Diskusi

Diskusi

Number of replies: 46

Dear mahsiswa...

kita akan diskusikan hal-hal terkait dengan materi landasan TP, tentunya berdasarkan kajian dari berbagai sumber. Terimakasih

In reply to First post

Re: Diskusi

by Herpratiwi Dr -

Disikusi Kawasan Teknologi Pendidikan

In reply to Herpratiwi Dr

Re: Diskusi

by Amarulloh Tek.Pend -

Perkembangan kajian Teknologi Pendidikan menghasilkan berbagai konsep dan praktek pendidikan yang banyak memanfaatkan media sebagai sumber belajar. Oleh karena itu, terdapat persepsi bahwa Teknologi Pendidikan sama dengan media, padahal kedudukan media berfungsi sebagai sarana untuk mempermudah dalam penyampaian informasi atau bahan belajar. Dari segi sistem pendidikan, kedudukan Teknologi Pendidikan berfungsi untuk memperkuat pengembangan kurikulum terutama dalam disain dan pengembangan, serta implementasinya, bahkan terdapat asumsi bahwa kurikulum berkaitan dengan "what", sedangkan Teknologi Pendidikan mengkaji tentang "how". Dalam kaitannya dengan pembelajaran, Teknologi Pendidikan memperkuat dalam merekayasa berbagai cara dan teknik dari mulai tahap disain, pengembangan, pemanfaatan berbagai sumber belajar, implementasi, dan penilaian program dan hasil belajar.

In reply to Amarulloh Tek.Pend

Re: Diskusi

by Tety Daulay -

Pak Amrul...kalo seperti itu yg terjadi mungkin nggak ada kekurang jelasan mengenai pemahaman TP...Artiannya  pemahaman yg utuh mengenai Teknologi pendidikan blm sepenuhnya  di fahami...berkemungkinan ada hubungannya dengan perlunya dibuka jurusan TP yg S1 sehingga kita bs pelajari konsep2nya dari awal secara mendasar dan menyeluruh  sehingga tidak membuat pemahahan yg kurang pas...

In reply to Amarulloh Tek.Pend

Re: Diskusi

by Azida Ibnu -

Resume: :Teknologi pendidikan merupakan bangunan ilmiah yg memerlukan landasan dasar/BASIS lingkungan, budaya dan filsafat ilmu yang tersusun dari FONDASI historis,hukum, teoritik dan BALOK berupa pola,model,strategi yg praksis dan empirik

In reply to Amarulloh Tek.Pend

Re: Diskusi

by Dian Mayasari -

Luar biasa sekali peran Tekhnologi Pendidikan dalam perkembangan dan kemajuan pendidikan masa kini. d slide 8 jg d jelaskan bhw TP memiliki peran penting utk memfasilitasi Belajar dan meningkatkan kinerja. tp yg masih jd pertanyaan pribadi, bagaimana peran TP dlm pemerataan pendidikan tdk hny d kota tp jg bs menjangkau k pedesaan ?

In reply to Amarulloh Tek.Pend

Re: Diskusi

by Matias Sira Leter -

Penjelasan yang menarik Pak Amrulloh. Pada tahap awal perlu pemahaman tentang jenis teknologi. Ada soft teknologi dan hard teknologi. Soft meliputi program, metode, dan pola. Di sini teknologi tidak dipahami sebagai sarana tetapi lebih menyangkut menajemen pengelolaan. Hard meliputi alat/sarana dan prasana. Menurut saya baru pada hard technology inilah media dan sarana-prasarana untuk menunjang pendidikan berada. 

Distingsih diatas yang memudahkan untuk memahami defenisi teknologi pendidikan. Teknologi pendidikan tidak hanya kajian tetapi juga praktik etis. Kedua aktifitas ini dilakukan untuk menciptakan, melaksanakan, dan mengelola proses dan sumber untuk memfasilitasi pembelajaran dan untuk meningkatkan kinerja. 

 

 

In reply to Amarulloh Tek.Pend

Re: Diskusi

by Herpratiwi Dr -

Setuju. TP tidak hanya dipandag sebagai perangkat keras dan sesuatu yang dapat dirasakan oleh indra, tetapi semua rekayasa yang dihasilkan untuk pengembangan SDm adalah TP. 

In reply to Herpratiwi Dr

Re: Diskusi

by Nila Wati Idrus -

Teknologi pendidikan merupakan pengetahuan terapan (applied science) atau disiplin dengan menggunakan pendekatan lintas didiplin ( interdisciplinary persepectives) dengan memperhatikan landasasn Teknologi Pendidikan.

Selain itu aspek filsafat seperti ontologi, epistimologi dan aksiologi mempunyai peranan dalam proses landasan teknologi.

In reply to Nila Wati Idrus

Re: Diskusi

by Ummi Fitriyani -

Sebenarnya ruang lingkup Teknologi Pendidikan itu luas yaa..tapi kenapa masih dipermasalahkan tentang ke linear an saat kita mengambil prodi ini dengan bidang ilmu kita sebelumnya ☹️ berharap mudah-mudahan kebijakan nya berubah,karena memang Teknologi Pendidikan diperlukan di semua bidang ilmu

In reply to Herpratiwi Dr

Re: Diskusi

by Elpana MTP -

Pada dasarnya Teknologi Pendidikan merupakan sebuah bidang yang berfokus pada upaya -upaya yang dapat digunakan untuk memfasilitasi berlangsungnya proses belajar yg efektif dan efisien dalam diri individu.

In reply to Herpratiwi Dr

Re: Diskusi

by Nelrizawati Nelrizawati -

Apakah teknologi pendidikan sama dengan teknologi pembelajaran? 

In reply to Nelrizawati Nelrizawati

Re: Diskusi

by Kadek Dwi Septiana -
Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja belajar. Studi dan etika praktik tersebut dapat melalui penciptaan, penggunaan, pengaturan proses, dan sumber daya teknologi.

sedangkan Teknologi Pembelajaran merupakan gabungan dari tiga aliran yang saling berkepentingan, yaitu media dalam pendidikan, psikologi pembelajaran dan pendekatan sistem dalam pendidikan.
Tentu makna teknologi pendidikan jauh lebih luas dan kompleks daripada teknologi pembelajaran.
In reply to Herpratiwi Dr

Re: Diskusi

by Bambang Haryono -

Pengertian teknologi pendidikan tidak terlepas dari pengertian teknologi secara umum. Pengertian teknologi yang utama adalah proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses tersebut menggunakan dan atau menghasilkan suatu produk tertentu. Produk yang digunakan dan atau dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem. Dalam teknologi pendidikan terdapat beberapa landasan atau konsep yang terdiri dari landasan filosofis, landasan sosiologis, dan landasan psikologis dan landasar religius.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Tomi Jepisa -

untuk membangun suatu tentunya harus mempunyai landasan atau dasar dalam merancang bangun tersebu, dalam hal ini untuk membuat produk pengembangan penelitian harus melihat landasan apa aja yang ada di dalam kawasan teknologi pendidikan

In reply to Tomi Jepisa

Re: Diskusi

by suwatri tri -

tentu saja keempat landasan seperti religius, psikologis, sosiologis dan fisiologisnya ya pak tomi

In reply to First post

Re: Diskusi

by suwatri tri -

Landasan psikologis tehnologi pendikdikan diantaranya terjadi perubahan tingkah laku seseorang, perubahan tersebut merupakan akibat dari perubahan belajar.dengan ciri tingkah laku yang diperoleh terbentuknya tingkah laku baru berupa kemampuan atau potensi dalam waktu yang lama dengan berbagai upaya, nah bagaimana upaya2 yang dilakukan untuk perubahan prilaku yang kearah negatif bagi para generasi kita

In reply to suwatri tri

Re: Diskusi

by Rahmat Suryanto -

Upaya yang dilakukan untuk perubahan prilaku manusia agar tidak berpengaruh negatif akibat perkembangan teknologi adalah dengan membangun karakter terlebih dahulu sebelum seseorang dikenalkan dengan teknologi

In reply to suwatri tri

Re: Diskusi

by Amran Fauzi 2023013007 -

teknologi pendidikan/pembelajaran yg dikembangkan dan digunakan harus betul-betul memperhatikan landasan dasar (LINGKUNGAN & BUDAYA dan FILSAFAT : ILMU & MORAL). siswa juga harus selalu mendapatkan pendampingan dan edukasi secara terus menerus tentang pemanfaatan teknologi secara umum.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Nanda Nursyah alam -

Kita harus mengetahui dan bisa mengidentifikasi jenis jenis teknologi yang akan kita butuhkan saat dilapangan (Dunia pendidikan) apakah memakai soft atau hard teknologi. Untuk saat ini apakah bisa dikatakan bahwa soft dan hard teknologi ini sama pentingnya dan selalu beriringan atau bisa berdiri sendiri-sendiri?

In reply to Nanda Nursyah alam

Re: Diskusi

by Agustian Kahar Hidayat -

Untuk kondisi saat ini sepertinya keduanya memiliki kapasitas yang sama-sama dibutuhkan (sama pentingnya) namun tetap berdampingan (saling melengkapi) secara teknis Pak Nanda.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Agustian Kahar Hidayat -

Mohon pencerahannya Bu Dr. Herpratiwi, M.Pd.

Terkait materi Landasan Teknologi Pendidikan, pada penjelasan mengenai Balok Bangunan, khususnya pada poin 5 EMPIRIK (Apa yang dialami), dimana Homeschooling dan Sekolah Alam/Rimba menjadi contohnya, maka pertanyaan saya apakah Kegiatan Kursus dan Bimbingan Belajar juga dapat dikategorikan sebagai contoh yang sepadan Ibu?

 

Atas penjelasannya saya mengucapkan terima kasih.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Supriyono Supriyono -

bagaimana mengelola sumber teknologi secara baik dan benar 

In reply to Supriyono Supriyono

Re: Diskusi

by suwatri tri -

Tentu saja penggunaannya sesuai kebutuhan ya pak, yang bisa menbantu permasalahan manusia secara efektif dan efisien

In reply to Supriyono Supriyono

Re: Diskusi

by Rahmat Suryanto -

Menurut saya untuk menggunakan teknologi secara baik dan benar, harus disesuaikan kondisi, waktu yang tepat, dan digunakan secara bijak, serta harus diberikan informasi tentang antisipasi agar teknologi tesrebut tidak disalahgunakan.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Tomi Jepisa -

Masih relevankah landasan yang digunakan dalam kawasan teknologi pendidikan saat ini,  di saat perkembangan teknologi yang semakin pesat?

 

Mohon penjelasannya ibu

terima kasih

 

In reply to Tomi Jepisa

Re: Diskusi

by Andri Saputra -

menurut saya masih,. karena teknologi pendidikan tidak hanya bergelut dengan IT saja 

In reply to First post

Re: Diskusi

by Bayu Wahyudi 2023011005 -

4 Landasan Teknologi Pendidikan

1. Landasan Filosofis

2. Landasan Sosiologis

3. Landasan Psikologis

4. Landasan Religius 

Catatan: Keempat landasan tersebut menurut saya sangat penting untuk kita jadikan dasar "dalam perkembangan teknologi pendidikan dan khususnya Dunia Pendidikan yang ada di indonesia?

In reply to First post

Re: Diskusi

by Eka Suderajat 2023011001 -

yeah, peranan teknologi dalam belajar itu sendiri yang dirancang sebagai tujuan pengajaran yang lebih efesien merupakan peranan komunikasi yang sangat penting sebab hakikat teknologi pengajaran adalah upaya mempengaruhi siswa agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

In reply to First post

Re: Diskusi

by NASIB WASITO, S.E. 2023013005 -

Landasan merupakan bagian dasar atau fondasi yang tidak dapatdipisahkan dari dunia pendidikan. Salah satu landasan yang ada dalampendidikan adalah landasan teknologis. Jika bicara tentang pendidikan makasecara tidak langsung juga menyinggung tentang pembelajaran. Jadi dengan katalain landasan teknologis tersebut terdapat dalam pendidikan dan pembelajaran.Oleh karena itu sebagai seorang yang terjun dalam dunia pendidikan maka harusmemahami makna dan mengimplikasikan dari landasan teknologis pendidikan dan pembelajaran. Landasan teknologis pendidikan dan pembelajaran secaratidak langsung dipengaruhi oleh perkembangan teknologi.

In reply to First post

Re: Diskusi

by Ahmat Sultoni 2023013002 -

pengembangan teknologi pendidikan dari proses produk dan sistem harus memiliki fondasi yang kuat, TP setidaknya harus berpijak pada 4 landasan : 

1.Filosofis

2. Sosiologis

3. Psikologis

4. Religius

In reply to First post

Re: Diskusi

by Muhamad Zakaria -

tanya bapak ibu.. peran dariteknologi dalam bidang (e-education) apakah ada keterkaitan  tknologi  eduction keterkaitan degan balok bangunan  dari pola s.d praksis dan empiriks.. mohon pencerahannya

In reply to First post

Re: Diskusi

by Supriyono Supriyono -

pak Ahmat Sultoni salah satu fondasi kurang memadahi sedikit dari ke empat pondasi teknologi pendidikannya tersebut bagaimana solusi yang harus diambil untuk menutupi bagian tersebut (Contoh : Pondasi psykologisnya yang kurang).

In reply to Supriyono Supriyono

Re: Diskusi

by Ahmat Sultoni 2023013002 -

Sebagai contoh mengapa perlu landasan Psikologi, bahwa diantara tujuan pendidikan dan pembelajaran adalah perubahan sikap/tingkah laku, sedangkang studi yang mempelajari tingkah laku individu ada pada psikologi. Oleh sebab itu, teknologi pengajaran sebagai upaya membantu siswa dalam mencapai tujuan-tujuan pendidikan dan pengajaran didasarkan atas psikologi

In reply to First post

Re: Diskusi

by Maria - 2023011013 -

Apakah teknologi pendidikan sejlan dengan fungsi manajerial disekolah

In reply to Maria - 2023011013

Re: Diskusi

by Herpratiwi Dr -

mengelola sekolah diperulakan aplikasi konsep TP secara luas

In reply to Herpratiwi Dr

Re: Diskusi

by Agustian Kahar Hidayat -

Dengan tetap pada rambu-rambu rujukan Proses, Sumber dan Sistem ya Bu?

In reply to Agustian Kahar Hidayat

Re: Diskusi

by Supriyono Supriyono -

Mengelola sekolah tetap mengunakan konsep TP, karena sekolah memiliki sumber, contoh : siswa, kurikulum, proses mengunakan alat atau sarana seperti komputer, hp, laptop dsb, hasil atau produk yang dihasilkan meningkatkan kualitas proses belajar yang cepat dan tepat.