Weekly outline
General
Mata kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan sebagai dasar untuk memahami serta mengkaji konsep dan perkembangan Teknologi Pendidikan (TP) sebagai suatu disiplin keilmuan, bidang garapan dan profesi, yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di berbagai kondisi dan situasi.
TP berkembang secara dinamis sebagai akibat dari perkembangan kebutuhan pendidikan yang beragam dan tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, perubahan lingkungan, dan kemajuan IPTEK.
SALAM PEMBUKA

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Dear Mahasiswa…..
Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT.Selamat datang di pembelajaran daring mata kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan Prodi MTP Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang mengambil program S2 MTP, dengan beban SKS sebesar 3 sks, dengan kode mata kuliah MTP 816101
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
HerpratiwiCapaian Pembelajaran yang diharapkan dalam mata kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan ini adalah, agar mahasiswa mampu:
- Menganalisis tumbuh dan berkembangnya TP
- Menganalisis faktor yang mempengaruhi perkembangan TP
- Menganalisis sumber yang mempengaruhi perkembangan TP
- Menganalisis kawasan TP
- Menganalisis bidang garapan TP
- Mengevaluasi berbagai bentuk penerapan TP dalam proses pendidikan
- Mengevaluasi berbagai prosedur penerapan TP dalam proses pendidikan
- Mengevaluasi profesi TP
- Mengevaluasi kontribusi TP dalam pembangunan pendidikan
10. Mengevaluasi kontribusi TP dalam pengembangan sumberdaya manusia

Peta program pembelajaran yang akan kita lakukan, sesuai urutan yang terlihat pada gambar.
Perkuliahan Kawasan Teknologi Pendidikan semester ini terlihat pada peta program perkuliahan. Materi tersusun secara hirarki, tahap penyampaian materi pembelajaran dilakukan berurutan dan bertahap dan dilanjutkan assesmen seperti, tugas, quis, uts maupun uas
Struktur pelaksanaan perkuliahan matakuliah Kawasan Teknologi Pendidikan, adalah seluruh mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, dan aktif berpartisipasi dalam diskusi serta menyelesaikan kuis yang telah tersedia
- Setiap tiga pokok bahasan selesai, mahasiswa akan diberik tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
- Setelah mahasiswa menguasai 6 (enam) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
- Setelah seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari mahasiswa, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini
Mahasiswa dalam perkuliahan ini diharapkan mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia yang memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
2. Paradigma pembelajaran e-learning adalah mahasiswa harus aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
3. Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap forum yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Pemberian bobot untuk memperoleh Nilai Akhir (NA), adalah:
No.
Komponen
Persentase
1.
Aktivitas
15%
2.
Kemampuan berargumen
10%
3.
Tugas
40%
4.
Ujian Tengah Semester (UTS)
10%
5.
Ujian Akhir Semester (UAS)
15%
6.
Kuis
10%
Kriteria yang digunakan untuk penilaian adalah:
No.
Nilai
Range
1.
A
Nilai ≥ 81
2.
B+
75 ≤ nilai < 81
3.
B
70 ≤ nilai < 75
4.
C+
65 ≤ nilai < 70
5.
C
55 ≤ nilai < 65
6.
D
50 ≤ nilai < 55
7.
E
nilai < 50
Selamat mengerjakan Pre Test Mata Kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan.
Dikerjakan dalam waktu 30 Menit untuk beberapa soal dibawah ini.:
- Analisislah beberapa konsep TP menurut beberpa ahli, kemudian disimpulkan.
- Analisislah pertumbuhan dan perkembangan TP dalam rangka pengembangan SDM
- Analisislah dari berbagai sumber tentang kawasan TP, kemudian simpulkan
Pre test dikerjakan di kertas, dan dikumpulkan di kelas, pada saat perkuliah awal ini berakhir.
Terima kasih dan selamat mengerjakan
Dosen
Herpratiwi
Identitas Diri
Nama : Herpratiwi
NIP : 196409141987122001
NIDN : 0014096403
TTL : Yogyakarta, 14 September 21964
Agama : Islam
Kantor : Gedung N FKIP UNILA
Rumah : Jl Cengkeh 3 No 23 Gedungmeneng Bandar Lampung
HP : 08154023171
Email : herpratiwi64@yahoo.com
Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
Deatil informasi Dosen Pengampu ada dalam File Daftar Riwayat Hidup Dosen Silahkan dibaca dan semoga bermanfaaat.
Waktu Jadwal Bimbingan :
1. Senin, pkl 10.00 – 12.00
2. Rabu, pkl 13.00 -17.00
3. Kamis, pkl 10.00 – 12.00
Terima kasih
FileTutorial Penggunaan V-Class
Mata kuliah ini menggunakan metode pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Metode pembelajaran asinkronus menggunakan materi yang sudah diunggah pada modul LMS ini.
Mahasiswa wajib membuka laman ini sesering mungkin seperti halnya menggunakan sosial media (WA, FB, twitter, dll). Referensi utama sudah disiapkan pada laman ini, akan tetapi mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam sumber lain (buku, e journal, e book, sumber on line dll) untuk menambah wawasan. Sedangkan metode pembelajaran sinkronus akan menggunakan aplikasi V-Class. Panduan menggunakan V-Class sudah kami sertakan pada laman ini. Aplikasi V-Class dapat digunakan oleh mahasiswa untuk langsung melakukan conference dengan dosen.
Mata kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan sebagai dasar untuk memahami serta mengkaji konsep dan perkembangan Teknologi Pendidikan (TP) sebagai suatu disiplin keilmuan, bidang garapan dan profesi, yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam rangka pengembangan sumber daya manusia di berbagai kondisi dan situasi.
TP berkembang secara dinamis sebagai akibat dari perkembangan kebutuhan pendidikan yang beragam dan tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, perubahan lingkungan, dan kemajuan IPTEK.
SALAM PEMBUKA

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Dear Mahasiswa…..
Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam lindungan Allah SWT.Selamat datang di pembelajaran daring mata kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan Prodi MTP Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Lampung.
Mata kuliah ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang mengambil program S2 MTP, dengan beban SKS sebesar 3 sks, dengan kode mata kuliah MTP 816101
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
HerpratiwiCapaian Pembelajaran yang diharapkan dalam mata kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan ini adalah, agar mahasiswa mampu:
- Menganalisis tumbuh dan berkembangnya TP
- Menganalisis faktor yang mempengaruhi perkembangan TP
- Menganalisis sumber yang mempengaruhi perkembangan TP
- Menganalisis kawasan TP
- Menganalisis bidang garapan TP
- Mengevaluasi berbagai bentuk penerapan TP dalam proses pendidikan
- Mengevaluasi berbagai prosedur penerapan TP dalam proses pendidikan
- Mengevaluasi profesi TP
- Mengevaluasi kontribusi TP dalam pembangunan pendidikan
10. Mengevaluasi kontribusi TP dalam pengembangan sumberdaya manusia

Peta program pembelajaran yang akan kita lakukan, sesuai urutan yang terlihat pada gambar.
Perkuliahan Kawasan Teknologi Pendidikan semester ini terlihat pada peta program perkuliahan. Materi tersusun secara hirarki, tahap penyampaian materi pembelajaran dilakukan berurutan dan bertahap dan dilanjutkan assesmen seperti, tugas, quis, uts maupun uas
Struktur pelaksanaan perkuliahan matakuliah Kawasan Teknologi Pendidikan, adalah seluruh mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Mahasiswa diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, dan aktif berpartisipasi dalam diskusi serta menyelesaikan kuis yang telah tersedia
- Setiap tiga pokok bahasan selesai, mahasiswa akan diberik tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
- Setelah mahasiswa menguasai 6 (enam) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
- Setelah seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari mahasiswa, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini
Mahasiswa dalam perkuliahan ini diharapkan mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia yang memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan.
2. Paradigma pembelajaran e-learning adalah mahasiswa harus aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
3. Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap forum yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Pemberian bobot untuk memperoleh Nilai Akhir (NA), adalah:
No.
Komponen
Persentase
1.
Aktivitas
15%
2.
Kemampuan berargumen
10%
3.
Tugas
40%
4.
Ujian Tengah Semester (UTS)
10%
5.
Ujian Akhir Semester (UAS)
15%
6.
Kuis
10%
Kriteria yang digunakan untuk penilaian adalah:
No.
Nilai
Range
1.
A
Nilai ≥ 81
2.
B+
75 ≤ nilai < 81
3.
B
70 ≤ nilai < 75
4.
C+
65 ≤ nilai < 70
5.
C
55 ≤ nilai < 65
6.
D
50 ≤ nilai < 55
7.
E
nilai < 50
Selamat mengerjakan Pre Test Mata Kuliah Kawasan Teknologi Pendidikan.
Dikerjakan dalam waktu 30 Menit untuk beberapa soal dibawah ini.:
- Analisislah beberapa konsep TP menurut beberpa ahli, kemudian disimpulkan.
- Analisislah pertumbuhan dan perkembangan TP dalam rangka pengembangan SDM
- Analisislah dari berbagai sumber tentang kawasan TP, kemudian simpulkan
Pre test dikerjakan di kertas, dan dikumpulkan di kelas, pada saat perkuliah awal ini berakhir.
Terima kasih dan selamat mengerjakan
Dosen
Herpratiwi
Identitas Diri
Nama : Herpratiwi
NIP : 196409141987122001
NIDN : 0014096403
TTL : Yogyakarta, 14 September 21964
Agama : Islam
Kantor : Gedung N FKIP UNILA
Rumah : Jl Cengkeh 3 No 23 Gedungmeneng Bandar Lampung
HP : 08154023171
Email : herpratiwi64@yahoo.com
Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
Deatil informasi Dosen Pengampu ada dalam File Daftar Riwayat Hidup Dosen Silahkan dibaca dan semoga bermanfaaat.
Waktu Jadwal Bimbingan :
1. Senin, pkl 10.00 – 12.00
2. Rabu, pkl 13.00 -17.00
3. Kamis, pkl 10.00 – 12.00
Terima kasih
FileTutorial Penggunaan V-Class
Mata kuliah ini menggunakan metode pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Metode pembelajaran asinkronus menggunakan materi yang sudah diunggah pada modul LMS ini.
Mahasiswa wajib membuka laman ini sesering mungkin seperti halnya menggunakan sosial media (WA, FB, twitter, dll). Referensi utama sudah disiapkan pada laman ini, akan tetapi mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam sumber lain (buku, e journal, e book, sumber on line dll) untuk menambah wawasan. Sedangkan metode pembelajaran sinkronus akan menggunakan aplikasi V-Class. Panduan menggunakan V-Class sudah kami sertakan pada laman ini. Aplikasi V-Class dapat digunakan oleh mahasiswa untuk langsung melakukan conference dengan dosen.
3 October - 9 October
Mata kuliah ini merupakan dasar untuk memahami serta mengkaji pengertian dan perkembangan Teknologi Pendidikan (TP) sebagai suatu disiplin keilmuan, bidang garapan dan profesi, yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi.
TP berkembang secara dinamis sebagai akibat dari perkembangan kebutuhan pendidikan yang beragam dan tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, perubahan lingkungan, dan kemajuan IPTEK.
Pembahasan kuliah mencakup: tumbuh dan berkembangnya TP, faktor dan sumber yang mempengaruhi perkembangan TP, kawasan dan bidang garapan TP, berbagai bentuk dan prosedur penerapan TP dalam proses pendidikan, profesi TP, serta kontribusi TP dalam pembangunan pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia.
Perkuliah pada hakikatnya sebagai upaya pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, dan direncanakan 16 kali pertemuan
Mata kuliah ini merupakan dasar untuk memahami serta mengkaji pengertian dan perkembangan Teknologi Pendidikan (TP) sebagai suatu disiplin keilmuan, bidang garapan dan profesi, yang diperlukan untuk mengatasi masalah belajar manusia dalam berbagai kondisi dan situasi.
TP berkembang secara dinamis sebagai akibat dari perkembangan kebutuhan pendidikan yang beragam dan tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara konvensional, perubahan lingkungan, dan kemajuan IPTEK.
Pembahasan kuliah mencakup: tumbuh dan berkembangnya TP, faktor dan sumber yang mempengaruhi perkembangan TP, kawasan dan bidang garapan TP, berbagai bentuk dan prosedur penerapan TP dalam proses pendidikan, profesi TP, serta kontribusi TP dalam pembangunan pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia.
Perkuliah pada hakikatnya sebagai upaya pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, dan direncanakan 16 kali pertemuan
10 October - 16 October
17 October - 23 October
24 October - 30 October
31 October - 6 November
7 November - 13 November
14 November - 20 November
21 November - 27 November
28 November - 4 December
5 December - 11 December
12 December - 18 December
19 December - 25 December
26 December - 1 January
2 January - 8 January