Diskusi

Diskusi

Number of replies: 4

sampaikan pertanyaan, tanggapan, sanggahan diskusi di sini

In reply to First post

Re: Diskusi

by Via Inka Eliska 1913053002 -
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Via Inka Eliska
NPM : 1913053002
No Absen : 26
Kelas : 6B

Izin bertanya kepada saudari Adel Lita.

Mengapa dalam mengidentifikasi faktor penyebab kegagalan dan pendukung keberhasilan pembelajaran membutuhkan kolaborasi dari guru lain agar hasilnya lebih teliti dan tajam?

Terima kasih, wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.
In reply to First post

Re: Diskusi

by Suci Wulandari 1913053037 -
Nama : Suci Wulandari
NPM : 1913053037
Absen : 25
Semester 6B

Izin bertanya kepada pemateri (saudari nabillah)

Tolong jelaskan apa sajakah fungsi pembelajaran remedial bagi peserta didik!

Sekian pertanyaan dari saya, terima kasih.
In reply to Suci Wulandari 1913053037

Re: Diskusi

by Nabilah 1913053052 -
Nama : Nabillah
NPM : 1913053052
Absen : 22
Semester 6B

Izin menjawab pertanyaan saudara suci
Remedial memiliki banyak fungsi bagi peserta didik yang memiliki
kesullitan belajar: 1) Fungsi korektif, artinya melalui pengajaran remedial
dapat dilakukan pembetulan atau perbaikan terhadap hal-hal yang dipandang
belum memahami apa yang diharapkan dalam keseluruhan proses
pembelajaran. 2) Fungsi pemahaman, dengan pengajaran remedial
memungkinkan guru, peserta didik, atau pihak-pihak lainnya akan dapat
memperoleh pemahaman yang lebih baik dan komprehensif mengenai
pribadi peserta didik 3) Fungsi pengayaan, pengajaran remedial akan dapat
berkarya proses pembelajaran, sehingga materi tidak disampaikan dalam
pembelajaran reguler, akan dapat diperoleh melalui pengajaran remedial. 4)
Fungsi penyesuian, pengajaran remedial akan dapat membentuk siswa untuk
bisa beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan lingkungannya (proses
belajarnya). Dengan demikian, peserta didik dapat belajar sesuai dengan
kemampuannya sehingga peluang untuk mencai hasil yang lebih baik
semakin besar 5) Fungsi akselerasi, dengan pemngajaran remedial akan
dapat diperoleh hasil belajar yang lebih baik dengan menggunakan waktu
yang efektif dan efesien. Dengan kata lain, dapat mempercepat proses
pembelajran, baik dari segi waktu maupun materi. 6) Fungsi terapeutik,
secara langsung atau tidak langsung, pengajaran remedial akan apat
membantu menyembuhkan atau memperbaiki kondosi-kondisi kepribadian
peserta didik yang diperkirakan menunjukan adanya penyimpangan
In reply to Nabilah 1913053052

Re: Diskusi

by Gita Indah Mustika 1913053007 -
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Gita Indah Mustika
NPM : 1913053007
Semster 6B
Izin menambahkan jawaban Nabilah atas pertanyaan saudari Suci

Apa fungsi remidi bagi peserta didik?
Menurut Mukhtar dan Rusmini (2005) fungsi atau tujuan kegiatan remedial adalah (1) agar siswa dapat memahami dirinya, khususnya prestasi belajarnya. (2) dapat memperbaiki/mengubah cara belajar siswa ke arah yang lebih baik. (3) dapat memilih materi dan fasilitas belajar secara tepat.

Terimakasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.