Forum Diskusi Artikel 2

Forum Diskusi Artikel 2

Number of replies: 40

Mahasiswa bacalah artikel ke 2 pada pertemuan hari ini. kemudian setelah dibaca berikan tanggapan pada forum diskusi artikel berikut ini. berikan tanggapan sesuai yang tertulis pada artikel pertemaun hari ini di artikel ke 2. tulis nama npm dan kelas setelah itu berikan tanggapan terkait isi artikel.

In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Siska Siska Wulandari -
Nama: Siska Wulandari
NPM: 2013053001
Izin menanggapi,
Sesuai kesimpulan yang terdapat dalam artikel, media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran berbentuk video berbasis Powtoon ini sangat berpengaruh dan efektif dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam proses pembelajaran, khususnya pada muatan pelajaran PPKn. Selain mengikuti kemajuan teknologi, penggunaan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan antara lain yaitu:
kekurangan nya adalah media ini memerlukan bantuan alat gandget dan membutuhkan bantuan alat elektronik, cocok digunakan untuk sekolah dasar yang memiliki fasilitas sarana dan prasarana yang memadai seperti proyektor, komputer atau laptop, dapat juga menggunakan handphone.
Kelebihan dari media video animasi ini, ekstensi berupa .mp4 yang artinya penggunaannya tidak hanya di laptop atau komputer, tetapi pendistribusian nya dapat menggunakan handphone, atau media online lain. Praktis untuk dibawa kemana saja, dan mudah untuk di download karena tersedia di link youtube yang sudah disediakan, atau download menggunakan google drive.
Jadi menurut saya, penggunaan media Powtoon ini juga harus disesuaikan dengan fasilitas dan prasarana yang ada di Sekolah tersebut.
sekian, terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Desni Lia Pramesti 2013053057 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Desni Lia Pramesti
Npm : 2013053057

Izin menanggapi Pak,
Berdasarkan artikel jurnal "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab" menurut saya, artikel ini memaparkan bahasan sesuai dengan judulnya, yakni menjelaskan mengenai media pembelajaran berbasis powtoon dengan sangat lengkap. Akan tetapi menurut saya, penulis terlalu panjang dalam menuliskan pendahuluan nya, sehingga terkesan penulis lebih menjabarkan isi didalam pendahuluan daripada di dalam pembahasan. Di dalam artikel ini disebutkan bahwa Media pembelajaran video berbasis Powtoon sangat sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 mewajibkan diterapkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran. Selain itu, pembaharuan di dalam bidang pendidikan memang perlu untuk dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Terintegrasinya internet dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan.Proses pembelajaran juga akan menjadi lebih efektif dan interaktif jika mengikuti perkembangan teknologi yang ada, ya saya sangat setuju dengan hal tersebut karena seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi tentu kita harus bisa mengikuti dan memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin. Artikel ini juga menyebutkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Powtoon ini dapat melibatkan pengalaman emosional peserta didik sehingga diharapkan akan terinternalisasi dalam afeksi serta psikomotor peserta didik yang merupakan bagian dari kepribadian peserta didik. Dengan demikian, karakter tanggung jawab yang selalu didorong dengan media pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk karakter tanggung jawab pada diri peserta didik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran.

Sekian terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Herma Zuliyanti 2013053053 -

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Herma zuliyanti

Npm : 2013053053

Kelas : 5E


Setelah membaca artikel 2 dengan judul Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab.   Pada era digital seperti saat ini penggunaan media pembelajaran berbasis elektronik memang menjadi jalan utama untuk sebuah proses pembelajaran. Disamping itu juga sebagai seorang pendidik kita harus mampu memanfaatkan teknologi yang berkembang pesat seperti saat ini, terutama powtoon, powtoon bisa menjadi media pembelajaran berbasis video untuk peserta didik.Powtoon juga memperlihatkan hasil yang positif. Pada penelitian sebelumnya yaitu (Ponza et al., 2018), yang melakukan penelitian terkait pengembangan media pembelajaran video berbasis Powtoon dalam pembelajaran tematik didapatkan hasil bahwa media tersebut efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media yang dikembangkan berkualitas “Sangat Baik” dan dinyatakan valid. Hal tersebut ditunjukkan oleh perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan video pembelajaran berbasis Powtoon. Oleh sebab itu pembelajaran video berbasis Powtoon untuk muatan pelajaran PPKn ini relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh Nuswantoro & Wicaksono pada tahun 2019. Dalam penelitian tersebut dinyatakan bahwa media pembelajaran video berbasis Powtoon HAKAN memenuhi kriteria kelayakan. Seorang pendidik harus mampu mengemas secara menarik dengan tujuan meningkatkan daya tarik peserta didik. Di dalam video dapat juga dikombinasikan dengan tulisan, gambar, suara, efek suara, serta animasi.  Oleh karena itu Video pembelajaran ini dapat digunakan oleh peserta didik kapanpun dan dimanapun peserta didik itu berada karena video pembelajaran ini diunggah di YouTube. Artinya media pembelajaran powtoon adalah media pembelajaran yang efektif digunakan untuk proses belajar mengajar.Menurut saya materi yang disampaikan pada artikel tersebut memang sesuai dengan fakta di lapangan. Untuk itu saya mendukung apa yang telah disarankan pada bagian kesimpulan bahwa Kelayakan media pembelajaran tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian yang diberikan oleh validator. Media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik .Oleh karena itu, pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam proses pembelajaran, khususnya pada muatan pelajaran PPKn.Mungkin itu saja tanggapan saya terkait artikel 2 yang telah saya baca. 

Terima kasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Amalia Indah 2013053008 -
Nama : Amalia Indah
Npm : 2013053008

Izin menanggapi pak

Setelah saya membaca artikel tersebut saya sangat setuju bahwa Media pembelajaran harus dapat memotivasi peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Melihat situasi saat ini, media pembelajaran video berbasis Powtoon memang perlu untuk dikembangkan. Media video berbasis Powtoon berpotensi tinggi dalam menarik perhatian peserta didik , Media video berbasis Powtoon juga dapat mengatasi perbedaan gaya belajar peserta didik. Dengan menonton video pembelajaran peserta didik mendapat banyak stimulus, karena sifatnya suara dan gambar (Fitriyani, 2019). Selain itu, peserta didik mengungkapkan media pembelajaran video berbasis Powtoon lebih mudah untuk dipelajari, karena menarik perhatian siswa.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Desvi Lenais Putri 2013053010 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Desvi Lenais Putri
NPM : 2013053010

Izin menanggapi, dari artikel yang sudah saya baca mengenai "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab"
Menurut saya, dengan perkembangan teknologi yang pesat dan semakin bergantungnya pendidikan terhadap teknologi dalam memperlancar pembelajaran menuntut guru sebagai fasilitator untuk mengurangi pembelajaran yang monoton dan konvensional dan menggantinya dengan penggunaan media pembelajaran yang interaktif. Salah satu tujuan media pembelajaran adalah selain dapat menarik atensi siswa didik, dapat juga mempermudah penyampaian materi pelajaran terutama pada materi yang abstrak sehingga menghindari kesalahan verbalisme. Salah satu media yang digunakan menggunakan layanan Powtoon. Oleh karena itu, guru seyogyanya mampu aktif menggunakan, dan mengembangkan media pembelajaran video animasi Powtoon agar dapat membantu memperlancar proses pembelajaran serta meningkatkan minat dan Prestasi siswa didiknya. Media pembelajaran berbasis Powtoon dapat digunakan pada beberapa muatan pelajaran, salah satunya adalah PPKn. PPKn merupakan muatan pelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik. Dengan beberapa fitur yang disediakan oleh Powtoon ini Peserta didik akan lebih mudah menangkap, memahami, dan mengimajinasikan makna dari materi pembelajaran yang disampaikan sehingga mereka bisa menerapkan nya dilingkungan mereka sehari-hari, baik sekolah maupun lingkungan rumah.

Hal ini didukung oleh penjelasan artikel di bagian tujuan dalam Abstrak artikel dijelaskan bahwa Powtoon untuk muatan pelajaran PPKn sangat layak dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Media pembelajaran video berbasis Powtoon ini dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi, di sisi lain juga membuat peserta didik antusias dalam mengikuti proses pembelajaran.

Namun perlu ditekankan, sekolah dan juga Guru perlu menyelesaikan problematika yang mungkin muncul ketika hendak memilih menggunakan Powtoon sebagai media pembelajaran. Beberapa kendala yang perlu diselesaikan adalah perlunya ketersediaan sarana teknologi yang lengkap agar dapat mengakses Powtoon, seperti ketersediaan komputer atau laptop dengan spesikfikasi yang sesuai, serta adanya fasilitas internet yang memadai. Jika hendak menggunakan Powtoon sebagai media pembelajaran, guru maupun siswa juga perlu meningkatkan ketrampilan penggunaan perangkat teknologi agar manfaat dari penggunaan Powtoon dapat tercapai dengan optimal.

Sekian tanggapan dari saya, saya ucapkan terima kasih.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Sofi Cahya Fitri 2013053028 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
Nama : Sofi Cahya Fitri
Npm : 2013053028
Kelas : 5E

Media pembelajaran yang menggunakan animasi lebih efektif daripada media pembelajaran secara tradisional (Aksoy, 2012). Media pembelajaran yang menggunakan animasi juga dapat membuat materi pembelajaran menjadi lebih mudah untuk diterima dan dipahamioleh peserta didik (Sukiyasa & Sukoco, 2013). Tanggapan pada artikel ke dua ini menurut saya di dalam artikel ini saya setuju karena penggunaan aplikasi yang menarik pada suatu proses pembelajaran dapat membangkitkan perhatian peserta didik untuk memperhatikan dalam proses pembelajaran.
Media pembelajaran dengan powtoon ini juga kembangkan sebagai nilai karakter kepada peserta didik, contohnya seperti nilai tanggung jawab. Di samping itu pula media pembr dengan alat lunak seperti ini dapat menambah wawasan dan kreativitas peserta didik supaya peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan di bidang teknologi.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Jessica Rindiani 2013053021 -
Assalammualaikum wr.wb
Nama : Jessica Rindiani
NPM : 2013053021
Kelas : 5E

menanggapi terkait media pembelajaran PPKn SD berbasis powtoon,
seperti kita ketahui media powtoon ini adalah media dengan animasi yang dimana media seperti inilah yang mampu menarik perhatian siswa untuk meningkatkan antusiasme dalam pembelajaran, dan salah satu muatan pelajaran yang bisa menggunakan media powtoon ini adalah PPKn dengan media ini Materi-materi dalam PPKn menjadi sangat praktis dan peserta didik pun menjadi sangat antusias dan tertarik apabila materi PPKn ini ditampilkan dengan media pembelajaran berbasis powtoon.

sekian tanggapan dari saya terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Fajrin Hana Hamidah 2013053016 -
Nama : Fajrin Hana Hamidah
Npm : 2013053016
Kelas : 5E

Izin memberikan tanggapan terkait artikel yang berjudul "Pengembangan Media Pembelajaran PPKn SD Berbasis Powtoon Untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab"

1. Cara penulisan
Penulisan judul: pada judul penelitian tersebut kurang tepat, karena; seharusnya, Pengembangan Media Pembelajaran PPKn SD Berbasis Powtoon untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab.

2. Isi abstrak
Sudah tepat Panjang abstrak sudah benar yaitu terdiri dari 215 kata (minimal 120 kata dan maksimal 250 kata).

3. Pendahuluan
Latar belakang masalah dalam jurnal penelitian tersebut tidak terdapat landasan teori padahal idealnya sebuah penelitian harus memiliki landasan teori karena landasan teori tersebut merupakan sebuah penguatan dari statemen penulis.
Tujuan penelitian dalam pendahuluan tidak dirumuskan dan tidak dijelaskan definisi operasional setiap variabel penelitian.

4. Bahan dan metode
Desain penelitian sudah sesuai dengan judul penelitian, yaitu meliputi keterangan populasi, sampel, variabel penelitian dan cara pengolahan data.
Desain dalam penelitian ini sudah tepat, dalam menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini.

5. Hasil dan alasan : Keterkaitan antara hasil dan pembahasan yang dituliskan oleh peneliti, peneliti telah mencantumkan teori yang ada dengan hasil yang didapat dan terdapat kesesuaian antara kedua hal tersebut. Tetapi, penulis tidak menambahkan manfaat dari hasil penelitian yang dilakukan.

6. Kesimpulan dan saran
Kesimpulan penelitian merupakan sebuah jawaban dari tujuan penelitian.
Peneliti tidak memberikan saran pada institusi dan instansi dalam tempat penelitian.

Dengan adanya pembaharuan pada proses pembelajaran, memungkinkan akan terjadi sebuah interaktif yang aktif antara pendidik dengan peserta didik. Pembaharuan pembelajaran dapat berupa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Powtoon. Media Powtoon dapat menarik minat peserta didik, dapat mengatasi gaya belajar peserta didik, lebih mudah dipahami, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Dengan menggunakan media berbasis powtoon dalam pembelajaran PKN akan dapat membentuk karakter dari si peserta didik, karakter yang ditanamkan antara lain tanggungjawab melalui materi hak dan kewajiban.
Tuntutan perubahan kurikulum 2013 dengan menekan adanya teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran ini menjadikan media pembelajaran berbasis powtoon digunakan sebagai alternatif dalam pengembangannya.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Gita Putri Anjali 2013053035 -
Nama : Gita Putri Anjali
NPM : 2013053035

Izin menjawab pak, dari artikel ke 2 ini yaitu tentang Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab yaitu bahwasanya dalam hal ini si peneliti mengembangkan aplikasi Powtoon sebagai media pembelajaran dalam pendidikan PPKn di SD yang dimana dalam perkembangan teknologi yang semakin cepat pendidik itu harus bisa dan menguasai perkembangan teknologi sekarang ini. Apalagi dalam dunia pendidikan sekarang penggunaan media yang canggih sudah menjadi hal penting yang harus digunakan dalam proses pembelajaran yang tentunya itu dilakukan untuk meningkatkan antusias peserta didik dalam belajar. Jadi kesimpulannya dengan penggunaan aplikasi Powtoon sebagai media pembelajaran PPKn SD itu dapat memudahkan pendidik untuk menyampaikan materi pelajaran tentang hal-hal yang dapat membentuk karakter peserta didik juga menanamkan sikap pribadi yang baik serta bertanggung jawab, sehingga dengan menyajikan materi dengan media pembelajaran Powtoon tentang PPKn misalnya seputar pengenalan suku budaya peserta didik akan lebih mudah dalam merespon dan menyerap materi yang disajikan pendidik karena didalam penyampaiannya materi tersebut terdapat video animasi yang pastinya lebih disukai oleh peserta didik.

Sekian dan terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Nazhifa Husna Hanifah -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Nazhifa Husna Hanifah
Npm : 2013053049

Izin menanggapi terkait artikel 2 yang telah saya baca, artikel ini sangat bermanfaat untuk dibaca dan isi dari artikel ini juga dapat diterapkan dalam pembelajaran. Menurut saya, aplikasi powtoon ini sangat bermanfaat jika diterapkan dalam pembelajaran terutama pembelajaran PKn. Media powtoon memiliki banyak sekali animasi dan ragam bentuk yang sangat bagus. Pembelajaran menggunakan powtoon membuat pembelajaran menjadi menarik bagi siswa, karena pembelajaran disajikan atau dikemas dengan video animasi yang dimana biasanya media ini sangat disukai oleh siswa. Penyampaian materi lebih efektif dan mudah diterima oleh siswa dikarenakan media ini membuat siswa antusias dalam pembelajaran. Media powtoon sangat cocok digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran karena dapat membantu kelancaran proses pembelajaran serta dapat melatih kreativitas guru apalagi saat ini sudah memasuki era perkembangan teknologi yang begitu pesat.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Novita Sari -
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Nama : Novita Sari
Npm : 2013053029
Kelas : 5E

Izin menanggapi artikel yang telah dibaca.bahwasannya Pada abad 21 ini, tiap individu, termasuk pendidik dituntut untuk mendapatkan keterampilan baru agar mampu mengikuti perubahan dan kemajuan yang ada serta menyesuaikan dengan kehidupan sehari-hari (Ciğerci, 2020). Yang mana Pada abad 21, pendidik dituntut harus dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi yang tersedia. Pendidik pada abad 21, harus menguasai konten keterampilan mengajar agar dapat mengintegrasikan teknologi di dalam proses pembelajaran. Akan tetapi sangat disayangkan pendidik sekolah dasar tidak menampilkan pembelajaran abad ke-21. Sebagian besar pembelajaran mengadopsi pembelajaran yang berpusat pada pendidik, penggunaan metode konvensional mengakibatkan kurang berkembangnya high-order thinking (HOT) peserta didik, tidak adanya penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar, dan tidak menyetujui perkembangan belajar peserta didik di tingkat SD. Hal tersebut teryata sejalan bahwa masih terdapat banyak pendidik yang belum mampu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis elektronik. Dalam proses pembelajaran, pendidik masih jarang menggunakan media pembelajaran, baik media pembelajaran konvensional ataupun media pembelajaran berbasis elektronik. Pendidik lebih sering menggunakan metode ceramah. Dengan tidak adanya media pembelajaran, tentunya proses pembelajaran di kelas akan terasa membosankan dan tidak menarik. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya antusiasme dari peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Nah untuk mengatasi hal tersebut seharusnya pendidik harus bisa berkembang atau menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Untuk mengatasi solusi tersebut maka perlu adanya Pengembangan media pembelajaran berbasis elektronik, dengan tujuan meningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan dikembangnya media pembelajaran video berbasis Powtoon akan membawa dampak positif. Dengan menonton video pembelajaran peserta didik mendapat banyak stimulus, karena sifatnya suara dan gambar (Fitriyani, 2019). Selain itu, peserta didik mengungkapkan media pembelajaran video berbasis Powtoon lebih mudah untuk dipelajari, karena menarik perhatian (Poggiali, 2018). Sehingga peserta didik mencapai pemahaman yang lebih baik dan materi yang disampaikan lebih mudah untuk diingat.

Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Lidya Fransiska 2013053015 -
Nama: lidya fransiska
Npm: 2013053015
Kelas: 5E

Izin menanggapi
penelitian ini mengenai pengembangan media
pembelajaran video berbasis Powtoon memperlihatkan hasil yang positif. 
Pada hasil penelitian yang melakukan penelitian terkait pengembangan media pembelajaran video berbasis Powtoon dalam pembelajaran tematik
didapatkan hasil bahwa media tersebut efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Media yang dikembangkan berkualitas “Sangat Baik” dan dinyatakan valid. Itu artinya penelitian yang terdapet pada artikel ini menjunjukan bahwa Media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat
layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Kelayakan media
pembelajaran tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian yang diberikan oleh
validator. Media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran alternatif dalam meningkatkan karakter tanggung jawab
peserta didik disekolah dasar.

Sekian dan terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Ade Suryani 2013053002 -
Assalamualaikum wr wb
nama: Ade Suryani
npm: 2013053002
izin memberikan tanggapan pak, dari artikel ini sudah dijelaskan bahwa media pembelajaran video berbasis powtoon sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013 yang mewajibkan diterapkannya teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Menurut Sukmayadi dan Yahya (2020) bahwa terintegritasnya internet dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. Jadi dalam pembelajaran PKN SD yang mana menerapkan media ini dapat membuat peserta didik memahami dengan materi yang akan disampaikan secara baik.
sekian dari saya terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Faula Firmayasari 2013053056 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama : Faula Firmayasari
Npm : 2013053056

Berdasarkan artikel "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk
mengembangkan karakter tanggung jawab", diketahui bahwa sebagai seorang pendidik harus mengikuti perkembangan zaman dan kecanggihan dalam pembuatan media pembelajaran seperti Powtoon. Penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif seperti Powtoon sangat diperlukan dalam pembelajaran saat ini dikarenakan dapat pembelajaran konvensional mengakibatkan kurangnya perkembangan kreativitas peserta didik dan membuat peserta didik bosan serta tidak menarik dalam belajar seperti menggunakan metode ceramah.

Penggunaan media pembelajaran berupa Powtoon dapat mengatasi perbedaan gaya belajar peserta didik. Dengan
menonton video pembelajaran peserta didik mendapat banyak stimulus, karena
sifatnya suara dan gambar (Fitriyani, 2019). Selain itu, peserta didik
mengungkapkan media pembelajaran video berbasis Powtoon lebih mudah untuk
dipelajari, karena menarik perhatian (Poggiali, 2018). Oleh karena itu, sebagai pendidik harus mengikuti perkembangan zaman untuk meningkatkan kreativitas dan motivasi belajar peserta didik melalui media pembelajaran yang kreatif seperti Powtoon.
Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Fitrya Dwi Rahmadhani -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Fitrya Dwi Rahmadhani
NPM : 2013053026

Izin memberi tanggapan dari artikel kedua yang berjudul perkembangan media pembelajaran PKN SD berbasis PowToon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab, saya sangat setuju dengan dengan penulis bahwa menggunakan aplikasi PowToon sebagai media pembelajaran dalam pendidikan PKN di SD itu mampu membantu guru menyampaikan materi pembelajaran tentang hal-hal yang dapat membentuk karakter peserta didik juga menanamkan sikap pribadi yang baik serta bertanggung jawab, karena dengan menggunakan media Powtoon mampu menstimulus siswa untuk antusias dalam belajar sehingga materi yang disampaikan oleh guru dapat diserap dengan baik oleh siswa. Namun dengan menggunakan media powtoon ini seorang pendidik dituntut untuk mampu menguasai perkembangan teknologi khususnya dalam menggunakan aplikasi powtoon ini. Menurut saya pembelajaran menggunakan media berbasis ini tidak dapat digunakan oleh semua guru ada guru yang tidak mampu menguasai teknologi sehingga media ini tidak bisa diterapkan.

Sekian, terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by ELLEN KUMALA DEWI 2013053050 -
Assalamualaikkum warahmatullahi wabarakatuh. Izin memperkenalkan diri.
Nama : Ellen Kumala Dewi
Npm : 2013053050

Sesuai dengan masalah yg saya temukan dari artikel tersebut yaitu : dari segi analisis kebutuhan khusus nya penggunaan media pembelajaran untuk muatan pelajaran PPKn belum terlaksana secara maksimal. Oleh karena itu saya sangat setuju dengan artikel ini. Artikel ini menekankan bahwa pendidik harus inovativ dalam pengembangannya. Pendidik hanya menggunakan metode ceramah ketika menyampaikan materi, dan hal tersebut dirasa kurang efektif. Dan menurut saya hal yang dilakukan tersebut sangat menoton.Selain itu, pendidik
sangat jarang menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video. Padahal peserta didik menyukai proses pembelajaran yang menggunakan media
pembelajaran dalam bentuk video, yang menguraikan materi dan disertai dengan
contohnya secara mendetail. Berdasarkan hal tersebut, maka sangat perlu untuk dihasilkan media pembelajaran video berbasis Powtoon pada muatan pelajaran
PPKn. Dimana sangat layak dimanfaatkan untuk proses pembelajaran. Media pembelajaran video berbasis Powtoon ini dapat meningkatkan pemanfaatan teknologi, di sisi lain juga
membuat peserta didik antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Karena penggunaan media juga sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Sella Agustin Sriwinarti 2013053039 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Sella Agustin S
Npm : 2013053039
Kelas : 5E
Izin menanggapi artikel kedua yaitu Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk
mengembangkan karakter tanggung jawab, iya benar sekali media pembelajaran powtoon ini sangat interesting dimana materi PKN dapat dikemas dalam video serta animasinya. Sehingga peserta didik tidak bosan dan lebih fokus terhadap video pembelajarannya. Dengan contoh karakter tanggung jawab yang ditampilkan melalui video pembelajaran dengan powtoon ini membuat peserta didik lebih menghayati dan mencernanya serta diimplementasikan dengan baik.
Sekian dari saya , wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Shela Febriani 2013053032 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama : Shela Febriani
NPM : 2013053032
Kelas : 5E

Izin menyampaikan tanggapan saya mengenai artikel yang telah disajikan,
Menurut saya, penggunaan metode pembelajaran sebaiknya tidak hanya satu seperti yang tersaji dalam artikel tersebut, mengapa demikian? Sebab jika hanya menerapkan metode misalnya ceramah seperti dicontoh, maka siswa akan cenderung bosan. Ini merupakan suatu tantangan bagi para pendidik untuk berupaya semaksimal mungkin dalam mengajar sehingga peserta didik dapat paham terkait apa yang telah disampaikan.
"Berdasarkan analisis kebutuhan, didapatkan permasalahan bahwa penggunaan media pembelajaran untuk muatan pelajaran PPKn belum terlaksana secara maksimal. Pendidik hanya menggunakan metode ceramah ketika menyampaikan materi, dan hal tersebut dirasa kurang efektif. Selain itu, pendidik sangat jarang menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video. Padahal peserta didik menyukai proses pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video, yang menguraikan materi dan disertai dengan contohnya secara mendetail. Berdasarkan hal tersebut, maka sangat perlu untuk dihasilkan media pembelajaran video berbasis Powtoon pada muatan pelajaran PPKn." berikut merupakan cuplikan pada artikel yang mana seharusnya pendidik juga menggunakan media ajar agar peserta didik tertarik untuk menyimak materi yang disampaikan, dan menurut saya perlu mengimplementasikan media pembelajaran PPKn berbasis powtoon agar mudah diterima oleh peserta didik, selain itu, media powtoon sendiri memang sangat sesuai dengan kurikulum yang ada saat ini.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Astrit Ardiana Lestari 2013053055 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Astrit Ardiana Lestari
Npm : 203053055
Kelas : 5E

Izin menanggapi pak,
Berdasarkan pembahasan dalam artikel jurnal terkait "Pengembangan Media Pembelajaran PPKn SD Berbasis Powtoon untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab"
Seperti yang kita ketahui di era sekarang dunia pendidikan dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan zaman. Untuk dapat mengikuti perkembangan zaman tersebut seorang pendidik juga harus bisa melakukan pengembangan pada media pembelajaran yang berbasis elektronik, dengan tujuan meningkatkan antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran, salah satu inovasi yang dapat dilakukan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis elektronik adalah menggunganakan aplikasi powtoon. Disebutkan di dalam artikel bahwasannya Media Pembelajaran vidio berbasis powtoon dianggap sangat sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013, dimana di dalam kurikulum 2013 mewajibkan diterapkannya Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran. Dalam artikel juga dibahas bahwasannya proses pembelajaran dengan berbasis powtoon ini dianggap dapat melibatkan pengalaman emosional peserta didik sehingga akan tertanam dalam fikiran serta psikomotor peserta didik yang merupakan bagian dari kepribadian peserta didik itu sendiri. Sehingga dapat disimpulkan bahwa karakter tanggung jawab yang ditanamkan kepada peserta didik yang didorong dengan penggunaan media pembelajaran ini diharapkan mampu membentuk karakter bertanggung jawab dalam diri peserta didik, sehingga menurut saya, sangat baik sekali apabila penggunaan media pembelajaran berbasis powtoon ini digunakan terus menerus dalam proses pembelajaran PKN SD.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Shofia Habibah 2013053040 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Izin menanggapi pak, artikel 1 yang berjudul Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab

Nama : Shofia Habibah
NPM : 2013053040
Pada artikel tersebut dijelaskan bahwa mengungkapkan media pembelajaran video berbasis Powtoon lebih mudah untuk dipelajari karena menarik perhatian, dan juga pembelajaran berbasis powtoon ini sangat cocok pada pengembangan mata pelajaran PPKn yang dapat membentuk karakter peserta didik. Saya sangat setuju dengan pendapat tersebut contohnya penerapan media pembelajaran video berbasis powtoon dalam muatan pelajaran PPKn untuk pengenalan suku dan budaya Indonesia bahwa mendapatkan respon yang baik dari peserta didik mereka sangat tertarik dan antusias untuk melihat dan mempelajari suku budaya melalui video animasi dan juga terdapat sound yang dibuat menggunakan media powtoon tersebut.
Powtoon juga merupakan media yang tepat dalam penanaman pendidikan karakter seperti yang dijelaskan pada permendiknas nomor 22 tahun 2006, disebutkan bahwa PPKn dapat memfasilitasi penanaman pendidikan karakter. Materi-materi dalam PPKn membuat peserta didik menjadi pribadi yang baik dan bertanggungjawab. Sebelum melaksanakan hak dan kewajiban, peserta didik terlebih dahulu harus memahami mengenai materi serta cara pelaksanaan hak dan kewajiban. Yang dimana materi serta cara pelaksanaan dari materi hak dan kewajiban itu akan diuraikan di dalam media pembelajaran, peserta didik harus bersikap tanggung jawab mengoptimalkan penggunaan media/ bahan ajar yang disediakan oleh guru.
Mungkin itu saja analisis yang dapat saya sampaikan.

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Mu'tas Ulil Absor 2013053038 -
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Mu’tas Ulil Absor
Npm : 2013053038
Kelas : 5E
Izin menjawab Pak
Setelah saya membaca artikel tersebut saya sangat setuju apa yang sudah di paparkan oleh para peneliti. Sehingganya dapat saya simpulkan Media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran
Media pembelajaran berbasis Powtoon dapat digunakan pada beberapa muatan pelajaran, salah satunya adalah PPKn. PPKn merupakan muatan pelajaran yang dapat membentuk karakter peserta didik. Hal tersebut sejalan dengan Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006, disebutkan bahwa PPKn dapat memfasilitasi penanaman pendidikan karakter. Materi-materi dalam PPKn sangat praktis untuk membuat peserta didik menjadi pribadi yang baik dan bertanggungjawab. Salah satu materinya yaitu materi hak dan kewajiban warga negara. Sebelum melaksanakan hak dan kewajiban, peserta didik terlebih dahulu harus memahami mengenai materi serta cara pelaksanaan hak dan kewajiban.
Media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dalam meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik di sekolah dasar. Penggunaan media pembelajaran berbentuk video berbasis Powtoon ini sangat berpengaruh dan efektif dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam proses pembelajaran, khususnya pada muatan pelajaran PPKn.

Terimakasih Bapak
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by ELSYAH KURNIA 2013053044 -
Nama: Elsyah Kurnia
Npm: 2013053044
Kelas: 5E

Izin menjawab bapak,

Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk
mengembangkan karakter tanggung jawab.

Berdasarkan karakter peserta didik Sd yang suka dengan video animasi ataupun sesuatu yang berwarna-warni. Dengan adanya video atau bahan ajar yang menarik perhatian peserta didik, maka penggunaan powtoon sangatlah efektif dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Bukan hanya cocok terhadap karakter peserta didik, tetapi juga sangat pas diterapkan pada kurikulum 13 atau kurikulum merdeka yang mengharuskan peserta didik untuk terampil dalam berbagai bidang.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Khairunnisa aulia 2013053025 -
Nama: Khairunnisa Aulia
Npm: 2013053025

Pada artikel kedua dengan judul "Pengembangan media pembelajaran PPKN SD berbasis powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab" pada artikel ini perkembangan iptek mengharuskan pembaharuan secara menyeluruh dalam masyarakat baik dalam kehidupan maupun bidang pendidikan.
Saya setuju terhadap penulis bahwasanya media pembelajaran powtoon sangat layak di aplikasikan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dengan menggunakan animasi memiliki keunggulan seperti dapat menghilangkan kejenuhan dalam pembelajaran, membangkitkan semangat belajar, dan tentunya animasi dapat menarik perhatian peserta didik agar tetap fokus dalam proses belajar.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Indah Aprilia Akmal 2013053033 -
Assalamualaikum wr wb,

Nama : Indah Aprilia Akmal
NPM : 2013053033
Kelas : 5E

Izin menanggapi artikel kedua pak tentang Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab. Media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang tidak dapat terpisahkan. media pembelajaran video berbasis Powtoon sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran video berbasis Powtoon dapat digunakan karena dapat menampilkan beragam fitur animasi, seperti animasi tulisan tangan dan animasi kartun. Hal tersebut dapat menjadikan media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan Powtoon akan terkesan lucu serta menarik, yang tentunya sangat cocok untuk peserta didik sekolah dasar. Media pembelajaran video berbasis Powtoon sangat sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013. Proses pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Powtoon ini dapat melibatkan pengalaman emosional peserta didik sehingga diharapkan akan terinternalisasi dalam afeksi serta psikomotor peserta didik yang merupakan bagian dari kepribadian peserta didik. Dengan demikian, karakter tanggung jawab yang selalu didorong dengan media pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk karakter tanggung jawab pada diri peserta didik.

Sekian dari saya,
Terima kasih
Wassalamualaikum wr wb.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Rissa Ade Kusuma 2013053031 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rissa Ade Kusuma
NPM : 2013053031
Kelas : 5E
Izin menanggapi artikel "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk
mengembangkan karakter tanggung jawab"
Pengembangan media ini sangat bermanfaat dimana di era moderen ini peserta didik mudah bosan dengan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran siswa akan lebih menarik dan tidak membosankan.
karena itu, pendidik dapat
mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam proses
pembelajaran, khususnya pada muatan pelajaran PPKn. Tetapi terdapat kekurangan yaitu pendidik harus melebihkan waktu ekstra untuk membuat media pembelajaran dan perlunya mengunakan sarana dan prasarana yang menunjang menggunakan aplikasi ini harus terdapat alat dan bahan yang menunjang seperti kuota internet, leptop yang tidak lemot dll.
Media ini menekankan tanggung jawab kepada peserta didik.

Sekian terimakasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Wahyu Lestari 2013053023 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023
Kelas : 5E

Izin menanggapi pak,
Tanggapan saya terhadap artikel tersebut memang benar adanya seiring dengan perkembangan zaman pendidikan juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan zaman. Sebagai pendidik tentunya dituntut untuk menyesuaikan pembelajaran dengan keadaan sekarang. Adanya media pembelajaran berbasis powtoon dapat menjadi alternatif dari tantangan tersebut dan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih interaktif. Media Pembelajaran vidio berbasis powtoon dianggap sangat sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013, dimana di dalam kurikulum 2013 mewajibkan diterapkannya Tekhnologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran, sehingga media pembelajaran PKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Azzahra addinu nayla 2013053037 -
Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatub
Nama : Azzahra Addinu Nayla
Npm : 2013053037
Kelas : 5E

Setelah saya lihat ternyata media pembelajaran video berbasis Powtoon sangat layak untuk
digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran video
berbasis Powtoon dapat digunakan karena dapat menampilkan beragam fitur
animasi, seperti animasi tulisan tangan dan animasi kartun. Hal tersebut dapat
menjadikan media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan
Powtoon akan terkesan lucu serta menarik, yang tentunya sangat cocok untuk
peserta didik sekolah dasar. Selain itu, media pembelajaran yang menggunakan
animasi lebih efektif daripada media pembelajaran secara tradisional (Aksoy, 2012).
Media pembelajaran yang menggunakan animasi juga dapat membuat materi
pembelajaran menjadi lebih mudah untuk diterima dan dipahami oleh peserta didik
(Sukiyasa & Sukoco, 2013).

Sekian, terima kasih
Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Salwa Faadhila Barmuranbi 2013053052 -
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Salwa Faadhila Barmuranbi
NPM: 2013053052
Kelas: 5E

Izin menanggapi artikel yang berjudul Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab bahwasanya saya setuju terhadap isi materi yang dikemukakan oleh peneliti. Pada zaman sekarang kecanggihan teknologi terus berkembang. Oleh karena itu, proses pembelajaran pun diharapkan bisa mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Contohnya, media pembelajaran berbasis Pawtoon ini sangat cocok dihadirkan pada proses pembelajaran karena sesuai dengan Kurikulum. Dengan menggunakan media yang menarik tentunya pembelajaran pun akan berjalan dengan baik. Karena, peserta didik memiliki motivasi dan antusias untuk mengikuti pembelajaran tersebut.

Sekian dan terima kasih Pak.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Eni Annisa 2013053045 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Eni Annisa
Npm : 2013053045
Berdasarkan artikel pengembangan media pembelajaran PKN SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawa, saya setuju karena guru perlu lebih banyak menggunakan media dalam proses pembelajaran, salah satunya menggunakan media Powtoon. Media Pembelajaran Powtoon membuat konsep pembelajaran yang membosankan dan membingungkan menjadi lebih mudah dan menyenangkan, karena pendidik dapat menyajikan konsep materi yang diajarkan kepada siswa dengan tampilan dan fungsi yang lebih menarik.
sekian terimkasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Rizkina Anggraini Wijaya 2013053020 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Rizkina Anggraini Wijaya
Npm : 2013053020
Kelas : 5E

Izin menanggapi pak, pada artikel ke dua ini adalah membahas tentang media pembelajaran PPKn SD yang mana didalam artikel tersebut adalah menggunakan media berbasis aplikasi powtoon, aplikasi seperti ini sangat bermanfaat dan diperlukan oleh guru.
seperti yang kita ketahui media powtoon ini adalah media dengan berbagai macam bentuk animasi yang dan nantinya akan berbentuk video, menampilkan suara, dan banyak warna, yang mana media seperti inilah yang mampu menarik perhatian siswa.
Dengan begitu siswa pun dapat menangkap dan mengingat materi lebih mudah karena siswa begitu antusias dalam belajar, media seperti ini memang diperlukan bukan hanya untuk siswa saja yang di untungkan dengan lebih mudah menyerap materi pembelajaran tetapi guru pun juga sama, yaitu untuk melatih keterampilan dalam berkarya.

Sekian terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Ninda Nirmala Septiani 2013053047 -
Nama : Ninda Nirmala Septiani
NPM : 2013053047
Kelas : 5E
Izin menanggapi pak,

Setelah saya membaca artikel ke 2 yang berjudul "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon untuk mengembangkan karakter tanggung jawab", Media pembelajaran PPKN SD berbasis Powtoon yang dikembangkan ini memang layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran kreatif yang interaktif dalam kegiatan proses belajar mengajar. Penggunaan Powtoon dalam proses pembelajaran yang dapat membuat proses pembelajran menjadi lebih efektif, efisien, materi yang dijelaskan pun pasti lebih menarik perhatian peserta didik karena media pembelajaran video berbasis Powtoon ini dikemas secara menarik dengan berbagai animasi, suara, dan gambar yang disukai peserta didik khususnya di Sekolah Dasar pada saat pembelajaran PPKN sehingga materi yang dipelajari lebih mudah tersampaikan kepada peserta didik dan proses pembelajaran jauh dari kata pembelajaran. Peserta didik jadi berantusias mengikuti pembelajaran dan tanggung jawab peserta didik dalam kegiatan belajar pun akan terpenuhi.

sekian dan terima kasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Nurma yunita 2013053024 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Nurma Yunita
Npm : 2013053024
Kelas : 5e

Izin memberikan tanggapan terkait isi artikel terkait. Pada zaman yang semakin berkembang penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan.
Apalagi dalam proses pembelajaran, dan media pembelajaran merupakan salah satu komponen pembelajaran yang tidak dapat terpisahkan. Terdapat berbagai macam jenis media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah media pembelajaran video berbasis Powtoon. Berdasarkan hasil dari penelitian di atas saya setuju bahwa media pembelajaran video berbasis Powtoon sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran video berbasis Powtoon dapat digunakan karena dapat menampilkan beragam fitur animasi, seperti animasi tulisan tangan dan animasi kartun. Hal tersebut dapat menjadikan media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan
Powtoon akan terkesan lucu serta menarik, yang tentunya sangat cocok untuk peserta didik sekolah dasar. Selain itu, media pembelajaran yang menggunakan animasi lebih efektif daripada media pembelajaran secara tradisional (Aksoy, 2012). Media pembelajaran yang menggunakan animasi juga dapat membuat materi pembelajaran menjadi lebih mudah untuk diterima dan dipahami oleh peserta didik (Sukiyasa & Sukoco, 2013). Jadi penggunaan media pembelajaran berbentuk video berbasis Powtoon ini sangat berpengaruh dan efektif dalam menanamkan karakter tanggung jawab peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dapat mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam proses pembelajaran, khususnya pada muatan pelajaran PPKn.
Sekian, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Hanifa Cahaya Putri 2013053042 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama: Hanifa Cahaya Putri
NPM: 2013053042
Kelas: 5E

Izin menanggapi terkait artikel yang berjudul "Pengembangan media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon"

Dalam hal kegiatan pembelajaran, media berbasis Powtoon ini sangat cocok dan bermanfaat digunakan dalam kegiatan belajar pembelajaran. Yang dimana juga kecanggihan teknologi zaman sekarang sudah sangat berkembang. Powtoon merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak (software) yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran, karena memiliki fituranimasi, yaitu animasi tulisan tangan dan animasi kartun serta Powtoon memiliki efek transisi dan pengaturan timeline. Media video berbasis Powtoon berpotensi tinggi dalam menarik perhatian peserta didik. Media video berbasis Powtoon juga dapat mengatasi perbedaan gaya belajar peserta didik, dengan menonton video pembelajaran peserta didik mendapat banyak stimulus, karena sifatnya suara dan gambar. Selain itu, peserta didik mengungkapkan media pembelajaran video berbasis Powtoon lebih mudah untuk dipelajari, karena menarik perhatian.

Sehingga, media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Kelayakan media pembelajaran tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian yang diberikan oleh validator. Media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran alternatif dalam meningkatkan karakter tanggung jawab
peserta didik.

Sekian, terima kasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Veronika Aprilia 2013053014 -
Nama : Veronika Aprilia Dasilva
Npm : 2013053014
Kelas : 5 E

Izin memberikan tanggapan dari artikel 2
Media pembelajaran PPKn SD berbasis Powtoon yang dikembangkan sangat

layak untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Kelayakan media
pembelajaran tersebut ditunjukkan dengan hasil penilaian yang diberikan oleh
validator. Media pembelajaran yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran alternatif dalam meningkatkan karakter tanggung jawab
peserta didik kelas IV sekolah dasar. Penggunaan media pembelajaran berbentuk
video berbasis Powtoon ini sangat berpengaruh dan efektif dalam menanamkan
karakter tanggung jawab peserta didik. Oleh karena itu, pendidik dapat
mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam proses
pembelajaran, khususnya pada muatan pelajaran PPKN.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Puja Lestari 2013053011 -
Nama : Puja Lestari
Npm : 2013053011
Kelas : 5E
Saya sangat setuju pada pembahasan mengenai media pembelajaran yang tidak dapat terpisahkan dalam proses pembelajaran, karena pada dasarnya media pembelajaran ini dapat menjadi daya tarik sendiri terhadap siswa, contohnya powtoon yang bisa menampilkan fitur berisi animasi, dengan hal ini sangat cocok dengan peserta didik sekolah dasar. Sehingga materi yang disampaikan akan lebih mudah diterima atau diserap oleh siswa.
Sekian terima kasih
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Hanifatun Nabila -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Nama :Hanifatun Nabila
NPM : 2013053012
Izin berpendapat pak,

Dalam artikel yang kedua sedikit menceritakan tentang hak dan kewajiban dapat dikembangkan karakter tanggung jawab.
Menurut saya ini menjadi mateti yang penting untuk diberikan kepada peserta didik. Setiap orang harus memiliki karakter, apalagi seorang peserta didik. Itu menjadi hal wajib untuk dimiliki peserta didik. Tanggung jawab menjadi contohnya, seorang peserta didik memang harus dibelajarkan tentang tanggung jawab, agar mereka terbiasa dengan tanggung jawab tersebut. Dari mengenalkan tanggung jawab mereka waktu diSD, yaitu belajar disekolah dan membantu apa yang bisa mereka bantu dirumah.

Sekian dari saya, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Dinda Ayu Muslimah 2013053009 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dinda Ayu Muslimah
NPM : 2013053009
Kelas : 5E

Izin berpendapat Pak
Saya sangat setuju dengan artikel kedua ini bahwa penggunaan media pembelajaran video berbasis Powtoon sangat sesuai dengan tuntutan dari Kurikulum 2013. Dimana kurikulum 2013 ini mewajibkan diterapkannya Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam proses pembelajaran. Sehingga dengan penerapan media ini akan dapat membantu pendidik sebagai alat bantu pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan media Powtoon juga akan menghadirkan pembaharuan di dalam bidang pendidikan yang memang perlu untuk dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Media Powtoon juga akan lebih menarik perhatian peserta didik ketika proses pembelajaran berlangsung.

Terima kasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Lasminah Mimin -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
Nama : Lasminah
Npm : 2013053027
Kelas : 5E
Izin menanggapi artikel yang telah saya baca pada pertemuan ini.
Pada artikel ini fokus pembahasannya adalah pengembangan media pembelajaran dengan video powtoon. Saat ini pendidik dituntut untuk melek teknologi karena seiring perkembangan zaman maka teknologi semakin maju dan sebagai pendidik kita harus bisa menyelesaikan pendidikan dengan perkembangan zaman yang ada. Salah satu yang harus dikembangkan adalah media pembelajaran pada mata pelajaran PKN yang dapat dilakukan adalah pemebelajaran berbasis powtoon untuk menarik peserta didik dalam proses pembelajar agar mereka belajar dengan senang, aktif dan materi yang di sampaikan lebih mudah diterima. Dengan media powtoon maka kita telah mengaplikasikan teknologi dalam proses pembelajaran yang kita lakukan sehingga kita mampu mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Sella Agustin Sriwinarti 2013053039 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Sella Agustin S
Npm : 2013053039
Izin menanggapi terkait artikel 2 yaitu Analisis Desain Pembelajaran PKn di SD/MI di Kelas Tinggi, jadi desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi ini didominasi oleh media yang kompatibel. Adapun beberapa yang penting untuk dipaparkan terkait desain pembelajaran PKn SD/MI kelas tinggi dilihat dari penggunaan media visual, metode, media bergambar, multimedia, pendekatan pembelajaran serta model-model yang relevan. Desain pembelajaran yang baik tidak hanya berfokus pada metode dan model saja, namun secara kolektif memiliki banyak variasi yang terlibat seperti penjelasan di atas. Semua komponen penting itu harus terkombinasi dengan baik dalam pembelajaran. Termasuk pembelajaran PKn pada jenjang SD/MI. Pada penerapannya alangkah baiknya, dalam pembelajaran PKn menerapkan seluruh komponen desain pembelajaran. Sehingga guru tidak akan monoton dengan cara mengajar yang sama. Perbaikan dalam pembelajaran ketika menerapkan seluruh komponen di atas dapat membentuk keceriaan, ketertiban, pemahaman, minat dan semangat para siswa atau siswi untuk terus belajar yang disebabkan adanya pembaruan dan variasi yang dilakukan pada pembelajaran.
Sekian dan terimakasih.
In reply to First post

Re: Forum Diskusi Artikel 2

by Wahyu Lestari 2013053023 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Wahyu Lestari
NPM : 2013053023
Izin menanggapi pak, Setelah membaca dan memahami artikel dengan judul "Pengembangan Media Pembelajaran PPKn SD Berbasis Powtoon Untuk Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab" Menurut saya dengan keadaan dan situasi saat ini dimana perkembangan teknologi sangat pesat hal tersebut tentu berpengaruh langsung terhadap pendidikan. Dalam proses pembelajaran sebagai pendidik tentunya dituntut untuk dapat menciptakan suatu inovasi agar pembelajaran yang berlamgsung tidak terkesan monoton dan dapat menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif. Kita tentu sudah mengetahui bahwasannya media pembelajaran powtoon merupakan suatu media berbentuk animasi, dengan media ini tentu dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif dan meningkatkan daya tarik siswa terhadap pembelajaran. Dengan media powtoon ini materi pembelajaran khususnya ppkn dapat tampil secara praktis dan menarik sehingga motivasi siswa akan meningkat.