKN, arah dan tujuan pembelajaran, pembelajaran PKN, ruang lingkup pembelajaran PKN, model pembelajaran PKN dan media pembelajaran PKN di SD/MI dengan menggunakan pendekatan saintifk yakni kegiatan pembelajaran dengan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan dan mengkumunikasikan agar peserta didik dapat mengkonstruk pengetahuannya. Didalam pelaksanaannya siswa berperan secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga hal ini dapat mempermudah proses tranformasi pengetahuan dan nilai yang menjadi tujuan dalam pembelajaran PKN di SD/MI. Outup dari penarapan ini adalah peserta didik tidak hanya menguasai konsep Pendidikan Kewarganeraan, tetapi siswa harus mampu mengaktualisasikan pengetahuan yang didapatkan pada saat proses pembelajaran dalam kehidupannya sehari-hari sebagai warga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Nama : Sofi Cahya Fitri
Npm : 2013053028
Kelas : 5E
Izin menanggapi artikel mengenai "ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI" jadi yang saya dapatkan dari pembahasan artikel tersebut yaitu tentang Pendidikan pada masa kini di Sekolah Dasar menggunakan pembelajaran tematik.
Adapun yang dimaksud dengan pembelajaran tematik adalah sebuah model yang mengacu
pada tema yang sudah ditentukan dan dikombinasikan pula dengan kompetensi dasar
dengan sedemikian rupa yang harus dicapai. Namun alangkah lebih baik jika di tambahkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran yang dapat menambah semangat peserta didik dalam pembelajaran. Adapun beberapa bentuk desain yang dapat digunakan seperti : media visual, metode, media gambar, multimedia serta model model yang relevan. Dengan begitu peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran dan diperlukan pula skill pendidik dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan peserta didik sehingga pembelajaran dapat tersampaikan ke peserta didik dengan baik.
Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Hanifatun Nabila
NPM : 2013053012
Izin menanggapi mengenai artikel 2 Analisis Desain Pembelajaran PKN di SD/MI Kelas Tinggi.
Saya setuju mengenai yang disampaikan didalam artikel bahwa beberapa hal penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia,
pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan.
Beberapa hal diatas sangat penting diera digital saat ini. Selain memenuhi kurikulum pembelajaran, penggunaan media tersebut juga memicu rasa senang, dan juga membuat siswa lebih semangat untuk melihat, mendengarkan materi yang disampaikan lewat media tersebut. Dengan media tersebut juga memicu siswa untuk kreatif bahwa setiap manusia itu berkembang jadi ketika nanti ketika mereka sudah besar mereka juga harus mampu membuat perubahan yang lebih baik untuk dunia pendidikan maupun yang lainnya. Harus semakin maju dan bermanfaat bagi manusia lain. Harus melek teknologi dan juga tetap mempertahankan nilai-nilai sosial budayanya.
Sekian, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Sekian, Terimakasih..
Nama : Veronika Aprilia Dasilva
NPM :2013053014
Kelas : 5 E
Izin memberikan pendapat pak,desain pembelajaran PKN SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun
beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas
tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia,
pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang
baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki
banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas.Semua komponen penting itu
harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada
jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn
menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama. Perbaikan dalam pembelajaran ketika
menerapkan seluruh komponen dapat membentuk keceriaan, ketertiban,
pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang
disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran.
Npm:2013053015
Izin menaggapi artikel tersebut, benar adanya bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat mempengaruhi ingatan siswa akan mata pelajaran yang telah dilaluinya, ditambah lagi jika media tersebut disajikan dengan bentuk yang menarik dan akan memberikan rasa senang kepada siswa itu sendiri sehingga akan berkesan pada siswa tersebut dan menunjang keberhasilannya dalam memahami materi yang disampaikan. Tuntutan terhadap media pembelajaran pun bukan hanya satu, melainkan ada tiga tuntutan yang harus dipenuhi oleh media pembelajaran agar media tersebut dapat memunculkan motivasi diri siswa dalam mengikuti pembelaharan yang diberikan dikelas atau pada jam pelajaran.
Nama : Novita Sari
Npm : 2013053029
Kelas : 5E
Izin menanggapi terkait artikel kedua mengenai ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI.berdasarkan artikel kedua yang telah saya baca , saya setuju bahwasannya Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan pada artikel tersebut. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada era teknologi informasi sekarang ini sangat berkorelasi dengan ketersediaan informasi yang semakin bervariasi dan tersedia dalam berbagai bentuk dan dalam waktu yang relatif cepat. Dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perkembangan tersebut membuat pergeseran peran guru. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran. di mana guru dituntut untuk dapat bekerja secara profesional, mengajar secara profesional sistematis, dan berdasarkan prinsip pembelajaran yang efektif dan efisien, Artinya, guru dapat merekayasa media pembelajaran tersebut sehingga menjadi sebuah proses belajar sebagai pengalaman pengalaman bagi siswa. Sehingga guru diharapkan memiliki kemampuan untuk berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru, menerapkan prinsip belajar aktif, memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya,dan memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia,pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Sehingga guru tidak akan lagi monoton dalam mengajar. ditambah lagi jika media,metode,pendekatan,serta model tersebut disajikan dengan yang menarik dan akan memberikan rasa senang kepada siswa itu sendiri sehingga akan berkesan pada siswa tersebut dan menunjang keberhasilannya dalam memahami materi yang disampaikan.
Sekian terimakasih
Wassalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Fitrya Dwi Rahmadhani
NPM : 2013053026
Izin menggapi terkait Artikel 2 yang berjudul "ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI". Saya setuju terkait pendapat penulis bahwasannya desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran di atas. Sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama. Perbaikan dalam pembelajaran ketika menerapkan seluruh komponen di atas dapat membentuk keceriaan, ketertiban, pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran.
Nama : Shofia Habibah
Npm : 2013053011
Izin menanggapi mengenai desain pembelajaran PKN SD di kelas tinggi, yaitu pada penggunaan media visual. metode, media bergambar, multimedia,
pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan.
Beberapa hal diatas sangat penting diera digital saat ini. Selain memenuhi kurikulum pembelajaran, penggunaan media tersebut juga memicu rasa senang, dan juga membuat siswa lebih semangat untuk melihat, mendengarkan materi yang disampaikan lewat media tersebut.
Dengan begitu peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran dan diperlukan pula skill pendidik dalam proses pembelajaran sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan peserta didik sehingga pembelajaran dapat tersampaikan ke peserta didik dengan baik.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Shela Febriani
NPM : 2013053032
Kelas : 5E
Izin memberikan pendapat mengenai artikel yang telah disajikan.
Menurut saya, Kemajuan teknologi telah memberikan beberapa kelebihan karena dapat digunakan hampir di semua bidang kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan utama selama proses pembelajaran. Dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perkembangan tersebut membuat pergeseran peran guru. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran. Peran guru dalam konteks pembelajaran mengalami perubahan, di mana guru dituntut untuk dapat bekerja secara profesional, mengajar secara profesional sistematis, berdasarkan prinsip pembelajaran yang efektif dan efisien, Artinya, guru dapat merekayasa media pembelajaran tersebut sehingga menjadi sebuah proses belajar sebagai pengalaman pengalaman bagi siswa. Guru diharapkan memiliki kemampuan untuk:
(a) memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran
(b) berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru
(c) mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh siswa dari sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas
(d) memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari di masyarakat
(e) berkembang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh
(f) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya
(g) menerapkan prinsip belajar aktif.
Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran Pkn kelas tinggi dilihat dari penggunaan mediavisual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Berdasarkan hal tersebut dapat dilihat bahwa desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini.
Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran yang telah disebutkan.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
NPM : 2013053031
Pada artikel di samping membahas "ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI" dimana pentingnya mendesain pembejarajaran PKN SD kelas tinggi. Karena dengan mendesain pembejarajaran yang tepat untuk kelas tinggi akan menjadikan bekal untuk peserta didik dikelas tinggi untuk mengikuti jenjang berikutnya. beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia,
pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang
baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki
banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu
harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Sehingga guru akan lebih monoton sehingga peserta didik akan bosan mengikuti kegiatan pembelajaran yang berlangsung.
Nama : Azzahra Addinu Nayla
NPM : 2013053037
Izin berpendapat mengenai artikel 2,
Peran guru dalam konteks pembelajaran mengalami perubahan, di mana guru dituntut untuk dapat bekerja secara profesional, mengajar secara profesional sistematis, berdasarkan prinsip pembelajaran yang efektif dan efisien, Artinya, guru dapat merekayasa media pembelajaran tersebut sehingga menjadi sebuah proses belajar sebagai pengalaman pengalaman bagi siswa. Guru diharapkan memiliki kemampuan untuk: (a) memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran, (b) berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru, (c) mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh siswa dari sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas, (d) memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari di masyarakat, (e) berkembang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh, (f) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya, (g) menerapkan prinsip belajar aktif.
Adapun beberapa desain pembelajaran untuk pembelajaran PKn di SD/MI kelas tinggi seperti penjelasan di atas bahwa dominasi dari desain pembelajaran PKn kelas tinggi berupa media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran Pkn kelas tinggi dilihat dari penggunaan mediavisual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Hal ini dipaparkan di bawah sebagai berikut:
1. Menggunakan Model Visual
2. Menggunakan Metode Tanya Jawab
3. Menggunakan Metode Gambar
4. Menggunakan Multimedia
5. Menggunakan Model Course Review Horay
6. Menggunakan Metode Diskusi
Berdasarkan pemaparan di atas dapat dipahami bahwa desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan.
Sekian Terima kasih
Nama : Desvi Lenais Putri
NPM : 2013053010
Izin menanggapi,
Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mengetahui segala hal yang mencakup akan dirinya dan juga negaranya. Pada akhirnya, siswa akan diminta untuk menerapkan nilai-nilai dari mata pelajaran ini. Contohnya saja pada tema identitas nasional yang berarti identitas dari bangsa Indonesia yaitu pancasila. Dengan mengimplementasikan pancasila di kehidupan sehari-hari maka siswa berarti telah menunjukan identitas bangsa negaranya. Namun dalam hal ini, upaya untuk menerapkan PKn di kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang mudah, oleh karena itu perlu bagi tenaga didik untuk menyiapkan desain pembelajaran PKn agar para siswa menikmati pelajaran tersebut dan memudahkan mereka untuk menerapkan kandungan dari nilai-nilai mata pelajaran PKn. Penulisan ini menggunakan metode studi literatur. Desain Pembelajaran PKN di SD/MI Kelas Tinggi dilihat dari penggunaan mediavisual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Yaitu :1) menggunakan media visual, 2) metode tanya jawab, 3) penggunaan media gambar, 4) penggunaan multimedia, 5) pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, 6) model course review horay dengan penggunaan power point, 7) penggunaan media pembelajaran, 8) penggunaan metode diskusi, 9)strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle.
Sekian dan terima kasih.
Npm : 2013053038
Izin menanggapi terkait artikel kedua mengenai ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI.berdasarkan artikel kedua yang telah saya baca , saya setuju bahwasannya untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, maka diperlukan sebuah desain yang menarik dan menyenangkan bagi siswa., salah satu contohnya yaitu dengan menggunakan Teknologi. Kemajuan teknologi telah memberikan beberapa kelebihan karena dapat digunakan hampir di semua bidang kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan utama selama proses pembelajaran. Dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perkembangan tersebut membuat pergeseran peran guru. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama. Tanpa terkecuali didalam pembelajaran PKN SD dimana didalam desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi telah didominasi oleh media teknologi, seperti penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan yang di harapkan dapat membentuk keceriaan, ketertiban, pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran.
Sekian dan Terimakasih
Nama : Desni Lia Pramesti
Npm : 2013053057
Izin menanggapi Pak, terkait dengan desain pembelajaran PKn di kelas tinggi, Penggunaan media pembelajaran akan membantu efektivitas proses pembelajaran dalam menyampaikan pesan dan isi pelajaran, selain itu pendidik juga harus memperhatikan metode yang relevan agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Pada era sekarang ini proses pembelajaran banyak melibatkan media pembelajaran yang menarik agar dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Kemudian saat pembelajaran PKn SD di kelas seorang pendidik juga hendaknya mampu menciptakan proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan, mengapa demikian karena ketika pendidik mampu mendesain proses pembelajaran dengan baik maka materi akan tersampaikan dengan baik pula kepada peserta didik. Pada kelas tinggi pembelajaran PKn SD banyak dengan menggunakan diskusi, ya metode tersebut sangatlah cocok di berikan kepada peserta didik kelas tinggi dikarenakan seusia mereka sudah bisa dilatih tentang bagaimana berdiskusi dengan teman sekelasnya menyampaikan pikiran pikiran dan ide ide kritis mereka masing-masing, dengan begitu mereka akan aktif bersama dengan teman sekelasnya membahas materi pembelajaran yang sedang dipelajarinya dan ketika mereka belajar bersama dengan temannya maka mereka akan melakukan proses pembelajaran secara aktif dan tidak monoton sehingga proses pembelajaran akan terasa menyenangkan.
Sekian terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053025
Izin menanggapi terkait artikel yang berjudul "Analisis Desain Pembelajaran PKN Di SD/MI Kelas Tinggi", Pembelajaran PKn selayaknya dapat membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan intelektual yang memadai serta pengalaman praktis agar memiliki kompetensi dan efektvitas dalam berpartisipasi. Oleh karena itu, ada dua hal yang perlu mendapat perhatian guru atau calon guru dalam mempersiapkan pembelajaran PKn di kelas, yakni bekal pengetahuan materi pembelajaran dan metode atau pendekatan pembelajaran. Adapun beberapa desain pembelajaran untuk pembelajaran PKn di SD/MI kelas tinggi bahwa dominasi dari desain pembelajaran PKn kelas tinggi berupa media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran Pkn kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta
model-model yang relevan.
Nama : Indah Aprilia Akmal
NPM : 2013053033
Kelas : 5E
Izin menanggapi mengenai artikel 2 yang berjudul “Analisis Desain Pembelajaran PKN di SD/MI Kelas Tinggi”,
Pendidikan pada masa kini di Sekolah Dasar menggunakan pembelajaran tematik. Pada Era sekarang peran guru mengalami pergeseran dikarenakan semakin berkembangnya kemajuan teknologi. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran. Guru diharapkan memiliki kemampuan untuk: (a) memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran, (b) berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru, (c) mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh siswa dari sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas, (d) memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari di masyarakat, (e) berkembang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh, (f) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya, (g) menerapkan prinsip belajar aktif.
Diharapkan guru dapat menerapkan desain pembelajaran yang beragam. Sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama.
Terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Herma zuliyanti
Npm : 2013053053
Izin memberikan tanggapan terkait artikel 2 dengan judul ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI . Pada era digital seperti saat ini teknologi informasi sekarang ini sangat berkorelasi dengan ketersediaan informasi yang semakin bervariasi dan tersedia dalam berbagai bentuk dan dalam waktu yang relatif cepat. Kemajuan teknologi telah memberikan beberapa kelebihan karena dapat digunakan hampir di semua bidang kehidupan manusia, salah satunya dalam bidang pendidikan utama selama proses pembelajaran. Dengan pesatnya perkembangan media informasi dan komunikasi, baik perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software).Perkembangan tersebut membuat pergeseran peran guru. Guru tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran. perlu diketahui bahwa Desain pembelajaran PPKn merupakan sebuah rancangan atau proses pembelajaran kebutuhan dan tujuan belajar serta sebuah system penyampainnya sehingga menjadi acuan dalam pelaksanaanya untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang efektif dan efisien agar dapat mempermudah peserta didik dalam menerima dan memahami pelajaran. Oleh sebab itu perlunya desain pembelajaran yang cocok untuk peserta didik agar proses belajar mengajar dapat tercapai dengan baik. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa dapat dipahami bahwa desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia,pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI.
Mungkin itu saja tanggapan saya terkait artikel 2.Terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053056
Izin menanggapi pak, artikel yang berjudul "ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI" dapat diketahui bahwa Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan peserta didik untuk mengetahui segala hal yang mencakup akan dirinya dan juga negaranya. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan membantu efektivitas proses pembelajaran dalam menyampaikan pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Peran pendidik dalam konteks pembelajaran mengalami perubahan dimana pendidik dituntut untuk dapat bekerja secara profesional mengajar secara profesional sistematis berdasarkan prinsip pembelajaran yang efektif dan efisien artinya mereka ya sama media pembelajaran tersebut sehingga menjadi sebuah proses pembelajaran yang sebagai pengalaman bagi peserta didik. Pendidik diharapkan memiliki kemampuan untuk a. Memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran, B. Berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru, C. Mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh peserta didik dari sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat, e. Mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh f. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya, g. Menerapkan prinsip belajar aktif.
Adapun beberapa desain pembelajaran untuk pembelajaran PKn di SD/MI kelas
tinggi seperti penjelasan di atas bahwa dominasi dari desain pembelajaran PKn kelas tinggi
berupa media yang kompatibel pada era saat ini. Adapun beberapa yang penting untuk
dipaparkan terkait desain pembelajaran Pkn kelas tinggi dilihat dari penggunaan
mediavisual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, serta
model-model yang relevan.
Sekian, terima kasih.
Nama : Dinda Ayu Muslimah
NPM : 2013053009
Izin menanggapi artikel kedua di atas, saya setuju bahwa dalam penerapan pembelajaran PKn di SD alangkah baiknya menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran. Desain pembelajaran dapat dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di kelas. Guru tidak hanya harus berfokus pada satu desain saja, tapi dapat menggunakan semua desain pembelajaran agar pembelajaran dapat menarik perhatian peserta didik. Jika pembelajaran menarik perhatian peserta didik, maka mereka akan mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Ini terbukti di lapangan ketika peserta didik sudah mulai bosan dengan pembelajaran, guru dapat menggunakan desain yang lain. Ini juga akan menjadi salah satu solusi guru agar pembelajaran tidak monoton bagi peserta didik.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Npm : 2013053020
Izin menanggapi
Pendidikan kewarganegaraan mengajarkan siswa untuk mengetahui segala hal yang mencakup akan dirinya dan juga negaranya. Pada akhirnya, siswa akan diminta untuk menerapkan nilai-nilai dari mata pelajaran ini. Contohnya saja pada tema identitas nasional yang berarti identitas dari bangsa Indonesia yaitu pancasila. Dengan mengimplementasikan pancasila di kehidupan sehari-hari maka siswa berarti telah menunjukan identitas bangsa negaranya.
1) menggunakan media visual,
2) metode tanya jawab,
3) penggunaan media gambar,
4) penggunaan multimedia,
5) pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan,
6) model course review horay dengan penggunaan power point,
7) penggunaan media pembelajaran,
8) penggunaan metode diskusi,
9) strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle.
Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu
harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Sehingga guru akan lebih monoton sehingga peserta didik akan bosan mengikuti kegiatan pembelajaran yang berlangsung.
Assalamu'alaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Demas Arya Guna
NPM : 2013053007
Pendidikan Kewarganegaraan mengajarkan peserta didik untuk mengetahui segala hal yang mencakup akan dirinya dan juga negaranya. Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan membantu efektivitas proses pembelajaran dalam menyampaikan pesan dan isi pembelajaran pada saat itu. Peran pendidik dalam konteks pembelajaran mengalami perubahan dimana pendidik dituntut untuk dapat bekerja secara profesional mengajar secara profesional sistematis berdasarkan prinsip pembelajaran yang efektif dan efisien artinya mereka ya sama media pembelajaran tersebut sehingga menjadi sebuah proses pembelajaran yang sebagai pengalaman bagi peserta didik. Pendidik diharapkan memiliki kemampuan untuk
a) Memanfaatkan sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran,
b) Berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru,
c) Mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh peserta didik dari sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari masyarakat,
d) Mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh
e) Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai kemampuannya,
f) Menerapkan prinsip belajar aktif.
Nama : Astrit Ardiana Lestari
Npm : 2013053055
Kelas : 5E
Izin memberikan pendapat, pendapat saya mengenai artikel ini yang membahas mengenai "Analisis Desain Pembelajaran PKN di SD/MI Kelas Tinggi". Saya sangat setuju dengan apa yang sudah disampaikan oleh peneliti bahwasannya pembelajaran PKN SD di kelas tinggi pada saat ini sangat pas dan cocok bila dikembangan dengan berbagai media dalam proses pembelajarannya. Pendidik dituntut tidak hanya berfokus pada metode dan model pembelajaran saja namun juga harus menggunakan media yang tentunya inovatif serta kreatif dalam menyampaikan materi. Hal tersebut perlu dilakukan agar pembelajaran terasa menarik, dan tidak monoton. Tidak hanya itu, peserta didik akan termotivasi serta bersemangat untuk mengikuti pembelajaran. Dengan menerapkan komponen desain pembelajaran seperti yang dipaparkan di dalam artikel, maka akan terciptanya pembelajaran yang ceria, tertib, pemahaman bagus, dan minat serta semangat peserta didik pun akan meningkat.
Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarabakatuh
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023
Izin menanggapi artikel dengan judul “ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI”. Pembelajaran ditengah kemajuan zaman termasuk teknologi yang berkembang perlu sekali dikolaborasikan dengan pembelajaran. Penggunaan media pada proses pembelajaran seperti media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan dapat menambah antusiasme siswa terhadap proses pembelajaran. Selain itu juga dengan penggunaan teknologi yang mendominasi pada era teknologi ini pendidik juga diharapkan memiliki kemampuan untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada di lingkungan secara optimal, mengembangkan ide baru, menerapkan prinsip belajar aktif, dan memberi kesempatan kepada siswa untukberkembang optimal secara bertahap sesuai dengan kemampuannya.
NPM : 2013053035
Izin menanggapi pada artikel 2, bahwasanya dalam artikel tersebut yang dimana terkait dengan desain pembelajaran PKN SD di kelas tinggi, desain pembelajaran sendiri dapat dikatakan sebagai praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Nah dalam hal tersebut media dan teknologi itu sangat diperlukan untuk membantu pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran, yang dimana dalam hal ini sebagai pendidik juga dituntut untuk dapat memanfaatkan sumber belajar dilingkungan kemudian memilih media yang kreatif yang disusun sedemikian rupa agar proses pembelajaran dapat berjalan secara optimal. Selanjutnya didalam artikel juga membahas desain pembelajaran PKN SD di kelas tinggi sendiri dikaitkan dengan penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model pembelajaran yang relevan. Akan tetapi desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran, jadi dalam hal ini penggunaan media dan metode jangan dijadikan sebagai titik acuan yang mendasar dalam melaksanakan proses pembelajaran tetapi harus dipadukan agar seimbang. Jadi penggunaan media sebagai desain dalam pembelajaran itu sangat penting dilakukan oleh pendidik agar pembelajaran yang disampaikan dapat menarik perhatian dan mengajak peserta didik untuk lebih fokus lagi terhadap materi yang disajikan atau juga agar menambah rasa keingintahuan peserta didik dalam dari materi yang dipaparkan oleh pendidiknya.
Sekian dan terimakasih
Nama : Ninda Nirmala Septiani
Npm : 2013053047
Izin menanggapi artikel 2 yang berjudul "ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI", setelah saya membaca artikel tersebut ada beberapa desain pembelajaran untuk pembelajaran PKn di SD/MI kelas tinggi antaralain, desain pembelajaran PKn kelas tinggi berupa media yang kompatibel pada era saat ini. Ada hal yang penting terkait desain pembelajaran Pkn kelas tinggi dilihat dari penggunaan mediavisual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Hal ini dipaparkan dapat dipaparkan antara lain, menggunakan media visual, metode tanya jawab, penggunaan media gambar, penggunaan multimedia, pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Model course review horay dengan penggunaan powerpoint, Penggunaan media pembelajaran, Penggunaan metode diskusi, Strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memilikibanyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran di atas. Sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama. Perbaikan dalam pembelajaran ketika
menerapkan seluruh komponen di atas dapat membentuk keceriaan, ketertiban, pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran. Desain Pembelajaran PKn Tematis adalah desain materi pembelajaran yang disusun oleh sebuah tim yang dapat melibatkan guru atau tidak perlu melibatkan guru yang mana model pembelajaran itu menggunakan tema tertentu sebagai titik sentral pembelajaran yang mengakomodasikan berbagai kompetensi dasar yang harus dicapai dari satu mata pelajaran atau beberapa mata pelajaran. Oleh karna itu, desain pembelajaran pkn di sd sangat penting dengan ada nya desain pembelajaran pkn yang lebih inovatif dan kreatif di sd guru bisa mengembangkan dan menyampaikan materi pkn tersebut dengan bai, agar siswa dapat informasi memahami pelajaran pkn yang di jelas kan oleh pendidik bisa di pahami oleh peserta didik nya.
Sekian dan terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya,
Nama: Elsyah Kurnia
Npm: 2013053044
Kelas: 5E
Izin menanggapi artikel dengan judul "ANALISIS DESAIN PEMBELAJARAN PKN DI SD/MI KELAS TINGGI". Menurut saya, penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan sangat penting untuk dilakukan dalam pengembangan pembelajaran termasuk pembelajaran PKn. Berbagai hambatan kegiatan belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya minimnya minat siswa dalam menyerap materi pelajaran, serta kurangnya siswa pemahaman dalam menerima materi yang disajikan. Ini karena guru hanya menggunakan metode ceramah atau metode yang tidak bervariasi dalam mengajar. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran sehingga dapat menarik minar peserta didik untuk belajar. Jadilah pendidik yang mengutamakan kebutuhan serta keinginan peserta didik namu tetep terarah sesuai dengan yang diharapkan setelah diberikannya pembelajaran.
Terima kasih,
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Izin memperkenalkan diri
Nama : Fajrin Hana Hamidah
Npm : 2013053016
Izin menanggapi terkait mengenai artikel yang telah disajikan pada forum diskusi dengan judul artikel "Analisis Desain Pembelajaran PKN Di SD/MI Kelas Tinggi"
Dalam hal ini diperlukan pengembangan desain pembelajaran yang menarik, menyenangkan bagi peserta didik contohnya dengan menggunakan desain pembelajaran berbasis teknologi agar dapat menarik minat belajar mereka. Dengan hal ini mereka akan mengenal mengenai dirinya dan cakupan yang lebih luas mengenai negaranya. Pada hakikatnya pembelajaran PKN merupakan mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan (PKn) yang mempunyai fungsi sebagai sarana untuk dapat membentuk peserta didik menjadi warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya, berkomitmen setia kepada bangsa dan negara Indonesia dengan merefleksikan diri sebagai warga negara yang cerdas, terampil
dan berkarakter sesuai dengan amanat Pancasila dan UUD 1945.Tujuan utama dalam pendidikan kewarganegaraan adalah untuk dapat menumbuhkan wawasan dan kesadaran bernegara, sikap serta perilaku yang cinta tanah air dan bersendikan pada kebudayaan bangsa, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri para calon-calon penerus bangsa yang sedang dan mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuaan
dan teknologi serta seni.
Pembelajaran yang dilakukan pada era modern seperti sekarang ialah menggunakan pembelajaran tematik yang mengacu pada tema yang sudah ditentukan dan dikombinasikan pula dengan kompetensi dasar dengan sedemikian rupa yang harus dicapai dimana dalam pembelajaran ini menuntut peserta didik untuk dapat belajar lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan PKn SD ini didasarkan atas prinsip-prinsip Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM). Prinsip-prinsip ini diharapkan dapat
mempermudah daya serap materi mata pelajaran PKn terutama dalam penilaian ranah afektif, kognitif dan psikomotor secara simultan.
Di era yang serba digital dan menggunakan teknologi membuat pendidikan juga ikut mendesain dalam kegiatan pembelajarannya dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) seperti menggunakan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perkembangan tersebut membuat pergeseran peran pendidik. Pendidik tidak lagi berperan sebagai satu-satunya sumber informasi dalam proses pembelajaran. Sehingga proses pembelajaran yang dilakukan tidak monoton dan juga membosankan.
Peran pendidik dalam konteks pembelajaran yang mengalami perubahan, di mana pendidik dituntut untuk dapat bekerja secara profesional, mengajar secara profesional sistematis, berdasarkan pada prinsip pembelajaran yang efektif dan efisien, Artinya, pendidik dapat merekayasa media pembelajaran tersebut sehingga menjadi sebuah proses belajar sebagai pengalaman-pengalaman bagi peserta didik. Pendidik diharapkan memiliki kemampuan untuk: (a) memanfaatkan
sumber belajar di lingkungan secara optimal dalam proses pembelajaran, (b) berkreasi dan mengembangkan ide-ide baru, (c) mengurangi pengetahuan seseorang diperoleh peserta didik dari sekolah dengan ilmu yang akan diperoleh kemudian di komunitas, (d) memperjelas relevansi dan relevansi subjek bidang ilmu dengan kebutuhan sehari-hari di masyarakat, (e) berkembang pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik secara bertahap dan utuh, (f) memberikan kesempatan kepada siswa untuk dapat berkembang secara bertahap optimal sesuai dengan kemampuannya, (g) menerapkan prinsip belajar aktif.
Terkait mengenai desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia,
pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki
banyak variasi. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen dari desain pembelajaran di atas. Sehingga pendidik tidak akan monoton.
Sekian, terimakasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama: Hanifa Cahaya Putri
NPM: 2013053042
Kelas: 5E
Izin menanggapi mengenai artikel "Analisis Desain Pembelajaran PKN di SD/MI Kelas Tinggi"
Pada artikel tersebut saya setuju dikarenakan sudah sangatlah tepat yang dimana di kelas tinggi guru mengkombinasikan dengan berbagai macam media pembelajaran. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Sehingga kegiatan pembelajaran tidak monoton dan menyenangkan untuk diikuti oleh peserta didik.
Sekian dan terima kasih,
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Npm : 2013053030
Izin menanggapi artikel 2 pak.
Dalam artikel yang bertajuk "Analisis Desain Pembelajaran PKn di SD/MI Kelas Tinggi", saya setuju dengan isi artikel tersebut. Dimana dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa dalam zamam era globalisasj saat ini, peran guru dituntut untuk berubah dan bergerak mengikuti perkembangan zaman. Guru dituntut untuk bisa mendesain media pembelajaran yang kreatif dan inovatif namun tetap sesuaj dengan kebutuhan para peserta didik.
Pada kenyataannya, penggunaaan media pembelajaran membuat peserta didik lebih memahami materi dan fokus terhadap pembelajaran yang disajika. Karena dalam pelaksanaannya pembelajaran dengan menggunakan media media ini akan menarik minat siswa untuk belajar dan tidak monoton dalam belajar, sehingga siswa fokus dan lebih memahami isi materi pelajaran tersebut.
Penggunaan media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan
membantu efektivitas proses pembelajaran dalam menyampaikan pesan dan isi pelajaran saat itu. Menurut Gagne dalam Siregar dan Nara selain dapat membangkitkan motivasidan minat siswa, jenis-jenis media yang digunakan dalam proses pembelajaran cukup beragam, nilainya sederhana media ke media yang kompleks dan canggih.
Diharapkan perlahan seorang pendidik dapat memanfaatkan era globalisasi ini dengan baik dan terus mengembangkan desain pembelajaran di kelas apalagi untuk tingkat Sekolah Dasar agar pembeljaaran tidak berkesan monoton.
Sekian terimakasih.
Nama : Nurma Yunita
Npm : 2013053024
Izin menanggapi terkait artikel tersebut,
Banyak terdapat model model yang menarik dan masing masingnya memiliki keunggulan dan kekurangannya. Namun yang paling pertama diperhatikan yaitu memperhatikan yaitu yang diperlukan bagi peserta didiknya. Seorang pendidik harus memahami karakter yang terdapat pada peserta didiknya kemudian baru menentukan jenis model atau metode yang cocok digunakan guna mendukung pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran. Dan seperti yang sudah dikatakan bahwa Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran khususnya pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI.
Sekian, terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Ilham Ramadhan
NPM : 2013053043
Izin menanggapi, Pak
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam artikel 2, dapat dipahami bahwa desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini. Namun dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan, desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran di atas. Sehingga guru tidak akan monoton dalam menyampaikan materinya.
Terima Kasih Pak, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Npm : 2013053044
Menanggapi pengembangan pembelajaran PKN SD yang sudah baik dan perlu dikembangkan oleh guru di sekolah dasar untuk kelas tinggi itu ialah pembentukan karakter karena semakin di zaman ini anak-anak sudah mulai mengenal internet dikarenakan itu anak-anak sudah mulai atau dapat menimbulkan karakter yang tidak baik. Dan Desain Pembelajaran Tematik terpadu Berbasis Kebutuhan Belajar Siswa ini baik karena memenuhi kriteria model desain pembelajaran yang baik, dan mendapat respon positif dari ahli, guru maupun siswa. Sehingga sudah dapat digunakan oleh
guru sebagai pedoman untuk mengembangkan model desain pembelajaran tematik yang lain.
Nama : Nilam Dwi Septiyani
NPM : 2013053019
Izin menanggapi, Pak
Mengutip dari penelitian yang dilakukan oleh penulis dalam artikel 2, dapat dipahami bahwa desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi didominasi oleh media yang kompatibel pada era saat ini. Namun dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan, desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus tercampur dan dapat berkombinasi dengan baik dalam proses pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran di atas. Hal ini dilakukan kembali dengan tujuan agar informasi atau pembelajaran dapat dilakukan secar efektif dan efisien, sehingganya semua minat dan bakat yang terdapat pada masing masing individu peserta didik dapat dikertahui dan kemudian diolah sehingga menjadi "lancip"
Terima Kasih Pak, Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Assalamualaikkum, izin memperkenalkan diri.
Nama : Ellen Kumala Dewi
Npm : 2013053050
Izin menjawab:
Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan penulis, alasan yang menjadi dasar pendapat saya adalah karena Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat. Dimana semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Ketika kita menerapkanpun alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran. Sehingga guru tidak akan
monoton dengan cara mengajar yang sama. Dan peserta didik pun juga tidak akan bosan karena model dan metode serta strategi pembelajaran nya yang menarik. Perbaikan dalam pembelajaran ketika menerapkan seluruh komponen tentunya dapat membentuk keceriaan, ketertiban, pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran. Dan menurut saya hal sederhana namun bermakna yang harus diperhatikan pendidik dalam menetapkan desain media yang akan dipakai dalam PKn adalah bahwa media itu harus dapat memberikan rangsangan kognitif atau cognitive simulation sehingga media tersebut dapat menimbulkan cognitive dissonance. Dengan terciptanya kondisi psikologis tersebut maka para siswa akan ditantang untuk bisa meningkatkan taraf moralitasnya. Pemberian rangsangan moral kognitif tersebut bisa melalui kliping surat kabar atau media yang bersifat auditif seperti radio dan kaset yang berkaitan dengan masalah aktual.